Sign in to follow this  
ryaryuu

Tips solo travelling di negara-negara Asia Tenggara

8 posts in this topic

Bagaimana caranya saya memilih hotel bila ingin solo traveling di Asia Tenggara? Apa yang harus saya pertimbangkan.

Pilihlah hotel dengan bijak, email hotel tersebut langsung dengan pertanyaan yang ingin anda tanyakan. Anda tentunya tidak ingin sesuatu hal terjadi, ditambah anda pergi sendiri apapun harus anda hadapi terutama permasalahan dengan hotel. Mengemail langsung ke hotel tersebut juga membuat anda bisa mendapatkan kesempatan mendapat komplimen dari pemilik hotel ( bila hotel tersebut dimiliki dan di manajeri oleh orang yang sama). Jangan ragu untuk bertanya mengenai harga, posisi, dan kekurangan hotel tersebut, tanyakan juga apa yang anda takutkan, seperti apakah hotel tersebut berada di pinggir jalan atau berdekatan dengan club, ini untuk menjaga anda sulit untuk beristirahat, serta jangan lupa tanyakan akses ke hotel berada, bila beruntung mungkin anda akan diberi shuttle gratis dari hotel.

 

 Gunakan prinsip, makin banyak makin murah.

Apa maksud hal ini ? Di manapun di Asia Tenggara, semua orang senang dengna system borongan, sebagai contoh apabila anda ke Thailand anda bisa mengkontak agen travel yang menghubungkan dengan beberapa orang lain bila anda ingin menyusuri sungai dan menyewa boat bersama, dibandingkan anda pergi ke sungai tersebut sendiri dan menyewa dengan harga mahal.

Bila anda kekeuh tidak ingin mengkontak agen travel, pastikan anda bisa membujuk satu grup untuk menginjinkan anda bergabung. Seperti menyebrang dari Bali ke Lombok, anda sebaiknya memiliki kemampuan membujuk sebuah grup untuk membiarkan anda berada di dalam boat yang mereka charter.

 

 Rencanakan tempat makan yang ingin anda datangi

Aturan nomor satu bila ingin bertraveling solo dan murah , anda jangan makan di hotel yang mahal. Kebanyakan solo traveling, akan malas makan karena mungkin anda tidak menemukan seseorang untuk diajak makan bersama di tempat tujuan, hal ini bisa menjadi hal yang membetekan bukan ? Maka dari itu , rencanakan terlebih dahulu anda ingin makan dimana saja, sehingga anda tidak bingung memilih tempat makan. Pilihlah tempat makan yang ramai atau memiliki pemandangan bagus dan banyak orang, hal ini akan memudahkan anda mencari seseorang yang sendirian seperti anda, selain itu juga anda tidak akan terlalu terlihat galau bila makan sendirian bukan ?

 

 Kesepian saat Solo Traveling ?
 

Bicaralah dengan banyak orang! Ini adalah jalan keluar anda yang akan sangat membantu. Anda mencari teman untuk membagi pengalaman anda selama jalan2 sendiri, dan orang lain pun akan membagi tips ( siapa tahu orang tersebut punya rekomendasi sesuatu yang berguna dan murah untuk anda). Carilah tempat-tempat yang bagsus untuk menemukan orang-orang seperti ini, anda bisa datang ke airport, dok feri, dan terminal bus untuk bertanya ke orang yang akan pergi atau datang , mereka pastinya sedang santai dan menunggu.

 

Andapun bisa  mencari teman yang anda mau, mereka bisa datang dari mana saja dengna kultur, budaya, bahasa, dan adat berbeda, ini adalah kesempatan anda memiliki banyak teman. Hal ini juga bisa membuat kesepian anda di tempat wisata terlupakan. Ingatlah , manusia adalah makhluk social, solo traveling bukan berarti tidak butuh teman.

 

 Dekat dengan orang local akan membawa banyak keuntungan.

Bepergian sendiri sangat jarang dilakukan oleh orang Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Bagaimana bila anda menemukan seorang turis wanita bepergian sendiri ? anda pastinya menyangka orang tersebut sedang galau bukan ? dan berusaha membantu segala sesuatu selama dia di Indonesia ? hal tersebut juga akan anda alami berbagai negara Asia Tenggara, mereka akan berlaku hal yang sama. Jadi anda akan banyak diuntungkan bila anda dekat dengan seorang local. Apalagi bila anda wanita, jadi jangan takut untuk bepergian sendiri. Siapa tahu juga anda akan menemukan jodoh disini.

 

Stay Connect dengan keluarga anda di Indonesia

Ini sangat penting, bahkan anda tidak perlu diberi tahu lagi. Kebanyakan orang Indonesia akan merasa khawatir bila seorang keluarganya bepergian atau bertualang seorang diri, bila perlu biarkan keluarga anda mentrack keberadaan anda, bisa dengan google latitude ataupun cara lain. belilah Power Bank agar H panda selalu on, gantilah kartu sim yang menyediakan layanan data, rata-rata kartu SIM di Asia Tenggara murah bukan ?

 

Hal ini dimaksudkan , apabila ada sesuatu ( di Asia Tenggara kan sering rusuh) anda bisa menghubungi keluarga anda dengan mudah  dari tempat yang anda datangi ( contohnya ketika Bangkok bermasalah )

Share this post


Link to post
Share on other sites

yang penting pede aja kl pas solo travelling apalagi buat cewek...cuek dan jangan tampak kebingungan...

persiapan mengenal medan meski hanya berbekal peta...ngobrolah dengan orang lokal dapetin info sebanyak2nya tentang lokasi yang dikunjungi dan jangan takut nyasar hehehehhe

Share this post


Link to post
Share on other sites

Aku juga ingin solo travelling... tapi masih belum nemukan waktu yang pas and uang masih belum cukup.. he he

Semoga ada kesempatan Tahun depan

 

Teman2 jalan2.com apa ada yang sudah pernah ke Filipina? Sharing dong.. aku pingin banget ke filipina...

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 18/8/2013 at 10:45 AM, Arwin Lim said:

Aku juga ingin solo travelling... tapi masih belum nemukan waktu yang pas and uang masih belum cukup.. he he

Semoga ada kesempatan Tahun depan

 

Teman2 jalan2.com apa ada yang sudah pernah ke Filipina? Sharing dong.. aku pingin banget ke filipina...

Filipina hampir sama seperti Indonesia, bahkan lebih bagus indonesia kalau ukuran Manila nya.

Manila cenderung kumuh.

Kalau ke Filipina better ke daerah-daerah nya, Boracay lumayan bagus pantai nya seperti Bali pantai bersih dan tidak terlalu ramai.

Untuk destinasi lain coba ke Busuanga, El-nido, Surigao.

 

Orang filipina ramah-ramah, terutama apabila mereka tau kalau kita turis dari Indonesia.

Untuk makanan, dominan masakan disana asam. Jika tidak cocok dengan makanan asam, persiapkan baik2

Untuk biaya hidup jauh lebih murah dbanding Jakarta. Dan untuk shoping jauh lebih murah dibanding Thailand. Harga pakaian kelas ramayana tp kualitas seperti belanja di mall PI.

Kalau ke filipina, jangan lupa beli susu bear brand bubuk. Gak akan rugi karna susu bear brand disana jauh lebih enak dibanding di Indonesia. Dan yang menjual bear brand bentuk bubuk cuma di Filipina saja.

Share this post


Link to post
Share on other sites
3 minutes ago, Nico Dynnar said:

Kalau ke Filipina better ke daerah-daerah nya, Boracay lumayan bagus pantai nya seperti Bali pantai bersih dan tidak terlalu ramai.

 

wah pernah ke Boracay ya mas @Nico Dynnar katanya mahal2 disana ya? 

mungkin bisa sharing2 certianya mas :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this