baehaki

Pulau Biawak, Wisata Terlupakan di Indramayu Jawa Barat

12 posts in this topic

Para pecinta jalan-jalan di nusantara mungkin sudah sering mendengar Pulau Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTB). Di sini sangat terkenal karena terdapat satwa naga komodo yang merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Namun Anda tahu sebuah pulau yang memiliki nama Pulau Biawak? Saya sendiri jujur kurang ngeh dengan pulau yang satu ini.

 

26685_1416503624596_4497628_n1.jpg

 

Seperti halnya Pulau Komodo, Pulau Biawak ini dinamakan berdasarkan satwa yang ada di dalamnya, yakni biawak Sebenarnya, nama asli pulau ini adalah Pulau Rakit. Namun, nama tersebut diganti oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu dengan alasan karena banyak terdapat di habitat sekitar pulau. Selain itu, mungkin penamaan ulang ini dilakukan agar nama Pulau Biawak lebih mudah diingat dibandingkan Pulau Rakit. Beberapa fasilitas pendukung wisata pun telah dibangun oleh pihak pemerintah untuk membuat para wisatawan agar tertarik untuk datang ke tempat ini. Misalnya adalah dengan membangun bangunan di pulau ataupun jalan-jalan.

 

Pulau yang satu ini pun menawarkan beberapa daya tarik. Pertama adalah dari segi satwa. Kalau bagi saya sih, biawak bukan barang yang langka. Karena di daerah saya masih ada telaga atau danau kecil, jadi saya pun sering melihat yang namanya hewan ini. Namun lain halnya kalau Anda yang tinggal di Jakarta.

 

Tapi ada keunikan tersendiri dari biawak yang ada di Pulau Biawak ini. Keunikan tersebut adalah kemampuan hidup hewan ini di lingkungan air asin. Padahal biasanya biawak memilih untuk bertempat tinggal di habitat air tawar. Untuk makanannya sendiri, biawak kerap berburu ikan kecil sebagai santapan utamanya.

 

Pulau+Biawak,+Jawa+Barat.jpg

 

Kalau ingin memotret para biawak ini pun tidak terlalu sulit. Biawak mempunyai daya penciuman yang tajam. Jadi, cukup taruh ikan di pinggir pantai, maka tak lama para biawak pun akan mengerubungi makanan gratis tersebut. Selain itu, biawak di pulau ini juga tidak terlalu takut dengan manusia. Namun, Anda perlu hati-hati kalau ingin mendekati biawak. Karena kuku biawak cukup tajam dan sabetan ekornya pun tak kalah menyakitkan.

 

Pantai di pulau ini pun cukup cantik dengan pasir berwarna putih. Dan, karena pulau ini adalah pulau yang tak berpenghuni, suasananya pun sangat tenang. Di pulau ini hanya ada petugas yang ditugaskan untuk menjaga sebuah mercusuar tua peninggalan zaman Belanda.

 

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di sini adalah snorkeling dan diving. Sayangnya, karena sarana di pulau ini kurang menunjang, peralatan snorkeling dan diving pun harus dibawa sendiri. Namun nggak bakal nyesel dah kalau menyempatkan diri untuk snorkeling atau diving di pulau ini, ditambah lagi terumbu karang di sini masih alami.

 

pulau-biawak3.jpg

 

2cwv49.jpg

 

Namun, pulau yang masuk dalam wilayah Kabupatan Indramayu ini tak bisa diakses sembarang waktu. Alasan utamanya adalah ancaman ombak yang sangat tinggi. Tidak jarang ombak menuju ke pulau yang berlokasi 40 km dari Kabupatan Indramayu ini mencapai ketinggian 2 meter. Ada baiknya sebelum menuju ke pulau ini untuk menghubungi pemerintah setempat karena menurut informasi, mereka juga menyediakan fasilitas transportasi untuk para wisatawan. Yang paling penting sih, kita harus mengecek informasi mengenai kondisi ombak di laut utara Jawa kalau ingin datang ke pulau ini. Salah-salah, perjalanan ke Pulau Biawak harus tertunda karena kesalahan sendiri.

 

Sayangnya, seperti kebanyakan tempat di kawasan Jawa, pulau ini juga memiliki cerita mistis. Bahkan banyak orang yang sengaja menyempatkan diri datang ke sini bukan untuk menikmati keindahannya, melainkan untuk mencari pesugihan. Selain itu, ada pula yang datang ke sini karena ingin ziarah ke makam seorang bernama Syekh Syarif Hasan yang dikatakan merupakan salah satu pengikut dari Sunan Gunung Jadi.

 

Selain itu, terdapat pulau di dekat Pulau Biawak yang juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pulau tersebut bernama Pulau Gosong. Jarak antara pulau ini dengan Pulau Biawak bisa ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam menggunakan perahu. Biasanya, para wisatawan datang ke pulau ini untuk berenang dan snorkeling.

 

Gimana? Apakah sudah ada yang pernah datang ke pulau biawak ini? Mungkin bisa sekalian dishare juga bagaimana perjalanannnya. J

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya tahu pulau biawak ini, memang lebih seringnya hanya melewatkannya....karena selain tidak tahu lebih jelas untuk lokasinya saya juga phobia dengan binatang ini  :ph34r:

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah keren banget nih, baru tau kalo ada pulau ini di Indramayu. Sayang aksesnya masih susah ya? kalo udah gampang pengen juga sih cobain ke sini secara saya sering juga lewatin daerah Indramayu kalau pulang kampung hihihi

Share this post


Link to post
Share on other sites

ini kalau mau ke pulau biawak harus lewat mana (dari pelabuah apa) dan bagaimana ya... :)

 

Free_Music_Flyer_Poster2e_zps19074290.jp
 
187_zpsc27394d6.jpg
 
imagesdf_zpse93120be.jpeg
 
imagesgd_zpse54c9ffc.jpeg
 
DSC_0593_zpsfdbd6360.jpg
 
10593_3928026315125_1882306695_n_zpsccef
 
pulaubiawak_zps7091fba0.jpg
 
otherreef_zps2b08c5b1.jpg
 
Yellowtailsnapperfish1_zps95acef15.jpg
 
Underwater41_zpsba5592f6.jpg
 
Underwater11_zpsb8522492.jpg
 
Nudibranch1_zps4bb995e8.jpg
 
Underwater1_zps5e7d1cf7.jpg
 
new161_zps55d4d064.jpg
 
new51_zps8e1d724f.jpg
 
otherreef_zps97624b58.jpg
 
Nudibranch_zps49a4e49f.jpg
 
Ikankarang1_zpsca1b8455.jpg
 
new16_zps0f7b1e7a.jpg
 
AnemonampClownfish1_zpsec55d446.jpg
 
Diving2_zps5ed3e50a.jpg
 
Diving10_zps80184075.jpg
 
new221_zps4b19f64a.jpg
 
 
Trip Pulau Biawak 2 Hari 1 Malam
Paket Pulau Biawak 2H1M
 
Minimal kuota 10-12 orang (Bisa gabungan tergantung jumlah peserta)
Biayanya : Rp. 480.000/orang
Biaya termasuk :
* Makan 4x = Breakfast,lunch,dinner,breakfast
* BBQ 1x
* Coffee break free flow
* Transport kapal tradisional
* Penginapan ( Non AC) rumah dinas penjaga mercusuar
* Perijinan
*snack selama perjalanan
 
Biaya tidak termasuk :
* Transport perjalanan dr kota masing-masing PP
* Penjemputan di stasion KA Cirebon*
* Penjemputan di simpang celeng*
* Alat snorkling
Tersedia juga paket diving dan snorkling
Meeting Point:
Slipi atau terminal jati bening
 
PULAU BIAWAK
Hari pertama
20.00 - 21.00 WIB : Berkumpul di slipi / Terminal bayangan Jati bening
21.00 - 01.00 WIB : Perjalanan keIndramayu
 
Hari kedua
01.00 - 03.00 WIB : Perjalanan menuju pelabuhan Karangsong
04.00 - 09.00 WIB : Perjalanan pelabuhan Karangsong - Pulau Gosong
09.00 - 10.00 WIB : Sarapan
10.00 - 11.30 WIB : Foto-foto / Snorkeling
11.30 - 12.30 WIB : Perjalanan Pulau Gosong - Pulau Biawak
12.30 - 13.30 WIB : ISHOMA+Makan siang
13.30 - 15.30 WIB : Explore kepulauan biawak ( hutan mangrove habitat biawak)
15.30 - 17.30 WIB : Mengenal heritage di pulau biawak / Foto-foto / snorkeling
17.30 - 18.00 WIB : Menikmati sunset
18.00 - 19.00 WIB : Istirahat + Sholat
19.00 - 21.00 WIB : Bakar ikan, makan malam dan seru - seruan
21.00 - 04.30 WIB : Tidur……ZZZzzzzzzzzzz……….
 
Hari ketiga
04.30 - 06.00 WIB : Bangun, Shalat Shubuh dan Menikmati sunrise
06.00 - 09.00 WIB : Wisata alam memberi makan biawak
09.00 - 10.00 WIB : Sarapan
10.00 - 11.00 WIB : Packing
11.00 - 16.00 WIB : Menuju daratan Indramayu
16.00 - .......... : Menuju Jakarta dan rumah masing-masing.
 
Perlengkapan yang harus dibawa :
* Daypack
* Pakaian ganti
* Perlengkapan Shalat
* Pakaian Renang / snorkeling
* Alat Snorkeling (kalau punya) atau kacamata renang
* Sun Block
* Alat mandi
* Obat-obatan Pribadi termasuk obat anti mabuk perjalanan dikapal
* Makanan Pribadi
* Air mineral yang banyak karena di sana hanya ada air payau
* Sandal Gunung / Sandal jepit biasa
* Sleeping bag (jika perlu)
* Peralatan Pribadi
* Lotion anti nyamuk
* Senter / Headlamp
* Uang cash secukupnya, karena tidak ada ATM.
 
Info:
NOTE:
 
-Dikarenakan pulau biawak bukan pulau untuk wisata maka untuk fasilitas toilet, penginapan dan fasilitas yang menunjang lainnya sangat minim.
-Jadwal kegiatan di atas dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kondisi cuaca pada saat itu.
Perjalanan ke pulau gosong dapat dihilangkan sesuai sikon.
-Jika cuaca tidak mendukung untuk menyebrang ke pulau, maka perjalanan ini dapat ditunda sampai cuaca memungkinkan atau sampai dibatalkan.
-Keadaan di pulau biawak tidak seperti pulau tempat wisata pada umumnya,fasilitas di sini sangat terbatas karena masih sangat alami.
 
informasi lebih lanjut :
0838 06372214 / 08577131564
Whatsapp : 0888693114
Atau Website : wisatapulaubiawak.blogspot.com
follow : @pulaubiawak
the lounge kaskus :http://kask.us/ho047
photobucket : pulaubiawak89
 
HappyNewYear2df_zps4325e0f2.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

masih buta sama sekali akses kesananya. indramayunya aja blom pernah :(

tp klo pulaunya cakep gini sih mesti dijajal juga nih  :senyum

Free_Music_Flyer_Poster2e_zps19074290.jp
 
187_zpsc27394d6.jpg
 
imagesdf_zpse93120be.jpeg
 
imagesgd_zpse54c9ffc.jpeg
 
DSC_0593_zpsfdbd6360.jpg
 
10593_3928026315125_1882306695_n_zpsccef
 
pulaubiawak_zps7091fba0.jpg
 
otherreef_zps2b08c5b1.jpg
 
Yellowtailsnapperfish1_zps95acef15.jpg
 
Underwater41_zpsba5592f6.jpg
 
Underwater11_zpsb8522492.jpg
 
Nudibranch1_zps4bb995e8.jpg
 
Underwater1_zps5e7d1cf7.jpg
 
new161_zps55d4d064.jpg
 
new51_zps8e1d724f.jpg
 
otherreef_zps97624b58.jpg
 
Nudibranch_zps49a4e49f.jpg
 
Ikankarang1_zpsca1b8455.jpg
 
new16_zps0f7b1e7a.jpg
 
AnemonampClownfish1_zpsec55d446.jpg
 
Diving2_zps5ed3e50a.jpg
 
Diving10_zps80184075.jpg
 
new221_zps4b19f64a.jpg
 
 
Trip Pulau Biawak 2 Hari 1 Malam
Paket Pulau Biawak 2H1M
 
Minimal kuota 10-12 orang (Bisa gabungan tergantung jumlah peserta)
Biayanya : Rp. 480.000/orang
Biaya termasuk :
* Makan 4x = Breakfast,lunch,dinner,breakfast
* BBQ 1x
* Coffee break free flow
* Transport kapal tradisional
* Penginapan ( Non AC) rumah dinas penjaga mercusuar
* Perijinan
*snack selama perjalanan
 
Biaya tidak termasuk :
* Transport perjalanan dr kota masing-masing PP
* Penjemputan di stasion KA Cirebon*
* Penjemputan di simpang celeng*
* Alat snorkling
Tersedia juga paket diving dan snorkling
Meeting Point:
Slipi atau terminal jati bening
 
PULAU BIAWAK
Hari pertama
20.00 - 21.00 WIB : Berkumpul di slipi / Terminal bayangan Jati bening
21.00 - 01.00 WIB : Perjalanan keIndramayu
 
Hari kedua
01.00 - 03.00 WIB : Perjalanan menuju pelabuhan Karangsong
04.00 - 09.00 WIB : Perjalanan pelabuhan Karangsong - Pulau Gosong
09.00 - 10.00 WIB : Sarapan
10.00 - 11.30 WIB : Foto-foto / Snorkeling
11.30 - 12.30 WIB : Perjalanan Pulau Gosong - Pulau Biawak
12.30 - 13.30 WIB : ISHOMA+Makan siang
13.30 - 15.30 WIB : Explore kepulauan biawak ( hutan mangrove habitat biawak)
15.30 - 17.30 WIB : Mengenal heritage di pulau biawak / Foto-foto / snorkeling
17.30 - 18.00 WIB : Menikmati sunset
18.00 - 19.00 WIB : Istirahat + Sholat
19.00 - 21.00 WIB : Bakar ikan, makan malam dan seru - seruan
21.00 - 04.30 WIB : Tidur……ZZZzzzzzzzzzz……….
 
Hari ketiga
04.30 - 06.00 WIB : Bangun, Shalat Shubuh dan Menikmati sunrise
06.00 - 09.00 WIB : Wisata alam memberi makan biawak
09.00 - 10.00 WIB : Sarapan
10.00 - 11.00 WIB : Packing
11.00 - 16.00 WIB : Menuju daratan Indramayu
16.00 - .......... : Menuju Jakarta dan rumah masing-masing.
 
Perlengkapan yang harus dibawa :
* Daypack
* Pakaian ganti
* Perlengkapan Shalat
* Pakaian Renang / snorkeling
* Alat Snorkeling (kalau punya) atau kacamata renang
* Sun Block
* Alat mandi
* Obat-obatan Pribadi termasuk obat anti mabuk perjalanan dikapal
* Makanan Pribadi
* Air mineral yang banyak karena di sana hanya ada air payau
* Sandal Gunung / Sandal jepit biasa
* Sleeping bag (jika perlu)
* Peralatan Pribadi
* Lotion anti nyamuk
* Senter / Headlamp
* Uang cash secukupnya, karena tidak ada ATM.
 
Info:
NOTE:
 
-Dikarenakan pulau biawak bukan pulau untuk wisata maka untuk fasilitas toilet, penginapan dan fasilitas yang menunjang lainnya sangat minim.
-Jadwal kegiatan di atas dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kondisi cuaca pada saat itu.
Perjalanan ke pulau gosong dapat dihilangkan sesuai sikon.
-Jika cuaca tidak mendukung untuk menyebrang ke pulau, maka perjalanan ini dapat ditunda sampai cuaca memungkinkan atau sampai dibatalkan.
-Keadaan di pulau biawak tidak seperti pulau tempat wisata pada umumnya,fasilitas di sini sangat terbatas karena masih sangat alami.
 
informasi lebih lanjut :
0838 06372214 / 08577131564
Whatsapp : 0888693114
Atau Website : wisatapulaubiawak.blogspot.com
follow : @pulaubiawak
the lounge kaskus :http://kask.us/ho047
photobucket : pulaubiawak89
 
HappyNewYear2df_zps4325e0f2.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Para pecinta jalan-jalan di nusantara mungkin sudah sering mendengar Pulau Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTB). Di sini sangat terkenal karena terdapat satwa naga komodo yang merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Namun Anda tahu sebuah pulau yang memiliki nama Pulau Biawak? Saya sendiri jujur kurang ngeh dengan pulau yang satu ini.

 

26685_1416503624596_4497628_n1.jpg

 

Seperti halnya Pulau Komodo, Pulau Biawak ini dinamakan berdasarkan satwa yang ada di dalamnya, yakni biawak Sebenarnya, nama asli pulau ini adalah Pulau Rakit. Namun, nama tersebut diganti oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu dengan alasan karena banyak terdapat di habitat sekitar pulau. Selain itu, mungkin penamaan ulang ini dilakukan agar nama Pulau Biawak lebih mudah diingat dibandingkan Pulau Rakit. Beberapa fasilitas pendukung wisata pun telah dibangun oleh pihak pemerintah untuk membuat para wisatawan agar tertarik untuk datang ke tempat ini. Misalnya adalah dengan membangun bangunan di pulau ataupun jalan-jalan.

 

Pulau yang satu ini pun menawarkan beberapa daya tarik. Pertama adalah dari segi satwa. Kalau bagi saya sih, biawak bukan barang yang langka. Karena di daerah saya masih ada telaga atau danau kecil, jadi saya pun sering melihat yang namanya hewan ini. Namun lain halnya kalau Anda yang tinggal di Jakarta.

 

Tapi ada keunikan tersendiri dari biawak yang ada di Pulau Biawak ini. Keunikan tersebut adalah kemampuan hidup hewan ini di lingkungan air asin. Padahal biasanya biawak memilih untuk bertempat tinggal di habitat air tawar. Untuk makanannya sendiri, biawak kerap berburu ikan kecil sebagai santapan utamanya.

 

Pulau+Biawak,+Jawa+Barat.jpg

 

Kalau ingin memotret para biawak ini pun tidak terlalu sulit. Biawak mempunyai daya penciuman yang tajam. Jadi, cukup taruh ikan di pinggir pantai, maka tak lama para biawak pun akan mengerubungi makanan gratis tersebut. Selain itu, biawak di pulau ini juga tidak terlalu takut dengan manusia. Namun, Anda perlu hati-hati kalau ingin mendekati biawak. Karena kuku biawak cukup tajam dan sabetan ekornya pun tak kalah menyakitkan.

 

Pantai di pulau ini pun cukup cantik dengan pasir berwarna putih. Dan, karena pulau ini adalah pulau yang tak berpenghuni, suasananya pun sangat tenang. Di pulau ini hanya ada petugas yang ditugaskan untuk menjaga sebuah mercusuar tua peninggalan zaman Belanda.

 

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di sini adalah snorkeling dan diving. Sayangnya, karena sarana di pulau ini kurang menunjang, peralatan snorkeling dan diving pun harus dibawa sendiri. Namun nggak bakal nyesel dah kalau menyempatkan diri untuk snorkeling atau diving di pulau ini, ditambah lagi terumbu karang di sini masih alami.

 

pulau-biawak3.jpg

 

2cwv49.jpg

 

Namun, pulau yang masuk dalam wilayah Kabupatan Indramayu ini tak bisa diakses sembarang waktu. Alasan utamanya adalah ancaman ombak yang sangat tinggi. Tidak jarang ombak menuju ke pulau yang berlokasi 40 km dari Kabupatan Indramayu ini mencapai ketinggian 2 meter. Ada baiknya sebelum menuju ke pulau ini untuk menghubungi pemerintah setempat karena menurut informasi, mereka juga menyediakan fasilitas transportasi untuk para wisatawan. Yang paling penting sih, kita harus mengecek informasi mengenai kondisi ombak di laut utara Jawa kalau ingin datang ke pulau ini. Salah-salah, perjalanan ke Pulau Biawak harus tertunda karena kesalahan sendiri.

 

Sayangnya, seperti kebanyakan tempat di kawasan Jawa, pulau ini juga memiliki cerita mistis. Bahkan banyak orang yang sengaja menyempatkan diri datang ke sini bukan untuk menikmati keindahannya, melainkan untuk mencari pesugihan. Selain itu, ada pula yang datang ke sini karena ingin ziarah ke makam seorang bernama Syekh Syarif Hasan yang dikatakan merupakan salah satu pengikut dari Sunan Gunung Jadi.

 

Selain itu, terdapat pulau di dekat Pulau Biawak yang juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pulau tersebut bernama Pulau Gosong. Jarak antara pulau ini dengan Pulau Biawak bisa ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam menggunakan perahu. Biasanya, para wisatawan datang ke pulau ini untuk berenang dan snorkeling.

 

Gimana? Apakah sudah ada yang pernah datang ke pulau biawak ini? Mungkin bisa sekalian dishare juga bagaimana perjalanannnya. J

Free_Music_Flyer_Poster2e_zps19074290.jp
 
187_zpsc27394d6.jpg
 
imagesdf_zpse93120be.jpeg
 
imagesgd_zpse54c9ffc.jpeg
 
DSC_0593_zpsfdbd6360.jpg
 
10593_3928026315125_1882306695_n_zpsccef
 
pulaubiawak_zps7091fba0.jpg
 
otherreef_zps2b08c5b1.jpg
 
Yellowtailsnapperfish1_zps95acef15.jpg
 
Underwater41_zpsba5592f6.jpg
 
Underwater11_zpsb8522492.jpg
 
Nudibranch1_zps4bb995e8.jpg
 
Underwater1_zps5e7d1cf7.jpg
 
new161_zps55d4d064.jpg
 
new51_zps8e1d724f.jpg
 
otherreef_zps97624b58.jpg
 
Nudibranch_zps49a4e49f.jpg
 
Ikankarang1_zpsca1b8455.jpg
 
new16_zps0f7b1e7a.jpg
 
AnemonampClownfish1_zpsec55d446.jpg
 
Diving2_zps5ed3e50a.jpg
 
Diving10_zps80184075.jpg
 
new221_zps4b19f64a.jpg
 
 
Trip Pulau Biawak 2 Hari 1 Malam
Paket Pulau Biawak 2H1M
 
Minimal kuota 10-12 orang (Bisa gabungan tergantung jumlah peserta)
Biayanya : Rp. 480.000/orang
Biaya termasuk :
* Makan 4x = Breakfast,lunch,dinner,breakfast
* BBQ 1x
* Coffee break free flow
* Transport kapal tradisional
* Penginapan ( Non AC) rumah dinas penjaga mercusuar
* Perijinan
*snack selama perjalanan
 
Biaya tidak termasuk :
* Transport perjalanan dr kota masing-masing PP
* Penjemputan di stasion KA Cirebon*
* Penjemputan di simpang celeng*
* Alat snorkling
Tersedia juga paket diving dan snorkling
Meeting Point:
Slipi atau terminal jati bening
 
PULAU BIAWAK
Hari pertama
20.00 - 21.00 WIB : Berkumpul di slipi / Terminal bayangan Jati bening
21.00 - 01.00 WIB : Perjalanan keIndramayu
 
Hari kedua
01.00 - 03.00 WIB : Perjalanan menuju pelabuhan Karangsong
04.00 - 09.00 WIB : Perjalanan pelabuhan Karangsong - Pulau Gosong
09.00 - 10.00 WIB : Sarapan
10.00 - 11.30 WIB : Foto-foto / Snorkeling
11.30 - 12.30 WIB : Perjalanan Pulau Gosong - Pulau Biawak
12.30 - 13.30 WIB : ISHOMA+Makan siang
13.30 - 15.30 WIB : Explore kepulauan biawak ( hutan mangrove habitat biawak)
15.30 - 17.30 WIB : Mengenal heritage di pulau biawak / Foto-foto / snorkeling
17.30 - 18.00 WIB : Menikmati sunset
18.00 - 19.00 WIB : Istirahat + Sholat
19.00 - 21.00 WIB : Bakar ikan, makan malam dan seru - seruan
21.00 - 04.30 WIB : Tidur……ZZZzzzzzzzzzz……….
 
Hari ketiga
04.30 - 06.00 WIB : Bangun, Shalat Shubuh dan Menikmati sunrise
06.00 - 09.00 WIB : Wisata alam memberi makan biawak
09.00 - 10.00 WIB : Sarapan
10.00 - 11.00 WIB : Packing
11.00 - 16.00 WIB : Menuju daratan Indramayu
16.00 - .......... : Menuju Jakarta dan rumah masing-masing.
 
Perlengkapan yang harus dibawa :
* Daypack
* Pakaian ganti
* Perlengkapan Shalat
* Pakaian Renang / snorkeling
* Alat Snorkeling (kalau punya) atau kacamata renang
* Sun Block
* Alat mandi
* Obat-obatan Pribadi termasuk obat anti mabuk perjalanan dikapal
* Makanan Pribadi
* Air mineral yang banyak karena di sana hanya ada air payau
* Sandal Gunung / Sandal jepit biasa
* Sleeping bag (jika perlu)
* Peralatan Pribadi
* Lotion anti nyamuk
* Senter / Headlamp
* Uang cash secukupnya, karena tidak ada ATM.
 
Info:
NOTE:
 
-Dikarenakan pulau biawak bukan pulau untuk wisata maka untuk fasilitas toilet, penginapan dan fasilitas yang menunjang lainnya sangat minim.
-Jadwal kegiatan di atas dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kondisi cuaca pada saat itu.
Perjalanan ke pulau gosong dapat dihilangkan sesuai sikon.
-Jika cuaca tidak mendukung untuk menyebrang ke pulau, maka perjalanan ini dapat ditunda sampai cuaca memungkinkan atau sampai dibatalkan.
-Keadaan di pulau biawak tidak seperti pulau tempat wisata pada umumnya,fasilitas di sini sangat terbatas karena masih sangat alami.
 
informasi lebih lanjut :
0838 06372214 / 08577131564
Whatsapp : 0888693114
Atau Website : wisatapulaubiawak.blogspot.com
follow : @pulaubiawak
the lounge kaskus :http://kask.us/ho047
photobucket : pulaubiawak89
 
HappyNewYear2df_zps4325e0f2.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

  • Similar Content

    • By Adhitya Darmawan
      Salam kenal saya Adit dari Indramayu,
      Buat warga Jabar Khususnya Indramayu kalau mau bikin Regional jangan lupa Undang" ane yah..
      Buat seluruh warga Jalan" salam kenal semua.. semoga Forum ini bisa buat berbagi panduan kalau kita mau jalan" dan bisa buat referensi lokasi" jalan" yang belum dikunjungi..
       
       
    • By Darmin Nakhoda Transbiawak
      12307775_1227104070638950_1175752227_n.mp4
    • By pulaubiawak
      Indramayu: Ini adalah tentang pulau yang disebut Pulau Biawak, karena di Pulau tersebut banyak terdapat Biawak (Varanus salvator) dari yang  berukuran sedang sampai berukuran besar, berkeliaran di sepanjang pantainya. Selain disebut Pulau Biawak, pulau ini juga biasa disebut dengan sebutan Pulau Menyamak dan Pulau Byompis. Pulau Biawak terletak di sebelah utara Pulau Jawa bagian tengah. Masuk wilayah administratif Kabupaten Indramayu, Jawa Barat dan terletak di koordinat 06°56’022’’ LS dan 108°22’015’’ BT. Dengan luas daratan ±742 Ha yang sebagian besar terdiri dari hutan bakau, pulau Biawak menjadi kawasan konservasi endemik burung-burung liar dan (tentu saja) bagi biawak-biawak yang ada disana. Kepulauan Biawak sebenarnya terdiri dari 3 (tiga) kepulauan besar yaitu Pulau Gosong, Pulau Candikian dan Pulau Biawak itu sendiri. Selain sebagai kawasan konservasi, Pulau Biawak juga merupakan pulau yang penting bagi jalur pelayaran domestik karena terdapat menara mercusuar peninggalan Belanda yang masih aktif memandu kapal-kapal besar dan kecil hingga saat ini.     Suasana di Jembatan Pulau biawak         Gapura pulau biawak     Objek Wisata Mercusuar Pulau Biawak Mercusuar setinggi 65 meter yang ada di Pulau Biawak didirikan pada jaman penjajahan Belanda oleh ZM Willem pada tahun 1872. Arsitektur Mercusuar hampir sama dengan Mercusuar yang ada di Bangka Belitung dan Anyer Tangerang. Mercusuar tersebut masih digunakan hingga saat ini.     Dengan anak tangga melingkar yang cukup kecil dan berkarat di dalam mercusuar, perlu kehati-hatian ekstra untuk bisa menaikinya.  Setelah sampai di puncak mercusuar, pemandangan lepas pantai dan dermaga pulau Biawak bisa terlihat.   Suasana dari Atas mercusuar                     Biawak   Biawak yang merupakan satwa endemik pulau ini memiliki penciuman yang tajam. Apabila kita ingin melihatnya, kita bisa meletakkan ikan atau daging di dermaga dan dalam waktu yang tak terlalu lama, biawak-biawak akan berdatangan. Biawak-biawak di pulau ini tidak takut terhadap manusia. Mereka cukup berani mendekat,  namun kita tetap perlu mewaspadai sabetan ekor biawak tersebut.       Pulau Gosong     Pulau Gosong ini sebenarnya adalah sebuah atol berbentuk cincin dengan kepala cincinnya merupakan daratan kecil yang ada di atas permukaan laut, sedang tengah-tengah cincin adalah karang dangkal yang tenggelam di permukaan laut. Berjarak sekitar 1 (satu) jam perjalanan berperahu dari Pulau Biawak. Pulau Gosong ini sebenarnya menarik untuk digunakan berenang dan snorkeling. Sayangnya, karang di Pulau Gosong ini sudah banyak yang rusak, yang konon kabarnya akibat pengerukan untuk pembangunan Pertamina Unit Pengolahan VI Balongan Exor I sekitar tahun 1980-an. Selain Pulau Gosong, terdapat pula Pulau Candikian, yang sayangnya tidak sempat kami datangi.         Hutan bakau dan Pinus   Pulau Biawak memiliki hutan bakau yang masih cukup lebat. Selain bakau, pinus juga cukup banyak ditemukan di tengah pulau yang merupakan tempat berkumpulnya burung-burung. Terdapat tangga kayu yang pada awalnya digunakan untuk bisa masuk ke dalam hutan bakau tanpa perlu masuk ke rawa-rawa, namun kondisi pada saat kami datang, tangga kayu tersebut sudah rapuh dan rusak cukup parah.     Panorama-panorama saat disana :               Terakhirrr gaaannn       Haa no OOT    
    • By bangchangkyu
      nah buat agan2 yg sering mudik ke daerah Jawa.. akrab nih ama jalur yg satu ini. Jalur pantura atau pantai utara. kalo ud masuk indramayu, ada pantai yg biasa disebut Eretan.

      ane dr kecil meratiin ini laut makin taun makin maju aja. Kalo lewat sini emang gersang bawaannya. nah karna laut yg makin maju, akhirnya mnarik para investor buat bikin bisnis disini.

      Spnjg jalan ini anda akan sering nemuin restoran2 dan juga bahkan sekedar lapangan parkir dan juga sengaja dibikin tmpt wsata dmn anda bisa main2 di pantai.

      air lautnya emng ga trlalu bagus.. tp lumayan buat tempat istirahat kalo kita lagi perjalanan jauh.