Sign in to follow this  
kyoshiro mibu

Jalan-jalan dengan Keunikan Tersendiri di Seluruh Dunia

4 posts in this topic

Jalan merupakan salah satu hal yang penting dalam kebudayaan manusia. Berkat adanya jalan, manusia bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Tentunya Anda tidak akan membayangkan bukan jika semua jalan yang ada di dunia seperti jalan di tengah hutan? 
 
Nah, dari sekian banyak jalan di seluruh dunia, terdapat beberapa jalan yang mempunyai keunikan tersendiri. Dari jaan paling lebar, jalan paling sempit ataupun keunikan lainnya. Berikut ini adalah daftarnya. 
 
1. Baldwin Street, New Zealand
 
Gimana rasanya kalau tinggal di kota yang di dalamnya terdapat jalan umum dengan tingkat kecuraman yang tinggi? Kalau ingin mengetahuinya, Anda bisa datang ke Selandia Baru, tepatnya di Baldwin Street di kota Dunedin. 
 
Baldwinstreet.jpg
 
Jalan yang satu ini diklaim menjadi jalan residensial tercuram yang ada di dunia. Jalan ini tidak terlalu panjang, yakni hanya 350 meter dengan ketinggian dari 30 meter di atas permukaan laut hingga 100 meter di atas permukaan laut. Dalam catatan rekor Guinnes, tempat ini memiliki tingkat kemiringan sebesar 35 persen. 
 
2. Savoy Court, Inggris. 
 
b24be54820227efad36774ad8439f9b6.JPG
 
Di Inggris, umumnya semua pengendara diwajibkan untuk menggunakan jalur kiri, seperti di Indonesia. Namun, terdapat satu tempat yang mempunyai pengecualian, yakni Savoy Court. Konon awal mula adanya aturan khusus ini karena pengendara taksi yang merasa kesulitan untuk membuka pintu untuk penumpan dan mengharuskannya untuk keluar dari mobil. 
 
3. The Magic Roundabout (Swindon), Inggris.
 
Di Inggris terdapat banyak bundaran (roundabout), dan salah satunya adalah Magic Roundabout yang ada di kota Swindon. Namun, ada yang berbeda dengan aturan di bundaran ini dibandingkan dengan bundaran lain di Inggris. Jika bundaran lain mengharuskan untuk berjalan sesuai dengan arah jarum jam, maka tidak halnya dengan di bundaran ini. Pengendara harus berjalan melawan jarum jam. 
 
jl3.jpg
 
Pada tahun 2005, bundaran ini memperoleh penilaian sebagai budaran terburuk dalam sebuah survey yang dilakukan oleh sebuah perusahaan asuransi. Selanjutnya, pada September 2007, bundaran ini juga disebut sebagai persimpangan paling buruk di dunia oleh sebuah majalah otomotif Inggris. Tak hanya itu, BBC juga melaporkan bahwa berdasarkan sebuah survei, jalan ini masuk dalam salah satu dari 10 persimpangan paling mengerikan di Inggris.  
 
4. Lombard Street, Amerika Serikat
 
448px-Sanfran_61_bg_032605.jpg
 
Berikutnya, kita jalan ke negeri Paman Sam, tepatnya di San Francisco. Di sini ada sebuah jalan bernama Lombard Street yang terkenal karena tikunganya yang berliku-liku. Bahkan saking banyaknya tikungan di jalan ini, setiap bloknya terdapat delapan tikungan tajam. 
 
5. 9 de Julio Avenue, Argentina
 
9 de Julio Avenue atau kalau di tempat asalnya, yakni Argentina, disebut Avenida 9 Julio, adalah jalan terlebar yang ada di dunia. Jalan ini berada di ibukota Argentina, Buenos Aires. Saking lebarnya jalan ini, terdapat masing-masing tujuh jalur pada tiap jalan dua arah ini. 
 
9-de-julio-avenue-11%25255B13%25255D.jpg
 
9-de-julio-avenue-2%25255B3%25255D.jpg?i
 
Rencana pembangunan jalan ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1888 denan nama Ayohuma. Namun karena masalah pembebasan lahan, pembangunan jalan ini tertunda hingga tahun 1935. Dan akhirnya, jalanan ini selesai dibangun secara utuh pada tahun 1980. 
 
6. Road to Giza, Mesir
 
Jalan menuju Giza di Mesir diklaim oleh para peneliti sebagai jalan paling tua yang ada di bumi. Jalan ini dibangun oleh manusia lebih pada tahun 2600 sebelum masehi dengan lebar sebesar 6.5 kaki. Jalan ini menghubungkan wilayah pertambangan di Kairo menuju ke dermaga di Danau Moeris yang terhubung dengan sungai nil. 
 
7. Spreuerhofstraße, Jerman
 
640px-Engste_Stra%C3%9Fe_der_Welt.jpg
 
Banyak pihak yang mengklaim bahwa Parliament Street di kota Exeter Inggris sebagai jalan paling sempit di dunia dengan lebar 0.64 pada titik tersempitnya dan 1.22 meter pada bagian paling lebarnya. Namun, ada jalan yang lebih sempit ternyata dibandingkan Parliament Street, yakni sebuah jalan di kota Reutlingen, Jerman yang bernama Spreuerhofstraße (bacanya gimana ya? :D).
 
Jalan ini mempunyai lebar sebesar 31 sentimeter hingga 50 sentimeter pada titik terlebarnya. Menurut sejarah, jalan ini dibangun pada tahun 1727 sebagai upaya rekonstruksi ulang kota setelah terjadinya kebakaran besar-besaran yang terjadi pada tahun 1726.  
 
8. Pan-American Highway
 
Jalan Paling panjang di dunia adalah Pan-American Highway yang terbentang sepanjang 48 ribu kilometer. Jalan ini melintasi total 15 negara, di antaranya adalah Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Peru serta Argentina. 
 
9. Ebenezer Place, Skotlandia
 
Jalan terpanjang di dunia sebesar 48 ribu kilometer,  maka jalan terpendek dunia hanya berukuran sejauh 2.06 meter. Dan, saking pendeknya, jalan ini hanya ditinggali oleh satu unit bangunan, tepatnya sebuah hotel bernama Hotel Mackay. Jadi, kita bisa berkeliling jalan ini sebanyak mungkin dalam sehari. Nggak bakal capek dah, :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

hahahaha ada-ada aja ya, kalau yang baldwin street udah sering denger sih, yang jalanan tersempit itu kalau ada yang nyangkut di situ gimana ya hahahaha

Share this post


Link to post
Share on other sites

waw nice info trips neh mungkin ada yang mau coba jalan tersempit hehehe

 

hahahaha ada-ada aja ya, kalau yang baldwin street udah sering denger sih, yang jalanan tersempit itu kalau ada yang nyangkut di situ gimana ya hahahaha

hahaha... kali aja pengen coba gitu, trus pergi ker jerman... :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this