Sign in to follow this  
Followers 0

Oleh-oleh Wajib dari Korea Selatan

29 posts in this topic

Posted

Dalam jadwal sebuah perjalanan, biasanya berburu oleh-oleh adalah jadwal yang sudah direncenakan di akhir perjalanan. Jika anda berkunjung ke Korea Selatan, jangan lupa untuk tetap membawa oleh-oleh khas Korea sebagai buah tangan anda. Harganya memang tidak terlalu murah, tapi tentu tidak terlalu mahal. Saat ini, 1 Korean Won sekitar Rp 8.82. Jadi, bisa diperkirakan apakah barang-barang yang ada di Korea tergolong mahal atau tidak.

 

Kali ini, artikel ini akan membahas beberapa barang yang menjadi buruan para turis yang ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh orang di rumah. Baca sampai habis karena artikel ini juga memberikan tempat di mana anda bisa mendapatkannya lho. Disimak ya.

  1. Boneka Hanbok

Hanbok merupakan pakaian tradisional Korea. Anda mungkin pernah melihat pakaian ini dalam drama atau film kolosal Korea. Hanbok memiliki bentuk yang menarik. Kain yang digunakan menutupi hampir seluruh badan dengan model gomrong atau tidak ketat. Hanbok ini juga menjadi salah satu objek wisata di mana para turis bisa berfoto dengan menggunakan baju tradisional kebanggaan Korea ini.

 

korea-doll-300x248.jpg

 

Hanbok-hanbok ini kemudian dijadikan sebagai pakaian yang dikenakan boneka-boneka lucu yang bisa anda bawa pulang. Berbagai bentuk boneka yang mengenakan hanbok adalah salah satu oleh-oleh terlaris di Korea. Bentuknya yang lucu dengan cantik membuat siapa saja ingin menyimpannya sebagai koleksi di rumah. Ada boneka satuan atau single, ada juga couple. Ada yang memang replika dari para tokoh sejarah Korea, ada juga artis-artis Korea yang dijadikan boneka seperti ini. Harganya bervariasi tergantung model, jenis, dan bahan boneka yang digunakan. Ada yang seharga 10.000 won ada juga yang hingga 80.000 won.

 

  1. Kipas Korea

Kipas, terdengar seperti hal yang tidak menarik. Tapi kipas korea adalah salah satu kebanggaan masyarakat Korea. Kipas ini bukan hanya digunakan saat menari saja, tapi kipas juga digunakan para sarjana zaman dahulu di Korea. Kipas ini sebagai simbol kebanggaan sekaligus juga kesederhanaan. Kipas bukan hanya oleh-oleh yang sering dibawa pulang para turis, tapi juga sebagai souvenir atau hadiah pada event-event tertentu di Korea.

 

dec3c27e4409be643584b97c7c4ae7be_kipas-k

 

Kipas Korea dibuat dalam 2 jenis, yaitu yang berbentuk bulat dan lainnya adalah kipas lipat. Bentuknya pun dibuat menarik, karena terdiri atas aneka warna-warni yang mencolok. Anda bisa memilih aneka model kipas sesuai dengan selera anda.

 

  1. Gingseng

Siapa yang tak tahu negara Korea adalah negara penghasil gingseng terbaik. Gingseng adalah tanaman yang memiliki berbagai macam khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Gingseng ini juga sudah tersedia dalam berbagai olahan alami dan anda bisa memilih gingseng apa yang ingin anda bawa sebagai oleh-oleh.

 

  1. Alat tulis

Alat tulis kantor juga terdengar biasa saja. Tapi siapa yang tak tertarik dengan alat tulis yang lucu-lucu. Di Korea, alat tulis seperti pulpen, pensil, notebook, pembatas buku, dan beragam jenis stationary adalah barang-barang yang kerap kali dijadikan buruan oleh-oleh. Barang-barang tersebut memiliki desain dan bentuk yang lucu, seperti tulingan hangul, hanbok, dan lain sebagainya yang berbau dengan korea.

 

  1. Pakaian

Ya, kemana pun kayaknya pakaian merupakan salah satu oleh-oleh yang paling banyak dicari. Kaos bersablon aneka tulisan, misalnya, di sini anda bisa mendapatkannya mulai dari harga 10.000 Won. Termasuk harga yang standar dengan kualitas yang cukup memuaskan.

 

  1. Makanan

Jika anda pecinta oleh-oleh makanan, banyak makanan kering yang bisa anda bawa ke rumah. Mungkin kimchi, tteokbokki bisa dengan mudah anda temukan di tanah air. Tapi ada banyak makanan yang masih jarang bahkan tidak ada di negara kita. Anda bisa membeli dorayaki atau mungkin hangwa, sejenis kue dari tepung beras yang manis.

 

  1. Pernak pernik lainnya

Beragam pernak pernik lain bisa menjadi buruan oleh-oleh anda. Misalnya, anda bisa membeli lampion yang cantik-cantik dengan aneka bentuk dan model, ada juga replika alat musik tradisional Korea, atau mungkin anda bisa membeli peralatan makan khas Korea. Sendok dan sumpit ternyata menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak dicari di Korea.

 

Untuk menadapatkan aneka oleh-oleh tersebut, anda bisa menuju Namdaemun Market. Di sana, bonek hanbok dan segala macam pernak-pernik dijual dengan harga yang lebih murah. Sedikit tips, coba bandingkan antara harga di blok dalam dengan di pinggir jalan. Sering ditemukan, di dalam lebih murah harganya. Untuk gingseng, bisa dibeli di Gyeongdong Market, karena di sana banyak barang-barang dengan bahan alami. Kaos dengan sablon bisa dijumpai di Insadong Market. Selain tempat-tempat tersebut, anda bisa juga menemukan oleh-oleh di atas di banyak pasar lainnya di Korea.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

hahay kemaren mimin kita @Jalan2 baru dari seoul

doi bawa oleh2 apa ya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

wah ginseng tuh khas korea banget bisa dipakai buat masak juga hehehe tapi boneka hanboknya juga lucu tuh

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

hahay kemaren mimin kita @Jalan2 baru dari seoul

doi bawa oleh2 apa ya :D

iya nih.. mimin jalan2 bawa apa aja.. hihi

 

wah ginseng tuh khas korea banget bisa dipakai buat masak juga hehehe tapi boneka hanboknya juga lucu tuh

lucu banget emang... saya yang ga koleksi boneka aja pengen :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

hahay...kalo buat ane gingsengnya kali ya....mau cobain langsung gingseng asli asal Korea :rolleyes:

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

hahay...kalo buat ane gingsengnya kali ya....mau cobain langsung gingseng asli asal Korea :rolleyes:

iya kayaknya seger banget .. di indo di toko2 makanan korea ada ga ya

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

kalau saya lebih tertarik dengan fashionnya dan juga boneka hanbok...kalau boneka hanbok ini sudah pastinya memang menjadi ciri khas di negara gingseng ya :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

kalau saya lebih tertarik dengan fashionnya dan juga boneka hanbok...kalau boneka hanbok ini sudah pastinya memang menjadi ciri khas di negara gingseng ya :)

wah fashion korea mah saya suka bangetttt

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Woww D Korea ternyata menarik banget dahh berbagai macam buah tangan'y...

nanti kalo k korea harus d beli semua tuhh barang-barang d atas..

buat koleksi oleh-oleh euy.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Woww D Korea ternyata menarik banget dahh berbagai macam buah tangan'y...

nanti kalo k korea harus d beli semua tuhh barang-barang d atas..

buat koleksi oleh-oleh euy.

betul  mas buat koleksi juga lumayan...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

betul  mas buat koleksi juga lumayan...

Iya nunggu tiket promo dari air asia dulu nihh,,,

hehehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Ginseng yang asli Korea tu yang penasaran ... hehehe, iya ya, Si Mimin dulu oleh-olehnya apa ni, koq gak nyampe di forum .....???? :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Iya nunggu tiket promo dari air asia dulu nihh,,,

hehehehe

hahhaha iya ya saya juga nunggu promo dulu deh

 

Ginseng yang asli Korea tu yang penasaran ... hehehe, iya ya, Si Mimin dulu oleh-olehnya apa ni, koq gak nyampe di forum .....???? :)

oleh2 mimin itu foto2 buat anak forum :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

hahhaha iya ya saya juga nunggu promo dulu deh

Iya masihh mahal euy,.

padahal saya cari yang pas winter...

hufthhh,.

Keep browsing cheap ticket.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Iya masihh mahal euy,.

padahal saya cari yang pas winter...

hufthhh,.

Keep browsing cheap ticket.

waduh pas winter??? dinginnnn bgt koreA winter ituuu

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

waduh pas winter??? dinginnnn bgt koreA winter ituuu

habiss pengen ngerasain musim salju sich mas,.

gmn dunt kan kita bisa ngerasain musim salju cuma pas di negara orang yang 4 musim aja,,,

pengen nyobain kaya mimin tuhh yang ksana pas winter,

hehehehe.......

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

habiss pengen ngerasain musim salju sich mas,.

gmn dunt kan kita bisa ngerasain musim salju cuma pas di negara orang yang 4 musim aja,,,

pengen nyobain kaya mimin tuhh yang ksana pas winter,

hehehehe.......

hhhaha iya ya.. bener juga.. salju2 an ada di mall2 mas klo ga sabar.. hehehhe

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

hhhaha iya ya.. bener juga.. salju2 an ada di mall2 mas klo ga sabar.. hehehhe

Jiahh ituu mahh udah bosen paling sekalian maen ice skate aja.,

pengen'y langsung,.

pkok'y d asia timur tuhh yang bisa, karena kalo k eropa mahh tarif pasti mahal kan...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Bonekanya..... wah bagus juga :terpesona

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

wah bis jalan2 ke korea neh :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Bonekanya..... wah bagus juga :terpesona

bagus emang...

 

wah bis jalan2 ke korea neh :)

hahha ga kok mas :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

tertarik banget sama boneka hanboknya, tapi mahal ya harganya :terpesona

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

tertarik banget sama boneka hanboknya, tapi mahal ya harganya :terpesona

bagus yahh lucuuu

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

wahhh bonekanya lucu...

taun lalu pas ke seoul c saya ada beli mirip ky gitu tapi berbentuk pajangan gt..

sepasang pengantin pake hanbok korea dalam 1 kotak,,lucu bgd..

harganya mayan murah *lupa brapa :D tapi yg jelas murah kok,hehehe..

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Jiahh ituu mahh udah bosen paling sekalian maen ice skate aja.,

pengen'y langsung,.

pkok'y d asia timur tuhh yang bisa, karena kalo k eropa mahh tarif pasti mahal kan

 

iyaa yang memungkinkan ya masih ke asia kalau mau lihat salju, untuk yg budgetnya tipis kayak kita2 :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0