• 0

Mengetahui Kelebihan Diri Sendiri


Question

Posted

Pada dasar'y d dunia ini tidak ada orang yang sempurna. Setiap orang pasti mempunyai kekurangan baik yang kita ketahui maupun yang tidak diketahui. Kita tidak boleh terlalu iri terhadap kelebihan yang orang lain miliki. Kalo menurut saya sebener'y rasa iri itu wajib di miliki untuk hal yang positif, karena kita membutuhkan hal itu untuk memotivasi diri kita supaya bisa menjadi lebih baik dari orang lain. Saya sudah mencoba hal itu dan sangat bersyukur bisa mengatasi rasa iri pada orang lain.

 

Tentang kekurangan diri sendiri, terkadang kita sering tidak menyadari bahwa di balik kekurangan yang kita miliki sebenar'y terdapat kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Bahwa kita hanya menganggap remeh hal tersebut, tapi sebenar'y kalo kita pikirkan kembali itu akan menjadi hal yang amat sangat besar dan juga penting.

 

Dulu saya pernah mengalami hal seperti itu, ketika saya sedang dalam keadaan terpuruk, saya sangat ingin sekali menukar kehidupan saya dengan orang lain, namun ternyata anggapan saya salah besar. Saya mendapatkan berkah dari perjuangan dan juga jerih payah yang telah saya lakukan, karena memang setiap masalah yang ada dalam hidup kita sudah pasti akan ada solusi'y. Jadi bagi Jalan2ers yang sedang dilanda kekecewaan dan keterpurukan harus tetap semangatlah dan jangan pernah berputus asa terhadap keburukan yang sedang dialami. Jadikan hal itu sebagai motivasi diri, dan cobalah untuk melihat lebih dalam ke diri ini, karena di dalam diri ini ada suatu kelebihan besar yang tidak pernah dimiliki oleh orang lain.

Jalan2 likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

20 answers to this question

  • 0

Posted

think positif biar tetep semangat :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kalo di psikologi ada mind mapping, salah satu alat ukurnya adalah tes minat, intinya ketika kita melakukan sesuatu dan senang melakukan hal tersebut, kita bisa melakukan hal tersebut dalam jangka waktu yang lama, sehingga kita akan terbiasa dan menjadi expert di bidang tersebut ( tanpa menimbulkan anxiety atau depresi ), maaf kalo salah . hihihi.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kalo saya seh jalanin apa ada nya optimis ke depan

yang ke belakang sebagai pelajaran untuk menjadi lebih baik heheheh :D

ulie likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

think positif biar tetep semangat :)

terkadang gak semua orang mudah untuk berpikir positif, saya bukan tipe orang yang seperti itu sebener'y. Saya justru sebalik'y adalah tipe orang yang suka berpikir negatif dalam artian positif.

 

 

kalo di psikologi ada mind mapping, salah satu alat ukurnya adalah tes minat, intinya ketika kita melakukan sesuatu dan senang melakukan hal tersebut, kita bisa melakukan hal tersebut dalam jangka waktu yang lama, sehingga kita akan terbiasa dan menjadi expert di bidang tersebut ( tanpa menimbulkan anxiety atau depresi ), maaf kalo salah . hihihi.

Iya saya setuju mba, kalo menurut saya itu juga sama seperti hobby atau kecintaan orang terhadap suatu kegiatan, yang bahkan orang bisa sangat mempertaruhkan apa yang dimiliki'y untuk hal tersebut. Saya punya contoh teman yang seperti itu.

 

 

kalo saya seh jalanin apa ada nya optimis ke depan

yang ke belakang sebagai pelajaran untuk menjadi lebih baik heheheh :D

tapi kalo menurut saya mas deffa kalo kita berpikir jalanin apa yang ada seolah kita malah pasrah dan legowo dengan apa yang kita miliki, padahal sebenar'y kita bisa memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita sendiri yang tidak di ketahui oleh orang lain.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

sayangnya kadang2 orang gak sadar dengan kelebihan yang dimilikinya atau menganggap remeh kelebihan yang dimilikinya.

untuk hal semacam ini, ada sebuah quote salah satu pakal psikologi di dunia yang paling mengena.

dia bilang, "kadang2 kekurangan yang kita miliki bisa menjadi suatu kelebihan di mata orang lain..."

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kalo di psikologi ada mind mapping, salah satu alat ukurnya adalah tes minat, intinya ketika kita melakukan sesuatu dan senang melakukan hal tersebut, kita bisa melakukan hal tersebut dalam jangka waktu yang lama, sehingga kita akan terbiasa dan menjadi expert di bidang tersebut ( tanpa menimbulkan anxiety atau depresi ), maaf kalo salah . hihihi.

iya sih kalo kita udah suka/minat rasanya tanpa beban buat melakukannya.

tapi kadang suka timbul pertanyaan "apa kesenangan/minat yg udah dilakukan ini bisa dikatakan kelebihan, kalo secara kasat mata aja bisa dinilai belum maksimal?"  :blink:

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Setiap org memang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang menjadi masalah adalah seringkali orang melihat itu ke luar, bukan melihat ke dalam. Kita seringkali ngiri sama org lain, tanpa menyadari apa yg kita miliki. Hal ini juga terjadi pada orang yang mungkin kita anggap sukses. Misalnya orang yang pintar mungkin iri dengan kecantikan orang lain. Orang yang kaya iri dengan kepintaran orang lain. Kl saja kita bisa lebih fokus mencari kelebihan diri kita dan mengembangkannya, hidup kita akan lebih bahagia :D

adel_lia likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

sayangnya kadang2 orang gak sadar dengan kelebihan yang dimilikinya atau menganggap remeh kelebihan yang dimilikinya.

untuk hal semacam ini, ada sebuah quote salah satu pakal psikologi di dunia yang paling mengena.

dia bilang, "kadang2 kekurangan yang kita miliki bisa menjadi suatu kelebihan di mata orang lain..."

Nah saya setuju tuh mas okky, Kita gak akan sadar ama kelebihan yang kita miliki sampai kita bisa merasakan sendiri hal itu atau kita mendapatkan manfaat dari kelebihan itu. Terkadang meskipun orang lain sudah berkata tentang kelebihan kita kalo kita sendiri belum merasakan tentang kelebihan kita pasti kita akan tetap merasa tidak memiliki kelebihan sehingga kita tetap harus berusaha sekuat tenaga untuk memotivasi diri.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

iya sih kalo kita udah suka/minat rasanya tanpa beban buat melakukannya.

tapi kadang suka timbul pertanyaan "apa kesenangan/minat yg udah dilakukan ini bisa dikatakan kelebihan, kalo secara kasat mata aja bisa dinilai belum maksimal?"  :blink:

 

Kalo menurut saya sich mba adel, yang nama'y minat itu bukan kelebihan, itu sich hanya sebagai penyaluran dari hasrat kita. Tapi kalo kelebihan itu adalah sesuatu hal yang kita miliki dan bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Karena belum tentu kelebihan yang kita miliki akan di miliki oleh orang lain.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Setiap org memang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang menjadi masalah adalah seringkali orang melihat itu ke luar, bukan melihat ke dalam. Kita seringkali ngiri sama org lain, tanpa menyadari apa yg kita miliki. Hal ini juga terjadi pada orang yang mungkin kita anggap sukses. Misalnya orang yang pintar mungkin iri dengan kecantikan orang lain. Orang yang kaya iri dengan kepintaran orang lain. Kl saja kita bisa lebih fokus mencari kelebihan diri kita dan mengembangkannya, hidup kita akan lebih bahagia :D

Iya setuju sekali ama pendapat mas desmaster, hampir semua orang d dunia bersikap sama seperti yang mas desmaster bilang, karena memang sifat manusia yang tidak pernah merasa puas akan kelebihan yang sudah dia miliki. Kecuali orang-orang yang mau berfikir dan melihat kekurangan yang dimiliki orang lain sehingga dia lebih mau bersyukur.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

wah...thread dan komen-komen yang super nih...

 

Kita sering mendengar Ungkapan

 

"Gajah dipelupuk mata tidak tampak, semut di seberang lautan tampak"

 

"Rumput tetangga lebih hijau"

 

Memang seringkali kita disibukkan dengan menilai-nilai orang lain, tanpa memperdulikan potensi pribadi yang masih terpendam, terkadang memerlukan hantaman besar untuk bisa mengeskplorasinya (istilah kerennya "jurus kepepet").

 

Sebenarnya mengiri kesuksekan orang lain itu ngga salah asal bisa menjadi motovasi positif untuk mengembangkan potensi diri pribadi... :P

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

wah...thread dan komen-komen yang super nih...

 

Kita sering mendengar Ungkapan

 

"Gajah dipelupuk mata tidak tampak, semut di seberang lautan tampak"

 

"Rumput tetangga lebih hijau"

 

Memang seringkali kita disibukkan dengan menilai-nilai orang lain, tanpa memperdulikan potensi pribadi yang masih terpendam, terkadang memerlukan hantaman besar untuk bisa mengeskplorasinya (istilah kerennya "jurus kepepet").

 

Sebenarnya mengiri kesuksekan orang lain itu ngga salah asal bisa menjadi motovasi positif untuk mengembangkan potensi diri pribadi... :P

Setuju sekali mba ullie, saya justru menjadikan motivasi terhadap keberhasilan dari seseorang. "Dia aja bisa masa gw kagak sich".

Pada dasar'y kita juga kan sama2 manusia yang diberi akal sama, cuma cara berpikir aja yang berbeda-beda, yang penting kita jangan pernah mau untuk selalu merendahkan diri sendiri, tapi bukan berarti haus menyombongkan diri yakh,

hehehehehe...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

terkadang gak semua orang mudah untuk berpikir positif, saya bukan tipe orang yang seperti itu sebener'y. Saya justru sebalik'y adalah tipe orang yang suka berpikir negatif dalam artian positif.

 

 

Iya saya setuju mba, kalo menurut saya itu juga sama seperti hobby atau kecintaan orang terhadap suatu kegiatan, yang bahkan orang bisa sangat mempertaruhkan apa yang dimiliki'y untuk hal tersebut. Saya punya contoh teman yang seperti itu.

 

 

tapi kalo menurut saya mas deffa kalo kita berpikir jalanin apa yang ada seolah kita malah pasrah dan legowo dengan apa yang kita miliki, padahal sebenar'y kita bisa memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita sendiri yang tidak di ketahui oleh orang lain.

orang yang suka berpikir negatif dalam artian positif.  hmmm bingung saya... hahahah

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

orang yang suka berpikir negatif dalam artian positif.  hmmm bingung saya... hahahah

Hahahahaha, saya juga ragu pas menuliskan'y,,

begini saya ambil contoh,

Keika saya sedang butuh bantuan, ada orang yang tiba2 menolong, nah yang dimaksud berpikiran negatif adalah saya akut merepotkan orang tersebut karena telah menyusahkan orang itu. Padahal sebener'y orang yang membantu itu gak merasa d repotkan.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Hahahahaha, saya juga ragu pas menuliskan'y,,

begini saya ambil contoh,

Keika saya sedang butuh bantuan, ada orang yang tiba2 menolong, nah yang dimaksud berpikiran negatif adalah saya akut merepotkan orang tersebut karena telah menyusahkan orang itu. Padahal sebener'y orang yang membantu itu gak merasa d repotkan.

oh hahah saya kira kayak waspada biar ga kenapa2.. 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

hahahaha, gag lah mas @redocean ...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

hmmm... kalau ngomongin kayak gini, jadi keinget dengan status FB seorang teman hari ini. Dia seorang pecinta buku, sejak kecil suka baca buku dan nggak suka itu yang namanya matematika or hitung2an. Bayangkan saja, masih SD bacaannya udah buku berat semacam pramoedya ananta toer dll. 

 

Nah, tapi yang menjadi permasalahan bukan dari dirinya. Tapi dari lingkungan. Di sekolah, dia kerap disebut bodoh oleh guru SDnya. Padahal saat ini, dengan modal suka bacanya tersebut, dia berhasil menjadi salah satu mahasiswi jurnalistik yang memiliki nilai bagus di kampus. Lulus 3.5 tahun, jadi salah satu peserta pertukaran pelajar dan kini menjadi reporter di koran nasional. 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

hmmm... kalau ngomongin kayak gini, jadi keinget dengan status FB seorang teman hari ini. Dia seorang pecinta buku, sejak kecil suka baca buku dan nggak suka itu yang namanya matematika or hitung2an. Bayangkan saja, masih SD bacaannya udah buku berat semacam pramoedya ananta toer dll. 

 

Nah, tapi yang menjadi permasalahan bukan dari dirinya. Tapi dari lingkungan. Di sekolah, dia kerap disebut bodoh oleh guru SDnya. Padahal saat ini, dengan modal suka bacanya tersebut, dia berhasil menjadi salah satu mahasiswi jurnalistik yang memiliki nilai bagus di kampus. Lulus 3.5 tahun, jadi salah satu peserta pertukaran pelajar dan kini menjadi reporter di koran nasional. 

Wahh keren banget tuhh mas temen mas, saya yakin dia menjadikan motivasi kata2 orang yang sudah meremehkan dia. Nah ini saya setuju, pasti teman mas tersebut mempunyai kelebihan lain yang orang justru gak tau, dan hanya melihat sekilas saja, orang baru sadar saat dia sudah berhasil membuktikan kelebihan yang dia punya. Jadi kita pun jangan terlalu mengusik orang yang merendahkan kita, jadikanlah hal itu sebagai motivasi untuk diri kita supaya menjadi lebih maju lagi.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

ini kaya pertanyaan waktu interview pekerjaan, dan kalau interiew standart jawabannya, pekerja keras, rajin, suka tantangan, suka coba hal baru, cepat belajar, ramah, senang bekerja dalam team.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

ini kaya pertanyaan waktu interview pekerjaan, dan kalau interiew standart jawabannya, pekerja keras, rajin, suka tantangan, suka coba hal baru, cepat belajar, ramah, senang bekerja dalam team.

Hahahahaha,.

tapi terlepas dari itu ini sering terjadi d dunia nyata koq mas, bukan hanya sekedar untuk interview saja, saya sering mengalami...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now