ameryudha

sharing Olahraga Paralayang, wisata bercampur adrenaline di langit indonesia

38 posts in this topic

Paralayang Overview

0000060037.jpg

 Paralayang ( menulisnya disatukan, bukan ‘para layang’) atau paragliding merupakan salah satu cabang olahraga terbang bebas, dimana anda akan dilengkapi dengan sebuah parasut yang diterbangkan untuk mengangkat badan anda, dimana parasut ini pula yang akan membawa anda mendarat. Wisata paralayang memang belum begitu terkenal di Indonesia , karena club yang berdiri masih sedikit dan masih sedikit pula masyarakat yang familiar dengan olahraga ini.

 

Introduction

 

Paralayang sendiri dimulai lepas landas dari sebuah tanah luas yang berada di atas bukit atau gunung dimana angin adalah factor yang paling menentukan anda bisa terbang atau tidak. Parasut yang anda kenakan akan melayang tinggi di langit. Angin yang bisa menerbangkan badan anda ada dua macam, yang satu disebut dynamic lift dimana angin tersebut berasal dari angin yang menabrak dinding , dan satu lagi yaitu thermal lift dimana angin tersebut merupakan salah satu pendorong kuat untuk anda terbang tinggi. Dengan kombinasi keduanya anda akan bisa terbang tinggi dengna jarak yang jauh. Semuanya tanpa mesin dan hanya memanfaatkan gaya potensial angin saja ( yang memakai motor sebutannya adalah motorgliding). Peralatannya sendiri hanya berkisar 10Kg saja, dimana anda Cuma tinggal memasukan ke dalam ransel bila anda mendaki gunung.  

 

Siapapun bisa terbang

 

Paralayang sendiri diperuntukan bagi orang dewasa, tidak peduli perempuan atau laki-laki. Syaratnya adalah , anda harus sehat jasmaniah ( bila dirasa anda masuk angin, tentu jangan memaksakan karena akan memperparah sakit anda ) dan sehat rohaniah ( bila anda sedang galau atau depresi tentunya jangan coba-coba karena anda bisa saja memaksa untuk loncat dari parasut ketika anda berada di atas ketinggian, hal tersebut tentunya membahayakan jiwa anda bukan?). Batasan umur sendiri adalah dari 14 hingga 60 tahun, dimana anak dibawah 18 tahun harus diantar oleh orangtuanya.

 

 Paralayang hingga saat ini masih dianggap olahraga yang berbagaya, kenapa ? Karena orang menganggap bahwa paralayang memiliki resiko yang sangat besar. Namun bila melihat secara makro, seluruh olahraga memiliki resikonya tersendiri. Jadi ketika anda memutuskan untuk melakukan olahraga ini, anda harus memiliki pemikiran positif bahwa selama anda mentaati apa yang menjadi peraturan keselamatan, semuanya akan berjalan dengan baik. Semua prosedur harus ditaati saat terbang, termasuk kelengkapan alat-alat keamanan dan keikutsertaan pendamping apabila anda belum memilki ijin untuk terbang sendiri.

 

Flying High Gliding

 

Kebabasan adalah kata yang dianut oleh sebagian orang,  dikaitkan dengan paralayang tentu saja match. Sebagian orang yang memiliki lamunan bisa terbang, bisa jadi menjadi kenyataan dengan mencoba paralayang . Anda tidak usah berubah bentuk seperti Jin Kazama dalam game Tekken untuk bisa terbang melewati hutan dan pepohonan untuk dapat terbang tinggi. Paralayang memiliki sensasi tersendiri dimana anda bisa merasakan kebebasan di angkasa raya, bagaikan seorang burung yang terbang tanpa beban.Bagi sebagian orang yang telah berpengalaman dalam olahraga ini, mereka merasakan sensasi tersendiri ketika terbang, ketika melayang di ketinggian secara tidak langsung anda akan merasakan penghargaan diri anda terhadap kehidupan dan alam yang terbentang tanpa halangan di depan mata anda anda.   

 

Keterampilan Paralayang bukan dengan seketika bisa dipelajari tentunya anda akan mempelajarinya step by step dengan penuh perjuangan.  Ketika anda telah memiliki ijin untuk terbang, tentunya anda bisa memiliki pengalaman berbeda dalam penerbangan anda selanjutnya. Hal tersbeut adalah hal yang paling memuaskan ketika anda bisa terbang tanpa orang lain dan dengan kemampuan anda sendiri  mau terbang setinggi apa dan mau sejauh apa tentunya ketika anda memiliki pengalaman dan ijin terbang, semua terserah anda.

paralayang-terbang-layaknya-burung-foto-

Ready To Fly High

 

Perlengkapan yang anda butuhkan adalah Parasut utama, parasut cadangan, harness, dan helmet. Selain itu ada perlengkapan pendukung untuk terbang antara lain  variometer, radio/HT, GPS, windmeter, peta lokasi terbang, dll. Ketika anda terbang, sebaiknya anda memakai flighsuit, namun untuk pemula anda bisa memakai pakaian seadanya yang penting anda bebas bergerak, disarankan anda memakai sepatun boots agar pendaratan tidak menyakitkan.  Parasut sendiri merupakan alat mahal yang paling penting, semua tergantung penerbang.  Parasut sendiri memiliki berbagai ukuran, semua disesuaikan dengan bobot badan anda, sebagai informasi terbang aman untuk paraglider maksimal 120kg di atas itu anda  sebaiknya menurunkan berat badan anda.     Harga perlengkapannya sendiri sepaket semua bisa sampai Rp. 30.000.000 untuk membeli perlengkapan yang baru , namun banyak diantara para anggota klub yang saling menukar perlengkapan ataupun membeli bekas dari satu anggota dan anggota lain dengan harga Rp. 3-5 juta untuk harga bekas, lengkap semua.

 

 

Further Information

 

 

Sebelumnya, anda harus berkonsultasi dengan organisasi paragliding yang ada di wilayah anda. Untuk saat ini, yang paling terkenal ada tiga yaitu di Puncak, Malang, dan Bali. Namun yang harus anda perhatikan adalah , anda harus berlatih kepada seseorang yang tepat atau instruktur /pelatuh paralayang yang terlah bersertifikat dan diakui oleh organiasai paralayangdunia. Utnuk Indonesia, kita memiliki  lisensi untuk pelatih paralayang dikeluarkan oleh Persatuan Olahraga Dirgantara Layang Gantung Indonesia – Federasi Aero Sport Indonesia / PLGI – FASI. Kebanyakan pelatih memiliki naungna dibawah FASIDA. Dimana para pelatih ini memiliki klub terbang di berbagai daerah .  Beberapa klub paralayang di Indonesia :

 

 

Lokasi yang biasa dijadikan tempat berlatih ( anda tidak harus langsung terbang, hanya melihat dan bertanya-tanya dahulu juga boleh )

201106_TI_Paralayang-06.jpg

Puncak Jawa Barat

Pemandangan cukup mempesona. Lokasi lepas landas dan mendarat berada di tengah-tengah perkebunan teh yang hijau. Kondisi angin dan thermal sehari-hari cenderung lembut. Pembentukkan awan di kala musim hujan sangat cepat. Perubahan cuaca juga biasanya berlangsung cepat. Angin lokal menjadi dasar penerbangan di lokasi ini, sehingga merupakan salah satu lokasi terbaik untuk pengembangan karena dapat diterbangi sepanjang tahun. Lokasi ini sangat mudah dijangkau.

 

Lokasi Lepas Landas/TO : Bukit 250 (1250 m)

Lokasi Mendarat/LZ : kampung Pensiunan (1000 m)

Beda Ketinggian TO- LZ:  250

Arah Lereng : Barat

Musim Terbang : Sepanjang Masa

Tingkat Kesulitan :  1

Transportasi ke Lepas Landas:  Kendaraan Umum

 

 

Kontak dahulu ke beberapa klub tersebut.

 

Pantai Timbis (Nusa Dua)


Kondisi angin cenderung keras namun stabil. Thermal sangat jarang muncul. Arah angin terbaik adalah selatan persis dari arah laut. Tebing pantai panjang sehingga mengasyikkan untuk ridge soaring ke arah barat (Uluwatu) atau ke arah timur (Hotel Nikko).

 

Lokasi Lepas Landas/TO : bukit 100 Nusa Dua

Lokasi Mendarat/LZ:  pantai Timbis

Beda Ketinggian TO- LZ:  100

Arah Lereng :  Selatan

Musim Terbang:  Mei - Oktober

Tingkat Kesulitan :  1

Transportasi ke Lepas Landas : Kendaraan Pribadi

 

 

 

Beberapa orang yang bisa dijadikan rujukan untuk Paragliding ini :

 

MNC Paragliding Indonesia

Website : www.mountnear.com
E-mail : info@mountnear.com
Mobile : +62-812-8791-7996 ; +62-21-2626-8486 
LINE : +62-812-8791-7996 / BB PIN : 306596ED

 

 

Fly Indonesia Paragliding
Bellanova Country Mall GO-18/5
Sentul City, Bogor 16810, Indonesia

Bali Office
TIMBIS BEACH, Desa KUTUH, Ungasan,
Bali, Indonesia

Mobile: +62-(0)818 491 472
Mobile: +62- 857 1795 1289
Email: flyindonesia@yahoo.com & info@indonesia-paragliding.com

 

Harga per kali terbang ( didampingin)

Biaya untuk 1 orang peserta = Rp 300.000,-
Biaya untuk grup 5 orang = Rp 275.000,- / orang
Biaya untuk grup > 5 orang = Rp 250.000,- / orang

Harga untuk sekolah Paralayang

 

Ada beberapa kategori untuk sekolah Paralayang ini.  Yaitu :

 

- Taster--> Rp. 1000.000

Introduction --> Rp. 2.000.000

Paket 1-2 hari untuk mencoba Paralayang, dimana anda akan diajarkan terbang landas ( tapi belum bisa sendiri), disini anda akan diajarkan teknik-teknik, istilah , fungsi peralatan, dan terbang beberapa kali.

 

 

- Elementary Pilot Course (EPC) – USD 500 (Rp 4,500,000)

Ini adalah harga dimana anda akan dapat  terbang sendiri pertama kalinya. Kursus ini berlangsung 5 hari, tidak usah berturut-turut tapi pada intinya kursu ini mempelajari cara terbang, aturan di atas langit, dan harga tersebut sudah termasuk sewa peralatan selama anda terbang.  Ada ujian terbangnya loh, jadi anda harus serius mendengarkan mengenai penjelasan terbang di kelas jangan Cuma ingin terbangnya saja, keselamatan dan pendalaman teknik itu perlu.

 

-Club Pilot Certificate Course (CPC) – USD 500 (Rp 4.500.000)

Nah ini adalah kelas lanjutan, dimana ketika anda mengikuti kelas ini, anda akan mendapatkan sertifikat terbang yang berlaku secara internasional. Ini juga hanya diselenggarakan oleh klub yang tergabung dalam FASIDA. Keuntungan mengikuti kelas ini adalah , setelah anda  bisa terbang 40 kali selama mengikuti kelas ini memakai perlengkapan orang lain, jadi anda tidak harus membeli perlengkapan sendiri.

Jalan2 and Iskandar Alam like this

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah peralatan sama belajarnya mahal ya, menarik ya, tapi kalau saya sendiri sih kurang berani main di tempat tinggi kayak gitu hahahaha

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah peralatan sama belajarnya mahal ya, menarik ya, tapi kalau saya sendiri sih kurang berani main di tempat tinggi kayak gitu hahahaha

 

gak kok mas, ga usah beli peralatannya. kita bisa tester harganya Rp. 300.000 per kali terbang. kalo ke puncak coba deh mas. oke banget lah pokonya. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

kantor saya pernah pelatihan satu hari mengenai paralayang ini, bayarnya per orang sekitar Rp.250rb. kalo rombongan mending dihubungi jauh2 hari deh .

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah seru ya kayaknya tapi serem juga, pernah ada gak sih jatuh pas main ini? view nya pasti bagus banget ya dari atas

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah seru ya kayaknya tapi serem juga, pernah ada gak sih jatuh pas main ini? view nya pasti bagus banget ya dari atas

 

hehe, semua olahraga ada resikonya ko. selama mengikuti smeua aturan pastinya akan berjalan dengan baik, kecuali ada faktor x. 

Iskandar Alam likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

waw ini sangat pengen coba dan belom kesampean karna harus ke daerah pegunungan kayak puncak dll

waktunya yang belom ada hehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

waw ini sangat pengen coba dan belom kesampean karna harus ke daerah pegunungan kayak puncak dll

waktunya yang belom ada hehehe

 

hayu cus  cuy, kalo mau ajak @aprilian teja juga deuh. kan deket bogor -puncak mah.

 

buat yang lain di jabodetabek ada yang minat ga ?

Share this post


Link to post
Share on other sites

hayu cus  cuy, kalo mau ajak @aprilian teja juga deuh. kan deket bogor -puncak mah.

 

buat yang lain di jabodetabek ada yang minat ga ?

ok deh siap siapin tanggal tr gw nunggu di Basecamp gw di bogor ya hehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

Mantabb ...,  pengen nyoba kyknya seru ni olahraga. Bt'w dmalang jg da gan :)   :salut  :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Mantabb ...,  pengen nyoba kyknya seru ni olahraga. Bt'w dmalang jg da gan :)   :salut  :D

 

yang di batu ya gan ?

ane pernah sekali gan, hehehehe. so far lebih bagus dari yang di puncak kata ane pribadi sih. gak tahu kalo yang udah expert nih.

 

agan sering gan ? jangan2 dedengkot nih. hehe.

Share this post


Link to post
Share on other sites

yang di batu ya gan ?

ane pernah sekali gan, hehehehe. so far lebih bagus dari yang di puncak kata ane pribadi sih. gak tahu kalo yang udah expert nih.

 

agan sering gan ? jangan2 dedengkot nih. hehe.

ya yg dbatu , ane jg prnh ksana tp blum prnh nyobain, hehe... cuman view pemandangan ja.

bt'w mksdnnya dedengkot pa'an ? 

Share this post


Link to post
Share on other sites

ya yg dbatu , ane jg prnh ksana tp blum prnh nyobain, hehe... cuman view pemandangan ja.

bt'w mksdnnya dedengkot pa'an ? 

 

ahahaha, kalo di jabar dedengkot= senior mas. 

 

dicoba aja mas, ane pernah dateng yang di batu tuh. Rp.270rb ya kalo ga salah ?

Share this post


Link to post
Share on other sites

ahahaha, kalo di jabar dedengkot= senior mas. 

 

dicoba aja mas, ane pernah dateng yang di batu tuh. Rp.270rb ya kalo ga salah ?

oh... hahaa bkn saya bkn senior haahaa..

ya ntar q cobain deh pengen banget kykx seru klo liat pemandangan dari atas sambil paralayang.  tp ngeri jg :ngeri coz takut ketinggian ane mas. hehe..., ya mang kisaran segitu harganya. mas.  :senyum

Share this post


Link to post
Share on other sites

oh ya nie mas bsok pagi saya mau jalan2 ke batu nie ma keluarga saya. sbnernya sih saya gk bs ikut tp krna dpaksa ya udah deh ikut ja hehe.. :bingung  :senyum

Share this post


Link to post
Share on other sites

oh ya nie mas bsok pagi saya mau jalan2 ke batu nie ma keluarga saya. sbnernya sih saya gk bs ikut tp krna dpaksa ya udah deh ikut ja hehe.. :bingung  :senyum

wohooo, dicoba aje masss. pagi anginya bagus tuh mas, jadi kick buat tandem mah. hehe. ditunggu ceritaannya mas.  :salut

Share this post


Link to post
Share on other sites

waw...patut di coba nih, tapi untuk yang pemula seperti saya ada tips2nya ngak mas?

Share this post


Link to post
Share on other sites

waw...patut di coba nih, tapi untuk yang pemula seperti saya ada tips2nya ngak mas?

 

ihiy, tips untuk pemula...saya juga pemula, tapi kalo mau maen paralayang yang jelas pake celana panjang dan sepatu yang bawahnya kuat, soalnya pas mendarat agak kenceng loh. mba mau ? itu di http://forum.jalan2.com/topic/5705-mau-nyoba-pengalaman-menarik-ga-siapa-tahu-jadi-hobi/ .

 

kalo mau nanti kita atur waktunya supaya fix. hehe.mau liat2 dulu juga boleh. ajak yang lain juga boleh , yang penting kan seru2annya, iya ga ?

Share this post


Link to post
Share on other sites

wohooo, dicoba aje masss. pagi anginya bagus tuh mas, jadi kick buat tandem mah. hehe. ditunggu ceritaannya mas.  :salut

Ok.  td di batu ane ke kusuma agro wisata sayur dan buah-buahan( strawberri) da bbrp buah lainnya jg sih. ini pengalaman pertama ane kesini tp ane gk masuk mas yg masuk cuman nyokap, keponakan ma istri kakak ane soalnya per org biayanya berkisar 45-55 ribu mas. trus abiz dari kusuma agro wisata sayur dan buah-buahan ane melanjutkan perjalanan ke Air terjun coban rondho wuiih udara+air nya sejuk banget mas. cuman sayang air terjun coban rondho gk seperti wkt saya kecil dl mas. coz di deket air terjunnya gk bs di pake main air. bs sih tp gk paz di dkt air terjunnya di aliran sungainya mas yg bs di pake main air. Tp di air terjun coban rondho ini masih banyak pengunjungnya kok dsini jg da fasilitas seperti musohla, Toilet Umum, Outbond, fun ban raftingx jg. Tp masih terawat kok dan keindahan alamnya masih alami lho...  :senyum

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ok.  td di batu ane ke kusuma agro wisata sayur dan buah-buahan( strawberri) da bbrp buah lainnya jg sih. ini pengalaman pertama ane kesini tp ane gk masuk mas yg masuk cuman nyokap, keponakan ma istri kakak ane soalnya per org biayanya berkisar 45-55 ribu mas. trus abiz dari kusuma agro wisata sayur dan buah-buahan ane melanjutkan perjalanan ke Air terjun coban rondho wuiih udara+air nya sejuk banget mas. cuman sayang air terjun coban rondho gk seperti wkt saya kecil dl mas. coz di deket air terjunnya gk bs di pake main air. bs sih tp gk paz di dkt air terjunnya di aliran sungainya mas yg bs di pake main air. Tp di air terjun coban rondho ini masih banyak pengunjungnya kok dsini jg da fasilitas seperti musohla, Toilet Umum, Outbond, fun ban raftingx jg. Tp masih terawat kok dan keindahan alamnya masih alami lho...  :senyum

da kera x jg lho mas di Air Terjun Coban Rondho tp aman kok gk bakal ganggu keranya hehe... :senyum

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ok.  td di batu ane ke kusuma agro wisata sayur dan buah-buahan( strawberri) da bbrp buah lainnya jg sih. ini pengalaman pertama ane kesini tp ane gk masuk mas yg masuk cuman nyokap, keponakan ma istri kakak ane soalnya per org biayanya berkisar 45-55 ribu mas. trus abiz dari kusuma agro wisata sayur dan buah-buahan ane melanjutkan perjalanan ke Air terjun coban rondho wuiih udara+air nya sejuk banget mas. cuman sayang air terjun coban rondho gk seperti wkt saya kecil dl mas. coz di deket air terjunnya gk bs di pake main air. bs sih tp gk paz di dkt air terjunnya di aliran sungainya mas yg bs di pake main air. Tp di air terjun coban rondho ini masih banyak pengunjungnya kok dsini jg da fasilitas seperti musohla, Toilet Umum, Outbond, fun ban raftingx jg. Tp masih terawat kok dan keindahan alamnya masih alami lho...  :senyum

 

 

da kera x jg lho mas di Air Terjun Coban Rondho tp aman kok gk bakal ganggu keranya hehe... :senyum

 

wohoo, ada fotonya mas ? dibikin field report nya aja, kayanya coban rondho banyak yang minat mas disini. hehe. 

 

kusuma agro oke ye mas ? dulumah ane malah ujan coba pas keliling tuh kebon apel.

Share this post


Link to post
Share on other sites

berita menarik & bagus, itu berapa lama meleyang di udara..

kalo di puncak ancer ancer nya sebelah mana.

 

thx

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now

  • Similar Content

    • Wisata Dirgantara Parayalang Gunung Banyak & Omah Kayu, Batu
      By Koper Bunda
      Bunda tidak memahami mengapa aktivitas paralayang disebut sebagai “olahraga“, baginya hanya satu dampak dari kegiatan yang ‘semata-mata’ bergantung pada hembusan angin mamiri ini: olahraga jantung!
      Di Posko Pendaftaran Paralayang, laskar bunda memilih Paket A berupa Basic Tandem Flight Service seharga Rp. 350k/orang sekali terbang. Mereka akan terbang tandem (berdua) didampingi oleh instruktur paralayang profesional dan bersertifikat. Selain itu terdapat Paket Medium (Rp. 400k), Advance (Rp. 450k), dan Premium (Rp. 500k). Yang membedakan antara paket basic dan paket lainnya adalah fasilitas pick-up service dan welcome drink/snack. Walau penampakan warung Bakso Paralayang tampak lebih mengenyangkan daripada suguhan snack!
      Ingin mengetahui lanjutan kisah armada KoperBunda saat melayang-layang di udara serta bersantai di Omah Kayu? Silahkeun mampir kesini yaa http://koperbunda.com/paralayang-gunung-banyak-batu/

    • Ini Dia Serunya Membiarkan Adrenalinmu Terpacu dengan Paralayang!
      By Asa Citra
      Siapa yang tak tahu paralayang?, olahraga ekstrim dan memacu adrenalin yang mengkamulkan kekuatan angin ini sudah mulai banyak diminati oleh masyarakat. Paralayang lepas lkamus dari sebuah lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin. Angin yang dipergunakan sebagai sumber daya angkat yang menyebabkan parasut ini melayang tinggi di angkasa terdiri dari dua macam yaitu, angin naik yang menabrak lereng (dynamic lift) dan angin naik yang disebabkan karena thermal (thermal lift). Dengan memanfaatkan kedua sumber itu maka penerbang dapat terbang sangat tinggi dan mencapai jarak yang jauh.
      Sedikit bercerita tentang perkembangannya di indonesia, paralayang muncul di indonesia pada tahun 1990 ditkamui dengan berdirinya Kelompok Terjun Gunung Merapi di Yogyakarta. Pada saat itu olahraga paralayang lebih dikenal dengan nama Terjun Gunung. Nama Terjun Gunung resmi diubah menjadi Paralayang karena jauh lebih enak didengar dan jauh dari kesan ngeri. Istilah ini diresmikan di Gunung Haruman saat berlangsungnya Eksebisi Layang Gantung dan Paragliding oleh Klub Gantolle Bandung. Alat utama yang digunakan untuk melakukan paralayang adalah parasut, harness, parasut cadangan dan helmet. Serta Perlengkapan pendukung diperlukan antara lain variometer, radio/HT, GPS, windmeter, peta lokasi terbang dan lain - lain.

      Paralayang Kota Batu (Gunung Banyak)
      ( http://indoturs.com/ )
       
      Memang tidak sembarang orang bisa melakukan paralayang, selain mental yang siap, keahlian mengontrol arah angin pun menjadi salah satu persyaratannya. Namun, jika kamubelum menguasainya dan ingin mencobanya, dipersediakan guide atau pilot profesional yang akan mendampingi kamu. Jadi kamu hanya menikmati alam sekitar pegunungan yang menyegarkan, sambil berfoto selfi dan mengikuti intruksi pilot saja tanpa harus mengontrol laju parasut. Di indonesia sudah banyak tempat yang dijadikan titik awal melakukan paralayang. Seperti di Gunung Batu Banyak Malang, Pantai Parangtritis Yogyakarta, Puncak Bogor, Puncak LawangDanau Maninjau Sumatera Barat,Kawasan Bukit Joglo Wonogiri, Bukit Beta Danau Toba Sumatera Utara, Matantimali Sulawesi Tengah, Bukit Timbis Desa Kutuh Kuta Bali. Turis mancanegara juga sering mencoba berparalayang di indonesia. Tujuan mereka tentu untuk mencoba hal baru yang belum mereka lakukan atau untuk mengexplorasi hobi paralayang mereka dengan mencoba spot spot paralayang di indonesia. Jika orang luar saja melakukannya di dunia, lalu kenapa kita tidak mencobanya di negeri sendiri.
      Berikut inilah alasan-alasan yang mengharuskan kamu untuk mencoba paralayang di indonesia.
       
      1. Refreshing Otak untuk Menghindari Stress Berlebih
      Menjalani kehidupan memanglah penuh lika liku, masalah yang terjadi didalam kehidupan sering sekali membuat kita stress dan ingin segera beristirahat dari semua kegiatan. Tapi itu semua tidak cukup jika kita hanya diam dan tidur dirumah, tetap saja saat jam jam kosong masih memikirkan pekerjaan yang belum terselesaikan, bahkan saat ini pekerjaan juga membutuhkan kreatifitas yang tinggi. Jadi sebaiknya, kita berhenti sejenak dari rutinitas sehari – hari dan mulai mencari hal baru.
      Salah satu pilihan yang efektif untuk mengusir jenuh di otak adalah paralayang. Pada saat melakukan olahraga ini, badanmu akan merasakan sensasi yang luar biasa menakjubkan. Ini akan menyita seluruh perhatianmu. Kamu pun tak akan punya kesempatan untuk memusingkan hal lain yang tidak penting. Rasanya, kepalamu pun tak lagi berat karena rasa suntuk.
      Paralayang biasanya dilakukan di tempat-tempat luas yang kondisi alamnya masih bagus. Tak perlu diragukan lagi, tentunya tempat-tempat seperti ini akan menyajikan pemandangan yang mempesona mata siapapun yang melihatnya. Lalu bayangkan jika kamu melihatnya dengan cara meluncur bebas dari kejauhan? Tentu rasanya akan lebih hebat lagi.
       

      Paralayang di Puncak Bogor
      ( www.nyunyu.com )
       
      Banyak hal yang dapat kita nikmati saat melakukan paralayang, seperti Pegunungan, pantai dan lautan, bukit bukit yang sangat menakjubkan dari atas, serta dapat melihat kota secara keseluruhan.  Dukungan alam sekitar yang menyegarkan itu jugalah yang membuat semua stress di kepala hilang. Setelah berparalayang, pikiran menjadi lebih bebas dan lebih jernih. Tentu semangat bekerja pun akan naik kembali dan membuat pekerjaan yang dilakukan lebih optimal.
       
      2. Menikmati Indahnya Alam dari Ketinggian
      Pegunungan atau bukit bukit adalah tempat yang harus kita singgahi untuk memulai paralayang. Terdapat beberapa spot spot paralayang yang paling menakjubkan. Seperti di Pantai Parangtritis Yogyakarta, hamparan laut parangtritis membentang luas di bawah kita. Dari Gunung Batu Banyak, keindahan kota malang juga bisa kita lihat secara keseluruhan dari atas. Selain itu kamu juga bisa melihat keindahan Danau Ranau, Gunung Seminung dan hamparan sawah dari ketinggian 400 meter di Lampung Barat, Tepatnya di Danau Ranau, Pekon Lumbok. Sungguh betapa luar biasanya alam yang diberikan Sang Maha Kuasa untuk Indonesia.

      Paralayang di Padang
      ( www.wiranurmansyah.com )
       
      Jika kamu ingin mencoba sensasi terbang menggantung seperti ini,  kamu bisa mencobanya di Pulau Bali. Tepatnya di Bukit Timbis, Desa Kutuh, Kuta, Bali. Bukit yang berjarak 15 kilometer dari Pantai Kuta ini diklaim sebagai surganya para penikmat olahraga udara karena memiliki angin yang bisa membawa penikmat paralayang lepas lkamus dari bukit dan mendarat kembali di bukit karena aliran angin yang mengangkat naik.Sayangnya, bukit ini mulai terancam akibat pembangunan gedung yang kian menjamur di kawasan tersebut. Hal tersebut membuat aliran udara berubah menjadi tidak alami dan pasti akan mengganggu kegiatan paralayang di bukit tersebut.
       
      3. Menikmati Sunset yang Menakjubkan
      Salah satu pemandangan alam yang sederhana namun selalu indah dipandang adalah sunset dan sunrise. Terbit dan tenggelamnya sang mentari ini memang paling bagus dinikmati ditempat yang tinggi dan mungkin ini menjadi cara yang biasa untuk menikmatinya. Namun bagaimana jika kita terbang mendekati sunrise atau sunset, menyentuhnya begitu dekat? Sungguh sebuah pengalaman yang luar biasa dan tak akan terlupakan bukan? Ini bisa kamu lakukan dengan berparalayang di bukit  Parangtritis, Yogyakarta dan Gunung Batu Banyak, Malang. 2 spot ini memang menjadi tempat favorit para para glider (sebutan untuk orang yang hobi berparalayang) untuk mencoba paralayang. Sajian Sunset yang indah memberikan ketenangan jiwa bagi penikmatnya.

      Bermain paralayang sambil menikmati sunset di Pantai Parangtritis, Yogyakarta
      ( www.nyunyu.com )
       
      Setelah kita menikmati matahari yang terbenam di ufuk barat. Malam harinya kita bisa berkemah dan menikmatikeindahan kota Malang yangmembuat mata terpesona dari ramainya sorotan lampu. Angin yang dingin, langit yang di taburi bintang – bintang, suara jangkrik yang mengglitik telinga menambah suasana malam yang indah dan romantis. Dan paginya,sunrise yang mengaggumkan siap menyapa bangun pagi kamu dari timur kota Malang.
       
      4. Mencetak Prestasi dengan Mengikuti Festival Paralayang
      Paralayang memang belum menjadi salah satu pilihan olahraga yang populer. Peminatnya memang tidak sebanyak jenis olahraga lainnya. Akan tetapi, bukan berarti paralayang tidak banyak penggemarnya. Jika ditilik ke komunitas glider baik nasional maupun internasional rupanya banyak juga yang menyukainya. Untuk mewadahi kesukaan mereka tersebut, maka tak jarang berbagai pihak mau menyelenggarakan festival untuk kegiatan seru yang satu ini.
      Yang paling asyik dari festival ini adalah kita dapat bertemu dengan berbagai komunitas paralayang dari penjuru nusantara bahkan luar negeri, karena banyak turis asing juga yang ikut serta dalam bagian dalam acara ini.  Kamu akan mendapatkan teman banyak, bisa bertukar pendapat, mencari tahu tentang festival paralayang lainnya, dan belajar banyak dari mereka yang sudah profesional.

      Pemecahan Rekor MURI Ground Handling di Landasanan Udara (Lanud) Pangkalan TNI-AU Padang
      ( foto.metrotvnews.com )
       
      Apabila kamu menekuni olahraga terbang ini dengan baik, bukan tidak mungkin namanu bisa dipanggil sebagai pemenang dalam kejuaraan paralayang. Kamu bahkan bisa ikut mengharumkan nama bangsa di kancah kejuaraan paralayang berskala internasional. Tim Paralayang Pengurus Besar Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), bahkan pernah mencetak rekor MURI atas kegiatan yang mereka lakukan ini.
       
      5. Mempromosikan Wisata Daerah Indonesia kepada Dunia
      Dengan melakukan festival - festival paralayang kita dapat mengenalkan pada dunia bahwa Indonesia memiliki tempat yang bagus untuk melakukan olahraga ekstrim ini. Turis-turis pecinta olahraga ekstrim pun pasti akan tertarik untuk mencobanya, apalagi indonesia terkenal dengan wisata alamnya yang menakjubkan. Pertambahan turis yang datang ke ibyek-obyek wisata tersebut tentu akan membantu dalam meningkatkan pendapatan negara. Tidak perlu ribet melakukan hal yang susah untuk bisa membantu mempromosikan wisata dan membantu menaikan pendapatan negara.
      Seringkali saat melakukan sesuatu yang luar biasa, kita tidak pernah lupa untuk mengabadikan momen tersebut. Apalagi di zaman sekarang yang serba teknologi, hanya dengan mengupload foto ke media sosial, dalam beberapa menit saja sudah bisa mendunia. Seperti yang dilakukan Oleh komunitas Paragliding Trip of Indonesia ( TROI ). Selain mengadakan kejuaraan paralayang  mereka juga bermaksud untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Painan ini, serta ingin mencari bibit – bibit muda yang mempunyai talenta terbaik dalam menerbangkan Paralayangnya.

      Para Paraglider Nasional dan mancanegara
      ( www.dhilla.wordpress.com )
       
      Paralayang bukanlah olahraga yang umum. Jadi jika kamu mengupload kegiatanmu di sosial media, pasti akan ada banyak orang yang penasaran untuk melihatnya. Nah, di sinilah promosinya terjadi. Dengan semakin banyak orang yang melihat, tentu akan semakin banyak orang yang ingin datang mencoba bukan? Setidaknya, orang tersebut mungkin akan tertarik untuk mengunjungi daerah tersebut hanya untuk menikmati keindahan alamnya saja.
       
      6. Melatih Diri Agar Tidak Menjadi Orang yang Penakut
      Sepintas, paralayang memang terasa seru untuk dilakukan. Bagaimana tidak? Terbang layaknya burung yang membelah angkasa seperti itu tentu akan membuat jiwa kita merasa bebas. Segala beban dan rasa penat di kepala pun akan lenyap. Akan tetapi jika dibayangkan lebih lanjut, seperti hal itu tidak semudah yang dikira. Terbang dengan balon dan tali seperti itu rasanya tidak aman. Berbagai macam resiko yang mengerikan pun muncul menghantui benak kita. Akhirnya, kita pun akan merasa takut untuk mencobanya.
      Padahal, segala macam resiko yang ada di benakmu itu bisa saja dihindari. Kuncinya, sebelum melakukan olahraga ini, kamu harus mencari tahu bagaimana cara yang aman untuk melakukannya. Belajarlah dari orang-orang yang sudah ahli di bidangnya. Pada saat belum mahir, mintalah seorang instruktur profesional untuk mengawalmu di atas sana. Jangan lupa, jaga kesehatanmu setiap kali kamu akan melayang bebas di udara.
      Pada awalnya, paralayang memang akan terasa menyeramkan dan menegangkan. Namun dengan melakukan paralayang kita dapat merasakan kebebasan, menghembus napas yang melegakan tanpa beban sedikitpun. Maka lama kelamaan, rasa takut pun akan memudar dan kemudian hilang sama sekali.

      Paralayang Tanpa Rasa Takut
      (Sumber: wahinewanderlust.wordpress.com)
       
      Apabila kamu termasuk orang yang penakut, mungkin kamu bisa mencoba kegiatan ini sebagai alternatif terapi untuk menghilangkan paranoid di kepalamu. Bagaimanapun, rasa takut adalah hal yang tidak boleh dibiarkan terlalu lama bersarang dalam jiwamu. Hal itu bisa menghalangimu meraih banyak hal positif dalam hidup ini termasuk kebahagiaan dan kesuksesan. Dengan mencoba paralayang, mungkin kamu bisa sedikit demi sedikit mentransformasikan dirimu menjadi pribadi yang lebih pemberani dalam menghadapi tantangan.
       
      7. Mengetahui Bagaimana Rasanya Menjadi Burung di Angkasa
      Rata-rata orang jika mendengar kata “terbang”, maka otomatis yang akan muncul di pikiran mereka adalah burung. Ya, binatang unggas yang satu itu memang seringkali beterbangan di langit yang luas, membelah angkasa dengan sayap-sayap mereka. Melihat mereka terbang seperti itu, sepertinya menyenangkan sekali. Bergerak di angkasa tanpa ada halangan, seolah hidup mereka begitu bebas. Tidak ada beban di pundak.
      Melihat hal tersebut, setidaknya sekali dua kali pernah muncul keinginan untuk mencoba hal tersebut. Merasakan bagaimana segarnya udara di atas sana. Merasakan bagaimana rasanya melihat bumi yang luas dari ketinggian. Bebasnya bergerak ke sana ke mari ke berbagai arah, tanpa ada tembok yang membatasi. Hembusan angin yang kencang membawa tubuh kita mungkin akan terasa begitu damai di hati.

      Terbang Bebas Seperti Burung di Angkasa
      (Sumber: rmichelson.com)
       
      Mencoba hal-hal baru yang belum pernah kita lakukan sebelumnya merupakan petualangan seru yang akan menimbulkan kesan mendalam. Pastinya, hal itu termasuk juga ketika pertama kali kamu mencoba terbang. Semakin banyak hal yang pernah kamu alami akan membuat hidupmu terasa semakin dinamis dan penuh warna. Cara pandangmu terhadap dunia pun akan lebih luas dan beragam. Intinya, akan ada banyak hal positif yang bisa kamu kembangkan bagi jiwamu jika kamu membuka diri pada setiap kesempatan baru.
       
       
      Dengan sejuta alasan tersebut di atas, siapa sih yang sanggup menolak kesempatan untuk menggantung dan terbang bersama angin seperti ini? Memang segala yang kita lakukan pastilah memiliki resiko tersendiri, namun kita dapat meminimalkan resiko tersebut dengan persiapan yang matang dan peralatan yang memadai. Seperti melakukan paralayang tentunya, persiapan fisik dan mental juga sangat diperlukan. Lalu dengan alasan menyenangkan seperti ini , segala kepuasan dan pesonanya berparalayang, masihkah kamu ragu untuk melakukannya?
      Paralayang memang bukanlah kegiatan yang murah. Kamu perlu merogoh kocek yang dalam demi menikmati terbang bebas seperti burung serta menikmati keindahan alam nusantara dari atas awan. Namun kalau diperhitungkan, ongkos yang dikeluarkan sepadan dengan perlengkapan keamanan dan perasaan bahagia yang akan kita dapatkan saat melakukan paralayang. Maka, tak ada salahnya kita mencoba menabung dan berhemat untuk dapat mencoba melayang di udara dengan paralayang. Dijamin, setelah sekali mencoba, pasti kamu ingin melakukannya lagi dan lagi di lain waktu. Karena, paralayang memang terasa sangat mengasyikkan untuk dilakukan.