• 0
Sign in to follow this  
D_GUNN3R1

Paus Benediktus XVI Mengundurkan Diri

Question

1837112-paus-benediktus-620X310.jpg

 

Paus Benediktus XVI akan resmi mengundurkan diri tertanggal 28 Februari 2013 pukul 20.00.

 

Berikut ini pernyataan lengkap Paus yang diedarkan oleh Vatikan, Senin (11/2/2013).

"Salam saudara-saudaraku. Saya mengumpulkan Anda sekalian pada Rapat Gereja, tak hanya terkait tiga kanonisasi, tetapi juga untuk menyampaikan keputusan penting mengenai kehidupan Gereja. Setelah menelaah kesadaran saya berkali-kali di hadapan Tuhan, saya telah sampai pada suatu kepastian bahwa kekuatan saya, akibat usia tua, tak lagi memadai untuk menjalankan pemerintahan Santo Petrus. Saya sadar sepenuhnya bahwa pemerintahan ini, terkait sifat spiritualnya yang penting, harus dijalankan tak hanya dengan kata-kata dan kebajikan, tetapi juga tak kurang dengan doa dan penderitaan.... "

 

"Untuk memimpin pemerintahan Santo Petrus, dan mewartakan kitab suci, kekuatan fisik dan rohani sangatlah penting. Kekuatan ini, dalam beberapa bulan terakhir, terus merosot. Dalam beberapa hal, saya harus mengakui ketidaksanggupan saya untuk menjalankan tugas kepausan yang telah dipercayakan kepada saya. Untuk alasan ini, dan dengan penuh kesadaran atas seriusnya hal ini, serta dengan kebebasan penuh, saya menyatakan bahwa saya meninggalkan jabatan sebagai Uskup Roma, dan penerus Santo Petrus, yang telah dipercayakan kepada saya oleh para kardinal pada 19 April 2005, pada 28 Februari 2013 pukul 20.00. Maka, takhta Roma, takhta Santo Petrus, terhitung tanggal 28 Februari 2008 pukul 20.00, akan kosong. Selanjutnya, konklaf (sidang pemilihan paus) untuk memilih paus yang baru akan digelar..."

 

"Saudara-saudaraku, saya mengucapkan terima kasih yang mendalam atas semua cinta dan kerja yang Anda berikan kepada saya selama menjalankan tugas-tugas kepausan. Saya juga meminta maaf untuk semua kesalahan. Saat ini, marilah kita percayakan Gereja Suci untuk memilih Gembala Agung kita, serta memohon Tuhan Yesus Kristus dan Bunda Suci Maria, untuk mendampingi para kardinal untuk memilih paus yang baru. Saya juga akan tetap sepenuh hati melayani Gereja Suci Tuhan di masa mendatang melalui kehidupan yang didedikasikan untuk doa."

 

Paus Benediktus XVI merupakan paus pertama yang mengundurkan diri dalam kurun waktu berabad-abad. Sebelumnya belum pernah ada yang mengundurkan diri.

 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

2 answers to this question

  • 0

Yup....

Shock ane juga pas ngedengernya..

Tapi PAUS juga manusia biasa dengan segala terbatasannya...

Tapi kita juga harus menghargai keputusan Beliau untuk mundur dari tahta kepausan ini.

 

Akhir bulan ini (tepatnya tanggal 28 februari) paus resmi mengundurkan diri, tapi saat itu juga maka tahta tersebut akan kosong.

Sidang konklaf akan diadakan secepatnya...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By ikankering
      Rekan-rekan sekalian, uda ada yang pernah liat paus biru? binatang yang satu ini sangat unik lho.. paus biru itu merupakan binatang terbesar di dunia. Panjangnya bisa mencapai 30meter.. panjang bener tuh. Kalau misalnya mau liat seperti apa bentuknya, bisa ke museum Zoologi yang ada di samping Kebun Raya Bogor. Di sana ada tuh tulang rangka paus biru yang emang menunjukkan kalau binatang itu gede banget.

      Nah satu lagi fun fact tentang paus biru ini yaitu untuk 7 bulan pertama, bayi paus biru itu setiap harinya minum 400 liter susu, dan karena susu paus penuh dengan lemak, jadinya bayi paus biru itu bisa naik berat badannya sekitar 90 kilogram PER HARI.

      hayo... sapa yang mau minum susu paus? biar cepet gemuk wkwkw..

      btw sekarang ini paus biru keberadaannya juga mulai terancam lho.. jadi harus kita lestarikan ya