Sign in to follow this  
travellinglover

Opera Beijing, ada yang tau?

15 posts in this topic

opera beijing bisa menjadi salah satu tujuan wisata kalo Mas Mbak sekalian sempet main main ke cina. kalo gak salah, opera ini menampilkan pertunjukan sendra tari, olah vokal, tarian dan akrobatik.

dan percaya gak percaya, ini sudah ada sejak tahun 1984 dan masih rame aja dikunjungi sampai sekarang. istilahnya di Indonesia itu hiburan rakyat. tapi sekarang kayanya hanya orang orang berkelas yang bisa masuk dan datang.

ini beberapa fotonya dari mbah gugel

960111b8c3b8e1628711c7ed0f7fb4a3.jpg

beijing-opera.jpg

Letaknya opera ini ada di Chaoyang Theater, 36 Dongsanhuan Bei Lu, Chaoyang District, Beijing.

Nah kalo gak salah, ini gak setiap hari performancenya. tapi sekali performance, yang ditampilin bener bener menyenangkan hati.

selain bikin takjub, juga bisa bikin berdebar2. ya namanya juga aerobatics, hampir hampir mirip sirkus, tapi bukan sirkus, karena dikemas lebih elegan dengan penyampaian yang tidak hanya lompat sana sini tapi dibalut dengan lagu khas dan tarian tarian.

selain itu, kostumnya juga bener bener menarik, gak hanya baju baju biasa, tapi udah kaya baju ke kaisaran

nah, saya juga belum pernah kesana, tapi ada gak yang tau jadwalnya rutinnya? sebagai informasi kalo saja ada yang mau berkunjung :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

waktu saya ke beijing, yang saya tonton bukan opera yang seperti itu, tapi akrobatik kungfu, tapi seru juga sich and deg deg an nonton nya, mantap dech :)

itu di dalam teater yang sama ya mas?boleh cerita sedikit dong tentang pengalamannya, biar thread nya sempurna kalo ada saksi hidupnya. sayang kalo cuma tulisan ulasan doang :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalau liat akrobat Beijing, selalu keinget sama aksi2 perampokan bank di film2. Sayang sekali. :(

Baru2 ini nonton di Indonesia Mencari Bakat, ada yang bisa akrobat kayak gini. Jadi pengen nonton asli ke China nya. Tau paket tur murah nya mas?

Share this post


Link to post
Share on other sites

itu di dalam teater yang sama ya mas?boleh cerita sedikit dong tentang pengalamannya, biar thread nya sempurna kalo ada saksi hidupnya. sayang kalo cuma tulisan ulasan doang :)

pertunjukan yg sy tonton sich menceritakan kisah seorang ibu dgn putra tunggalnya, sang ibu menginginkan putra nya menjadi seorang yg jago kungfu, oleh krn itu si ibu mengirm putra nya tsb ke shaolin, di shaolin si anak blajar kungfu dgn sgala pernak pernik nya, ya spti opera pd umumnya ptnjukan tsb diisi dgn tari dan nyanyian, tp memang pemainnya hrs menguasai kungfu beneran ya..krn gerakan mrk benar - benar hidup dan atraksi yg yg dilakukan jg berbhaya, kan crita nya jagoan kungfu...

Share this post


Link to post
Share on other sites

pertunjukan yg sy tonton sich menceritakan kisah seorang ibu dgn putra tunggalnya, sang ibu menginginkan putra nya menjadi seorang yg jago kungfu, oleh krn itu si ibu mengirm putra nya tsb ke shaolin, di shaolin si anak blajar kungfu dgn sgala pernak pernik nya, ya spti opera pd umumnya ptnjukan tsb diisi dgn tari dan nyanyian, tp memang pemainnya hrs menguasai kungfu beneran ya..krn gerakan mrk benar - benar hidup dan atraksi yg yg dilakukan jg berbhaya, kan crita nya jagoan kungfu...

oh, jadi gak sekedar melakukan gerakan seperti kungfu yang kaya akting gitu ya mas? tempat nontonnya di tempat sama bukan ya sama opera Beijing ini? yang kebetulan acaranya lagi muterin itu?

berapa harga tiket masuknya ya mas?itu kapan ya nontonnya? maaf kalo banyak banget yang ditanyain :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

ini tu kaya teater gitu ya?kaya Taman Ismail Marzuki? atau gimana ya? kalo isinya semua cuma akrobatik doang, jadi kaya nonton sirkus dong ya? mas yang di atas, yang udah pernah kesana, boleh tau gak informasi detailnya?mana tau membantu yang pengen kesana :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

oh, jadi gak sekedar melakukan gerakan seperti kungfu yang kaya akting gitu ya mas? tempat nontonnya di tempat sama bukan ya sama opera Beijing ini? yang kebetulan acaranya lagi muterin itu?

berapa harga tiket masuknya ya mas?itu kapan ya nontonnya? maaf kalo banyak banget yang ditanyain :)

kl mslah tmpat, sy jg krg tau sm ato gak...kl gerakan sich akting...tp para personilnya sich jago beneran kali ya...krn tuk bbrapa adegan kan memang kungfu beneran kok, cuma mungkin udh disesuaikan aj...kan intinya buat tontonan ya, kl ticket tergantung kelasnya mas, duduk makin ke atas ya makin murah...paling murah +/- 100 yuan..

Share this post


Link to post
Share on other sites

kl mslah tmpat, sy jg krg tau sm ato gak...kl gerakan sich akting...tp para personilnya sich jago beneran kali ya...krn tuk bbrapa adegan kan memang kungfu beneran kok, cuma mungkin udh disesuaikan aj...kan intinya buat tontonan ya, kl ticket tergantung kelasnya mas, duduk makin ke atas ya makin murah...paling murah +/- 100 yuan..

disesuain dengan gerakan aktobatiknya ya mas biar kelihatan lebih menghibur?

100 yuan ya?hmm, lumayan juga ya.. tapi asal pertunjukannya oke, harga segitu pasti dibilang pantes. menurut mas sendiri, harga segitu pantes gak sama pertunjukannya?

Share this post


Link to post
Share on other sites

opera Beijing adanya dr 1984.. infonya salah engga ya? kalau yang saya tau sich kalau di film-film kungfu yang jadul-jadul gitu semuanya hiburannya kbanyakan opera Beijing tuh, yang biasanya kaisar mau dimatiin sama pemberontak yang nyamar jadi aktor opera Beijing.

Share this post


Link to post
Share on other sites

opera Beijing adanya dr 1984.. infonya salah engga ya? kalau yang saya tau sich kalau di film-film kungfu yang jadul-jadul gitu semuanya hiburannya kbanyakan opera Beijing tuh, yang biasanya kaisar mau dimatiin sama pemberontak yang nyamar jadi aktor opera Beijing.

gak ngerti sama kalimat terakhir ni mas, maksudnya apa ya? itu cerita pementasannyam, atau kejadian nyatanya yang akya gitu?

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, budaya asli china.

mereka pada bangga dengan kebudayaanya.

bagaimana dengan kita?

perasaan kalo jaman sekarang ntn wayang, kesanya kampungan, gak modern dll.

padahal kebudayaan kita harus kita juga yang jaga.

dan, saya juga masih suka loh ntn wayang. saya ada beberapa koleksi video dari dalang asep sunandar sunarya. B)

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, budaya asli china.

mereka pada bangga dengan kebudayaanya.

bagaimana dengan kita?

perasaan kalo jaman sekarang ntn wayang, kesanya kampungan, gak modern dll.

padahal kebudayaan kita harus kita juga yang jaga.

dan, saya juga masih suka loh ntn wayang. saya ada beberapa koleksi video dari dalang asep sunandar sunarya. B)

Wah seiusan sis masih nonton wayang? Aje gile..umur berapa?

Jujur, saya sekarang gak suka nonton wayang, kecuali wayang orang atau mungkin biasa disebut ketoprak, karena dulu suka ketoprak humor..

Bener, ini tradisional nya di cina, sama kaya wayang di indonesia, tapi mungkin kemasannya lebih bagus atau bahkan jauh lebih bagus ketimbang wayang

Share this post


Link to post
Share on other sites

mirip kayak wayang orang yah?

biasnya pertunjukn seperti itu suka di tambah adegan2x kayak silat2x gitu yah?

kalo yang opera beijing ini bukan ditambah lagi mas setau saya. tapi emang udah skenarionya kaya gitu.

iya, kaya wayang orang, kalo dulu mungkin ngenalnya ketoprak humor, atau kalo di tvri itu kaya bagong, petruk dan kawan kawan itu. mirip mirip lah. tapi bedanya, cerita yang indonesia ngalir pelan dan bela dirinya diselipin. nah kalo ini gak, emang fokusnya disana..

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By desmaster
      Teman-teman jalan2ers sekalian, uda pada tau tentang 7 Little Fortunes? Itu lho.. satu grup dari China Drama Academy di jaman dulu. Anggotanya sendiri ada sekitar 14an, tapi setiap kali tampil itu 7 org. Lalu apa yang menjadi grup ini terkenal? Keluaran dari 7 Little Fortunes itu kebanyakan sangat terkenal di dunia perfilman. Salah satunya, Jackie Chan, Sammo Hung, Yuen Biao, Corey Yuen, Yuen Wah, Yuen Tak, Yuen Tai, dan Yuen Mo.






      Muka Sammo Hung sama Yuan Biao yang seakan-akan ngomong "Apa? kita semua seperguruan?"


      Kalau dari namanya sich mungkin cm tau beberapa ya? tapi kalau diliat fotonya, mungkin bakal banyak yg mikir "ohh yg ini". Tahun 2009 lalu mereka merayakan 50 taun berdirinya Seven Little Fortunes:





      dari kiri ke kanan: Yuen Bun, Yuen Wah, Yuen Tak, Yuen Mo, Yuen Biao, Yuen Lo (Jackie CHan), Yuen Lung (Sammo Hung)


      Yang kedua dari kiri sering liat kan? itu lho yang maen di kungfu hustle jadi suaminya si suara singa wkwk.. Ternyata beliau itu katanya salah satu yang paling dihormati di grup mereka, asumsi saya sich kemungkinan ilmu kungfunya juga salah satu yang paling jago. Kalau Jackie Chan sendiri dibilang sama gurunya itu bukan yang paling jago, tp kl yg paling nakal memang dia.






      Jackie Chan & Sammo Hung beserta Master Yu Jim Yuen di perayaan ultahnya yang ke-80



      (Master Yu meninggal di usia 92 tahun di 1997)


      Gimana teman-teman sekalian? Keren ga tuh? hohoho.