• 0
Sign in to follow this  
Sundel Bolong

Tempat-tempat Pemakaman Mewah di Beberapa Negara

Question

San Diego Hills, nama tempat yang satu ini tentunya tidak terlalu asing di beberapa waktu terakhir ini. Beberapa artis ternama Indonesia pun berlomba-lomba untuk memesan tempat peristirahatan terakhirnya di sini. Tak tanggung-tanggung, biaya hingga miliaran rupiah pun telah mereka siapkan agar bisa dimakamkan di San Diego Hills.

 

Konsep pemakaman mewah mirip dengan San Deigo Hills sendiri bukanlah yang pertama di dunia. Terdapat beberapa lokasi pemakaman lain yang menawarkan kemewahan serupa dan bahkan lebih tinggi lagi dibandingkan San Diego Hills. Jadi, dengan pemakaman yang berdesain mewah tersebut, kesan angker pada sebuah pemakaman pun langsung sirna. Lalu, mana saja tempat=tempat pemakaman tersebut?

 

Green-Wood Cemetary, New York, Amerika Serikat

 

Jika para warga menengah atas di Jakarta dan sekitarnya bermimpi untuk dimakamkan di San Diego Hills, maka warga New York di Amerika berambisi untuk bisa dimakamkan di Green-Wood Cemetary yang ada di kawasan Brooklyn, Kings County, New York. Bahkan koran terkemuka Amerika Serikat, The New York Times menuliskan bahwa warga New York menginginkan dua hal, yakni tinggal di Fifth Avenue dan dimakamkan di Green-Wood Cemetary.

 

exD3RIO0Zi.jpg

 

Tempat yang satu ini memang memiliki sejarah tersendiri, dan bahwak tercatat sebagai salah satu National Historic Landmark di Amerika serikat. Hal ini tak lain karena desainnya yang unik dan berusia sangat tua. Pemakaman ini didirikan pada tahun 1838. 

 

Tempat ini berada di atas bukit dengan ketinggian 60 meter di atas permukaan laut. Kompleks pemakaman ini memiliki luas 1.9 kilometer persegi. Tak hanya itu, Green-Wood Cemetary ini jgua tampil dengan desain yang cantik menggunakan gaya gothic pada bagian gerbang utamanya. Selain itu, beberapa makam yang ada di tempat ini juga tampil dengan desain ala Italia dan Swiss.

 

Lalu, berapa biaya untuk bisa dimakamkan di tempat ini? Terdapat beberapa bagian di pemakaman ini. Untuk bisa dimakamkan dengan model batu nisan biasa, orang harus membayar sebesar 1.515 USD atau sekitar 15 juta rupiah. Kalau ingin lebih mewah, ada juga yang ditawarkan seharga 27.800 USD. Kalau masih belum cukup, terdapat sebuah bangunan khusus yang diperuntukkan bagi mereka yang sanggup membayar uang sebesar 300 ribu USD.

 

An Bang Village, Vietnam

 

Negara tetangga Vietnam juga tak ketinggalan untuk memiliki tempat peristirahatan terakhir yang mewah untuk para warganya. Di antara tempat pemakaman mewah yang ada di Vietnam, pemakaman di An Bang, Phu Vang, provinsi Thua Thien - Hue, merupakan tempat pemakaman yang paling mewah.

 

20130122110718-2.jpg

 

20130122110718-4.jpg

 

20130122110718-6.jpg

 

Tempat ini sendiri memperoleh julukan sebagai kota makam atau kota hantu. Di dalamnya, terdapat banyak makam yang mana mempunyai desain yang cantik. Bahkan kalau Anda masuk ke kompleks pemakaman ini, suasana ala kuburan pun tidak akan Anda temui. Bahkan tempat ini lebih tepat disebut sebagai tempat wisata yang menarik, terlebih untuk mejeng dan foto-foto, :D.

 

Untuk bisa membangun makam di tempat ini, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, makam harus dibuat sedalam mungkin dan pondasi yang kokoh. Selanjutnya, makam juga harus menggunakan bahan yang mewah. Tak lupa, makam harus didekorasi dengan empat binatang spiritual, yakni unicorn, kura-kura, phoenix dan naga. Tak hanya itu, syara lain juga masih ada, berupa patung naga di sepanjang tangga, ataupun tower heksagonal. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun makam di sini pun tak kurang dari 50 ribu USD per unitnya.

 

Cimitiere du Montparnasse, Paris, Perancis

 

Tempat pemakaman mewah di Paris, Cimitiere du Montparnasse pun tak kalah mewah dengan makam-makam lain di dunia. Tempat ini didirikan sudah cukup lama, sejak tahun 1824, di mana dulunya pemakaman ini lebih dikenal dengan nama Le Cimetiere du Sud.

 

800px-Cimetiere_Montparnasse_Paris_Genie

 

Tumba_PD.jpg

 

Tempat ini dikenal karena di dalamnya banyak dimakamkan para tokoh-tokoh terkenal dari Perancis, terutama tokoh intelektual dan artis. Selain terkenal karena para tokoh yang dimakamkan di sini, pemakaman ini juga menarik karena terdapat sebuah taman indah yang ada di bagian tengah pemakaman. Taman ini dilengkapi dengan hiasan patung perunggu karya Horace Daillion yang dibikin pada tahun 1189. 

 

Lalu, apakah jalan-jalaners juga tertarik untuk dimakamkan di tempat-tempat mewah seperti itu? Kalau saya sih, rumah aja nggak terlalu mewah. Ngapain juga makam saya harus dibuat mewah... :D. Tapi ada bagusnya sih kalau makam didesain bagus kayak gini... jadinya nggak ada lagi kesan angker untuk makam. Dan yang pasti, nggak ada lagi tuh acara uji nyali... :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

8 answers to this question

  • 0

sayang banget ngabisin uang miliaran gitu cuma buat pemakaman, mending dipakai buat orang yang lebih butuh aja ya hahahaha

 

hmmm... untuk beberapa orang yang percaya sih katanya lokasi pemakaman bisa mempengaruhi nasib anak2nya.

tapi saya setuju, lebih baik pemakaman itu sederhana dan duitnya dipakai untuk berdana ke orang yg ga mampu.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

nice info gan, keren banget tempat pemakamannya sampe gak terlihat kalo itu sebuah pemakaman deh..cuma masih gak abis pikir kalo duit segitu gede dikeluarin hanya buat makam seseorang..lebih bijak kalo disumbangkan ke orang yang gak mampu sepertinya..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wuih cuantik tenan makamnya gan...kira2 mesti berapa duit tyuh supaya bisa dikubur disitu???

ach tetep sajo malaikat nyepret kita kalao amalnya jelex mah gan hehe...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

waduh saya pernah denger juga di indo ada kan pemakaman elit macem gini yang biayanya sampai miliaran, artis banyak yang udah pesen tapi saya lupa dimana, kalau menurut saya ini pemborosan -_-

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this