febeVBfebe

Mancing Mania di Balikpapan

4 posts in this topic

Ini sebenarnya bukan barang baru. Kemunculan pemancingan di Balikpapan Timur,
ternyata membuat olahraga wisata ini jadi candu bagi warga Balikpapan. Bahkan
bagi travellers yang mampir kesini. Starting pointnya ada di Pasar Manggar dekat
Pantai Manggar, tepatnya di Kampung Nelayan. Tertarik juga ya? Yukk mampir, tapi
sebelum tipsnya dibahas, sahabat yang datang kemari untuk wisata "Mancing Mania" di
Balikpapan lebih baik datang berkelompok, minimal 5 orang.

Urunan Sewa Perahu
Itulah tujuannya kenapa harus datang berkelompok. Supaya uang sewa perahunya
nggak dirasakan terlalu mahal. Sewa perahu sehari penuh dari pagi hingga sore,
minimak Rp750 ribu sampai Rp1 juta. Itu sudah termasuk solar dan pengendara perahu,
yang notabene adalah nelayan setempat. Jadi dijamin, pasti diantar ke tempat yang
banyak ikannya.

 

Berangkat Pagi, Maksimal Jam 10
Maksimal jam 10 pagi adalah waktu yang pas untuk mulai melaut. Bahkan biasanya
yang mau pergi mancing, datang lebih pagi sekitar jam 7. Semakin pagi, semakin bagus
soalnya nggak bakal kepanasan, meski sampai sore paling nggak kan sudah beradaptasi
sama cuacanya. Lagian, biar makin terasa nikmatnya mancing di laut lepas Balikpapan.


Belum Terbiasa Mancing di Tengah Laut, Bawa Antimo
Yap, jangan lupa bawa obat anti mabok, alias antimo. Karena jangan sampai, acara
mancingnya malah runyam gara-gara urusan mabok. Minum sebelum naik perahu,
jangan juga diminum pas sudah diperahu dan udah kerasa mabok sahabat, bisa-bisa
makin mabok gara-gara digoyang ombak, terus obatnya jadi gagal bekerja..


Bawa Minum dan Bekal Sebanyaknya
Biasanya ada juga yang bawa termos air panas plus kopi sachet, sambil mancing sambil
ngopi ditengah laut. Asyik loh, dan seru. Apalagi kalo bergrup, 1 hari bakal nggak
kerasa. Bawa juga bekal sebanyak-banyaknya, soalnya gak ada warung makan atau
minum, atau warkop ditengah laut. Ya kan? Hahahaa..


Jangan Bawa Kail, Bawa Alat Pancing
Ya iyalah. Kalo cuma bawa kail doang, mending mancing di pemancingan aja.
Hahahaa.. Bawa alat pancing, nggak perlu alat pancing yang pro. Tapi alat pancing yang
semestinya, soalnya yang ditangkap ini ikan laut coy. Gerakan ikan-ikan ini terkenal
liar, apalagi ditambah ombak. Kalo kail aja nggak mungkin bisa mengatasi pergelutan
kalian dengan para ikan.


Beli Umpan Jigging
Ternyata sahabat, saya sendiri baru tahu. Yang namanya "mancing mania" ditengah
laut, ternyata nggak pakai umpan cacing. Tapi pakai umpan jigging atau bisa pakai
umpan popping. Bedanya apa sih? Kalau umpan jigging biasanya lebih berat dan
dipakai untuk memancing ikan didasar laut atau dalam. Sementara popping, biasanya
dipakai untuk memancing ikan di permukaan laut dan jenis umpannya juga cenderung
ringan. Keduanya juga bukan jenis cacing, tapi emang dibuat sedemikian rupa atau
crafting atau kerajinan tangan alias buatan manusia. Kalau jigging, biasanya dibuat dari
leburan timah terus dicetak dengan warn-warna mencolok. Persis dibuat seperti ikan
kecil.


Pakai Sunblock dan Bawa Topi
Sengatan panas ditengah laut, selain membuat dehidrasi juga bisa membuat tubun jadi
lelah sampai sakit. Sebelum berangkat, lebih baik balur diri kalian pakai sunblock
dan kenakan topi. Topi memancing, juga biasanya ada ekor dibagian belakangnya.
Tujuannya untuk mencegah sengatan panas matahari mengenai bagian belakang kepala.
Banyak kasus, ketika bagian belakang kepala terkena sengatan panas matahari, lantas
membuat pemancing jadi pingsan.


Habis Membaca Ini, Langsung Dicoba!
Sahabat, percaya atau tidak. Ini pengakuan dari para "mancing mania" kalau rejeki
pemancing pemula itu sangat baik. Nah, jadi karena sahabat udah ngeluangin waktu
membaca tips ini lebih awal, nggak ada salah mencoba dan membuktikan langsung.
Ayo, serbu Balikpapan untuk wisata bahari segera!

Share this post


Link to post
Share on other sites

Hmm.. Kadang juga banyak org Balikpapan yg mancing di pulau-pulau karang. Seperti pulau tukung atau batu karang dibelakang Banua Patra. Tapi seringnya batu karang banua patra jadi tempat mesum anak muda belakangan ini, hadeeehh

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now