honeybee

Tarif Kereta Jakarta - Yogyakarta Malam?

41 posts in this topic

Berhubung baru pertama kali mo ke jogja (iya serius baru pertama kali :D), jadi masih minim nih tau soal transportasi dan lain-lain :D

Mo nanya, kereta jakarta-jogja kalo malem adanya jam berapa aja ya? Trus kalo yang malem, ada yang ekonomi?

Maklum, jalan-jalan ala backpacker, pingin yang semurah mungkin :D

Rencana sih dari Jakartanya mau malem, cuma kalo dari temen-temen di sini, kira-kira dari Jakarta lebih enakan siang atau malem ya berangkatnya (via kereta nih ya)

Yang punya info, bagi-bagi yaaaa

Thanks

:)

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo kereta ekonomi enakan malem mas biar gk kepanasan..ada kok dr gambir ke stasion Jogja

JAKARTA-YOGYAKARTA

1. KA Taksaka (eksekutif, 2x sehari pagi & malam)

2. KA Fajar Utama Yogya (bisnis, pagi)

3. KA Senja Utama Yogya (bisnis, malam)

4. KA Gajah Wong (ekonomi AC, dari Jakarta pagi, dari Lempuyangan malam)

5. KA Bogowonto (ekonomi AC, dari Jakarta malam, dari Yogyakarta pagi)

Eksekutif : 240-310 ribu

Bisnis : 125-175 ribu

Ekonomi AC : 125-155 ribu

albertorazzi, honeybee and fallout like this

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo kereta ekonomi enakan malem mas biar gk kepanasan..ada kok dr gambir ke stasion Jogja

JAKARTA-YOGYAKARTA

1. KA Taksaka (eksekutif, 2x sehari pagi & malam)

2. KA Fajar Utama Yogya (bisnis, pagi)

3. KA Senja Utama Yogya (bisnis, malam)

4. KA Gajah Wong (ekonomi AC, dari Jakarta pagi, dari Lempuyangan malam)

5. KA Bogowonto (ekonomi AC, dari Jakarta malam, dari Yogyakarta pagi)

Eksekutif : 240-310 ribu

Bisnis : 125-175 ribu

Ekonomi AC : 125-155 ribu

mantap, nice info mas deffa..........

buat honeybee, itu udah lengkap dari yang diatas. ntar kalo dJogja butuh kendaraan bermotor hub.i saya aja........ Promosi :D

honeybee likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo kereta ekonomi enakan malem mas biar gk kepanasan..ada kok dr gambir ke stasion Jogja

JAKARTA-YOGYAKARTA

1. KA Taksaka (eksekutif, 2x sehari pagi & malam)

2. KA Fajar Utama Yogya (bisnis, pagi)

3. KA Senja Utama Yogya (bisnis, malam)

4. KA Gajah Wong (ekonomi AC, dari Jakarta pagi, dari Lempuyangan malam)

5. KA Bogowonto (ekonomi AC, dari Jakarta malam, dari Yogyakarta pagi)

Eksekutif : 240-310 ribu

Bisnis : 125-175 ribu

Ekonomi AC : 125-155 ribu

Wah wah thanks nih info-nya :). Lengkap. Hoho

Share this post


Link to post
Share on other sites

mantap, nice info mas deffa..........

buat honeybee, itu udah lengkap dari yang diatas. ntar kalo dJogja butuh kendaraan bermotor hub.i saya aja........ Promosi :D

@albertorazi wah wah di jogja nya dmna mas saya sering manggung d jogja soalnya hehe

Wah wah thanks nih info-nya :). Lengkap. Hoho

@honeybee sama2 hati2 di jalan ya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

jadwal kereta untuk jam yg lebih tepat bisa tlp ke website kereta api Indonesia :D

ohya saya tambah beberapa info tempat yg recomended ya..

- raminten (restoran ala jogja)

- alun2 selatan

- malioboro pastinya

- cabaret show (konser banci tapi oke bangett :lol: )

dll

albertorazzi likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

@albertorazi wah wah di jogja nya dmna mas saya sering manggung d jogja soalnya hehe

saya di daerah condong catur mas :D

wahhh, asik donk sering kJogja ternyata.... kapan mw kJogja lagi ni??

kalo butuh t4 tinggal utk bbrp hr dirumahku aja gpp.. :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya di daerah condong catur mas :D

wahhh, asik donk sering kJogja ternyata.... kapan mw kJogja lagi ni??

kalo butuh t4 tinggal utk bbrp hr dirumahku aja gpp.. :D

klo saya biasanya di godean atw di daerah2 dket malioboro mas hehe siap tr klo ada jadwal lg k jogja tak kontek2 lah :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo kereta ekonomi enakan malem mas biar gk kepanasan..ada kok dr gambir ke stasion Jogja

JAKARTA-YOGYAKARTA

1. KA Taksaka (eksekutif, 2x sehari pagi & malam)

2. KA Fajar Utama Yogya (bisnis, pagi)

3. KA Senja Utama Yogya (bisnis, malam)

4. KA Gajah Wong (ekonomi AC, dari Jakarta pagi, dari Lempuyangan malam)

5. KA Bogowonto (ekonomi AC, dari Jakarta malam, dari Yogyakarta pagi)

Eksekutif : 240-310 ribu

Bisnis : 125-175 ribu

Ekonomi AC : 125-155 ribu

wihh lengkep... tapi katanya sekarang kereta ekonomi ke sana udah nggak ada ya?? info dong...

ane waktu itu malem, brangkat dari tanah abang jam set 8, ekonomi sekitar 35 - 50rb lupa. nyampe Jogja jam set 6 pagi.. ;;)

mantap, nice info mas deffa..........

buat honeybee, itu udah lengkap dari yang diatas. ntar kalo dJogja butuh kendaraan bermotor hub.i saya aja........ Promosi :D

wah, promosi nih, satu harinya berapa bos? Mio atau bebek biasa? ane waktu itu dapet gtw mahal gtw emang segitu ya...

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo kereta ekonomi enakan malem mas biar gk kepanasan..ada kok dr gambir ke stasion Jogja

JAKARTA-YOGYAKARTA

1. KA Taksaka (eksekutif, 2x sehari pagi & malam)

2. KA Fajar Utama Yogya (bisnis, pagi)

3. KA Senja Utama Yogya (bisnis, malam)

4. KA Gajah Wong (ekonomi AC, dari Jakarta pagi, dari Lempuyangan malam)

5. KA Bogowonto (ekonomi AC, dari Jakarta malam, dari Yogyakarta pagi)

Eksekutif : 240-310 ribu

Bisnis : 125-175 ribu

Ekonomi AC : 125-155 ribu

info yang bagus dan lengkap nih. saya ada rencana mo ke jogja bentar lagi n pengen naik kereta ke sana.

Share this post


Link to post
Share on other sites

info yang bagus dan lengkap nih. saya ada rencana mo ke jogja bentar lagi n pengen naik kereta ke sana.

bole bole ati2 dijalan n jgan lupa sharing2 pengalaman jalan2nya ya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

bisa sekalian info jamnya ga? terus sama JKT-Yogya berapa jam yah?

Sekalian bedanya Bisnis, Ekonomi AC sama Eksekutif apa?

Sorry pertanyaan basic, tapi emang ga tau ha2

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah mas deffa lengkap bin cukup informasinya.

karna saya pernah kehilangan duit di kereta, buat TS yang mau jalan naik kereta ekonomi, usahakan jangan pake duit gede. pecah aja kecil kecil jadi kalo ilang gak segambreng gitu (pengalaman). trus jangan bolak balik buka dompet. gak lucu pas balik di jakarta kena razia di gambir (pengalaman lagi)

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, promosi nih, satu harinya berapa bos? Mio atau bebek biasa? ane waktu itu dapet gtw mahal gtw emang segitu ya...

bolehhh donkkkk... kan salah satu kegunaan forum ini, selain menemukan teman baru juga bisa tau info daerah tujuan dan kalo butuh apa2 kan lgs bisa kontak2. hihihihihihihii...... :

ada semua bro. dari Metik. bebek sampe moge ky Tiger gt :D

sehari antara 40-60rb pasarannya dJogja :)

bisa sekalian info jamnya ga? terus sama JKT-Yogya berapa jam yah?

Sekalian bedanya Bisnis, Ekonomi AC sama Eksekutif apa?

Sorry pertanyaan basic, tapi emang ga tau ha2

biasayanya waktunya paling 7-8 jam bro....

kalo eksekutif : AC TV terus tempat duduk nyaman dan bernomer dari kita beli tiket........

Bisnis : sama ky eksekutif tapi tanpa AC n TV, pake kipas angin

eko AC : saya belum tau sihhh, tapi mungkin ya dia ac tapi tempat duduk kurang nyaman dan cepet2an dapat mungkin yaaaa :D

semoga info yg saya kasi bener :D

yayayayaya.. yg ke Jogja saya tunggu :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah mas deffa lengkap bin cukup informasinya.

karna saya pernah kehilangan duit di kereta, buat TS yang mau jalan naik kereta ekonomi, usahakan jangan pake duit gede. pecah aja kecil kecil jadi kalo ilang gak segambreng gitu (pengalaman). trus jangan bolak balik buka dompet. gak lucu pas balik di jakarta kena razia di gambir (pengalaman lagi)

hahaha pengalaman mas seru juga ya wajib dicermati :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

jadwal kereta untuk jam yg lebih tepat bisa tlp ke website kereta api Indonesia :D

ohya saya tambah beberapa info tempat yg recomended ya..

- raminten (restoran ala jogja)

- alun2 selatan

- malioboro pastinya

- cabaret show (konser banci tapi oke bangett :lol: )

dll

Ok ok, makasih info tempatnya :)

wihh lengkep... tapi katanya sekarang kereta ekonomi ke sana udah nggak ada ya?? info dong...

ane waktu itu malem, brangkat dari tanah abang jam set 8, ekonomi sekitar 35 - 50rb lupa. nyampe Jogja jam set 6 pagi.. ; ;)

Kalo masih ada sih mau.. tapi kondisi yang ekonomi biasa gitu padet gak ya kalo malem?

karna saya pernah kehilangan duit di kereta, buat TS yang mau jalan naik kereta ekonomi, usahakan jangan pake duit gede. pecah aja kecil kecil jadi kalo ilang gak segambreng gitu (pengalaman). trus jangan bolak balik buka dompet. gak lucu pas balik di jakarta kena razia di gambir (pengalaman lagi)

sip sip, tingkiu diingetin nih :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

ekonomi AC ada kereta Gajahwong yang jam 19.30 (125rb) relasi Yogyakarta - Pasar Senen ada juga kereta Progo yang jam 16.50 (90rb) relasi stasiun Lempuyangan - Tanah Abang. kalau ekonomi yang biasa masih ada kok Gaya Baru Malam Selatan dari Pasar Senen, Progo dan Bengawan dari Tanah Abang, harganya kurang dari 50 ribu.

sekarang kereta ekonomi (baik yang AC maupun tidak) sudah gak ada tiket berdiri jadi jangan khawatir desek2an atau ada yang duduk di bawah-bawah gitu. tiket bisa pesan di stasiun atau go show, asal gak wiken biasanya masih ada kok :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

ekonomi AC ada kereta Gajahwong yang jam 19.30 (125rb) relasi Yogyakarta - Pasar Senen ada juga kereta Progo yang jam 16.50 (90rb) relasi stasiun Lempuyangan - Tanah Abang. kalau ekonomi yang biasa masih ada kok Gaya Baru Malam Selatan dari Pasar Senen, Progo dan Bengawan dari Tanah Abang, harganya kurang dari 50 ribu.

sekarang kereta ekonomi (baik yang AC maupun tidak) sudah gak ada tiket berdiri jadi jangan khawatir desek2an atau ada yang duduk di bawah-bawah gitu. tiket bisa pesan di stasiun atau go show, asal gak wiken biasanya masih ada kok :)

nice makasih tambahan info nya kk :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

ekonomi AC ada kereta Gajahwong yang jam 19.30 (125rb) relasi Yogyakarta - Pasar Senen ada juga kereta Progo yang jam 16.50 (90rb) relasi stasiun Lempuyangan - Tanah Abang. kalau ekonomi yang biasa masih ada kok Gaya Baru Malam Selatan dari Pasar Senen, Progo dan Bengawan dari Tanah Abang, harganya kurang dari 50 ribu.

sekarang kereta ekonomi (baik yang AC maupun tidak) sudah gak ada tiket berdiri jadi jangan khawatir desek2an atau ada yang duduk di bawah-bawah gitu. tiket bisa pesan di stasiun atau go show, asal gak wiken biasanya masih ada kok :)

Wah-wah.. thanks infonya :D

Yang paling terakhir berita gembira tuh hehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah bagus deh ya kalo kelas ekonomi sekarang gak pake tiket berdiri.. jadi lebih nyaman..

karena harganya selisih dikit m bisnis... tapi fasilitasnya mending eko AC aja ya brati.. gud gud..

semakin murah n enak aja nih kalo mau k jkt :lol:

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo kereta ekonomi enakan malem mas biar gk kepanasan..ada kok dr gambir ke stasion Jogja

JAKARTA-YOGYAKARTA

1. KA Taksaka (eksekutif, 2x sehari pagi & malam)

2. KA Fajar Utama Yogya (bisnis, pagi)

3. KA Senja Utama Yogya (bisnis, malam)

4. KA Gajah Wong (ekonomi AC, dari Jakarta pagi, dari Lempuyangan malam)

5. KA Bogowonto (ekonomi AC, dari Jakarta malam, dari Yogyakarta pagi)

Eksekutif : 240-310 ribu

Bisnis : 125-175 ribu

Ekonomi AC : 125-155 ribu

Lengkap sekali...

sampai ada harga tiketnya juga.

betul-betul sangat membantu nih.

nanti, kalo saya ada rencana ke Yogyakarta, saya akan mencoba memakai kereta juga.

karena sudah mendapatkan info yang berguna dari sini.

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya di daerah condong catur mas http://forum.jalan2.com/public/style_emoticons/#EMO_DIR#/biggrin.png

wahhh, asik donk sering kJogja ternyata.... kapan mw kJogja lagi ni??

kalo butuh t4 tinggal utk bbrp hr dirumahku aja gpp.. http://forum.jalan2.com/public/style_emoticons/#EMO_DIR#/biggrin.png

Bener nih.. gw sehari doang sih. boleh ga brmalam dsitu. :) kena carg berapa ya?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Bener nih.. gw sehari doang sih. boleh ga brmalam dsitu. :) kena carg berapa ya?

 

bener dunkkk.......

rencana kapan yaaaaa bro???

kalo hari ini atau besok g bisa :(

saya gak di jogja soalnya :)

 

kabar2in ajeeee 

Share this post


Link to post
Share on other sites

bener dunkkk.......

rencana kapan yaaaaa bro???

kalo hari ini atau besok g bisa :(

saya gak di jogja soalnya :)

kabar2in ajeeee

tanggal 24 mei bro.. pengen liat 1000 lampion diborobudur tgl 25nya. gw dapet keretanya yg kberangkatan siang. nyampe st.lempuyangan jam 10an. rumah loe jauh ga dr situ?

Boleh mnta CP loe ga? biar gampang komunikasinya. SMS ke sini ya : 085710151609.

thanks ya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now

  • Similar Content

    • Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Kereta dari Sejarah Hingga Tips Berburu Tiket-nya
      By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Kereta tentunya telah menjadi salah satu moda transportasi massal yang sudah seringkali kita dengar dan ketahui. Kereta sendiri merupakan transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang didorong sepanjang jalur kereta api untuk mengangkut kargo atau penumpang.

      Kereta sudah lama menjadi salah satu moda transportasi massal yang digunakan di Indonesia. Pada saat ini, kereta baru beroperasi di daerah Jawa dan Sumatera. Selain itu, transportasi ini juga digunakan oleh masyarakat umum dan dibiayai oleh perusahaan negara.

      Untuk berjalan, kereta membutuhkan rel khusus. Ternyata, ada banyak hal yang dapat kamu ketahui tentang kereta. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam yang harus kamu ketahui tentang kereta dari sejarah hingga tips berburu tiket-nya.

       

       
      Sejarah Kereta

      Kereta berasal dari kata Trahiner dalam bahasa Prancis tua dan Trahere dalam bahasa latin. Dalam perkembangannya, asal mula kata inilah yang selanjutnya membuat kereta memiliki sebutan Train dalam bahasa Inggris.

      Rel kereta terdiri dari dua, tiga atau empat rel dengan sejumlah monorel. Kereta sendiri terdiri dari kombinasi satu atau lebih dari lokomotif dan gerbong kereta yang terpasang.

      Cikal bakal kereta bermula pada abad ke 19. Pada masa tersebut, lokomotif uap untuk pertama kalinya mulai beroperasi. Kemudian, pada tahun 1910-an dan seterusnya, giliran lokomotif diesel dan lokomotif listrik yang beroperasi.

      Sejarah kereta bermula dari penemuan mesin uap oleh James Watt, kemudian semakin berkembang dengan ditemukannya kendaraan roda tiga dengan bahan bakar mesin uap oleh Nicolas Cugnot.

      Kemudian, sejarah kereta semakin berkembang dengan penemuan mesin lokomotif dan kereta oleh Richard Trevithick. Seiring dengan berjalannya waktu, penemuan listrik oleh Michael Faraday kemudian berkembang menjadi cikal bakal kereta listrik. Begitupun dengan penemuan kereta dengan mesin diesel oleh Rudolf Diesel.

      Kemajuan terhadap dunia kereta semakin berkembang dengan beroperasinya kereta super cepat Shinkanzen di Jepang. Pada tahun 1960, kereta Shinkanzen ini mulai beroperasi dengan rute Tokyo menuju Osaka hingga ke seluruh Jepang.

       

       
      Kelebihan Menggunakan Kereta

      Kereta merupakan moda transportasi massal yang dikelola oleh pemerintah. Selain itu, kereta juga merupakan moda transportasi paling ampuh yang digunakan untuk menangani arus mudik dan arus balik.

      Kereta memiliki beberapa kelebihan yang dapat kamu pertimbangkan untuk memanfaatkan kereta menjadi moda transportasi pilihanmu. Kereta memiliki pelayanan yang cepat, serta dapat dipercaya sehingga membuatmu dapat merasa nyaman dalam menggunakan moda transportasi yang satu ini.

      Selain itu, kereta juga dapat mengangkut barang-barang dalam jumlah yang banyak. Hal ini juga dapat menjadi nilai tambah untukmu karena itu berarti kamu dapat membawa barang dalam jumlah yang cukup banyak ketika kamu berminat untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta.

      Kereta juga merupakan jenis transportasi yang cocok untuk pengangkutan penumpang dengan jarak dekat maupun jauh. Kereta menawarkan suasana menggunakan moda transportasi yang murah, nyaman, dan aman.

      Selain itu, kereta juga menawarkan akses yang baik di sepanjang jalur tersebut sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kondisi kereta. Yang paling menyenangkan, kereta juga merupakan salah satu moda transportasi yang bersih sehingga dapat menunjang perjalanan wisatamu.

       

       
      Kekurangan Menggunakan Kereta

      Selain memiliki banyak kelebihan, kereta juga memiliki beberapa kekurangan yang dapat kamu pertimbangkan. Biaya operasional dan pemeliharaan kereta api cenderung tinggi. Selain itu, untuk jarak dekat biasanya biayanya juga cukup tinggi.

      Untuk masalah rute sendiri cenderung tidak fleksibel karena jika kamu ingin memindahkan rute kereta, maka kereta yang kamu gunakan harus memutar arah sehingga jalur kereta ini tidak mudah dialihkan.

      Selain itu, kereta juga biasanya mengganggu jenis transportasi lain misalnya jika harus melintas di atas jalan raya. Jika hal ini terjadi, maka kereta dapat mengganggu kendaraan bermotor di jalan raya.

       

       
      Mengetahui Jenis Kereta yang Ada di Indonesia dari Mesin Penggeraknya

      Indonesia adalah negara yang sudah lama mengembangkan moda transportasi kereta. Dilihat dari segi jenis mesin penggeraknya, maka kereta di Indonesia dibedakan menjadi tiga, yaitu kereta api uap, kereta api diesel dan kereta api listrik.

       

       
      1. Kereta Api Uap


      Kereta Api Uap via

       

       
      Kereta api uap merupakan cikal bakal nama kereta api karena digerakkan dengan menggunakan uap air yang dihasilkan dari air yang dipanaskan dengan menggunakan api. Itulah sebabnya, moda transportasi ini kemudian berkembang dengan nama kereta api.

      Kereta api uap sendiri digerakkan dengan menggunakan tenaga uap air yang dihasilkan dari ketel uap yang dipanaskan dengan kayu bakar atau batu bara atau minyak. Namun, karena kemajuan teknologi, kereta api uap ini sudah tidak lagi digunakan di Indonesia.

      Saat ini, kereta api uap yang beroperasi dapat kamu lihat di Ambarawa, Jawa Tengah dan juga Sumatera Barat. Di sana, kereta api uap ini digunakan sebagai kereta wisata.

       

       
      2. Kereta Api Diesel


      Kereta Api Diesel via

       

       
      Inilah dia salah satu jenis kereta api yang tentunya sudah sering sekali kamu saksikan. Ya, kereta api ini merupakan kereta api diesel.

      Kereta api diesel digerakkan dengan menggunakan mesin diesel dan bahan bakar berupa solar. Kereta api ini banyak digunakan di Indonesia terutama untuk kereta api dengan jarak yang jauh.

       

       
      3. Kereta Api Listrik


      Kereta Api Listrik via

       

       
      Selain kereta api uap dan kereta api diesel, kamu juga dapat mengetahui ada satu jenis kereta api lagi. Ya, kereta api tersebut adalah kereta api listrik.

      Kereta api listrik sendiri digerakkan dengan menggunakan tenaga yang berasal dari motor listrik. Tanda kereta api listrik adalah perangkat tambahan di atas gerbang yang selalu menempel pada jaringan kawat bermuatan listrik di atas sepanjang rel kereta api.

      Kereta api listrik sendiri digunakan untuk melayani perjalanan di daerah Jabodetabek. Kereta api listrik ini terkenal dengan sebutan Commuter Line. Kereta api listrik seringkali digunakan oleh orang-orang yang sering berpergian di sekitar Jabodetabek (commute).

       

       
      Mengetahui Jenis Kereta yang Ada di Indonesia dari Jenis Penggunaan

      Selain dilihat dari segi mesin yang menggerakannya, kereta sendiri juga dapat dibagi berdasarkan jenis penggunaannya. Ada lima kategori kereta di Indonesia yang dibedakan berdasarkan jenis penggunaannya, yaitu kereta penumpang, kereta barang, kereta wisata, kereta railone dan kereta inspeksi.

       

       
      1. Kereta Penumpang


      Kereta Penumpang via

       

       
      Ini dia jenis kereta yang paling sering dan paling mudah untuk ditemui. Ya, kereta ini merupakan kereta penumpang. Sesuai dengan jenis penggunaannya, kereta ini digunakan untuk mengangkut penumpang dari satu tempat menuju tujuan yang lain.

      Kereta penumpang terdiri dari lokomotif, kereta penumpang, kereta makan, kereta pembangkit dan kereta bagasi. Kereta penumpang ini biasanya dibedakan menjadi tiga kelas sesuai dengan fasilitas, yaitu kereta eksekutif, bisnis AC dan ekonomi AC.

      Kereta penumpang juga dapat dibagi berdasarkan jarak tempuhnya. Berdasarkan jarak tempuhnya, kereta penumpang terdiri atas kereta jarak jauh dan kereta lokal atau komuter.

       

       
      2. Kereta Barang


      Kereta Barang via

       

       
      Selain kereta penumpang, kereta di Indonesia juga ada yang berjenis kereta barang. Sesuai dengan namanya, kereta barang seringkali digunakan untuk mengangkut barang.

      Barang-barang yang biasanya diangkut dengan menggunakan kereta barang adalah kargo, semen, pupuk, batu bara, minyak, peti kemas dan lain-lain. Kereta barang sendiri memang biasanya dikhususkan untuk mengangkut barang.
       


       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
    • [INFO] Jadwal KA Lokal Karawang (Tujuan Purwakarta-Cikampek-Jakarta Kota)
      By theobrian
      jadwal per 1 April 2015
      Jadwal KA Lokal dari Stasiun Karawang ke Purwakarta dan Jakarta serta Tarif
      Jadwal KA Lokal dari semua stasiun antara Jakarta-Purwakarta
       
      sumber :
      https://theobrian.wordpress.com/
    • Kereta Komuter Jakarta Saat Ini
      By De Santos
      Hai para Jalan2ers,
       
      Sebagai jalan2er yang sekarang sudah tidak tinggal di Jakarta, saya tadinya hanya mendengar-dengar saja dari media massa bahwa pemerintah melakukan banyak peningkatan dalam bidang transportasi khususnya kereta. Maka pada bulan Juli 2013 kemaren, ketika saya berkesempatan pergi ke Jakarta, saya jalan2 di sana sekalian nyobain naik kereta komuter. Ternyata memang ada beberapa perubahan!
       
      Saya masih ingat dulu ketika saya sering mondar-mandir naik KRL Ekonomi saat masih tinggal di Bekasi, saya harus berdesak-desakkan dengan penumpang lain dan pengamen, pengemis, dan pedagang asongan. Tingkat keamanan pun ala kadarnya. Sudah dua kali saya melihat penjambretan di depan mata kepala saya sendiri. Namun sekarang, kelas ekonomi sudah dihapuskan, semuanya pake AC dan harganya murah karena disubsidi. Pengamen, pengemis, dan pedagang asongan sudah tidak terlihat lagi berkeliaran di atas kereta. Tiket yang digunakan juga tiket elektronik loh! Sesuatu peningkatan.....
       

       
      Tapi ada juga yang belum berubah, yaitu mental masyarakatnya! Masih saling dorong, semua mau duluan. Priority seats seperti tidak berarti. Banyak orang yang masa bodo sama orang-orang yang lebih membutuhkan tempat duduk. Memang butuh lama untuk mengubah yang satu ini....
       

       
      Lalu kelemahan satu lagi yang masih ada yaitu tidak adanya peta rute terintegrasi. Peta yang bisa didownload di situs resmi kurang update dan tidak terintegrasi. Stasiun seperti Gambir, Grogol, dan Tanjung Priuk yang sebenarnya sudah tidak dihinggapi oleh kereta komuter masih tertulis di sana. Oleh karena itu saya bikin sendiri peta yang lebih update dan terintegrasi. Dapat dilihat di bawah ini:
       

       
      Untuk melihat peta di atas dengan ukuran yang lebih besar dan sekalian mengetahui cerita jalan2 saya di Jakarta silahkan kunjungi:
       
      http://www.traveldonk.com/2013/08/extremely-jakarta.html
       

    • Tiket Online: KeretaApi, Pesawat, Hotel dan Event.
      By singgih
      Beli tiket Online lebih mudah dan komplit ada di http://www.tiket.com/?twh=19618923
      Tersedia tiket Pesawat, tiket KeretaApi, Booking Hotel dan Tiket Event.
      Ingin diskon menarik dari hotel Santika dan groupnya diberbagai daerah, coba kunjungi http://quran4beginner.blogspot.com
      Mau bisnis tiket dan pulsa dalam satu deposit, di http://quran4beginner.blogspot.com/p/blog-page_22.html
    • Promo Tiket Kereta Api
      By gembel_ganteng
      Hai-hai para pecinta Jalan-jalan untuk menyambut v-day tahun ini PT KAI akan membuka kembali promo tiket untuk 50 ribu seat dalam tajuk Tanda Cinta KAI. ayo yg mau backpackeran dgn menggunakna kereta api atau yg mau nyoba naek kereta silahkan cek terus website y atau pantengin terus TL y @KAI121 Ayo segera Keburu Kehabisan!!
      #SweetValenTrain50ribuSeat
       
       


    • Keliling Melbourne Gratis!!!!
      By zeekyuryu
      Melbourne merupakan salah satu kota yang besar di Australia. Kota ini memiliki sejuta pesona yang berbeda dari Sydney, kota lain yang juga sangat terkenal di Australia. Melbourne merupakan kota yang tenang dan juga kota yang cukup romantis sebagai tempat tinggal dan juga sebagai lokasi kunjungan wisata. Berkunjung ke Australia, termasuk Melbourne memang memerlukan budget yang tidak sedikit, tapi kota ini adalah kota yang ramah bagi para wisatawan, anda bisa menghemat banyak budget wisata dengan menggunakan transportasi gratis di Kota Melbourne.
       
       
      Anda mungkin pernah mendengar tram atau sejenis kereta listrik tapi ada di tengah-tengah kota. Ya, tram merupakan salah satu transportasi utama di Melbourne selain bus dan juga kereta api. Tram di Melbourne ini memiliki jalur yang sangat panjang dan juga memiliki banyak sekali lokasi pemberhentian. Katanya, jalur tram di Melbourne adalah jalur tram terpanjang di dunia.
       

       
       
      Bentuknya seperti kereta api tapi tidak terlalu panjang. Memiliki jarak yang dekat dengan lintasannya. Menarik, modern, dan tentunya nyaman. Walaupun di dalam tram selalu ramai, tapi tidak terlalu berdesakan seperti di Jakarta tentunya, hehehe. Tram ini berjalan sekitar kurang dari 5 menit sekali kurang lebihnya. Mau ke mana saja, anda bisa menggunakan tram ini.
       
       
      Tapi, ada yang menarik, tram ada 2 jenis, tram biasa dan juga tram untuk wisata. Tram wisata akan berhenti di sejumlah objek wisata saja dan tram jenis tersebut bisa dinaiki dengan gratis. Tram wisata juga memiliki model yang berbeda dari segi tampilan fisiknya. Jika tram biasa modern, tram untuk wisata lebih antik dengan model yang lebih kuno. Tram ini memiliki warna coklat kemerahan dan juga hijau di atasnya. Bukan Cuma tampilan luar, tapi di dalamnya, juga terasa lebih kuno, seperti menjelajahi zaman, bukan?
       

       
       
      Tram wisata yang sering disebut sebagai City Circle Tram ini bisa anda naiki sekitar 10 menit sekali di lokasi-lokasi pemberhentian yang sudah ditetapkan. Jangan khawatir soal rute, karena di banyak tempat seperti pemberhentian tram, di dalam tram, dan lain-lain anda bisa menemukan peta wisata berikut juga dengan rute tram yang dilalui. Beberapa objek wisata yang dilalui adalah Melbourne Aquarium, Immigration Museum, Treasury Garden, dan lain sebagainya. Jika bingung tersedia pusat informasi wisata di kawasan Flinders Street Station yang merupakan kawasan yang biasanya menjadi pusat para turis dan juga dilalui City Circle Tram ini.
       
       
      Selain menaiki tram, anda bisa juga menaiki transportasi lain yang disediakan untuk para turis yaitu bus. Bus juga ada yang khusu untuk para wisatawan dan tentu tetap gratis. Bedanya, kedatangan bus ini setiap 30 menit sekali, berbeda dengan tram yang lebih banyak. Tapi, dengan bus, anda bisa menjelajahi sejumlah objek wisata yang tidak dilalui oleh tram tadi. Beberapa di antaranya seperti Chinatown, Federation Square, University of Melbourne, Queen Victoria Market, dan lain sebagainya.
       
       
      Selain dua armada gratis untuk wisatawan, anda sebenarnya bisa menggunakan transportasi umum di Melbourne dengan mudah. Sistem transportasi di Melbourne menggunakan sistem tiket semua jenis armada yang disebut Metlink. Met Card bisa digunakan untuk tram, bus, maupun kereta api.
       
       
      Metcard dibagi untuk 2 zona, zona 1 dan zona 2. Zona 1 untuk pusat kota dan wilayah sekitarnya. Zona 2 untuk wilayah lain yang jauh dari pusat kota. Untuk pembelian met card ini bisa anda dapatkan di sejumlah loker koran, supermarket, mini market seperti seven eleven (711), dan di berbagai tempat lainnya atau di dalam tram itu sendiri. Cara penggunaanya juga berbeda pada bus dan tram. Pada bus, saat naik dan turun anda harus menempelkan met card hingga berbunyi, tapi untuk tram hanya saat anda naik saja.
       

       
      Mercard ini juga macam-macam jenis dan juga masa berlakunya. Ada met card yang bisa digunakan harian, mingguan, bulanan, bahkan hanya beberapa jam saja. Misalnya, anda bisa membeli met card weekend, artinya, anda bisa menggunakan met card ini di weekend saja dan bisa menentukan berapa kali weekend masa berlakunya. Atau metcard yang khusu hari minggu yang bisa digunakan di hari minggu seharian penuh. Bisa juga metcard yang hanya berlaku setiap 2 jam sekali saja. Met card jenis ini akan hangus setelah 2 jam pemakaian. Untuk lebih jelasnya soal met card anda bisa mengunjungi situs http://www.metlinkmelbourne.com
       
      UPDATE dari mas @melongurlz Update ya  :) Kartu nya udah ganti, sekarang namanya Myki. Bisa di beli di convenience store sperti 7-11 dll. dengan harga $6 (biaya kartu doank ya  )  :)
        untuk lebih lengkapnya silahkan ke TKP : http://ptv.vic.gov.au/tickets/myki/buying-your-myki/
    • [Share+Ask+Answer] Info Transportasi di Bandung Raya
      By hishigimibu
      Dear Rekans,
       
      Suka berkunjung ke wilayah Bandung dan sekitarnya ?
      Barangkali datang ke Bandungnya dengan menggunakan angkutan umum
       
      Disini saya ingin membuka trit share mengenai informasi transportasi umum di Bandung Raya
      (Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat)
       
      Menerima juga pertanyaan dan jawaban seputar transportasi umum di wilayah Bandung Raya