Sign in to follow this  
rhiennee

Melongok wisata agro di Kalimantan Selatan

4 posts in this topic

Provinsi Kalimantan selatan adalah salah satu provinsi yang berada di pulau kalimantan dan beribukota di Banjarmasin. Disana juga terdapat banyak tempat wisata yang sangat potensial dari mulai wisata alam hingga wisata agro. Berikut ini adalah beberapa wisata agro yang ada di Kalimantan Selatan.

 

1. Agrowisata Desa Bincau

 

post-11-0-18003700-1361552679_thumb.jpg

 

Tempat Wisata Agro ini terletak di desa bincau Kec. Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan, Indonesia. Agrowisata ini sangat terkenal di desa Bincau dan juga merupakan andalan dari Kabupaten Banjar , Kalimantan selatan. Tempat wisata ini mengusung tema yaitu makan dan minum di lokasi pembudidayaan ikan di Agrowisata Desa Bincau. Selain itu disana juga terdapat berbagai taman seperti taman Bunga Melati dan Bunga Kenanga. Di desa Bincau juga terdapat beberapa rumah makan yang  berada di lokasi tambak atau kolam ikan pembudidayaan yang menyajikan berbagai menu makanan ikan dengan kelezatan yang sangat memikat.

Disini para wisatawan bebas memelih ikanya sendiri dengan secara langsung dapat mengambil ikannya langsung dari tambak dan bisa langsung memasaknya di lokasi tersebut untuk di makan bersama–sama. Disana anda juga bisa sambil menikmati pemandangan taman bunga dengan aroma wangi yang di hasilkan dari bunga melati dan bunga kenanga dan juga akan ditemani ikan yang beraneka ragam jenisnya di kolam di dekat pondokan tempat anda makan. Di lokasi Agrowisata Desa Bincau Kalimantan Selatan ini juga terdapat fasilitas-fasilitas obyek wisata seperti tempat bermain untuk anak-anak, perahu karet Angsa, Perahu Karet Naga,sampan- sampan kecil serta terdapat juga kolam renang serta waterboom.

 

2. Meek Farm

Pada saat musim durian tiba. Banyak para pedagang yang menggelar dagangannya di pinggir jalan. Itulah keadaan yang anda dapat temukan apabila berekreasi di Meek Farm Agrowisata Kebun Durian Banjarbaru. Tetapi banyak kebun durian yang berada di pelosok. Akses untuk menuju kesana pun sangat sulit. Dengan latar belakang itu pada tahun 1998 bapak Willy memulai suatu langkah untuk mewujudkan cita-citanya memiliki kebun durian. Dengan modal pekarangan yang cukup luas di Kelurahan Guntung Manggis, Banjarbaru, Kalimantan Selatan keinginan itu mulai diretas olehnya. Dengan sedikit demi sedikit ia mendatangkan bibit durian dari Mojokerto. Yang kemudian ia tanam di lahan seluas 10 hektar, sampai akhirnya terdapat sebanyak 600 batang pohon durian berdiri di lahannya

Setelah sepuluh tahun berlalu, bapak Willy mulai menuai hasilnya. Di lahannya terdapat 24 varietas durian yang sudah mulai berbuah. Kebun Willy pun menjadi terkenal. Dan kemudian oleh bapak Willy kebun ini dijadikan sebagai tempat agrowisata yang kemudian diberi nama Meek Farm. Yang kemudian baru diresmikan pada tanggal 11 Nopember 2008 dan Agro Wisata ini diresmikan oleh bapak Rudy Resnawan selaku walikota Banjarbaru.

 

3. Agropolitan Terantang

 

post-11-0-00013200-1361552689_thumb.jpg


wisata agro ini sangat memiliki potensi dengan arah pembangunan Kabupaten Barito Kuala Batola. Ini semua tak lepas dari pengembangan sektor pertanian disana dan juga tidak mengesampingkan sektor pendukung lainnya seperti pendidikan, kesehatan, perkebunan,   kehutanan, peternakan dan juga beberapa sektor lainnya.
Disana memang tidak memiliki kekayaan yang berupa pertambangan. Karena Kekuatan perekonomian dari penduduknya sendiri justru bertumpu pada hasil pertaniannya.
Kawasan agropolitan ini dipusatkan di daerah pengairan Terantang dan Belawang, dan kemudian diikuti pengembangan beberapa sentra produksi lainnya. Contohnya sendiri seperti
Kawasan sentra produksi jeruk dan holtikultura yang berbasis dari tanaman padi dan  dipusatkan di Kecamatan Belawang, Barambai, Jejangkit, Mandastana, Cerbon dan Marabahan. Untuk kawasan pengembangan sapi potong dan kambing yang berbasis padi dan palawija, ditempatkan di kawasan Kecamatan Wanaraya dan Barambai. Dan juga ditetapkan menjadi kawasan sentra kelapa rakyat di Kecamatan Tamban, kecamatan Mekarsari dan kecamatan Alalak.
selanjutnya adalah sentra perikanan dan kelautan di Kecamatan Tabunganen.
disektor ini pula kabupaten Batola berhasil membudidayakan udang galah yang menjadi komoditas unggulan.

 

4. Agro Sungai Kambat

 

post-11-0-49645600-1361552696_thumb.jpg


Pemerintah dari kabupaten Batola juga menjadikan Wisata Agro Sungai ini di Desa Sungai Kambat, Kecamatan Cerbon yang kemudian dijadikan pusat wisata agro di provinsi kalimantan Selatan. Hal ini dikarenakan di Sungai Kambat terdapat Balai Kasa yang juga merupakan jenis dari tanaman hortikultura. sarana dan prasarana disana pun dibangun dengan cepat, hal ini diharapkan banyak turis mancanegara dan turis lokal yang mau datang mengunjungi Wisata Agro Sungai Kambat. Pemerintah daerah juga berjanji akan membantu pemasaran hasil bibit dan buah-buahan yang ada.

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, banyak banget jenis wisata agronya, bahkan berada di berbagai daerah ya...

tapi agak bingung juga ya, yang sudah berjalan atau yang masih rencana yang mana?

 

kalo ngga salah emang kalimantan terkenal dengan produksi durian dan jeruknya...salah mending pilih yang no. 2 aja deh :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this