Sign in to follow this  
nonaJJ

Tips Memilih Kuliner di Pinggir Jalan

33 posts in this topic

Siapa yang nggak suka sama wisata kuliner? Wah pastinya, kalau kantong penuh dan waktu ada, wisata kuliner adalah salah satu wisata pilihan banyak orang. Bukan hanya karena bisa mencicipi aneka masakan, tapi tentu saja ada suasana kehangatan yang berbeda-beda saat mengunjungi setiap tempat kuliner.

 

Banyak pilihan tempat untuk dijadikan sebagai tempat wisata kuliner. Mulai dari yang di pinggir jalan hingga restoran mewah yang mahal sekalipun. Untuk anda yang suka dengan aneka kuliner yang dijajakan di pinggir jalan tentu harus ekstra ketat dalam memilih panganan tersebut. Bukan apa-apa, kuliner di pinggir jalan berpotensi mengandung kuman yang lebih banyak dari pada yang di dalam toko. Tapi masalah tersebut kerap kali diabaikan karena tergiur dengan berbagai jenis kuliner yang kita lihat. Agar tetap sehat selama wisata kuliner di pinggir jalan, sedikit tips untuk teman-teman Jalan2com ini semoga bisa membantu:

  1. Perhatikan tempat

Pertama kali yang harus diperhatikan jalan2ers adalah tempat dari kuliner anda berada. Ini penting, coba lihat dulu apakah tempat yang akan anda kunjungi bersih atau tidak. Kebersihan tentunya bisa dilihat dari apakah banyak lalat yang hinggap di sana, atau sampah, atau lingkungan sekitarnya. Sebaiknya tidak memaksakan untuk mendatangi tempat yang di sekitarnya atau bahkan tepat bersebelahan dengan tumpukan sampah atau kubangan air yang menggenang.

 

  1. Perhatikan penjaja makanan

Setelah memperhatikan kondisi tempat kuliner anda, jangan lupa untuk melihat si penjaja makanan. Anda tentu bisa menilai mana yang bersih atau tidak, bukan hanya dari pakaian tapi dari cara mereka menyajikan makanannya. Bila pedagangnya bersih, mereka akan cuci tangan sebelum menyajikan makanan anda. Mereka juga kerap kali punya lap bersih sendiri untuk mengelap tangan yang berbeda dengan lap untuk piring dan alat-alatnya.

 

  1. Cara memasak yang bersih

Cara memasak juga bagian penting dalam pemilihan kuliner pinggir jalan yang sehat. Jika kebetulan tempat yang anda kunjungi memiliki dapur kecil, anda bisa melirik dan memperhatikan kondisi dapur mereka. Walaupun tidak harus seperti dapur di dalam restoran yang luas dan bersih, tapi anda bisa memperkirakan bagaimana mereka mencuci sayuran dan bahan makanan lainnya. Saat mengolah, apalagi jika di atas gerobak, anda juga bisa melihat bagaimana mereka memasukkan bahan makanan untuk pesanan anda.

 

  1. Hindari minyak yang sudah menghitam

Minyak yang sudah sampai menghitam biasanya sering kita temui pada beberapa tukang gorengan dan aneka kuliner goreng lainnya. Sebaiknya cari saja tempat lain walaupun memang di sana lebih enak. Ingat kesehatan jangka panjang anda lebih penting.

 

  1. Jangan ragu request

Pada beberapa makanan yang cara membuatnya terlihat, seperti bakso, mie ayam, dan sebagainya, anda bisa request untuk tidak menambahkan MSG berlebih. Saya pribadi, jika memesan bakso dan sejenisnya selalu minta MSG nya sedikit saja. MSG tidak baik untuk kesehatan, terutama pada wanita karena bisa memicu kanker.

 

  1. Perhatikan tempat pencucian piring

Ini juga yang penting. Kita sering menemukan penjual makanan yang hanya menggunakan satu ember untuk mencuci piring, gelas, dan sendok. Apalagi jika tidak ada sabun, jadi hanya dibilas saja, sebaiknya anda cari tempat lain. Mencuci piring sebaiknya menggunakan air yang mengalir.

 

  1. Pilih tempat yang sudah direkomendasikan

Jika anda bingung, anda bisa meminta rekomendasi dari teman atau dari orang setempat di mana anda berada. Bisa juga dengan mencari rekomendasi secara online. Ini jauh lebih aman dan tentunya menghindari penyesalan seperti makanan yang tidak enak, misalnya.

 

  1. Lebih ramai lebih baik

Biasanya kalau tempat kuliner yang lebih ramai berarti sudah terkenal dan dipercaya. Ini bisa jadi salah satu pertimbangan, walaupun tidak selamanya yang lebih ramai yang lebih baik. Tapi paling tidak, kalau lebih ramai, resiko keberadaan makanan sisa di hari sebelumnya sedikit. Artinya, makanan yang disuguhkan selalu baru dan kecil kemungkinan hasil penghangatan dari hari sebelumnya.

 

  1. Kenali juga kesehatan anda

Nah, yang paling penting, anda juga bisa mengenali kesehatan anda sendiri. Jangan terburu-buru memilih menu makanan yang disajikan, apalagi jika anda punya gangguan kesehatan yang sensitif terhadap makanan. Misalnya sakit maag, diabetes, asam urat, dan sebagainya. Sayangi diri anda itu jauh lebih berharga.

 

Begitulah, semoga kita bisa lebih berhati-hati ya. Salam sehat teman-teman semua…

Share this post


Link to post
Share on other sites

emang bener semua tipsnya sis, terkadang prioritas utama seseorang memilih jajanan agak sedikit berbeda, misalnya karena alasan

rasa (kalo rasanya enak pasti yang beli pada ngantri.

murah juga menjadi pertimbangan apalagi yang berkantong tipis kelas anak sekolahan ato mahasiswa.

bersih meski terakhir tapi ia adalah penentu pembeli untuk menjatuhkan pilihan, terkadang seseorang yang merekomendasikan makanan kurang jeli juga, apalagi kalo pembelinya bejubel udh pasti faktor kebersihan jadi yg terakhir terlihat... :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalau prioritas saya makan makanan pinggir jalan sih yang penting gak terlalu kotor, kalau cari makanan pinggir jalan emang gak semua nya bersih2 banget, tapi seenggaknya cari yang layak, contohnya jangan pilih yang tempat jualannya pas di sebelah tempat pembuangan sampah

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalo ane sih biasanya cuma ngeliat: penuh ngga ama pelanggan....

Kalo penuh, biasanya turn over hidangannya cepet.

jadi selalu fresh..

 

Kalo masalah kebersihan sih, ngga perlu ane perhatiin..

Selama yang ngejualnya, ngga disamping TPS aja...

Share this post


Link to post
Share on other sites

iya musti minta jgn pake msg, soalnya banyakyg enak karena pake itu hehe

Masa takutnya ke msg sih..

Harusnya jauh lebih takut ke boraks, serta bahan2 lain yang ngga boleh dimakan ama manusia...

:ph34r:

Share this post


Link to post
Share on other sites

pastinya kalau mau jajan di pinggir jalan, tempat memang penting...tapi kalau untuk sekarang susah juga cari tempat makan yang sehat di pinggir jalan....kebanyakan makanan yang di sajikan itu tidak di tutup dan dibiarkan terbuka begitu saja

Share this post


Link to post
Share on other sites

iya musti minta jgn pake msg, soalnya banyakyg enak karena pake itu hehe

Masa takutnya ke msg sih..

Harusnya jauh lebih takut ke boraks, serta bahan2 lain yang ngga boleh dimakan ama manusia...

:ph34r:

msg ama borak sama2 bahaya sih.. msg juga picu kanker lho..

pastinya kalau mau jajan di pinggir jalan, tempat memang penting...tapi kalau untuk sekarang susah juga cari tempat makan yang sehat di pinggir jalan....kebanyakan makanan yang di sajikan itu tidak di tutup dan dibiarkan terbuka begitu saja

krn susah paling ga diminimalisir dh.. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

msg ama borak sama2 bahaya sih.. msg juga picu kanker lho..

krn susah paling ga diminimalisir dh.. :)

 

Kalo berlebihan dan dalam jangka panjang IYA. Sebenernya ngga cuma kanker aja sih. Masih banyak yang laen.

Tapi masih ada batas amannya per hari karena FDA pun masih mengijinkan untuk dikonsumsi.

 

 

Jakarta, Kontroversi konsumsi monosodium glutamate (MSG) atau penyedap rasa dalam makanan tak pernah usai. Asosiasi industri glutamat bersikeras MSG aman buat tubuh sebaliknya pakar kesehatan tak berhenti mengingatkan bahaya MSG.

Pelaku industri mengatakan glutamat buatan dalam MSG tidak berbeda dengan glutamat alami yang tertelan saat makan makanan yang mengandung protein.

Pelaku industri mencontohkan setengah sendok teh MSG dalam setiap 1 pound (0,45 kg) daging berisi kurang dari 10 persen kandungan glutamat alami yang ada dalam daging ayam.

Sebenarnya amankah konsumsi MSG untuk tubuh?

Dilansir dari herbsspices, Senin (11/4/2010), badan pengawas obat dan makanan Amerika (FDA) mengakui MSG sebagai produk aman yang sama amannya seperti garam, merica dan gula.

Asosiasi industri glutamat mengutip rekomendasi badan kesehatan dunia (WHO) yang membatasi konsumsi MSG yang aman adalah 1/3 ounce per hari atau 9,45 gram per hari.

Tapi seperti dilansir helium.com, MSG memiliki efek samping bagi anak-anak dan orang dewasa. MSG memang membuat masakan menjadi lebih gurih karena mengandung garam sodium dari asam glutamat tapi tidak mengandung nilai gizi selain hanya untuk meningkatkan cita rasanya.

MSG juga dimasukkan dalam kategori excitotoxin atau neurotoksin yang memiliki efek yang lama kelamaan (degeneratif) merusak otak dan sistem saraf.

Cara kerja MSG yang merusak saraf otak ini melalui selaput di dalam mulut ketika dimasuki aliran darah melalui makanan yang mengandung MSG.

MSG dibuat dengan menggunakan proses buatan yang memecah dan mengubah glutamat terikat ke dalam bentuk bebas. Glutamat bebas ini bisa memasuki aliran darah 10 kali lebih cepat dibanding glutamat alami.

Efek MSG dan excitotoxins menyebabkan orang akan makan lagi setelah makanan makanan yang mengandung MSG karena efek MSG dan excitotoxins memicu insulin, adrenalin, penyimpanan lemak, ketagihan untuk makan.

Seperti dikutip dari eHow, Senin (12/4/2010) ada beberapa efek samping yang bisa timbul setelah mengonsumsi MSG yaitu:

1. Sensasi atau rasa terbakar di bagian belakang leher dan dada

2. Mual

3. Sesak napas

4. Nyeri dada

5. Rasa haus dan mulut kering

6. Pusing

7. Mengantuk

8. Serta adanya hasrat untuk mengonsumsi makanan lain.

Reaksi terhadap MSG ini bisa terjadi kapan saja, ada yang langsung terasa setelah mengonsumsi tapi ada juga yang baru terasa hingga dua hari kemudian.

Sedangkan salah satu efek lain dari MSG pada anak-anak adalah dapat memicu terjadinya serangan asma, karenanya bagi penderita asma diusahakan untuk menghindari penggunaan MSG.

Asam glutamate yang terkandung dalam MSG adalah suatu neurotransmitter yang dapat membangkitkan rasa pada sistem saraf. Pada beberapa orang tertentu dapat mengakibatkan masalah neurologis seperti perubahan mood, menjadi bingung dan timbul migrain.

Berdasarkan penelitian terhadap tikus di laboratorium ditemukan peningkatan peluang obesitas karena konsumsi MSG. MSG di dalam tikus muda memiliki risiko tiga kali lipat jumlah insulin dalam pankreasnya yang memicu obesitas. Laporan ini berjudul 'Sensory And Autonomic Nerve Changes In The Msg-Treated Rat: A Model Of Type II Diabetes' yang dibuat peneliti dari UAE University.

MSG cukup banyak terdapat dalam berbagai jenis makanan seperti makanan ringan, makanan yang bisa tahan lama atau pada makanan yang dijual bebas, sehingga terasa sulit untuk dihindari secara total.

Kadang-kadang produsen juga tak lagi menulis MSG di label makanannya. Tapi menulis dengan nama lain glutamat, calcium caseinate, yeast extract, hydrolyzed protein, textured protein, gelatino.

Konsumen yang harus memutuskan apakah MSG bermanfaat atau berbahaya karena MSG masih dibolehkan dalam makanan dan dianggap aman.

Tapi jika MSG membuat tidak nyaman dan menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan sebaiknya tidak lagi menggunakan MSG.(ir/ir)

 

 

http://health.detik.com/read/2010/04/12/101540/1336360/766/seberapa-aman-msg-dikonsumsi

 

Cuma kalo ngomongin "boraks dkk-nya", zat tersebut harusnya sama sekali TIDAK BOLEH DIKONSUMSI oleh manusia.

Karena zat memang tidak untuk dimakan. Dan dampaknya pun sangat nyata adanya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalo berlebihan dan dalam jangka panjang IYA. Sebenernya ngga cuma kanker aja sih. Masih banyak yang laen.

Tapi masih ada batas amannya per hari karena FDA pun masih mengijinkan untuk dikonsumsi.

 

 

 

 

http://health.detik.com/read/2010/04/12/101540/1336360/766/seberapa-aman-msg-dikonsumsi

 

Cuma kalo ngomongin "boraks dkk-nya", zat tersebut harusnya sama sekali TIDAK BOLEH DIKONSUMSI oleh manusia.

Karena zat memang tidak untuk dimakan. Dan dampaknya pun sangat nyata adanya.

nice info kaka... makasih banyak,. oke lbh waspada ama makanan pinggir jalan!! :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

satu lagi tanya dulu sebelum makan, harga makanannya berapa dijual disitu, karena pengalaman kalo kita ga nanya sebelum makan, pas selesai langsung ditembak harga yang mahal dan ga masuk akal perporsinya, karena ada beberapa warung pinggir jalan yang sengaja ga pasang list harga makanannya buat menjebak konsumen yang berkunjung.  :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

nice share, info bagus buat yang suka makan di pinggir jalan..selain mencari makanan enak, sebaiknya diperhatikan pula kebersihan dari tempat makan tersebut..meskipun banyak yang bilang makanan enak yah makanan yang berada di pinggiran jalan, karena selain murah, porsinya juga banyak  :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

nice share, info bagus buat yang suka makan di pinggir jalan..selain mencari makanan enak, sebaiknya diperhatikan pula kebersihan dari tempat makan tersebut..meskipun banyak yang bilang makanan enak yah makanan yang berada di pinggiran jalan, karena selain murah, porsinya juga banyak  :D

hahhahaa iyaaaa murah dan banyak :) tapi memang hati2 yaaa banyak kuman :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this