baehaki

Memilih Waktu yang Tepat untuk Berlibur ke Cina

3 posts in this topic

Cina merupakan negara dengan besar dengan wilayah yang sangat luas dan jumlah penduduk terbesar di bumi. Dengan wilayah yang luas tersebut, tidak mengherankan jika di Cina banyak tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi.

 

Mungkin kalau orang awam tahunya cuman Tembok Besar Cina yang menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Tapi, Cina ternyata lebih dari hanya Tembok Besar Cina. Terdapat tempat-tempat lain serta keunikan lain dari Cina yang mampu menarik perhatian para wisatawan. Di antaranya adalah kota terlarang, tentara terrakota, gua mogao, Gunung Tai, Kuil Konfusius dan lain-lain.

 

Nah, karena faktor wilayah yang luas dan penduduk yang melimpah, maka ada beberpa hal yang harus diperhatikan kalau ingin memilih waktu berkunjung ke Cina. Hal ini tentu saja agar pengalaman wisata ke negeri Tirai Bambu ini berjalan dengan lancar.

 

Kondisi iklim

 

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Cina merupakan negara yang besar dengan wilayah luas. Jadi, iklim yang ada di negara ini pun sangat lengkap, dari musim semi, musim gugur, musim panas dan musim dingin. Oleh karena itu, alangkah baiknya Anda mempertimbangkan tempat tujuan sesuai dengan kondisi iklim yang membuat pengalaman wisata sangat menarik.

 

Musim Gugur

 

Dari sekian banyak waktu, awal musim semi yang jatuh pada bulan September hingga awal Oktober merupakan cuaca yang paling nyaman. Suhu udara pada masa ini biasanya berkisar antara 10 derajat celcius hingga 22 derajat celcius. Sebagai tambahan, pada musim gugur ini intensitas hujan juga sangat terbatas. Musim gugur juga menjadi waktu di mana lukisan kuno dan berharga yang ada di Beijing Palace Museum.

 

Musim Semi

 

Secara umum pada musim semi rata-rata memiliki suhu antara 10C hingga 22C. Di musim ini, wisatawan yang datang disarankan untuk memakai baju berlapis, agar tetap nyaman dalam kondisi panas ataupun dingin.

 

Musim Panas

 

Musim Panas di Cina berlangsung dari bulan Juni hingga akhir Agustus dan sangat panas dengan suhu melebihi 22C. Di waktu ini, terdapat empat tempat yang terkenal sangat panas, yakni Wuhan, Tianjin, Congging dan Nanchang. Selain itu, waktu bepergian pada musim ini juga sebaiknya membawa jas hujan.

 

Musim Dingin

 

Bepergian pada musim dingin di Cina juga menjadi daya tarik tersendiri, terutama di Cina bagian utara. Di mana kita bisa menyaksikan Festival Es Harbin. Di festival ini, pengunjung bisa menyaksikan berbagai jenis hasil kerajinan yang menggunakan es. Biasanya, festival ini pun berlangsung cukup panjang, hampir satu bulan. Terdapat beberapa tempat di mana kita bisa secara langsung menikmati hasil karya seni es terbaik yang dipamerkan, di antaranya adalah di Zhaolin Park, Yabuli International Ski Resort serta Ice and Snow World.

 

Jadi, kalau Anda ingin berkunjung ke Cina, pastikan dulu tempat yang akan didatangi dan musim yang tengah berlangsung. Apakah tempat tersebut menawarkan kondisi yang terbaik seiring dengan musim yang tengah berlangsung. Selain itu, pergi ke cina tanpa mengetahui kondisi musim di sana juga bakal membuat perjalanan Anda sangat tidak nyaman. 

 

Selain itu, terdapat beberapa hari yang terhitung sebagai high season di Cina. Di antaranya adalah hari buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei dan berlangsung sekitar 3 hari, Hari Nasional yang jatuh pada 1 Oktober dan berdurasi 7 hari, liburan musim panas (juni-september) dan liburan musim dingin (januari - februari).

 

Pada saat high season tersebut, sarana transportasi di Cina akan menjadi sangat susah diperoleh pun halnya untuk penginapan, yang ini sih cukup normal mengingat banyaknya tempat wisata di Cina. Jadi, kalau ingin berjalan-jalan ke Cina pada low season, sepertinya Anda harus mengingat betul waktu di mana high season di Cina. Tentunya demi tiket yang murah bukan J.

 

Selain itu, terdapat pula beberapa festival yang diadakan pada waktu-waktu tertentu di beberapa tempat di Cina. Pelaksanaan festival-festival tersebut dilakukan berdasarkan penanggalan Cina, seperti Festival Qingming, Festival Dragon Boat, Festival Lentera dan lain-lain.

 

Oh ya, sebagai saran tambahan, untuk mencari hotel, tentunya cari harga yang murah dong. Terlebih bagi para backpacker. Nah, untuk yang satu ini bisa memanfaatkan fitur di hotels.jalan2.com, di situ kita bisa melihat perbandingan secara langsung harga sewa hotel dari beberapa situs booking hotel.  

Share this post


Link to post
Share on other sites

musim gugur setuju.. karena memang di musim itu rata2 keliatannya bagus2 pemandanganny

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now

  • Similar Content

    • By baihaki1985
      Bagi yang suka dengan main air, Cina mempunyai banyak tempat yang menarik. Terlebih di Cina terdapat pantai ataupun danau yang mempunyai pemandangan indah. Dan dari sekian banyak danau yang ada di negeri tirai bambu tersebut, nama Danau Qinghai kerap disebut sebagai danau paling cantik. 

      Danau Qinghai dilihat dari satelit (kredit: Wikipedia)
      Danau yang satu ini dikenal sebagai danau terbesar sekaligus danau air asin terbesar yang ada di negara Cina. Danau ini mencapai luas 4317 kilometer persegi. Tak hanya punya ukuran yang besar, danau ini juga berada di tempat yang tinggi, tepatnya 3260 meter di atas permukaan laut. 
      Keliling danau ini mencapai angka 360 kilometer dengan kedalaman rata-rata mencapai 19 meter. Titik terdalam dari danau ini mencapai 32,8 meter. Danau ini pun menjadi muara dari total sebanyak 50 sungai. Selain itu, di tempat ini juga bisa dijumpai sebanyak 163 jenis spesies burung. 
      Danau Qinghai ini berada sekitar 100 kilometer dari kota Xining yang merupakan ibukota Provinsi Qinghai. Bersama dengan Danau Yamdrok, Danau Manasaronar dan Namtso, Danau Qinghai ini dikenal sebagai empat danau suci di negara Cina. 
      Lokasinya yang berada di ketinggian pun membuat danau ini sebagai lokasi liburan yang sangat menarik. Terlebih ketika memasuki musim panas. Pada musim panas, danau ini akan terlihat seperti sebuah cermin raksasa yang memantulkan sinar matahari. Momen lain untuk menikmati pemandangan di tempat ini adalah pada saat musim gugur. 
      Di tempat ini pun banyak terdapat lokasi-lokasi yang sangat menarik dan kerap jadi tempat kunjungan wisatawan. Tempat-tempat tersebut adalah:
      Pulau Burung atau Niaodao
      Niaodao atau kerap disebut dengan nama Pulau Burung merupakan salah satu tempat yang dilindungi oleh pemerintah Cina. hal ini karena Niaodao merupakan sebuah pulau yang menjadi rumah lebih dari 10 ribu burung. Untuk masuk ke area ini, dikenakan biaya sebesar 100 RMB saat high season dan 60 RMB saat low season. 

      Kumpulan burung di Niaodao (kredit: sonyaandtravis)
      Pulau kecil yang satu ini pun kerap disebut sebagai surganya para burung. Pulau ini lokasinya bersebelahan dengan dua pulau lain, yakni Haixi Pi serta Haixi Shan. Dan pada saat musim panas dan musim semi, para burung akan berdatangan dalam rangka berkembang biak di pulau ini. 
      Pulau Niaodao ini menjadi rumah para burung karena lokasinya yang memang sangat nyaman bagi mereka. Pulau Niadao ini punya struktur tanah yang datar dan dekat dengan air. Dengan begitu, sumber makanan bagi para burung, bisa ditemukan dengan mudah. 
      Haixi Shan Island
      Pulau yang satu ini berada di sebelah barat dari Pulau Burung. Ukurannya terbilang kecil, yakni seluas 0,11 kilometer persegi. Meski begitu, pulau ini menjadi rumah dari ribuan burung setiap tahunnya. Dan tempat ini juga kerap disebut dengan nama Egg Island karena begitu banyaknya burung yang bertelur di tempat ini. 
      Sha Dhao Island
      Pulau kecil berikutnya adalah Sha Dao Island yang berlokasi di bagian timur laut Danau Qinghai. Untuk masuk ke tempat ini, seorang traveler akan dikenakan tiket masuk sebesar 70 RMB (high season) atau 35 RMB (low season). 
      Pulau ini mempunyai panjang mencapai 13 kilometer dengan ukuran paling lebar mencapai 2,8 kilometer. Sha Dhao Island  ini juga dikenal sebagai pulau terbesar yang ada di Danau Qinghai. Berbagai jenis hiburan pun bisa dijumpai di tempat ini. Termasuk di antaranya adalah berkendara SUV atau tour yatch. 
      Menyuan County Cole Flower
      Nah kalau ingin memperoleh suasana yang berbeda di danau ini, maka tempat yang bisa dituju adalah Menyuan County. Tempat ini berada di bagian barat laut dari Danau Qinghai. Tempat ini dikenal sebagai lokasi yang banyak memperoleh pancaran sinar matahari. Selain itu, di sini terkenal karena hamparan bunga brasika yang mencapai luas 400 kilometer persegi. Hamparan bunga brasika di sini pun dikenal sebagai yang paling luas di seantero Cina. 

      Hamparan bunga brasika di Qinghai (kredit: chinafolio)
      Berbagai jenis festival
      Selain itu, di sini juga menjadi lokasi dari perayaan beberapa festival. Di antaranya adalah:
      Qinghai Folk Song Festival “Hua’er”
      Festival ini berlangsung antara bulan Mei hingga bulan Juni. “Hua’er” merupakan alunan musik kisah cinta masyarakat tradisional Cina. Di festival ini akan diramaikan dengan orang-orang yang berpakaian menarik dan menyanyikan sebuah lagu untuk pasangannya. 
      Qinghai Yushu Ethnic Horse Racing Festival
      Festival yang satu ini diadakan oleh masyarakat Tibet. Nah pada festival ini, akan diadakan berbagai aktivitas. Di antaranya adalah perlombaan balap kuda, balap yak, gulat ala Tibet, memanah, menembak dan bahkan ajang fashion show. 
    • By baihaki1985
      Cina memang dikenal sebagai sebuah negara yang besar. Tak hanya secara ekonomi ataupun pengaruhnya di tingkat dunia. Cina juga dikenal sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak dunia, dengan angka melebihi 1 miliar jiwa. 
      Dan kalau berbicara mengenai sejarah zaman dahulu negara Cina, maka nama yang tak bisa ditinggalkan tentu saja adalah sosok Qin Shi Huang. Nama yang satu ini memang dikenal sebagai kaisar pertama yang berhasil menyatukan seluruh wilayah negeri Cina. 
      Kisah mengenai keberhasilan Qin Shi Huang dalam menyatukan negeri Cina pun dimunculkan dalam berbagai cerita. Kalau yang suka anime ataupun manga, bisa mengenal sosok Qin Shi Huang ini dalam cerita berjudul Kingdom. Selain itu, terdapat pula beberapa kisah lain yang menceritakan sosok Qin Shi Huang, yakni The Myth hingga The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor. 
      Sebagai sosok yang berhasil menyatukan negeri Cina untuk pertama kalinya, Qin Shi Huang pun meninggalkan banyak peninggalan. Dan di antara banyak peninggalan yang ada, yang paling terkenal tentunya adalah Museum Prajurit Terracotta. 
      Tembok Besar Cina
      Tembok Besar Cina yang dikenal sebagai salah satu keajaiban dunia pun merupakan salah satu dari peninggalan Kaisar Qin Shi Huang. Seperti diketahui, bangunan Tembok Besar Cina memang dibangun dalam beberapa tahap. Dan Qin Shi Huang membangun Tembok Besar Cina ini dari tahun 220 hingga 206 SM.

      Tembok Besar Dinasti Qin (kredit: Panoramio) 
      Sayangnya, bangunan Tembok Besar Cina yang dibangun pada masa Kaisar Qin Shi Huang kini dalam kondisi yang cukup menyedihkan. Hanya sebagian kecil tembok yang kini bisa dijumpai. Sebagaimana diketahui, sebagian besar bagian dari Tembok Besar Cina yang kini berdiri merupakan bangunan yang dibangun pada masa Dinasti Ming. 
      Kanal Lingqu
      Nah, peninggalan berikutnya dari Kaisar Qin Shi Huang adalah Kanal Lingqu. Kanal yang satu ini dikenal sebagai kanal pertama dunia yang menghubungkan dua sungai, yakni Sungai iang dengan Sungai Li yang berada tidak jauh dari Guilin di Provinsi Guangxi. 

      Kanal Lingqu, salah satu kanal tertua dunia (kredit:China.cn)
      Pembangunan kanal ini diperintahkan oleh Qin Shi Huang pada tahun 214 SM yang menghubungkan dua sungai, Sungai Xiang dan Sungai Li. Pembangunan kanal ini dimaksudkan untuk melakukan serangan militer ke suku Baiyue yang berada di wilayah Cina bagian selatan. 
      Selain itu, kanal Lingqu ini jua dikenal sebagai kanal tertua dunia dengan panjang mencapai 36,4 kilometer. Dan tentu saja, Kanal Lingqu ini sudah menjadi salah satu tempat yang dilindungi dan masuk dalam daftar World Heritage dari UNESCO. 
      Qin Shi Huang Mausoleum
      Peninggalan yang tak bisa dilepaskan dari sosok Qin Shi Huang berikutnya adalah Qin Shi Huang Mausoleum atau Makam Qin Shi Huang. Makam Qin Shi Huang ini sendiri merupakan satu kompleks dengan Museum Prajurit Terracotta di kota Xi'an yang terletak di Provinsi Shaanxi. 

      Bukit lokasi Makam Qin Shi Huang (kredit: Wikipedia)
      Museum Prajurit Terracotta sendiri terletak di bagian timur dari Makam Qin Shi Huang. Dan Museum Prajurit Terracotta itu sendiri berperan sebagai pengawal dari makam ini. Sayangnya, kondisi Makam Qin Shi Huang ini belum sepenuhnya diekskavasi oleh Pemerintah Cina. Jadi belum begitu banyak yang bisa dieksplorasi. 
      Makam Qin Shi Huang ini sendiri kabarnya mempunyai ukuran yang jauh lebih besar bahkan jika dibandingkan dengan piramida yang ada di Mesir. Bangunan asli makam ini mencapai ketinggian 100 meter, panjang 515 meter dan lebar mencapai 485 meter. Namun Makam Qin Shi Huang ini kini diketahui hanya mempunyai ketinggian 47 meter. 
      Proses ekskavasi situs Makam Qin Shi Huang ini memang menimbulkan berbagai polemik. Di satu sisi, terdapat para peneliti yang ingin menggali lokasi situs tersebut. Berbagai alasan dikemukakan, termasuk di antaranya adalah langkah untuk mengembangkan turisme, menghindari perampokan makam serta perlindungan terhadap benda-benda bersejarah. 

      Kereta Prajurit Terracotta yang ditemukan di situs Makam Qin Shi Huang (kredit: Wikipedia)
      Di sisi lain, penggalian yang selama ini telah dilakukan, tepatnya penggalian di situs Prajurit Terracotta, jadi contoh buruk yang mengakibatkan adanya pihak yang kontra. Terdapat berbagai kesalahan dalam proses penggalian. Sebagai contoh adalah kegagalan dalam mempertahankan warna asli dari patung Prajurit Terracotta pada saat terkena udara luar. 
      Prajurit Terracotta
      Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di negara Cina, Prajurit Terracotta menjadi daya tarik utama para traveler setiap tahunnya. Terlebih tempat ini memang menyimpan nilai sejarah yang tinggi, memperlihatkan kejayaan Dinasti Qin yang berhasil mempersatukan negara Cina untuk pertama kalinya. 
      Situs Prajurit Terracotta ini sendiri merupakan peninggalan yang penting dari sosok Qin Shi Huang. Terlebih semasa hidupnya, Qin Shi Huang memang dikenal sebagai sosok yang berambisi untuk hidup abadi. Dan Prajurit Terracotta ini merupakan para prajurit yang disiapkannya ketika dirinya kelak hidup kembali. 
    • By baihaki1985
      Dengan wilayahnya yang sangat luas, Cina memang dikenal sebagai negara yang mempunyai kekayaan alam sangat indah. Berbagai jenis pemandangan alam pun bisa ditemukan di negara tersebut. Termasuk di antaranya adalah pemandangan alam berupa sebuah air terjun. 
      Jumlah air terjun di negara Cina memang bejibun. Namun di antara banyak air terjun yang ada di negeri tirai bambu tersebut, terdapat lima air terjun yang menjadi lokasi wisata menarik. Daya tarik utama dari lima air terjun tersebut tentu saja adalah keindahannya. 
      Banyak disebut sebagai lima air terjun paling indah di Cina, tentu cukup bikin penasaran bukan bagaimana rupa dari pemandangan di lima tempat tersebut. Berikut ini adalah lima air terjun yang dimaksud, tidak berdasarkan urutan sih. Karena kelima air terjun ini memang sama-sama indahnya. 
      Air Terjun Detian
      Air Terjun Detian ini dikenal sebagai air terjun yang berada Daxing County di Provinsi Guangxi. Sebenarnya sih, air terjun ini tak hanya menjadi bagian dari wilayah negara Cina, melainkan juga menjadi bagian dari negara tetangga Vietnam. Hal ini karena Air Terjun Detian ini berada di perbatasan kedua negara. 

      Air Terjun Detian (kredit: Minhhai21)
      Air Terjun Detian ini terletak di Sungai Guichun. Air dari sungai ini pun mengalir menuju ke Vietnam dan kembali mengarah ke wilayah Guangxi. Dan karena lokasinya berada di perbatasan, air terjun ini bisa dikunjungi baik melalui negara Cina ataupun Vietnam. 

      Air Terjun Detian (kredit: funmozar)
      Air Terjun Detian ini terbagi menjadi tiga layer, yakni upper layer, gradual slope serta lower layer. Dan karateristik di masing-masing layer pun berbeda. Dan kalau datang ke tempat ini pada musim panas, maka JJners akan bisa menyaksikan Air Terjun Detian dalam kondisi punya debet air terbesarnya. 
      Untuk menuju ke Air Terjun Detian ini bisa menggunakan bus di Nanning, tepatnya melalui Langdong Bus Station pada pukul 9 pagi. Untuk tiket masuknya, para pengunjung dikenakan biaya sebesar 80 RMB. 
      Air Terjun Huangguoshu
      Air terjun berikutnya yang mempunyai pemandangan paling indah di Cina adalah Air Terjun Huangguoshu yang berlokasi di kota Anshun, Provinsi Guizhou, Cina. Huanghuoshu ini pun dikenal sebagai air terjun terbesar yang ada di negara Cina dan Asia. 

      Air Terjun Huangguoshu (kredit: lvjs)
      Mempunyai ketinggian mencapai 77,8 meter dan lebar 101 meter, tak heran kalau air terjun ini sangat terkenal. Terlebih lagi Huangguoshu ini merupakan sebuah cluster air terjun, total terdapat 18 air terjun di area yang disebut dengan nama Huangguoshu Waterfall National Park ini. 
      Terdapat beberapa spot yang bisa digunakan untuk menyaksikan keindahan dari air terjun ini. Pertama adalah spot yang menawarkan pemandangan Air Terjun Huangguoshu secara penuh dari jarak jauh. Selanjutnya, ada pula spot untuk menyaksikan air terjun ini secara bird's view. Dan yang terakhir, adalah spot untuk melihat Huangguoshu dari bawah. 
      Pemandangan di sini pun berubah seiring dengan musim. Misalnya pada bulan Juli serta Agustus, debet air di sini bakal sangat tinggi. Lain halnya kalau di bulan Desember dan Januari, di mana debet air menurun drastis.
      Di sini juga terdapat sebuah gua yang berada di balik air terjun bernama Shuiliandong. Bagi yang suka caving, tentu bisa pula memanfaatkan waktunya untuk bisa menjelajahi gua ini. Gua ini mempunyai ukuran yang cukup panjang, sejauh 134 meter. Dari gua ini pun bisa terlihat pelangi, terutama pada saat matahari muncul. 
      Pemandangan cantik lainnya yang bisa dijumpai di area air terjun ini adalah Rhinoceros Pool. Kolam ini mempunyai kedalaman mencapai 11 meter. Dan pada saat berada di dalam kolam, pengunjung pun bisa secara langsung merasakan percikan air yang turun dari air terjun. 
      Air Terjun Huangguoshu ini pun menjadi tempat wisata nomor satu di Provinsi Guizhou. Lokasinya berjarak sekitar 128 kilometer dari ibukota Provinsi Guizhou di Guiyang. Mengenai transportasi menuju ke Anshun yang merupakan lokasi dari air terjun ini juga cukup mudah. Terdapat jalur kereta yang menghubungkan Anshun dengan kota-kota besar seperti Beijing, Shanghai, Chongqing, Guangzhou serta Kunming. 
      Pilihan lainnya, bisa menggunakan bus yang berangkat dari kota Guiyang menuju ke Anshun. Bus ini tersedia setiap 20 menit sekali di Guiyang Long Distance Bus Station. Dan untuk akses kembali, bisa juga menggunakan transportasi serupa. Bus dari Anshun menuju ke Guiyang terakhir berangkat pukul 19:00. Meski ada pula bus privat yang tersedia hingga pukul 22:30, namun dengan ongkos jauh lebih mahal.
    • By baihaki1985
      China punya banyak kota besar dan masing-masing kota juga mempunyai daya tarik tersendiri di mata para wisatawan. Jadi akan sangat rugi kalau datang ke Cina hanya berkunjung ke satu kota. Para wisatawan dunia pun biasanya menghabiskan beberapa waktu untuk berkunjung ke beberapa kota sekaligus di negara Cina. Dan dari sekian banyak kota, terdapat 10 di antaranya yang sangat populer di mata para wisatawan. Berikut ini adalah kota-kota tersebut, tidak berdasarkan urutan sih ya. 

      Tembok Besar CIna (kredit: feelgrafix)
      Beijing
      Beijing menjadi kota yang paling populer di mata para wisatawan dunia. Tidak hanya karena Beijing merupakan ibukota dari negara China, kota yang satu ini juga menjadi pusat budaya dari negara tirai bambu ini. Bahkan karena banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di Beijing, tak akan cukup waktu satu hari kalau ingin menjelajahi kota ini.

      Tiananmen Square (kredit: Shutterstock)
      Beberapa destinasi wisata menarik bisa dijumpai di kota Beijing. Tak hanya bisa menghabiskan waktu di pagi dan siang hari, Beijing juga menyimpan berbagai tempat menarik yang juga bisa dikunjungi pada saat malam hari. Dengan begitu, wisatawan pun tidak akan merasa kehilangan waktu, terlebih untuk wisatawan yang mempunyai jadwal sangat terbatas. 
      Di kota ini, destinasi wisata yang paling populer tentu tak lain adalah Tiananmen Square serta Forbidden City. Kedua tempat ini lokasinya bersebelahan. Jadi untuk mengunjunginya bisa dilakukan dalam satu waktu. Lalu ada pula Tembok Besar Cina yang beberapa bagian di antaranya berada di sekitar kota Beijing. Meski jaraknya memang cukup jauh. 
      Guangzhou
      Kota Guangzhou menjadi salah satu kota besar yang ada di negara Cina dan dulunya disebut dengan nama Kanton oleh orang-orang barat. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di negara Cina setelah Shanghai dan Beijing dengan populasi penduduk mencapai 12 juta orang. Tak hanya dikenal sebagai kota besar, Guangzhou juga mempunyai sejarah yang panjang didirikan pada tahun 214 sebelum Masehi. Selain itu, kota ini juga sangat terkenal dengan wisata kulinernya. 
      Guilin
      Kalau ingin melihat pemandangan alam yang sangat cantik di negara Cina, maka lokasi yang bisa dituju tentunya adalah Guilin. Di tempat ini, destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan tak lain adalah Li River yang di sepanjang perjalanannya menyajikan pemandangan yang menarik. 

      Guilin (kredit: ampersandtravel)
      Hangzhou
      Kota yang satu ini dikenal sebagai kota dengan pemandangan yang cantik di negara China. Dan destinasi wisata paling terkenal yang bisa dijumpai di Hangzhou ini adalah West Lake yang fenomenal. Tak hanya dikenal sebagai kota dengan pemandangan cantik, Hangzhou juga dianggap sebagai pusat industri kait sutra khas Cina. 

      West Lake (kredit: Ken Seet)
      Kunming
      Kunming yang merupakan ibukota dari Provinsi Yunnan terkenal sebagai City of Eternal Spring. Julukan tersebut tak lain karena suasana di kota ini yang sangat menyenangkan dan bunga-bunga pun bermekaran setiap tahun. Kota ini juga dikenal sebagai salah satu kota yang masuk dalam jalur Silk Road. Untuk destinasi wisata yang terkenal, salah satunya adalah Stone Forest yang terkenal dengan formasi batuan kapur. 
      Nanjing
      Nanjing mempunyai arti sebagai ibukota di bagian selatan, berlawanan dengan Beijing yang punya makna ibukota di bagian utara. Kota Nanjing ini dikenal sebagai kota yang menyimpan banyak peninggalan sejarah di negara Cina. Para wisatawan pun bisa mengunjungi peninggalan Dinasti Ming pada saat berkunjung ke kota ini. Salah satunya adalah City Wall of Nanjing yang merupakan peninggalan dari Kaisar Zhu Yuanzhang pada saat mendirikan Dinasti Ming. 
      Shanghai
      Sebagai kota metropolitan terbesar di negara Cina, Shanghai juga turut menjadi destinasi wisata yang populer di mata para wisatawan. Kota Shanghai ini terkenal terutama karena pemandangan di sekitar sungainya. Tak hanya itu, sebagai kota metropolitan terbesar di Cina, para wisatawan pun bisa menemukan tempat belanja yang menarik pada saat berkunjung ke kota Shanghai. 
      Suzhou
      Kalau negara barat punya kota Venesia, maka ada pula kota serupa di negara Cina, yakni Suzhou Kota ini terkenal dengan kanal-kanal air serta beberapa taman yang hingga kini terjaga dengan baik. Lokasi kota ini berada ditak jauh dari Shanghai. Jadi para wisatawan yang berkunjung ke Shanghai pun biasanya tak ingin melewatkan kunjungannya ke kota ini. 
      Xi'an
      Kota berikutnya yang biasanya tak bisa dilewatkan pada saat berkunjung ke negara Cina adalah Xi'an. Kota ini dikenal sebagai kota tertua dan ibukota Cina kuno. Di sini terdapat makam dari kaisar pertama Cina kuno. Tak hanya itu, di tempat ini juga terdapat satu destinasi wisata yang fenomenal, yakni Museum Prajurit Terrakotta. 

      Museum Prajurit Terrakotta di Xian (kredit: chinafocustravel)
      Hong Kong
      Hong Kong memang punya bendera sendiri, namun Hong Kong masih merupakan bagian dari negara Cina. Dan Hong Kong juga merupakan tempat wisata yang sangat populer di negara China. Para wisatawan yang berkunjung ke sini pun tertarik dengan berbagai hal yang ada di kota tersebut. Terlebih wisata belanjanya. Tak hanya itu, Hong Kong juga dikenal sebagia kota dengan film action mandarinnya. Sosok yang paling dikenal tentu tak lain adalah Bruce Lee.
    • By baihaki1985
      Tembok Besar Cina memang salah satu dari daya tarik utama dari negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT), coba pake kata Tiongkok ketimbang Cina sih, tapi rasanya kok kurang sreg yak... . Namun sangat disayangkan dong kalau hanya menghabiskan waktu kunjung ke Cina dengan mendatangi Tembok Besar Cina. Terlebih beberapa tempat wisata lain yang tak kalah menarik juga bisa dikunjungi. Terlebih tempat wisata di Cina yang lokasinya berada tidak jauh dari Tembok Besar Cina.
       
      Seperti yang diketahui, tidak hanya berlokasi di satu tempat. Tembok ini mempunyai panjang lebih dari 8 ribu kilometer. Tentunya tempat-tempat yang dilalui oleh Tembok Besar ini juga sangat banyak. Namun dari sekian banyak, hanya beberapa area yang dikenal akrab oleh para traveler. Seperti yang telah saya tulis dalam tulisan sebelumnya sih, meski memang tidak mencakup semuanya.
       
      Dan di sekitar area-area Tembok Besar tersebut, terdapat beberapa tempat wisata lain yang tak kalah menarik dan sayang untuk di-skip. Jadi, kalau kata pepatah berenang sambil minum air, asal airnya jernih lho ya hahahah. Nah, lalu tempat-tempat wisata apa saja sih yang berada tidak jauh dari Berikut ini adalah beberapa di antaranya. Kalau ada yang mau menambahkan, monggo bin silakan :)
       
      Tempat wisata dekat dengan Badaling
       
      Badaling merupakan bagian dari Tembok Besar Cina yang paling populer di mata para wisatawan. Terlebih kondisi Tembok Besar di sini juga sudah sangat baik karena telah direstorasi oleh Pemerintah Cina. Dan tempat ini juga dikenal sebagai kawasan Tembok Besar yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan asing ataupun lokal.
       
      Di dekat Tembok Besar Badaling, para traveler juga bisa berkunjung ke tempat-tempat menarik lainnya. Di antaranya adalah:
       
      Ming Tombs Scenic Area
       
      Tempat yang satu ini berada sekitar 50 kilometer di arah barat laut dari Kota Beijing, tepatnya di kaki Gunung Tianshou. Di sini menjadi lokasi dari kuburan 13 kaisar Dinasti Ming yang menguasai Cina dari rentang tahun 1368 hingga 1644. Tempat ini pun dikenal sebagai lokasi pemakaman kuno yang hingga kini masih terjaga dengan baik. Terlebih di area ini juga diketahui menjadi lokasi pemakaman banyak kaisar Cina masa lalu.
       

      Tipikal arsitektur bangunan di Ming Tombs (kredit: Wikipedia)
       
      Ming Tombs Scenic Area ini pertama kali dibangun oleh kaisar pertama yakni Kaisar Zhu Di yang membangun Changling Tomb untuk dirinya pada tahun 1409. Setelah itu, para kaisar penerus dari Kaisar Zhu Di pun mengikuti langkah serupa selama 230 tahun berikutnya. Hingga akhirnya terdapat 13 kaisar Dinasti Ming yang dikuburkan di area seluas 120 kilometer persegi ini.
       
      Kuburan ketiga belas kaisar di area Ming Tombs ini mempunyai area pemakamannya masing-masing. Jarak antara satu area pemakaman dengan area pemakaman lainnya pun cukup jauh, berkisar dari 500 meter hingga 8 kilometer. Sayangnya, tak semua area pemakaman kaisar Dinasti Ming di Ming's Tomb ini bisa dikunjungi wisatawan. Pemerintah setempat hanya memperbolehkan para wisatawan untuk berkunjung ke Sacred Way, Changling Tomb, Zhaoling Tomb serta Dingling Tomb.
       

      Suasana di dalam Dingling Tomb (kredit: Wikipedia)
       
      Meski begitu, para wisatawan yang datang ke sini akan disuguhi dengan berbagai bangunan dengan desain arsitektur yang menarik. Terlebih di Dingling Tomb juga terdapat sebuah istana bawah tanah yang baru ditemukan keberadaannya pada rentang tahun 1956 dan 1958. Cukup menarik untuk dikunjungi.
       
      Sebagai tambahan, meski nama tempatnya adalah Ming Tombs, bukan berarti semua tempat yang ada di sini adalah pemakaman. Terdapat pula sebuah tempat bernama Ming Emperor Wax Palace yang dibuka sejak Agustus 1994. Di sini, para wisatawan pun bisa menyaksikan bagaimana kondisi tiruan dari Dinasti Ming di masa lalu.
       

      Ming Emperor Wax Palace (kredit: Ming Tombs)
       
      Jarak antara Ming Tombs dengan Badaling pun tidak terlalu jauh. Terlebih kedua tempat ini bisa diakses dengan menggunakan bus umum yang menghubungkannya satu sama lain. Jadi, setelah memuaskan diri untuk menyaksikan pemandangan di Tembok Besar Badaling, wisatawan bisa berlanjut untuk pergi ke Ming Tombs dengan menggunakan bus 919. Jadi, untuk beralih dari Badaling ke Ming Tombs tak butuh waktu yang lama sehingga satu hari cukup untuk berkunjung ke dua tempat ini.
       
      Museum Tembok Besar Cina
       
      Setelah menyaksikan secara langsung kondisi Tembok Besar Cina, tak ada salahnya untuk memperdalam pengetahuan tentang salah satu keajaiban dunia tersebut di Museum Tembok Besar Cina. Lokasi antara Badaling dengan Museum Tembok Besar Cina sangat berdekatan, bisa dijangkau hanya dalam hitungan menit dengan memakai kendaraan umum. Terlebih tiket masuk museum sudah include dengan tiket masuk ke Badaling, jadi sayang untuk dilewatkan bukan?
       

      Suasana di dalam Museum Tembok Besar Cina (kredit: greatwall-museum)
       
      Secara umum sih, Museum Tembok Besar Cina ini memperlihatkan kepada para pengunjung mengenai kondisi dari Tembok Besar Cina di masa lampau dan saat ini. Di sana pun dipamerkan beberapa gambar bersejarah serta menyimpan banyak peninggalan sejarah. Namun yang perlu diperhatikan, kalau berkunjung ke Badaling pada hari Minggu, maka museum ini tengah tutup.