Sign in to follow this  
rhiennee

Pesona Wisata Banten

6 posts in this topic

Provinsi Banten merupakan pemekaran dari provinsi Jawa Barat dan merupakan  salah satu Provinsi termuda di Indonesia. Terletak di ujung barat pulau jawa dengan batas wilayah berbatasan dengan laut Jawa di sebelah utara. Sebelah Timur berbatasan dengan Jakarta, Selat Sunda di sebelah Barat  serta samudera Indonesia di sebelah Selatan.

Banten terbagi menjadi 4 kabupaten yaitu Kabupaten Tangerang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Serang. Masing-masing wilayah memiliki karakteristik dan kebudayaan masing-masing yang tentunya sayang bila anda lewatkan begitu saja seperti Pesona Pantai Anyer, Carita & Tanjung Lesung, Pendakian Gunung Krakatau, Taman Nasional Ujung Kulon, wisata Religi Banten Lama dan keunikan Masyarakat Tradisional Baduy.
 

Gunung Krakatau

 

post-11-0-71182900-1360396615_thumb.jpg

 

Siapa yang tidak kenal dengan gunung  Krakatau. Gunung ini pernah menjadi perbincangan dunia akibat letusannya yang dahsyat pada tahun 1883. Saking dahsyatnya letusan ini menimbulkan efek yang terasa hingga eropa.

Namun, Krakatau telah menjelma menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh pecinta petualang.  Setelah letusan pada tahun 1883, gunung Krakatau memunculkan gunung baru yang disebut gunung anak Krakatau yang masih aktif hingga sekarang.


Taman Nasional Ujung Kulon


Taman ini terdiri dari beberapa pulau kecil yang menjadi habitat para satwa terutama badak bercula satu yang dilindungi. Banyaknya pulau di sekitar taman ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Kita bisa melihat pulau handeuleum, pulau peucang, dan pulau panaitan. Anda dapat  mencapai taman ini dengan menggunakan perahu dari daerah Labuan. Selain itu, fasilitas disini juga lengkap dan disediakan khusus untuk anda.

 

Pantai Anyer

 

post-11-0-58259700-1360396633_thumb.jpg


Pantai ini berlokasi dekat dari Jakarta sehingga patut dijadikan pilihan. Kawasan ini menjelma sebagai salah satu obyek wisata favorit saat ini karena keberadaannya sebagai salah satu Tujuh Keajaiban Banten.

   

Perkampungan Suku Baduy
Suku Baduy yang masih menjaga adat dan istiadatnya ini mampu menarik minat pelancong untuk berkunjung kesini. Kawasan wisata ini terletak di kabupaten Pandeglang.  Kebudayaan yang masih murni dan juga adat istiadat yang masih terjaga membuat tempat ini cocok bagi para pelajar, karena selain berlibur kita juga bisa mempelajari kebudayaan dari suku baduy ini.

 

Keraton Surosowan
Para Sultan di Banten dulunya mendiami tempat ini. Walaupun bentuknya sudah tidak sempurna lagi, namun tempat ini banyak menyimpan cerita sejarah.

Belanda menghancurkan bangunan ini pada tahun 1680. Bangunan ini sebenarnya sempat diperbaiki hingga bangunan ini dirobohkan kembali pada tahun 1813. Kawasan yang memiliki luas  sekitar 35.000 meter persegi ini dulunya terlihat seperti gundukan tanah sehingga situs ini pun dipugar pada tahun 1970-an.


Pemandangan disini jugamampu menarik minat para fotografer sehingga tidak jarang banyak fotografer yang sering hunting foto  di tempat  ini. Tempat ini juga sering dijadikan tempat foto pre wedding bagi pasangan yang ingin menikah..wow seruu

 

post-11-0-21729900-1360396646_thumb.jpg

 

Keraton Kaibon

Keraton Kaibon ini dulunya merupakan tempat tinggal dari Ratu Aisyah yang merupakan ibunda Sultan Syaifuddin. Keraton ini bisa dibilang lebih baik dibandingkan Keraton Surowosan .

Dulunya keraton ini berdiri megah sebelum Belanda menghancurkannya. Bila diamati secara sekilas, keraton ini terlihat seperti candi.

 

Masjid Agung Banten

Bagi anda yang beragama Islam jangan lewatkan untuk beribadah di masjid yang memilki menara berukuran besar ini. Masjid ini dibangun oleh sultan pertama dari Banten yaitu Sultan Maulana Hasanuddin.

Di masjid ini anda dapat melihat sisa-sisa dari kerajaan Islam yang ada di Banten dulu. Anda juga dapat berziarah mengunjungi makam-makam para tokoh agama dan pejuang jaman dahulu karena di sekitar masjid ini terdapat makam yang ramai dikunjungi oleh peziarah yang datang tidak hanya dari Banten saja, namun dari luar kota bahkan banyak juga yang datang jauh-jauh dari luar pulau.

 

Pulau dua/pulau burung

Jika anda ingin berkunjung ke pulau ini sebaiknya anda mengunjunginya pada bulan April dan Agustus, karena pada bulan inilah beraneka ragam burung dari berbagai negara singgah di pulau ini.

Pulau ini memiliki keindahan laut yang sangat indah dan menawan sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin berekreasi.

 

Pulau Umang

Pulau dengan luas 5 ha ini akan membuat anda merasakan sensasi pulau pribadi. Resort di pulau ini juga ditata dengan sentuhan artistik alami yang dilengkapi dengan fasilitas kafe, spa, lounge, kolam renang, klub panta, lapangan tenis, dan sebagainya.

 

Nah, ayo berkunjung ke Banten…

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

waduh.... TS belum pernah ke sawarna ya heheheeee.....

 

Pantai Sawarna Banten telah menjadi sorotan tujuan untuk berlibur bagi para wisatawan, sawarna ibarat pantai yang masih virgin dan dengan panorama yang exotis..

Share this post


Link to post
Share on other sites

di banten kalo gak salah ada mercusuar yg terkenal gitu ya buat objek wisata juga?

mungkin yang di pantai karangbolong kali ya..

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this