ryaryuu

Tips Low Cost Carrier Flight Indonesia, ini hal yang harus anda ketahui mengenai maskapai murah Indonesia

18 posts in this topic

 Apakah Low Cost Carrier Flight itu ?

 

 

Istilah Penerbangan “low cost†atau sering disebut LCC (low cost carrier). LCC sering juga disebut sebagai Budget Airlines atau no frills flight atau juga Discounter Carrier. LCC merupakan model penerbangan yang unik dengan strategi penurunan operating cost. Dengan melakukan efisiensi cost di semua lini, maskapai melakukan hal-hal diluar kebiasaan maskapai pada umumnya, Kalau airlines pada umumnya melakukan penambahan layanan yang memiliki value added dengan penambahan catering, penyediaan newspaper atau magazine, in flight entertainment, in flight shop, lounge, free taxy after landing, exclusive frequent flier services, dan lain sebagainya. Berlawanan dengan hal itu, Low cost carrier melakukan eleminasi layanan maskapai tradisional yaitu dengan pengurangan catering, minimize reservasi dgn bantuan teknologi IT sehingga layanan nampak sederhana dan bisa cepat ( Wikipedia, diakses 22 maret 2013)

Mana saja Low Cost Carier Flight di Indonesia ?

 

Air Asia  , merupakan maskapai Malaysia yang memiliki tariff rendah , dimana memiliki penerbangan domestic dan internasional di seluruh region di Asia. Pusat kantornya adalah di Malaysia.  Sedangkan di Indonesia pusat Air Asia adalah di Jakarta dan Denpasar Bali. 

12-12.jpeg

Citilink , Merupakan salah satu penerbangan murah yang dipelopori Garuda Indonesia. Berdiri tahun 2001 dimana memiliki manajemen diluar Garuda Indonesia. Pusat Citilink di Surabaya, dan diharapkan menjadi salah satu perusahaan terbesar dalam Low Cost Carier Flight di Indonesia

 

20050905_mandala_crash.jpg

 

Lion Air, Merupakan maskapai swasta terbesar di Indonesia , berdiri tahun 1999 dan beroperasi semenjak tahun 2000 dengan memulai penerbangan Jakarta Pontianak.  Merupakan salah satu maskapai dengan system ticketing terbaik karena memiliki 12 kelas tiket di setiap penerbangannya dimana mereka akan memastikan bahwa setiap penerbangan tidak mengalami kerugian.  Saat ini, Lion memiliki 60 Armada dimana tahun 2011 Lion telah memesan 230 pesawat dan sejak saat itu melakukan 3300 penerbangan dalam waktu satu minggu, total penumpang hingga tahun 2011 mencapai 27 juta penumpang. 

 

Mandala Airlines,  DIberi nama Mandala karena terinspriasi oleh sebuah lambing sanskerta yang berarti Alam semesta, lambing tersebut sekarang ini menjadi lambing pesawat ini.  Dahulu merupakan penerbangan bertarif rendah pada tahun 1969, dimana pusatnya adalah di Cengkareng. Sebelum beroperasi mengangkut public, Penerbangan Mandala adalah penerbangan untuk militer. Mandala mengoperasika 17 tujuan domestic dan 3 tujuan Internasional ( Hongkong, Makau, Singapura) .  Pada tahun 2011 Mandala mengumumkan bahwa mereka tidak bisa beroperasi dan menunda semua penerbangan dengan angka kerugian mencapa Rp.2 , 45 T. Pada tahun yang sama, sebuah perusahaan Singapura yaitu Saratoga yang mengambil 51 persen sahamnya, dan juga perusahaan Tiger Airways mengambil 33 persen sahamnya juga, sehingga pada tahun 2012 Mandala kembali lagi beroperasi. 

 

Bagaimana dengan perubahan , pemesanan tiket, dan pengembalian uang di masing-masing maskapai ?
 

Air Asia, Merupakan sebuah maskapai yang memiliki system ticketing online, anda tidak perlu chek in untuk online, nanti ketika anda memesan tentu saja anda mendapatkan e-ticket. Tapi anda bisa merubah pemesanan anda walaupun e ticketing. Ada beberapa kondisi dimana anda tidak bisa merubah nama anda tentu saja. Untuk setiap perubahan, baik nama , rute, atau tanggal, anda dikenai Rp. 165.000 diluar selisih yang mungkin terjadi.

Kondisi untuk perubahan penerbangan Air Asia bisa dilakukan dalam jangka waktu 48 jam sebelum waktu keberangkatan pesawat. Dengan kondisi sebagai berikut : 

 

• Jika harga penerbangan baru yang dipesan lebih rendah daripada penerbangan yang telah dibatalkan, perbedaan harga tidak akan dikembalikan kepada penumpang
• Jika harga penerbangan baru yang dipesan lebih tinggi daripada penerbangan yang telah dibatalkan, selisih harga harus dibayar oleh penumpang sebelum pembatalan atau perubahan dibuat
• Perubahan tidak akan dikonfirmasi sampai dikeluarkanya perubahan pemesanan penerbangan Anda
• Perubahan rute penerbangan tidak diijinkan
Terms tambahan : semua tiket promo tidak diijinkan untuk merubah nama di tiket berlaku untuk kelas promo ekonomi dan promo premium, namun semua kelas BOLEH MERUBAH JAM PENERBANGAN dengan membayar sejumlah selisih yang tertera pada harga tiket KURANG DARI 48 JAM sebelum waktu terbang.

 

Citilink, Perubahan pada nama diijinkian dengan kondisi terdapat biaya per penumpang per sekali jalan, dan bisa merubah sampai dengan 24 jam waktu keberangkatan yang tertera di jadwal pada penerbangan tersebut. Biaya yang dikenakan biasanya 30 persen dari harga tiket. Untuk merubah jadwal penerbangan, anda bisa merubah hingga 48 jam sebelum waktu kosong untuk penerbangan yang dimaksud, asalakan masih tersedia kursi kosong. Dikenakan biaya untuk sekali jalan.  Apabila harga tiket untuk penerbangan yang baru lebih tinggi , maka anda harus membayar selisihnya, namun bila harga lebih rendah maka tidak ada pengembalian uang. Cara untuk melakukan semuanya adalah hubungi contact center 08041080808
MG_1170-resize.jpg
Untuk Lion Air , anda bisa menghubungi 0804 1 778899,  nanti anda akan disuruh untuk web chek in terlebih dahulu, biaya yang dikenakan biasanya 50 persen dari total tiket yang anda bayarkan. Lion Air memiliki kebijakan yang sedikit ketat dalam hal perubahan nama ataupun jam penerbangan. 


Bagaimana Sistem Chek in ?

 

Air Asia,  konter Chek in Air Asia di Bandara biasanya buka 3 jam sebelum dan tutup satu jam sebelum pesawat berangkat. Batas waktu chek in biasanya tidak terbatas, tergantung penerbangan dan bandara. Biasanya ketika anda memesan tiket , setiap petugas tiket akan mengingatkan anda untuk chek in maksimal 1 jam sebelum pesawat terbang. Ketika anda chek in, anda diminta untuk identitas diri anda, bila anda tidak bisa menunjukan data diri, maka anda tidak bisa chek in.  Air Asia sendiri memiliki fasilitas Self Chek in dimana anda bisa chek in dari konter yang tersedia di dalam Bandara. Selain itu juga , anda bisa chek in online melalui web http://airasia.com .  Harap diingat bahwa ketika anda web chek in, anda akan diberi boarding pass dimana boarding pass tersebut akan di validasi lagi di Bandara, sebelum di validasi maka anda tidak bisa lewat pintu keberangkatan. Selain lewat web, Air Asia juga bias chek in lewat ponsel, dimana anda bisa mengakses menggunakan WAP 7 hari sebelum keberangkatan.  Perlu diketahui bahwa Mobile Chek in akan menghasilkan kode bar 2 D dimana anda akan menerima verifikasi barcode yang harus ada tunjukan di Bandara kepada petugas. Nanti di Bandara anda akan dibantu mencetak boarding pass dan memvalidasi boarding pass anda. 

 

Citilink, Citilink hanya menyediakan meja lapor di Bandara saja. Anda bisa chek in 2 jam sebelum keberangkatan dan ditutup 30 menit sebelum keberangkatan. Penumpang yang kurang dari 30 menit dan ingin chek in akan ditolak dan kehilangan atas kursi. 

Kartu yang bisa dipakai untuk maskapai Citilink :
• Paspor yang masih berlaku
• Kartu Tanda Penduduk (KTP) berfoto yang masih berlaku
• Surat Izin Mengemudi (SIM) berfoto yang masih berlaku
• Kartu pelajar berfoto yang masih berlaku
• Kartu identitas militer berfoto yang masih berlaku
• Surat perintah/lencana kepolisian yang masih berlaku
• Kartu pas karyawan Bandara yang berlaku
• Anak dalam paspor orang tua adalah bentuk identitas yang dapat diterima
• Penumpang harus memperlihatkan akta lahir bayinya pada saat lapor diri

 

Lion Air,  Waktu chek in Lion Air dibuka 2 jam sebelum keberangkatan dan ditutup 45 menit sebelum terbang. Sedangkan penerbangan internasional, konter chek in sudah buka 3 jam sebelum waktu keberangkatan dan tutup  45 menit sebelum waktu keberangkatan. Gerbang boarding akan ditutup 15 menit sebelum anda berangkat.  Bila anda tidak muncul saat boarding, anda tidak bisa naik pesawat dan tiket anda akan dianggap hangus.  Untuk pemegang passport Lion Air, anda bisa menikmati prioritas chek in buka http://lionair.com untuk lebih jelas mengenai passport lion air ini.  Web Chek In Lion air sangat fleksibel, anda bisa menghemat waktu banyak tanpa harus chek in di Bandara. Boarding pass bisa adna cetak 24 jam hingga 4 jam sebelum waktu berangkat. Bila anda hanya membawa tas jinjing, maka anda dapat langsung menuju pintu gerbang. 

 

Perlu diperhatikan, semua penerbangan memiliki kewajiban untuk memeriksa data diri anda yaitu

dengan kartu identitas yang masih berlaku ketika chek in, tanpa hal tersebut kemungkinan anda tidak dapat terbang. Apabila ada suatu hal terjadi , maka anda sebaiknya menghubungi pihak maskapai untuk mendapatkan win-win solution.

2012-06-11-airline-fare-rules.png

Trik : Apabila anda tidak bisa pergi pada tanggal tersebut, dan anda menjual tiket anda kepada seseorang maka jenis kelamin orang yang akan chek in harus sama dengan anda, setidaknya anda bisa pinjam ktp orang tersebut, hal tersebut berguna untuk penerbangan memakai Lion Air. Sedangkan untuk Citilink agak sulit karena mereka biasanya memeriksa kemiripan foto dengan tampilan anda. Air Asia juga begitu, namu bila anda memakai Air Asia, anda bisa meminjamkan kartu NPWP sebagai pengganti identitas diri yang sah ( non foto) jadi anda bisa dengan mudah melewati gerbang chek in dengan harga tiket murah bukan ?

 

 

 

Informasi lain-lain

 

Berikut ini adalah informasi menenai serba serbi maskapa Air Asia, Citilink, Mandala dan Lion Air yang belum banyak penumpang tahu. Hal yang dibahas meliputi bagasi ( ukuran, jumlah, batas maksimum), transit, dan pembelian tiket dengan rombongan ( charter pesawat).

 

Air Asia


Bagasi

 

Aturan yang diterapkan oleh Air Asia adalah semua penumpang diperbolehkan membawa satu tas dengan dimensi 56cmx36cmx23cm dengan berat tidak melebihi 7Kg. Tas anda bisa disimpan di kompartemen atau di bawah kursi anda. Berat yang berlebihan bisa menyebabkan anda terkena charge.  Untuk bagasi yang bukan hand carry, anda boleh membawa bagasi/koper dengan dimensi 81x119x119 cm. Batas maksimal yang diperbolehkan adalah 30kg, bila anda melebihi berat tersebut setiap Kg nya akan dikenai charge Rp. 60.000 per 1-15 kg nya.  Peralatan olahraga seperti   Peralatan olahraga seperti pancing besar, peralatan anggar, papan surfing dan peralatan selancar angin, peralatan ski air/salju, para layang, parasut tidak bisa dibawa oleh maskapai Air Asia. 

Ini dia Peraturan Bagasi yang ditetapkan oleh maskapai Air Asia :

• Karena alasan keamanan, drop off bagasi hanya bisa dilakukan pada waktu yang telah dijadwalkan. Untuk penerbangan domestik Indonesia AirAsia bagasi drop / konter periksa dokumen perjalanan tersedia di semua bandara, konter buka selama 3 jam dan tutup 60 menit sebelum waktu keberangkatan yang telah di jadwalkan.
• Tidak ada batasan jumlah dan berat bagasi yang diperiksa, asalkan biaya yang relevan dan akan dikenakan biaya dibayar
• Anda dapat menggabungkan bagasi yang diperiksa dengan rekan perjalanan Anda, asalkan Anda bepergian dalam jumlah pemesanan yang sama dan hadir secara bersama saat check in di konter.
• Tidak ada pemeriksaan bagasi penyisihan untuk anak / bayi - berat bagasi yang diperiksa harus dipesan sebelumnya atau akan dikenakan tarif pada saat check-in di bandara. AirAsia memungkinkan kereta bayi / kereta jalan bayi / keranjang bayi untuk dibawa gratis.
• AirAsia menawarkan pemeriksaan bagasi gratis bagi item berikut: kereta bayi / keranjang bayi, kursi roda manual, alat mobilitas dan alat bantu berjalan
• Hewan peliharaan tidak diperbolehkan di penerbangan AirAsia


 

Air asia juga melayani pembelian tiket pesawat dengan grup, diskonnya sangat besar. Untuk kepergian keluar negeri anda bisa mendapat diskon sebesar maksimal 20 persen dengan minimal keberangkatan 15 orang. Selain itu , Air Asia juga menyediakan pesawat untuk di charter, lihat http://www.airasia.com untuk lebih jelasnya.

 

Citilink

 

Bagasi

 

Penumpang citilink yang membawa bagasinya ke dalam pesawat diperbolehkan membawa satu buah tas standart dengan maksimum berat 7kg dengan ukuran 50x36x15cm dimana bila berat dan ukurannya melewati ukuran standar maka akan diperlakukan seperti bagasi yang dititpkan dan akan dimasukan ke dalam ruang bagasi pesawat.   Sebagai tambahan, penumpang dapat membawa Bagasi yang Tidak Dititipkan, seperti tas tangan, tas wanita, jaket, payung, komputer jinjing, dan kamera, ke dalam kabin pesawat. Semua Bagasi yang tidak memenuhi standar di atas akan dikenakan biaya tertentu. Jumlah maksimal bagasi yang ditanggung oleh citilink adalah 20kg per penumpang. Dikenai biaya tambahan untuk penitipan bagasi ( max 32 Kg per bagasi).

 

Ada beberapa barang yang akan dikenai charge tambahan ketika anda chek in, yaitu :

 
• Papan selancar angin, papan selancar, papan layar, paralayang (IDR 100,000)
• Kereta bayi, kereta lipat, kursi dorong, keranjang bayi, dudukan mobil untuk bayi, kursi roda lipat (IDR 50,000)
• Tas golf (IDR 100,000)
• Alat musik (IDR 100,000)

 

Aturan lain yang harus anda ketahui mengenai penundaan pesawat adalah bila anda di kota transit pesawat di batalkan atau ditunda hingga 1 jam, maka anda berhak untuk dipindahkan ke penerbangan citilink lain untuk mencapai kota tujuan akhir . Jika anda memilih untuk tidak melanjutkan penerbangan anda, maka citilink akan mengembalikan uang tiket untuk penerbangan lanjutan yang tertunda atau dibatalkan termasuk pajak, asuransi, dan biaya tertentu.

Citilink menyediakan tempat bagi anda yang akan bepergian berombongan dengan kuota minimal 10 orang. Dimana harga yang diberikan akan lebih murah sekitar 10 persen. Pemesanan dapat diterima sampai dengan 24 jam sebelum waktu keberangkatan yang dimaksudkan, dengan catatan masih tersedia tempat duduk kosong dan pembayaran telah dilakukan dengan penuh. Untuk perubahan nama dikenakan biaya tambahan, pengembalian tidak dapat dilakukan setelah pesanan ditetapkan.

 

Mandala Airlines

 

 

Bagasi Mandala Airlines

 

Sama seperti kebanyakan LCC , bagasi yang diperbolehkan Mandala untuk dibawa oleh penumpangnya adalah seberat 30 Kg. sedangkan untuk bagasi tangan Mandala memperbolehkan anda membawa hand carry luggage seberat 10 kg atau dengan dimensi 50 x25 x 40 cm. Bila ada kelebihan , anda harus membayar ekstra untuk hal ini, andapun dapat membeli “ second hand carry luggage†pada saat chek in apabila ditasa diperlukan, berat untuk bagasi ini adalah 7 kg.  Bagasi ekstra kedua yang bisa anda beli ( ekstra luggage) bisa anda beli maksimal 20 kg , apabila anda duduk di kelas bisnis anda bisa membeli seberat 25 Kg. 

 

Mandala sendiri memiliki armada-armana baru yang umurnnya berumur kurang dari 10 tahun. Pada tahun 2009, Mandala membeli jenis pesawat dengan jenis Airbus A320. Armada Mandala sendiri yang paling tuaadalah tahun 1993.  Jadi , anda TIDAK PERLU KHAWATIR MENGENAI ARMADA YANG BEROPERASI KARENA TERMASUK BARU.

 

Saat ini, Mandala membuka rut eke berabgai tujuan baik domestic maupun internasional dengan afiliasi dengan Tiger Airways. Semua manajemennya diatur oleh perusahaan berbasis Singapura ini. Maka dari itu , dengan adanya pembaharuan diharapkan Mandala keluar dari Blacklist Europe Union untuk keselamatan penerbangan.

 

Lion Air

 

Lion Air merupakan maskapai Fair yang memasukan semua tarifnya untuk bagasi, asuransi, pajak , dll. Harga yant tertera pada web semua sudah All In. tersedia berbagai macam tujuan/ rute ke seluruh Indonesia dan beberapa region Asia Tenggara, namun sekarang ini Lion Air jarang melakukan Promo  penggantinya adalah bila anda memesan jauh-jauh hari maka biayanya akan sagat rendah. Selain itu , Lion Air adalah maskapai yang tergolong ketat soal pengembalian dana dan perubahan jadawal , maka dari itu sekali anda membeli maka semuanya dianggap telah fix. Bagi anda yang akan pergi ke satu rute dan menjual tiket anda ke orang lain, jangan khawatir Lion Air tergolong longgar atas hal ini.
Bagasi

 

Untuk Bagasi, harga tiket yang anda bayarkan sudah termasuk bagasi tentunya ( ini adalah kelebihan Lion Air dibandingkan Air Asia dimana semuanya sudah jelas dan fix) berat maksimum untuk Hand Carry Luggage adalah 10kg dengan dimensi  40 cm x 30 cm x 20 cm ( terkadang bila anda melebihi ketentuan si petugas chek in pasti memperbolehkan, inilah kelebihan lain Lion Air). Baik untuk penerbangan domestic maupun internasional Lion Air memiliki kebijakan yang sama soal bagasi tangan ini.


Untuk Bagasi titipan , kelas ekonomi mendapatkan bagasi seberat 20kg sedangkan untuk kelas bisnis anda mendapatkan berat 30kg. Sedangkan untuk seorang bayi, anda bisa membawanya dengan gratis namun tanpa bagasi ( maka tidak heran di pesawat Lion Air banyak bayi, Lion Air tidak mengangkut bayi yang berumur kurang dari 7 hari dan untuk umur bayi tersebut harus kurang dari 2 tahun untuk mendapatkan free flight).

 

 

Informasi Lain Mengenai Lion Air

 

Perbedaan Lion Air untuk kelas bisnis dan ekonomi adalah pada temapt duduk dengan pitch 38†bukan 29’ ( Lion Air mengatakan pitch ekonomi adalah 31-32 namun bila anda bandingkan dengan citlink, maka pitch nya lebih kecil Lion Air ). Selain itu , makanan disediakan pada kelas bisnis. Kelas Ekonomi harus membeli makanan dengan menu yang telah tersedia ( layaknya penjaja makanan di kereta). Jangan heran ruang tunggu Lion Air sangat penuh untuk rute tertentu, saat depart pun, orang yang masuk biasnaya berjibun, maka anda harus bersabar ekstra dan jangan marah-marah (hal ini banyak terjadi saat pengaturan tempat duduk

 

Wings Air by Lion Air

Apabila anda menyangka Wings Air adalah sebuah LCC lain, maka anda salah . Wings Air adalah anak perusahaan dari Lion Air. Layaknya Garuda dan citlink atau Singapura Airlines dengan Silk Air. Namun perbedaan Lion Air dengan Wings Air berada di tingkat pelayanan seperti 
 

• Lion Air beroperasi pada rute jarak jauh/ lebih populer dan sebagian besar menggunakan pesawat Boeing 737-900ER. Wings Air beroperasi pada rute yang lebih pendek / kurang populer dan menggunakan pesawat lebih kecil ATR72-500.
• Batas bagasi Lion Air di kelas ekonomi adalah 20kg. Wings Air memiliki batasan (tapi tidak ketat) bagasi lebih kecil: 15kg.
• Lion Air menawarkan kelas bisnis / eksekutif pada beberapa rute, sementara Wings Air berfokus pada kelas dasar saja.

Share this post


Link to post
Share on other sites

wuih dari judulnya panjang bener menarik untuk disimak neh

tapi bner juga si mba low cost apakah terjamin keselamatan

than again mw low cost atw high cost soal keselamatan emang tanda tanya

tapi kalo bisa diperkecil resiko lebih baik :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

wuih dari judulnya panjang bener menarik untuk disimak neh

tapi bner juga si mba low cost apakah terjamin keselamatan

than again mw low cost atw high cost soal keselamatan emang tanda tanya

tapi kalo bisa diperkecil resiko lebih baik :D

 

yah selamat gak selamat mah udah ada yang ngatur. 

itu diatas saya kasih trik supaya mas @deffa kalo batal pergi ke bali atau kemanapun bisa mereschedule jadwal penerbangan.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wahh info'y bagus mba, emang terkadang banyak maskapai yang kalau kita tidak begitu tahu jelas tentang rule yang ada malah akan merugikan kita sendiri. Bukan'y dapat penerbangan murah tapi justru malah menambah biaya penerbangan kita yang d luar dugaan pasti'y. So kita harus membaca dengan teliti segala peraturan yang ada. Oia mba sekarang citilink udah bisa web check in koq kaya air asia.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wahh info'y bagus mba, emang terkadang banyak maskapai yang kalau kita tidak begitu tahu jelas tentang rule yang ada malah akan merugikan kita sendiri. Bukan'y dapat penerbangan murah tapi justru malah menambah biaya penerbangan kita yang d luar dugaan pasti'y. So kita harus membaca dengan teliti segala peraturan yang ada. Oia mba sekarang citilink udah bisa web check in koq kaya air asia.

 

di web nya memang ada, tapi kenyataannya bulan februari kemaren saya ke surabaya sih belum bisa mas. tapi ga tahu kalo bulan maret ini udah bisa. nanti mungkin saya chek lagi. hihihi.

 

ih di like dong kalo di rasa bermanfaat, jangan lupa di rate juga. kan kalo pinjam istilah kaskus budayakan cendol dan rate. hihihi.

Share this post


Link to post
Share on other sites

@deffa saya mau jadi aja ah ke bali nya. hihi. mas deffa besok ya lihat ubud festival itu ?

gak jadi mba batal tiket konsernya mahal banget tryta 1,5 juta :(

bisa tiket PP itu, tapi temen ku jadi kesana

kapan tuh ke bali nya hehehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

di web nya memang ada, tapi kenyataannya bulan februari kemaren saya ke surabaya sih belum bisa mas. tapi ga tahu kalo bulan maret ini udah bisa. nanti mungkin saya chek lagi. hihihi.

 

ih di like dong kalo di rasa bermanfaat, jangan lupa di rate juga. kan kalo pinjam istilah kaskus budayakan cendol dan rate. hihihi.

Owh jadi yang d web tuh gak berfungsi.

Udah mba, maklum sich saya gak biasa maen kaskus mba cuma punya akun'y aja. Cuma sering d twitter ama fb doang mba. forum Indo cuma fanpage dari beberapa film aa yang gak ada rate,

mian...

Share this post


Link to post
Share on other sites

gak jadi mba batal tiket konsernya mahal banget tryta 1,5 juta :(

bisa tiket PP itu, tapi temen ku jadi kesana

kapan tuh ke bali nya hehehehe

 

antara akhir bulan ini atau akhir bulan depan mas. tapi kayanya ahir bulan ini ( minggu depan) saya search tiket sekali jalan dari Jakarta Rp. 935.000 tuh, hihihi. sesak lah buat saya bayar segitu , maklum kuli nih. hihihi.

kalo ngga ya paling mei deh. kenapa mas ? ada rencana pergi juga ? tiket dari bandung murah kayanya nih.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Owh jadi yang d web tuh gak berfungsi.

Udah mba, maklum sich saya gak biasa maen kaskus mba cuma punya akun'y aja. Cuma sering d twitter ama fb doang mba. forum Indo cuma fanpage dari beberapa film aa yang gak ada rate,

mian...

 

pengalaman saya sih gitu mas, aduh itu saya penerbangan jam 11.40 tapi jam 11.00 saya masih di jalan mas, makanya saya buru2 web chek in, eh tahunya gak berfungsi, untung si mas2 di bandara nya boarding gate nya 15 menit sebelum terbang masih dibuka ko. hihihi. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

pengalaman saya sih gitu mas, aduh itu saya penerbangan jam 11.40 tapi jam 11.00 saya masih di jalan mas, makanya saya buru2 web chek in, eh tahunya gak berfungsi, untung si mas2 di bandara nya boarding gate nya 15 menit sebelum terbang masih dibuka ko. hihihi. 

Wahh baik banget tuhh yang jaga boarding gate padahal 15 menit lagi mw terbang. Padahal kan standard'y setengah jam udah d tutup tuhh.

Share this post


Link to post
Share on other sites

@ryaryuu ya selalu ada planning utk liburan hehehe

akhir bulan emang long weekend tuh jadi maharena eh mahal tiketnya

saran seh mei aja :D

kabarin aja klo mw berangkat siapa tw bareng hehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

makasih ya. hhihihi.

Iyahh.. bisa lengkap banget nih mbk :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now

  • Similar Content

    • By deffa
      Hola Deffa Here !!!
      Tips Traveling Untuk Introvert, satu kata disini yang harus di cermati adalah Introvert, pasti kalian pernah mendengarnya atau mungkin kalian sedang mengalami nya, atau mungkin juga kalian menyangkal tidak mengalami nya padahal sedang terjadi pada diri kalian.
      Memang dengan ada nya kemajuan jaman dengan teknologi dan sosialitas yang berkembang, juga makin membuat daya pikir dan daya sosialisasi seseorang menjadi maju dan bahkan juga ada yang mengalami kemunduran. Hal ini memang berkaitan dengan berbagai faktor terutama Lingkungan dan juga Kepribadian.
      Introvert atau Introversion menurut Dokter Psikologi dari Swiss Carl Jung adalah kepribadian manusia yang lebih berkaitan dengan dunia dalam pikiran manusia itu sendiri. Jadi manusia yang memiliki sifat introvert ini cenderung menutup diri dari kehidupan luar. Mereka adalah manusia yang lebih banyak berfikir dari pada beraktifitas. Mereka juga lebih suka dengan kesunyian daripada di tempat yang banyak orang lain.
      Ada pun ciri-ciri Introvert menurut Dokter Carl Jung tersebut sebagai berikut :
      Senang Menyendiri Pemikir Pemalu Pendiam Lebih senang bekerja sendiri Berinteraksi secara langsung (One by One) Susah bergaul Senang berimajinasi Lebih suka mendengarkan dan memperhatikan Lebih mudah mengungkapkan perasaan dengan tulisan Pada realita nya, hal ini sering terjadi dengan masyarakat pada umum nya, bahkan orang dewasa yang tadi nya dia tidak Introvert, ketika masuk dunia kerja menjadi Introvert dikarenakan lingkungan nya membuat dia untuk selalu Fokus terhadap Pekerjaan nya. Maka dari itu banyak sekarang pekerja kantoran juga tidak sadar jika diri nya sudah masuk kategori Introvert.
      Namun pada dasar nya seorang Introvert itu juga bisa kok untuk Traveling, walaupun cara mereka traveling di sesuaikan dengan kepribadian nya, misalkan memilih destinasi yang tidak ramai, atau pun melakukan perjalanan sendirian atau juga dengan tidak banyak orang. 
      Adapun beberapa cara Traveling yang bisa di lakukan seorang Introvert adalah sebagai berikut :
      01. Riset : Salah satu keuntungan dari Introvert, mereka adalah pemikir dan perencana yang sangat baik. Karena mereka selalu Fokus dengan suatu pekerjaan, jadi Riset adalah salah satu keunggulan mereka. Karena mereka tahu jika spesifikasi untuk kepribadiannya itu khusus, jadi riset yang di sesuaikan dari Destinasi, Itinerary, Biaya dan Keperluan lainnya, akan sangat detil.
      02. Partner Yang Cocok : Memang seorang Introvert ini akan agak sulit untuk mendapatkan teman untuk sharing yang cocok, tapi tidak demikian untuk teman traveling yang cocok. Karena dengan mereka Introvert, bisa membaca dengan tepat, kriteria teman seperjalanan yang cocok dengan diri nya itu seperti apa, misal dia perlu teman yang gak banyak ngobrol tapi tahu yang di perlukan untuk rute yang di tuju, atau juga teman yang mengerti kondisi Introvert nya jadi bisa beradaptasi dan tidak memaksa.
      03. Smartphone : Dikarenakan seorang introvert ini asik dengan dunia nya sendiri, smartphone adalah salah satu teman terbaik bagi mereka. Karena disini mereka bisa kembali ke dunia mereka yang tenang tanpa ada keraguan, dan disini dia bisa mencurahkan semua pengalaman dan cerita dari traveling nya via internet (forum). Terkadang seorang introvert ini mempunyai sebuah tulisan Cerita Perjalanan yang sangat bagus dan detil loh, karena Risetnya juga yang mendalam
      04. Akomodasi Private : Untuk hal akomodasi ini, memang seorang Introvert cenderung memilih hal yang bersifat private atau bisa di bilang hanya mereka seorang. Misal dari pemilihan tempat duduk di kereta ataupun pemilihan penginapan yang Kamar Private. Karena ketenangan dan privasi tetap menjadi nilai penting bagi mereka. Jadi hendak nya jika kalian jalan bersama seorang Introvert, untuk menghormati pilihan nya dan jangan di paksa. Karena kemungkinan mereka akan mau gabung tapi dengan tidak enak hati
      05. Cobalah Bercerita : Hal ini mungkin adalah hal paling sulit bagi seorang Introvert, karena inti dari Introvert itu ya tidak mau (bisa) untuk sharing dengan yang lain. Tapi untuk hal traveling apalagi jika jalan dengan beberapa orang. Seorang Introvert hendak nya bisa sadar jika dia seorang Introvert dan mau untuk memberi tahu teman nya, sedikit kepribadian dia tersebut, agar teman nya bisa untuk beradaptasi. Hal ini bukan sesuatu aib atau kejelekkan tapi untuk memberikan ruang kebersamaan yang lebih baik dan saling menghormati

       
      Dari sedemikian cara traveling bagi Introvert ini masih banyak tips lain yang bisa dicoba. Pertanyaan nya adalah apakah kalian sadar jika termasuk seorang yang Introvert ?
       
    • By vie asano
      Apa kalian punya fobia terbang? Tenang, kalian nggak sendirian kok. Percaya deh, banyak kok orang yang punya fobia terbang. Bahkan, nggak sedikit, lho, para petualang yang sudah menjelajah berbagai negara, tapi ternyata punya fobia terbang. Aneh, tapi nyata.
      Tapi, serius lho. Ternyata banyak juga traveller – salah satunya adalah teman saya sendiri – yang sudah malang melintang menjelajah berbagai belahan dunia, namun masih belum bisa lepas dari masalah fobia terbang. Padahal, mereka pastinya harus menggunakan pesawat untuk mencapai berbagai negara tersebut karena – mau nggak mau – pesawat memang masih menjadi transportasi paling praktis untuk menghubungkan berbagai negara. Tapi rata-rata traveller tersebut memiliki tips dan triknya sendiri untuk menaklukkan fobia terbangnya.
      Pertanyaannya, gimana sih caranya mengatasi fobia terbang? Gimana caranya supaya kita bisa duduk santai di atas pesawat sampai ke tempat tujuan, tanpa harus merasa paranoid akan berbagai hal? Yuk, simak beberapa tips berikut ini yang disarikan dari berbagai sumber – termasuk tips dari traveller profesional dan juga tenaga medis.
      *             *             *             *             *
      Sekilas Tentang Fobia Terbang

      Ilustrasi, via intercambitas
      Fobia terbang, atau kerap disebut sebagai aviophobia (kadang-kadang ada juga yang menyebutnya ‘aerophobia’) merupakan sebuah fobia/ketakutan yang berhubungan dengan aktifitas terbang – entah itu di dalam pesawat terbang, helikopter, maupun obyek terbang lainnya. Penyebabnya bisa sangat kompleks. Ada yang disebabkan karena ketakutan kalau pesawat akan jatuh, ketakutan akan terjadi tindak pembajakan pesawat/terorisme, takut kalau pesawat akan gagal landing/take off, hingga ketakutan yang dipengaruhi oleh fobia lain seperti claustrophobia (takut akan tempat tertutup) dan acrophobia (takut akan ketinggian).
      Oh ya, fobia terbang bisa juga disebabkan karena ketakutan akan mengalami mabuk perjalanan (motion sickness). Jadi, jangan dulu merasa dramatis kalau punya fobia terbang, karena penyebabnya ternyata banyak sekali.
      Dari sekian jenis fobia, fobia terbang termasuk salah satu fobia yang sulit dihindari. Hal tersebut terutama karena sampai saat ini pesawat masih menjadi moda transportasi paling praktis, terutama untuk bepergian ke negara lain yang jaraknya cukup jauh. Beberapa profesi (maupun hobi) bahkan menuntut seseorang untuk rutin terbang, terlepas dari orang tersebut punya fobia terbang ataupun tidak.
      Namun, walau nggak bisa dihindari, fobia terbang bisa jadi termasuk salah satu fobia yang selalu sukses bikin penumpang lain sebal. Hal tersebut karena terkadang para pengidap fobia terbang kerap mengeluarkan respon emosi yang berlebihan, seperti menjerit berlebihan, menangis, bahkan membuat kehebohan lain. Jadi, walau kalian tak perlu merasa malu kalau memiliki fobia terbang, tak ada salahnya belajar mengendalikan fobia tersebut agar masih dalam batas wajar.
      *             *             *             *             *
      Fakta Penerbangan

      Ilustrasi, via tourpluscyprus
      Dari sekian banyak alasan di atas, ketakutan kalau pesawat akan mengalami kecelakaan udara bisa jadi merupakan pemicu utama munculnya fobia terbang. Siapa sih yang suka membayangkan jatuh bebas dari ketinggian sekian puluh ribu kaki di atas permukaan tanah? Apalagi karena kita nggak memiliki kendali atas peristiwa tersebut, dan juga nggak langsung memiliki kendali untuk menyelamatkan diri.
      Kita juga nggak tahu seperti apa kemampuan pilot dan co-pilot dalam menangani situasi darurat, serta apakah pilot tersebut dalam kondisi terbaiknya saat menerbangkan pesawat atau tidak – mengacu pada terjadinya beberapa kecelakaan yang disebabkan karena faktor pilot. Salah satu contohnya adalah kecelakaan pesawat Airbus A320-211 milik GermanWings yang menewaskan 150 orang tahun 2015 silam. Kecelakaan tersebut diduga dilakukan oleh pilot Andreas Lubitz, yang ternyata memiliki kecenderungan untuk bunuh diri.
      Ketakutan kalau pesawat akan jatuh itu sangat wajar kok. Tapi, untuk meminimalkan rasa takut kalau pesawat akan jatuh, mari kita lihat dulu beberapa fakta penerbangan berikut ini:
      1. Saya ingin mengutip sedikit fakta dari sebuah artikel lama yang saya tulis tahun 2014 (baca disini: [Penting] Tips Untuk Mempertinggi Potensi Selamat dari Kecelakaan Pesawat Terbang. Walau kita seringkali mendengar berita tentang pesawat jatuh, secara statistik rasio kecelakaan pesawat ternyata jauh lebih kecil dibanding moda transportasi darat. Berdasarkan laporan kecelakaan pesawat antara tahun 1980-2000, tingkat survival rate dari kecelakaan pesawat berkisar antara 76,6% hingga 95,7%. Cukup tinggi kan?
      2. Akhir-akhir ini tingkat kecelakaan pesawat sudah relatif jauh lebih berkurang dibanding 50 tahun silam. Bahkan menurut laporan dari AirlineRatings.com, tahun 2015 termasuk salah satu tahun yang relatif aman dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sedangkan di tahun 2016, jumlah kecelakaan pesawat yang terjadi selama 10 tahun terakhir sudah jauh berkurang dibanding 10 tahun sebelumnya – masih menurut AirlineRatings.com (dikutip dari berita CNN). Dengan kata lain, secara statistik terbang dengan pesawat sudah semakin aman.
      3. Saat ini sudah semakin banyak informasi mengenai maskapai mana yang memiliki tingkat prosentase keamanan terbaik. Walaupun masalah keselamatan penerbangan itu diluar kuasa manusia, setidaknya kalian dapat memilih maskapai dengan reputasi keamanan yang baik untuk memberikan sugesti rasa aman dan bisa menekan resiko munculnya fobia terbang.
      Sebagai contekan, berikut ini daftar 20 maskapai penerbangan teraman + 10 maskapai low cost teraman di dunia sepanjang tahun 2016 versi AirlineRatings.com. Daftar peringkat ini disusun (berdasarkan alfabet – kecuali untuk nomor 1) setelah memonitor ratusan laporan penerbangan pada tahun sebelumnya.
      1. Qantas
      2. Air New Zealand
      3. Alaska Airlines
      4. All Nippon Airlines (ANA)
      5. American Airlines
      6. Cathar Pacific Airways
      7. Emirates
      8. Etihad Airways
      9. EVA Air
      10. Finnair
      11. Hawaiian Airlines
      12. Japan Airlines
      13. KLM
      14. Lufthansa
      15. Scandinavian Airline System (SAS)
      16. Singapore Airlines
      17. Swiss
      18. United Airlines
      19. Virgin Atlantic
      20. Virgin Australia
      Sedangkan untuk 10 budget airlines teraman di dunia tahun 2016, bocorannya sebagai berikut (disusun berdasarkan alfabet):
      1. Aer Lingus
      2. Flybe
      3. HK Express
      4. Jetblue
      5. Jetstar Australia
      6. Thomas Cook
      7. TUI Fly
      8. Virgin America
      9. Volaris
      10. Westjet
      Lantas bagaimana dengan tingkat keamanan penerbangan maskapai di Indonesia?
      Masih menurut website AirlinesRatings.com (seperti dikutip dari thejakartapost.com), maskapai terbaik di Indonesia, Garuda Indonesia, ternyata hanya mendapat 3 bintang saja – sementara maskapai negara lain bisa mendapat 4-7 bintang. Untuk low cost carrier pun rata-rata maskapai kita (seperti Lion Air, Batik Air, Citilink, Sriwijaya Air, dan Wings Air) hanya mendapatkan penilaian 1 bintang saja (dan termasuk salah satu yang terburuk di dunia).
      Walau begitu, jangan dulu merasa paranoid. Menurut versi World Airlines Awards yang diselenggarakan oleh Skytrax tahun ini, Garuda Indonesia masih masuk dalam peringkat 20 besar (ada di posisi 11). Hasil berbeda mungkin akan didapat dari survei lainnya. Dengan kata lain, jangan sampai daftar peringkat ini menjadi harga mati untuk menjatuhkan pilihan pada sebuah maskapai.
      *             *             *             *             *
      Tips Mengatasi Fobia Terbang

      Ilustrasi, via kokpit.aero
      Berikut ini beberapa tips untuk yang mungkin bisa membantu mengatasi fobia terbang:
      Sebelum pergi
      1. Kenali dulu apa yang menjadi sumber fobia terbang kalian. Apakah kalian takut terbang karena takut jatuh? Atau karena faktor fobia lainnya – seperti claustrophobia dan acrophobia? Dengan mengenali sumber ketakutan tersebut, kalian akan lebih fokus mencari solusinya. Misalnya saja, jika ketakutan terbang itu karena dipengaruhi oleh faktor claustrophobia dan acrophobia, kalian dapat menyiasatinya dengan memilih tempat duduk di dekat lorong, karena duduk dekat orang lain dapat mengurangi rasa takut dan cemas. Sedangkan jika ketakutan kalian karena faktor lainnya, seperti takut berlebih akan turbulensi, kalian dapat melihat tips di bagian ‘saat di pesawat’.
      2. Jangan pernah terlalu kepo dengan berbagai kecelakaan yang pernah terjadi. Kalian boleh-boleh saja mencari informasi tips untuk menyelamatkan diri seandainya terjadi kecelakaan. Tapi hindari mencari-cari informasi tentang kecelakaan pesawat, apalagi sampai melihat foto-foto korban kecelakaan, dll dsb. Hal-hal seperti itu bisa memicu rasa panik saat berada di dalam pesawat.
      3. Sebelum memulai perjalanan, kalian bisa mencoba melakukan visualisasi rangkaian perjalanan yang akan dilakukan, mulai dari datang ke airport, hingga saatnya terbang. Diharapkan dengan sering-sering melatih visualisasi tersebut, otak akan terbiasa dengan situasi saat terbang dan akan semakin jarang mengirimkan sinyal ketakutan pada tubuh.
      4. Sebelum masuk pesawat, nggak ada salahnya menjelaskan perasaan takut kalian pada kru yang bertugas. Kru profesional biasanya sudah terlatih untuk menghadapi penumpang yang takut terbang. Namun jika kalian sudah memiliki tips dan trik sendiri untuk mengatasi fobia terbang, nggak ada salahnya meminta kru yang bertugas untuk membantu melakukan aneka tips dan trik tersebut. Misalnya saja, kalian bisa minta tolong untuk rutin diingatkan kalau kondisi penerbangan baik-baik saja, minta tolong diingatkan untuk melakukan berbagai teknik pernafasan seandainya tiba-tiba terserang panic attack, dan lain-lain.
      5. Kenali kondisi fisik dan psikis diri sendiri. Seandainya fobia terbang kalian sudah terlalu parah, jangan memaksakan untuk terbang dalam jangka waktu lama. Kalian bisa memilih beberapa penerbangan singkat (transit beberapa kali), dan pilihlah pesawat berbadan besar yang relatif lebih tahan terhadap turbulensi.
      6. Atau, jika fobia terbang kalian betul-betul sulit dikendalikan, nggak ada salahnya mencari kelas atau terapi khusus untuk mengatasi fobia tersebut. Kalian bisa datang ke psikolog, psikiater, atau mencari kelas-kelas terapi lainnya yang lokasinya paling dekat dengan tempat tinggal kalian.
      Saat di pesawat
      1. Biasanya, turbulensi menjadi penyebab fobia terbesar saat berada dalam pesawat. Ya, turbulance memang kadang terasa mengerikan. Tapi tahukah kalian, bahwa turbulance bagi pesawat terbang tak ada bedanya seperti keberadaan polisi tidur bagi kendaraan bermotor. Salah satu tips terbaik untuk menghadapi turbulensi, adalah dengan membiarkan tubuh berayun mengikuti gerak pesawat (jangan melawan) dan sebisa mungkin bersikap santailah.
      2. Alternatif lainnya, kalian bisa mengambil penerbangan yang – lagi-lagi – secara statistik relatif aman dari turbulensi. Penerbangan pagi biasanya lebih jarang terkena turbulensi, walau harga tiketnya (umumnya) lebih mahal dari penerbangan malam.
      3. Kalian juga dapat menyiasati masalah turbulensi dengan memilih tempat duduk yang tepat. Biasanya, kursi di bagian belakang pesawat akan terkena efek turbulensi lebih parah dibanding bagian lain dari pesawat. Sedangkan kursi terdepan kabin biasanya lebih minim terkena efek turbulensi.
      4. Selama di pesawat, sibukkan diri dengan melakukan aktifitas yang kalian suka agar perhatian tak hanya fokus dengan masalah penerbangan. Kalian bisa menonton film, membaca buku, main puzzle, atau mendengarkan lagu. Lebih baik jika kalian mendengarkan lagu-lagu tenang yang akan membuat perasaan jadi lebih relaks.
      5. Sering-seringlah melatih pernafasan saat berada di pesawat. Bernafas dengan tenang dan teratur dapat membantu membuat tubuh jadi lebih relaks dan mengurangi rasa takut.
      6. Hindari meminum minuman berkafein tinggi seperti kopi, atau minuman seperti soda. Minuman-minuman tersebut dapat merangsang seseorang untuk bersikap berlebihan dan terlalu bersemangat. Sebaliknya, nggak ada salahnya banyak-banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh dapat mebuat tubuh jadi lebih tegang dan lebih mudah terserang panik.
      7. Jika kalian boleh minum minuman beralkohol, menyecap 1-2 gelas wine dapat membantu membuat tubuh jadi sedikit lebih relaks. Tapi, jangan berlebihan! Minum sampai mabuk malah dapat membuat kalian bereaksi berlebihan dan malah mengganggu penumpang lainnya. Selain itu, membiasakan diri untuk minum beralkohol setiap kali terbang dapat menjebak kalian dalam pola hidup tak sehat, karena dosis alkohol harus selalu ditambah setiap kali terbang (agar efeknya terasa).
      8. Jika tidak bisa/tidak boleh minum minuman beralkohol, beberapa traveller menyarankan untuk minum obat anti mabuk untuk meminimalkan potensi terkena mabuk perjalanan.
      9. Selama di penerbangan, fokuslah pada pikiran-pikiran positif. Misalnya, usahakan untuk terus membayangkan tentang destinasi yang akan dituju, dan jangan pikirkan hal-hal buruk selama di perjalanan.
      10. Untuk alternatif lainnya, kalian dapat mencoba teknik pelepasan hormon oksitosin untuk mengatasi fobia terbang. Secara mudah, hormon oksitosin – atau biasa dikenal sebagai ‘hormon cinta’ – merupakan sebuah hormon yang dapat memberikan rasa percaya dan nyaman dalam diri seseorang. Saat hormon oksitosin berhasil dikeluarkan, perasaan stress akan bisa ditekan, dan akhirnya membuat otak berhenti mengirimkan sinyal-sinyal fobia terbang.  
      Lantas bagaimana caranya melepaskan hormon oksitosin? Caranya bisa berbeda bagi wanita dan pria. Bagi wanita, kalian dapat mengingat momen-momen bahagia seperti saat melihat bayi yang baru dilahirkan, saat menyusui, maupun saat tengah bersama pasangan. Sedangkan bagi pria, bisa dengan mengingat momen puncak dalam sebuah hubungan intim.
      Cara lainnya, kalian (khususnya solo traveller) dapat mencoba memulai percakapan dengan penumpang lain yang duduk di dekat kalian. Setelah obrolan nyambung dan merasa terhubung dengan orang itu, kalian akan merasa lebih tenang dan relaks – pertanda hormon oksitosin telah keluar.
      *             *             *             *             *
      Kenapa Kalian Harus Terbang Minimal Sekali dalam Seumur Hidup

      Ilustrasi, via adcomunicazione
      Jika data statistik maupun tips-tips di atas belum cukup untuk membuat kalian tenang, mari simak beberapa alasan kenapa kalian harus mencoba terbang minimal sekali dalam seumur hidup. Siapa tahu di antara alasan-alasan berikut ini ada yang mampu membuat fobia terbang kalian menjadi lebih bisa dikendalikan.
      1. Suka atau tidak, untuk bepergian ke beberapa tempat di dunia, pesawat masih menjadi moda transportasi tercepat, terbaik, dan – berdasarkan statistik – termasuk salah satu moda transportasi teraman di dunia. Jadi, sekalipun kalian benci terbang, ingatlah kalau mau-tak-mau kalian memang acap kali HARUS terbang. Daripada terus-terusan merasa takut, lebih baik jika kalian fokus mencari solusi untuk mengatasi ketakutan tersebut.
      2. Ingatlah bahwa terbang menjadi salah satu cara untuk mengagumi ciptaan-Nya dari ketinggian. Diharapkan dengan mengingat hal tersebut, kalian akan fokus pada hal-hal positif dan akhirnya melupakan ketakutan untuk terbang.  
      3. Tambahan lainnya, ada hikmah positif dari fobia terbang lho. Secara sengaja ataupun tidak, kalian jadi akan lebih banyak berdoa dan akhirnya menyerahkan segalanya kepada-Nya. Jadi, fobia terbang nggak melulu berisi hal-hal negatif kan?
      Semoga tipsnya bermanfaat!
      *             *             *             *             *
      Baca tulisan lainnya yang berhubungan dengan penerbangan:
      [Penting] Tips untuk Mempertinggi Potensi Selamat dari Kecelakaan Pesawat Terbang 
      Random Tips Buat Kalian yang Berencana Terbang Bareng Bayi dan Anak-anak
    • By Vara Deliasani
      Ceritanya beberapa hari yang lalu terjadi kebodohan dalam reservasi hotel. Seharusnya booking hotel buat Desember di sebelah shin-osaka station (karena niatnya mau beli paketan tiket Haruka+ICOCA), tapi malah kebooking buat November. Untung masih bisa di cancel. Tapi ternyata pas booking ulang buat Desember hotelnya udah penuh. Terpaksa deh nyari alternatif lain.  
      Akhirnya dapet di Osaka Hana tapi stasuin terdekatnya adalah Namba, mulai lah gw bingung... soalnya selama ini risetnya paketan diskonan tiket Kansai Airport ke Shin-Osaka. Bisa sih dari Shin-Osaka ke Namba tapi rugi waktu. Browsing sana sini.. nanya ke @deffa dan beberapa teman yang lain akhirnya nemu paket diskonan yang lumayan. Berikut beberapa pass yang bisa dipake untuk menghemat biaya dari Kansai Airport ke Namba :
      Yokoso Osaka Ticket Kanku-Webtoku Ticket Osaka City Subway to Kansai int'l Airport  
      Tapi sebelum ngebahas tiket diskonan ini mungkin gw bahas dulu kereta dan tiket reguler dari Kansai Airport ("KIX") ke Namba St. Terdapat 2 jenis kereta yang melayani rute ini, yaitu:
      Nankai Airport Express
      920 yen, 45 menit ke Namba. Berangkat tiap 15 menit. Alternatif kereta yang lebih murah jika dibandingkan dengan Nankai Rapid. Nankai Sirport Express ini berenti dibanyak stasiun dan cukup padat pada saat rush hour.
      Nankai "Rap:t"

      umber : http://www.howto-osaka.com/
      1430 yen, 34 -39 menit ke Namba. Brangkat setiap 30 menit. Keretanya ada 2 jenis, Nankai Rapit Alpha dan Nankai Rapit Beta, beta agak lebih lama dikit karena ada tambahan 2 stasiun pemberhentian. Semua seatnya reserved yaaa.
       
      Oke sekarang kita bahas tiket diskonan yang tersedia, ada beberapa pass yang bisa dibeli.. ada yang bisa dibeli online, ada juga yg hanya bisa dibeli di vending machine. Tinggal pilih deh yang sesuai kebutuhan. Berikut penjelasannya:
      Yokoso Osaka Ticket

      Sumber : http://www.howto-osaka.com/
      Tiket ini berlaku untuk Rapit Train. Harga tiketnya 1.500 Yen (Reguler seat). Sekilas memang terlihat lebih mahal dari beli satuan, tapi kalo beli Yokoso ini dapetnya 2 tiket sekaligus loh jadi lebih hemat..

      Sumber : http://www.howto-osaka.com/
      1 tiket dipake untuk dari airport ke Namba dan 1 tiket lagi bisa dipake buat naik subway, bus dan tram sepuasnya selama 1 hari (bisa dipake pada besok harinya). Tiketnya juga bisa dipake buat dapet diskonan tiket masuk di 32 tempat wisata di Osaka, antara lain  Osaka Castle, Tsutenkaku Tower, Osaka Water Bus, Umeda Sky Building (Floating Garden Observatory), Santa Maria (Bay Cruise) and banyal lagi. Harga normalnya sekitar 2000an Yen.. Jadi jauh lebih hemat kan kalo pake tiket ini...
      Gw sendiri rencananya akan pake Yokoso Osaka Ticket, hari pertama nyampe pake tiket airport -  namba. unlimited passnya baru akan digunakan besok harinya.
      Untuk Yokoso belinya harus online sebelum tiba di Jepang, bisa dibeli sebulan sebelum hari tiket yang akan dipilih. Berikut terlampir link pembelian tiket http://www1.nanka-e-tabi.com/NEREN/ItemDetail.aspx?tc=IB4AOSYOKOSO&sk=1
      Nanti bukti pemesanan dituker deh pas sampe KIX.
       
      Kanku-Webtoku Ticket

      Sumber : http://www.howto-osaka.com/
      Kalau ini tiket diskonan buat naik Rapit train.. Seperti dibahas di atas kalau beli satuan harganya 1.430 Yen, nah kalau pake ticket ini cuma bayar 1.130 Yen. Bedanya dengan Yokoso, Kanku Webtoku ini hanya mengcover perjalanan dari KIX ke Namba St.. dan ga bisa dipake buat dapet diskonan tiket masuk ke tempat wisata. 
      Tapi yaa lumayanlah yaa.. dari pada beli satuan di stasiun. Beli juga online, bisa cek disini http://www1.nanka-e-tabi.com/NEREN/ItemDetail.aspx?tc=IB4AOSKIXWTT&sk=1
      Nanti bukti pemesanan dituker deh pas sampe KIX.
       
      Osaka City Subway to Kansai int'l Airport
      Nah kalo yang ini harganya 1.000 Yen, bisa dipake untuk naik Nankai Airpot Express dari KIX ke Namba atau bisa dipake lanjut searah ke salah satu stasiun subway (ga bisa dipake buat naik Rapit Train yaaa). Jadi contohnya stasiun terdekat dari hotel adalah Shinsaibashi maka tiket ini bisa dipake untuk dari KIX - Namba lalu nyambung dari pakai subway dari Namba ke Shinsaibashi.
      Tiketnya bisa dibeli di vending machine di airport.
       
      Sebernarnya masih banyak jenis tiket diskonan lainnya, tapi harus dibeli di agen2 diluar Jepang.. dan belum tersedia di Indonesia 
      Btw semua harga diatas berlakunya sampai Maret 2017 yaa.. 
       
      Jadi ga bingung lagi kan kalo mendarat di Kansai dan harus menuju Namba.. Untuk tiket diskonan dari Kansai ke Shin-Osaka dan Osaka Umeda nanti ya dibahas berikutnya. Untuk Tokyo juga ada paketan tiket diskonan sejenis, kalo ga salah namanya Welcome Tokyo Ticket. Bulan depan @twindry akan gunakan di Tokyo.
      *Ketjup Manjaaaahh*
      Selamat Berlibur!!
       
    • By Vara Deliasani
      Kalau di postingan sebelumnya gw sudah membahas mengenai tiket diskonan Kansai Aiport (KIX) - Namba, sesuai janji, kali ini gw akan membahas tiket diskonan KIX - Shin-Osaka.
      Buat yang tiba di Kansai dan akan melanjutkan perjalanan ke daerah-daerah sekitar Osaka menurut gw ini adalah pilihan yang terbaik.. (sementara ini loohh yaaa... siapa tau nanti ada paketan lain yang lebih menarik)
      Namanya adalah Haruka ICOCA Ticket. Paketnya terdiri dari 1 tiket kereta Haruka ke Shin-Osaka dan 1 IC Card ICOCA dengan saldo 1.500 Yen. Haruka ICOCA ticket dijual dengan harga 3.300 Yen.


      Sumber : JpRail.com
      Apa sih Haruka?
      Haruka merupakan singkatan dari JR Haruka limited express. Kereta ini melayani tujuan KIX - Shin-Osaka, Kyoto dan Tennoji St. Untuk sampai ke Shin-Osaka dibutuhkan waktu tempuh 50 menit. Untuk sampai di Kyoto
       
      Apa sih ICOCA?
      ICOCA merupaka e-money/kartu prepaid yangdikeluarkan di Kansai area. Tapi ICOCA ini bisa dipakai di Tokyo juga ya, hanya pembeliannya saja yang harus di area Kansai. ICOCA ini bisa digunakan untuk seluruh moda transportasi yang tersedia di Osaka, bahkan bisa digunakan untuk belanja di mini market yang bertanda khusus.
       
      Haruka ICOCA Ticket :
      Harga tiket Haruka sendiri jika harga normal mencapai 1.840 Yen, sedangkan ICOCA sebesar 2.000 Yen (deposit 500 Yen, Saldo 1.500 Yen) Sehingga total uang yang dikeluarkan jika tanpa tiket ini dapat mencapai 3.840 Yen.
      Jadi paket diskon ini menawarkan 2 tiket (Haruka dan ICOCA) dengan harga diskon.. cukup bayar 3.300 Yen (tujuan shin-osaka). Menarik kan?
      Btw tiket Haruka nya berlaku untuk one way yaaa..  kalo round trip harganya beda lagi yaa..

       
      Pemesanan Tiket :
      Pemesanan tiket dilakukan online, 27 hari sampai dengn 2 hari sebelum tanggal pemakaian. Pembayaran dilakukan nanti pada saat penukaran bukti pemesanan dengan tiket di Kansai Airport. Kalo ga salah ga terima pembayaran kartu kredit. Jadi pastikan membawa Yen yang cukup.
      Pemesanan bisa dilakukan di https://entry.jr-odekake.net/webapp/form/18254_cabb_25/index.do
       
      Mau pake Haruka + ICOCA untuk ke kota lain selain Osaka? Bisa.. berikut tabelnya
      Service area HARUKA service section One-way   Round-trip   +ICOCA +ICOCA OSAKA
      Umeda
      Namba Kansai-airport - Tennoji 1,100YEN* 3,100YEN 2,200YEN* 4,200YEN Kansai-airport - Shin-Osaka 1,300YEN* 3,300YEN 2,600YEN* 4,600YEN KYOTO
      Saga-Arashiyama Kansai-airport - Kyoto 1,600YEN* 3,600YEN 3,200YEN* 5,200YEN KOBE
      Maiko Kansai-airport - Shin-Osaka 1,500YEN* 3,500YEN 3,000YEN* 5,000YEN NARA Kansai-airport - Tennoji 1,400YEN* 3,400YEN 2,800YEN* 4,800YEN  
      Kalau misalnya dari Kansai ke Kyoto lalu pulangnya dari Osakake Kansai bisa ga pake tiket diskon ini? Bisa banget!!
      Sampai Kansai langsung beli Haruka ICOCA tujuan Kyoto seharga 3.600 Yen.


      Lalu di Shin-Osaka tunjukin ICOCA beli tiket Haruka dengan harga 1.300 Yen, atau 1.00 Yen jika dari Tennoji Station.


      Sumber: www.westjr.co.jp
       
      Semoga Membantu!!  
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
    • By Vara Deliasani
      Salah satu transportasi yang paling murah di Kyoto adalah bus. Buat yang pertama kali ke Jepang, terutama Kyoto, mungkin akan sedikit bingung dengan cara naik bus di Kyoto serta nomor bus yang menuju tempat wisata utama seperti Kiyomizudera, Kinkakuji, Gion, dll. Untuk memudahkan teman-teman berikut  hal-hal yang perlu diketahui sebelum menjelajah Kyoto dengan bus.
       
      How to Ride:
      Naik bus dari pintu belakang, lalu turun dari pintu depan ya. Pada saat nama halte tujuan tertera dilayar langsung tekan tombol yang tersedia di dalam bus, agar bus berhenti di halte yang kita tuju.
       
      Cara membaca petunjuk tujuan dan nomor bis :

      sumber : http://www2.city.kyoto.lg.jp/
       
      Tarif :
      Jenis tarif terbagi 2, tarif flat dan tarif yang sesuai dengan jarak. Untuk tarif flat seperti keterangan pada gambar di atas nomor bus menggunakan latar belakang putih. Sedangkan bus denga  tarif flat rata2 menggunakan backgound nomor berwarna orange atau biru.
      Metode pembayaran bisa dilakukan dengan uang tunai. IC Card (Suica, ICOCA, dll) dan menggunakan one day pass.
       
      Pembayaran :
      Pembayaran dilakukan pada saat turun dari bus di payment box yang terletak di samping supir. Bentuknya kira-kira seperti ini:
       
      sumber : http://www2.city.kyoto.lg.jp/
      Keterangan Gambar:
      (1):Fare charging port
      (2):bill slot (change 1,000yen)
      (3):coin slot (change 500yen,100yen,50yen)
      (4):Card ticket slot
      (5):coin outlet(for change)
      (6):IC card reader
      (7):display
       
      Pembayaran Cash :
      Payment box hanya menerima uang koin pecahan 50, 100, 500. Masukan uang pas ke dalam dalam payment box (keterangan gambar 1). Harus uang pas yaa karena mesin tidak menyediakan kembalian. Jika menggunakan uang lembaran 1000 Yen bisa ditukarkan terlebih dahulu di cash change machine (keterangan gambar 2). Nanti uang hasil tukerannya akan keluar di coin outlet (keterangan gambar no 5)
      Khusus untuk bus dengan tarif non flat bayar sesuai dengan tarif yang tertera di layar.
       
      Pembayaran dengan IC Card :
      Tempelkan kartu di IC Card Reader (keterangan gambar no 6). Saldo dikartu akan dipotong sesuai dengan biaya perjalanan.
       
      Pembayaran dengan Bus Pass :
      Jika menggunakan pass untuk bus dengan tarif flat maka pada saat penggunaaan pertama kali masukin pass ke slot bus pass (keterangan gambar 4). Untuk naik berikutnya tinggal tunjukan pass ke supir pada saat turun.
      Yang perlu diperhatikan jika menggunakan pass ini untuk bus dengan tarif non flat maka setiap naik ambil boarding tiket di pintu masuk lalu saat turun serahkan boarding ticket dan masukan kembali bus pass ke slot 4, mengingat jika tujuan berada diluar area pass maka akan dikenakan biaya tambahan. 
      Jenis-jenis bus pass :
      The Kyoto City Bus & Kyoto Bus One-Day Pass seharga 500 yen untuk dewasa dan 250 Yen untuk anak-anak. Dengan pass ini bisa naik bus di Kyoto sampai puas selama 1 hari. Pass dapat digunakan untuk naik bus dengan tarif flat dengan bebas. Untuk bus dengan tarif non flat akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan jarak. The Kyoto Sightseeing Pass  seharga 1.200 Yen (1 day pass) dan 2.000 Yen (2 day pass). Pass ini mengcover seluruh Municipal Subway trains dan hampir seluruh bus yang dikelola oleh Kyoto Bus company. The Traffica Kyoto Card merupakan kartu prepaid seharga 3000 yen. Dengan kartu ini kita akan mendapatkan diskon 10% di seluruh Municipal Subway trains dan hampir seluruh bus yang dikelola oleh Kyoto Bus company. Jadi mirip IC Card tapi memberikan diskon tiap naik bus dan subway. Atau bisa menggunakan Kansai Thru Pass seperti yang pernah di review oleh @deffa  
      Contoh Itinerary di Kyoto dengan menggunakan bus :
       
      Contoh :
      Dari Kyoto Station menuju Kiyomizudera : Naik dari halte Kyoto Station, pilih bus nomor 100 turun di halte Kiyomizu-ichi
      Dari Kiyomizudera menuju Ginkakuji : Naik dari halte Kiyomizu-ichi, pilih bus no 100 menuju ke Ginkakuji-mae. Turun di halte Ginkakuji.
      Dari Ginkakuji menuju ke Kinkakuji : Naik bus no 102 atau 204 dari Halte Ginkakuji, turun di halte Kinkakuji.
      Ginkakuji ke Gion : Naik bus no 100 atau 203, turun di halte Gion.
       
      Lebih lengkap bisa cek tabel di bawah ini..
       

      sumber : Bus Navi
       
       
       
      Nah sekarang udah ga bingung lagi kan? Selamat menjelajah Kyoto dengan Bus!! 
       
       
       
       
    • By Tarmizi Arl
      Salah satu resort mewah Maldives via storify.com
      Hai Gengs Jalan-jalaner !
      ‘Udah pernah ke Maldvies? Atau Pengen banget kesana kayak gue?’
      Ya, Maldives atau Maladewa memang kerap menjadi list cita-cita destinasi wisata bagi banyak orang. Alam bahari yang kerap disebut surga dunia memang tidak bisa dipungkiri keindahannya. Ditambah lagi, pamornya yang tinggi dan ada rasa prestisius tersendiri bagi wisatawan yang kesana membuat Maladewa seolah menjadi magnet bagi banyak orang untuk dapat menabung dan mewujudkan ambisi ke sana.
      Menariknya lagi, sekarang sudah mulai bermunculan tiket pesawat berpromo-promo khusus ke Maladewa yang umumnya melalui/via Kuala Lumpur. Ibarat angin segar, hal ini membuat kunjungan ke Maladewa semakin dekat dimata.
      Tetapi, sebelum benar-benar mendapatkan tiket kesana, apalgi tiket promo yang seringkali mendadak, ada baiknya kamu sudah mengenal terlebih dahulu seputar negara kepulauan satu ini.
       
      1.Dimana Maldives Berada?
      Sebelum membahas ini itu lebih jauh, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu dimana itu Maladewa. Biar lebih mudah, kita lihat saja lokasi Maldives dalam peta dunia berikut.
       
      Titik Lokasi Maldives dalam peta  via google map
      Terlihat dimana pulaunya? Begitu kecilnya kepulauan di Selatan Negara India yang berada di antara perairan Laut Arabian dan Samudera Hindia. Dalam peta diatas, bahkan pulau-pulaunya tidak terlihat ketika skala peta di perkecil. Begitulah Maldives, negara kepulauan yang sangat kecil bahkan kabarnya jika pemanasan global benar-benar dahsyat terjadi dan kutub mencair, Maldives menjadi negara yang terancam keberadaannya. Tak berlebihan nampaknya karena Maldives menjadi negara dengan permukaan terendah di dunia. Rata-rata ketinggian Maldives hanya 1,5 mdpl dengan puncak tertinggi hanya 2,3 mdpl.
      Agar lebih jelas, yuk kita lihat peta Maldives
       
      Peta Negara Maldives via leisuredm.com
       
      2. Mengenal Republik Maldives
      Maladewa merupakan negara merdeka berbentuk Republik. Negara ini merdeka di tanggal 25 Juli 1965 dimana sebelumnya Maladewa masih menjadi anggota koloni Inggris. Maladewa dipimpin oleh Presiden yang menempati istana bernama Muliaage.
       
      Muliaage, Istana Presiden Maldives via en.wikipedia.org
      Kepulauan di Maladewa terdiri atas sekumpulan atol atau pulau-pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna. Kondisi alam inilah yang juga membuat Maladewa spesial. Tercatat ada 1.192 pulau karang di Maladewa dan hanya sekitar 200 pulau yang dihuni.
      Nama Maldives atau Maladewa sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yaitu mala yang berarti untaian dan dvipa yang berarti pulau. Ya, nama yang memang sangat cocok untuk Maldives yang memang berupa untaian pulau-pulau memanjang dari utara hingga selatan.
       
      3. Menyapa Penduduk Maldives
      Banyak yang belum tahu bahwa Maladewa bisa dikatakan sebagai negara Islam Modern. Lebih dari 99 persen penduduk ini beragama islam dari sekitar 350.000 jiwa. Muslim negara ini sendiri terbilang cukup taat dimana sebagian besar wanitanya mengenakan jilbab. Kebudayaan dan nilai-nilai Islam juga erat bagi mereka meskipun tak bisa dipungkiri pengaruh nenek moyang akan kepercayaan supranatural dan tradisi Budha beralkulturasi juga disini.
       
      Salah satu wanita Maldives via appletonaltrusa.com
      Penduduk Maladewa sendiri disebut sebagai orang Divehi. Mereka terbagi dalam tiga kelompok yaitu yang mendiami Ihavandippula/Haa Alif hingga Haddummathi (wilayah Utara), yang mendiami wilayah Selatan, serta penduduk Minicoy yang berada di wilayah teratas, dekat India.  Secara etnis, penduduk Maladewa dibagi menjadi 4 bagian yaitu Sinhalese, Dravida, Arab, serta Afrika. Ada juga suku Indian, tetapi jumlahnya sangat kecil.
      Bahasa resmi Negara beribukota di Male ini ialah Bahasa Divehi. Sepintas, jika mendengar orang sana berbicara, cukup mirip dengan bahasa India. Tapi untuk berkomunikasi bagi turis tak perlu khawatir, karena sebagian besar warga Maladewa paham berbahasa Inggris.
       
      4. Cara Ke Maldives
      Sampai sekarang, belum ada penerbangan langsung dari Indonesia ke Maladewa. Penerbangan harus transit dahulu di Kuala Lumpur ataupun Singapura. Tarifnya juga beragam, biasanya tarif termahal yaitu saat high season yaitu di musim panas, antara bulan Desember hingga April. Perjalanan udara dari Singapura misalkan menuju Maldives ialah sekitar 4,5 jam dengan perbedaan waktu antara Maladewa dan Indonesia (WIB) ialah 2 - 3 jam lebih lama.
       
      Pulau, Bandara Ibrahim Nasir, via pinterest.com
      Bandara tujuan penerbangan di Maldives bernama Bandaranya Ibrahim Nasir di Pulau Hulhule. Uniknya, pulau ini isinya ya khusus bandara saja meskipun memang sudah ada jalan penghubung dengan pulau terdekatnya yaitu Pulau Hulhumale, sebuah pulau reklamasi. Jadi, sesampainya di Bandara, wisatawan harus langsung menaiki kapal atau langsung menyambung penerbangan domestik.
      Jika kamu sempat mengeksplore bandara ini, maka kamu juga akan melihat deretan pesawat kecil di perairan. Pesawat-pesawat domestik ke berbagai pulau ini akan lepas landas juga dari perairan. Pemandangan langka tentunya yang sangat menarik.
       
      5. Transportasi di Maldives
      Jika bandaranya saja hanya berada di satu pulau, sudah terbayang bahwa mobilitas di kawasan Maladewa ialah mengandalkan moda transportasi air. Begitupun ketika sampai di bandara dan ingin langsung ke pusat kota, maka kapal menjadi pilihannya. Di Bandara ini sendiri sudah langsung terhubung dengan terminal ferry. Kecuali jika kamu mau menuju Pulau Hulhumale, maka tersedia Bus seharga sekitar 15 MVR atau Rp 13.200.
      Kota terdekat dari pulau bandara ialah ibukota negaranya yaitu Kota Male. Dari bandara, kapal menuju Kota Male selalu tersedia dengan tarif sekitar 10 MVR atau sekitar Rp 8500 saja. Perjalanan kapal hanya sekitar 10 menit saja.
      Tapi perlu diketahui bahwa dua pulau ini bukanlah pulau wisata. Isinya layaknya sebuah kota yang dipenuhi bangunan bertingkat. Jadi jadikan Male atau Hulhumale sebagai lokasi singgah saja jika memang tujuanmu mencari keindahan Maladewa seperti yang sering dilihat di berbagai media.
       
      Seaplane, salah satu transportasi antar pulau, via stylehiclub.com
      Selebihnya untuk mengeksplore berbagai pulau di Maldives, transportasi laut baik kapal ataupun pesawat air (seaplane) adalah pilihannya. Ketahuilah sekali lagi bahwa pulau-pulau di Maldives sangatlah kecil. Ibukotanya saja di Kota Male, luasnya hanya 5,8 km persegi. Ya, mungkin menjadi ibukota negara terkecil yang pernah kamu tahu.
       
      Taksi di Kota Male via gezimanya.com
      Sedangkan untuk Transportasi di dalam kota, taksi adalah pilihan yang tersedia. Hanya Kota Male dan Hulhumale yang tersedia taksi. Jumlahnya cukup memadai dengan tarif yang wajar, apalagi perjalanan dipastikan tidak akan lama karena kembali lagi bahwa pulau sangat kecil.
      ‘Lantas bagaimana dengan pulau lain jika tidak ada taksi?’ Itu hal yang tak pelru dirisawkan karena memang pulau lain tidak memerlukannya. Berjalan kakipun tak akan membuat lelah karena begitu kecilnya.
      Selain itu hal unik yang perlu diketahui ialah bahwa taksi di Maldives bisa sharing cost. Maksudnya, meskipun sudah ada penumpang di taksi, tetapi penumpang lain masih bisa turut masuk. Tentu ini dengan kesepakatan antar kedua belah pihak, jadi kamu bisa menolak jika tidak ingin.
       
      6. Perlukah Visa? Dan Apa Mata uangnya?
      Berbahagialah karena sekarang perjalanan wisata bagi turis Indonesia ke Maladewa tidak memerlukan Visa. Bebas visa ini untuk kunjungan dibawah 30 hari, angka yang lebih dari cukup tentunya untuk berwisata.
       
      Rufiyaa, mata uang Maldives via mamiefunky.blogspot.co.id
      Sedangkan mata uang, Maldives menggunakan mata uang Rufiyaa (MVR). Ya, Rufiyaa, sedikit mirip penyebutannya dengan mata uang kita. MVR 1 setara dengan sekitar Rp 850 – 900. Kurs ini terbilang cukup stabil dari tahun ke tahunnya. Di Maladewa sendiri, kamu tidak hanya bisa bertransaksi dengan Rufiyaa, tapi juga bisa menggunakan Dollar Amerika. Kurs 1 USD ialah sekitar 15 MVR. Tapi, menggunakan mata uang lokal bisa lebih menguntungkan karena biaya menggunakan uang lokal akan lebih hemat dibanding dollar. Untuk kamu yang mau menukarkan uang bisa langsung menukarnya di Bandara. Selain itu, perlu diketahui bahwa ATM hanya tersedia di sekitaran Bandara atau Pulau Hulhule, jadi siapkan uang langsung dari sana.
       
      7. Tentukan Tujuan Sejak Awal
      Seperti yang sudah di sebutkan berulang di poin sebelumnya, bahwa  pulau-pulau Maldives ialah pulau-pulau kecil yang tersebar ribuan. Untuk pergi ke antar pulau juga harus menggunakan kapal atau pesawat. Itupun jarak antar pulau sangat beragam dan dapat dipastikan akan memakan banyak waktu.
       
      Salah satu pulau resort di Maldives via virginholidays.co.uk
      Jadi, sebelum sampai di Maladewa, kamu harus sudah menentukan di pulau mana tujuanmu setidaknya untuk menginap. Tentukan dan sesuaikan juga dengan budget yang kamu punya agar tidak terbuang mubazir. Namun semua kembali kepada diri masing-masing, selagi kalian memang berencana berpindah-pindah lokasi, hal itu tentu mungkin saja. Terpenting, kamu sudah tahu dulu kondisi Maldives agar tidak kaget.
       
      8. Jumat adalah Hari Libur, Tidak Ada Kapal Umum yang Menyebrang
       
      Kapal Penyebrangan di Maldives via arenabeachmaldives.com
      Hal ini harus kalian ketahui. Sebagai negara bependuduk dan kuat akan nilai-nilai Islam, Maldives memberlakukan hari libur setiap pekannya yaitu di Hari Jumat. Makna libur ini bukan hanya untuk kantor tetapi termasuk untuk jasa penyebrangan umum. Kecuali untuk kamu yang menyewa satu kapal, hal ini masih mungkin dilakukan.
       
      9. Dilarang Pakai Bikini Sembarangan
       
      Papan Pemberitahuan Larangan Berbikini via expatoftheworld.com
      Kembali diingatkan bahwa Maldives sangat kental dengan peraturan Islamnya. Meskipun sudah begitu dikenal sebagai negara tujuan wisata pantai, tetapi peraturan tetap peraturan. Kalian yang perempuan tidak boleh memakai bikini di tempat publik, termasuk pantai publik.
      Meskipun dilarang di tempat umum, tetapi tetap disediakan lokasi-lokasi bebas. Biasanya jika di pantai umum, diberikan pembatas antara area dilarang berbikini dan yang boleh berbikini. Selain itu untuk pantai privat seperti resort, berbikini diperbolehkan.
      Selain soal bikini, alkohol juga dilarang dijual ataupun dibawa ke pulau-pulau lokal di Maldives. Meminum dan termasuk membawanya dari luar adalah tindakan illegal. Jadi jangan coba-coba, ya.
       
      10. Bagaimana dengan Biaya Hidup?
      Maladewa terbilang cukup tinggi untuk biaya hidupnya. Urusan makan contohnya, dalam sekali makan kamu mungkin harus menyisihkan uang sekitar Rp 100 ribu untuk menu standar. Sedangkan untuk penginapan mungkin masih bisa ditekan karena sudah mulai banyak penginapan murah di angka Rp 500 ribuan permalam. Tapi tentu ini adalah penginapan di tengah kota, sedangkan jika kamu mau di tepi pantai, sudah tentu akan lebih mahal.
      Khusus kamu yang Backpacker atau mencari biaya terendah, setidaknya ada 3 pulau yang dianggap paling cocok yaitu Maafushi, Gulhi, dan Guraidhoo. Ketiganya cukup populer bagi mereka yang ingin mengghemat tetapi dengan panorama yang tak kalah menakjubkannya. Lokasinya di sisi Selatan Kota Male dengan biaya kapal yang juga sangat murah yaitu sekitar MVR 22 atau hanya Rp 19.000.
    • By Sahat
      Pada tulisan kali ini saya ingin mengulas sedikit mengenai cara mengurus E-paspor dan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk pengurusannya. Tetapi sebelum saya mengulasnya, saya mau bercerita sedikit mengenai latar belakang kenapa saya harus mengurus si E-Paspor ini.

      Begini ceritanya, Kebetulan sudah pegang tiket ke Jepang PP pada 2-7 Nov 2016 (bagi yang mau join silahkan kontak saya ya) , dan sudah mulai persiapan pengurusan VISA Jepang, eh pas baca-baca beberapa sumber, jika ingin melakukan pengurusan VISA Jepang dan jika dikota penerbitan KTP anda ada Kantor Kedutaan Jepang maka anda harus mengurus VISA nya dikota KTP anda diterbitkan. Nah kebetulan Saya memang sudah 4 tahun tinggal dibandung tetapi saya masih pemilik KTP Medan Sumatera Utara, dan faktanya lagi Kantor Kedutaan Jepang ada yang berlokasi di Medan, mau tidak mau, jika saya mau mengurus VISA Jepang, saya harus kembali ke Medan hanya untuk mengurus VISA, oh mai god....!  
      Merasa sangat rugi jika harus bolak balik Medan-Bandung hanya demi sebuah VISA dan korban cuti juga, saya mencoba dan berusaha mencari cara Lain, apakah harus pakai Agent? Tidak. Saya memcoba membaca referensi-referensi lain dan akhirnya menemukan pencerahan dimana ada ulasan yang mengatakan Jika kita sudah pemegang E-Pasport Kita bisa mengurus Visa Waiver Jepang dimana saja, tidak harus di Kota tempat KTP kita diterbitkan. Tetapi jika ingin mengurus E-Paspor Kota yang masih melayani ini masih terbatas di 3 kota di Indonesia, yaitu di Jakarta termasuk Soekarno hatta, Surabaya dan Batam.
      Nah dengan modal informasi ini saya bulatkan tekad untuk mengurus E-Pasport saja. Eh Pas baca-baca beberapa sumber lagi, untuk pembuatan E-Paspor Kita hanya diperbolehkan  jika ingin membuat baru atau Jika ingin mengganti ke E-Paspor dengan catatan paspor lama sudah akan memasuki masa expiry. Wah, hambatan lagi nih, tapi saya ingin meluruskan informasi ini, untuk penggantian paspor biasa , paspor lama tidak harus sudah memasuki masa expiry date. Paspor baru sekalipun bisa melakukan pengajuan kembali untuk pengurusan E-Passport, seperti pasport saya yang masih berlaku hingga 2.5 tahun Lagi. Berikut saya ulas cara pembuatan E-Paspor.

      Notes: Untuk pembuatan E-paspor dilayani dengan cara Walk-In atau datang langsung ke kantor imigrasi, belum bisa pra permohonan Online
      Berikut Gambaran Besar persyaratan dan informasi lainnya dalam pengurusan paspor:


      Notes: Untuk Akte Lahir, bisa digantikan dengan Ijasah atau surat Nikah.
      Kali ini saya akan mengulas mengenai cara pembuatan E-Paspor dimana saya membuat E-Paspor saya, yaitu di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Jakarta Selatan, Jalan Warung Buncit Raya No. 207, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12790.. Dengan masih dalam keadaan sakit, pada tanggal 15 September 206 Pukul 00.15 , saya berangkat dari Bandung menuju Jakarta dengan menggunakan moda transportasi umum, sebut saja X-Trans dari DeBatara Hotel menuju Hotel Kartika Candra Gatot Subroto Jaksel. Sampai di Kartika Candra sekitar Pukul 03.35 Subuh, tanpa basa-basi saya langsung order moda transportasi online dan langsung meluncur ke kantor imigrasi. Sampai dikantor imigrasi tepat pukul 03.55 subuh dan sudah ada yang mengantri, tetapi masih hanya satu orang, yeeiiiiii saya orang kedua. 
      Berikut orang pertama yang sudah mengantri di jam 3.55 Subuh.
       
      Selang beberapa waktu kemudian, orang orang mulai berdatangan, dan antrian mulai mengular. Tetapi kita punya inisiatif sendiri, dimana kita membuat nomor antrian sendiri di suatu kertas seperti absensi, supaya yang pertama datang benar-benar mendapatkan antrian yang didahulukan. Gw diantrian yang kedua. hehehhehehehehe.
      Kemudian pada pukul 5.30, petugas security sudah mulai membuka gerbang kantor imigrasi dan mengarahkan para pengantri ke kursi tunggu dibagian samping belakang kantor imigrasi, dan petugas security menentukan antrian tempat duduk sesuai dengan daftar absensi yang sudah kita tulis tadi.
                                                                      Antrian diluar ruangan imigrasi dan  Antrian yang tidak kebagian tempat duduk:

      Notes: Pengambilan nomor antrian yang sebenarnya mulai dibuka Pukul 7.30.
      Tepat Pukul 7.30 kami diarahkan oleh petugas security ke lantai 2 kantor imigrasi untuk pengambilan nomor antrian pelayanan. Dikarenakan adanya pengambilan nomor priority untuk orang tua lansia, ibu hamil dan yang lainnya, akhirnya saya kebagian nomor antrian 27.
                                Loket Pengambilan Nomor Antrian dan Map untuk berkas yang akan kita serahkan, map ini diberikan oleh petugas:

      Harap diperhatikan, ketika pengambilan nomor antrian dan pengambilan map kuning ini, silahkan katakan kepada petugas untuk pengurusan E-Pasport supaya berkas kita di stempel dengan cap E-PASSPORT seperti berikut:

      Kemudian isi semua data yang diminta dengan benar, dan jika sudah tinggal menunggu nomor antrian kita dipanggil oleh petugas.
      Berikut kira-kira gambaran ruang tunggu dilantai 2 kantor imigrasi dalam prosen menunggu nomor antrian dipanggil:

      Sebagai informasi, jumlah pelamar yang diambil dan yang sedang dan sudah dilayani dapat dilihat di website http://infoantrianpaspor.imigrasi.go.id/ , data yang tertera diwebsite tersebut adalah real time updated.
      Dari hasil pengamatan saya, kantor imigrasi jakarta selatan lebih banyak mengambil jumlah pelamar dan lebih cepat melayani, hal ini mungkin dikarenakan kantor imigrasi jakarta selatan memiliki 12 conter pelayanan OSS (One Stop Services).
              Bisa dilihat dari gambaran berikut , jumlah yang diambil dan yang sudah dan sedang dilayani (gambar berikut saya screenshoot di tanggal saya mengurus e-passport)

       
      Akhirnya setelah menunggu beberapa saat saja, nomor antrian saya dipanggil yaitu antrian nomor 27, di kantor imigrasi jakarta selatan ini benar-benar sudah menerapkan OSS (One Stop Services) jadi untuk pemeriksaan dan validasi berkas, wawancara dan Photo dilaksanakan di satu counter saja dan dilayani oleh 2 orang petugas imigrasi, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk semua proses nya, Validasi berkas, wawancara dan photo hanya butuh 15 menit saja. Dan pertanyaan yang ditanyakan kepada saya hanya satu saja, "Mau Kemana Pak"?, saya jawab, "Ke Jepang Pak". Selesai. Asli pelayanan nya sangat-sangat memuaskan. Cekrek photo, selesai, dan pengajuan epaspor saya di terima. Saya mendapatkan berkas pembayaran yang harus saya bayar seperti berikut:

      Notes: Untuk pembayaran paspor tidak hanya sebatas di Bank BNI saja, saat ini sudah banyak bank yang bekerja sama untuk pembayaran paspor, seperti saya, saya membayarkan pembayaran paspor saya di Bank BRI yang tepatnya berada di Lantai 1 kantor imigrasi, jadi begitu saya selesai dr pelayanan OSS saya langsung melakukan pembayaran dan langsun balik menuju Bandung. Jadi jam 9 Tepat saya sudah kembali kebandung.
      Sebagai informasi, untuk pelayanan Paspor Biasa 48 Halaman, paspor akan selesai dalam 3 hari kerja dan E-Paspor dalam 5 Hari Kerja.
      Saya Pengajuan pada Hari Kamis 15 September 2016, dan pada haris selasa 20 September 2016 saya kembali kejakarta untuk pengambilan paspor saya. Saya sampai dikantor imigrasi sekitar pukul 13.27 dan saya mendapatkan nomor antrian nomor 160, buseeettt, padahal pengambilan nomor antrian untuk pengambilan paspor, baru dimulai pukul 13.00.
                                                                                 Jangan lupa untuk membawa bukti pembayaran yang sudah anda lakukan:

      Menunggu selama satu jam, pada pukul 14.45 nomor antrian saya dipanggil, dan ketika saya mendatangi loket pengambilan , petugasnya mengatakan bahwa paspor saya belum selesai kerana paspor saya tidak ada di dalam list paspor yang sudah dikeluarkan. Dan petugas nya mengatakan, bapak pengajuan epaspor dan belum ada 5 hari kerja, jadi paspor bapak belum ada di list paspor yg sudah dikeluarkan. Saya langsung memasang muka memelas, dan dengan bermodalkan KTP Medan saya, saya mengatakan seperti ini kepada petugasnya, "Pak, saya datang dari Medan untuk pengambilan paspor ini pak, dan saya harus balik kembali ke medan", kemudian petugasnya dengan nada kasihan berkata, "Kalau begitu, silahkan tunggu dulu ya Pak Sahat, saya akan coba Follow Up kepada petugas nya". 
      Dan selang 15 menit kemudian, nama saya dipanggil dan finally Paspor saya sudah selesai,
                                 Kiri:  Paspor E-Passport dan Kanan: Pasor Lama
       
                      Paspor Lama (Halaman depan di gunting)                                                         E-Passport

       
      FYI: Nomor Pspor E-PASSPORT diawali dengan "X". Dan lembaran-lembaran di epassport lebih menarik dengan gambar-gambar nusantara dan lebih berwarna.