golek

Suku Asmat dan Dani

4 posts in this topic

Sekarang saya mau bikin lagi tentang Papua. Tapi kali ini tentang dua suku yang terkenal di sana.Di Papua memang ada beberapa suku yang terkenal, tapi yang paling terkenal adalah suku Asmat dan Dani. Mungkin beberapa dari kalian pernah ngeliat tapi ga ngeh aja nama sukunya.
 
Suku Asmat ini mungkin bisa dibilang yang paling terkenal di Indonesia. Mereka menjadi terkenal bukan karena mereka dulu melakukan praktek berburu kepala (headhunter) dan praktek kanibalisme. Tapi mereka udah lama enggak melalukan praktek kanibalisme ini. Tapi suku Asmat juga karena ukiran-ukiran kayu mereka yang indah. Wisatawan yang ke sana, terutama turis asing pasti nyari patung-patung kayu ukiran mereka. Tante saya juga punya beberapa hasil ukiran mereka, tapi belinya di Sarinah :D , jadi ga tau asli apa engga.
 

3476278130_108215f2ab.jpg


 
Nama Asmat mungkin berasal dari kata-kata Asmat "As Akat", yang menurut orang Asmat berarti "orang yang tepat". Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa Asmat berasal dari kata Osamat  yang berarti "manusia dari pohon". Tetapi kalo menurut tetangga suku Asmat, yaitu suku Mimika, nama Asmat ini berasal dari kata-kata mereka untuk suku-"manue", yang berarti "pemakan manusia". Ga tau mana yang bener tapi lebih tepat sih kayaknya dari kata Osamat.
 
Asmat ini adalah suku yang paling kanibal di Papua. Mereka dulu berburu musuh-musuh mereka untuk dimakan. Mereka akan makan otak musuhnya yang dicampur dengan cacing sagu dari tengkorak yang dibelah dua, karena mereka percaya bahwa ketika mereka membunuh dan makan otak musuh mereka, mereka menjadi orang itu dan menyerap keterampilanya. Cara ini juga hampir sama dengan para kanibal yang ada di Amerika Selatan. Mereka juga sama percaya kalo membunuh musuh, roh tuh musuh akan masuk ke dalam tubuhnya.
Ada cerita yang membuat mereka terkenal nih. Mungkin kalian pernah denger nama keluarga Rockefeller. Nah salah satu anggota keluarga Rockefeller, Michael Clark Rockefeller, menghilang di daerah Asmat pada November 17, 1961 waktu ekspedisi. Ada yang percaya bahwa dia meninggal karena di makan hiu atau buaya, tapi ada juga yang percaya bahwa dia dibunuh dan dimakan oleh orang-orang di situ karena pada tahun 1961 kanibalisme dan memburu kepala masih ada di beberapa daerah.
 

dsc0133mh5.jpg



Suku Asmat juga mengumpulkan tengkorak musuh. Mereka menggunakan tengkorak sebagai bantal mereka, dan mereka juga menunjukkan tengkorak2 di rumah-rumah mereka karena mereka percaya hal itu akan melindungi mereka dari kejahatan. Tengkorak-tengkorak yang dikumpulkan dihiasi dengan bulu burung kakaktua dan dicat. Para Asmat tidak hanya mengumpulkan tengkorak musuh mereka, tetapi juga mengumpulkan tengkorak yang mereka temukan. Perbedaannya terletak pada rahang tengkorak, tengkorak yang mereka ambil dari tubuh musuh yang mereka bunuh sendiri, rahang bawah tengkorak masih di tempatnya, dan tengkorak yang mereka temukan biasanya hilang rahang yang lebih rendah. Dan itu biasanya karena perempuan Asmat mengambil rahang bawah untuk mengubahnya menjadi sebuah kalung.
 

090529+skull+pillow+asmat.jpg


 
Daerah asli Asmat dibagi menjadi dua kelompok utama, mereka yang tinggal di sepanjang pantai, dan orang-orang di pedalaman. Mereka berbeda dalam hal dialek, cara hidup, struktur sosial, dan upacara. Suku Asmat tidak tersentuh oleh peradaban sampai ada pos Belanda, permukiman misionaris, dan ekspedisi asing akhirnya membuat jalan pada budaya terisolasi ini pada tahun 1950-an dan 1960-an.
 
Sebelumnya, keluarga seluruh suku hidup bersama dalam rumah yang berukuran sekitar 28 meter panjang yang disebut yeus. Yeus masih digunakan oleh laki-laki sebagai clubhouse di mana bujangan tidur. Semacam bachelor pad :D . Kalo Asmat yang tinggal di hulu masih tinggal di rumah panjang, beberapa bahkan membangun rumah di pucuk pohon.
 
Sekarang giliran suku Dani. Orang-orang Dani, juga dieja Ndani, kadang-kadang bergabung dengan kelompok Lani yang di barat. Dani ini adalah orang-orang dari dataran tinggi tengah Papua Barat. Orang-orang Dani adalah penghuni asli Lembah Baliem. Mereka adalah salah satu kelompok etnis yang paling terkenal di Papua, karena para wisatawan yang banyak yang mengunjungi daerah Lembah Baliem di mana mereka mendominasi. Suku Dani menjadi terkenal karena mereka terampil dalam menggunakan kapak batu, dan pisau yang terbuat dari tulang hewan, bambu atau tombak, kayu dan staf menggali.
 

panglima-suku-Dani.jpg



Pada suku Dani, hewan babi adalah fitur sangat kuat dalam budaya lokal mereka, dan menjadi alat yang paling penting yang digunakan dalam barter, terutama dalam mas kawin. Dan juga pesta babi sangat penting untuk merayakan peristiwa komunal, keberhasilan pesta. Jika ada pesta, orang yang mengadakan acara dinilai dengan jumlah babi yang disembelih. Orang yang berpengaruh biasanya jumlahnya banyak.
 
Pada suku Dani, babi juga diperlakukan lebih berharga daripada perempuan atau istri. Mereka memperlakukan babi sebagai anggota keluarga. Para istri dan anak-anak dari keluarga harus merawat mereka, dan bahkan ada beberapa istri yang menyusui babi. Bagi masyarakat Dani, babi adalah hewan suci.

3dani.jpg

 

Ok semoga informasi ini berguna. Nanti saya bisa bikin informasi lagi tentang Papua. Sayang aja sih, mungkin karena biaya ke sana mahal, jadi wisatawan juga ga banyak ke sana.

Share this post


Link to post
Share on other sites

hehe...walaupun kanibalisme sudah tidak ada di suku Asmat, tapi serem juga ya Mas...melihat orang2nya saja facenya sudah seram seperti itu karena saya sendiri tidak bisa melihat orang yang dandanannya seperti itu :ph34r:

Share this post


Link to post
Share on other sites

pada saat kanibalisme masih ada...tidak terbayang dibenak saya ngeri campur agak jijik juga ya :ph34r:

Share this post


Link to post
Share on other sites

hehe...walaupun kanibalisme sudah tidak ada di suku Asmat, tapi serem juga ya Mas...melihat orang2nya saja facenya sudah seram seperti itu karena saya sendiri tidak bisa melihat orang yang dandanannya seperti itu :ph34r:

 

apalagi kalo lagi bentrok antar suku, suka ngeliat mereka di tv ya.

 

pada saat kanibalisme masih ada...tidak terbayang dibenak saya ngeri campur agak jijik juga ya :ph34r:

 

iya pasti ngeri kalo denger kanibalisme...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now

  • Similar Content

    • [OPEN TRIP] Raja Ampat Great Adventure (06-09 Februari 2016)
      By Berangan Trip Organizer
      Wilayah Raja Ampat sangatlah luas, mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut. Terdiri dari 4 pulau utama, yaitu Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool, serta banyak pulau kecil, seperti Wayag, Mansuar, Arborek, Saonek, Friwen, dll. Wayag menjadi ikon Raja Ampat yang terkenal dengan kumpulan bukit-bukit karst-nya. Raja Ampat adalah rumah bagi 540 jenis terumbu karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di kepulauan yang menakjubkan ini.
       

      Date :
      6 – 9 Februari 2016 Itinerary :
      Hari 1 : SORONG – WAISAI (D)
      Bertemu di meeting point, yaitu Bandara Sorong pada pukul 12.00. Kemudian menuju pelabuhan rakyat untuk menyeberang menuju Waisai. Tiba di Waisai sekitar pukul 16.00, dan kita akan langsung menuju ke penginapan untuk check-in. Setelah itu acara bebas.
      Hari 2 : TELUK KABUI – WAYAG – OFO – MANGALE (B, L, D)
      Pagi hari kita akan menuju Wayag dengan menggunakan speed boat. Dalam perjalanan menuju Wayag, kita akan melewati Teluk Kabui. Di sini kita bisa melihat Batu Pensil, atraksi lumba-lumba yang berloncatan, snorkeling, serta menikmati Pulau Urai. Di Wayag kita akan menyusuri puluhan bukit karst dengan boat, kemudian mendaki bukit karst dan melihat keindahan panorama khas Raja Ampat dari ketinggian. Setelah puas menikmati panorama dari puncak karst, kita akan kembali ke Waisai.
      Hari 3 : FRIWEN – SAWINGRAI – MANTA POINT – ARBOREK – RAJA AMPAT DIVE LODGE – YENBUBA – GUSUNG KRI (B, L, D)
      Di hari ini kita akan menuju Pulau Friwen, Manta Point, Pulau Arborek, Gusung Kri, Pulau Mansuar, dan sekitarnya untuk snorkeling dan bermain di pantai. Sore hari kembali ke penginapan di Waisai.
      Hari 4 : WAISAI – SORONG (B, L)
      Pagi hari acara bebas. Bisa digunakan untuk berkeliling pantai-pantai di Waisai. Pukul 14.00 kembali ke kota Sorong. Tiba di Sorong sekitar pukul 16.00. Setelah itu diantar ke hotel atau bandara, dan trip berakhir.
      (B = Breakfast, L = Lunch, D = Dinner)
      Price :
      Rp 5,500,000/pax (penginapan melati, AC) Rp 5,900,000/pax (hotel *2, AC) Quota : min. 8 pax
      Include :
      Airport transfer Transfer pelabuhan – penginapan PP Kapal cepat Sorong – Waisai PP Speed boat untuk island hopping 3N penginapan Waisai (1 kamar 2 orang) Pin Raja Ampat (entrance fee) Makan 9x Life jacket Tour leader Guide Wayag Foto dokumentasi (copy file) Exclude :
      Tiket pesawat Peralatan snorkeling/diving Terms & Conditions :
      Konfirmasi keikutsertaan dengan mengirimkan DP sebesar Rp 2,500,000 ke rek. Mandiri 1410013079603 (a/n Indra Yulianto). Harap konfirmasi setelah melakukan pembayaran. Pelunasan dilakukan paling lambat 1 minggu sebelum hari keberangkatan. Jika terjadi pembatalan dari pihak peserta setelah pembayaran, maka pembayaran dinyatakan hangus. Apabila destinasi tujuan tidak memungkinkan untuk dikunjungi karena bencana, cuaca yang tidak mendukung, penutupan tempat wisata, atau sebab lain di luar kendali kami, maka peserta tidak berhak meminta kompensasi atau pengembalian biaya yang telah dibayarkan. Apabila kuota trip tidak memenuhi kuota minimal, maka peserta trip tetap dapat mengikuti trip dengan biaya yang menyesuaikan, atau peserta trip dapat membatalkan keikutsertaan dengan pembayaran yang dikembalikan 100%. Apabila terjadi pembatalan dari pihak kami di luar sebab-sebab di atas, maka biaya yang telah dibayarkan oleh peserta akan dikembalikan 100%. Harga dan itinerary dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi setempat. Contact :
      Intan Primadewati
      Call/WhatsApp : +6281233843907
      Pin BB : 5368F674
      Indra Yulianto
      Call/WhatsApp : +6281286944675 . +6285645412245
      Pin BB : 75A0A51D
      Email : marketing@berangan.com
      Facebook : Berangan Trip Organizer
      Twitter : @berangan_trip
    • [PAKET WISATA] Raja Ampat Awal Tahun (06-09 Februari 2016)
      By Berangan Trip Organizer
      Wilayah Raja Ampat sangatlah luas, mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut. Terdiri dari 4 pulau utama, yaitu Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool, serta banyak pulau kecil, seperti Wayag, Mansuar, Arborek, Saonek, Friwen, dll. Wayag menjadi ikon Raja Ampat yang terkenal dengan kumpulan bukit-bukit karst-nya. Raja Ampat adalah rumah bagi 540 jenis terumbu karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di kepulauan yang menakjubkan ini.

      Date :
      31 Desember – 3 Januari 2016 6 – 9 Februari 2016 Itinerary :
      Hari 1 : SORONG – WAISAI (D)
      Bertemu di meeting point, yaitu Bandara Sorong pada pukul 12.00. Kemudian menuju pelabuhan rakyat untuk menyeberang menuju Waisai. Tiba di Waisai sekitar pukul 16.00, dan kita akan langsung menuju ke penginapan untuk check-in. Setelah itu acara bebas.
      Hari 2 : TELUK KABUI – WAYAG – OFO – MANGALE (B, L, D)
      Pagi hari kita akan menuju Wayag dengan menggunakan speed boat. Dalam perjalanan menuju Wayag, kita akan melewati Teluk Kabui. Di sini kita bisa melihat Batu Pensil, atraksi lumba-lumba yang berloncatan, snorkeling, serta menikmati Pulau Urai. Di Wayag kita akan menyusuri puluhan bukit karst dengan boat, kemudian mendaki bukit karst dan melihat keindahan panorama khas Raja Ampat dari ketinggian. Setelah puas menikmati panorama dari puncak karst, kita akan kembali ke Waisai.
      Hari 3 : FRIWEN – SAWINGRAI – MANTA POINT – ARBOREK – RAJA AMPAT DIVE LODGE – YENBUBA – GUSUNG KRI (B, L, D)
      Di hari ini kita akan menuju Pulau Friwen, Manta Point, Pulau Arborek, Gusung Kri, Pulau Mansuar, dan sekitarnya untuk snorkeling dan bermain di pantai. Sore hari kembali ke penginapan di Waisai.
      Hari 4 : WAISAI – SORONG (B, L)
      Pagi hari acara bebas. Bisa digunakan untuk berkeliling pantai-pantai di Waisai. Pukul 14.00 kembali ke kota Sorong. Tiba di Sorong sekitar pukul 16.00. Setelah itu diantar ke hotel atau bandara, dan trip berakhir.
      (B = Breakfast, L = Lunch, D = Dinner)
      Price : Rp 4,900,000/pax
      Quota : min. 8 pax
      Include :
      Airport transfer Transfer pelabuhan – penginapan PP Kapal cepat Sorong – Waisai PP Speed boat untuk island hopping 3N penginapan Waisai (AC, 1 kamar 2-3 orang) Pin Raja Ampat (entrance fee) Makan 9x Life jacket Tour leader Guide Wayag Foto dokumentasi (copy file) Exclude :
      Tiket pesawat Peralatan snorkeling/diving Terms & Conditions :
      Konfirmasi keikutsertaan dengan mengirimkan DP sebesar Rp 2,000,000 ke rek. Mandiri 1410013079603 (a/n Indra Yulianto). Harap konfirmasi setelah melakukan pembayaran. Pelunasan dilakukan paling lambat 1 minggu sebelum hari keberangkatan. Jika terjadi pembatalan dari pihak peserta setelah pembayaran, maka pembayaran dinyatakan hangus. Apabila destinasi tujuan tidak memungkinkan untuk dikunjungi karena bencana, cuaca yang tidak mendukung, penutupan tempat wisata, atau sebab lain di luar kendali kami, maka peserta tidak berhak meminta kompensasi atau pengembalian biaya yang telah dibayarkan. Apabila kuota trip tidak memenuhi kuota minimal, maka peserta trip tetap dapat mengikuti trip dengan biaya yang menyesuaikan, atau peserta trip dapat membatalkan keikutsertaan dengan pembayaran yang dikembalikan 100%. Apabila terjadi pembatalan dari pihak kami di luar sebab-sebab di atas, maka biaya yang telah dibayarkan oleh peserta akan dikembalikan 100%. Harga dan itinerary dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi setempat. Info : extend untuk diving Rp 2,750,000/pax include 3x dive, dive gear, guide, speed boat, homestay 1 malam, dan makan 3x. Minimal 2 pax.
      Contact :
      Intan Primadewati
      Call/WhatsApp : +6281233843907
      Pin BB : 5368F674
      Indra Yulianto
      Call/WhatsApp : +6281286944675 . +6285645412245
      Pin BB : 75A0A51D
      Email : marketing@berangan.com
      Facebook : Berangan Trip Organizer
      Twitter : @berangan_trip
      Website : www.berangan.com
    • [OPEN TRIP] Early Year Raja Ampat (06-09 Februari 2016)
      By Berangan Trip Organizer
      Wilayah Raja Ampat sangatlah luas, mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut. Terdiri dari 4 pulau utama, yaitu Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool, serta banyak pulau kecil, seperti Wayag, Mansuar, Arborek, Saonek, Friwen, dll. Wayag menjadi ikon Raja Ampat yang terkenal dengan kumpulan bukit-bukit karst-nya. Raja Ampat adalah rumah bagi 540 jenis terumbu karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di kepulauan yang menakjubkan ini.     Date : 6 – 9 Februari 2016   Itinerary :   Hari 1 : SORONG – WAISAI (D)
      Bertemu di meeting point, yaitu Bandara Sorong pada pukul 12.00. Kemudian menuju pelabuhan rakyat untuk menyeberang menuju Waisai. Tiba di Waisai sekitar pukul 16.00, dan kita akan langsung menuju ke penginapan untuk check-in. Setelah itu acara bebas.   Hari 2 : TELUK KABUI – WAYAG – OFO – MANGALE (B, L, D)
      Pagi hari kita akan menuju Wayag dengan menggunakan speed boat. Dalam perjalanan menuju Wayag, kita akan melewati Teluk Kabui. Di sini kita bisa melihat Batu Pensil, atraksi lumba-lumba yang berloncatan, snorkeling, serta menikmati Pulau Urai. Di Wayag kita akan menyusuri puluhan bukit karst dengan boat, kemudian mendaki bukit karst dan melihat keindahan panorama khas Raja Ampat dari ketinggian. Setelah puas menikmati panorama dari puncak karst, kita akan kembali ke Waisai.   Hari 3 : FRIWEN – SAWINGRAI – MANTA POINT – ARBOREK – RAJA AMPAT DIVE LODGE – YENBUBA – GUSUNG KRI – MIOSKON – SAONEK (B, L, D)
      Di hari ini kita akan menuju Pulau Friwen, Manta Point, Pulau Arborek, Gusung Kri, Pulau Mansuar, dan sekitarnya untuk snorkeling dan bermain di pantai. Sore hari kembali ke penginapan di Waisai.   Hari 4 : WAISAI – SORONG (B, L)
      Pagi hari acara bebas. Bisa digunakan untuk berkeliling pantai-pantai di Waisai. Pukul 14.00 kembali ke kota Sorong. Tiba di Sorong sekitar pukul 16.00. Setelah itu diantar ke hotel atau bandara, dan trip berakhir.   (B = Breakfast, L = Lunch, D = Dinner)   Price : Rp 4,900,000/pax   Quota : min. 8 pax   Include : Airport transfer Transfer pelabuhan – penginapan PP Kapal cepat Sorong – Waisai PP Speed boat untuk island hopping 3N penginapan Waisai (AC, 1 kamar 2-3 orang) Pin Raja Ampat (entrance fee) Makan 9x Life jacket Tour leader Guide Wayag Foto dokumentasi (copy file)   Exclude : Tiket pesawat Peralatan snorkeling/diving   Terms & Conditions : Konfirmasi keikutsertaan dengan mengirimkan DP sebesar Rp 2,000,000 ke rek. Mandiri 1410013079603 (a/n Indra Yulianto). Harap konfirmasi setelah melakukan pembayaran. Pelunasan dilakukan paling lambat 1 minggu sebelum hari keberangkatan. Jika terjadi pembatalan dari pihak peserta setelah pembayaran, maka pembayaran dinyatakan hangus. Apabila destinasi tujuan tidak memungkinkan untuk dikunjungi karena bencana, cuaca yang tidak mendukung, penutupan tempat wisata, atau sebab lain di luar kendali kami, maka peserta tidak berhak meminta kompensasi atau pengembalian biaya yang telah dibayarkan. Apabila kuota trip tidak memenuhi kuota minimal, maka peserta trip tetap dapat mengikuti trip dengan biaya yang menyesuaikan, atau peserta trip dapat membatalkan keikutsertaan dengan pembayaran yang dikembalikan 100%. Apabila terjadi pembatalan dari pihak kami di luar sebab-sebab di atas, maka biaya yang telah dibayarkan oleh peserta akan dikembalikan 100%. Harga dan itinerary dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi setempat.   Info : extend untuk diving Rp 2,750,000/pax include 3x dive, dive gear, guide, speed boat, homestay 1 malam, dan makan 3x. Minimal 2 pax.   Contact :   Intan Primadewati
      Call/WhatsApp : +6281233843907
      Pin BB : 5368F674   Indra Yulianto
      Call/WhatsApp : +6281286944675 . +6285645412245
      Pin BB : 75A0A51D   Email : marketing@berangan.com
      Facebook : Berangan Trip Organizer
      Twitter : @berangan_trip Website : www.berangan.com
    • RAJA AMPAT DIKEPUNG ASAP
      By Vela
      Baru aja baca dari beberapa sumber seperti detik.com dan page Shikada Beauty di FB tentang dampak asap yang sudah sampai ke RajaAmpat. Sedih sekali.
      https://www.facebook.com/shikadabeauty/photos/a.1081612178516824.1073741828.1046866368658072/1092299097448132/?type=3&theater
      http://travel.detik.com/read/2015/10/28/160318/3055764/1382/raja-ampat-sebelum--sesudah-kabut-asap-nyata-bedanya?v9922021381
    • Index Irian Jaya
      By kyosash
      Hello Jalan2ners  
      Kali ini saya mau mencoba membuat Index dari beberapa thread2 yang ada diforum ini mengenai Irian Jaya.
      semoga dapat mempermudah dalam pencarian informasi mengenai Irian Jaya.
       
       
      Contoh Field report (catatan perjalanan yang dilakukan oleh Jalan2ners)
       
      Perjalanan Ke Perbatasan Indonesia - Papua New Guinea
       
      Raja Ampat - Liburan Menyelam Bersama Keluarga
       
      Petualangan Rajaampat
       
      Jalan-Jalan Gratis Ke Pulau Sawingrai , Raja Ampat
       
      Live Report, Raja Ampat!!!!
       
      _TYA_ on vacation "RAJA AMPAT 9-14 APRIL 2013...."
       
      FR: Kuala Kencana Timika Papua
       
       
      Hal-hal yang ingin diketahui mengenai Irian Jaya, apa saja sih yang menarik?
       
      Tempat Wisata di Irian Jaya
      Danau Sentani nan Eksotik
      Raja Ampat: Ekspedisi Bawah Laut Terbaik di Dunia
      Sawinggrai Village (Raja Ampat)
      Papua - Raja Ampat
      Danau Paniai dan desa Tablanusu
      Taman Nasional Teluk Cenderawasih di Papua
      Jalan jalan ke Taman Nasional Lorentz
      Danau Paniai
      Pulau Buaya
      Keindahan Pulau Um yang Masih Perawan di Sorong, Papua
      Carstensz Pyramid, Papua
      Pesona Teluk Triton
      Mencoba Sensasi Wisata di Teluk Cendrawasih
       
      Lain2-nya
      Sarang Rayap Berukuran Raksasa, Salah Satu Keunikan Merauke
      Suku Asmat dan Dani
      Unik : Rumah Semut di Papua
      PULAU MANSINAM YANG BERSEJARAH
      Festival Lembah Baliem
       
      NOTE: untuk informasi tempat/obyek wisata lain-nya bisa lihat disini
      Jayapura
      Papua
      Raja Ampat
      Sorong
       
       
      Tips dan Hal - hal yang mungkin perlu diketahui mengenai Irian Jaya
       
      Tentang Papua
      Peta Wisata Papua
      Tips Liburan ke Raja Ampat
      Cara Murah Ke Raja Ampat
      Sekilas Tentang Biaya Perjalanan ke Raja Ampat
      Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Bertemu Dengan Suku Pedalaman
      Transportasi Wisata Papua
      Kenalan Sama Suku Dani

      contoh Itinerary
      Rencana Itinary Perjalanan Ke Raja Ampat
       
       
      Semoga informasi2 diatas dapat membantu anda dalam mencari informasi.
       
      Mohon Maaf Sebelumnya Jikalau Ada Kesalahan/Kekurangan, mohon panduan-nya   Kalau ada yang mau menambahkan pun di-persilahkan