Sign in to follow this  
praspraspras

peta cagar budaya Jakarta

7 posts in this topic

jadi beberapa waktu lalu saya itu baru aja datang ke sebuah museum di Jakarta dan lalu berkenalan dengan bapak penjaga museumnya. lama mengobrol,saya lalu menyadari ada sebuah peta besar yang tertempel di ruangan kerja Beliau. saya pun penasaran, lalu memperhatikan peta itu dari dekat, setelah saya dekati, benar dugaan saya, ini adalah peta seluruh cagar budaya yang ada di Jakarta. Berisi hampir 128 lokasi museum dan cagar budaya termasuk sisa sejarah di Jakarta.

Pada saat saya meminta, ternyata, sangat disayangkan, saya mendapatkan kabar bahwa peta itu sekarang sudah tidak pernah lagi dicetak oleh dinas pariwisata Jakarta. Padahal, peta tersebut benar benar menunjukkan bahwa "Jakarta aja begitu besar menyimpan keindahan wisata budaya, jadi kenapa sih harus jauh jauh ke luar negri?"

sebelum meninggalkan kantor bapak penjaga museum, bapak penjaga museum memberikan salah satu dari 2 yang tersisa di seluruh museum Jakarta dengan syarat saya bisa menjaganya. saya juga diamanatkan untuk bisa berbagi cerita mengenai tempat2 di peta tersebut agar cagar budaya itu tetap terus tumbuh.

maka itu, saya akan bercerita banyak di post saya di thread ini, semoga saya bisa membagikan semua informasi nya

scan0002.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

dari sekian banyak cagar wisata yang ada di Jakarta, yang paling saya kagumi dan ingin banget kesana adalah "Rumah si Pitung" di indeks nomor 82 dari 126 cagar wisata di peta ini selain tempat2 yang saya sudah tau seperti fatahillah dan museum prasasti, museum wayang dan monas.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah, ditunggu share info nya :)

Pingin tau juga obyek-obyek wisata budaya di Jakarta, terutama yang berbau khas betawi-nya..

Btw Rumah Si Pitung itu seperti apa ya? Emang dulu aslinya rumah si Pitung yang dilestarikan atau cuma namanya aja?

Tokoh Pitung itu bener-bener ada kan katanya ya?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah, ditunggu share info nya :)

Pingin tau juga obyek-obyek wisata budaya di Jakarta, terutama yang berbau khas betawi-nya..

Btw Rumah Si Pitung itu seperti apa ya? Emang dulu aslinya rumah si Pitung yang dilestarikan atau cuma namanya aja?

Tokoh Pitung itu bener-bener ada kan katanya ya?

iya om, katanya beneran ada, makanya saya juga penasaran nih. rencananya saya mau ngajakin dari forum ini muter muterin jakarta, ke semua cagar budaya yyang ada di Jakarta. lagi nyari waktu yang pas ini. ntar kalo udah sempet ke rumahnya si pitung, saya cerita deh disini om.. :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah mantep nih infonya, boleh dong di share peta nya bro? Kapan2 boleh juga nih acara gathering kelilingin cagar budaya di jakarta ini hehehe...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this