golek

Suku Asmat dan Dani

4 posts in this topic

Sekarang saya mau bikin lagi tentang Papua. Tapi kali ini tentang dua suku yang terkenal di sana.Di Papua memang ada beberapa suku yang terkenal, tapi yang paling terkenal adalah suku Asmat dan Dani. Mungkin beberapa dari kalian pernah ngeliat tapi ga ngeh aja nama sukunya.
 
Suku Asmat ini mungkin bisa dibilang yang paling terkenal di Indonesia. Mereka menjadi terkenal bukan karena mereka dulu melakukan praktek berburu kepala (headhunter) dan praktek kanibalisme. Tapi mereka udah lama enggak melalukan praktek kanibalisme ini. Tapi suku Asmat juga karena ukiran-ukiran kayu mereka yang indah. Wisatawan yang ke sana, terutama turis asing pasti nyari patung-patung kayu ukiran mereka. Tante saya juga punya beberapa hasil ukiran mereka, tapi belinya di Sarinah :D , jadi ga tau asli apa engga.
 

3476278130_108215f2ab.jpg


 
Nama Asmat mungkin berasal dari kata-kata Asmat "As Akat", yang menurut orang Asmat berarti "orang yang tepat". Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa Asmat berasal dari kata Osamat  yang berarti "manusia dari pohon". Tetapi kalo menurut tetangga suku Asmat, yaitu suku Mimika, nama Asmat ini berasal dari kata-kata mereka untuk suku-"manue", yang berarti "pemakan manusia". Ga tau mana yang bener tapi lebih tepat sih kayaknya dari kata Osamat.
 
Asmat ini adalah suku yang paling kanibal di Papua. Mereka dulu berburu musuh-musuh mereka untuk dimakan. Mereka akan makan otak musuhnya yang dicampur dengan cacing sagu dari tengkorak yang dibelah dua, karena mereka percaya bahwa ketika mereka membunuh dan makan otak musuh mereka, mereka menjadi orang itu dan menyerap keterampilanya. Cara ini juga hampir sama dengan para kanibal yang ada di Amerika Selatan. Mereka juga sama percaya kalo membunuh musuh, roh tuh musuh akan masuk ke dalam tubuhnya.
Ada cerita yang membuat mereka terkenal nih. Mungkin kalian pernah denger nama keluarga Rockefeller. Nah salah satu anggota keluarga Rockefeller, Michael Clark Rockefeller, menghilang di daerah Asmat pada November 17, 1961 waktu ekspedisi. Ada yang percaya bahwa dia meninggal karena di makan hiu atau buaya, tapi ada juga yang percaya bahwa dia dibunuh dan dimakan oleh orang-orang di situ karena pada tahun 1961 kanibalisme dan memburu kepala masih ada di beberapa daerah.
 

dsc0133mh5.jpg



Suku Asmat juga mengumpulkan tengkorak musuh. Mereka menggunakan tengkorak sebagai bantal mereka, dan mereka juga menunjukkan tengkorak2 di rumah-rumah mereka karena mereka percaya hal itu akan melindungi mereka dari kejahatan. Tengkorak-tengkorak yang dikumpulkan dihiasi dengan bulu burung kakaktua dan dicat. Para Asmat tidak hanya mengumpulkan tengkorak musuh mereka, tetapi juga mengumpulkan tengkorak yang mereka temukan. Perbedaannya terletak pada rahang tengkorak, tengkorak yang mereka ambil dari tubuh musuh yang mereka bunuh sendiri, rahang bawah tengkorak masih di tempatnya, dan tengkorak yang mereka temukan biasanya hilang rahang yang lebih rendah. Dan itu biasanya karena perempuan Asmat mengambil rahang bawah untuk mengubahnya menjadi sebuah kalung.
 

090529+skull+pillow+asmat.jpg


 
Daerah asli Asmat dibagi menjadi dua kelompok utama, mereka yang tinggal di sepanjang pantai, dan orang-orang di pedalaman. Mereka berbeda dalam hal dialek, cara hidup, struktur sosial, dan upacara. Suku Asmat tidak tersentuh oleh peradaban sampai ada pos Belanda, permukiman misionaris, dan ekspedisi asing akhirnya membuat jalan pada budaya terisolasi ini pada tahun 1950-an dan 1960-an.
 
Sebelumnya, keluarga seluruh suku hidup bersama dalam rumah yang berukuran sekitar 28 meter panjang yang disebut yeus. Yeus masih digunakan oleh laki-laki sebagai clubhouse di mana bujangan tidur. Semacam bachelor pad :D . Kalo Asmat yang tinggal di hulu masih tinggal di rumah panjang, beberapa bahkan membangun rumah di pucuk pohon.
 
Sekarang giliran suku Dani. Orang-orang Dani, juga dieja Ndani, kadang-kadang bergabung dengan kelompok Lani yang di barat. Dani ini adalah orang-orang dari dataran tinggi tengah Papua Barat. Orang-orang Dani adalah penghuni asli Lembah Baliem. Mereka adalah salah satu kelompok etnis yang paling terkenal di Papua, karena para wisatawan yang banyak yang mengunjungi daerah Lembah Baliem di mana mereka mendominasi. Suku Dani menjadi terkenal karena mereka terampil dalam menggunakan kapak batu, dan pisau yang terbuat dari tulang hewan, bambu atau tombak, kayu dan staf menggali.
 

panglima-suku-Dani.jpg



Pada suku Dani, hewan babi adalah fitur sangat kuat dalam budaya lokal mereka, dan menjadi alat yang paling penting yang digunakan dalam barter, terutama dalam mas kawin. Dan juga pesta babi sangat penting untuk merayakan peristiwa komunal, keberhasilan pesta. Jika ada pesta, orang yang mengadakan acara dinilai dengan jumlah babi yang disembelih. Orang yang berpengaruh biasanya jumlahnya banyak.
 
Pada suku Dani, babi juga diperlakukan lebih berharga daripada perempuan atau istri. Mereka memperlakukan babi sebagai anggota keluarga. Para istri dan anak-anak dari keluarga harus merawat mereka, dan bahkan ada beberapa istri yang menyusui babi. Bagi masyarakat Dani, babi adalah hewan suci.

3dani.jpg

 

Ok semoga informasi ini berguna. Nanti saya bisa bikin informasi lagi tentang Papua. Sayang aja sih, mungkin karena biaya ke sana mahal, jadi wisatawan juga ga banyak ke sana.

Share this post


Link to post
Share on other sites

hehe...walaupun kanibalisme sudah tidak ada di suku Asmat, tapi serem juga ya Mas...melihat orang2nya saja facenya sudah seram seperti itu karena saya sendiri tidak bisa melihat orang yang dandanannya seperti itu :ph34r:

Share this post


Link to post
Share on other sites

hehe...walaupun kanibalisme sudah tidak ada di suku Asmat, tapi serem juga ya Mas...melihat orang2nya saja facenya sudah seram seperti itu karena saya sendiri tidak bisa melihat orang yang dandanannya seperti itu :ph34r:

 

apalagi kalo lagi bentrok antar suku, suka ngeliat mereka di tv ya.

 

pada saat kanibalisme masih ada...tidak terbayang dibenak saya ngeri campur agak jijik juga ya :ph34r:

 

iya pasti ngeri kalo denger kanibalisme...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By Ahmad Sa'bani
      Raja Ampat ialah salah satu distrik di Papua Barat yang sudah menjadi objek wisata mendunia. Pemandangan bawah laut yang estetis menjadi di antara situs warisan dunia diperbanyak dengan keindahan daratannya. Raja Ampat memiliki tidak sedikit jenis terumbu karang dan fauna laut yang mesti diselami. Raja Ampat mempunyai daratan yang estetis dan kaya mencakup pantai berpasir putih, gugusan pulau karst, dan flora hewan endemik laksana cendrawasih dan anggrek. Ada peninggalan zaman prasejarah di area gugusan Misool berupa cap-cap tangan pada dinding batu karang yang dipercayai berusia lebih dari 50.000 tahun. Bahkan terdapat bekas peninggalan pesawat udara yang karam pada masa Perang Dunia II di Pulau Wai. Ingin berlibur ke Raja Ampat? Terbanglah ke Sorong, lantas naik kendaraan mengarah ke Pelabuhan Sorong. Setelah tersebut menyebrang ke Waisai di Pulau Waigeo sekitar 2-3 jam. Jika telah di sana, tidak boleh lupa guna mendatangi sejumlah tempat inilah ini.

      Pulau Waigeo

      Pulau Waigeo ialah pulau terbesar dari empat pulau utama di kepulauan Raja Ampatu yang kerap dinamakan Amberi atau Waigiu. Tiga pulau lain ialah Salawati, Batanta dan Misool. Wasai sedang di Pulau Waigeo ini sebagai ibukota Kabupaten Raja Ampat. Perairan di Pulau Waigeo terdapat tidak sedikit spot diving berupa pulau-pulau batu karang, teluk yang estetis berdinding tebing yang menjulang, hutan dengan interior pemantauan burung dan akomodasi termurah salah satu pulau lainnya di Raja Ampat. Aktivitas wisata yang populer di Raja Ampat ialah menyelam (diving) dan snorkeling. Ikan berwarna-warni (school fish) di dekat terumbu karang menjadi suguhan estetis di laut. Jika menyelam di kedalaman selama 30 meter di sekitar Pantai Waiwom terdapat Ikan Hiu Sirip Putih (white tip reef sharks) dan Ikan Hiu Sirip Hitam (black tip reef sharks).

      Pulau Misool

      Beragam jenis ikan, terumbu karang, hiu, penyu, pari, dan biota laut lainnya menjadi penghuni tetap bawah laut di Pulau Misool. Aktivitas wajib ketika berwisata di Misool ialah snorkeling, diving, berenang, berjemur atau bersantai di ambang pantai yang sepi. Waktu terbaik guna menyelam di Pulau Misool nyaris sepanjang tahun khususnya pada musim kemarau. Jadi tidak butuh bingung menilai masa-masa yang tepat guna berkunjung.

      Beberapa desa di dekat Pulau Misool unik untuk dikunjungi. Pengalaman dan pengetahuan tentang kebiasaan lokal, adat, istiadat, dan lainnya dapat didapatkan. Jelajahi hutan mangrove dan menyaksikan burung-burung endemic yang melulu ada di Papua. Tempat menakjubkan lainnya ialah keberadaan lukisan berbentuk tangan manusia, ikan, dan lainnya yang dinamakan petroglyph dengan warna berpengaruh merah yang diduga berusia selama 5.000 tahun. Ada lokasi estetis yang tersembunyi di dalam labirin berupa laguna dan batuan karst.

      Pulau Wayag
      Ikon Raja Ampat ini mesti dikunjungi, namun tempatnya laing jauh sehingga perlu waktu enam sampai tujuh jam perjalanan dengan speedboat. Sebaiknya pergi ke sana pada malam atau subuh bila hendak mendapat tidak sedikit momen indah. Puncak bukit karst di Wayag, pasir putih, dan keindahan panorama lainnya menjadi suguhan estetis di sana. Dari puncak bukit yang perlu pendakian sekitar 1 sampai 2 jam bakal terlihat semua pemandangan Raja Ampat. Batuan karst di tempat tersebut sangat tajam dan riskan sehingga dapat melukai kaki, jadi wajib menggunakan alas kaki tertutup. Pulau Wayag pun dikenal sebagai habitat burung cenderawasih yang menjadi ikon Papua.

      Serpihan surga yang terdapat di dunia memang benar-benar ada, yakni Raja Ampat. Jika memiliki peluang dan duit wajib mengunjungi tempat ini supaya semakin mengetahui Indonesia seutuhnya. Selamat menjelajah! Referensi Rekreasi Alam    
    • By Nanda Hartoph Rio
      Hello fellow.
      Trip : 25 - 28 Desember 2017
      Cost : 1.950.000 inc. Kapal Xpress Sorong - Misool PP,  Boat 2 Hari , Makan & Minum.
      Metting Point : Pelabuhan Rakyat Sorong
      Pendaftaran akhir : 25 November 2017
      Contact : 082199225007
      Untuk Tahun ini acara kumpul backpacker di misool bulan desember, acara ini dibuat khusus untuk backpacker yang ingin mengunjungi Raja Ampat dengan Cost yang minim. jadi jika kalian traveler elite jangan gabung deh. Nah Trip ini saya buat sebagai ajang ngumpul dan silatuhrahmi, dan disini di bagi 2 kelompok yaitu kelompok 1 tinggal di basecamp dan kelompok 2 Camping di pulau tak berpenghuni. 
      Np. untuk yang ingin masuk di kelompok Camping disarankan membawa Alat camping masing masing.
       
      Itinerary & Detail

      Hari Pertama.
      Kita akan kumpul di meeting point yang nanti akan ditentukan, dan apabila semua telah berkumpul pada pukul 11.00 Wit maka kita akan berangkat pada pukul 12.00 Wit menggunakan Kapal Xprees Marina. Dan apabila peserta belum terkumpul pada pukul 11.00 wit maka kita akan menggunakan Kapal Fajar Indah Pukul 24.00 Wit.
      - Kapal Xpress Marina akan menempuh waktu 3 – 4 Jam (tergantung kondisi) menuju misool. Setelah sampai di misool kita akan menuju basecamp yang telah kami sediakan.
      - Kapal Fajar Indah akan Berangkat Pukul 24.00 Wit menempuh waktu 10 jam menuju misool (kamp. Fafanlap) .

      Hari Kedua
      Setelah serapan pagi berkemas dan melanjutkan tour keliling pulau di bagian misool selatan antaranya ;
      Puncak Harfat Jaya – Yapap – Pulau Bannos – Sunmalelen ( lukisan artefak ) .
       
       
      Setelah sore hari kembali menuju basecamp.

      Hari Ketiga
      Setelah sarapan pagi berkemas dan melanjutkan tour keliling pulau diantaranya ;
      Pulau Balbullol – Pulau Dhamu – Puncak love  - Danau ubur –ubur.
            
       
      Setelah sore hari kembali menuju basecamp.

      Hari Keempat.
      Setelah sarapan pagi kita berkemas dan menuju pelabuhan pukul 07.00 Wit menggunakan kapal Express Marina dengan jarak tempuh 3 – 4 jam ( tergantung kondisi ) dan setelah sampai di pelabuhan sorong trip selesai.
    • By Traveler Jogja
      Honeymoon adalah saat-saat yang paling diimpikan oleh pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan. Setelah terjun memasuki tahapan rumah tangga durasi waktu intensif bagi pasangan kadang semakin berkurang. Urusan pekerjaan, & seabrek problem yang hadir di dalamnya seakan-akan lumayan menyita waktu & mengurangi moment-moment penuh romantis bersama pasangan baru.

      Nah, sebelum masalah itu semuanya terjadi, kayaknya acara bulan madu menjadi solusi yang tepat untuk merasai kebersamaan empat mata bersama belahan jiwa. Melakukan bepergian ke destinasi wisata spesial dengan belahan jiwa akan menjadi sebuah kenangan terbaik.

      Agar jadwal bulan madu kamu terasa lebih berkesan kamu pun bisa mengagendakan ke tempat wisata yang romantis. Nggak usah jauh-jauh sampai ke negeri seberang, karena di Indonesia mempunyai beragam tujuan wisata khusus agenda bulan madu kamu agar makin berkesan.

      Di bawah ini beberapa lokasi liburan untuk honeymoon di tanah air. So, selain menumbuhkan rasa cinta pada sejoli juga bakal menyuburkan rasa patirotisme pada tanah tumpah darah tercinta Negeri Indonesia.

      Raja Ampat, Mutiara Surga Tersembunyi di Ujung Merauke


      Belum ada yang menyoal keindahan Pantai Raja Apat. Ya, tujuan liburan ini telah diakui oleh publik sebab pesona alamnya yang cukup memanjakan mata. Deretan kepulauan utama Bantat, pulau Misool, Salawati, & Waigeo bersama bagian pulau-pulau anak di sekelilingnya membuat Pantai Raja Ampat bak sorga dunia.

      Kamu dapat menghabiskan waktu bersama pasangan baru sembari memandang keindahan sepanjang pantai dengan ombak pantai yang jernih dan kerikil pantai putih. Atau dapat melihat kecantikan alam dasar laut menggunakan diving atau snorkelin. Memadu kasih di tempat ini bakal jadi hadiah menarik bersama kekasish yang tak akan pernah kamu lalaikan.

      Ubud Pulau Bali, Kunjungi dan Rasakan Suasana Magis Nan Eksotis


      Pulau Bali tetap konsisten menjadi magnet bagi para pengunjung dengan kecantikan deretan alam dan pantai pesisirnya. Tidak heran jika sebagian besar pasangan pengantin muda yang memilih wilayah ini untuk menghabiskan waktu barengan. Ubud Bali, yups daerah ini memang menjadi kesukaan guna menghabiskan waktu plesiran bersama pasangan tercinta.

      Bentangan sawah yang hijau disertai hutan yang tetap natural dengan kesunyian ala pedalaman desa membuat daya tarik paling utama Ubud Bali. Di Ubub terdapat berbagai rumah makan di hotel sederhana ataupun resort yang bisa menjadi pilihan yang sesuai untuk kamu & kekasih mengadakan makan malam yang romantis.

      Selain keindahan wisata alam, di Ubub Bali pun terdapat pasar bernama Sukawati yang menjual berbagai budaya ala rakyat Bali. Kamu pun bisa belanja berdua bersama kekasih guna membeli aneka aksesoris untuk hadiah. Selain itu kamu juga dapat melihat pentas akbar tari legong atau tari budaya kecak api yang biasa ditampilkan di daerah puri Agung Sareng.

      Kota Jogja, Setiap Pojoknya Senantiasa Eksotis Untuk Dinikmati Bersama Kekasih Hati


      Ngomong-ngomong tentang Jogja memang tak ada puasnya. Setap ujung dari kota bersejarah ini memiliki keindahan tersendiri. Jogjakarta menyajikan destinasi tempat wisata yang sangat komplit. Bila kamu mau menikmati keakraban eksotis di pesisir pantai, kamu dapat ke Daerah Gunkid. Di tempat tersebut bermacam-macam pantai dengan pasir kerakal dan sajian tenggelamnya matahari yang menawan.

      Mau merasakan romantisme tempo dahulu?? Kamu dapat ajak pasangan kamu jalan menuju ke Wisata Keraton Jogja. Kamu akan merasakan sensasi jadi raja dan permaisuri yang lagi jalan berdua untuk menikmati suasana kerajaan.

      Ingin makin romantis lagi? Jangan lewatkan pemandangan malam di Kota Jogjakarta. Kamu bisa menikmati pengamen jalanan di sepanjang jalan raya Malioboro, atau ngumpul di tempat angkringan bebarengan menikmati panasnya kopi.

      Nah supaya plesiran di kota Jogjakarta makin berkesan kamu dapat mamanfaatkan servis tour and travel Yogya yang melayani berbagai paket plesiran di kota Jogja.

      Intinya Kota Yogyakarta memang sungguh-sungguh menarik, kota yang penuh akan bermacam-macam cerita dan kenangan indah bagi siapa saja yang mengunjunginya.

      Umbul Sidomukti, Menyuguhkan Kecantikan Wisata Alam Di Semarang


      Jawa Tengah juga mempunyai alternatif wisata yang tidak kalah dengan daerah lainnya. Satu di antaranya destinasi pariwisata kesukaan yang paling banyak dikunjungi yaitu Kolam Umbul Sidomukti. Tempat wisata yang bertempat di wilayah Semarang ini menjadi satu-satunya tempat wisata alam yang menawarkan keindahan pemandangan alam di pegunungan.
       
      Di daerah pariwisata tersebut terdapat kolam air dengan empat tingkat dengan kedalaman yang berbeda-beda. Bayangkan andai kamu bersama pasangan berada di dalam kolam renang di sisi atas bukit dengan pamandangan cantik di wilayahnya. Romatis banget kan?
       
      Di samping kolam renang umum juga ada fasilitas outbond yang bisa kamu lakukan bareng pasangan. Memacu adreanlin bareng dengan kekasih hati tentunya akan menjadikan kamu selalu kepingin saling menjaga dan mensupport satu sama lain.
       
      Di Kolam Umbul juga menyediakan rumah penginapan atau resort yang bisa kamu pakai untuk tinggal bareng kekasih hati. Jika menginginkan suasana baru yang sedikit berbeda kamu bisa menyewa tenda & memanfaatkan fasilitas outbond. Sudah terbayang kan? Alangkah menyenangkan & romantisnya berbulan madu di destinasi wisata ini?

      Danau Toba, Paparan Air Yang Nyaman Dipandang Bareng Kekasih Tercinta


      Siapa yang belum mengerti danau terbesar Danau Toba? Danau indah yang membentang cantik di daerah Sumatera Utara ini merupakan satu-satunya destinasi honeymoon bagi sebagian banyak pasangan yang baru menikah. Pesona daerah alam di Danau Toba Sumatera akan memanjakan dua mata setiap pasangan kekasih yang datang.

      Luasnya bentangan laut biru yang damai selaras dengan pohon-pohon yang hijau di sekitarnya memberikan nuansa alam yang cukup mempesona. Di tempat ini kamu dapat menyewa perahu guna mengarungi Danau Toba barengan pasangan tersayang.

      Tak hanya itu kamu pun dapat mendatangi pulau indah Samosir yang tepatnya berada di antara danau. Di wilayah tersebut kamu dapat melihat aneka budaya khas Masyarakat Batak yang senantiasa lestari. Di seputaran danau juga banyak rumah penginapan yang dapat kamu jadikan sebagai tinggal bermalam bersama kekasih hati.

      Nanggu, Lombok. Honeymoon Seakan Di PantaiPutih Milik Sendiri


      Andai berbicara terkait destinasi wisata, Indonesia sungguh tiada duanya. Hampir saben pulau yang terdapat di negeri Indonesia memiliki lokasi wisata favorit, di antaranya Pulau Lombok tepatnuya di Nusa Tenggara Barat (Provinsi NTB). Di Lombok ada beberapa pulau kecil yang menjadi alternatif daerah wisata.

      Tentu kamu pernah memahami nama Gili Trawangan dan Gili Meno kan? Ya, kedua daerah tersebut memang telah terkenal sebagai tempat wisata mutu internasional. Tapi ada satu daerah lagi di Lombok yang masih minim dijumpai para pelancong yaitu wisata Gili Nanggu.

      Di Wisata Gili Nanggu kamu akan dihidangkan pemandangan pantai putih\pantai jernih yang sangat mempesona dengan hamparan pasir kerakal putih & air ombak lautnya yang jernih. Iklim lautnya yang hening dan masih kecilnya para wisatawan yang berkunjung alhasil sangat sesuai untuk dijadikan tempat bulan madu.

      Kamu bisa menghayati keindahan hayati Gili Naggu sesuka-sukanya. Tempat ini masih cukup hening sehingga seakan-akan kamu berada di private beach.
    • By Nanda Hartoph Rio

      Haloo Freak
      Mumpung ada waktu senggang gue mau kasih info buat traveler yang berkunjung di raja ampat bagian utara. karna kemarin kita uda bahas ya tentang raja ampat bagian selatan. nih dia tempat yang bisa lo kunjungi kalo dah di kota waisai tapi ga semua yaaa,Cekidooooot.!
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
      Masih banyak yang pengen gue share tempat tapi waktu senggang dah abis neeh.

    • By Nanda Hartoph Rio
      Nah ni lanjutannya dari pembahasan tentang pulau di bagian misool yang unik unik
      Masyarakat misool mayoritas beragama Muslim dan pulau misool sendiri berdekatan dengan pulau seram maluku.

      Welcome to Misool

      ini adalah salam pembuka dari kep. misool yang berada di raja ampat selatan dan ini adalah pintu memasuki Hidden paradise
       
       
       
       
       
       

       
       
       
       
       
    • By Nanda Hartoph Rio
      Raja Ampat tak asing lagi ditelinga para traveler, yang menjadi destinasi impian para traveler.  Memang untuk menuju kesini begitu mahal mau backpacker ataupun tidak tetap harus mengeluarkan budget hingga jutaan. tetapi disini ane pengen mengenalkan tempat tempat yang bisa anda kunjungi.
       
      Salam Pembuka

      Puncak Harfat - Misool ( Raja ampat selatan )
       
      Misool itu termasuk raja ampat ya...
      belakangan ini sedang gempar - gemparnya yang kesana hingga banyak yang bingung akses menuju kesana. kalau kapal menuju ke misool 2x dalam seminggu dan bisa berubah waktu berangkat dalam beberapa bulan. tetapi ingat bahwa disana masih perkampungan dan akses untuk kedestinasi di atas anda harus menyewa boat pada masyarakat sekitar. Tapi klu ane siih ada boat sendiri jadi ane dah keliling hampir keseluruhan sih..
       

      Piaynemo
      Jika anda ingin ke tempat ini anda kudu ke waisai dulu agar gak mahal" amat. Tempat penyewaan boat berada dekat pelabuhan waisai, anda bisa langsung nego harga disitu. harga bervariasi tergantung jenis boatnya, untuk semi speedboat harga kisaran 5,5 juta hingga 6 juta. anda juga harus pintar karna kebanyakan wisatawan kecewa karna kru speedboat kadang gak mengikuti maunya kita dan juga mereka pengen buru balik padahal yang menyewa yang menentukan kapan harus pergi kan.. be a smart 

      Wayag
      Begitupun dengan wayag anda juga harus melalui waisai, Awal mula promosi raja ampat adalah tempat ini yang menjadi ikon pemerintah raja ampat. Untuk menuju kesana anda harus diwajibkan membeli Pin Raja Ampat ( Klu menurut ane sih pin ini hanya permainan pemerintah "entar deh ane bahas") dan melewati pos penjagaan dengan membayar reteibusi masuk dan juga harus memakai jasa guide local. eeeh menurut ane sih rugi klu mau kesini, itu buat ane pribadi yaa.
      Nah disini ane mau cerita tentang awal mula Pin... yang sekarang harganya untuk wisatawan Local Rp. 500.000 dan wisatawan luar Rp. 1.000.000 tuh biaya banyak banget ya buat ke raja ampat. Menurut ane Pin Raja Ampat digunakan untuk melihat jumlah Tourist yang berkunjung ke raja ampat tetapi dipermainkan berbagai pihak, yah itulah manusia..
      Coba deh ente klu berunjung ke raja ampat trus ke dinas pariwisata dan ente tanya berapa jumlah wisatawan ke raja ampat. Pasti mereka akan memberikan perkiraan data wisatawan karna data yang tidak valid.
       
       
      Ane lanjutin nih.
      Jadi yang ane perkenalkan sekarang pulau-pulau yang berada di Misool, Misool dulunya bernama pulau BATANME. Orang raja ampat sendiri belum tentu sudah mengelilingi semua pulau di raja ampat. Menurut pengamatan ane sih ada beberapa orang yang udah mengelilingi hampir semua pulau di raja ampat. Nah itu dia yang membuat ane termotivasi mengelilingi semua pulau raja ampat, uda 7 tahun ane memulai perjalanan menjelajah.
      Sama halnya seperti orang pada umumnya ane kudu ngumpulin duit dulu baru memulai menjelajah, klu beruntung kadang teman yang tinggal di pulau tersebut ngajak ane untuk bermain ke rumahnya di pulau. Yang perlu anda ingat klu ada yang ngajak begini anda kudu mau hidup susah, karna semua serba manual. seperti mau mandi harus nimba air di sumur dulu, toiletnya yang seadanya (paham kan toilet kampung), makan musti seadanya, dan sebagainya.
      Jadi 2 tahun belakangan ini ane fokus mengelola trip organizer yang merangkap menjadi pemandunya sekalian. hehehe sekalian ane ngumpulin duit buat ke tempat lain dan untuk perut ane.
      Nah kita lanjut ke pembahasan awal.
       
       
       
       

       
       
       
       
       
       
       
      Gak ada habisnya klu ane bahas raja ampat ....! tunggu aja foto terbaru ane selepas trip di lebaran haji nanti yaa.
       
       
       
       
       
    • By citrariana

      Danau ini diakui keindahannya oleh 157 negara saat Konferensi Danau Se-Dunia pada 30 November 2007. Berlokasi di Kabupaten Paniai, Papua. Danau Paniai memiliki pemandangan yang sangat indah. Anda tidak akan kecewa bila mengunjungi tempat ini karena tempat ini masih alami dan terjaga kelestariannya.
      Danau dengan luas 14.500 hektare dan berada di ketinggian 7.500 meter di atas permukaan laut itu memiliki hawa sejuk dan dikelilingi oleh bebatuan dan pasir di tepiannya. Terdapat beberapa tebing tinggi di sekitaran danau yang membuat danau ini terlihat semakin eksotis.Danau ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Anda dapat menikmati birunya air danau dan suasana sekitar yang asri. Anda dapat menemukan beragam jenis ikan air tawar di danau ini. Sebut saja Ikan Mas, Ikan Nila, Belut, dan Ikan Pelangi yang merupakan biota khas Danau Paniai yang memiliki nilai jual tinggi.

      Setelah puas menikmati indahnya Danau Paniai dari pinggiran, Anda dapat menyewa perahu untuk mengantarkan Anda mengelilingi danau. Bagi Anda yang hobi memancing, Anda diperbolehkan memancing di tempat ini. Bila beruntung, Anda dapat menangkap Udang Selingkuh yaitu udang endemik Papua yang mulai langka.

      Jangan lewatkan melihat matahari terbenam dari tempat ini, karena Anda akan melihat pemandangan yang luar biasa indahnya. Anda dapat melihat indahnya siluet kapal nelayan yang muali menepi dan formasi burung yang terbang di udara.
      Tidak jauh dari Danau Paniai, Anda dapat berkunjung ke Danau Tigi tang berada di Kecamatan Tigi dan Danau Tage di Kecamatan Paniai Timur.
      Akomodasi :
      Anda dapat naik pesawat menuju Bandara Timika kemudian naik pesawat perintis menuju Bandar Udara Enarotali. Dari Kota Enarotali, Anda dapat naik bus  menuju Danau Paniai. Bila Anda berniat untuk bermalam, terdapat beberapa rumah penduduk yang dapat Anda sewa atau Anda dapat mendirikan tenda di sekitar danau. Selai itu juga terdapat beberapa warung makan.