• agoda-hemat.png

Banyusmom

Pesona laut Bunaken, Manado

17 posts in this topic

Taman Laut Bunaken adalah sebuah  ikon pariwisata yang berada di provinsi Sulawesi Utara. Taman laut ini berlokasi di sekitar Teluk Manado dan jaraknya sekitar 7 km dari Pelabuhan Manado. Taman Laut ini juga pernah terpilih sebagai pemenang global dari British Airways Tourism for Tomorrow Award pada tahun 2003.  Taman ini juga menduduki peringkat ke-4 situs selam terbaik dari hasil survey Litbang National Geographic traveller Indonesia.

 

post-34-0-35809200-1362679118_thumb.jpg

 

Taman laut ini Sebagian besar wilayah pantainya merupakan pasir putih dan hutan bakau. Suasana alam bawah lautnya menyajikan terumbu karang yang lembut dan keras, dinding karang yang terjal, serta juga beraneka bentuk dan warna biota laut yang menjadi satu membentuk keindahan bawah laut.  Disana terdapat Ribuan biota laut dan jenis ikan yang hidup di sana dan juga menjadikan keanekaragaman hayati kelautan yang dimilikinya dan juga termasuk  salah satu yang tertinggi di dunia.

 

Taman ini diberi nama Bunaken, nama ini diambil dari sebuah nama pulau  yang berada di kawasan tersebut dengan lingkungan bawah lautnya yang memang terkenal mempesona dan menjadi sorga bagi para penyelam di dalam negeri ataupun luar negeri.  Pulau ini memiliki  luas sekitar 8,08 km2 dan secara administrasi pulau ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Bunaken, Kota Manado.   Selain terdapat Bunaken di kawasan taman nasional ini juga masih terdapat 4 pulau lain, yakni Manado Tua, Siladen, Nain, dan Mantehage.  Kumpulan  pulau-pulau ini beserta wilayah pesisir pantai Manado pada bagian utara, di mulai dari Molas hingga Tiwoho dan lebih dikenal dengan Pesisir Molas-Wori dan juga termasuk kawasan Taman Nasional bagian utara.  Serta pada bagian selatan kawasan taman nasional ini keseluruhannya terdiri dari sebuah pesisir antara Desa Popareng dan Desa Popoh yang lebih dikenal dengan Pesisir Arakan-Wawontulap.

 

post-34-0-43406100-1362679124_thumb.jpg

 

Taman Laut Bunaken sendiri secara total memiliki luas wilayah sekitar 75.265 ha, tetapi untuk lokasi penyelaman atau diving spot, tempatnya hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau tersebut.  Dikawsan ini tercatat bahwa ada sekitar 20 titik penyelaman dan memiliki kedalaman yang bervariasi hingga 1.344 meter. 12 titik selamnya sendiri berada di sekitar Pulau Bunaken.  Kedua belas titik penyelaman ini tadi merupakan yang paling kerap dikunjungi oleh penyelam dan para pecinta keindahan pemandangan di bawah laut.  Tititk-titik penyelaman tersebut diantaranya adalah Fukui, Mandolin, Tanjung Paragi, Ron’s Point, Sachiko Point, Pangalisang, Muka Kampung, Bunaken Tim, Lekuan 1, Lekuan 2, dan Lekuan 3.

 

Dari 12 titik penyelaman tadi sebagian tersebar dan berjajar dari bagian barat laut hingga bagian tenggara dari pulau tersebut.   Disana juga cukup menarik dengan dinding-dinding curam yang sudah dapat anda temukan, jaraknya hanya beberapa meter dari lepas pantai Liang, Bunaken.  Dinding-dinding karang raksasa tersebutlah yang dijuluki underwater great walls. Dinding karang ini juga merupakan sumber pangan bagi biota laut yang ada di perairan sekitar Pulau Bunaken.

 

post-34-0-01116500-1362679131_thumb.jpg

 

Apabila anda ingin ke Pulau Bunaken, anda dapat menempunya  dengan kapal penumpang reguler dari Pelabuhan Manado, degan menyewa kapal dari Dermaga Mega Mas, dengan menggunakan  kapal pesiar dari Marina Blue Banter di lokasi dermaga Mega Mas, selain itu anda juga dapat memakai speed boat dari pelabuhan Nusantara Diving Center di Molas. Apabila perjalanan dari pelabuhan Manado dan Mega Mas dengan kapal sewaan akan memerlukan waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam, sementara kalau dari dermaga NDC cukup ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan speed boat.  Apabila anda ingin ke pulau Nain yang juga merupakan pulau paling utara  dan terjauh di kawasan taman nasional itu, anda dapat menempuhnya dalam waktu 1,5 sampai 2 jam saja dari Pelabuhan Manado.  

 

post-34-0-16066800-1362679137_thumb.jpg

 

Taman Laut Bunaken juga memiliki banyak spesies hewan yaang beraneka ragam, termasuk ikan dan terumbu karang. Disana terdapat 7 dari 8 spesies kerang raksasa di dunia . Taman Laut Bunaken juga memiliki air yang jernih dan biru. Disana terdapat pemandangan paling keren yaitu deretan koral vertikal yang curam setinggi 25 sampai 50 meter. Apabila anda beruntung, anda juga  berkesempatan untuk melihat banyak spesies ikan yang ada di perairan ini. Disana juga terdapat populasi ikan duyung dan kima raksasa yang sangat langka di area Arakan.

 

Liburan kesana dengan fasilitas cukup lengkap biayanya hanya 1-2 juta rupiah. Pada saat anda masuk ke dalam kawasan konservasi Bunaken, disana anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 150 ribu rupiah.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Turis yang mengunjungi dan menginap di pulau Bunaken hampir semuanya turis asing dan sebagian besar adalah bule.

2x saya menginap seminggu di resort di Bunaken dan kami adalah satu2nya orang Indonesia yang menginap di resort tersebut.

Tapi kalau yang dimaksud adalah rombongan turis day trip, apalagi yang biasanya pakai perahu dasar kaca, memang umumnya turis lokal.

Share this post


Link to post
Share on other sites

 

ini maksudnya becandaan aja antara saya, momod @deffa dan @ameryudha ...

soalnya @ameryudha doyan banget bawa bule kesayangan nya kemana2..,, hehehe,, :D

 

ih iyeu anak ibu dra. Hj. lely nya, mana aya bule kesayangan. urg mah teu mawa, si itu na hayang milu wae. :terharu . beak modal eeeuyyy. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

ih iyeu anak ibu dra. Hj. lely nya, mana aya bule kesayangan. urg mah teu mawa, si itu na hayang milu wae. :terharu . beak modal eeeuyyy. 

@deffa ...

mooooddd !!! si amer beak modal yeuhhhh !!,, hahahahayyyy :ngakak :ngakak :ngakak

Share this post


Link to post
Share on other sites

@deffa

itu foto ga tau dimana mod,,gw tugas disana aja taun 2010 klo ga salah

ntar pas ke bandung gw bongkar hardisk PC deh,,kayanya masih ada

 

ini gw posisi di Kota Gorontalo makanya bisa internetan

klo kmaren2 posisi di pelosok makanya susah banget internetan nya :bingung

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now