Sign in to follow this  
rhiennee

Wisata ke Padang

6 posts in this topic

post-11-0-60881700-1360398067_thumb.jpg

 

Padang memang memiliki udara yang lumayan panas. Hal inilah yang membuat wisatawan enggan untuk berlibur kemari. Padahal kota ini memiliki banyak sekali objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Anda dapat melakukan perjalanan sejarah di  Candi Biaro Bahal. Untuk menuju candi ini, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam dari padang sidempuan. Biasanya candi-candi di Indonesia menghadap ke barat atau timur namun, candi ini berbeda. Candi induknya menghadap arah tenggara.

 

Keindahan dari candi ini dapat terlihat dari adanya relief gambar singa dan raksasa. Selain itu bentuk atapnya juga unik karena berbentuk bulat yang dikelilingi oleh pita-pita.

Kompleks candi ini memiliki 3 area yaitu Candi Bahal 1, Candi Bahal 2, dan Candi Bahal 3 dan merupakan bagian dari Candi Padanglawas atau Padang Luas yang meliputi beberapa candi antara lain Candi Pulo, Candi Singkilon, Candi Barumun, Candi Simatupung, Candi Bara, Candi Aloban, Candi Rondaman Dolok, Candi Magaledang, Candi Sitopayan, Candi Nagasaribu.

 

post-11-0-88127200-1360398334_thumb.jpg

 

Sedangkan bila anda ingin menyaksikan keindahan alam, anda bisa menuju lembah Anai yang merupakan kawasan hutan lindung sehingga anda dapat menemui banyak flora dan fauna. Flora yang dapat anda jumpai disini antara lain sampek, cangar, madang siapi api, cempedak air, bunga bangkai, dan masih banyak lagi.

Sedangkan fauna yang bisa ditemui antara lain siamang, harimau sumatera, beruk, kancil, biawak, tapir, rusa, kera ekor panjang, dan burun-burungan seperti burung elang, burung puyuh, dan burung balam.

Sepanjang perjalanan menuju Lembah Anai anda akan melewati jalan berkelok-kelok dengan pemandangan yang indah karena disepanjang sisi jalannya banyak ditumbuhi pohon-pohon yang hijau. Anda juga akan melihat banyaknya monyet yang berkeliaran.

 

Yang menjadi daya tarik di Lembah Anai ini adalah adanya tiga air terjun namun, salah satu telaga memiliki air yang berwarna biru. Dengan menggunakan mobil sewaan, angkutan umum, kendaraan pribadi maupun kereta api pariwisata kawasan ini dapat ditempuh selama kurang lebih 2 jam dari Bandar udara Ketaping.

Sedangkan pulau cubadak cocok bagi anda yang ingin berfoto ria. Dengan luas wilayah sekitar 5.749 dengan ketinggian 0-1000 meter dpl membuat udara disini masih bersih, airnya berwarna biru, dan angin pantai yang semilir. Cubadak dalam bahasa Minang artinya nangka.

 

Anda yang hobi berpetualang dan menjelajahi alam bisa mencoba untuk menjelajahi hutan disini. Namun sebaiknya anda memanfaatkan jasa guide karena masih banyaknya hewan liar di hutan ini seperti rusa, monyet, babi, burung, dan berbagai macam satwa lainnya.

Disini juga terdapat bukit yang bisa anda naiki walaupun memrlukan sedikit tenaga. Namun pemandangan dari atas bukit akan membuat semuanya terbayar. Dari atas bukit tersebut akan nampak pemandangan laut biru yang berpadu cantik dengan hamparan pasir putih. Karena keindahannya, banyak wisatawan yang sengaja mengabadikan keindahan pemandangan dari atas bukit ini dengan kamera yang dibawanya.

 

Pulau Cubadak juga merupakan surga bagi para penyelam. Ya, tentu saja karena beragam terumbu karang dan biota laut yang ada disini sangatlah memukau. Atau anda hanya ingin menikmati keindahan pantai saja juga bisa dengan berjemur. Jadi bagi anda yang tidak ingin menjelajah hutan, menyelam bisa anda jadikan pilihan yang tidak kalah menarik.

 

Cottage dengan sentuhan tradisional dan natural juga siap melayani anda. Untuk wisatawan mancanegara hotel ini dibandrol dengan harga Rp. 1.900.000 per malam sedangkan untuk wisatawan domestik Rp. 900.000 per malam.

Pulau ini dikontrak oleh warga Negara Itali bernama Nanni Casalegno selama 30 tahun sehinggamenurut data yang ada, sebagian besar wisatawan yang datang merupakan wisatawan mancanegara.  Dia banyak mempromosikan pulau ini ke wisatawan mancanegara.

 

Keindahan pulau Cubadak ini juga pernah dibuat film dokumenter oleh warga Jerman. Film ini memperoleh sambutan yang luar biasa  dan mampu menjadi magnet bagi warga Jerman untuk berkunjung kemari.

Pulau ini masih terbilang sepi. Bahkan majalah wanita Bild de Rau menuliskan pulau ini dengan judul “Pulau Tersenyap di Duniaâ€. Karena kesunyian, ketenangannya.

 

post-11-0-11767600-1360398078_thumb.jpg

 

Untuk menuju pulau ini anda dapat menuju bandara Minangkabau. Sesampainya disana anda dapat menuju pantai Cacorok, kota Painan. Di pantai ini anda dapat menyewa speedboat dengan tarif sekitar Rp.150.000 yang memakan waktu tempuh 20 menit. Selain itu anda dapat menuju Pelabuhan Mandeh dengan kapal wisata. Waktu tempuhnya lebih singkat sekitar 15 menit.

post-11-0-60571900-1360398102_thumb.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

wow, ternyata di daerah Padang juga ada situs candinya ya, bahkan jumlahnya banyak sekali....selama ini yang saya tahu kalo Padang terkenal dengan ke-eksotik-an dan keindahan alamnya, serta kekentalan adat-istiadatnya....nice topic nih

Share this post


Link to post
Share on other sites

tahu tidak Sis, apa yang membuat saya tertarik ke Padang...dari saya kecil ya mendengar cerita legenda Malin Kundang itu ingin rasanya melihat langsung batunya tapi sayangnya sampai saat ini belum dapat waktu yang tepat untuk berkunjung kesana :(

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this