Sign in to follow this  
AB. Harta

Pesawat Untuk ke Manado?

5 posts in this topic

ane mau tanya gan, kalo mau ke Manado pesawatnya pake apa?

ane lihat kayanya dari Jakarta ke Makassar, terus Makassar ke Manado murha tapi transit di Makassarnya bisa lebih dari 4 jam.

 

jadi sebaiknya kita memesan pesawat itu yang transit dimana? pake pesawat apa aja ?

kalo ane dapat harga Rp. 700.000 itu termasuk murah gak ? terus ada yang bisa ngasih ITINERARY apabila kita 3 hari mau ke Manado ?

 

mana orang manado nih ???

Share this post


Link to post
Share on other sites

busettt.... jalan terus kau bung :D

udah murah itu bro, kalo dari CGK-MDC segitu,,,,,

tapi biasanya saya kalo naik pesawat dari Jakarta ke Manado pake Lion sekali penerbangan aja (+- 3 jam)

 

nah untuk jalan2nya 

1. Bukit Kasih

2. Buki Doa

3. Taman Laut Bunaken

 

itu yang wajib dikunjungi :D

selebihnya masi banyak siii, tapi 3 tempat itu wajib dehhhh :D

 

btw, mana ni review n poto2 di Balikpapannya ????

hahahahahha

Share this post


Link to post
Share on other sites

Mungkin sudah terlalu terlambat, tapi untuk masih mencari semoga bermanfaat.

 

Saya naik pesawat direct, tanpa transit, Jakarta - Menado menggunakan Lion & pulang juga tidak transit, direct Menado - Jakarta

 

Masing-masing perjalanan menempuh 4 jam. Paling enak siy Jakarta-Menado yang jam 5 pagi. Bisa tidur di pesawat jadi ngga terasa 4 jam di pesawat.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Terlambat bgt nih. Tiket 700 rb murah itu Gan. Tambahan destinasi: danau linau - tomohon, danau tondano. Yg tidak recomended makan bubur manado : wakeke. Harganya mahal bgt. Mending makan bubur manado yg dipinggir2 jalan lain, misal: samping dep. keuangan. Kalo non muslim, surga makanannya ada di daerah tinoor.

Tempat oleh2 recomended: mercifull buildings.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By MumuPoo
      Selama bertahun-tahun saya telah mendengar orang mengatakan bahwa "Equine Struktur Sosial" menempatkan kuda tertentu atas orang lain melalui penggunaan kekuatan. Dengan kata lain yang terkuat adalah salah satu yang bertanggung jawab. Saya juga diajarkan untuk berhubungan dengan struktur kawanan kuda dengan cara itu, tetapi sebagai pengetahuan saya tentang bagaimana kawanan itu terstruktur, siapa pemimpin yang sebenarnya adalah, bagaimana kuda dikomunikasikan dan apa metode yang sebenarnya komunikasi telah mengembangkan berbeda gambar kuda dan hubungan dibuat dalam kawanan. Seperti yang saya berkembang dan belajar kuda dan hubungannya dalam kawanan saya menemukan bahwa tindakan kuda individu dan hasil tindakan mereka memiliki hasil yang pasti dari seluruh kawanan. Langkah maju terbesar datang ketika saya menemukan bahwa itu tidak selalu kuda memimpin di depan kawanan. Berikutnya saya menyadari bahwa posisi yang kuda yang bertanggung jawab harus, tidak berasal dari rasa takut atau dominasi anggota lain dari kawanan, tapi dari rasa hormat.
      Rasa hormat yang kuda memimpin diberikan berasal dari kepercayaan yang ditempatkan pada itu anggota tertentu dari kawanan melalui berbagai tes yang telah ditempatkan pada mereka. Tes ini berasal dari anggota lain dari kawanan dan dari situasi dan kekuatan luar kawanan. Menghormati diberikan ketika anggota dari kawanan, yang sedang diuji, bereaksi terhadap situasi dengan cara yang bermanfaat bagi seluruh kawanan. Ini menunjukkan bahwa tidak ada rasa takut atau faktor dominasi, tapi rasa hormat yang diperoleh dan dihargai, maka dan hanya maka adalah posisi yang diterima oleh yang anggota kawanan dan dipertahankan sampai tidak mungkin lagi untuk itu anggota kawanan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang akan berhubungan dengan dan diperlukan dari posisi yang telah diberikan.
      Seluruh proses penentuan posisi dalam kawanan dilakukan dengan cara yang menunjukkan konsistensi yang tidak menyimpang dan itu dilakukan dengan cara yang tidak memungkinkan untuk memotong sudut. Ada metode terstruktur tradisional untuk anggota kawanan untuk mendapatkan posisi tertentu dalam kawanan dan semua langkah harus dilakukan dalam rangka khusus mereka. Jika urutan pemenuhan tugas tidak konsisten atau dicapai dalam urutan yang diperlukan, posisi tidak akan diberikan. Posisi hanya akan diberikan ketika persyaratan dipenuhi dalam urutan yang benar dan pola diperlukan diikuti, tanpa penyimpangan, sebagaimana termaktub dalam struktur sosial kawanan.
      Saya menyadari bahwa ini adalah pola yang harus diikuti agar dapat bekerja dengan kuda dan memperoleh hasil terbesar. Kuda tidak hari ini berbeda dari mereka beberapa dekade yang lalu. Mereka membutuhkan struktur yang sama dan bimbingan dalam kehidupan mereka, mereka merindukan gaya hidup terstruktur bahwa tempat kawanan atas mereka; sebenarnya mereka membutuhkan itu. Kebanyakan kuda adalah pengikut, bukan pemimpin. Hal ini sangat jarang bahwa Anda akan menemukan kuda yang adalah pemimpin karena di dunia nyata dari kuda ada lebih banyak pengikut daripada ada pemimpin. Kuda tidak berpikir seperti atau merespon sebagai kuda lumping kecuali mereka memiliki struktur yang diperlukan ini dalam hidup mereka. Tugas kita adalah untuk belajar bagaimana untuk menempatkan struktur dalam kehidupan mereka dan mendapatkan rasa hormat yang dapat diberikan kepada kami. Setelah itu kami telah mendapatkan rasa hormat yang memungkinkan kita untuk menjadi orang yang dipilih, yang dipercaya, dalam pikiran kuda, kami telah mulai mencapai titik di jalan dari komunikasi yang akan menyebabkan persahabatan seumur hidup.
      Membuat Struktur Sosial Bahwa Kuda Akan Mengerti Dalam rangka untuk menciptakan struktur sosial yang kuda akan menerima dan mengerti Anda akan perlu memiliki pemahaman tentang apa yang "Struktur Horse Sosial" adalah, bagaimana cara kerjanya dan mengapa itu harus beroperasi di metode yang dilakukannya.
      Pada bagian terakhir kita bahas dasar-dasar cara posisi yang akan diperoleh, tapi apa yang perlu kita lakukan adalah pergi ke lebih rinci bagaimana semua itu mengikat bersama-sama. Saya telah menemukan bahwa tidak selalu yang terkuat kuda yang adalah pemimpin, seperti dalam orang ada pemimpin yang tidak selalu yang terkuat. Salah satu terkuat mungkin di depan melindungi kawanan dari bahaya, untuk itu adalah posisi bahwa mereka telah mendapatkan, tetapi tidak membuat mereka pemimpin, itu membuat mereka yang terkuat.
      Making kepercayaan yang diperlukan dari awal awalnya dilakukan melalui keadaan pikiran. Anda harus mampu menghapus dan memblokir semua pikiran negatif yang mungkin dalam atau memasuki pikiran Anda. Ini adalah pengalaman dari masalah seperti; uang, rumah, keluarga, pekerjaan, dll, kita bisa berlangsung berjam-jam. kuda tidak memiliki jenis ini masalah karena mereka tidak hidup di dunia yang jauh lebih rumit yang kita lakukan. Mereka tidak tertarik pada jenis masalah dan tidak ingin mendengar dari mereka dengan cara apapun, bentuk atau bentuk. Hal terbaik untuk dilakukan adalah meninggalkan mereka di rumah atau di mobil ketika Anda tiba di gudang. kuda dapat menjadi teman terbaik Anda dan papan terdengar Anda, mereka tidak akan pernah berbicara kembali, tidak memiliki pendapat (sehingga Anda selalu benar) dan tidak akan pernah memberitahu Anda dari setiap masalah yang mereka hadapi dengan kuda-kuda lainnya. Jadi, yang terbaik adalah untuk membalas budi dan menjaga masalah Anda untuk diri sendiri.
      Setelah Anda belajar untuk memblokir semua gangguan yang bisa datang antara Anda dan kuda Anda siap untuk pergi ke langkah berikutnya. Belajar tentang struktur sosial kuda.
      Struktur sosial kuda adalah metode pertahanan diri dan merawat satu sama lain yang telah sama sejak waktu dimulai. Struktur dasar akan menjelaskan bahwa setiap anggota kawanan sama, bahwa tidak ada satu kuda yang lebih penting dari yang existed dan bahwa setiap tindakan dari setiap anggota tunggal dari kawanan mempengaruhi seluruh kawanan. Ini dapat dijelaskan ketika kuda betina siap untuk anak kuda dan anggota lain berkumpul di sekelilingnya untuk memungkinkan kelahiran terjadi dan pada saat yang sama melindungi dirinya ketika dia paling terhormat. Hal ini memungkinkan untuk tindakan seluruh kawanan untuk melindungi anggota individu dan terus pada saat anak kuda lahir dan memiliki masalah yang akan membahayakan hasil dari seluruh kawanan. Ibu dari anak kuda yang harus membuat keputusan yang terbaik untuk perlindungan seluruh kawanan. Ini adalah jalan dua arah, semua melindungi satu dan satu melindungi semua, ini adalah dasar dari struktur sosial yang Anda butuhkan untuk menjadi bagian dari. Ini adalah lingkungan yang terstruktur bahwa kita adalah bagian dari abad yang lalu itu melalui pengembangan dan kemajuan bahwa kita kehilangan banyak kemampuan itu, tapi masih ada dalam diri kita semua, jika kita bersedia menghadapinya. Menghadapi dan menerimanya akan menempatkan kami dalam kerangka yang lebih baik pikiran untuk dapat berkomunikasi pada tingkat yang sama bahwa kuda berkomunikasi pada. Pelestarian sama kelompok dan pengorbanan satu untuk yang lain adalah langkah pertama Anda dalam mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat yang akan menempatkan Anda di posisi yang tepat dengan kuda Anda. Awalnya Anda harus menyadari bahwa Anda harus memberikan 110% dalam upaya dan kadang-kadang bahkan lebih untuk mendapatkan hanya 75% atau kurang imbalan. Kuda, untuk melihat apakah Anda layak diizinkan masuk ke struktur kawanan mereka memberikan Anda tes pertama dan awal, gagal satu ini dan Anda mendapatkan tidak lebih. Langkah ini dapat mengambil waktu dan dalam banyak kasus, saya telah melihat banyak orang menyerah karena yang satu titik. Melakukan apa-apa dengan kuda membutuhkan waktu; itu dicapai dalam "kuda" waktu dan bukan milikmu. Mereka tidak memiliki jadwal untuk menjaga atau orang untuk melihat atau bahkan mendapatkan anak-anak ke sekolah; semua mereka harus lakukan adalah hidup. langkah awal ini harus dicapai dengan cara yang sama, dalam urutan yang sama dan tanpa penyimpangan masing-masing dan setiap kali Anda melakukannya.
      Ini bisa menjadi tindakan sederhana dandan atau membebani kuda Anda, tetapi itu harus sama setiap kali. Setiap langkah harus dicatat dan diingat dan ditempatkan dalam urutan yang tepat. Jika Anda membersihkan kaki selalu mulai dengan sama satu, kemudian pergi kedua, ketiga dan akhirnya kaki keempat selalu mengikuti pola yang sama. tindakan menyentuh dengan kuda adalah salah satu tindakan yang paling penting karena merupakan utama metode komunikasi sensorik mereka. Setiap kali yang Anda dapat mengintegrasikan tindakan menyentuh dengan kuda Anda sedang mengizinkan mereka pergi mengenal Anda pada tingkat yang mereka sepenuhnya memahami dan dapat berhubungan dengan lebih cepat. Menyentuh memungkinkan kuda untuk memulai proses komunikasi melalui menganalisis reaksi Anda terhadap proses.
    • By jajaq
      Setelah hampir 2 tahun bermukim di Manado, kurang afdol kalau belum pernah tawaf 1 putaran di danau terbesar di pulau nyiur melambai ini. Danau Tondano yang besar tak hanya indah, namun juga menjadi sumber mata pencaharian penduduk di desa-desa pinggir danau Tondano. Airnya untuk pengairan, lalu nelayan mencari ikan, karamba-karamba untuk budidaya ikan air tawar ada disini.
         Gereja     Bungalow  Mengelilingi danau Tondano memerlukan waktu kurang lebih satu jam, belum termasuk singgah untuk makan jagung bakar dan sate kolombi (sejenis moluska yang hidup di sawah) di Boulevard Tondano atau di restoran yang ada di pinggir danau.
      Udara sejuk, langit biru, keramahan penduduk melengkapi perjalanan di atas roda dua.
      Sebelumnya saya hanya mengagumi 2 macam tenggelamnya matahari, tenggelamnya matahari di antara langit dan air laut, matahari yang hilang diantara hiruk pikuk ibukota. Sekarang bertambah satu lagi, matahari yang tenggelam pelan dibalik bukit, sisa sinarnya berpendar melewati awan dan memantul di atas air danau.
      ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
      Sedikit informasi, untuk makan di Boulevard Tondano tidak mahal. Harga standar makanan di Manado, untuk cemilan dan minum tidak akan menghabiskan lebih dari Rp. 50.000,-/ 2 orang. Jangan takut bertanya tentang harga ke penjualnya. Sedangkan untuk makan siang di restoran yang ada di pinggir danau Tondano, cukup siapkan uang sekitar Rp. 100.000,- untuk dua orang, harga sudah ada di menu.
       Karamba Ikan   Sate Kolombi (sejenis moluska) di Boulevard Tondano    Senja di Tondano    Pencari ikan    
        Senja di Desa Eris    
        masih ambil dari blog saya di http://jejalanjajan.com/satu-putaran-di-danau-tondano/
    • By Alfa Dolfin
      Kebetulan dalam tubuh ku mengalir darah Kawanua. Aku lebih suka memakai sebuatan Kawanua ketimbang Manado. Lebih mengeskpresikan sikap persahabatan, keterbukaan, senang berkawan. Tidak murni sich karena aku kelahiran Jakarta. Ortu ku, dua-dua-nyua, juga bukan dari sana. Opa ku baik dari mama n papa berasal dari bumi Kawanua mesi sejak aku lahir mereka sudah tiada. 
      Setelah berkali-kali menolak akhirnya suatu saat mendapat kesempatan pertama kali menginjak tanah leluhur. Bukan Family Visit merupakan Dive Trip. Maksudnya trip ke Manado untuk diving, nyelam, di Bunaken. Tentu tidak selalu plesiran di bawah air. Wisata atas airnya ternyata juga menarik. Problem terjadi saat harus berurusan dengan panganan, alias ransum tuk masuk ke perut. 
      Tuk urusan perut memang dari keluarga kami masih bisa di hitung pake jari menikmati masakan Kawanua. Doeloe mama ku pernah sekali masak bubur Manado. Cuma akhirnya kapok ngga mau masak lagi setelah mendapat jawaban, ngga enak.... Wah kebangetan ya aku bilang gitu. Lah mama waktu itu nanya, enak ngga bubur manado bikinannya...? sebelum jawab, aku tanya balik, "mama mau dapat jawaban jujur atau bohong?". Ya jujur dong, kata mama. Maka aku pun tanpa ragu menjawab : ngga enak ma. Singkatnya, aku sangat asing dengan masakan Kawanua. Tahunya bubur Manado dan es kacang merah. Lainnya...ah lebih baik aku ngga tahu menahu dech. Aneh-aneh...ngeri...apalagi aku penyayang doggy. Infonya disana daging doggy cukup familiar....ooooo my GOD.... hewan setia begitu di jadikan panganan...no...no.... Kebetulan aku juga tidak suka ikan. Ikan apa saja baik air tawar atau laut. Alergi berat. Sejak jaman SD. Makanya udah tuer gini ngga pinter-pinter karena bilang dibilang ngga pernah makan ikan. Padahal di Kawanua terkenal ikan Tude yang rasanya gileeeee nikmatnya. Kata yang sudah pernah lho...
      Pertanyaan sejak pertama kali tiba di sana, mau makan apa...? Karena waktu itu pergi rame-rame, ber-10, mereka pilih masakan khas setempat. wah gawat nich pasti aku cuma manyun aja. Karena ngga jamin ada es kacang merah. Benar saja. Mampir di salah satu resto dekat danau Tondano ya akhirnya aku cuma menjadi penonton setia. Saat rekan-rekan asyik menyantap aku cuma minum softdrink....n ngemil "Djarum Super". Maap ya kawan-kawan...aku smokers. Rekan-rekan membujuk ku tuk ikut menyantap, namun tetap saja aku ngga bergeming. Rasa lapar pun hilang.... Lalu makan apa? masa ngga makan selama di Manado...?
      Waktunya balik ke hotel di Tasir Ria, pinggiran kota Manado. Kami sempat melewati kota Manado. Sebenarnya selama perjalanan perut lapar...tapi ya karena ngga ada yang bisa dinikmati, ya terpaksa manyun. "stop...stop pak....", pinta ku spontan ke driver mobil yang kami sewa begitu melihat plan sebuah resto yang terkenal. eee loe mau kemana...?, tanya rekan-rekan ku heran. "sory ya sekarang giliran gw makan. Kalian khan udah tadi.... udah bernyanyi nich perut...":, sahut ku. Spontan teman-teman teriak....huuuuu......Loe aneh ya. Jauh-jauh ke sini malah cari KFC (maksudnya Kentucky Fried Chicken). Masih mimpi ada di jakarta ya...?"berisik loe yeee....gantian sekarang loe nonton gw makan...", sahut ku ngga mau kalah. Ya...lega aku berjumpa resto KFC. Akhirnya ada juga yang bisa aku makan disini..... Jadilah KFC menjadi makanan penyelamat ku di bumi Kawanua pertama kali. Bukan promosi lho....
       
      cheers
      Note : Karena kami menginap di Tasik Ria, yang infonya punya bule Prancis, menu burger menjadi pilihan utama. Kemudian, visit selanjutnya aku mengakali mencari resto atau warung orang Jawa, yang berharap lebih cocok di lidah. Tercatat 5x kali aku ke bumi Kawanua, namun sama sekali tidak pernah mengunjungi family disana. Ya karena aku memang tidak kenal...selain itu menghindari risiko di suguhi panganan yang "macem-macem". 
       
    • By Alfa Dolfin
      Salah aktivitas yang aku suka saat bepergian naik pesawat bukan melirik pramugari yang cakep-cakep... Ngga kog. Moto, tepatnya. Lebih tepatnya lagi moto view. Momen landing, take off, biasanya momen bagus untuk ambil gambar. Salah satu yang momen yang bagus saat jelang landing di Manado. Selama kita duduk di seat kiri n tidak terhalang pesawat, akan mendapat suguhan...:

      Ini labh Gunung Manado Tua yang tampil cantik dan megah, serta pulau Bunaken di sebelah kanan yang terkenal keindahan bawah lautnya.

      Momen yang cepat berlalu, segera aku shoot pulau Bunaken, latar belakangnya kalau tidak salah Pulau Nain.

      Setelah itu kita akan segera landing di Bandara Sam Ratulangi. Di kalangan pilot, landing disini termasuk sulit dan berisiko. 
      salam
       
    • By pleasejackys
      Tipe Penumpang Paling Menyebalkan di Perjalanan. Pernah Bertemu?
       
       
      Sebagai seorang yang hobi jalan-jalan dan berwisata, tentu sudah tak terhitung lagi berapa kali kita harus bepergian dengan alat transportasi umum jarak jauh seperti pesawat ataupun kereta api. Dalam perjalanan tersebut pun, banyak hal pernah kita alami, mulai dari hal-hal yang menyenangkan sampai menyebalkan. Dari sebagian pengalaman tersebut, tentu ada yang berhubungan dengan penumpang lain selama perjalanan.
       

      Banyak Penumpang dalam Sebuah Perjalanan
      (Sumber: Flickr. Credit: Oscar von Bonsdroff)
       
      Dalam sebuah perjalanan, tentu kita akan bersama dengan banyak penumpang lainnya. Penumpang pun bermacam-macam tipenya; ada yang menyenangkan, ada yang biasa saja, dan ada pula yang menyebalkan. Setiap perjalanan, penumpang yang kita temui akan berbeda pula tipenya. Semakin sering melakukan perjalanan, pasti akan semakin banyak tipe penumpang yang pernah kita temui. Namun, tidak ada yang bisa mengacaukan mood dan semangat selain penumpang yang menyebalkan.
       
      Jika kalian adalah seorang traveler, pasti sudah banyak tipe penumpang menyebalkan yang pernah kalian temui. Berikut adalah beberapa tipe penumpang menyebalkan yang sering ada dalam sebuah penerbangan. Mana sajakah yang pernah kalian temui?
       
       
      1. Tidur Seperti di Rumah Sendiri
       
      Dalam sebuah perjalanan yang jauh dan memakan waktu lama, tidur adalah suatu kegiatan yang paling nikmat untuk dilakukan. Selain bisa menghindarkan diri dari rasa bosan yang berkepanjangan, tidur selama perjalanan juga bisa menghindarkan kita dari rasa letih dan lelah yang bisa mengurangi produktifitas kita sesampainya di tempat tujuan nanti. Dengan tidur selama perjalanan, kemungkinan besar badan akan terasa segar dan bersemangat saat bangun nanti.
       

      Penumpang Tidur
      (Sumber: Flickr. Credit: Nick Kozak)
       
      Tidur tidak akan mengganggu penumpang lain sama sekali jika seseorang bisa melakukannya dengan diam dan tenang. Masalahnya, ada beberapa orang yang justru memiliki kebiasaan tidur yang sangat menyebalkan. Suara mengorok tentu akan sangat mengganggu jika didengar penumpang lain, apalagi jika mengoroknya cukup kencang. Belum lagi jika air liur menetes sehingga tampak jorok dan menjijikan. Beberapa orang juga suka bergerak dalam tidurnya dan ini bisa sangat mengganggu kenyamanan penumpang lain yang berada di sekitarnya. Awalnya, hanya kepalanya yang “jatuh†bersandar ke orang di sebelahnya. Atau kaki dan tangannya yang bergerak kemana-mana.
       
      Sebagai penumpang yang baik, seharusnya kita sudah mengenali kebiasaan tidur kita masing-masing.  Jika memang kita termasuk orang yang memiliki sikap tidur yang mengganggu, persiapkan segala tindakan antisipasi jika kita berencana untuk tidur selama perjalanan. Dengan begini, kita tidak perlu merusak kenyamanan penumpang lain yang kebetulan duduk di sekitar kita.
       
       
      2. Cerewet
       
      Sebagai seorang petualang, kita tentu senang jika bisa sesekali bertemu dan mengobrol santai dengan orang asing yang kita temui sepanjang perjalanan. Orang tersebut pun bisa jadi sesama penumpang saat di pesawat atau kereta. Selain menambah kenalan, kita juga bisa mendapatkan ekstra informasi atau cerita yang menarik dari orang tersebut. Mengobrol selama perjalanan pun bisa membuat kita jauh dari rasa bosan.Akan tetapi, tidak semua penumpang bisa diajak mengobrol dengan nyaman. Pola pikir dan sikap yang terlalu berbeda bisa jadi membuat kita merasa bosan atau justru kesal.
       
      Penumpang yang ramah dan supel tentu akan membuat kita nyaman dan senang untuk mengobrol bersama. Namun, beberapa orang justru terlalu ramah dan bahkan cenderung sok akrab. Mereka umumnya terlalu cerewet dan banyak omong, tetapi sebagian besar omongannya tidak menarik. Penumpang semacam ini akan menjejali telinga kita dengan cerita-cerita yang tidak penting dan membuat kita jengah.
       

      Mengobrol dengan Penumpang Lain
      (Sumber: Flickr. Credit: Lawrence Carlos)
       
      Agar tidak terus menerus terjebak dalam kebosanan obrolan seperti ini, sebaiknya kita segera mencari cara untuk “melarikan diriâ€. Kita bisa berpura-pura tidur, membaca, atau mendengarkan musik agar orang tersebut mau berhenti berbicara dan membiarkan kita sendiri. Jika masih belum manjur, mintalah pada pramugari untuk pindah tempat duduk.
       
       
      3. Berlebihan Minta Tolong
       
      Menghadapi sebuah perjalanan, terkadang orang akan menemui masalah atau merasa kerepotan. Kalau sudah begini, wajar saja jika orang tersebut akan meminta sedikit bantuan dari pramugari atau penumpang lain. Sebagai sesama manusia pun, sudah sepatutnya kita untuk saling tolong menolong ketika ada orang lain yang membutuhkannya.
       
      Namun, minta tolong tersebut akan berubah menjadi sesuatu hal yang menyebalkan jika dilakukan secara berlebihan. Inilah yang kadang dilakukan beberapa penumpang. Sebagai contoh, orang tersebut minta bertukar tempat duduk karena dia ingin mendapat kursi di sebelah jendela, padahal kita sudah memesan kursi tersebut sejak awal. Contoh lain, dia minta tolong untuk menaikkan kopernya ke rak atas dan kemudian memintanya mengambil kembali dan meletakkannya di atas kembali beberapa kali karena ada barang yang ingin diambilnya di koper.
       

      Penumpang SalingMenolong
      (Sumber: Flickr. Credit: Aaron Saraurer)
       
      Jangan sampai kita menjadi penumpang yang semacam ini selama di jalan. Pikirkan segala kemungkinan yang akan terjadi sebelum memulai perjalanan sehingga kita bisa menyiapkan tindakan apa yang akan kita lakukan untuk menghadapinya nanti. Cara ini akan memperkecil resiko kita untuk merepotkan penumpang lain selama di perjalanan nantinya. Dan jika kita bertemu dengan orang yang menyebalkan ini, sampaikan dengan sopan keberatan kita saat dia meminta tolong secara berlebihan namun jangan sampai terpancing emosi.
       
       
      4. Banyak Bawaan
       
      Kadang kita harus menghabiskan waktu yang cukup lama untuk tinggal di tempat tujuan kita, entah itu untuk urusan jalan-jalan semata maupun urusan bisnis. Ini akan membuat kita cenderung membawa lebih banyak bawaan. Terkadang pula kita sudah merencanakan berbagai macam aktivitas untuk dilakukan di tempat tujuan nanti. Ini membuat kita harus membawa beberapa perlengkapan ekstra untuk aktivitas tersebut.
       
      Membawa banyak barang bawaan akan merepotkan kita saat berangkat dari rumah menuju stasiun atau bandara. Namun sesampainya di bandara, kita bisa langsung memasukkan semunya ke bagasi pesawat dan hanya menyisakan satu tas tangan saja untuk dibawa ke kabin. Maka tidak ada masalah yang akan mengganggu kenyamanan kita maupun penumpang lain nantinya.
       

      Banyak Barang yang Dibawa
      (Sumber: Flickr. Credit: Jeff)
       
      Namun sayangnya, ada beberapa penumpang yang suka membawa kopernya ke kabin demi menghindari biaya bagasi tambahan, atau hanya karena malas semata. Dan jika naik kereta, tidak ada bagasi khusus untuk menyimpan koper dan barang bawaan yang besar. Yang ada hanyalah rak di atas tempat duduk yang kapasitasnya terbatas. Jika bawaan cukup banyak, rak tersebut tidak akan mampu menampung semuanya sehingga kita harus menyimpannya di bawah, di sekitar tempat duduk kita.
       
      Meletakkan koper di sekitar tempat duduk seperti inilah yang berpotensi membuat penumpang lain tidak nyaman. Ini karena koper tersebut akan mengurangi ruang gerak yang dari awalnya saja sudah cukup terbatas. Belum lagi jika bawaan tersebut diletakkan di bawah tempat duduk penumpang lain atau di koridor sehingga orang lain jadi semakin sulit bergerak.
       
       
      5. Mengabaikan Etika Tempat Duduk
       
      Sopan santun dan etika adalah hal dasar yang sepatutnya sudah diketahui dan dipraktekkan oleh setiap manusia kapanpun dimanapun. Ini penting untuk menjaga kenyamanan bersama. Termasuk dalam hal berada dalam sebuah perjalanan pun, kita perlu menghargai etika dalam bersikap agar perjalanan terasa nyaman bagi semua orang.
       
      Masalahnya, ada orang-orang yang terlalu cuek terhadap etika dan cenderung bertindak semaunya sendiri. Dalam perjalanan, etika yang paling sering dilanggar oleh penumpang adalah etika tempat duduk. Tempat duduk dalam pesawat atau kereta tentu memiliki banyak keterbatasan, apalagi jika kita membeli yang kelas ekonomi. Tempat duduk dan ruang gerak cenderung sempit sehingga jika kita terlalu banyak bergerak akan langsung mengganggu penumpang lain yang duduk di sekitar kita.
       

      Pesawat dengan Tempat Duduk yang Sempit
      (Sumber: Flickr. Credit: lunaryuna)
       
      Berikut adalah beberapa etika yang harus kita jaga ketika sedang duduk di kursi pesawat atau kereta:
      Jika ingin merebahkan sandaran kursi, lihat dulu keadaan orang yang duduk di belakang kita dan sampaikan padanya bahwa kita akan merebahkan kursi agar orang tersebut tidak kaget. Selain itu, jangan merebahkan terlalu mundur jika orang di belakang tampak kesempitan bergerak Jangan menghabiskan lebih dari satu tempat duduk walaupun orang di sebelah cukup kurus Jangan meletakkan barang di tempat duduk sehingga mempersempit ruang gerak penumpang lain Jangan menendang-nendang kursi di depan kita. Jangan terlalu sering bergerak sehingga mengurangi kenyamanan penumpang sebelah Katakan permisi dengan sopan setiap kali kita harus lewat di depan tempat duduk orang lain, misalnya saat kita akan pergi ke toilet atau akan turun dari kereta lebih dahulu.  
      Menjaga etika dan sopan santun akan membuat kita disegani oleh orang. Sebaliknya, bertindak seenak sendiri akan membuat penumpang lain sebal dengan kita. Jika dipikir dengan logika, kita juga tentu akan merasa sebal jika bertemu penumpang yang semacam ini bukan?
       
       
      6. Anak Nakal yang Dibiarkan Orang Tuanya
       
      Terkadang ada penumpang yang membawa anaknya serta dalam sebuah perjalanan. Lazimnya anak-anak, mereka akan bertingkah macam-macam terutama saat berada di lingkungan yang terbilang asing dan baru, seperti misalnya di dalam pesawat atau kereta. Aktifnya anak tersebut merupakan sebuah proses perkembangan kecerdasan mereka yang wajar terjadi sehingga kita tentu dapat memakluminya.
       

      Anak Kecil yang Aktif di Kereta dengan Ibunya
      (Sumber: Flickr. Credit: Wazari Wazir)
       
      Walaupun kita bisa memaklumi penyebabnya, tetap saja kadang kita merasa terganggu jika ada anak yang bertingkah berlebihan. Sebagai contoh, dia memukul-mukul tempat duduk kita atau berteriak dengan suara yang terlalu kencang. Beberapa anak bahkan suka mengganggu penumpang lain seperti mencubit dan lain sebagainya. Bertemu anak yang semacam ini, kita tidak akan bisa merasa terlalu sebal kepada mereka karena mungkin mereka belum tahu bahwa yang dilakukannya adalah perbuatan yang salah. Tugas orang tuanya lah untuk menenangkan sang anak agar tidak mengganggu penumpang lain.
       
      Sialnya ada juga orang tua yang suka cuek terhadap kenakalan anaknya. Inilah yang paling menyebalkan. Contohnya, sang ibu sibuk memainkan handphone sementara anaknya lompat-lompat di kursi sambil berteriak. Sang orang tua berpikir penumpang lain seharusnya memahami jika ada anak kecil yang bertingkah aktif. Penumpang lain yang sudah tidak tahan mungkin akan menegur orang tua sang anak agar mau menenangkan anaknya. Ini akan menjadi jauh lebih menyebalkan lagi jika sang orang tua justru merasa tersinggung karena ditegur dan bersikeras bahwa apa yang dilakukan anaknya adalah hal yang biasa saja. Padahal, jika anak tidak pernah dididik untuk bersikap sopan, kapan mereka akan bisa mulai bersikap sopan?
       
       
      7. Penumpang Sakit
       
      Menjaga kesehatan adalah hal yang wajib dilakukan setiap orang, terutama jika kita berencana melakukan perjalanan yang cukup jauh, lama, dan melelahkan. Kurang berhati-hati dalam menjaga kesehatan akan membuat kita beresiko terserang penyakit. Padahal, sakit saat sedang travelling adalah hal yang sangat merepotkan, apalagi jika kita sedang berada dalam perjalanan naik pesawat atau kereta.
       
      Tidak ada orang yang berharap apalagi berencana untuk sakit selama di perjalanan. Untuk itu, jika kita kebetulan bertemu dengan penumpang yang sakit dalam perjalanan, kita tidak bisa menyalahkannya juga. Hanya saja, ada beberapa penumpang yang menjadi menyebalkan saat sakit. Misalnya, penumpang yang bersin-bersin dengan keras dan terus menerus sepanjang perjalanan. Selain tidak enak didengar, penumpang ini juga akan menyebarkan virusnya kemana-mana dan beresiko menulari penumpang lain. Ada juga orang yang suka merintih-rintih secara berlebihan saat sakit. Yang paling mengganggu, adalah penumpang yang sampai muntah, apalagi jika muntahannya berantakan dan berbau menyengat.
       

      Traveler yang Sakit
      (Sumber: Flickr. Credit: librarymook)
       
      Jika merasa tidak enak badan, sebaiknya kita tidak memaksakan diri untuk tetap berangkat. Ambillah satu hari untuk beristirahat dan memulihkan stamina. Geser jadwal perjalanan kita dengan menghubungi pihak maskapai. Kalau memang terpaksa tidak bisa ditunda, minumlah obat terlebih dahulu agar kita bisa menekan rasa sakit dan meminimalisir gejala penyakit yang bisa mengganggu penumpang lain saat di perjalanan nanti. Usahakan obat yang diminum adalah obat yang menyebabkan kantuk agar kita akan tertidur lelap sepanjang perjalanan dan tidak merecoki penumpang lain.
       
       
      8. Jorok dan Bau
       
      Satu lagi tipe penumpang yang sering muncul dalam sebuah perjalanan adalah penumpang yang kurang menjaga kebersihan sehingga tampak jorok dan bahkan juga bau. Duduk di sebelah penumpang yang semacam ini tentu akan membuat kita merasa risih dan tidak betah, apalagi jika kita termasuk orang yang sangat menjaga kebersihan dan kesehatan. Ingin rasanya perjalanan segera berakhir atau segera mencari tempat duduk lain untuk pindah.
       
      Bau yang umum muncul dari penumpang lain antara lain bau bekas keringat di badan dan bau mulut. Bau juga kadang bisa berasal dari bahan makanan yang dibawanya, misalnya ikan atau durian. Kadang ada pula penumpang yang merokok sembarangan. Asapnya menimbulkan bau yang menyebalkan dan abunya berceceran dimana-mana.Sementara, joroknya penumpang tersebut biasanya berupa bersin tanpa ditutup, buang sampah sembarangan, mengupil, dan masih banyak lagi. Jorok ini tentu akan lebih terasa menjijikan dan mengganggu daripada sekedar bau. Selain jijik, kita tentu juga khawatir akan persebaran virus, kuman, dan bakteri yang mungkin saja terjadi.
       
      Jika penumpang di sebelah kita menunjukkan sikap jorok seperti itu, janganlah ragu untuk segera menegurnya dengan sopan karena kadang mereka tidak sadar bahwa tingkahnya itu cukup mengganggu orang lain.
       
       
       
      Bagaimana dengan kalian? Sudah pernahkah bertemu dengan penumpang-penumpang menyebalkan seperti yang disebut di atas? Atau jangan-jangan, kalian pernah jadi penumpang yang semacam itu? Adakah tipe penumpang menyebalkan lain yang pernah kalian temui dan belumdisebut dalam artikel di atas?
    • By Carol Laurent
      Halloo semua..
      mau cerita-cerita sedikit nih tentang kota Bitung kota kelahiran aku...
       
      Kota Bitung adalah salah satu Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, terletak kurang lebih 45 km dari pusat kota Manado, kota Bitung adalah kota kecil yang memiliki pesona wisata yang tidak kalah menarik, karena letak kota Bitung ada di kaki Gunung Duasudara dan memiliki pesisir pantai yang indah sebagai potensi wisata.
       

       
      Di Bitung terdapat pelabuhan laut yang cukup besar untuk kapal Pelni maupun khusus kapal niaga, just info saat ini Pelabuhan Bitung dijadikan kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas atau free trade zone (FTZ) kawasan Asia Pasifik.
       



       
      2. Pantai Tanjung Merah
          Pantai ini jg menjadi kawasan wisata yang cukup ramai

       
      Btw postingnya ini dulu yah, coz pake comp di kantor dan udah jam pulang mau cabuttt dl heheheh....
       
      masih ada beberapa pantai dan tempat yang lain yang lain sih yang mau aku share
       
      Semoga bermanfaat...
       
       
       
       
       
       

    • By thoxy
      Hallo sobat jalan2, kali ini aku akan berbagi sedikit cerita tentang pengalaman pertamaku snorkeling di Bunaken. Pengalaman pertama di Bunaken? yaa. Sebagai orang Manado, aib banget dah rasanya yaa kalau udah tuir begini belom pernah menginjakkan kaki (bukan nginjak2 karang lho yaa) di salah satu taman laut terkenal di dunia yang letaknya di kampung halaman sendiri. hehe...
      mohon maaf sebelumnya, postingan ini sedikit repost atau diringkas dari blog-ku di sini (part I) dan di sini (part II)
       
      Bunaken, 26 Desember 2014
      Entah sudah berapa banyak ulasan tentang Bunaken. Aku lihat di group ini juga sudah ada beberapa. Nah, ini  kutambah satu lagi nih.
       
      Siapa yang tidak kenal dengan Taman Nasional Bunaken? ayo tunjuk tangan??? kebangetan dah kalo belom pernah denger. Namanya sudah mendunia. Taman Nasional yang terletak di teluk Manado, Sulawesi Utara ini terdiri dari Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Montehage, Pulau Siladen, Pulau Nain dan Tanjung Pisok. Terletak di Segi Tiga Terumbu Karang Dunia (Coral Triangle), menjadikannya rumah bagi ratusan spesies terumbu karang, ikan dan mamalia laut. Makanya nggak heran lah kalo pesona taman lautnya itu menjadi magnet bagi para penyelam dari berbagai penjuru dunia. Jangankan para penyelam, yang nggak bisa nyelampun penasaran dengan keindahannya. Tidak hanya taman lautnya lho sobat, daratannya pun punya berbagai kekayaan ekosistem lainnya, seperti rusa, kuskus - bukan nama forum itu lho yaa - burung laut, kepiting dan hutan mangrove. Terdaftar sebagai Taman Laut pada tahun 1991, menjadikannya pula sebagai salah satu taman laut pertama di Indonesia. Kemudian terdaftar di UNESCO pada tahun 2005.
       

      Peta sebagian Sulawesi Utara, Bunaken di sebelah kiri atas (sumber: dephut.go.id)
       
      Nggak sulit kog kalau mau ke Bunaken. Dari pusat kota Manado, hanya berjarak beberapa menit saja ke Pelabuhan Calaca, sebuah pelabuhan kecil dimana terdapat banyak boat yang siap membawa anda ke Bunaken. Berhati-hati dalam memilih atau me-nego boat adalah suatu keharusan. Jangan sampe bernasib sama seperti kami kemaren. Panjang ceritanya, nggak usah ku posting di sini kali yaaa... nanti lah di sesi tanya jawab kalo penasaran. hehehe....

      Pelabuhan Calaca, Manado di sore hari
       
      Rata-rata harga sewa per boat Rp. 750.000,- sehari (PP). Biasanya tukang perahu akan membuka dengan harga lebih dar Rp. 800.000,-. Tinggal ditawar saja. Bisa juga menyewa perahu Katamaran, yang ada kacanya di bagian bawah buat liat-liat karang. Mungkin akan lebih mahal. Jangan lupa pastikan tersedia life jacket.
       
      Perjalanan yang ditempuh hampir satu jam. Sebaiknya datengnya pagi. BIar adem. Manado itu fanass.. hehe..
       
      Hampir tiba di pulau Bunaken, kami kemudian beralih sejenak dari speedboat ke kapal katamaran. Ini optional. Buat sobat yang takut nyebur, ya pake ginian. Tapi kalau niatnya mau snorkeling,  sesi ini di-skip saja lah. toh pemandangan langsung di bawah laut nanti lebih paknyuuuss... lakinya maknyuusss... hehe...

      ini nih yang namanya katamaran

      nah, itu lagi pada liatin kaca..

      nih view-nya.
       
      Kurang lengkap rasanya kalau tidak menginjakkan kaki di pulau Bunakennya. BIaya masuk Taman Laut Bunaken Rp. 7.500,- untuk wisatawan domestik dan Rp. 200.000,- untuk wisatawan asing atau apabila sobat ada yang merasa bule'. hehe... Di sini bisa menyewa perlengkapan snorkeling (wetsuit, snorkel, mask, fins) Rp. 150.00,-, kamera underwater Rp. 300.000,-, guide Rp. 150.000,- (optional), dan perlengkapan selam menyelam (gak sempat nanya). Mahal? menurutku sih iya. Apalagi setelah melihat kondisi fins-nya. Makanya aku bawa sendiri perlengkapannya.

      Pantai Bunaken
       
      Ada juga yang jualan cinderamata dan kaos khas Bunaken. Buat sobat yang mahir malang melintang dalam dunia tawar menawar, jurus anda tidak akan berlaku banget di sini. Yah, sukur2 dikasih korting Rp. 5000,-. Pendirian para penjualnya susah untuk digoyahkan... hehe...
       
      Nggak usah sesi mandi2 di sini kali yaa.. Pantainya sih menurutku biasa aja. Airnya juga agak kabur. Oh, ya. Yang terpenting dari semua aktifitas di pulau ini adalah sesi foto di icon pulaunya. Itu tuh, yang biasanya dilakukan orang-orang kebanyakan kalau dateng ke sini.

      narsis di sini wajib sob. hehehe.. Nyesel banget kemaren kaos Jalan2.com ketinggalan di rumah, padahal udah niat mau dipake foto di sini... hehe....
       
      Dari sekian banyak spot snorkeling atau diving di seputaran perairan Taman Laut Bunaken, kami dikasih 2 spot saja. Pantai Barat dan Timur. Oh, ya. Jangan lupa pada saat tawar menawar, pastikan juga spot-spotnya. Kadang hanya dikasih satu spot saja, padahal bisa 2 spot.
       
      Sorkeling di Pantai Barat Bunaken.
      Di sini karangnya sudah banyak yang rusak. Tapi ikan-ikannya banyaaakk bangeuuuuddhh... Easy going bin friendly lagi ikan2nya tuh. BIsa diajak ramah-tamah. hehe... di sini visibilitinya sangat bagus. Airnya sangat jernih. Tidak salah memang di beberapa artikel ada yang menyebutkan kalau taman laut Bunaken ini merupakan salah satu taman laut dengan visibility terbaik di dunia. Buat yang baru belajar atau belom lancar snorkeling, tempat ini bisa menjadi pilihan karena area dangkalnya lumayan luas. Tapi hati-hati kalau sudah mendekati bagian jurangnya. Kalo gak bisa berenang, gak pake pelampung trus panik yaa bahaya. Tapi justru di jurang inilah daya tariknya menurutku. Coba deh freediving di situ, pasti seru. Buat sobat yang suka wall diving, di sinilah tempatnya.

      siap2 mau turun snorkeling. tampak perbatasan antara sisi dangkal dan jurangnya yang dalam.

      tuh, ikannya lagi ramah tamah... hehe

      tuh, jurangnya.. hehe

      yang suka wall diving??

      freediving ke bawah seru juga lho

      Karena pengetahuanku yang masih kurang tentang perikanan dan kelautan, jadi nggak bisa menceritakan lebih lanjut spesies apa yang ada di foto itu. Nggak tahu sob, cuman asal jepret aja. hehe.... Pokoknya begitu kira-kira sedikit penampakannya.
       
      Oh, yaa. Menurutku, waktu yang tepat mengunjungi spot ini adalah saat cuaca cerah di jam siang, saat matahari mulai bergeser ke Barat. Cahaya sepertinya akan maksimal di sini.
       
      setelah belum puas dengan spot di Pantai Barat ini, kami beralih ke pantai Timur yang katanya lebih bagus terumbu karangnya. yuuukkk sob...
       
       
      Sorkeling di Pantai Timur Bunaken.
      Langsung saja yaa ke penampakan permukaan laut di Pantai Timur Bunaken.

      kalau diliperhatikan dari atas, di sini airnya kelihatan lebih hijau dari pantai barat tadi. Hal ini menyiratkan bahwa sepertinya keadaan terumbu karang bawah laut di spot ini lebih sehat dan lebih bagus dari spot pertama. Oke, mari kita buktikan....

      eh, beneran... di sini lebih rimbun. Karang-karangnya sehat wal afiat adanya. Banyak soft coralnya juga yang menari-nari dihempas arus laut yang untungnya tidak deras. hehe... mari kita explore lebih jauh lagi sob.

      aaaakkk... kaget juga ketemu sama ular laut ini. Baru kali ini aku melihat dari dekat, ternyata bentuknya kayak ular di darat. Tapi lebih pintar berenangnya. Untunglah ular laut ini katanya tidak agresif. Makanya dia cuek aja waktu aku coba ambil fotonya ini. Meski begitu, aku tetap nggak berani donk yaa deket2. Bisa-nya lebih mematikan dari cobra lho...
       
      oke, mari kita lanjutkan ke pemandangan yang lain. hehe...

       
      Nah, gimana? Terumbu karangnya bagus2 nggak? Ikannya di sini banyak banget. Sama seperti spot pertama tadi, di sini ikan-ikannya juga ramah-ramah dan suka dekat-dekat dengan manusia. Jangan lupa biskuitnya. Meski tidak dikasih biskuit, mereka pasti mendekat. Jangan biarkan mereka kecewa. Kalau dikasih makan, mereka lebih senang lagi. Jangan lupa pembungkus makanannya dibawah pulang yaa. hehe... Ikannya kurang banyak ya? nih kutambahin lagi...


      w
      wooyyyy... bisa geser nggak sih nih ikan2? aku lagi foto terumbu karangnya malah mereka menghalangi di depan.   heheheheheh
       
      Oke sobat jalan2, demikian sedikit catatanku waktu liburan sehari di Bunaken akhir tahun kemaren. Mohon maaf kalo kurang berkenan. Foto2 di atas itu mah nggak terlalu bagus, nggak  seberapa dibanding kalo sobat liat langsung, beeuuuhhhhh.. ajeeeebbb banget dah...
       
      Masih pengen kembali ke sini. Masih pengen banget menjelajahi spot-spot yang lain. Semoga suatu saat nanti kita bisa sama2 bareng liburan di sini. Thankss udah membaca
      regards,
      Thox