Sign in to follow this  
ameryudha

Mini guide ke Mexico

4 posts in this topic

Mexico adalah sebuah negara dengan jumlah penduduk 109 juta jiwa.  Mexico terdiri dari 31 negara bagian dan satu distrik federal. Lebih dari 50 bahasa dipakai di seluruh daratan Mexico. Sekarang ini, Mexico merupakan negara berkembang yang pelan-pelan menjadi negara maju, World Bank memiliki perkiraan pertumbuhannya yang tercepat ke 12 di dunia.  

 

mexico_rel97.jpg

 

Masyarakat

 Kebanyakan orang Mexico adalah turunan Spanish-Amerika. Jumlah ini meningkat 2/3 kalinya di akhir abad 19, dimana banyak imigran amerika yang pergi ke Mexico untuk tinggal dan meneta. Agama yang banyak dianut adalah Katolik Roma, hampir 90 persen orang Mexico beragama Katolik Roma. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Spanyol, bila anda pergi bertraveling ke Mexico jangan heran bahwa orang disana jarang ada yang berbahasa Inggris.

 

Cuaca di Mexico

Mexico merupakan negara tropis, dimana daratannya sebagian besar tandus dan memiliki curah hujan yang tinggi. Puncak liburana akan terjadi pada Juli dan Agustus, dimana pada saat tersebut cuaca sedang panas,  suhu Mexico pada musim liburan bisa mencapa 36 derajat celcius. Untuk apra traveler, saat musim liburan semua tempat akan penuh, harga anda akan dibedakan dengan harga local, jadi pilihlah resort jauh-jauh hari agar mendapatkan tempat strategis dan harga terbaik.

 

inline.mexico2.jpg

 

Informasi lainnya

Diperkirakan, 70 persen dari GDP Mexico berasal dari industry, dimana Mexico memiliki pabrik-pabrik besar yang memproduksi barang-barang di seluruh dunia. Selain itu , Turisme merupakan penyumbang GDP yang diandalkan oleh Mexico , dimana 20 juta orang datang ke Mexico setiap tahunnya membawa pundi-pundi untuk dibelanjakan

Mexico memiliki mata uang Peso, dimana  $1 sama dengan 13, 55 Peso. Di sana anda akan menemukan  pecahan seperti 20, 50, 1, 2, 4, 10, 20, dan 100 centavo dimana 1 Peso sama dengan 100 Centavo. Bila anda ingin menukar uang anda di Mexico, cara paling baik adalah melalui ATM karena harganya termasuk fair.

 

Jalan-Jalan di Mexico

Ada beberapa temapt yang wajib anda kunjungi di Mexico, diantaranya adalah

-Copper Canyon, disini anda akan menemukan perbukitan 6 kali lebih besar dari Grand Canyon, terdapat di Raramuri. Disini anda akan menemukan keagungan alam yang luar biasa indah.

 

overview-cc-gazapo-feral.jpg

-Palenque, dimana anda bisa menemukan bekas reruntuhan suku maya, berada di tengah hutan belantara di selatan Mexico yaitu di daerah Chiapas.

-Oaxaca, disini anda bisa menemukan bangunan colonial yang telah berubah menjadi reruntuhan, disini juga merupakan pusat kuliner Mexico.

-Playa del Carmen, anda akan berasa Eropa di Mexico, disinilah tempat para middle high berkumpul, anda akan menemukan tempat makan yang bagus, pantai cantik, selain itu anda bisa menemukan akses ke berbagai kota seperti cancun dan Cozumel disini.

 

Untuk anda budget traveler, biaya hidup di Mexico sehari bisa sekitar $75 sampai $125.  Harga kamar standar hotel sekitar $40 sampai $70, harga makanan per kali makan di tempat makan biasa saja sekitar $15 sampai $25. Bagi anda para backpacker, anda bisa mempress budget anda sebesar $60 hingga $80 per hari, sudah termasuk makan dan tempat tinggal  

 

Turis Requirement

Mexico memiliki aturan bahwa :

 

-semua tanaman dan benih tidak diperbolehkan untuk dibawa dari dank e Mexico

- Roko hanya 20 pak per orang untuk masuk dan keluar Mexico

- Wine dan Liquor hanya boleh 3 liter per orang

- Obat-obatan harus disertai resep bila anda mengkonsumsi Psikotropika ( Mexico tergolong ketat

 

soal obat-obatan dari luar, karena mereka memproduksi obat di negara nya sendiri )

Mexico memiliki aturan untuk declare barang- barang yang dibawa, bila anda membawa barang diatas, sebaiknya anda men declare terlebih dahulu. Mereka memilki system deteksi ‘ green and red light’ , bila anda tersinyalir membawa barang tersebut dan atau lampu merah menyala saat anda melewati bea cukai, maka anda akan diminta membayar sejumlah uang untuk bead an cukai.

 

Bila anda ingin mengajukan visa ke Mexico, anda harus mengajukan secara online satu bulan sebelumnya. Seperti negara-negara lainnya. Namun bila anda tinggal di negara Eropa dan ingin berlibur ke Mexico, anda akan mendapatkan free visa dengan menunjukan Visa Schengen yang anda miliki, begitu juga bila anda tinggal di US. Malah bila anda tinggal di US anda bisa mendapatkan Visa on Arrival.


 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By ameryudha
      Liverpool merupakan salah satu kota wisata Di Inggris, jaman dahulu Liverpool terkenal akan kota pelabuhan, sekarang Liverpool menjadi kota ketiga yang paling banyak dikunjungi orang-orang yang berlibur ke Inggris. Selain itu juga, Liverpool terkenal karena klub sepakbola Liverpool FC dan Everton FC yang berasal dari kota ini. Liverpool juga merupakan kota yang menjadi Culture City pada tahun 2008. Maka tidak heran setiap tahun, banyak turis berdatangan ke Liverpool.

       
      Liverpool juga merupakan tanah kelahiran Mersey Beat. Tidak tahu Mersey Beat ? aliran music cikal bakal Brit Pop, dimana pengusungnya adalah The Beatle. Di Liverpool ini, The Beatle bagaikan pahlawan karena rata-rata semua tempat wisata hingga tur berhubungan dengan The Beatle. Maka , bagi anda pecinta The Beatle pasti anda memiliki impian untuk bisa mengunjungi tempat ini.
       
      Visa
      Orang Indonesia yang akan berlibur ke Liverpool memerlukan Visa, anda dapat mengajukan ke kedutaan Inggris di Jakarta. Harganya adalah sekitar Rp. 1 juta per orang untuk 30 hari.
       
       
      Hotel
      Di Liverpool terdapat banyak hotel dan hostel. Selama anda memegang jaringan Youth Hostel Internasional, tentunya anda akan menemukan hostel-hostel dengan harga dibawah Rp. 400rb/ malam. Di Liverpool sendiri, yang banyak direkomendasikan adalah  Hostel Everton, selain itu anda juga bisa datang ke Internasional Inn. Kesemuanya harganya di bawah Rp. 500rb/ malam.
       
       
      Bila anda ingin menginap di hotel yang berbintang, coba buka http://hotels.jalan2.com untuk membandingkan harga hotel.  Karena search engine tersebut mengumpulkan data dari banyak hotel, maka semua promo hotel akan terlihat termasuk, bila satu web hotel sedang ada promo-promo.
       

       
       Transportasi ke Liverpool
      Menuju Liverpool tentu saja bisa anda lakukan dari Jakarta.  Harga tiket Jakarta-London   sekitar Rp. 5-Rp.12jt sekali pergi, dengan waktu penerbangan dari 17 jam hingga 25 jam ( Bila anda stop over di beberapa tempat lama, maka sampai ke Heathrow juga lama), buka Http://skyscanner.co.id untuk keterangan lebih lanjut mengenai waktu penerbangan dan harga penerbangan.  Selain ke London, anda juga bisa terbang dari Jakarta ke Leeds, namun dilihat dari sudut pandang biaya, tampaknya akan lebih mahal. Jadi saran bagi anda, silahkan mendarat langsung di London saja.
      Dari London ke Liverpool bisa ditempuh dengan beberapa cara, dengan kereta, bus, dan juga kendaraan pribadi. Untuk kereta, paling murah adalah bila anda membeli single ticket, buka return tiket. Harga tiketnya sekitar 25PS dengan waktu 2 jam 20 menit. Anda bisa pesan online untuk harga lebih murah.
       
      Bagi yang ingin agak murah , anda bisa pergi memakai bus. Harga yang ditawarkan adalah 39 PS untuk pulang pergi, atau anda bisa membeli tiket promo seharga 6,5 PS. Anda bisa membeli tiket bus secara online untuk Liverpool ini.  Perjalanan menggunakan bus memakan waktu sekitar 5 ½ jam. Bila anda ke Liverpool dari London memakai mobil pribadi, anda akan memerlukan waktu sekitar 4,5 jam. Tapi harga bensin di Inggris lebih dari $1 per liter jadi akan hitung-hitungan saja, lebih murah mana
       
      Kemana Saja di Liverpool ?
       

      Bagi anda yang baru pertama kali ke Liverpool, anda bisa berjalan-jalan menyusuri Liverpool dari gedung St George Hall. Dimana ketika anda keluar dari Liverpool Lime Street Station, anda akan menemukan  gedung berdesain arstektur neo klasik dengan pilar besar yang megah.  Nama lain gedung ini adalah Empire Theatre, dimana berdiri sejak tahun 1925, disini juga banyak acara diselenggarakan antara lain konser music dan opera.  Di gedung yang sama, anda akan menemukan Walker Art Gallery dimana anda bisa melihat koleksi seni seperti rangkaian kerajinan, lukisan, dan patung-patung indah. Anda bisa melihat patung dan lukisan dari  zaman medieval, renaissance, serta lukisan goresan Rembrandt, Rubens, Millais, Rossetti, Turner, Holman Hunt,  dan lain lukisan-seni modern/ kontemporer disni. Semua biaya nya adalah gratis, jadi anda bisa menghemat biaya bukan ?
       
      Museum lain yang layak dikunjungi dan gratis adalah World Museum Liverpool. Merupakan pilihan tepat bagi anda yang datang dengan budget minim karena selain gratis, anda bisa melihat beragam koleksi mengenai sejarah dunia. Disini adna akan menemukan pelajaran menarik mengenai kehidupan manusia, mengenai awal mula terciptanya kehidupan, fosil dan binatang, tanaman, bebatuan, dan juga banyak benda luar angkasa yang dipajang di museum ini.  
    • By Dyla78
      Gulf of California atau teluk California merupakan semenanjung California yang terpanjang dan paling terisolasi di dunia, Daerah, yang mencakup sebagian besar dari Gurun Sonora, terkenal karena keindahan pemandangan yang luar biasa, yaya warna dan tekstur dari tebing yang tinggi, padang pasir dan pantai berpasir.


      Air di bagian utara teluk yang sangat dangkal, tapi teluk selatan bisa mencapai kedalaman 3.048 meter (10.000 kaki). Ini variasi kedalaman membantu menciptakan salah satu zona Belahan Barat yang paling kaya secara biologis, begitu banyak sehingga Jacques Cousteau menyebutnya "akuarium dunia."




      Hampir semua proses darat dan laut utama yang terjadi di lautan dunia dapat diamati di sini, membuat daerah laboratorium yang luar biasa untuk mempelajari dinamika laut dan kehidupan. Proses ini mendukung produktivitas besar teluk dan menakjubkan keanekaragaman hayati laut dan darat. Keragaman ini berasal dari fakta bahwa pulau-pulau yang tidak dapat diakses dan alam jarang terganggu.




      Hampir 40% dari total jenis di dunia mamalia laut dan 33% dari cetacea nya (paus, lumba-lumba, ikan lumba-bentuk terkait) yang ditemukan di sini, bersama dengan 891 spesies ikan dan dekat dengan 5.000 makroinvertebrata rekaman (hewan yang tidak memiliki backbone dan dapat dilihat dengan mata telanjang).



      Teluk porpoise adalah salah satu dari empat dunia mamalia paling langka dan hanya ditemukan di teluk utara. Sebelas spesies paus mengunjungi selama migrasi, termasuk bungkuk, California abu-abu dan paus pembunuh, dan hewan terbesar di dunia, ikan paus biru.



      Gulf of California telah ditetapkan UNESCO menjadi warisan ekologi dunia
    • By ameryudha
      Visa
      Berkunjung ke New Zealand tentu saja membutuhkan visa. Bila anda ingin berlibur, tentu saja anda harus mengajukan visa terlebih dahulu. Ada 2 tipe visa, yaitu visa ‘visitor’ dan ‘working holliday visa’
       
      The Visitors Visa

      visitor visa dibutuhkan hampir semua negara, bila anda memutuskan untuk berkunjung dalam jangka waktu singkat ke New Zealand. Anda bisa mengajukan visa visitor ini, dimana jangka waktunya berlaku kurang lebih 3 bulan.   Untuk Indonesia, anda tidak bisa mengakjukan visa on arrivl, jadi anda harus mengajukannya sebelum anda berlibur kesana.
       
      The Working Holiday Visa
      Bila umur anda diantara 18 hingga 30 tahun, anda dapat mengajukan Working Holliday Visa, dimana visa ini memberikan kesempatan anda untuk bekerja selama berlibur untuk jangka waktu 12 bulan. Jadi , jika anda telah mendapatkan visa ini maka anda bisa mencari tambahan uang untuk liburan anda di New Zealand. Beberapa negara memiliki jangka waktu tidak terbatas, dan untuk Warga Negara Inggriss visa ini berlaku 2 tahun. Cek di website konsulat New Zealand syarat-syarat untuk mengajukan visa ini.  
       

       
      Transportasi di New Zealand
       
      Mana pilihan transportasi paling tepat ?
      Kebanyakan orang yang liburan agak lama di New Zealand memilih mobil sebagai metode transportasi nya. Kemanapun anda pergi, di New Zealand sangat mudah mendapatkan petunjuk jalan, selain itu juga jarak satu tempat ke tempat lain tergolong mudah. Waktu yang diperlukan untuk mengitari New Zealand ini tidak sebanyak ketika anda ingin mengelilingi Australia, dari satu kota ke kota lain tergolong tidak memakan waktu lama.
       Jika anda akan tinggal  hanya sebentar dan ingin menyewa mobil. Dari airport, anda bisa menemukan berbagai perusahaan yang menyewakan mobil, atau bila anda tidak mengambil mobil dari airport, di berbagai tempat terdapat penyewaan mobil. Tanya saja kepada orang di hotel atau orang yang anda kenal di New Zealand dimana penyewaan mobil. 
       
      Jika anda tinggal lebih dari 1 bulan, anda bisa saja membeli mobil. Membeli mobil? Ya, membeli mobil di New Zealand murah dan mudah, kebanyakan para backpacker yang sedikit agak ber uang membeli mobil untuk memudahkan penjelajahan mereka. Sebagai pertimbangan, anda bisa membeli mobil di Wellington dan menjualnya di Christchruch, hal ini banyak dilakukan oleh backpacker. Banyak mobil yang dijual, dan banyak juga orang butuh mobil. Ada backpacker car market pula di sini. Jadi anda bisa membeli dari mobil bekas backpacker lain dan menjualnya ke orang yang butuh mobil saat backpacker.
       
      Selain mobil, kereta juga merupakan salah satu alat transportasi yang efisien. Kelebihan bila anda memakai kereta adalah , anda bisa melihat pemandangan yang tidak bisa anda dapatkan ketika adna memakai mobil.  Kereta tersedia sepanjang Auckland ke Chrischurch, jadi anda jangan khawatir. Sebagai informasi, ada Tranz-scenic yang merupakan salah satu jalur kereta terindah di dunia
       
      Salah satu hal lumrah yang dilakukan orang-orang di New Zealand adalah , menumpang. Ya , menumpang dari satu kendaraan ( bus, truk, atau apa saja yang melintas di jalan) dari satu tempat ke tempat lain. penduduk New Zealand tergolong sedikit, mereka pun ramah terhadap orang local. Jadi anda bisa saja menumpang, namun bukan berarti tidak ada resiko, pertimbangkanlah hal negative yang bisa anda dapatkan di jalan.

      Menjadi Backpacker di New Zealand merupakan salah satu perjalanan paling mengesankan, karena banyak fasilitas untuk para backpacker di New Zealand ini.Ada Bakcpacker Bus Network, dimana anda akan memperoleh keuntungan karena anda bisa bersama-sama backpacker yang lain dalam satu bus dan melakukan banyak hal disana. Datang ke spot terbaik dan melihat atraksi, ataupun anda berjalan-jalan tanpa takut tersesat dan lain sebagainya. Selain berbagai bus, anda juga bisa berbagai dorm dengan para backpacker yang lain melalui jaringan ini.  
       
       Living cost untuk berlibur?
      Inilah akomodasi untuk para backpacker ( per hari) :  
      - Dorms $17-27 
      - Twins - up to $70
      - Doubles - up to $100 
      Sebagai tambahan informasi, anda bisa mendapatkan diskon karena anda membeli kartu backpacker yang bisa anda gunakan di seluruh NZ.
       
      Sebagai orang Indonesia, mungkin ketika anda berkunjung ke New Zealand untuk menjadi backpacker, anda bisa menghabiskan uang banyak. Karena biaya hidup disini tergolong cukup mahal. Satu dollar New Zealand setara dengan 0,5 Euro dengan nilai indeks konsumen 6-7 kali di atas Indonesia (terlihat dari harga hotel).  Namun, fasilitas yang akan anda dapatkan sangat worth untuk seorang backpacker, disini sebagai turis anda benar-benar dilindungi  juga untuk informasi mengenai tempat-tempat yang bisa anda eksplorasi sangat jelas.  New Zealand cocok untuk backpacker Newbie.
    • By Haikal
      Hollywood merupakan kota, sekaligus industri dan ilusi. Jalan2ers akan merasakannya saat ber-jalan2 di Hollywood Boulevard yang terkenal. Hollywood juga memiliki sejarah panjang, termasuk lahirnya film layar lebar, masa emas film tayang saat pertama kalinya, dan masa kemunduran saat banyak studio pindah.
       
      Namun, pada beberapa tahun belakangan, boulevard ini mengalami kebangkitan kembali. Perkembangab pesat terutama terjadi di kompleks Hollywood and Highland. Banyak istana film megah menjadi tuan rumah penayangan perdana film lagi. Di jantungnya, hollywood adalah sebuah museum –plang nama besar di bukit, Walk of Fame, dan bar yang mengadakan pertunjukan hebat.
       

       
      Hollywood menjadi tempat pembangkitan kembali impian masa kecil tentang para bintang. Arteri utama Hollywood, Hollywood Boulevard, telah direvitalisasi beberaa tahun belakangan ini. Jalan ini merupakan salah satu jalan terglamor di distrik pada masa emas, sebelum Perang Dunia II. Kompleks Hollywood and Highland yang dirancang epic menjadi fokus peremajaan. Di sini juga menjadi tempat Walk of Fame yang tersohor itu.
       
      Di Hollywood, kamu bisa mengunjungi Hollywood Bowl. Hollywood Bowl merupakan amfiteater (teater melingkar) alami terbesar pertama di dunia. Pertunjukan malam di sini menjadi tradisi musim panas Los Angeles. Seniman terbaik dunia, dari Frank Sinatra sampai Luciano Pavarotti, pernah tampil di sini. Arsiteknya, Lloyd Wright, merancang rangka panggung pertama kali pada 1924.
       

      Hollywood Bowl
       
      Beberapa kilometer dari Hollywood Bowl terdapat Hollywood Heritage Museum. Museum ini berlokasi di gudang buatan 1895, tempat Jesse Lasky dan Cecil B. De Mille membuat studio film besar pertama di Hollywood pada 1913.  Alamat aslinya ada di Selma Avenue. De Mille mengambil gamabar fitur panjang pertama Hollywood The Squaw Man di sini. Di dalam museum, dipamerkan tiruan studio, foto-foto, properti film, serta memorabilia dari masa film bisu.
       

       
      Di Sunset Boulevard, kamu bisa mendatangi Crossroads of the World. Pusat metafora arsitektural ini adalah bangunan Art Deco mirip kapal yang “berlayar†di taman didampingi deretan cottege dengan gaya Kolonial Spanyol sampai gingerbread Jerman. Kompleks perkantoran yang tenang ini dibangun pada 1936 oleh Robert Derrah.
       
      Ke arah timur, masih di jalan yang sama, ada Cinerama Dome. Bangunan terkenal di Hollywood ini adalah bioskop paling unik di Los Angeles. Cinerama Dome meimiliki kubah putih dan segitiga yang saling terkait, dan menjadi tempat pemutaran perdana banyak film. Kubah geodesic beton satu-satunya di dunia ini dibangun oleh Welton Beckett pada 1963 untuk mempertunjukkan film, teknologi layar lebar revolusioner yang membutuhkan tiga proyektor 35 mm. Kini, bangunan ini menjadi bagian kompleks modern yang juga mencakup bioskop ArcLight.
       

       
      Dengan jarak terjangkau berjalan kaki, kita bisa membesuk selebriti Hollywood yang dimakamkan di Hollywood Forever Cemetary. Selebriti yang dikuburkan di sini antra lain legenda Rudolph Valentino, June Mansfield, dan Cecil B. De Mille. Tugu peringatan terbesar dibangun untuk Douglas Fairbanks Sr. Yang sejak 2000 berbagi makam dengan putranya, Douglas Fairbanks Jr. Uniknya, kita dapat membeli peta makam di toko bunga dekat pemakaman yang dibangun sejak 1899 ini.
       

       
      Paramount Studios, satu-satunya studio film besar yang masih berlokasi di Hollywood,berdiri sejak 1916, tidak jauh dari pemakaman. Studio ini selalu memiliki daftar bintang yang hebat. . pada 1929, Wings karya Paramount mendapat Oscar pertama untukkategori GambarTerbaik. Psycho, The godfather, Forrest Gump, dan Titanic termasuk film populer lainnya. Tur studio diselenggarakan dari Senin sampai Jumat dan berlangsung selama 2 jam. Anak di bawah 12 tahun tidak boleh masuk. Untuk masuk ke sini, perlu pesan tiket terlebih dahulu.
       
      Kembali ke Hollywood Boulevard, Jalan2ers dapat mengunjungi Hollyhock House. Ini merupakan pusat komunitas seni. Bangunan bergaya Maya ini dirancang Frank Lloyd Wright pada 1921 untuk atu minyak Aline Barnsdall dan kini telah dipugar. Gambar hollyhock, bunga kesukaan Aline, muncul di mana-mana. Tur wisata ke sini diadakan pada setiap hari Rabu sampai Minggu, pukul 12.30-15.30 waktu setempat.
       

       
      Last but not least, Hollywood Sign yang terkenal. Sejak awal, plang Hollywood yang putih cemerlang di atas Mount Lee memang dirancang untuk menarik perhatian. Pada mulanya, ditujukan bagi pengembang real estate dan penerbit Harry Chandler. Plang ini dibuat pada 1923 dengan biaya 21.000 dolar Amerika. Tiap huruf memiliki tinggi 15 meter dan terbbuat dari lempeng logam. Pada 1932, artis Peggy Entwistle yang menganggur bunuh diri dengan melompat dari huruf H. Sehingga, pengunjung dilarang memanjat huruf dan puncak Beachwood Drive telah membuat Anda berada cukup dekat dengan objek paling terkenal di Los angeles ini.
       

    • By Haikal
      Jalan2ers pernah menonton video klip Jason Mraz yang I’m Yours? Lagu ini memecahkan rekor Billboard chart sebagai lagu terlama yang bertahan di tangga lagu U.S. Billboard hingga 76 minggu. Kalau Jalan2ers coba perhatikan, video klip ini menampilkan keindahan alam dari dua tempat di Hawaii, yakni Pulau Oahu dan Pulau Kauai.
       
      Video klip I’m Yours diawali dengan Jason Mraz terbang ke Hawaii menggunakan jet pribadi dan tiba di Bandara Lihue, Pulau Kauai. Keesokan harinya, ia meninggalkan penginapan (berupa apartemen) beserta kuncinya untuk pergi berpetualang. Apartemennya sendiri terletak di pesisir utara Pulau Oahu (tentunya kejadian-kejadian awal di video klip ini ceritanya di pulau yang sama).
       

      Jason Mraz
       
      Ia jalan-jalan menggunakan taksi, melewati jalan tol. Lalu dilanjutkan dengan ber-hitchhike di bak belakang mobil pick-up seorang laki-laki, membawanya ke arena skateboard di dekat daerah pesisir utara Pulau Oahu. Di sana, Jason Mraz menonton orang-orang bermain skateboard dan bertemu dengan cewek-cewek cantik yang lalu menyarankannya pergi ke Air Terjun Maunawili.
       
      Lalu Jason Mraz bersama cewek-cewek tersebut menumpang di pick-up lagi. Mereka tiba di atas air terjun dan memutuskan untuk nyebur ke bawah air terjun. Adegan dilanjutkan dengan berselancar di Pulau Makuauia (atau Pulau Goat), pulau kecil di pesisir utara Pulau Oahu. Terakhir, Mraz bernyanyi di sebuah pesta taman di Oahu.
       
      Bila melihat video klip I’m Yours, kita akan menangkap kedamaian dan kenikmatan hidup. (Buat Jalan2ers yang belum pernah menonton video klip I’m Yours, bisa menonton di
      ). Lagu Jason Mraz yang bernada kegembiran dan meringankan ini berpadu dengan alam Oahu dan Kauai yang menyejukkan. Ya, Hawaii telah terkenal dengan alamnya yang indah dan eksotis.  
      Pulau Oahu sering dijadikan tempat shooting film, serial tv, dan video klip musik. Siapa yang belum menonton 50 First Dates, Pearl Harbour, Lilo and Stitch, Karate Kid, Dante’s Cove, dan Hawaii Five-O. Semua film ini berlokasi di Kepulauan Hawaii, terutama Pulau Oahu, di mana Honolulu, ibu kota negara bagian Hawaii, berada.
       
      Adegan Mraz berselancar di video klip, berlokasi di pesisir utara, atau the North Shore, dikenal dengan ombaknya yang besar beserta angin keras yang datang dari. Hal ini menjadi surga bagi para peselancar. Salah satu tempatnya adalah Hale’iwa. Buat Kamu yang baru pertama kali mencoba, jangan khawatir karena di sini juga disediakan pelatihan berselancar. Tertarik untuk belajar surfing di tempat terbaik?
       

      Hale’iwa, North Shore
       
      Selain North Shore pada video klip I’m Yours, terdapat banyak spot lain di Oahu yang bisa Jalan2ers nikmati. Salah satu nya adalah Aloha Tower. Aloha Tower merupakan salah satu landmark terkenal dari negara bagian Hawaii. Menara mercusuar yang juga terdapat jam besar di dindingnya ini memiliki tinggi 56 meter dan telah menyapa pengunjung Hawaii sejak tahun 1926. Aloha Tower terletak di dekat Dermaga 9 Pelabuhan Honolulu.
       

      Aloha Tower
       
      Royal Mausoleum of Hawaii merupakan tempat peristirahatan terakhir raja-raja Kerajaan Hawaii dari Dinasti Kamehameha dan Dinasti Kalákaua yang pernah berkuasa tahun 1795-1872. Bangunan utamanya sekarang dijadikan bangunan gereja dikelilingi oleh makam dari keluarga Kerajaan Hawaii. Royal Mausoleum of Hawaii beralamat di Nu’uanu Valley di Honolulu.
       

      Pengunjung berada di dekat makam dengan latar belakang bangunan utama Royal Mausoleum of Hawaii
       
      Bila Royal Mausoleum of Hawaii menjadi tempat pusara, ‘Iolani Palace adalah istana Kerajaan Hawaii dahulu yang sekarang dijadikan kantor gubernur negara bagian Hawaii.
       

      ‘Iolani Palace
       
      Selain itu ada the Polynesian Cultural Center (PCC). PCC adalah museum hidup yang bertemakan Polynesia. Meski merupakan negara bagian dari Amerika Serikat, tetapi Hawaii aslinya termasuk ke daerah Polynesia. Lokasi PCC berdekatan dengan Universitas Brigham Young, pesisir utara Oahu.
       

      Polynesian Cultural Center
       
      Kita tentunya juga dapat mengunjungi tempat-tempat yang memiliki keindahan alam, seperti hiking ke Diamond Head. Diamond Head terbentuk pada 150.000 tahun yang lalu, dan merupakan hasil dari erupsi Gunung Ko’alu.
       

      Diamond Head
       
      Erupsi Gunung Ko’alu juga membentuk Hanauma Bay yang indah ini.
       

      Hanauma Bay
       
      Dan berbicara tentang Hawaii, berarti membicarakan pantai. Terdapat banyak pantai eksotis di Pulau Oahu, Hawaii, diantaranya:
       

      Waikiki Beach
       

      Kailua and Lanikai Beach
       
      Nah, adakah Jalan2ers yang memiliki rencana ke sini? Saya sendiri jadi tidak sabar untuk pergi ke kepulauan impian, Hawaii, dan berteriak, "Oahu, I'm Yours!!!".
    • By 3131802
      Teman2, ada yang tahu Suriname? Negara yang ada di benua Amerika ini ternyata punya hubungan yang erat dengan orang Indonesia khususnya Jawa. Jadi dulu sebagian besar penduduk Suriname ini berasal dari tanah Jawa. Ini disebabkan Suriname juga negara bekas jajahan Belanda. Dan dulu, pada abad ke 18, orang-orang Jawa di negeri kita ini dibawa ke Suriname buat dijadikan kuli. Nah, oleh karenanya, banyak orang Jawa yang akhirnya menetap dan mempunyai keturunan di sana.
       
      Beberapa tempat di Suriname masih menggunakan nama Jawa, bahkan ada partai yang juga dikepalai dan beranggotakan asli keturunan Jawa. Nama partainya juga jawa. Bahasa Jawa pun masih digunakan dan bisa dikatakan jadi bahasa kedua di sana setelah bahasa nasionalnya. Waktu Indonesia merdeka, banyak yang akhirnya pulang lagi ke Indo. Terus waktu Suriname dapet juga kemerdekaannya, mereka dikasih pilihan apakah ingin tetap tinggal di sana atau kembali ke Indo. Sekarang sekitar 15% penduduknya adalah etnis Jawa. Tapi yang sekarang banyak yang belum pernah ke tanah Jawa itu sendiri. Biar terpisah jarak yang sangat amat jauh, ternyata kita masih sodara Unik ya?
       

       

    • By Haikal
      Pernah menonton film atau kartun Ghostbusters? Dan bermimpi menjadi seperti mereka, memburu hantu-hantu? Sekarang, itu semua bukan hanya khayalan berupa film/kartun saja. Kamu bisa melakukannya di kapal Queen Mary, namun kita tidak benar-benar menembaki dan mengurung para hantu. Kita hanya akan menyapa dan 'berkenalan' dengan mereka menggunakan alat yang mirip di film/kartun tersebut.

      Semenjak kapal Queen Mary dibuka sebagai tempat wisata, banyak orang meragukan kebenaran rumor yang mengatakan bahwa kapal ini angker dan berhantu. Ada juga orang yang percaya dan melihat sendiri hantu di kapal ini. Pro dan kontra mengenai hal ini pun muncul. Namun, daripada terjebak dalam perdebatan tersebut, ada baiknya kita langsung saja menjelajahi kapal Queen Mary untuk membuktikan bahwa para hantu itu benar-benar ada.

      Kapal yang tidak beroperasi lagi dan diparkir permanen di Long Beach, Los Angeles, Amerika Serikat ini menyediakan tur berburu hantu. Tur ini akan dipandu oleh paranormal profesional, Erika Frost, lengkap dengan alat-alat investigasi. Beberapa alat investigasinya adalah Paranormal Spirit Box dan Mel Meters. Paranormal Spirit Box adalah sebuah alat unik yang dapat menangkap keberadaan hantu dan melakukan kontak langsung dengan mereka. Sedangkan, Mel Meters mengukur kondisi lingkungan sekitar daerah investigasi. Peserta tur akan diberi kesempatan menggunakan alat-alat ini untuk melihat langsung ke luar batas dunia nyata dan menyaksikan fenomena yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah.

      Selama tur berlangsung, pengunjung akan diajak ke tempat-tempat dimana hantu berada. Pemandu akan menceritakan kisah misteri yang telah terjadi sepanjang 33 tahun pelayaran kapal Queen Mary, sambil mengajak peserta tur menggunakan indera ke-6 mereka untuk merasakan keberadaan para hantu. Ini akan menjadi petualangan seru yang mendebarkan karena kita tidak benar-benar tahu apa yang akan terlihat, dengar, dan rasakan. Oh iya, jangan lupa untuk membawa kamera karena mungkin saja Kamu cukup beruntung menangkap gambar-gambar penampakan yang menyeramkan di kapal yang pertama kali berlayar pada tahun 1934 ini.

      Terdapat banyak hantu di kapal ini karena sejarah panjangnya. Sebagai contoh, banyak pengunjung telah menyaksikan keberadaan hantu berwujud wanita muda, yang diyakini bernama Sarah, mengenakan pakaian renang tahun 1930-an. Konon, ia dibunuh di ruang ganti kolam renang kelas satu oleh seorang pria. Ia, bersama hantu gadis kecil, menghantui kolam renang kelas satu. Si gadis kecil (bernama Jackie Korin saat masih hidup) meninggal karena tenggelam di kolam renang kelas dua. Ada juga hantu yang menunggui ruang mesin. Semasa hidupnya, ia merupakan seorang masinis dan terbunuh saat latihan menghadapi kebakaran pada tahun 1966. Lalu sering terdengar suara teriakan seseorang dan suara tabrakan baja di haluan kapal. Suara ini dipercayai sebagai suara teriakan arwah dari seorang pelaut yang meninggal saat kapal Queen Mary menabrak kapal perang Curacoa sampai tenggelam pada tahun 1942. Dan beberapa hantu lainnya, seperti di ruang kemudi dan dek-dek kapal.

      Selain tur berburu hantu, kapal yang namanya diambil dari istri Raja George V ini, juga membuka restauran, bar, penginapan, museum, dan tempat pergelaran acara. Setelah tahun 1967, kapal Queen Mary berlayar terakhir kalinya ke Long Beach dan di sana, pemilik baru kapal Queen Mary memutuskan untuk tidak lagi menggunakannya sebagai alat transportasi pengangkut manusia dan barang mengarungi lautan. Kapal Queen Mary diparkir permanen dan dijadikan tempat wisata. Tempat makan kapal disulap menjadi restauran, bar, dan tempat pergelaran acara. Kamar akomodasi kelas satu dan dua diubah menjadi kamar hotel. Mesin depan kapal, ruang uap, dan ruang generator turbo dihilangkan. Ia mulai digunakan sebagai tempat wisata pada tahun 1971.

      Tur berburu hantu ini berlangsung selama 2 jam di malam hari. Peserta tur maksimal berjumlah 30 orang karena alasan keamanan. Dan anak berumur 15 tahun ke bawah dilarang mengikuti tur. Untuk bisa ke kapal Queen Mary, Kamu bisa menggunakan kereta Metro ke arah selatan dari pusat Kota Los Angeles atau bisa melalui jalur tol apabila sedang berada di Los Angeles International Airport.
       

      (sumber foto: http://3.bp.blogspot.com/_-3DQI6aqrqU/TSp3bHFZFlI/AAAAAAAAABg/gNcuoa7Njrc/s1600/Queen%252520Mary%252520at%252520night.jpg)
       
      Sumber:
      http://www.queenmary.com
      http://en.wikipedia.org/wiki/RMS_Queen_Mary