ryaryuu

Tips Low Cost Carrier Flight Indonesia, ini hal yang harus anda ketahui mengenai maskapai murah Indonesia

18 posts in this topic

 Apakah Low Cost Carrier Flight itu ?

 

 

Istilah Penerbangan “low cost†atau sering disebut LCC (low cost carrier). LCC sering juga disebut sebagai Budget Airlines atau no frills flight atau juga Discounter Carrier. LCC merupakan model penerbangan yang unik dengan strategi penurunan operating cost. Dengan melakukan efisiensi cost di semua lini, maskapai melakukan hal-hal diluar kebiasaan maskapai pada umumnya, Kalau airlines pada umumnya melakukan penambahan layanan yang memiliki value added dengan penambahan catering, penyediaan newspaper atau magazine, in flight entertainment, in flight shop, lounge, free taxy after landing, exclusive frequent flier services, dan lain sebagainya. Berlawanan dengan hal itu, Low cost carrier melakukan eleminasi layanan maskapai tradisional yaitu dengan pengurangan catering, minimize reservasi dgn bantuan teknologi IT sehingga layanan nampak sederhana dan bisa cepat ( Wikipedia, diakses 22 maret 2013)

Mana saja Low Cost Carier Flight di Indonesia ?

 

Air Asia  , merupakan maskapai Malaysia yang memiliki tariff rendah , dimana memiliki penerbangan domestic dan internasional di seluruh region di Asia. Pusat kantornya adalah di Malaysia.  Sedangkan di Indonesia pusat Air Asia adalah di Jakarta dan Denpasar Bali. 

12-12.jpeg

Citilink , Merupakan salah satu penerbangan murah yang dipelopori Garuda Indonesia. Berdiri tahun 2001 dimana memiliki manajemen diluar Garuda Indonesia. Pusat Citilink di Surabaya, dan diharapkan menjadi salah satu perusahaan terbesar dalam Low Cost Carier Flight di Indonesia

 

20050905_mandala_crash.jpg

 

Lion Air, Merupakan maskapai swasta terbesar di Indonesia , berdiri tahun 1999 dan beroperasi semenjak tahun 2000 dengan memulai penerbangan Jakarta Pontianak.  Merupakan salah satu maskapai dengan system ticketing terbaik karena memiliki 12 kelas tiket di setiap penerbangannya dimana mereka akan memastikan bahwa setiap penerbangan tidak mengalami kerugian.  Saat ini, Lion memiliki 60 Armada dimana tahun 2011 Lion telah memesan 230 pesawat dan sejak saat itu melakukan 3300 penerbangan dalam waktu satu minggu, total penumpang hingga tahun 2011 mencapai 27 juta penumpang. 

 

Mandala Airlines,  DIberi nama Mandala karena terinspriasi oleh sebuah lambing sanskerta yang berarti Alam semesta, lambing tersebut sekarang ini menjadi lambing pesawat ini.  Dahulu merupakan penerbangan bertarif rendah pada tahun 1969, dimana pusatnya adalah di Cengkareng. Sebelum beroperasi mengangkut public, Penerbangan Mandala adalah penerbangan untuk militer. Mandala mengoperasika 17 tujuan domestic dan 3 tujuan Internasional ( Hongkong, Makau, Singapura) .  Pada tahun 2011 Mandala mengumumkan bahwa mereka tidak bisa beroperasi dan menunda semua penerbangan dengan angka kerugian mencapa Rp.2 , 45 T. Pada tahun yang sama, sebuah perusahaan Singapura yaitu Saratoga yang mengambil 51 persen sahamnya, dan juga perusahaan Tiger Airways mengambil 33 persen sahamnya juga, sehingga pada tahun 2012 Mandala kembali lagi beroperasi. 

 

Bagaimana dengan perubahan , pemesanan tiket, dan pengembalian uang di masing-masing maskapai ?
 

Air Asia, Merupakan sebuah maskapai yang memiliki system ticketing online, anda tidak perlu chek in untuk online, nanti ketika anda memesan tentu saja anda mendapatkan e-ticket. Tapi anda bisa merubah pemesanan anda walaupun e ticketing. Ada beberapa kondisi dimana anda tidak bisa merubah nama anda tentu saja. Untuk setiap perubahan, baik nama , rute, atau tanggal, anda dikenai Rp. 165.000 diluar selisih yang mungkin terjadi.

Kondisi untuk perubahan penerbangan Air Asia bisa dilakukan dalam jangka waktu 48 jam sebelum waktu keberangkatan pesawat. Dengan kondisi sebagai berikut : 

 

• Jika harga penerbangan baru yang dipesan lebih rendah daripada penerbangan yang telah dibatalkan, perbedaan harga tidak akan dikembalikan kepada penumpang
• Jika harga penerbangan baru yang dipesan lebih tinggi daripada penerbangan yang telah dibatalkan, selisih harga harus dibayar oleh penumpang sebelum pembatalan atau perubahan dibuat
• Perubahan tidak akan dikonfirmasi sampai dikeluarkanya perubahan pemesanan penerbangan Anda
• Perubahan rute penerbangan tidak diijinkan
Terms tambahan : semua tiket promo tidak diijinkan untuk merubah nama di tiket berlaku untuk kelas promo ekonomi dan promo premium, namun semua kelas BOLEH MERUBAH JAM PENERBANGAN dengan membayar sejumlah selisih yang tertera pada harga tiket KURANG DARI 48 JAM sebelum waktu terbang.

 

Citilink, Perubahan pada nama diijinkian dengan kondisi terdapat biaya per penumpang per sekali jalan, dan bisa merubah sampai dengan 24 jam waktu keberangkatan yang tertera di jadwal pada penerbangan tersebut. Biaya yang dikenakan biasanya 30 persen dari harga tiket. Untuk merubah jadwal penerbangan, anda bisa merubah hingga 48 jam sebelum waktu kosong untuk penerbangan yang dimaksud, asalakan masih tersedia kursi kosong. Dikenakan biaya untuk sekali jalan.  Apabila harga tiket untuk penerbangan yang baru lebih tinggi , maka anda harus membayar selisihnya, namun bila harga lebih rendah maka tidak ada pengembalian uang. Cara untuk melakukan semuanya adalah hubungi contact center 08041080808
MG_1170-resize.jpg
Untuk Lion Air , anda bisa menghubungi 0804 1 778899,  nanti anda akan disuruh untuk web chek in terlebih dahulu, biaya yang dikenakan biasanya 50 persen dari total tiket yang anda bayarkan. Lion Air memiliki kebijakan yang sedikit ketat dalam hal perubahan nama ataupun jam penerbangan. 


Bagaimana Sistem Chek in ?

 

Air Asia,  konter Chek in Air Asia di Bandara biasanya buka 3 jam sebelum dan tutup satu jam sebelum pesawat berangkat. Batas waktu chek in biasanya tidak terbatas, tergantung penerbangan dan bandara. Biasanya ketika anda memesan tiket , setiap petugas tiket akan mengingatkan anda untuk chek in maksimal 1 jam sebelum pesawat terbang. Ketika anda chek in, anda diminta untuk identitas diri anda, bila anda tidak bisa menunjukan data diri, maka anda tidak bisa chek in.  Air Asia sendiri memiliki fasilitas Self Chek in dimana anda bisa chek in dari konter yang tersedia di dalam Bandara. Selain itu juga , anda bisa chek in online melalui web http://airasia.com .  Harap diingat bahwa ketika anda web chek in, anda akan diberi boarding pass dimana boarding pass tersebut akan di validasi lagi di Bandara, sebelum di validasi maka anda tidak bisa lewat pintu keberangkatan. Selain lewat web, Air Asia juga bias chek in lewat ponsel, dimana anda bisa mengakses menggunakan WAP 7 hari sebelum keberangkatan.  Perlu diketahui bahwa Mobile Chek in akan menghasilkan kode bar 2 D dimana anda akan menerima verifikasi barcode yang harus ada tunjukan di Bandara kepada petugas. Nanti di Bandara anda akan dibantu mencetak boarding pass dan memvalidasi boarding pass anda. 

 

Citilink, Citilink hanya menyediakan meja lapor di Bandara saja. Anda bisa chek in 2 jam sebelum keberangkatan dan ditutup 30 menit sebelum keberangkatan. Penumpang yang kurang dari 30 menit dan ingin chek in akan ditolak dan kehilangan atas kursi. 

Kartu yang bisa dipakai untuk maskapai Citilink :
• Paspor yang masih berlaku
• Kartu Tanda Penduduk (KTP) berfoto yang masih berlaku
• Surat Izin Mengemudi (SIM) berfoto yang masih berlaku
• Kartu pelajar berfoto yang masih berlaku
• Kartu identitas militer berfoto yang masih berlaku
• Surat perintah/lencana kepolisian yang masih berlaku
• Kartu pas karyawan Bandara yang berlaku
• Anak dalam paspor orang tua adalah bentuk identitas yang dapat diterima
• Penumpang harus memperlihatkan akta lahir bayinya pada saat lapor diri

 

Lion Air,  Waktu chek in Lion Air dibuka 2 jam sebelum keberangkatan dan ditutup 45 menit sebelum terbang. Sedangkan penerbangan internasional, konter chek in sudah buka 3 jam sebelum waktu keberangkatan dan tutup  45 menit sebelum waktu keberangkatan. Gerbang boarding akan ditutup 15 menit sebelum anda berangkat.  Bila anda tidak muncul saat boarding, anda tidak bisa naik pesawat dan tiket anda akan dianggap hangus.  Untuk pemegang passport Lion Air, anda bisa menikmati prioritas chek in buka http://lionair.com untuk lebih jelas mengenai passport lion air ini.  Web Chek In Lion air sangat fleksibel, anda bisa menghemat waktu banyak tanpa harus chek in di Bandara. Boarding pass bisa adna cetak 24 jam hingga 4 jam sebelum waktu berangkat. Bila anda hanya membawa tas jinjing, maka anda dapat langsung menuju pintu gerbang. 

 

Perlu diperhatikan, semua penerbangan memiliki kewajiban untuk memeriksa data diri anda yaitu

dengan kartu identitas yang masih berlaku ketika chek in, tanpa hal tersebut kemungkinan anda tidak dapat terbang. Apabila ada suatu hal terjadi , maka anda sebaiknya menghubungi pihak maskapai untuk mendapatkan win-win solution.

2012-06-11-airline-fare-rules.png

Trik : Apabila anda tidak bisa pergi pada tanggal tersebut, dan anda menjual tiket anda kepada seseorang maka jenis kelamin orang yang akan chek in harus sama dengan anda, setidaknya anda bisa pinjam ktp orang tersebut, hal tersebut berguna untuk penerbangan memakai Lion Air. Sedangkan untuk Citilink agak sulit karena mereka biasanya memeriksa kemiripan foto dengan tampilan anda. Air Asia juga begitu, namu bila anda memakai Air Asia, anda bisa meminjamkan kartu NPWP sebagai pengganti identitas diri yang sah ( non foto) jadi anda bisa dengan mudah melewati gerbang chek in dengan harga tiket murah bukan ?

 

 

 

Informasi lain-lain

 

Berikut ini adalah informasi menenai serba serbi maskapa Air Asia, Citilink, Mandala dan Lion Air yang belum banyak penumpang tahu. Hal yang dibahas meliputi bagasi ( ukuran, jumlah, batas maksimum), transit, dan pembelian tiket dengan rombongan ( charter pesawat).

 

Air Asia


Bagasi

 

Aturan yang diterapkan oleh Air Asia adalah semua penumpang diperbolehkan membawa satu tas dengan dimensi 56cmx36cmx23cm dengan berat tidak melebihi 7Kg. Tas anda bisa disimpan di kompartemen atau di bawah kursi anda. Berat yang berlebihan bisa menyebabkan anda terkena charge.  Untuk bagasi yang bukan hand carry, anda boleh membawa bagasi/koper dengan dimensi 81x119x119 cm. Batas maksimal yang diperbolehkan adalah 30kg, bila anda melebihi berat tersebut setiap Kg nya akan dikenai charge Rp. 60.000 per 1-15 kg nya.  Peralatan olahraga seperti   Peralatan olahraga seperti pancing besar, peralatan anggar, papan surfing dan peralatan selancar angin, peralatan ski air/salju, para layang, parasut tidak bisa dibawa oleh maskapai Air Asia. 

Ini dia Peraturan Bagasi yang ditetapkan oleh maskapai Air Asia :

• Karena alasan keamanan, drop off bagasi hanya bisa dilakukan pada waktu yang telah dijadwalkan. Untuk penerbangan domestik Indonesia AirAsia bagasi drop / konter periksa dokumen perjalanan tersedia di semua bandara, konter buka selama 3 jam dan tutup 60 menit sebelum waktu keberangkatan yang telah di jadwalkan.
• Tidak ada batasan jumlah dan berat bagasi yang diperiksa, asalkan biaya yang relevan dan akan dikenakan biaya dibayar
• Anda dapat menggabungkan bagasi yang diperiksa dengan rekan perjalanan Anda, asalkan Anda bepergian dalam jumlah pemesanan yang sama dan hadir secara bersama saat check in di konter.
• Tidak ada pemeriksaan bagasi penyisihan untuk anak / bayi - berat bagasi yang diperiksa harus dipesan sebelumnya atau akan dikenakan tarif pada saat check-in di bandara. AirAsia memungkinkan kereta bayi / kereta jalan bayi / keranjang bayi untuk dibawa gratis.
• AirAsia menawarkan pemeriksaan bagasi gratis bagi item berikut: kereta bayi / keranjang bayi, kursi roda manual, alat mobilitas dan alat bantu berjalan
• Hewan peliharaan tidak diperbolehkan di penerbangan AirAsia


 

Air asia juga melayani pembelian tiket pesawat dengan grup, diskonnya sangat besar. Untuk kepergian keluar negeri anda bisa mendapat diskon sebesar maksimal 20 persen dengan minimal keberangkatan 15 orang. Selain itu , Air Asia juga menyediakan pesawat untuk di charter, lihat http://www.airasia.com untuk lebih jelasnya.

 

Citilink

 

Bagasi

 

Penumpang citilink yang membawa bagasinya ke dalam pesawat diperbolehkan membawa satu buah tas standart dengan maksimum berat 7kg dengan ukuran 50x36x15cm dimana bila berat dan ukurannya melewati ukuran standar maka akan diperlakukan seperti bagasi yang dititpkan dan akan dimasukan ke dalam ruang bagasi pesawat.   Sebagai tambahan, penumpang dapat membawa Bagasi yang Tidak Dititipkan, seperti tas tangan, tas wanita, jaket, payung, komputer jinjing, dan kamera, ke dalam kabin pesawat. Semua Bagasi yang tidak memenuhi standar di atas akan dikenakan biaya tertentu. Jumlah maksimal bagasi yang ditanggung oleh citilink adalah 20kg per penumpang. Dikenai biaya tambahan untuk penitipan bagasi ( max 32 Kg per bagasi).

 

Ada beberapa barang yang akan dikenai charge tambahan ketika anda chek in, yaitu :

 
• Papan selancar angin, papan selancar, papan layar, paralayang (IDR 100,000)
• Kereta bayi, kereta lipat, kursi dorong, keranjang bayi, dudukan mobil untuk bayi, kursi roda lipat (IDR 50,000)
• Tas golf (IDR 100,000)
• Alat musik (IDR 100,000)

 

Aturan lain yang harus anda ketahui mengenai penundaan pesawat adalah bila anda di kota transit pesawat di batalkan atau ditunda hingga 1 jam, maka anda berhak untuk dipindahkan ke penerbangan citilink lain untuk mencapai kota tujuan akhir . Jika anda memilih untuk tidak melanjutkan penerbangan anda, maka citilink akan mengembalikan uang tiket untuk penerbangan lanjutan yang tertunda atau dibatalkan termasuk pajak, asuransi, dan biaya tertentu.

Citilink menyediakan tempat bagi anda yang akan bepergian berombongan dengan kuota minimal 10 orang. Dimana harga yang diberikan akan lebih murah sekitar 10 persen. Pemesanan dapat diterima sampai dengan 24 jam sebelum waktu keberangkatan yang dimaksudkan, dengan catatan masih tersedia tempat duduk kosong dan pembayaran telah dilakukan dengan penuh. Untuk perubahan nama dikenakan biaya tambahan, pengembalian tidak dapat dilakukan setelah pesanan ditetapkan.

 

Mandala Airlines

 

 

Bagasi Mandala Airlines

 

Sama seperti kebanyakan LCC , bagasi yang diperbolehkan Mandala untuk dibawa oleh penumpangnya adalah seberat 30 Kg. sedangkan untuk bagasi tangan Mandala memperbolehkan anda membawa hand carry luggage seberat 10 kg atau dengan dimensi 50 x25 x 40 cm. Bila ada kelebihan , anda harus membayar ekstra untuk hal ini, andapun dapat membeli “ second hand carry luggage†pada saat chek in apabila ditasa diperlukan, berat untuk bagasi ini adalah 7 kg.  Bagasi ekstra kedua yang bisa anda beli ( ekstra luggage) bisa anda beli maksimal 20 kg , apabila anda duduk di kelas bisnis anda bisa membeli seberat 25 Kg. 

 

Mandala sendiri memiliki armada-armana baru yang umurnnya berumur kurang dari 10 tahun. Pada tahun 2009, Mandala membeli jenis pesawat dengan jenis Airbus A320. Armada Mandala sendiri yang paling tuaadalah tahun 1993.  Jadi , anda TIDAK PERLU KHAWATIR MENGENAI ARMADA YANG BEROPERASI KARENA TERMASUK BARU.

 

Saat ini, Mandala membuka rut eke berabgai tujuan baik domestic maupun internasional dengan afiliasi dengan Tiger Airways. Semua manajemennya diatur oleh perusahaan berbasis Singapura ini. Maka dari itu , dengan adanya pembaharuan diharapkan Mandala keluar dari Blacklist Europe Union untuk keselamatan penerbangan.

 

Lion Air

 

Lion Air merupakan maskapai Fair yang memasukan semua tarifnya untuk bagasi, asuransi, pajak , dll. Harga yant tertera pada web semua sudah All In. tersedia berbagai macam tujuan/ rute ke seluruh Indonesia dan beberapa region Asia Tenggara, namun sekarang ini Lion Air jarang melakukan Promo  penggantinya adalah bila anda memesan jauh-jauh hari maka biayanya akan sagat rendah. Selain itu , Lion Air adalah maskapai yang tergolong ketat soal pengembalian dana dan perubahan jadawal , maka dari itu sekali anda membeli maka semuanya dianggap telah fix. Bagi anda yang akan pergi ke satu rute dan menjual tiket anda ke orang lain, jangan khawatir Lion Air tergolong longgar atas hal ini.
Bagasi

 

Untuk Bagasi, harga tiket yang anda bayarkan sudah termasuk bagasi tentunya ( ini adalah kelebihan Lion Air dibandingkan Air Asia dimana semuanya sudah jelas dan fix) berat maksimum untuk Hand Carry Luggage adalah 10kg dengan dimensi  40 cm x 30 cm x 20 cm ( terkadang bila anda melebihi ketentuan si petugas chek in pasti memperbolehkan, inilah kelebihan lain Lion Air). Baik untuk penerbangan domestic maupun internasional Lion Air memiliki kebijakan yang sama soal bagasi tangan ini.


Untuk Bagasi titipan , kelas ekonomi mendapatkan bagasi seberat 20kg sedangkan untuk kelas bisnis anda mendapatkan berat 30kg. Sedangkan untuk seorang bayi, anda bisa membawanya dengan gratis namun tanpa bagasi ( maka tidak heran di pesawat Lion Air banyak bayi, Lion Air tidak mengangkut bayi yang berumur kurang dari 7 hari dan untuk umur bayi tersebut harus kurang dari 2 tahun untuk mendapatkan free flight).

 

 

Informasi Lain Mengenai Lion Air

 

Perbedaan Lion Air untuk kelas bisnis dan ekonomi adalah pada temapt duduk dengan pitch 38†bukan 29’ ( Lion Air mengatakan pitch ekonomi adalah 31-32 namun bila anda bandingkan dengan citlink, maka pitch nya lebih kecil Lion Air ). Selain itu , makanan disediakan pada kelas bisnis. Kelas Ekonomi harus membeli makanan dengan menu yang telah tersedia ( layaknya penjaja makanan di kereta). Jangan heran ruang tunggu Lion Air sangat penuh untuk rute tertentu, saat depart pun, orang yang masuk biasnaya berjibun, maka anda harus bersabar ekstra dan jangan marah-marah (hal ini banyak terjadi saat pengaturan tempat duduk

 

Wings Air by Lion Air

Apabila anda menyangka Wings Air adalah sebuah LCC lain, maka anda salah . Wings Air adalah anak perusahaan dari Lion Air. Layaknya Garuda dan citlink atau Singapura Airlines dengan Silk Air. Namun perbedaan Lion Air dengan Wings Air berada di tingkat pelayanan seperti 
 

• Lion Air beroperasi pada rute jarak jauh/ lebih populer dan sebagian besar menggunakan pesawat Boeing 737-900ER. Wings Air beroperasi pada rute yang lebih pendek / kurang populer dan menggunakan pesawat lebih kecil ATR72-500.
• Batas bagasi Lion Air di kelas ekonomi adalah 20kg. Wings Air memiliki batasan (tapi tidak ketat) bagasi lebih kecil: 15kg.
• Lion Air menawarkan kelas bisnis / eksekutif pada beberapa rute, sementara Wings Air berfokus pada kelas dasar saja.

Jalan2, mone, adel_lia and 2 others like this

Share this post


Link to post
Share on other sites

wuih dari judulnya panjang bener menarik untuk disimak neh

tapi bner juga si mba low cost apakah terjamin keselamatan

than again mw low cost atw high cost soal keselamatan emang tanda tanya

tapi kalo bisa diperkecil resiko lebih baik :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

wuih dari judulnya panjang bener menarik untuk disimak neh

tapi bner juga si mba low cost apakah terjamin keselamatan

than again mw low cost atw high cost soal keselamatan emang tanda tanya

tapi kalo bisa diperkecil resiko lebih baik :D

 

yah selamat gak selamat mah udah ada yang ngatur. 

itu diatas saya kasih trik supaya mas @deffa kalo batal pergi ke bali atau kemanapun bisa mereschedule jadwal penerbangan.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wahh info'y bagus mba, emang terkadang banyak maskapai yang kalau kita tidak begitu tahu jelas tentang rule yang ada malah akan merugikan kita sendiri. Bukan'y dapat penerbangan murah tapi justru malah menambah biaya penerbangan kita yang d luar dugaan pasti'y. So kita harus membaca dengan teliti segala peraturan yang ada. Oia mba sekarang citilink udah bisa web check in koq kaya air asia.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wahh info'y bagus mba, emang terkadang banyak maskapai yang kalau kita tidak begitu tahu jelas tentang rule yang ada malah akan merugikan kita sendiri. Bukan'y dapat penerbangan murah tapi justru malah menambah biaya penerbangan kita yang d luar dugaan pasti'y. So kita harus membaca dengan teliti segala peraturan yang ada. Oia mba sekarang citilink udah bisa web check in koq kaya air asia.

 

di web nya memang ada, tapi kenyataannya bulan februari kemaren saya ke surabaya sih belum bisa mas. tapi ga tahu kalo bulan maret ini udah bisa. nanti mungkin saya chek lagi. hihihi.

 

ih di like dong kalo di rasa bermanfaat, jangan lupa di rate juga. kan kalo pinjam istilah kaskus budayakan cendol dan rate. hihihi.

Share this post


Link to post
Share on other sites

@deffa saya mau jadi aja ah ke bali nya. hihi. mas deffa besok ya lihat ubud festival itu ?

gak jadi mba batal tiket konsernya mahal banget tryta 1,5 juta :(

bisa tiket PP itu, tapi temen ku jadi kesana

kapan tuh ke bali nya hehehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

di web nya memang ada, tapi kenyataannya bulan februari kemaren saya ke surabaya sih belum bisa mas. tapi ga tahu kalo bulan maret ini udah bisa. nanti mungkin saya chek lagi. hihihi.

 

ih di like dong kalo di rasa bermanfaat, jangan lupa di rate juga. kan kalo pinjam istilah kaskus budayakan cendol dan rate. hihihi.

Owh jadi yang d web tuh gak berfungsi.

Udah mba, maklum sich saya gak biasa maen kaskus mba cuma punya akun'y aja. Cuma sering d twitter ama fb doang mba. forum Indo cuma fanpage dari beberapa film aa yang gak ada rate,

mian...

Share this post


Link to post
Share on other sites

gak jadi mba batal tiket konsernya mahal banget tryta 1,5 juta :(

bisa tiket PP itu, tapi temen ku jadi kesana

kapan tuh ke bali nya hehehehe

 

antara akhir bulan ini atau akhir bulan depan mas. tapi kayanya ahir bulan ini ( minggu depan) saya search tiket sekali jalan dari Jakarta Rp. 935.000 tuh, hihihi. sesak lah buat saya bayar segitu , maklum kuli nih. hihihi.

kalo ngga ya paling mei deh. kenapa mas ? ada rencana pergi juga ? tiket dari bandung murah kayanya nih.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Owh jadi yang d web tuh gak berfungsi.

Udah mba, maklum sich saya gak biasa maen kaskus mba cuma punya akun'y aja. Cuma sering d twitter ama fb doang mba. forum Indo cuma fanpage dari beberapa film aa yang gak ada rate,

mian...

 

pengalaman saya sih gitu mas, aduh itu saya penerbangan jam 11.40 tapi jam 11.00 saya masih di jalan mas, makanya saya buru2 web chek in, eh tahunya gak berfungsi, untung si mas2 di bandara nya boarding gate nya 15 menit sebelum terbang masih dibuka ko. hihihi. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

pengalaman saya sih gitu mas, aduh itu saya penerbangan jam 11.40 tapi jam 11.00 saya masih di jalan mas, makanya saya buru2 web chek in, eh tahunya gak berfungsi, untung si mas2 di bandara nya boarding gate nya 15 menit sebelum terbang masih dibuka ko. hihihi. 

Wahh baik banget tuhh yang jaga boarding gate padahal 15 menit lagi mw terbang. Padahal kan standard'y setengah jam udah d tutup tuhh.

Share this post


Link to post
Share on other sites

@ryaryuu ya selalu ada planning utk liburan hehehe

akhir bulan emang long weekend tuh jadi maharena eh mahal tiketnya

saran seh mei aja :D

kabarin aja klo mw berangkat siapa tw bareng hehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

makasih ya. hhihihi.

Iyahh.. bisa lengkap banget nih mbk :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now

  • Similar Content

    • By vie asano
      “Aduh, gue sibuk banget nih! Mana sempat kepikiran buat jalan-jalan?”
      “Gue sekarang kerja full time, sob. Jadi nggak sempat lagi untuk jalan-jalan.”
      “Wah, kamu kayaknya jalan-jalan terus nih. Waktunya senggang banget ya?”
      “Kok kamu bisa liburan sih? Bukannya masih kuliah/kerja ya?”
      “Enak ya kalau masih single, bisa traveling kapan saja. Kalau sudah berkeluarga sih susah cari waktu yang tepat buat jalan-jalan!”
      Pernah mengucapkan salah satu kalimat di atas? Atau mungkin pernah mendengar orang lain berkata seperti itu? Maka selamat ya, berarti kalian sudah bersinggungan dengan salah satu masalah klasik dalam dunia per-traveling-an, yaitu masalah waktu.
      Selain masalah budget, alokasi waktu untuk jalan-jalan memang kerap menjadi masalah bagi mayoritas traveler, maupun bagi mereka yang punya teman yang hobi jalan-jalan. Sedikit banyak, mereka yang masih duduk di bangku sekolah, kuliah, ataupun yang sudah kerja full time, pasti akan merasa kalau kegiatan sehari-hari di sekolah atau di kantor sudah sangat menyita waktu. Dengan jadwal sepadat itu, mana mungkin punya waktu untuk jalan-jalan! Bisa duduk santai sambil main game atau baca buku setelah pulang sekolah/kerja saja rasanya anugerah banget. Setuju?
      Di sisi lain, pernah nggak kalian bertanya-tanya dalam hati. Si A rasanya sudah kerja full time, tapi kok sepertinya bisa jalan-jalan dengan leluasa? Atau mungkin kalian merasa bingung, kenapa si B yang notabene masih sekolah, kayaknya bisa traveling secara rutin. Idih, bikin mupeng saja! Kok bisa ya hidup nggak adil seperti itu?
      Tenang, jangan dulu merasa iri dengan mereka yang bisa traveling secara leluasa. Kalian yang masih sekolah, kuliah, maupun kerja full time pun tetap bisa mencuri waktu untuk jalan-jalan kok. Salah satu tips yang paling utama adalah dengan merencanakan aktifitas traveling sebagai agenda utama, dan mengatur agar kegiatan lain bisa mendukung terlaksananya agenda traveling tersebut. Detail tips lainnya bisa kalian simak dibawah ini:
      *             *             *             *             *
      1. Mulailah Dengan Melihat Kalender, dan Tandai Waktu Liburan yang Kalian Punya di Tahun Ini.

      Tandai waktu liburan di kalender, via krismasolutions
      Kesibukan saat sekolah maupun saat kerja kerap membuat kita tenggelam dalam rutinitas yang membosankan. Belum lagi ditambah dengan masalah kemacetan yang akan membuat durasi waktu di luar rumah semakin bertambah panjang. Ujung-ujungnya, kita akan merasa terlalu sibuk dan jenuh, sampai-sampai merasa nggak punya waktu untuk liburan.
      Padahal, belum tentu juga kita betul-betul terlalu sibuk untuk liburan dan jalan-jalan. Untuk mengetahui seberapa banyak waktu luang yang kita miliki, coba ambil kalender. Kemudian, tandai kapan saja kalian akan mendapat waktu untuk liburan.
      Sebagai contoh, pada momen Idul Fitri dan Natal, biasanya kalian akan memiliki waktu untuk berlibur antara 7-10 hari. Kadang ada juga yang lebih dari itu. Normalnya, mereka yang sudah memasuki dunia kerja akan memiliki waktu libur kira-kira 14 hari/tahun, dan lebih (jika dihitung dengan waktu istirahat di akhir pekan). Jumlah hari libur tersebut akan semakin bertambah jika kalian menghitung waktu cuti bersama yang kerap terjadi menjelang akhir pekan.
      Sedangkan untuk kalian yang masih sekolah atau kuliah, coba cari tahu kapan saja kalian mendapat libur sekolah. Biasanya kalian akan dapat libur saat periode kenaikan kelas, maupun saat Semester Pendek dimulai. Cari tahu juga kapan saja kalian akan mendapat libur tambahan, seperti pada saat pelaksanaan Ujian Nasional dimulai (khusus bagi siswa yang tidak melaksanakan UN), maupun menjelang akhir tahun dan tahun baru.
      Setelah menandai hari-hari libur yang kalian miliki dalam waktu setahun, jangan kaget saat mengetahui jika kalian sebetulnya memiliki cukup waktu untuk liburan dan jalan-jalan. Mau coba?
      *             *             *             *             *
      2. Tahap Selanjutnya, Mulailah dengan Menandai Kapan Saja Kalian Bisa Mengambil Libur Tambahan atau Cuti Tambahan.

      Ilustrasi liburan, via thestar
      Setelah mengetahui waktu libur yang kalian miliki dalam waktu setahun, cobalah untuk menandai kapan saja kalian bisa mengambil libur tambahan maupun mengajukan cuti tambahan. Untuk kalian yang masih sekolah maupun kuliah, kalian bisa mengira-ngira kapan momen terbaik untuk mengajukan ijin tidak mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar selama beberapa hari tanpa mengganggu waktu ujian maupun kegiatan praktek.
      Begitu juga dengan yang sudah bekerja, mulailah dengan mencari momen terbaik untuk mengajukan cuti tambahan. Lebih baik lagi jika libur tersebut diajukan menjelang atau setelah hari libur resmi, sehingga kalian nggak perlu ijin terlalu lama dari sekolah maupun kampus.
      Sebagai contoh, kalian bisa menandai kapan hari libur nasional yang jatuh pada hari Rabu atau Kamis. Untuk menambah waktu libur, kalian bisa mengajukan ijin/cuti pada hari Kamis-Jumat atau Jumat saja, sehingga kalian akan memperoleh waktu libur yang cukup panjang (Rabu-Minggu). Lumayan kan jika digunakan untuk jalan-jalan?
      Tapi, jika memang nggak bisa untuk mengajukan cuti maupun libur tambahan, jangan memaksakan diri ya. Bagaimanapun, pekerjaan dan sekolah itu penting. Jangan sampai kalian malah kehilangan kesempatan kerja, maupun ketinggalan pelajaran, hanya demi memaksakan diri supaya bisa jalan-jalan sesuka hati.
      *             *             *             *             *
      3. Weekend Itu Anugrah, dan Wajib Dimanfaatkan Sebaik Mungkin.

      Ilustrasi liburan, via yourgrandtour
      Gimana kalau ternyata kalian betul-betul sibuk dan tak punya banyak waktu untuk traveling? Tenang, setidaknya kalian masih punya libur di akhir pekan. Mayoritas orang memiliki waktu libur di akhir pekan (Sabtu dan Minggu), atau setidaknya 1-2 hari lainnya dalam seminggu. Jika jadwal kalian memang betul-betul padat, manfaatkan waktu libur mingguan tersebut dengan sebaik mungkin.
      Caranya? Keluarlah dari rumah. Dua hari mungkin sebuah waktu yang terlalu singkat untuk menaklukkan Mount Everest, namun cukup banyak untuk kalian mengeksplorasi kota tempat tinggal kalian. Cari tempat baru yang belum pernah kalian kunjungi. Coba coffeeshop baru yang belum pernah kalian cicipi. Berburu foto aneka landmark di kota kalian. Intinya sih, saat waktu libur mingguan tiba, bangunlah dari tempat tidur dan kreatiflah menyusun agendamu.
      *             *             *             *             *
      4. Ubahlah Mindset Tentang Traveling dan Liburan, Maka Kalian Akan Kaget dengan Hasilnya.

      Ilustrasi traveling sebagai petualangan dan eksplorasi, via flipkey
      Coba renungkan sejenak makna traveling bagi kalian. Menurut kalian, traveling itu apa sih? Apakah yang namanya traveling itu harus melulu identik dengan naik pesawat terbang dan pergi sejauh mungkin? Atau mungkin kalian beranggapan jika traveling itu haruslah perjalanan lintas negara, dan baru sah jika ada cap baru di buku passport?
      Percaya atau tidak, mindset seperti itulah yang kerap membuat kita merasa nggak punya waktu untuk traveling. Padahal, jika dilihat dari point 1 dan 2, kalian akan tahu jika sebetulnya waktu untuk liburan itu ada, dan jumlahnya pun cukup banyak. Namun, jika definisi kalian tentang traveling identik dengan “naik pesawat”, “passport”, dan “visa”, jangan heran jika kalian merasa terlalu sibuk untuk jalan-jalan. Persis seperti istilah yang dipopulerkan oleh group band Arkarna: “so little time so much to do”.
      Agar kalian tetap bisa melakukan aktifitas traveling di tengah rutinitas kerja maupun sekolah, mulailah dengan mengubah mindset tentang traveling. Traveling itu nggak harus selalu identik dengan “naik pesawat”, “passport”, dan “visa” loh. Traveling seharusnya identik dengan “eksplorasi” dan “petualangan”, dan tak ada hubungannya dengan jarak. Dengan mindset seperti itu, aktifitas traveling bisa dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat yang tak begitu jauh dari kita, yang mungkin bisa dijelajahi dalam waktu 1-2 hari saja. Atau malah mungkin bisa dikunjungi pulang-pergi, sehingga nggak menghabiskan banyak waktu. Percaya deh, kalian akan kaget melihat betapa banyaknya destinasi traveling yang bisa kalian kunjungi tanpa terlalu menyita waktu.
      Begitu juga dengan mindset tentang liburan. Selama kalian menerapkan mindset jika “liburan = eksplorasi dan petualangan”, maka sebetulnya kalian bisa libur kapan saja. Bahkan tanpa perlu keluar rumah sekalipun. Menonton serangkaian film baru sambil bermalas-malasan di rumah, tenggelam dalam tumpukan buku baru untuk dibaca, hingga mencoba aneka resep baru; semua bisa menjadi sarana liburan hemat tanpa perlu capek-capek mengurus visa maupun memperpanjang passport. Setuju?
      *             *             *             *             *
      5. Kreatifitas Saat Menyusun Itinerary Itu Wajib, Supaya Kalian Punya Waktu Traveling yang Cukup

      Menyusun itinerary wisata, via handbooktravel
      Coba deh untuk realistis saat menentukan destinasi wisata. Jika hanya punya waktu liburan di akhir pekan, ya jangan memaksakan untuk terbang ke Raja Ampat atau pergi ke Maldives. Bisa-bisa waktu kalian habis di jalan saja. Begitu juga saat kalian punya waktu liburan seminggu penuh, jangan hanya berkutat dengan keluar masuk mall saja, atau sebaliknya malah diam di rumah dan tidur seharian. Percaya deh, hal-hal seperti itulah yang kerap membuat kita merasa nggak punya banyak waktu untuk traveling dan liburan.
      Untuk itulah perlu kreatifitas dalam menyusun itinerary wisata. Setelah mengetahui kapan saja waktu liburan yang kalian miliki, susun itinerary dengan secermat mungkin agar acara traveling berjalan efektif. Susun obyek wisata yang saling berdekatan untuk dikunjungi dalam satu waktu, sehingga waktu takkan habis terbuang untuk pindah-pindah tempat. Jika berencana untuk pergi ke luar negeri, nggak ada salahnya mengunjungi beberapa negara sekaligus selama kondisi dan budget memungkinkan. Kalian mungkin nggak akan bisa terlalu mendalami obyek wisata di negara tersebut, namun sebagai gantinya, kalian memperkaya daftar negara yang telah dikunjungi selama traveling.
      Namun jika waktu wisata betul-betul terbatas, realistislah. Jika nggak memungkinkan untuk mengunjungi beberapa obyek wisata sekaligus, setidaknya atur itinerary agar kalian bisa maksimal saat menikmati sebuah obyek wisata atau sebuah daerah. Jadi, walau waktu wisata sangat singkat, kalian tetap bisa mendapatkan pengalaman yang maksimal.
      *             *             *             *             *
      6. Pandai-pandailah Memanfaatkan Waktu Di Sela Kesibukan Mengerjakan Tugas Sekolah atau Kampus

      Ilustrasi traveling, via turna
      Kadang, sebagai pelajar maupun mahasiswa, kalian diharuskan untuk pergi ke suatu tempat untuk keperluan tugas maupun penelitian. Misalnya saja, seorang calon dokter harus menjalani pengabdian di daerah tertentu sebelum kelulusan. Atau seorang calon arsitek diwajibkan untuk mengikuti kerja praktek dan meninjau lokasi proyek di daerah tertentu. Dan beberapa SMA saat ini kerap mengadakan acara kerja bakti maupun bakti sosial di wilayah tertentu.
      Nah, pada momen seperti itu, nggak ada salahnya kok kalian sekaligus berkreasi dan mengatur jadwal agar bisa mengunjungi tempat-tempat baru di sekitar lokasi penelitian maupun praktek. Mungkin tempat yang kalian kunjungi tersebut bukan destinasi wisata major. Namun, dengan menerapkan mindset “traveling = eksplorasi dan petualangan”, semua tempat baru bisa menjadi destinasi traveling yang asyik, bukan?
      *             *             *             *             *
      7. Sedangkan Bagi Karyawan Kantor, Kalian Bisa Memanfaatkan Waktu Dinas Luar Untuk Sedikit Menghirup Udara Segar

      Ilustrasi business trip, via desired
      Ada yang sudah kerja full time di kantor? Coba telusuri kebijakan kantor kalian terkait dengan rencana perjalanan dinas. Beberapa kantor kerap menugaskan pegawainya untuk melakukan perjalanan dinas, entah itu ke kota lain, daerah lain, hingga negara lain. Biasanya alasannya beragam, mulai dari meeting, ikut seminar, pelatihan, hingga mengunjungi cabang lain dari kantor tersebut.
      Setelah mempelajari kebijakan kantor yang berkaitan dengan rencana perjalanan dinas, jangan sungkan untuk mengajukan diri agar bisa ikut dalam perjalanan dinas terdekat. Jika kalian berhasil mendapat kesempatan itu, sesegera mungkin pelajari agenda kerja yang harus dijalankan disana. Jangan lupa cari peluang untuk melakukan trip singkat selepas acara dinas. Atau jika memungkinkan, perpanjang waktu trip selama 1-2 hari. Jika beruntung, kalian bisa mengunjungi obyek-obyek wisata populer di tempat dinas kalian. Namun jika tidak, sekedar jalan-jalan untuk mengeksplorasi kota rasanya sudah cukup menyenangkan untuk dilakukan.
      Lantas, gimana kalau kantor nggak punya kebijakan perjalanan dinas?
      Mari pikirkan cara lain. Coba cari tahu, apakah kantor kalian memiliki kebijakan pemberian beasiswa untuk melanjutkan pendidikan? Jika ya, nggak ada salahnya mengajukan diri untuk mengikuti seleksi beasiswa. Syukur-syukur jika kalian diterima dan bisa melanjutkan sekolah di daerah atau negara lain. Secara nggak langsung, itu menaikkan prosentase kita untuk bepergian ke kota atau negara lain tanpa meninggalkan kewajiban utama sebagai karyawan, bukan?
      *             *             *             *             *
      8. Terakhir dan Yang Paling Penting, Mulailah Dengan Fokus Menata Agenda Traveling Sebagai Agenda Aktifitas Utama.

      Ilustrasi, via lonelytravel
      Sebetulnya tips ini sudah disinggung di paragraf awal, namun inilah penjelasan detailnya.
      Jika kalian serius ingin mencari waktu untuk traveling, maka cobalah untuk merubah mindset seputar traveling. Bukan, ini bukan tentang mengubah mindset traveling yang awalnya bermakna “pesawat terbang, passport, visa” menjadi “eksplorasi dan petualangan”, melainkan lebih ke arah mengubah mindset tentang prioritas traveling.
      Percayalah, selama kalian menganggap jika “traveling baru bisa dilakukan saat punya waktu luang”, maka kalian akan kesulitan menemukan waktu luang untuk jalan-jalan. Itu karena agenda traveling akan kalah dengan agenda lainnya, yang mungki di anggap jauh lebih penting. Sekalipun kalian memiliki waktu libur, belum tentu kalian akan punya waktu untuk jalan-jalan karena tiba-tiba lebih suka diam di rumah, atau mungkin karena tiba-tiba merasa tak punya budget.
      Agar bisa mencuri waktu untuk traveling, mulailah dengan memprioritaskan agenda traveling sebagai agenda aktifitas utama yang harus dilakukan. Targetkan kemana kalian akan pergi di minggu ini, bulan ini, atau mungkin tahun ini. Dan komitmenlah dengan target tersebut. Setelah memiliki target yang pasti, otomatis rencana lain akan mengikuti agenda traveling. Kalian akan belajar menabung waktu agar agenda traveling terlaksana tanpa gangguan, sekaligus menabung uang untuk budget traveling nanti. Cobalah untuk melakukan hal itu, dan kalian akan kaget sendiri saat mengetahui ternyata mencuri waktu untuk traveling di sela rutinitas itu nggak sesulit yang dibayangkan.
       
      Selamat mencoba, dan happy traveling!
      *             *             *             *             *
      Note:
      Seluruh foto diambil dari search engine (sumber tercantum) dengan tidak ada editan tambahan lainnya selain resizing.
    • By baihaki1985
      Banyak yang mengatakan kalau kehidupan sendiri adalah sebuah pembelajaran yang tak terbatas. Meski memang, tak semua orang bisa mengaplikasikan hal tersebut. Namun bagi seorang traveler, universitas kehidupan nampaknya menjadi hal yang benar-benar dijalani dan diaplikasikan.
       

      kredit: vnews
       
      Bagaimana tidak, pada saat melakukan traveling, seorang traveler akan senantiasa menemukan hal-hal baru. Menemukan apa yang bisa dipelajari, yang sebelumnya sama sekali tidak terpikirkan oleh mereka. Nah, berikut ini adalah 10 hal yang bisa dipelajari ketika seseorang melakukan perjalanan.
       
      1. Sabar
       
      Kalau hidup di kota besar seperti Jakarta, kesabaran nampaknya menjadi hal yang sangat langka. Namun dengan melakukan sebuah perjalanan, seseorang bakal bisa menemukan bagaimana cara untuk bisa bersabar. Kalau kurang bersabar pada saat traveling, ujung-ujungnya tersebut akan menjadi tidak menyenangkan.
       
      Contoh yang paling nyata adalah bagaimana saat menunggu  kedatangan sebuah bus atau kereta. Alih-alih mondar-mandir tidak jelas, alangkah lebih baiknya kalau kita bersabar dan melakukan kegiatan yang lebih berguna. Bercakap-cakap dengan orang-orang di sekitar mungkin? Terlebih hal ini bakal memberikan pengetahuan mengenai daerah wisata yang ingin dituju.
       
      2. Lebih mandiri
       
      Tak semua orang bisa melakukan semua aktivitasnya secara mandiri. Namun bagi seorang traveler, mengandalkan kemampuan diri sendiri menjadi hal yang harus. Terlebih ketika melakukan solo traveling, di mana kita harus benar-benar melakukan semua hal secara sendirian. Tidak ada teman yang siap membantu pada saat kita memperoleh permasalahan.
       

      Jangan berpikir ada yang siap membantu saat bepergian via travelsmartblog
       
      Selain itu, dengan bepergian, terutama pada saat melakukan rasa mandiri kita pun akan lebih terasah. Kita akan dituntut untuk lebih mempercayai keputusan yang diambil. Dan kita pun tentunya juga harus mempercayai keputusan tersebut. Meski pada akhirnya, keputusan tersebut tidak selalu berujung happy ending.
       
      3. Lebih menghargai kesehatan
       
      Siapa sih yang ingin sakit? Tentu semua orang ingin sehat kan? Namun sayangnya, tak semua orang mempunyai kesadaran tentang bagaimana menjaga agar tubuh tetap sehat. Seorang traveler pun bakal bisa mempelajari mengenai bagaimana pentingnya sebuah kesehatan. Paling tidak tujuannya adalah agar tubuh yang sehat bisa dibawa untuk bepergian kembali ke tempat yang baru.
       
      4. Lebih waspada
       
      Waspada menjadi hal yang wajib bagi seorang traveler. Hal ini karena tak sedikit ancaman kejahatan yang setiap waktu mengintai pada saat berada di perjalanan. Terlebih pada saat bepergian ke tempat yang baru, yang sepenuhnya belum kita ketahui seluk beluknya.
       
      Bahaya yang dihadapi selama traveling memang sangat banyak. Sebagai contoh, bagaimana kita akan menemukan penipuan yang setiap tempat mempunyai ciri khas tersendiri. Atau bagaimana kita harus mengamankan barang-barang pribadi pada saat berada di kendaraan umum. Tentunya tidak mau dong kalau tiba-tiba setelah turun dari kereta atau bus ternyata ada barang berharga yang hilang?
       
      5. Lebih bersyukur
       
      Banyak orang yang merasa kalau masalah yang dihadapi sehari-hari sangatlah berat. Namun dengan melihat bagaimana kondisi di luar sana, pandangan seperti itu akan berubah 180 derajat. Dengan bepergian, kita akan melihat bagaimana kondisi yang lebih buruk. Tentang bagaimana sebuah daerah dengan kondisi sangat tertinggal, tak mempunyai akses transportasi layak, tidak ada penerangan listrik dan lain-lain. Dengan melihat kondisi yang lebih buruk, secara tidak langsung akan memunculkan rasa syukur terhadap kondisi yang kita alami.
       
      6. Lebih menghargai alam dan lingkungan

      via mnn
       
      Seorang traveler sejati pasti mempunyai sikap yang tak merusak lingkungan. Contoh gampangnya, seorang traveler sejati tidak akan serampangan membuang sampah di berbagai tempat. Terlebih seorang traveler yang suka bepergian ke tempat-tempat alami yang indah. Tentunya nggak mau dong tempat-tempat tersebut harus rusak dan terkotori oleh ulah tangan manusia?
       
      7. Break sejenak dari dunia online
       
      Seberapa sering kita mengecek bagaimana kondisi di dunia online? Terlebih bagi mereka yang mempunyai akun di berbagai jejaring sosial. Entah bagaimana dengan sikap orang lain ya, tapi terlalu banyak berkutat di jejaring sosial memberikan dampak yang cukup negatif. Dan dengan traveling, kita pun bisa dipaksa untuk sejenak tidak mengakses dunia online. Terlebih ketika bepergian ke tempat yang tak dilengkapi dengan sarana mencukupi untuk bisa mengakses dunia online. Dan, liburan tentunya akan lebih menyenangkan bukan kalau kita lebih banyak berkutat dengan kegiatan di lokasi?
       
      8. Bebas
       
      Hal ini berlaku pada saat kita bepergian secara solo. Pada saat melakukan aktivitas solo traveling, maka kita akan benar-benar merasakan bagaimana rasanya sebuah kebebasan. Kita akan bebas menentukan ke mana tujuan wisata yang ingin didatangi. Kita juga bisa dengan bebas menentukan aktivitas wisata yang ingin dilakukan. Dan tentunya, kita juga bisa dengan bebas menentukan itinerary yang ingin dipakai.
       
      9. Belajar kebudayaan baru

      belajar budaya baru via thedailytravelblog
       
      Menjadi seorang traveler akan menuntut seseorang untuk bisa berpikiran lebih terbuka. Terlebih pada saat berkunjung ke sebuah tempat, kita pun akan dihadapkan dengan kebudayaan yang benar-benar asing. Dan di situ, kita pun dituntut untuk menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Di mana bumi berpijak, di situ langit dijunjung, itu sih kata pribahasa ya.
       
      10. Teman baru
       

      Menemukan teman baru via royalcork
       
      Memperoleh teman baru tentu menjadi hal yang pasti didapatkan oleh seorang traveler. Terlebih saat ini banyak cara untuk bisa memperoleh teman perjalanan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan forum ataupu situs-situs di internet. Dan dengan melakukan hal ini, kita pun akan memperoleh kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru yang punya kebiasaan berbeda dengan teman-teman yang biasa dijumpai sehari-hari.
    • By baihaki1985
      Dalam bepergian, packing menjadi hal yang kadang sangat merepotkan. Terlebih kalau Anda adalah orang yang malas dalam melakukan hal ini. Kesalahan dalam packing, bisa-bisa membuat Anda harus membawa beberapa kopor sekaligus. Padahal, dengan yang benar, kopor-kopor yang bejibun tersebut mungkin bisa diringkas hanya dalam satu buah tas besar. Dengan begitu, maka pada saat membawa barang bawaan Anda tak akan terlalu ribet dan tentunya bisa lebih mobile.
       

       
      contoh cara packing yang salah dan bikin repot
       
      Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melakukan packing dengan benar, sehingga nantinya Anda tak akan direpotkan dengan barang bawaan yang terlalu banyak. Penasaran kan dengan tips-tips packing tersebut?
       
      Menggulung baju

      dengan menggulung baju bisa muat lebih banyak kan?
       
      Baju tentunya adalah barang yang tak bisa ditinggalkan pada saat bepergian. Baju bahkan bisa memakan porsi ruang yang besar dalam tas. Terlebih kalau Anda menempatkannya dengan cara melipat seperti biasa seperti di sebuah lemari. Namun hal ini bisa diatasi dengan cara menggulung baju sekecil mungkin. Dengan melakukan hal ini, jangan terkejut kalau Anda akan bisa memperoleh ruang yang cukup lebar di dalam tas. Namun tentunya tak semua baju harus digulung. Utamanya yang bisa digulung adalah
       
      Masukkan CD dan kaos kaki dalam sepatu

      contoh packing sepatu yang ringkas
       
      Ruang lain yang bisa dimanfaatkan dalam melakukan packing barang bawaan saat traveling adalah sepatu. Anda bisa memasukkan barang-barang lain dalam sepatu untuk bisa menghemat ruang. Sebagai contoh adalah dengan memasukkan celana dalam serta kaos kaki dalam sepatu yang tersimpan di tas.
       
      Manfaatkan binder

      siapa yang berpikir binder bisa berguna seperti ini?
       
      Binder clip menjadi barang yang sangat berguna pada saat traveling. Binder bisa Anda pakai untuk melipat kabel headphone agar nantinya kabel-kabel tersebut tidak ruwet. Selain itu, binder clip juga berguna saat dipakai untuk melindungi bagian ujung pisau cukur.
       
      Memasukkan sabun dalam handuk

       
      Ini juga berguna untuk menghemat ruang. Terlebih kalau Anda membawa handuk kecil yang tak terlalu memakan banyak ruang. Tambahan lainnya, kalau Anda membawa showercap, bisa juga memanfaatkannya sebagai wadah untuk sepatu.
       
      Manfaatkan tempat obat untuk menyimpan perhiasan kecil

       
      Kalau Anda adalah orang yang suka memakai berbagai aksesoris dan perhiasaan saat liburan, bisa memanfaatkan pill container untuk membawanya. Hal ini cukup bermanfaat, karena selain menghemat ruang, pill container juga memudahkan kalau-kalau nantinya Anda ingin memakai salah satu perhiasan tersebut.
       
      Manfaatkan kotak kacamata

       
      Ruang yang bisa dimanfaatkan berikutnya adalah kotak kacamata. Di sini, tentunya Anda tak bisa menempatkan barang-barang berukuran besar. Contoh barang yang bisa disimpan di kotak kacamata adalah charger handphone ataupun headphone. Ini tentunya hanya berlaku bagi mereka yang memakai kacamata ya.
       
      Pergunakan kamera handphone

       
      Membawa kamera bisa jadi adalah hal yang tak menyenangkan pada saat bepergian. Hal ini karena kamera membutuhkan ruang yang cukup besar dan berat tentunya. Terlebih kalau Anda membawa kamera SLR. Hal ini akan berbeda kalau Anda hanya membawa kamera pocket atau mirrorless yang tak terlalu membutuhkan ruang gede.
       
       Atau kalau ingin lebih ringkas, bisa memanfaatkan yang saat ini juga tak kalah canggih. Sekarang kan jamannya foto selfie tuh ya, nah sebuah foto selfie juga lebih mudah dilakukan dengan menggunakan smartphone ketimbang jika memakai kamera biasa. Memakai sebuah kamera smartphone juga mempermudah kalau foto ingin diupload ke internet. Baik itu ke Instagram, Facebook, Twitter atau ke tempat lain.
       
      Melindungi barang pecah belah

       
      Barang pecah belah tentu kadang berguna pada saat traveling. Contohnya saja adalah botol parfum. Untuk melindungi agar botol tersebut tidak pecah, Anda bisa memasukkannya dalam kaos kaki.
       
      Taruh penjepit rambut dalam wadah permen
       
      Ini berlaku bagi yang perempuan lho ya. Nggak tahu deh kalau ternyata ada juga cowo-cowo yang pake penjepit rambut... hehehe
       
      Ikat pinggang untuk mengencangkan kerah baju
       
      Sebuah ikat pinggang juga bisa berguna pada saat Terutama kalau Anda membawa pakaian dengan kerah baju yang mudah terlipat. Dengan memanfaatkan ikat pinggang yang diletakkan pada bagian kerah baju, permasalahan kerah baju yang terlipat pun bisa dihindari. Dan Anda pun bisa melipat pakaian secara normal.
       

       
      Namun selain tips-tips packing tersebut di atas, Anda juga harus mempertimbangkan hal lain lho untuk bisa menghemat space. Misalnya mengenai tas yang digunakan. Apakah itu tas punggung ataupun tas koper. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan ruang lain yang tak ada di tas. Sebagai contoh adalah dengan menggunakan kantong baju atau kantong pada jaket. Dan satu lagi, jaket tentunya jangan ditaruh di dalam tas. Bakal memakan banyak ruang. Lebih baik jaket dipakai atau dililitkan di badan.
       
      *dari berbagai sumber
       
    • By ryaryuu
      Amerika
      Dimana anda bisa mendapatkan berbagai macam menu di Amerika? Jawabannya adalah Portland. Disini anda dapat merasakan makanan “ street food†mulai dari Korean Taco hingga BBQ Carolina yang terkenal. Tempat makan murah yang bisa anda datangi adalah SW 10th Avenue Alder Street di siang hari, dan SE 12th Avenue dan SE Hawthone Boulevard di malam hari, makanan andalanya adalah cherry pie goring dan crepes yang buka hingga tengah malam.

      Di Los Angles anda bisa meraskan Best Street Food di Mac Arthur Park, di dekat South Park View Street , diantara Wilshire Bpulevard dan West 7th Street, anda akan menemukan sebuah tempat dengan beberapa vendor makanan yang menyajikan sandwich es krim ( buka @coolhaus di twitter) dan juga buttery grilled chees ( buka @grildcheestruk di twitter). Anda tidak akan menemukannya dimanapun di dunia kecuali di tempat ini.

      Di Philadelphia terdapat banyak orang italia, maka tidak heran bila anda ingin mendapatkan makanan italia yang bercampur dengan selera oriental dan Mexico , maka anda harus datang ke Philadelphia 9th street, dimana anda bisa merasakan soft pretzels, Italian ice, dan cheesesteaks yang terkenal. Semuanya dengan harga murah karena merupakan street food.

      Asia

      Sudah berabad-abad lamanya di Bangkok para penjual menjual barang dagangannya di kanal sungai yang menhubungkan kota Bangkok. Bila anda ingin merasakan seafood bakar terbaik dunia dengan harga murah , pergilah kesini. Taling Chan Floating Market berada di sebelah barat kota buka dari pukul 9 pagi hingga 4 sore di kala weekend.

      Vietnam memang merupakan salah satu pusat kuliner Asia Tenggara yang baru , tidak heran Hanoi sangatlah ramai oleh orang yang lalu lalang, terutama di Old Quarter dimana anda bisa merasakan makanan nont stop selama 24 jam. Bila anda sedang jetlag, cobalah rasakan sweet green rice dengan gula merah cair yang dibungkus daun pisang, serta rasakan kopi nikmat dengan susu kental manis di pinggir jalan.

      Singapore terkenal dengan Hawker Center atau Food Court, dimana anda bisa menemukan Maxwell Food Centre, dimana anda akan emrasakan makanan oriental percampuran peranakan terbaik dunia disini. Ketika anda datang kesitu , jangan heran tiba-tiba anda diserbu oleh orang yang menawarkan menu. Andalannya adalah Chinese Fish Ball dan Spicy Malaysian Pork Rib Prawn Noodle.

      Maroko merupakan Negeri timur tengah yang indah , namun juga terkenal akrena Street Food dengan daging yang paling enak di dunia. Di pinggir jalan di Maroko anda akan menemukan tukang daging, dimana anda bisa membeli dan membakar daging tersebut di tempat. Di malam hari pergilah ke Jemaa el-Fna dimana anda bisa merupakan Chickpea Stew, Siput rebus, dan Mint Tea kaki lima terbaik di dunia. 
       
       
      Eropa
       
      Siapa bilang semua makanan di Eropa mahal ? anda harus mencoba makanan kaki lima terbaik dunia di Eropa. Dimulai dari kebab do jerman, dimana anda akan mendapatkan citarasa timur tengah namun dengan daging empuk sapi eropa, di goetinggen anda akan mendapatkan kebab di kaki lima terbaik dunia dengan harga 3 Euro. 

      Dimanakah anda bisa mendapatkan friter kaki lima terbaik dunia ? jawabannya adalah Brussel Belgia. Disini anda akan mendapatkan 250gram kentang goring atau friters terbaik. Conalah Maison Antoine Kios di Place Jpurdan dimana anda bisa memilih bumbu seperti saus nanas, friter dengan rasa bir, atau memberikan sentuhan mayones di friter anda.

      Cobalah Leberkäse di Wina/Vienna, disinia anda akan mendapatkan campuran daging babi dan sapi dimana daging tersebut dilumuri mustard kemudian di bakar, bentuknya mirip sosis, namun lebih lembur. Di seluruh kota tampaknya anda akan menemukan gerobak yang menjual Leberkäse ini.

       Tempat lainnya

      Cobalah sabich di Tel Aviv, dimana anda akan menemukan terong yang di bungkus oleh sejenis roti , dengan irisan telor rebus, kubis, dan bit. Salah satu tempat yang paling terkenal adalah Ramat Gan. Merupakan salah satu pencuci mulut paling terkenal, anda tidak akan menemukan makanan ini dimanapun lagi kecuali di Israel.
       
       
      Di Indonesia sendiri banyak sekali makanan kaki limanya, namun tampaknya semua orang pun sudah tahu, jadi tidak perlu dijelaskan lagi. makanan kaki lima terbaik Indonesia adalah .... Jeng Jeng