redocean

Keliling Pasar di Hanoi

11 posts in this topic

 

Walaupun lebih terkenal dengan berbagai macam danau dan bangunan bersejarahnya, Kota Hanoi juga memiliki pusat-pusat perbelanjaan souvenir yang bisa anda kunjungi. Anda bisa menemukan berbagai macam souvenir dari mulai jenis souvenir pada umumnya hingga kerajinan-kerajinan khas Vietnam. Berikut beberapa tempat yang menjadi pusat perbelanjaan para turis dalam mencari oleh-oleh:

  • Dong Xuan Market

Terletak sekitar 900 meter dari Hoan Kiem Lake, anda pasti dengan mudah menemukan pasar ini. Dong Xuan Market merupakan pasar terbesar di Kota Hanoi. Anda akan menjumpai betapa padatnya pasar ini. Antara satu kios dan kios lainnya memiliki jarak yang sempit sehingga anda harus pintar-pintar mencari jalan. Namun sepertinya, bagi anda yang sering berkunjung ke pusat perbelanjaan di Indonesia seperti Mangga Dua dan Tanah Abang akan terbiasa dengan hal ini.

Sebagai pasar terbesar di Kota Hanoi, Dong Xuan menyediakan berbagai macam jenis barang.

 

Anda bisa memilih apa saja untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Mulai dari aneka makanan hingga kaos, pakaian, sepatu, sandal, alat makan, gantungan, handuk, tas. Layaknya mall pada umumnya, Dong Xuan Market memang menyediakan apa saja yang dibutuhkan masyarakat. Anda bisa membelinya secara satuan, walaupun Dong Xuan Market lebih cenderung pada bentuk pasar grosir. Untuk masalah harga, anda bisa melakukan tawar menawar untuk mendapatkan harga terbaik. Harga di Dong Xuan Market dikenal lebih murah dari daerah lain di Kota Hanoi. Di sinilah pusat bisnis dan jual beli Hanoi berada. Anda akan merasakan hawa super sibuk dan padat di Dong Xuan Market.

 

Dong_Xuan_market.jpg

 

Pasar yang dahulunya merupakan salah satu saksi sejarah pertempuran sengit antara Pahlawan Vietnam dan Imperialis Perancis ini memiliki pasar outdoor yang digelar malam hari. Dong Xuan Night Market atau pasar malam Dong Xuan ini bisa menjadi tujuan jalan-jalan malam anda di Hanoi. Selain menjual berbagai barang, food court yang ada di pasar mala mini merupakan magnet lain dari Dong Xuan. Pasar ini selalu ramai dikunjungi baik oleh orang lokal maupun para turis asing. Oleh karenanya, selalu waspada terhadap segala kemungkinan tindakan para pencopet jahil.

 

  • Hang Da Market

Hang Da Market merupakan pasar terpadat kedua setelah Dong Xuan Market. Tempat dari Hang Da memang tidak sebesar Dong Xuan. Akan tetapi, Hand Da merupakan pasar yang menyediakan berbagai jenis kerajinan tangan ala Vietnam yang bisa anda jadikan buah tangan. Anda bisa mendapatkan keramik-keramik yang indah atau berbagai jenis pot dari tanah liat yang memukau.

 

Hang-Da-market.jpeg

 

Jangan ketinggalan untuk membeli aodai, pakaian adat khas Vietnam. Anda bisa mencoba ukurannya, apalagi untuk ukuran sesame orang Asia, pasti tidak sulit untuk mendapatkannya. 

Pastikan anda menawar mulai dari 50% harga yang ditawarkan para pedagang pada anda. Harga yang ditawarkan biasanya melambung jauh dari harga aslinya, apalagi untuk para turis. Hati-hati dan berusaha mendapatkan harga serendah mungkin. Hang Da market juga dikenal sebagai pasar barang bekas. Jika beruntung, anda akan mendapatkan barang second dengan kualitas yang tinggi.

 

  • Han Gai Street

Han Gai Street saat ini  dikenal sebagai silk street, karena di sini adalah pusat jual beli kain sutra beserta berbagai jenis produknya. Han Gai terletak di utara Hoan Kiem Lake. Perkembangan Han Gai sebagai Silk Street sangat pesat, karena awalnya tempat ini hanya populer di kalangan orang lokal Vietnam saja. Namun seiring dengan semakin banyaknya turis asing di Hanoi, maka Han Gai Street pun mulai terkenal. Han Gai merupakan jalan yang memiliki panjang hanya 250 meter namun memiliki lebih dari 90 kios yang menjual kain sutra dan berbagai produk lain seperti pakaian, dompet, dan lain sebagainya. Jalanan ini begitu terlihat memesona, karena warna-warni yang berasal dari kain sutra yang dipajang di sepanjang jalan. Anda bisa berbelanja sekaligus memanjakan mata dengan warna-warni yang indah di jalan Han Gai ini.

 

Vietnam-HanoiOldQuarter-small.jpg

  • Quang Ba Street

Jika Han Gai terkenal sebagai jalan sutera, maka Quang Ba adalah jalan bunga. Di sini merupakan pasar bunga yang dibuka sejak dini hingga pagi hari saja. Quang Ba terletak di distrik Tay Ho dan bisa menjadi tempat yang menarik yang bisa anda kunjungi di pagi hari. Bunga-bunga di sini berasal dari berbagai daerah di Kota Hanoi dan sekitarnya. Tengah malam, pasar ini mulai berdetak. Banyak sekali mobil dan motor pengantar bunga segar dari berbagai tempat di Hanoi dan para pedagang pun bersiap membuka kios masing-masing. Suasana pasar bunga ini begitu segar di pagi hari dan pastinya sangat indah. Walaupun tidak berbelanja, pasar ini menjadi tempat yang patut dikunjungi di pagi hari Kota Hanoi.

 

quang-ba-flower-market.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah...menarik sekali Sis, di setiap pasar jadi mempunyai ciri khas masing2 ya...untuk harga pasarannya sendiri bagaimana Sis...mahal2 atau tidak?

utk ukuran indo... mata uang vietnm msh trmsk murah sis.. jd hrga ya standar bs dbilng :)

 

Artikel yg sangat bermanfaat.. pasti berguna saat sy ke hanoi nanti...thanks!

jgn lupa fto2nya y mbaak :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

seperti pasar tradisional ya mba...Quang Ba Street, kalau di Indonesia seperti pasar bunga yang ada di Rawa Belong...malah menurut saya masih bagusan di Rawa Belong karena tidak becek :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

seperti pasar tradisional ya mba...Quang Ba Street, kalau di Indonesia seperti pasar bunga yang ada di Rawa Belong...malah menurut saya masih bagusan di Rawa Belong karena tidak becek :D

iya bener pasar bunga gitu.. saya belum pernah ke Rawa Belong.. dimana itu sis?

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah tempatnya keliatannya khas gitu ya kalau di sini harga nya terjangkau dong ya? tapi emang keliatan kayak pasar pada umumnya aja ya..

beda suasana aja ya mbak.. ini suasana luar negeri :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Update info saja.. Sept kemarin saya dari Hanoi..

Hang Da market sekarang jadi semacam mall kecil dengan berbagai butik internasional seperti LV, Ferragamo, Chanel, dll.  Saya tidak sempat masuk ke dalamnya, hanya beberapa kali lewat baik dengan mobil atau jalan kaki (malam hari, jadi sudah tutup ga bisa masuk). Menurut tour guide saya yg memang penduduk Hanoi, Hang Da market ini memang sekarang lebih banyak barang branded, tapi penduduk lokal Hanoi kurang suka belanja disana karena harga lebih tinggi dari toko2 tradisional yang memang ada di setiap sudut Hanoi. Kalaupun ke mall ini, penduduk lokal biasanya hanya untuk membandingkan harga, tapi nanti belanjanya tetap di toko tradisional. Demikian sekilas infonya, bagi yang ke Hanoi bisa dilihat sendiri yah...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By ko Acong
       
       SIBOCAH TUA NAKAL KLILING  Di KiLING FieL  dan Saigon City
      Sibo ngubek2 SAIGON city ingin ketemu Dewi ular yang Cantik
      dengan modal 2 USD @100
      LOW Gadget
      Low/ min Bhs Ingris
      Menurut Pengamatan Dan Menurut penglitan saya dengan perasaan yang real
      Awal pertama saya mendarat di Tan son nath Airport sudah Mulai Panic  Dipalak Petugas Imigrasi  minta Siao chien Sio vey (tip) Diselipkan 5 lbr @1 ringgit Cop cop cop
      Setelah Keluar Bandara Saya Arahkan Kaki  belok Kanan dengan senjata Senyum dan Xie xie Kepada Para Calo pemangsa Yang Nengok kiri dan kanan
      Beruntung Saya Sudah Hapal dikepala Dengan Masukan Info Ter Up Date 
      Salah satu nya Di Bandara Tan Son nath 
      Al tempat Tukar Uang / beli Simcar
      dan Terpenting info yellow Bus  Beroprasi Dari jam 00.03 S/ D 00.01
       
       
      Bohong Kalo Dibilang Bus Malam Tidak Ada  (Bus Hijau)
      Seperti KataKomentator Traveller “Katanya Katanya”  “Konon Menurut Cerita Temen saya” 
      Itu Info Dah Kadaluarsa 5 ato 7 Tahun lalu  Bahkan Copet pun Mati kutu sekarang
       
       
      Lanjut 
      Tentang Shutle Bus Ada Yellow Bus To Down town Harga 12000 VND stara Rp 7200 Setelah bus Berjalan Kenektur Dengan Sabar Menanyakan Tujuan Hotel kita dan Saya Sebutkan Beng than Area  Dan di Halteu bakal sampe diberitahukan unkle next stop bus Ok
      H2 Setelah Pulih Dari Penatnya Perjalanan BD KL Ho chi Minh City
      Setelah Semalam Pesan Trip Mekong River
       
      Dengan 2 tempat Kunjungan  utama Delta River Dan sampan dan Kunjungan
      Wajib Coconout King serta Big Budha  
      dengan Plus Makan Siang Paket Harga 600.000 VND hasil Nawar beli Di Hotel
       
      * Sebenarnya Masih Bisa Mendapatkan Yang Lebih Murah Namun bisa bisa Jadi Mahal Bila nga
      Punya Waktu Karena + Sewa Taxi tuk ngejar Bus Atao Tanpa Paket Makan
       
      Ato Seperti Share2 Yang Dulu Katanya Pake Bus Umum itu Sangat Tidak Disarankan
       
      1 Terminal bus Masih Jauh dari Distrik 1 Masih Jauh ke Delta mewkongnya
      Dan Jarang sekali Keberangkatannya…. Belum Pulangnya kita Kehabisan Last Bus To City
       
      Harus Sewa Ojek or Taxi Ke Pelabuhanya dan Ke lokasi Chuchi Tunel
      Belum susah Kita Mendapatkan Boat nya Harus Tunggu Sampe Kuota Penuh Baru Shae River Boat Dimulai
       
      Inilah Yang Bisa menjadi Mahal; Di waktu  /  Mahal Ke Harga berpotensi kena Scam jauh Diluar Pengawasan Petugas Turism
       
      Bule Kere Saja Nga Mau Pusing mereka Pake Tur local juga
       
      Perjalanan Mekong river cuise semua Menyenangkan dengan Dihibur Tur Guide Yang Humories
       
      Jadi Pengamatyan saya Kita Ke Saigon Sebaiknya Ambil 2 Sesi tur Lokal Mekong tur 1 day fuul
      antara 500000 sd 600000 VNd
      Chuchi Tunel Half day Tur 300 sd 400 vnd
       Total Rate Tengah 900.000 Vnd x0.6 =Rp 540.000.-
       
       
      Untuk City Tur Kita Pake Grab
      Missal tujuan ke Remand Warmen Yang Paling Jauh 40.000sd 50.000 VND
       Atao Setelah Pulang Dari Chu chi Tunel minta Turun Di tengah Jalan tujuan Reamen War museum langsung ekplor jl Kaki Durai 2 Jam
                                                                                                         
      Total Pengeluaran Saya Selama 4 H 3 malam Di Saigon
      Sbb Rinciannya
       
      15 jam · Berawal Tukar 2 lbr @100 USD rate 2.290.000
                              
      Bayar Hotel Plus 2 Item Tur ( 1 Mekong Fullday + Chuchi Half Day ) 1.858.000 VND
       
       
      12 x Kopi@ 12000vnd + Duren 1x  210000Vnd 
      Total Habis Pengeluaran 1.488.000 Bandara
      Jadi Rincian selama Saya Di Saigon sbb
      Mendarat Tukar USD jatah 200
      Beli Simcar 190.000
      Tiket Bus 24.000
      Hotel Bill Cek out
      Tur Mekong + chuci Tunel 1.858.000 VND.
      Jatah Makan 20000 x 3d 600.000 VND  
      Kopi sepuasnya 12000x//// tambah Duren Total 210.000 VND
      _____________________________________________________
      Total Estimasi .2882.000 VND D
      Setara RP 1.729.000.-
       
       

       
       
       













































    • By silvia_win
      Day 1 Jakarta-Kuala Lumpur
      Hari ini kami cuma jalan2 di KLIA2, nginap di Tune Hotel KLIA2
       
       
      Day 2 Kuala Lumpur - Hanoi
      Bangun pagi2 dan bersiap untuk terbang dengan Air Asia berhubung tidak ada bagasi check in, kami langsung masuk imigrasi menuju ruang tunggu boarding.
      Sampai di Hanoi dijemput airport transfer dari hotel, yg jemput bawa mobil sedan sedan kami 6 orang, sopir menunggu kami menunggu, dia telepon temannya. Kemudian datang movel van dan kami di antar ke Bodega hotel.
      Sampai di hotel kami check in dan tanya2 info tentang tour.
      Kamar hotel Bodega cukup luas, bangunannya agak tua, cukup bersih. Hotelnya tidak besar model hotel dari berapa ruko.
      Tour halong bay @usd28 (naik bus sedang) or @usd25(naik bus besar)
      Kalau 2d1n @usd70 (sekamar ber3) @usd80(sekamar ber2)
      Kami juga tanya info tour ke tempat lain untuk hari berikutnya.
      Setelah diskusi kami memesan tour halong bay @usd 28, juga tour bai dinh-trang an @usd28 untuk hari berikutnya.
       Total pengeluaran perorang usd 89 untuk hotel(termasuk sarapan) +tour+airport transfer:
      1.       Hotel  usd 9 x 3 hari
      2.       Airport transfer pp usd 3 x 2
      3.        Tour 2 hari usd 28 x 2
      Semua biaya di bayar ke hotel pada hari ke 4 saat check out. (senangnya, baru pertama kali mengalami pembayaran saat checkout, untuk pembayaran kartu kredit kena charge 3%)
      Berhubung kami tidak bawa banyak VND (vietnam dong) jadi ingin tukar uang, di depan hotel ada bank kecil (Baca bank), bank ini hanya menerima note usd yang baru, ternyata di hotel ada melayani penukaran uang juga, bahkan bisa menerima usd note lama dgn rate usd 1 = vnd 22.000.
       
       
      Kami meminta peta dari hotel, lalu menanyakan tempat makan dan wisata di sekitar hotel. Dengan bekal peta dari hotel kami mulai mengitar kota Hanoi, pertama jalan kaki mencari resto Quan an ngon yg di rekomendasikan staf hotel (walau sedang turun hujan, tapi semuanya semangat mencari resto). Resto ini menyediakan makanan traditional vietnam seperti pho dan seafood. Total harga makan kami vnd 550.000.
      Dari sini kami stop taxi (taxi di Vietnam ada yg 7 seats cocok buat kami ber6) ke Ho Chi Minh Mausoleum dan one pillar pagoda (bersebelahan). Kami melewati temple of Literature.
      Kami berfoto2 di lapangan  Ho Chi Minh Mausoleum karena mausoleumnya tidak buka, lalu melihat2 ke one pillar pagoda.
      Dari sini berpatokan pada peta dari hotel yg sudah dilingkari tempat wisatanya, kami ingin ke Hoan Kiem Lake, namum begitu taxi sampai ke danau ini berhubung cuaca masih agak panas, kami lagi malas jalan minta taxi membawa kami ke Vincom mall saja, mall di sini cuma mall yang kecil, kami makan di pizza hut dan belanja di supermarket vinmart. Di mall ini juga ada bank BIDV, sekalian tukar valas, bank ini bisa tukar SGD.
      Lokasi wisata di atas tidak terlalu jauh dari hotel. Naik taxi sekitar vnd 50.000-100.000.
      Pulang ke hotel istirahat, malam jalan kaki ke Hoan Kiam Lake yang tidak terlalu jauh dari hotel, di tepi danau banyak orang duduk menikmati pemandangan danau yang dihiasi lampu. Kami makan lagi di KFC di seberang danau lalu jalan kaki pulang hotel sambil melihat2 toko2 kecil sepanjang jalan.

       

      Day 3 one day tour ke Halong Bay
      Sarapan di hotel dengan menu nasi goreng, mie goreng, roti, telur dan buah.
      Travel APT menjemput kami dengan bus ukuran sedang, terdapat 2 group dan 2 tour guide dalam bus (1 group 1 day tour, 1 group 2 days tour). Dalam perjalanan tour guide menerangkan sekilas ttg kota Hanoi. Perjalanan ke Halong Bay sekitar 3.5 jam, dan kami singgah sekali di toko di rest area yang merupakan toko yang menjual seni batu pahat, seni kain sulam dan juga menjual baju dan aneka souvenir.
      Sampai di Halong Bay kami check in masuk kapal White Tiger.
      Kapal mulai berlayar mengarungi halong bay dan makanan mulai di hidangkan, semeja ber6 dengan 10 menu makanan yg lezat yg kebanyakan adalah seafood.
      Sepanjang perjalanan terhampar pemandangan batu karst yg indah, cuaca cukup bagus, kami naik ke bagian atas kapal melihat pemandangan, tour guide menerangkan berbagai bentuk dari batu karst.
      Stop 1 floating village, villagenya tidak banyak dari kapal2/rumh2 yang terapung. Di sini peserta tour turun ke dermaga, boleh naik perahu kecil yang didayung tukang perahu atau kayaking. Pemandangan di teluk ini sangat indah sayang naik perahunya hanya sebentar.
      Stop 2 gua istana surga kami mengikuti tour guide yang membawa kami naik tangga ke sebuah gua stalagtit, dan stalagmit yang indah dengan lampu warna warni, tour guide menerangkan aneka bentuk dari batu2an yg ada.
      Setelah itu kapal membawa kami kembali ke demarga dan kami naik bus kembali ke Hanoi.
       

       

       
       
      Day 4 one day tour Bai Dinh, Trang An
      Tour hari ini ke 2 tempat, pagi hari kami berkunjung ke Bai Dinh Pagoda yang merupakan salah satu vihara terbesar di Vietnam, siang kami berkunjung ke Trang An untuk wisata naik perahu kecil yang didayung pedayung yg semuanya wanita yang menelusuri gua-gua, kalau di halong bay naik perahu kecil yg didayung tidak cukup puas karena cuma sebentar, di sini cukup puas karena cukup lama dan melewati beberapa gua.
      Malam saat kembali dari one day tour, kami minta di drop di weekend night market. Setelah berkeliling di night market dan makan ala lokal vietnam (duduk di kursi rendah) kami kembali jalan kaki ke hotel karena night market tidak terlalu jauh dari hotel (dekat danau Hoan Kiam).
      Konfirmasi ke hotel untuk antar bandara besok.

       
       
       


      Day 5 Hanoi-Ho Chi Minh
      Setelah sarapan, check out hotel lalu diantar ke bandara untuk penerbangan Vietnam Airlines Hanoi ke Ho Chi Minh.
      Di bandara Ho Chi Minh kami naik mobil yang di kounter bandara ke hotel vnd 220.000 (sebelumnya ada minta airport pickup dari hotel tapi tidak ada tanggapan ya sudahlah)
      Setelah check in hotel Phan Lan, kami tanya info tour. Kami memilih tour ke floating market @usd15 untuk keesokkan harinya. Tidak seperti di Hanoi di sini mesti bayar dulu bukan bayar saat check out.
      Setelah itu kami naik taxi ke post office dan katedral yang bersebelahan. Setelah melihat2 dan berfoto kami lanjut ke Ben Thanh market mulai deh acara belanja2.
       
       
       Day 5 one day tour Mekong Delta Floating market
      Kami dijemput tour guide dibawa jalan kaki ke terminal yang tidak jauh dari hotel lalu di bagi ke bus berdasarkan rute tujuan wisata, tour yang ini memakai bus besar.
      Karena ingin melihat delta sungai mekong, maka kami memilih tour ini.
      Kami dibawa naik perahu berkeliling sungai Mekong, floating marketnya ternyata hanya beberapa perahu yang menjual sayuran, kata tour guidenya sih ramainya pagi hari. Sungai mekong airnya berwarna kecoklatan, di sisi sungai ada bangunan penduduk, pemandangannya biasa2 saja.
      Kami berhenti di tempat pembuatan makanan traditional dan tempat penjualan madu.
      Siang kami berhenti di darat lalu mengikuti tour guide yang menyediakan sepeda bagi yang mau bersepeda ke resto makan siang yg katanya jalan lurus ke depan, atau boleh naik ojek motor yg dipanggil oleh tour guide.
      Setelah makan siang dan beristirahat sebentar, tour guide mebawa kami jalan kaki ke sebuah sungai kecil untuk naik perahu kecil yg didayung tukang perahu, dari sungai kecil ini perahu yang didayung menuju ke sungai besar, tempat perahu yang membawa kami berkeliling sungai Mekong berlabuh, kami pun naik ke perahu besar dari perahu kecil.
      Sebenarnya wisata sungai kali ini biasa2 saja tidak sebagus pemandangan wisata sungai di Hanoi.
      Pulang dari tour kami minta di drop ke Ben Thanh market, tapi tour guidenya bilang bus hanya berhenti 2 tempat yaitu terminal dan tempat yg dekat dengan Ben Thanh market.
      Kami berhenti di dekat Ben Thanh market jalan kaki ke Ben Thanh market yang sudah tutup, tapi malam hari di depan pasar ada night market dan banyak tempat makan.
      Setelah melihat2, makan dan belanja kami jalan kaki pulang hotel.
       


      Day 6 Ho Chi Minh-Kuala Lumpur
      Pagi hari mampir ke pasar dekat hotel di seberang terminal bus, ternyata pasar lokal yang penjualnya tidak bisa bahasa Inggris seperti di Ben Thanh market, tapi harga di pasar ini jauh lebih murah daripada Ben Thanh market yang menyasar turis asing.
      Setelah dari pasar, naik taxi ke mall yang ternyata mall di Vietnam memang tidak besar, kami belanja di supermarket lalu pulang makan siang dan check out hotel, naik mobil antar bandara dari hotel ke bandara.
       
       
      Note : lebih baik menukar vnd dengan usd di Vietnam, karena selisih harga kurs yg cukup besar jika tukar di Indo. Rp 800.000 = Vnd 1.000.000, sedang tukar valas di vietnam kurs sekitar Rp 600.000 = Vnd 1.000.000. Kartu kredit bisa di pakai di hotel, resto setempat. Bandara di Vietnam cukup sepi dan jalanan tidak macet, tidak perlu datang sangat awal seperti kebiasaan kalau mau ke bandara soetta.
       
    • By Marilyn Dewi
      Cari teman jalan yang mau ke antara vietnam/thailand cuma bisa 21-23 juli 2017 (jumat-minggu) *belum pesen tiket
      Gak terlalu ribet soal makanan n hotel. 
      Kalo ada yang mau pergi ke salah 1 negara tsb pas tggl yang sama bisa contact line marinrinrinn ^^
    • By chacha11
      Hei...hei...
      Mo nanya penginapan yang rekomen di Vietnam, Siem Reap sama KL donk...
      Yang di KL yang deket sama KL Sentral ya...
      Makasih
    • By Ethaputri
      Halo teman2 semua slm kenal..
      Sy lg cari teman utk backpacker ke vietnam, ho chi minh tgl 10-13 Agustus'17,
      Tiket yg udh fix dibeli AA, CGK-KUL, KUL-HCM
      Tiket pulang blm dibeli krn msh galau antara mau mampir ke hanoi ato lanjut ke bangkok
      Itin utk ho ci minh explore ho ci minh city, mekong delta, cuchi tunnel.Kira2 adakah yg mau trip kesana tgl segitu mngkn sy bs barengan?!klo ada bs hub sy ke WA di 08568125088.thx b4
    • By freaksthriller
      SINGAPORE – MALAYSIA – VIETNAM – CAMBODIA – THAILAND
      Bandung – Singapore – Johor Bahru – Melaka – Kuala Lumpur – Putrajaya – Ho Chi Minh City – Mui Ne – Ho Chi Minh City – Phnom Penh – Siem Riep – Bangkok – Pattaya – Bangkok – Phuket – Hatyai – Penang – Kuala Lumpur – Jakarta – Bandung

      Hemm Yeahhh !!!
      Finaly perjalanan 30 hari ini kelar juga beberapa hari yang lalu, tepatnya dari tanggal 9 Februari sampe 10 Maret 2017, dalam rangka 1 tahun pernikahan tepatnya tanggal 13 Februari kemarin  kita rencanain untuk backpackeran keliling 5 Negara di Asia Tenggara dan rencana perjalanan ini hampir dikatakan dadakan karena saya bikin itinerary nya ini hanya dalam waktu 1 bulan sebelum kepergian, gara-gara dapet tiket pesawat Kuala Lumpur - Ho Chi Minh City dengan harga Rp. 219.534/org dan kebetulan bertepatan dengan keluar kerjanya istri sya, setelah sekian lama doi terperangkap dengan pekerjaannya yang membuat kita gak bisa pergi kemana-mana dalam waktu yang lama 

      Berhubung rencana awal budget kita ini sebenarnya buat dipake keliling Indonesia selama 1-2 tahunan kedepan, jadi trip ini saya usahakan untuk iriiittt seirit-iritnyaaaaa, tapi meskipun begitu ternyata ada beberapa hal tak terduga yang gak bisa dihindari seperti sewa motor di Mui Ne Vietnam yang mogok yang harus bayar orang yang nolongin kita dorong ke bengkel (lahh katanya nolongin kok bayar? iya emang pertamanya nolongin pada akhirnya dia minta bayaran, belum bayar bengkel dan bensin motor yang seharga sewa motornya!!! (Gila!!! boros bangettttt) dan lagi kena tilang pas di Pattaya ada razia gede yang harus bayar seharga sewa motor (masih untung jg sih karna harusnya 2x lipat dari itu hahaha) dan juga  mahalnya harga rokok di Thailand dan hostel di Phuket & Penang yang cukup mahalll padahal udah 3-4jaman berjalan kaki hanya untuk ngebandingin harga, ya itulah resikonya kalo nyari hostel secara go show "Penuhhh perjuangan!!!" dan masih banyak kejadian tak terduga lainnya....

      Oke gak usah banyak basa-basi lagi dehhh, sekarang saya akan share rincian budget selama perjalanan 30 hari ini, karena perjalanan ini hanya kita berdua jadi budgetnya bakalan saya kali dua.

      (Transportasi – Tiket Masuk Destinasi – Hostel) 




      1 SGD             = 9.480 IDR
      1 RM               = 3.035 IDR
      1 USD             = 13.335 IDR
      1 VND             = 0,58 IDR
      1 THB              = 380 IDR
      Tiket Pesawat PP :
      Bandung – Singapore                 = 800.000 IDR
      Kuala Lumpur – Ho Chi Minh      = 439.068 IDR
      Kuala Lumpur – Jakarta             = 437.690 IDR
      TOTAL                                     = Rp. 1.676.758 (2 Person) = Rp. 838.379 / Person
      TOTAL
      SGD     82.85                = Rp.  785.418
      RM       584.79              = Rp.  1.774.837,65
      VND     1.443.973          = Rp.  837.504,34
      USD     94,4                  = Rp.  1.258.824
      THB      10.293              = Rp. 3.911.340
      IDR       477.390            = Rp. 477.390
      TOTAL                         = Rp. 9.045.313,99 (2 Person) = Rp. 4.522.657 / Person

      Yupp jadi total pengeluaran kita selama 30 hari adalah Rp. 4.522.657/Person, kalo ditambah tiket pesawat sih emang 5jt lebih, tapi yang namanya tiket pesawat itu sangat flukluatif bangett harganya gak nentu, maka dari itu untuk budget tiket pesawat gimana pinter-pinter kalian aja dahh nyarinya… soal tiket pesawat kita masih terbilang mahal apalagi yang dari Bandung – Singapore dan Kuala Lumpur - Jakarta, itu menurut saya masih MAHALLL BANGEETTTT!!! Soal kita belinya 1 bulan sebelum berangkat, apalagi yang Bandung – Singapore itu belinya 1 minggu sebelum pergi, haha dan itu harga yang sangat-sangat murah dikala itu, soal hampir setiap hari saya pantau selama 2-3 bulanan tiket pesawat dari Bandung ke Singapore rata-rata harganya tinggi 550 – 900rban, itu aja 400rb dapet dari Broadcast BBM promo agen travel gitulah… karna mepet, takut kecopet yang bisa bikin gagal ngetrip!  gak pake lama langsung aja kita order, soal juga baru liat lagi Tiket pesawat tujuan Bandung – Singapore seharga 400rban setelah 2-3blnan mantau harga tiket pesawat.
      Dan terakhir perjalanan ini tanpa tiket pesawat untuk pulang!
      hah" maksudnya? iya jadi gini, berhubung waktu itu tiket pesawat KL - Bandung ato KL - Jakarta untuk tanggal 10 maret sangat mahal terpaksalah kita pergi meskipun belom punya tiket untuk pulang, yang pada akhirnya kita dapetin tiket promo waktu di Phuket tepatnya satu minggu sebelum kepulangan, dengan harga Penang-KL 123rb/org dan KL-Jakarta 218rb/org, hahahahaha beruntungnya kita setelah 3 mingguan nunggu dan mantengin harga tiket pesawat akhirnya dapet juga harga tiket yang cukup murah LAH.
      Semoga bermanfaat! 
      *Salam backpack!
      field report nya ntar nyusul yaa