• agoda-hemat.png

Sign in to follow this  
Banyusmom

Panduan Wisata Kalimantan Utara

17 posts in this topic

A. Sekilas Tentang Kalimantan Utara dan Transportasi Menuju Kesana

 

Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda di Indonesia, atau ditetapkan sebagai provinsi ke-34 oleh DPR RI pada tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012. Kalimantan Utara memiliki lima wilayah administrasi, yaitu satu kota dan empat kabupaten, namun belum menentukan ibu kota provinsinya. Provinsi Kalimantan Utara berbatasan langsung dengan negara bagian Sabah dan Sarawak, Malaysia Timur.

 

post-34-0-75714600-1364586118_thumb.jpg

 

Provinsi Kalimantan Utara adalah pecahan dari Provinsi Kalimantan Timur yang dibentuk dengan tujuan untuk memperkuat pertahanan dan keamanan di wilayah perbatasan. Selain itu tujuan utamanya adalah untuk menghidupkan ekonomi masyarakat di wilayah itu, yang selama ini dianggap tertinggal. Provinsi ini masih perlu mendapatkan banyak dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia. Sebagai provinsi baru tentulah segalanya masih belum maksimal. Salah satu partisipasi dalam memajukan Kalimantan Utara adalah dengan mengunjunginya sebagai tempat wisata.

 

Wilayah Kalimantan Utara meliputi Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, dan Kabupaten Tana Tidung. Kalimantan Utara memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Anda dapat menikmati wisata alam pegunungan, sungai, hutan lindung, dan air terjun. Provinsi Kalimantan Utara juga memiliki wisata pantai yang airnya jernih dengan pemandangan yang indah. Serta terdapat wisata pertanian, seperti coklat dan lada yang dapat anda nikmati bersama segarnya udara pegunungan. Selain itu anda juga dapat menikmati wisata sejarah, wisata budaya, dan wisata religi disana.

 

post-34-0-42178000-1364586128_thumb.jpg

 

Di setiap kabupaten di Kalimantan Utara memiliki tempat-tempat pariwisata yang patut anda kunjungi. Misalnya saja di Kabupaten Nunukan anda dapat mengunjungi obyek wisata Batu Lamapu, Sungai Nyamuk dan Long Bawan. Di Kabupaten Tana Tidung anda dapat mengunjungi obyek wisata alam Gunung Rian, obyek wisata Batu Mapan, Persemaian Inhutani dan Hutan Lindung Sungai Sesayap. Di Kabupaten Bulungan anda dapat berwisata sejarah mengenai peninggalan Kerajaan Bulungan. Di Kabupaten Malinau terdapat air terjun Somolon dan air terjun martin Billa yang menakjubkan. Sedangkan di Kota Tarakan anda dapt berkunjung ke Pantai Amal yang terkenal dengan keindahan pemandangannya.

 

post-34-0-85578500-1364586136_thumb.jpg

 

Jika anda ingin berlibur ke Kalimantan Utara, anda dapat pergi kesana menggunakan sarana transportasi darat, laut, dan juga udara. Melalui jalur udara terdapat tiga bandara di Kalimantan Utara, yaitu Bandara Tanjung Harapan (Tanjung Selor, Kabupaten Bulongan),  bandar udara di Kabupaten Nunukan, serta di Kota Tarakan terdapat Bandara Internasional Juwata. Anda dapat naik pesawat dari kota anda menuju kota Tarakan, kemudian dari Kota Tarakan melanjutkan perjalanan ke Tanjung Selor  atau Nunukan dengan pesawat khusus. Penerbangan dari Kota Tarakan menuju Tanjung Selor dilayani oleh Susi Airlines dengan biaya Rp.200.000/orang. Sedangkan dari Kota Tarakan menuju Kabupaten Nunukan, Susi Airlines mematok harga Rp.375.000/orang. Penerbangan Jakarta – Tarakan biasanya akan berhenti di Balikpapan, namun Lion Air menyediakan penerbangan langsung dengan harga tiket Rp.626.500/orang. Namun, harga tiket pesawat dapat sewaktu-waktu berubah sehingga anda sebaiknya mengecek terlebih dahulu di bandara yang berada di kota anda.

 

Lewat jalur laut, anda dapat menggunakan kapal laut yang menuju pelabuhan di Kota Tarakan. Kota Tarakan memiliki empat pelabuhan utama, antara lain Pelabuhan Tengkayu I, Pelabuhan Tengkayu II, Pelabuhan Malundung dan Pelabuhan Juwata Laut. Pelabuhan Tengkayu I digunakan sebagai pelabuhan Speed Boat menuju ke wilayah lain di Kalimantan Utara. Pelabuhan Tangkayu I berjarak kurang lebih 1 Km dari pusat kota. Pelabuhan Tengkayu II dimanfaatkan sebagai pelabuhan bongkar muat barang, jaraknya kurang lebih hanya 500 m dari pusat Kota Tarakan. Pelabuhan Malundung dipakai sebagai pelabuhan kapal-kapal besar yang menuju/dari Jawa, Sulawesi dan Malaysia. Jaraknya Pelabuhan Malundung dari pusat kota kurang lebih 1,5 km. Kemudian yang terakhir adalah Pelabuhan Juwata Laut yang baru saja dibangun digunakan sebagai pelabuhan Kapal Ferry. Dari Kota Tarakan pelabuhan ini berjarak kurang lebih 10 km.

 

post-34-0-13402400-1364586146_thumb.jpg

 

Maka jika anda ingin menggunakan sarana transportasi laut untuk menuju ke Kalimantan Utara anda dapat menggunakan kapal yang berlabuh di Pelabuhan Malundung di Kota Tarakan, dan kemudian melanjutkan ke kabupaten lain di Kalimantan Utara dengan menyeberang melaui Pelabuhan Tengkayu I menggunakan speed boat.

 

Transpotasi darat menuju ke Kalimantan Utara hanya memungkinkan jika anda telah berada di Kalimantan Utara. Untuk Kota Tarakan telah ada banyak angkutan kota dan juga taxi yang dapat melayani anda mengelilingi Kota Tarakan. Sayangnya, belum banyak bus umum di Kalimantan Utara. Namun, jangan khawatir karena jika anda ingin berkeliling di Provinsi Kalimantan Utara anda dapat memanfaatkan jasa biro perjalanan wisata.

 

 

B. Ragam Wisata Alam Kalimantan Utara

 

Saat ini Kalimantan Utara adalah provinsi termuda di Indonesia, atau provinsi ke-34 yang memiliki lima wilayah administratif. Wilayah itu terdiri dari satu kota dan empat kabupaten. Kota yang dimaksud adalah Kota Tarakan yang berada pada sebuah pulau kecil. Kabupaten yang dimaksud adalah Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Tana Tidung, dan Kabupaten Bulungan.

 

Kalimantan Utara menyimpan kekayaan alam yang sangat luar biasa. Pemandangan disana masih alami lengkap dengan masyarakatnya yang ramah. Sehingga Provinsi Kalimantan Utara sangat cocok sebagai tujuan pariwisata alam di Indonesia.

 

Obyek wisata alam yang dapat dikunjungi di Kalimantan Utara adalah:

 

1. Hutan Lindung Sungai Sesayap di Kabupaten Tana Tidung

 

Wisata alam disini dapat dinikmati dengan melayari sungai Sesayap menggunakan perahu. Keindahan pemandangan dan pepohonan yang tumbuh subur dapat dinikmati disepanjang sungai. Hutan lindung ini merupakan tempat berlindung dan berteduhnya berbagai hewan dilindungi seperti kera, burung dan hewan lainnya. Hewan-hewan ini berlindung pada Pohon Perengat. Pohon Perengat memiliki buah yang dimanfaatkan untuk asam. Pemandangan lain yang sangat menarik adalah ketika para nelayan yang sedang menangkap ikan dan menjala udang di sepanjang Sungai Sesayap. Sungai Sesayap terkenal sebagai daerah penghasil udang.

 

2. Obyek Wisata Gunung Putih di Kabupaten Bulungan

 

post-34-0-41817600-1364586155_thumb.jpg

 

Gunung ini merupakan gunung kapur berwarna putih. Memiliki keindahan alami dengan relief-relief bak pahatan seorang seniman. Gunung Putih memiliki panorama yang indah. Kita dapat menikmati pemandangannya yang menakjubkan dengan memanjat relief-relief itu sampai ke puncak. Namun jika tidak suka dengan panjat tebing, kita bisa naik dengan anak tangga yang tersedia. Pemandangan alam di puncak Gunung Putih sangat eksotis. Di gunung ini terdapat goa burung. Konon katanya masyarakat sekitar meyakini bahwa goa ini merupakan tempat tafakur/menenangkan diri Sultan Bulungan. Di Gunung Putih disajikan kesenian daerah di rumah panggung yang ada di lokasi.

 

3. Obyek Wisata Alam Gunung Rian di Kabupaten Tana Tidung

 

post-34-0-10556000-1364586163_thumb.jpg

 

Gunung Rian berada di Desa Safari Rian, Kecamatan Sasayap. Gunung Rian adalah hutan lindung yang sangat luas. Di tempat ini terdapat air terjun yang tinggi dan jernih. Gunung Rian memiliki potensi sebagai daerah tujuan wisata bagi masyarakat di Indonesia. Di gunung ini terdapat Air Terjun Rian. Asal mula nama Air Terjun Rian adalah karena lokasinya yang berasa di kampung Rian, Kecamatan Sesayap, Kabupaten Tanah Tidung. Air terjun ini jatuh dari bebatuan terjal dan suram. Gunung ini terdiri dari tujuh tingkatan. Tetapi hanya tingkat satu dan dua saja yang sering diramaikan oleh wisatawan.

 

4. Persemaian Inhutani di Tana Tidung

 

Persemaian Inhutani adalah tempat wisata yang letaknya tidak jauh dari ibukota Kabupaten Tana Tidung. Suasananya yang sangat sejuk dan nyaman menjadikan Persemaian Inhutani digunakan sebagai tempat rekreasi masyarakat. Berkunjung ke Persemaian Inhutani dapat membuat kedamaian di hati dengan keindahan panoramanya.

 

5. Obyek Wisata Sungai Nyamuk di Kabupaten Nunukan

 

post-34-0-76543200-1364586167_thumb.jpg

 

Di Sungai Nyamuk sebagian besar penduduknnya adalah petani yamg menggarap tanaman lada dan coklat. Daerah ini terkenal sebagai penghasil lada dan coklat. Bagi yang tertarik dengan ilmu pertanian tentu tempat ini sangat tepat untuk dikunjungi.

 

6. Obyek Wisata Batu Lamapu di Kabupaten Nunukan

 

Obyek wisata Batu lamapu terletak di Pulau Sebatik. Di pulau ini terdapat hamparan pantai yang lua, dan  bila air laut tengah pasang disebut Batu Lumapu. Tempat ini berseberangan dengan Pulau Nunukan.

 

7. Obyek Wisata Long Bawan (Krayan)

 

Long Bawan adalah daerah pegunungan yang berbatasan langsung dengan Sabah (Malaysia). Long Bawan ditempati oleh Suku Dayak Lundaye. Suku Dayak Lundaye memiliki Upacara Adat Nyumpai Semarang Mei Ulang. Suku Dayak juga memiliki Tarian Parisanan dan Bari Tubing. Krayan terkenal sebagai peternakan kerbau dan sebagai Lumbung Padi serta penghasil Garam Alam.

 

8. Obyek Wisata  Pantai Amal di Kota Tarakan

 

post-34-0-75484100-1364586173_thumb.jpg

 

Saat berkunjung ke Pantai Amal, akan terasa menyenangkan ketika sambut oleh lambaian pohon-pohon nyiur di tepi pantai. Pantai Amal hanya berjarak 11 Km dari pusat kota. Pantai Amal ini berlokasi di Kampung Empat.

 

9. Obyek Wisata Sejarah Kalimantan Utara

 

Tepatnya di Kabupaten Bulungan terdapat wisata sejarah kerajaan Bulungan yang sangat menarik dan menambah ilmu pengetahuan.

 

10. Objek Wisata Pantai Tanah Kuning/Taman Laut Karang Tigau

 

Obyek wisata Pantai Kuning ini sangat populer  karena keeksotisan pemandangannya. Di pantai ini terdapat pasir putih yang bersih, dengan ombak air laut yang besar. Air laut di Pantai Tanah Kuning ini memiliki air yang jernih karena belum tercemar oleh limbah perkotaan. Pantai Tanah Kuning berada di Pulau Derawan, jenis ikannya yang sangat banyak. Untuk mendatangi lokasi dapat ditempuh dari Tanjung Selor menuju obyek wisata kendaraan roda empat atau speed boat dari sungai.

 

 

C. Kuliner Khas Kalimantan Utara

 

Jika kita berkunjung ke suatu tempat namun tidak mencicipi kulinernya, sangat sayang rasanya. Apalagi jika kita tengah berkunjung ke Kalimantan Utara. Kalimantan Utara adalah provinsi baru di Indonesia dan merupakan pemekaran dari Kalimantan Timur. Banyak sekali makanan khas Kalimantan Utara yang harus anda cicipi.

 

Di Kota Tarakan terkenal dengan makanan lautnya, dan khususnya adalah kepiting. Berbagai macam olahan sudah dihasilkan dari hewan yang satu ini. yang paling populer adalah Kepiting Soka. Kepiting ini bisa kita makan keseluruh bagian tubuhnya. Kepiting Soka memiliki cangkang yang lunak sehingga bisa dimakan. Kepiting ini juga bisa di buat camilan atau kerupuk. Wisatawan yang berkunjung ke Kota Tarakan belum lengkap jika tidak mencicipi olahan kepitingnya.

 

post-34-0-24713400-1364586180_thumb.jpg

 

Selain kepiting Kota Tarakan juga punya masakan khas lainnya yaitu Kapah. Kapah juga merupakan makanan laut khas Kota Tarakan. Kapah adalah sejenis kerang yang ada di pesisir pantai Kota Tarakan. Jika mengunjungi Pantai Amal, Kapah akam menjadi menu utama dan makanan favorit pengunjungnya. Kapah disajikan dengan cara direbus, yang menjadu ciri khas adalah sambalnya. Hampir seluruh rumah makan di sana akan menyediakan Kapah, baik yang mentah untuk di bawa pulang dan yang telah matang yang bisa langsung dinikmati sambil mengagumi indahnya panorama Pantai Amal. Di Tarakan juga terkenal dengan buah terap yang bisa anda nikmati sebagai makanan penutup. Buah terap ini juga dapat dibuat berbagai macam olahan makanan yang lezat.

 

post-34-0-27754300-1364586195_thumb.jpg

 

Di Bulungan terkenal dengan buah semangka manisnya yang tanpa biji, jambu madu, mata kucing dan durian lokal yang rasanya tak kalah enak dengan durian montong. Di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan terdapat makanan khas asli yaitu tudai. Tudai adalah kerang berdaging tebal berwarna hitam dan jingga. Disajikan dengan direbus menggunakan bumbu-bumbu khas dari daerah tersebut. Di tanjung selor juga terkenal dengan Kopi Arabnya. Jika anda menyukai kopi anda dapat berkunjung ke Kampung Arab untuk mencicipi nikmatnya kopi khas Kampung Arab. Spesialnya kopi arab ini dibumbui dengan rempah-rempah. kopi ini berkhasiat untuk mengembalikan kesegaran tubuh, dikatakan bahwa kopi ini sangat cocok dijadikan sebagai minuman untuk berbuaka puasa. Sangat cocok jika disajikan bersama buah kurma. Kopi Arab juga telah ada dalam bentuk kemasan yang dapat anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara.

 

post-34-0-11611900-1364586201_thumb.jpg

 

Di Kabupaten Malinau anda dapat mencicipi masakan khasnya yaitu nasi udang Malinau. Yang spesial udangnya berasal dari sungai dan sambalnya sangat lezat. Di Malinau juga ada dodol cempedak. Cempedak adalah buah yang berbentuk mirip nangka namun memiliki rasa dan aroma seperti durian. Anda juga dapat memperoleh buah ini disana.

 

Di Kabupaten Nunukan terkenal dengan jenis beras Krayan, yang merupakan beras favorit para sultan di Brunei Darussalam karena enak dan harum. Beras ini rasanya sudah enak ketika menjadi nasi walaupun dimakan tanpa lauk. Di Nunukan juga terkenal dengan garam krayan yang berasal dari pegunungan. Ada juga madu krayan yang dapat anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Madu ini banyak di ekspor ke Malaysia.

 

post-34-0-79241400-1364586206_thumb.jpg

 

Kabupaten Tana Tidung juga mempunyai masakan khas daerahnya, yaitu nasi subut dan sate ikan pari. Nasi Subut dan sate ikan pari adalah makanan khas penduduk asli Tana Tidung yang sangat bergizi dan menyehatkan. Nasi Subut berwarna ungu, pembuatannya dicampur dengan ubi ungu. Di dalamnya terdapat biji berwarna kuning. Biji itu adalah jagung yang dicampurkan. Agar rasanya gurih sebelum ubi dipotong dan jagung dimasukkan terlebih dahulu diberi garam. Nasi Subut aman bagi penderita penyakit gula karena di dalamnya tidak banyak mengandung nasi, komposisi ubi dan jagungnya lebih banyak.

 

Sate ikan pari khas Tana Tidung dibuat dari bahan utama ikan pari yang diambil dari Sungai Sesayap. Ikan pari diolah dengan terlebih dahulu dicuci bersih kemudian dipotong dan direndam dalam air jeruk nipis. Setelah itu barulah daging ikan pari dibumbui baru kemudian dipanggang dan siap dinikmati sebagai lauk yang bergizi tinggi dan lezat. Jika anda berkunjung ke Tana Tidung tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas ini.

Ada juga minuman khas dari Tana Tidung yaitu susu hangat yang dicampur sari bawang hutan. Di Tana Tidung, bawang hutan dijadikan jamu untuk mengembalikan kesegaran tubuh.

 

 

D. Gambaran Penduduk, Adat Istiadat dan Kebudayaan, Serta Event Khas Kalimantan Utara

 

Provinsi Kalimantan Utara merupakan provinsi baru yang merupakan pemekaran dari Provinsi Kalimantan Timur. Kalimantan Utara dibagi menjadi lima daerah administratif, yaitu satu kota dan lima kabupaten. Kota yang dimaksud adalah Kota Tarakan, yang terletak pada sebuah pulau kecil di timur. Sedangakan ke empat kabupaten adalah Kabupaten Bulungan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Tana Tidung, dan Kabupaten Malinau.

 

post-34-0-62206600-1364586212_thumb.jpg

 

Kabupaten Bulungan beribukota di Tanjung Selor. Kota Tanjung Selor adalah sebuah kota pedalaman yang tenang dan nyaman untuk dihuni sehingga membuat kota ini sangat menyenangkan. Terdapat seratus ribu penduduk yang tinggal di kota ini. Wilayah Kabupaten Bulungan didiami oleh suku asli Bulungan. Suku ini memiliki legenda yang sangat menarik. Legenda ini meceritakan kelahiran Kesultanan Bulungan yang dahulu menjadi pusat pemerintahan di wilayah ini. Di kota ini masih ada beberapa makam tapak tilas keluarga dari Kesultanan Bulungan, misalnya saja makam Lahai Bara yang ada di desa Long Pelban Kecamatan Peso. Kabupaten Bulungan memiliki semboyan “Merudung Pebatun de Benuanta". Semoyan dalam bahasa Bulungan ini mempunyai makna saling bahu-membahu antar seluruh lapisan masyarakat dalam membawa Kabupaten Bulungan ke arah yang lebih baik.

 

post-34-0-37335700-1364586221_thumb.jpg

 

Di kabupaten ini terkenal dengan perayaan Birau, yaitu pesta yang diadakan secara meriah oleh seluruh masyarakat. Semua orang bergembira dalam merayakannya. Perayaan Birau awalnya dilaksanakan pada masa Kesultanan Bulungan untuk memperingati syukuran khitanan anak raja-rajanya. Sebagai upaya untuk melestarikan adat istiadat, perayaan Birau tetap terus diselenggarakan. Pelaksanaan Birau menjadi agenda resmi pemerintah Kabupaten Bulungan yang dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 12 Oktober. Biasanya perayaan ini dilangsungkan bersama dengan peringatan HUT Kota Tanjung Selor dan Kabupaten Bulungan. Penduduk di wilayah kabupaten ini terdiri dari suku bangsa Bulungan, suku Dayak, suku Bugis, suku Jawa, dan beberapa suku pendatang lainnya.

 

post-34-0-88046300-1364586228_thumb.jpg

 

Kota Tarakan yang berada di Pulau Tarakan didiami oleh suku asli, Tidung. Namun dalam perkembangannya dihuni pula oleh suku-suku lain, yaitu suku Dayak, suku Banjar, suku Jawa, suku Bugis, suku Batak, suku Toraja, keturunan Tionghoa, dan lain-lain. Dahulu kala wilayah ini perintah oleh Kerajaan Tidung atau disebut juga Kerajaan Tarakan yang memerintah suku Tidung. Jika ingin mengetahui tentang suku Tidung anda dapat mengunjungi Baloy Adat Tidung yang merupakan sebuah musuem yang menyimpan peninggalan Kerajaan Tidung. Dalam bidang seni dan budaya Kota Tarakan atau juga disebut sebagai Tanah Paguntaka ini terkenal akan Tari Jepen yang merupakan tari asli daerah ini, selain itu terdapat Tari Hadrah juga tari-tari tradisional yang berasal dari berbagai daerah. Dalam seni musik kota ini mempunyai perkembangan musik tradisional dan modern sebagai hasil kreatifitas penduduknya.

 

Kabupaten Nunukan adalh wilayah hasil pemekaran dari Kabupaten Bulungan. Kabupaten ini dibentuk atas dasar pertimbangan luas wilyah, peningkatan pembangunan, dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang sebelumnya masih sangat minim. Kabupaten Nunukan memiliki semboyan, yaitu Penekindidebaya. Semboyan ini berasal dari  dari bahasa Tidung yang artinya membangun daerah.  Nunukan berasal dari nama sebuah kecamatan di kabupaten ini. Penduduk di kabupaten ini kurang lebih sebanyak 140.842 jiwa (sensus 2010) yang terdiri dari berbagai suku. Suku yang paling banyak adalah suku Tidung dan suku Dayak.

 

Kabupaten Tana Tidung merupakan pemekaran dari Kabupaten Bulungan. Nama kabupaten ini sangat unik, yaitu Tana Tidung yang berasal dari kata Tidung Pale yang dalam bahasa Tidung, "Tideng" artinya Gunung dan "Pale" memiliki arti tawar atau hambar, maka jika digabungkan bermakna "Gunung Hambar". Gunung Hambar memiliki maksud bahwa dibawah kaki gunung tersebut mengalir Sungai Sesayap. Dimana gunung tersebut adalah pembatas aliran sungai Sungai Sesayap yang pada saat musim kemarau terdiri dari air sungai yang berasa tawar dan air sungai yang berasa asin, maka disebutlah Tideng Pale atau gunung pembatas antara air tawar dan air asin. Nama Tanah Tidung berasal dari bahasa Belanda Afdeeling Tidoengschelanden yang artinya Afdeling Tanah Tidung.

 

Ibu kota Kabupaten Malinau terletak di Kota Malinau. Kabupaten ini juga sering disebut Bumi Intimung. Awalnya Malinau adalah sebuah wilayah yang dihuni oleh suku Tidung, yang kemudian dalam perkembangannya daerah ini menjadi sebuah desa, kemudian berkembang menjadi kecamatan sampai akhirnya berkembang menjadi sebuah kabupaten. Nama Malinau lahir dari sebuah ketidaksengajaan pada percakapan antara rakyat dengan bangsa Belanda. Kala itu Belanda yang datang bertanya mengenai nama sungai yang mengalir di desa tersebut. Rakyat yang tengah membuat sagu (Mal) dari pohon aren (Inau) tidak mengerti apa yang ditanyakan oleh bangsa Belanda tersebut, mereka hanya mengira-ngira saja apa yang ditanyak kemudian menjawab Mal Inau yang artinya tengah membuat sagu aren. Namun ternyata Belanda mencatat nama tersebut dan dipakai untuk menamai daerah tersebut.

Suku bangsa asli Malinau ada beberapa, diantaranya adalah suku Dayak Tidung, suku Dayak Kenyah, suku Dayak Burusu, suku Dayak tagal, suku Dayak Merap, suku Dayak Punan, suku Dayak Abay, dan suku Lun Bawang/Lun Dayeh.

 

E. Ragam Wisata Sejarah Kalimantan Utara

 

Jika anda tengah mencari tempat wisata yang banyak nilai sejarahnya, anda dapat berkunjung ke Kalimantan Utara. Kalimantan Utara memiliki tempat-tempat bersejarah yang harus dikunjungi. Di Kota Tarakan misalnya, terdapat Situs Peningki Lama, yaitu situs sejarah yang dahulunya merupakan basis pertahanan Belanda di daerah pantai timur di Pulau Tarakan. Ada delapan unit bungker dan beberapa meriam, yang diperkirakan tahun pembuatannya adalah antara tahun 1936-1939. Yang menarik adalah situs ini memiliki suasana penjajahan Belanda pada zaman dulu. Anda dapat melihat tata pertahanan dan strategi pertahanan pada masa itu yang dipakai untuk menghadapi musuh. Situs Peningki berjarak setengah jam perjalanan dari Bandara International Juwata. Anda dapat memakai pemandu wisata yang siap menemani dan menceritakan suasana pada saat zaman penjajahan dulu. Situs ini berada di daerah pegunungan, jadi anda bisa menikmatinya sambil tracking.

 

post-34-0-82208700-1364586233_thumb.jpg

 

Di Kota Tarakan ada Monumen Australia yang berada di Jl. Pulau Kalimantan. Monumen ini merupakan simbol perjuangan tentara Australia yang turut membantu dalam upaya pembebasan Tarakan dari pendudukan Jepang. Dahulunya bangunan ini adalah merupakan tanda masuk ke Pemakaman 225. Pemakaman ini merupakan tempat dikuburkannya tentara Australia yang tewas dalam peperangan. Pada tahun 1946 pemakaman ini dipindahkan ke Pulau Labuan di Malaysia Timur. Namun karena banyak wisatawan dari Australia yang masih sengaja datang ke Tarakan untuk berziarah, sehingga bangunan Monumen Australia dibiarkan tetap ada sampai sekarang.

 

post-34-0-79331100-1364586238_thumb.jpg

 

Adapula Museum Rumah Bundar yang dapat anda kunjungi saat berada di Kota Tarakan. Bangunan ini didirikan oleh tentara Australia pada tahun 1945 sebagai tempat tinggal setelah merebut kekuasan dari tangan Jepang. Museum Rumah Bundar/Lengkung ini berada dikawasan perumahan kampung Baru tepatnya di jalan Danau Jempang Kelurahan Pamusian Kecamatan Tarakan Tengah. Bangunan lainnya yang termasuk peninggalan sejarah adalah perumahan staf BPM, Klenteng, Masjid, dan lain-lain.

 

post-34-0-33140600-1364586245_thumb.jpg

 

Kabupaten Bulungan di Kalimantan Utara menyimpan sejarah yang sangat berharga, yaitu Kesultanan Bulungan yang dahulu memimpin di wilayah Bulungan. Namun, sayangnya pada tahun 1964 Bangunan Kesultanan Bulungan terbakar. Untuk itu pada tahun 1964 pemerintah mendirikan Museum Kesultanan Bulungan yang terletak di Istana Bulungan. Di museum ini masih tersimpan benda-benda bersejarah peninggalan Kesultanan Bulungan yang berhasil diselamtkan pada saat kebakaran, seperti Tempat Tidur Sultan, foto-foto, kursi, meja, dan duplikat baju kebesarannya. Untuk mengetahui sejarah Kasultanan Bulungan anda juga dapat mengunjungi masjid tua yang juga merupakan peninggalan sejarah Kesultanan Bulungan yang  didirikan pada tahun 1929 terletak di kecamatan Tanjung Palas.

Peninggalan Kerajaan Bulungan yang laim adalah alat perang yang berupa meriam bernama Melati, Rindu, dan Dendam. Ketiga meriam ini sekarang disimpan di Kesultanan Bulungan Tanjung Palas. Anda juga dapat mengunjungi makam keluarga Datu Adil yang berada di Desa Salimbatu. Lokasi ini hanya dapat dicapai lewat jalur sungai dengan waktu tempuh 30 menit. Konon ceritanya, Datu Adil adalah kerabat Kesultanan Bulungan yang terkenal sebagai pemimpin yang adil dan bijaksana.

 

Kabupaten Malinau terdapat Taman Nasional Kayan Mentarang yang dapat anda kunjungi. Taman nasional ini satu-satunya kawasan yang memiliki hutan primer dan sekunder tua yang masih tersisa di kawasan Asia Tenggara. Wisata hutan lindung yang dapat anda kunjungi di Taman Nasional Kayan Mentarang adalah kawasan Hulu pujangan, Hulu Krayan dan Hulu Kayan/Datadian. Taman nasional ini terletak pada ketinggian 200 sampai 2500 meter di atas permukaan laut. Anda juga dapat berwisata air panas di Kabupaten Malinau, yaitu dengan mengunjungi mata air panas Semolon. Mandi di mata air ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit dan mengembalikan kesegaran tubuh.

 

Kabupaten Nunukan mempunyai potensi pariwisata yang begitu besar. Terdapat Puncak Bukit Batu Sicien yang disebut juga dengan Batu Madu. Lokasinya terletak pada ketinggian lebih dari 1000 meter diatas permukaan laut. Batu Sicien memiliki legenda yang menyimpan sejarah masyarakat Dayak Lun Dayeh. Selain itu anda juga dapat berwisata ke air terjun Ruab Sebiling yang memiliki ketinggian 25 meter. Air terjun ini terdapat di desa Bae Liku di hulu sungai Krayan. Menurut legenda masyarakat setempat, tempat dimana air terjun berada merupakan tanah keramat yang pernah didiami oleh suku Adda  yang berarti hantu. Hulu sungai Krayan berarus deras yang dikelilingi oleh hutan rimba. Arusnya jeram sehingga dijadikan sebagai sarana olah raga arung jeram.

 

Nah, selamat menikmati perjalanan wisata anda!

Share this post


Link to post
Share on other sites

sumpah,, awalnya gw bengong begitu liat tulisan soal KALIMANTAN UTARA..sempet mikir emang ada ya??.. :bingung

ternyata ini provinsi termuda hehe...

lumayan juga dia punya beberapa objek wisata yang bagus buat "dijual" ..

tapi balik lagi,,gimana dengan kendala transportasi menuju kesana ya ??.. hehe :senyum

but,,, NICE INFO :cintaindo :cintaindo

Share this post


Link to post
Share on other sites

sumpah,, awalnya gw bengong begitu liat tulisan soal KALIMANTAN UTARA..sempet mikir emang ada ya??.. :bingung

ternyata ini provinsi termuda hehe...

lumayan juga dia punya beberapa objek wisata yang bagus buat "dijual" ..

tapi balik lagi,,gimana dengan kendala transportasi menuju kesana ya ??.. hehe :senyum

but,,, NICE INFO :cintaindo :cintaindo

 

iya bro... ni provinsi baru di indonesia. . .

nahhh... kyny sampe sekarang saya juga belum nemu ni member dr kaL-uT

tapi kalo ke tarakan aku udah pernah wlpun waktu kecil banget :bingung

Share this post


Link to post
Share on other sites

om daniel @albertorazzi, aku terakhir ke kalimantan tepatnya balikpapan skitar bulan maret lalu,,dan aku ngga denger sama skali ada yg namanya provinsi kal-ut ini heheh,, tapi pas aku tugas ke kalimantan ada tempat yang aku kagum banget,,namanya klo ga salah Berau .. asik tuh disana..masih sepi,, heheh. :salut

Share this post


Link to post
Share on other sites

om daniel @albertorazzi, aku terakhir ke kalimantan tepatnya balikpapan skitar bulan maret lalu,,dan aku ngga denger sama skali ada yg namanya provinsi kal-ut ini heheh,, tapi pas aku tugas ke kalimantan ada tempat yang aku kagum banget,,namanya klo ga salah Berau .. asik tuh disana..masih sepi,, heheh. :salut

 

berau, Kalimantan Timur

sekarang lagi naik daun karena Kepulauan Derawannya :)

 

1326356274556833080.jpg

 

salah satu spot nya. Pengen bgt kesana :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

@albertorazzi

naaahhh ini dia broooo yang gw maksud...iya..iya... dulu gw ke tempat ini !!!... hahahah nemu juga gambarnya :cintaindo

gw sempet tugas disana beberapa bulan,,,cuma gw ga tahan panas banget tuh pas di balikpapan nya...ampun bro... :bingung

bagi poto2nya brooooooo...............

balikpapan dijamin panasnya, selain pinggir pantai, ada Refinery Kilang Pertamina disana, nambah deh panas nyaaaaaa.................

Share this post


Link to post
Share on other sites

maaf om @albertorazzi ,,bukan gw ga mau bagi2 fotonya,,tapi gw malu soalnya hasil shoot nya biasa banget,,ya scara lah gw ga profesional klo soal jepret2 mah,, malu disini kan banyak yg pro klo soal pict ...hehehe :rate .. tapi ntar klo gw main ke jogja gw liatin lah... :salut :salut

Share this post


Link to post
Share on other sites

maaf om @albertorazzi ,,bukan gw ga mau bagi2 fotonya,,tapi gw malu soalnya hasil shoot nya biasa banget,,ya scara lah gw ga profesional klo soal jepret2 mah,, malu disini kan banyak yg pro klo soal pict ...hehehe :rate .. tapi ntar klo gw main ke jogja gw liatin lah... :salut :salut

menurut saya sih mendingan menampilkan foto hasil karya sendiri meskipun biasa2 saja dari pada nyomot punya orang dan memberikan kesan sebagai hasil karya sendiri.

dengan mulai menampilkan foto sendiri akhirnya akan terpacu untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus

nah kalau kebiasaan make foto orang, kita jadi nggak berkembang.

Share this post


Link to post
Share on other sites

eehh ada om  wisnu @tki ternyata,,waduh,,jadi malu nih hehe :rate  ...

iya om,, aku masih ga PD soal posting foto2 sendiri,,ya maklumlah cuma pake camera pocket biasa aja,,jelas ga sebanding sama senior2 disini yang pada pake DSLR ,, :senyum  ..

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Banyusmom
      A. Pesona Kalimantan Tengah
       
      Kalimantan Tengah merupakan provinsi dengan banyak kekayaan alam. Kalimantan Tengah merupakan provinsi terbesar nomor tiga di Indonesia setelah Papua dan Kalimantan Timur. Luas dari provinsi ini sekitar 157 kilometer dengan sebagian besar wilayahnya berupa hutan belantara dan rawa-rawa.
       

       
      Pada tahun 1938 pemerintah Hindia Belanda menyatakan Kalimantan sebagai pemerintahan sendiri yang disebut Government van Borneo dengan Banjarmasin sebagai pusat pemerintahannya.
      Kemudian pada tahun 1945, Kalimantan terbagi menjadi tiga wilayah yaitu Karisidenan Kalimantan Selatan, Kareisidenan Kalimantan Timur, dan karisidenan Kalimantan Barat. Tetapi masyarakat yang berada di bagian tengah Kalimantan menginginkan untuk membentuk otonominya sendiri.
       
      Upaya memperjuangkan otonomi wilayah ini dimulai dengan membentuk Ikatan Keluarga Adat Dayak (IKAD) pada tahun 1952. Kemudian pada tahun 1953 diadakan Konggres Serikat Kaharingan Dayak Indonesia yang berlangsung di Bahu Palawa. Inti dari konggres ini adalah menghendaki pembentukan provinsi Kalimantan Tengah yang otonom.
      Upaya menuntut terbentuknya provinsi Kalimantan Tengah ini akhirnya berhasil pada tahun 1956 dengan wilayahnya yang mencakup Kabupaten Kapuas, Kabupaten Kotawaringin, dan Kabupaten Barito.
       

       
      Namun, seiring perkembangan jaman wilayah tersebut mangalami pemekaran menjadi Kabupaten Baroti Utara, Barito Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten KotawaringinTimur, dan kabupaten Palangkaraya. Palangkaraya ini sendiri merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Tengah ini.
       
      Jika kita mengunjungi Kalimantan maka kita dapat menikmati wisata yang unik dan khas dari provinsi ini yaitu susur sungai. Kita dapat menemukan beraneka ragam flora dan fauna selama menyusuri sungai. Fauna yang sering terlihat saat kita menyusuri sungai ini adalah biawak, kera, orang utan, kera abu-abu, bekantan, dan lain-lain.
      Flora khas dari Kalimantan endiri adalah tumbuhan kayu balngeran, kayu ulin, hutan rawa gambut, dan rasau atau jenis pandan yang menghijau. Biasanya kapal wisata yang digunakan merupakan kapal klotok.
       

       
      Ya, kalau di Pulau Jawa maupun Sumatera masyarakatnya menggunakan transportasi darat untuk menuju tempat lain maka transportasi sungai sudah menjadi urat nadi bagi masyarakat pedalaman Kalimantan termasuk Kalimantan Tengah.
      Infrastruktur yang terbatas membuat jalan darat belum dapat menghubungkan satu wilayah dengan wilayah lainnya. Untuk mengatasi hal ini masyarakat sering menggunakan perahu klotok sebagai sarana transportasi misalnya untuk mengunjungi sanak saudara, berbelanja, atau menjual hasil usaha.
       
      Perahu ini terbuat dari kayu keras seperti kayu ulin dengan mesin kendaraan roda empat sebagai penggerak dengan bahan bakar solar. Perahu klotok ini memiliki kapasitas penumpang yang bervariasi mulai dari yang berukuran kecil muat untuk 5 orang biasanya hanya untuk transportasi satu desa dan tidak memiliki atap sedangkan klotok besar memiliki kapasitas antara 15-30 orang. Biasanya perahu berkapasitas besar ini digunakan untuk menghubungkan antar kecamatan.
       
      Biasanya perahu ini akan dikemudikan oleh seorang motoris dengan satu orang petugas di belakang yang bertugas mengarahkan baling-baling dan membuang air sungai yang memasuki perahu. Biasanya penumpang akan duduk di deretan depan, dan tengah perahu karena bagian belakang digunakan untuk meletakkan barang bawaan atau belanjaan para penumpang.
       
      Perahu Klotok ini biasanya dilengkapi dengan atap yang terbuat dari terpal plastik untuk mengurangi sengatan matahari. Terpal ini diikatkan pada kerangka besi dan dibuat melengkung melintang dari sisi kanan ke kiri perahu. Disarankan untuk membawa bekal makanan karena perjalanan yang ditempuh cukup jauh, apalagi suara mesin perahu dan hembusan angin akan membuat perut kita cepat lapar.
      Selain berwisata menyusuri sungai, kita juga dapat melihat rumah Betang yaitu rumah adat khas Kalimantan yang dapat kita temui di berbagai penjuru Kalimantan. Rumah Betang ini juga sering dijadikan tempat untuk pertunjukan seni budaya. Pertunjukan ini biasanya ditampilkan tiga kali dalam sebulan.
       

       
      Kehidupan masyarakat atau keluarga berada di dalam rumah betang diatur dalam hukum adat yang diatur secara sistematis serta melalui kesepakatan bersama. Keunikan rumah adat ini terletak pada kelengkapannya dimana terdapat Sandung yang berfungsi untuk menyimpan tulang belulang nenek moyang penghuni rumah ini yang sudah meninggal. Namun, sebelumnya diadakan ritual adat terlebih dahulu yang disebut Tiwah.
       
      Selain Sandung, terdapat pula Patahu yang berfungsi sebagai media komunikas antara arwah di dalam sanding dengan  alam atas.
      Nah, itulah keunikan dari Kalimantan Tengah. Kita patut bangga memiliki banyak kebudayaan. Jika anda merencanakan untuk berlibur, Kalimantan dapat dijadikan alternatif pilihan untuk berlibur. Selamat menikmati keindahan alam dari Kalimantan Tengah
       
      B. Berwisata Sejarah ke Kalimantan Tengah
       
      Kalimantan Tengah merupakan provinsi yang menyimpan kekayaan alam luar biasa dengan luas wilayahnya sekitar 157 ribu kilometer. Luas ini sebagian besar berupa hutan belantara dengan luasnya 126 ribu kilometer dan rawa rawa kurang lebih 18 ribu kilometer persegi. Namun, walaupun sebagian luasnya didominasi oleh hutan dan rawa-rawa, bukan berarti Kalimantan Tengah tidak memiliki tempat wisata menarik yang bersejarah. Provinsi ini memiliki beberapa wisata sejarah yang patut anda kunjungi apabila berkunjung ke Kalimantan Tengah.
      Candi Agung Amuntai

       
      Candi Agung Amuntai merupakan candi yang terpelihara dengan baik. Kita akan disambut oleh gerbang bertuliskan Candi Agung. Konon, candi Hindu berukuran kecil ini merupakan cikal bakal Kerajaan Negara Dipa yang keberadaannya sejaman dengan kerajaan Majapahit. Candi ini berlokasi di kawasan Desa Sungai Malang, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara.
       
      Candi ini banyak dikunjungi oleh masyarakat terutama dari luar Amuntai karena candi ini memiliki nilai historis. Sejarah berdirinya Kerajaan Banjar sangat erat kaitannya dengan candi ini.
      Candi Agung dibangun oleh pendiri kerajaan Negara Dipa Kahuripan yaitu Empu Jatmika pada abad ke XIV Masehi. Dari sinilah Kerajaan Daha di Negara dan Kerajaan Banjarmasin lahir.

      Menurut cerita, Kerajaan Hindu Negaradipa ini berdiri tahun 1438 di persimpangan tiga aliran sungai; Negara, Tabalong, dan Balangan. Cikal bakal Kerajaan Banjar itu diperintah Pangeran Suryanata dan Putri Junjung Buih dengan kepala pemerintahan Patih Lambung Mangkurat. Negara dipa ini kemudian berkembang menjadi Kota yang disebut Amuntai. 
       
      Jika anda mengunjungi Kalimantan Tengah maka tak ada salahnya menambah wawasan dengan mengunjungi candi ini. Namun, untuk mengunjungi candi ini anda harus sedikit bersabar karena butuh waktu tempuh sekitar 5 jam dari Banjarmasin menuju Amuntai jika menggunakan transportasi darat.
      Lama atau tidaknya waktu tempuh sangat tergantung arus lalu lintas diperjalanan dan waktu istirahat  untuk makan, minum, dan mengisi bahan bakar.
       
      Museum Balanga
       

       
      Museum ini sangat mudah dijangkau oleh kendaraan umum karena letaknya hanya sekitar 2,5 km dari Bundaran Besar yang juga merupakan ciri khas kunjungan wisata di Kalimantan Tengah.
       
      Pemerintah mendirikan museum ini pada tahun 1973. Museum ini menyajikan beberapa koleksi kebudayaan yang dikelompokkan dalam kategori etnografi, arkeologi, numismatika, keramologika, dan heraldika. Selain itu di museum ini juga terdapat koleksi benda alam yang terdiri dari koleksi geologika dan biologika.
       
      Sebagian dari koleksi ini dipamerkan di dua gedung dan sisanya disimpan di dalam gudang koleksi. Koleksi ini ditata menurut alur hidup mulai dari peralatan upacara kelahiran, dilanjutkan dengan perkawinan, dan berakhir dengan kematian. Disini anda juga akan didampingi oleh seorang guide yang akan menjelaskan mengenai upacara Tiwah.
       
      Di dalam ruang pameran museum Balanga anda akan merasakan nuansa kehidupan tradisional suku Dayak. Selain itu disini juga dipajang beberapa koleksi senjata tradisional seperti Sumpit, Mandau, Duhung, alat yang berguna untuk memanggil ikan yang disebut Mihing, Jimat penyang, Patung Sapundu, dan Jampatung Karuhei juga beberapa barang yang terbuat dari kuningan serta keramik dari China berupa Balanga dan piring Malawen. Selain itu di museum ini juga terdapat miniatur rumah Betang yaitu rumah adat khas Kalimantan.
       
      Anda juga dapat melihat senjata-senjata sitaan dari konflik etnis yang terjadi di Sampit pada tahun 2001 pada koleksi hsistorika.
       
      Selain memiliki tempat wisata yang bersejarah, Kalimantan Tengah juga terkenal dengan adat dan tradisinya. Beberapa upacara adat yang telah ada sejak zaman nenek moyang masih dilestarikan hingga sekarang. Upacara itu antara lain
       
      Potong Pantan
      Upacara ini dilakukan untuk menyambut tamu kehormatan yang berkunjung ke provinsi ini.
       
      Mapalas
      Upacara adat ini bertujuan untuk membersihkan diri dengan tujuan agar terhindar dari penyakit, kesialan, atau musibah. Dalam masyarakat Jawa, upacara ini seperti ruwatan.
       
      Tiwah
      Upacara Tiwah bertujuan untuk memindahkan tulang –tulang dari keluarga yang sudah meninggal.
       
      Wadian
      Upacara ini ditujukan untuk mengobati orang yang sakit. Lama tidaknya upacara ini bergantung pada seberapa parah penyakit yang diderita.
       
      Balian
      Upacara Balian ditujukan untuk mengobati orang yang sakit.
       
      Itulah beberapa tempat wisata bersejarah dan juga upacara adat yang terdapat di Kalimantan Tengah. Jika anda berencana untuk berlibur, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Kalimantan Tengah yang memiliki tempat wisata bersejarah dan juga memiliki keunikan adat tradisi. Selamat menikmati keindahan kota Kalimantan Tengah.
       
       
      C. Menjelajahi Taman Nasional di Kalimantan Tengah
       
      Membahas keindahan dari Kalimantan Tengah memang tidak ada habisnya. Provinsi ini memang menyimpan banyak sekali kekayaan alam. Kekayaan alam yang berupa hutan membuat provinsi ini dijadikan tempat pelestarian satwa yang hampir punah. Pemerintah membangun beberapa Taman Nasional untuk pelestarian satwa ini. Sehingga selain berperan melestarikan satwa, pemasukan daerah bertambah karena taman ini dijadikan tempat wisata. Taman nasional ini patut anda kunjungi.
       
      Taman Nasional Tanjung Puting     
       

       
      Taman Nasional ini terletak di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Untuk menuju taman nasional ini, anda dapat menggunakan kapal klothok. Dinamakan klothok karena bunyinya yang tok tok tok. Kapal ini mampu menampung penumpang hingga 12 orang dengan kecepatan sedang sehingga kita dapat menikmati pemandangan sungai Sekoyer. Anda juga dapat menikmati sunset dan hewan-hewan liar yang kadang terlihat di sepanjang pinggiran sungai. Namun, tetap waspada ya karena di sungai ini terdapat buaya yang keberadaannya sulit untuk dilihat.
       
      Pengunjung dari taman nasional ini kebanyakan adalah turis asing. Karena itu pelayanannya pun semakin ditingkatkan agar menjadi lebih baik. Pelayanan dari kapal klotok ini tidak kalah dengan hotel berbintang. Di dalam kapal ini, kapten dan guidenya sangat ramah. Jika lapar anda tinggal memesan makanan saja karena masakannya juga sangat enak. Anda hanya perlu mengeluarkan budget Rp. 30.000 per orangya . Jika malam anda dapat tidu di bawah kelambu. Woww…
      Biasanya kapal klothok ini akan penuh saat high season yaitu pada bulan Juli sampai Agustus karena di bulan itulah biasanya musim liburan sekolah.
       
      Anda juga dapat melihat beberapa monyet bergelantungan karena hutan ini merupakan rumah bagi delapan jenis primata.
      Taman Nasional Tanjung Putting ini juga memiliki beberapa tumbuhan endemik yaitu kayu ulin yang hanya ada di Kalimantan. Kayu ini sering juga disebut dengan kayu besi. Kayu ini merupakan jenis kayu yang paling kuat karena dapat tahan di segala cuaca bahkan jika terkena air kayu ini semakin keras sehingga rayap tidak akan sanggup memakannya.
      Disarankan untuk wanita yang ingin memasuki kawasan ini agar berpakaian yang sopan karena orang utan dapat tertarik dengan manusia. Selain itu hindari juga mengenakan pakaian yang berwarna hitam karena pakaian gelap sangat disukai oleh serangga.
       
      Taman Nasional Sebangau
       

       
      Untuk menuju taman Nasional Sebangau ini, anda dapat menggunakan taksi air yang berupa perahu motor yang terbuat dari kayu.  Anda juga dapat menggunakan angkutan umum menuju Kareng Bangkirai. Taksi air ini juga merupakan transportasi warga sekitar dan dioperasikan juga oleh penduduk setempat sehingga jangan heran apabila anda menaikinya bersama-sama dengan warga yang membawa barang bawaan yang sangat banyak. Taksi ini hanya beroperasi pada pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore karena pada malam hari keadaan sungai cukup berbahaya sehingga taksi air ini tidak diijinkan beroperasi.
       
      Perjalanan menuju taman nasional ini dimulai dari pelabuhan Kareng Bangkirai dan selanjutnya anda akan diajak menyusuri sungai sebangau untuk menuju Pelabuhan Pegatan Hilir untuk selanjutnya menuju Pelabuhan mendawai melalui sungai Katingan dengan biaya Rp. 50.000 per orang.
       
      Jika anda ingin buang air ketika berada di dalam taksi jangan khawatir karena terdapat tambahan jamban yang bisa digunakan untuk buang air. Minta saja operator taksi untuk berhenti sejenak. Mereka akan dengan sabar menunggu. Operator taksi juga tak segan untuk menuruti permintaan anda untuk berhenti mengamati binatang-binatang.
      Dari Palangkaraya hingga kecamatan Mendawai menempuh waktu yang cukup lama yaitu sekitar 9 jam. Makanya sangat disarankan untuk berangkat pukul 6 pagi agar dapat tiba di Mendawai pukul 3 sore dan tidak kemalaman karena hanya terdapat satu penginapan di kecamatan Mendawai dengan kapasitas 10 kamar dengan harga cxukup terjangkau sekitar Rp. 30.000 per malam.
       
      Ada juga disarankan dapat berenang karena sebagian perjalanan akan dihabiskan di dalam air.
      Bawalah juga makanan dan minuman secukupnya karena kalau kita membeli makanan di desa yang kita lewati maka harganya bisa mencapai 2 kali lipat daripada di kota Palangkaraya.
       
      Hindari juga bepergian seorang diri di taman Nasional ini. Ajaklah teman. Apabila terpaksa harus sendiri, mintalah bantuan petugas untuk menemani. Namun, anda akan kesulitan menemukan petugas ini karena jumlah petugas hanya 20 orang saja sehingga mereka sulit ditemukan namun, anda jangan khawatir karena peran petugas ini biasanya juga digantikan oleh warga dengan imbalan yang sudah disepakati sebelumnya.
       
       
      D. Pesona Wisata Bahari Kalimantan Tengah
       
      Palangkaraya merupakan kota yang menyimpan potensi alam. Kota ini kaya akan hasil hutan karena luasnya kawasan hutan yang dimiliki oleh provinsi ini. Luas kawasan hutannya mencapai 80 persen dari total luas wilayah.
      Bagian utara Kalimantan Tengah didominasi oleh perbukitan dan pegunungan. Hal ini bertolak belakang dengan wilayah selatan yang merupakan dataran rendah, rawa, dan daerah Paya-Paya.
       
      Kawasan yang dilalui oleh garis ekuator ini beriklim tropis serta lembab. Dengan bentang alamnya yang berupa pegunungan dan dataran rendah maka tak heran apabila Kalimantan memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.
       
      Kalau anda merupakan pecinta wisata bahari maka anda bisa mengunjungi danau Tahai yang terbentuk akibat perubahan aliran sungai Kayahan. Untuk menuju danau ini, anda harus menempuh jarak sekitar 30 km dari pusat kota. Lokasinya pun mudah untuk dijangkau karena lokasinya berada di pinggir jalan Palangkaraya. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Kalau menggunakan kendaraan umum maka anda dapat naik bus jurusan Palangkaraya – Sampit dan turun di desa Tahai dan selanjutnya anda dapat  berjalan kaki untuk menuju danau ini.
      Kalau anda mengunjungi danau ini maka anda akan disambut oleh merahnya air danau yang disebabkan oleh akar-akar pohon yang ada di lahan gambut. Selain dimanjakan oleh merahnya air maka anda juga akan melihat pemandangan rumah-rumah terapung yang sering disebut rumah lanting oleh penduduk setempat.
       
      Obyek wisata Danau Tahai ini juga memiliki akomodasi dan fasilitas yang cukup lengkap seperti sepeda air angsa, tempat duduk santai, tempat karaoke, mushola terapung, WC umum, dan areal parker yang yang dilengkapi dengan pos keamanan di pintu masuknya. Kalau anda berkeinginan untuk mengelilingi danau, maka anda juga dapat menyewa perahu dayung maupun perahu bermotor. Selain ada Danau Tahai yang menyimpan sejuta pesona, Kalimantan Tengah juga kaya akan pantainya. Inilah beberapa pantai yang menyimpan pesona.
       
      Pantai Sabaru
       

       
      Obyek wisata yang terletak di Kelurahan Kereng Bengkirai, kecamatan Pahandut ini berdiri di atas lahan seluas 150 ha. Hanya butuh waktu sekitar 15 menit perjalanan darat untuk mencapai pantai ini karena dari pusat kota, pantai ini hanya berjarak sekitar 12 km.
      Disini anda akan dimanjakan oleh sunset yang cantik. Anda juga dapat menikmati kesejukan pantai Sabaru ini dari atas bebatuan.
       
      Pantai Kubu
       

       
      Sebagai bentuk kepedulian dari pemerintah terhadap ekosistem alam maka, pemerintah mulai melakukan beberapa pemberdayaan seperti adanya penangkaran untuk kura-kura.
      Bagi anda pecinta kepiting, anda patut mencicipi hidangan kepiting khas pantai kubu. Kepiting yang ditangkap oleh nelayan dan masih fresh dimasak menjadi banyak variasi yang dapat anda pilih.
       
      Pantai Ujung Pandaran
       
      Objek wisata andalan pemerintah ini memiliki hamparan pasir putih dan kekayaan biota laut yang membentang dari Kabupaten Kotawaringin Timur hingga perbatasan Kabupaten Seruyan. Pantai Ujung Pandaran juga terkenal akan ubur-ubur, ikan pari, dan berbagai biota laut yang menghuni terumbu karang serta ikan-ikan kecil.
      Pantai ini dapat dicapai baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum dengan menempuh rute Palangkaraya-Sampit. Setibanya di Terminal Sampit maka jarak yang ditempuh hanya tinggal 100 km dengan menaiki bus jurusan Sampit-Teluk Sampit yang akan mengantarkan anda sampai tujuan.
       
      Anda juga dapat menyaksikan ritual tolak bala yang dilakukan para nelayan sebelum memulai pelayaran ke laut untuk mencari ikan. Ritual ini disebut dengan ritual adat Simah Laut. Ritual ini biasanya dilakukan setiap tanggal 10 bulan Syawal atau 10 hari setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri. Masyarakat akan bergotong royong untuk membersihkan pantai sebelum ritual ini dilaksanakan. Setelah pantai dirasa cukup bersih maka berbagai upacara pun dilakukan dengan melarungkan berbagai sesaji ke tengah laut dengan tujuan mendapatkan rejeki yang melimpah dan juga mendapatkan keselamatan.
       
      Pantai ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang memadai seperti rumah makan, penginapan, tempat beristirahat sementara atau shelter, mushola, kapal wisata, rumah makan, bahkan pemandian umum.
      Itulah beberapa wisata bahari yang terdapat di Kalimantan Tengah. Jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat wisatanya ya.
       
       
      E. Kuliner Lezat Khas Kalimantan Tengah
       
      Indonesia merupakan Negara yang kaya akan suku bangsa dan tradisi karena Indonesia terdiri dari banyak provinsi. Suku bangsa yang beraneka ragam membuat Indonesia juga kaya akan bahasa dan tradisi yang merupakan potensi untuk dapat terus dikembangkan.
       
      Salah satu provinsi yang kaya akan potensi adalah Kalimantan Tengah yang merupakan provinsi terbesar nomer 3 setelah Papua dan Kalimantan Timur.
       
      Karena memiliki cakupan wilayah yang luas, maka banyak penduduk yang mendiami daerah ini dengan kebudayaan yang beragam. Selain kaya akan kebudayaan, masyarakat Kalimantan tengah juga pandai mengolah makanan. Apa saja makanan yang menjadi cirri khas dari Kalimantan Tengah ini? Ini dia
      Juhu Singkah / Umbut Rotan
       

       
      Salah satu makanan khas dari suku Dayak yang mendiami daerah ini adalah umbut rotan atau rotan muda. Rotan muda ini sangat mudah ditemukan di dalam hutan tanpa perlu menanamnya. Oleh karena itu rotan ini sangat terkenal sebagai makanan khas daerah ini?. Cara pengolahannya pun sangat mudah yaitu hanya perlu membuang kulitnya lalu dibersihkan dan dipotong-potong menjadi ukuran kecil.  Umbut rotan yang seringkali dimasak bersama dengan ikan baung dan terong asam ini memiliki rasa asam, gurih, dan rasa kepahit-pahitan yang bercampur dengan rasa manis dari ikan sehingga membuat umbut rotan ini memiliki cita rasa yang khas.
       
      Kalumpe / Karuang
       

       
      Sayuran ini dibuat dari daun singkong yang ditumbuk halus. Daun singkong yang ditumbuk halus ini biasanya dibuat dengan campuran terong kecil maupun terong pipit dengan bumbu bawang putih, bawang merah, serai, dan lengkuas yang dihaluskan. Bagi yang suka dengan citarasa pedas maka sayuran ini dapat ditambahkan cabai. Masakan ini sangat enak apabila disantap dalam keadaan panas dengan menambahkan sambal terasi pedas dan ikan asin.
       
      Wadi
       

       
      Makanan khas Kalimantan Tengah yang satu ini berbahan dasar ikan atau daging babi. Bisa dikatakan wadi ini merupakan makanan yang dibusukkan namun, pembusukan ini tentunya tidak dilakukan sembarangan. Ikan dan daging akan dilumuri dengan bumbu yang dibuat dari beras ketan putih atau biji jagung yang di sangrai hingga kecoklatan lalu ditumbuk atau di blender sebelum disimpan. Bumbu ini dikenal dengan nama Sa’mu dalam bahasa Dayak Maanyan. Sedangkan  dalam bahasa Dayak Ngaju disebut dengan Kenta.
       
      Cara pembuatannya sederhana yaitu bersihkan terlebih dahulu ikan atau daging yang hendak diolah. Lalu rendam daging aytau ayam ke dalam air garam kurang lebih selama 5-10 jam.  Kemudian angkat dan biarkan mengering. Setelah dirasa cukup kering maka campurkan ikan atau daging dengan bumbu Sa’mu yang telah dibuat tadi hingga merata. Lalu simpanlah di dalam toples kaca, kotak kaca, maupun toples kedap udara yang ditutup dan biarkan selala kurang lebih 5 hari. Untuk daging, penyimpanannya disarankan untuk lebih lama yakni 1 minggu. Setelah itu waldi dapat dimakan dengan mengolahnya kembali seperti digoreng, atau dimasak. Kelihatannya proses pembuatan waldi ini mudah namun, membuat waldi tidak semudah yang dibayangkan karena apabila terjadi kesalahan sedikit saja dalam memasukkan bumbu maupun mengolahnya maka waldi dapat menjadi tidak enak bahkan tidak dapat dimakan. Oleh karena itu terkadang hanya beberapa orang yang memiliki keahlian untuk membuat citarasa waldi ini menjadi enak.
       
      Bangamat / Paing
       

       
      Masakan yang satu ini adalah makanan khas ynag dibuat dari kalong atau kelelawar yang besar ( Pteporus vampyrus). Kelelawar yang dikonsumsi adalah jenis pemakan buah terbesar sedangkan kelelawar jenis pemakan serangga maupun penghisap darah tidak dikonsumsi dan juga tidak digunakan dalam proses pembuatan makanan ini. Di beberapa daerah paing sangat terkenal untuk dikonsumsi namun, orang Dayak memiliki cirri khasnya tersendiri dalam mengolah makanan ini. Kelelawar dibersihkan dengan membuang bagian kukunya, punggung, serta usus. Sedangkan sayap, daging, dan bulunya dimasak. Orang Dayak Ngaju memasak makanan ini dengan bumbu yang lebih banyak sedangkan suku Dayak Maanyan mengolahnya dengan bumbu serai dan daun pikauk yang memiliki rasa asam. Biasanya sayur ini dimasak dengan sayur hati dan batang pisang yang dipotong kecil-kecil. Daun batang pisang yang digunakan adalah jenis pisang kipas. Masakan ini juga dapat dimasak dengan sulur keladi yang dipotong-potong.
       
      Itulah beberapa kekayaan kuliner khas Kalimantan Tengah. Jangan lupa untuk mencicipi makanan ini apabila mengunjungi Kalimantan Tengah.
       
       
      F. Hotel-hotel Murah di Kal-Teng
       
      Memilih penginapan memang susah-susah gampang. Apalagi jika biaya yang dimiliki tidak cukup banyak. Memilih hotel atau penginapan sebaiknya memang herus memperhatikan faktor biaya sebab anda tidak ingin kan jika uang liburan maupun perjalanan bisnis  habis hanya untuk sewa hotel? Pastinya anda ingin semuanya berjalan dengan lancer tanpa hambatan. Memilih hotel yang murah bukan berarti kita mengesampingkan fasilitas dan kenyamanan. Dalam memilih hotel ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
       
      Pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi hotel. Pilihlah hotel yang dekat dengan tujuan anda agar anda tidak mengalami kesulitan maupun kerepotan dalam mobilitas. Kalau hotel yang anda pilih jauh maka bisa-bisa uang anda akan habis hanya untuk transportasi saja. Carilah beberapa referensi hotel yang dekat dengan tujuan kita. Kita bisa mencarinya melalui internet atau menanyakan kepada teman maupun membaca pamflet serta brosur.
       
      Selain itu perhatikan juga pelayanan dari staff hotel. Walaupun memilih hotel yang murah, pastkan staff nya melayani kita dengan professional dan ramah karena tamu adalah raja.
       
      Faktor keamanan juga perlu mendapat perhatian karena keamanan merupakan hal utama. Kita dapat melihatnya dari system pengamanannya  dan juga penjagaannya. Kita juga harus selalu meneliti kunci-kunci pada pintu maupun jendela. Utamakan privasi dan keamanan anda.
       
      Untuk menhindari hotel yang sudah penuh, maka sebaiknya lakukan reservasi jauh-jauhari sebelumnya. Kabarkan juga waktu kedatangan anda agar pihak hotel dapat melakukan persiapan sebelum kedatangan.
      Bagi anda yang ingin mencari hotel di Kalimantan Tengah, berikut ini ada beberapa referensi hotel yang adapat anda jadikan pilihan.
       
      Hotel Batu Suli Internasional
       

       
      Hotel ini terletak di Jl. Raden Saleh No.4 Palangkaraya. Hotel ini menawarkan kolam renang outdoor dan juga WiFi gratis.
      Dari pusat Palangkaraya dan tempat perbelanjaan di Palangkaraya Mall hotel ini hanya butuh waktu 5 menit berkendara sedangkan untuk menuju Bandara Tjilik Riwut dibutuhkan waktu sekitar 20 menit berkendara.
      Kamarnya pun sangat nyaman karena sudah dilengkapi AC, meja TV, dan telepon bahkan jika anda memilih kamar tertentu ada yang dilengkapi dengan bathub dan internet kabel gratis.
      Restoran disini juga siap melayani anda dengan berbagai hidangan terutama makanan Indonesia. Anda juga dapat menggunakan fasilitas ruang rapat atau perjamuan serta layanan binatu dan antar jemput menuju bandara. Namun untuk fasilitas ini anda akan dikenakan biaya tambahan.
       
      Hotel Fairuz
       

       
      Hotel ini terletak di pusat kota Palangkaraya tepatnya di Jl. Demang Leman 9, Palangkaraya. Dari Palangkaraya Mall dan sungai Kahayan yang merupakan sungai terbesar si Kalimantan Tengah hotel ini hanya berjarak 1 km.  Untuk menuju bandara Tjilik Riwut juga hanya memerlukan waktu 10 menit.
      Kamarnya juga nyaman dan dilengkapi AC serta TV. Anda juga dapat memilih kamar tertentu dengan fasilitas seperti kulkas mini serta kamar mandi pribadi yang dilengkapi bathub dan shower air panas maupun dingin.
      Hotel Fairuz ini juga menyediakan fasilitas layanan antar jemput bandara serta penyewaan mobil. Hotel ini juga menyediakan layanan lainnya seperti pijat dan binatu.
      Restoran hotel ini juga siap memanjakan lidah anda dengan masakan Indonesia.
       
      Hotel Dandang Tingang
       

       
      Hotel yang terletak di Jalan Yos Sudarso No. 13 Palangkaraya ini merupakan salah satu hotel yang menawarkan fasilitas teras berjemur. Dari Palma Mall hotel ini hanya berjarak 5 menit berjalan kaki saja. Sedangkan dari Megatop Shopping Centre dibutuhkan waktu 10 menit berjalan kaki. Semua kamarnya sudah dilengkapi dengan AC dan WiFi gratis serta TV bahkan  minibar. Beberapa kamarnya juga  sudah dilengkapi dengan teras pribadi serta ruang tamu yang terpisah.
       
      Restorannya juga menyajikan masakan Indonesia sehingga masakannya pasti cocok di lidah. Dari Bandara Internasional Tjilik Riwut hotel ini dapat dicapai dalam 15 menit berkendara sedangkan dari bukit Tengkiling dibutuhkan waktu yang lebih lama yaitu 1 jam berkendara. Hotel ini juga menyediakan tempat parkir umum secara gratis.
      Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas antar jemput bandara dan daerah sekitarnya tentunya dengan mengeluarkan biaya tambahan. Hotel ini juga menyediakan beberapa fasilitas seperti ruang rapat, penyewaan mobil, dan layanan penitipan.
       
      Itulah beberapa hotel dan tips bagi anda yang ingin memilih hotel di Kalimantan Tengah. Yang paling penting jadikan liburan maupun perjalanan bisnis anda berkesan. Lakukan survey terlebih dahulu sebelum memutuskan hotel mana yang akan anda pilih.
       

    • By kyosash
      NOTE : Saya akan Update terus setiap Gameweeknya + Hal2 yang mesti diperhatikan (etc : 1 tim ada 2 kali tanding, tim yang tidak tanding) 

      Berhubung komunitas sepakbola disini lumayan banyak,
      saya mau mencoba memperkenalkan, game yang satu ini yaitu
       Fantasy Premier League  (klik disini), berharap kita dapat lebih akrab/kenal lewat permainan ini.
      Yang pastinya Anda hanya cukup meluangkan waktu minimal 5 menit saja per Gameweeknya (Biasanya per Minggu), sudah bisa mengikuti game ini secara Rutin 
      Dan ada Hadiahnya juga dari situs Premier league ini untuk (First Prize, Monthly Prize, dll)
       
      Mungkin sebagian besar udah banyak yang tahu, tapi saya ingin coba menjelaskan untuk yang belum tahu.
      Game ini hasil/poin2-nya berdasarkan dari pertandingan/Match (Premier League) sesungguhnya (Goals, Assists, Clean Sheet, Man of the match, dll)
       
      Awal2 kita diberikan £100 million untuk membentuk Team (2 Goalkeepers, 5 Defenders, 5 Midfielders & 3 Forwards)
       

       
      Jadi anda harus mengisi 15 posisi ini. dan yang pasti itu tidak akan cukup jika di-isi dengan pemain mahal2 semua
      Dan disinilah tantangan Anda sebenarnya, meramu sebuah Team untuk bisa meraih poin sebanyak2nya,
      Dan juga mengatur Strategi, salah satunya mendapatkan uang lebih didalam Jual-Beli Pemain "Transfers"
      Sedikit penjelasan Untuk gambar yang tertera diatas
      1.  Free Transfer : Setiap minggu-nya Anda akan mendapatkan 1 Free Transfer, (maksimal 2) (untuk detailnya lihat disini  Rules )
      2.  Cost : Jikalau Jumlah transfer pemain anda melebihi 'Free Transfer' , maka akan dikenakan pengurangan Poin (-4 per pemain yang akan ditransfer)
      3.  Bank : Simpanan Uang anda yang belum Terpakai
       
      Berikut Ini Daftar poin2-nya  (berhubung lagi males translate, saya copas aja  )
       
      For playing up to 60 minutes 1 For playing 60 minutes or more 2 For each goal scored by a goalkeeper or defender 6 For each goal scored by a midfielder 5 For each goal scored by a forward 4 For each goal assist 3 For a clean sheet by a goalkeeper or defender 4 For a clean sheet by a midfielder 1 For every 3 shot saves by a goalkeeper 1 For each penalty save 5 For each penalty miss -2 Bonus points for the best players in a match 1-3 For every 2 goals conceded by a goalkeeper or defender -1 For each yellow card -1 For each red card -3 For each own goal -2  
       
      Panduan Untuk Join League-nya
      Begitu Anda sudah Create Team, Anda klik menu "Create and Join Leagues"
       

       
       
      Klik "Join League" lalu akan muncul menu seperti ini
       

       
       
       
      Lalu Pilih "Private league"
       

       
      Dan masuk-kan Code untuk Join di Jalan2 League yaitu 20410-8027
       
       
      OK, Langsung dicoba saja....saya tunggu kehadiran dan partisipasi Anda 
       
      untuk Classic League
      CODE Jalan2 League :  20410-8027
       
      Untuk penjelasan detailnya anda bisa langsung lihat disini aja  Rules 
       
       
      NOTE : 
      - berhubung penjelasan-nya terlalu banyak, saya akan menjelaskan lewat/dari pertanyaan2 yang diajukan (seiring waktu   )
    • By albertorazzi
      Travlers yang akan bepergian khususnya dari daerah Jogja atau kota Jogja menuju ke tempat rekreasi atau tempat yang memiliki keindahan yang eksotis tentunya menjadi idaman bagi setiap jalan2ers, salah satu tempat yang eksotis dan menawan di hati adalah Karimun Jawa, karimun jawa merupakan tempat yang eksotis yang berada tidak begitu jauh dengan Jogja bila ditempuh dengan kendaraan atau transportasi darat yang efisien. Jalan2ers dapat menuju karimun jawa dengan beberapa sarana transportasi yang mendukung, seperti halnya dengan menggunakan beberapa alternatif berikut ini :
       
      Menggunakan kendaraan pribadi, jalan2ers yang akan menggunakan kendaraan pribadi dapat melakukan mengecekan terlebih dahulu pada kendaraan pribadi anda agar siap dan sedia untuk melakukan perjalanan yang cukup jauh dari Jogja menuju karimun jawa, kondisi mesin serta angin yang terdapat dalam ban juga diperhatikan ada baiknya menggunakan ban tubeless dan juga kondisi kendaraan pribadi anda seblum digunakan di service dahulu untuk mengantisipasi kondisi yang tidak diinginkan seperti mogok atau lainnya. Muatan yang dinaikkan juga harus sesuai dengan standart pada kendaraan pribada jalan2ers tidak melebihi kapasitas hal ini berguna untuk mengantisipasi hal-hal kendaraan pribadi jalan2ers oleng atau tidak berjalan seperti sebagaimana mestinya. 
       

       
       
      Untuk jalan2ers yang menggunakan kendaraan umum atau angkutan umum dapat dilakuakn dengan menyewa bus atau naik bus angkutan menuju ke semarang dan travel juga ada bberapa agent yaitu Joglosemar atau Daytrans tujuan semarang yang berangkat pada jam tiap jam selalu ada dengan biaya sebesar Rp 50.000 untuk menggunakan travel joglosemar ataupun daytrans dan bila menggunakan bus, jalan2ers dapat membayar sebesar Rp 25.000. Bus Angkutan umum ini didapat atau dapat ditemukan didalam terminal Jmbor dan disitu juga terdapat beberapa agent bus yang disarankan untuk jalan2ers cermat memilih Bus yang akan digunakan untuk menuju Semarang. Perjalanan dari Jogja Semarang memakan waktu 3-4 jam sesuai dengan kondisi perjalanan, Setibanya di Semarang jalan2ers dapat langsung pergi ke utara kota semarang dan menuju ke pelabuhan tanjung mas , dari tanjung mas jalan2ers dapat naik kapal yang bernama KMC kartini, jalan2ers dapat merogoh kocek sebesar Rp 25.000 – Rp 100.000 rupiah tergantung dengan jumlah jalan2ers yang akan ikut bertravelling karena bila dapat bernegosiasi dengan Dishub Perhubungan Semarang tentunya akan mendapatkan paket diskon sesuai dengan jumlah penumpang yang akan naik ke KMC Kartini dari pelabuhan tanjung mas. Dari tanjung Mas ke karimun Jawa akan memakan waktu sebanyak kurang lebih 3,5 jam. Jalur ini adalah salah satu menuju ke karimunjawa yaitu dengan menuju ke Semarang terlebih dahulu kemudian menyeberang ke Karimun Jawa.
       

       
       
      Jalur selanjutnya adalah dari Jogja menuju ke Jepara, dari Jogja dapat menggunakan Travel daytrans. Untuk kantor biro perjalanan ini di Jogja terletak di Jl. Brigjen Katamso. Komples Purawisata, Yogyakarta 0274-385990 untuk YM & email : Jogja.daytrans@yahoo.com dan untuk di Jeparanya terletak di Jl. Pemuda No.92, Jepara 0291-595033 dengan email : info@triotourtravel.com. Dari Jogja bus atau travel akan berangkat dari travel agent purawisata dan akan berhenti di perhentian terakhir di jalan pemuda yaitu kantor agent di Jepara. Jalan2ers juga dapat memberikan uang tambahan dan negosiasi dengan supir travel untuk berhenti dekat dengan rumah atau tempat tertentu yang sekiranya tidak jauh dari lokasi tempat kantor agent wilayah Jepara. 
       
       
       
      Bila menggunakan bus jalan2ers tidak dapat bernegosiasi karena akan menyalahi aturan bila bus tidak berhenti tepat di kantor agent wilayah Jepara. Jadwal biro perjalanan ini sebagai berikut :
       
      Dari Yogyakarta - Jepara :
      04.00, 05.00, 08.00, 13.00
       
      Dari Jepara - Yogyakarta :      
      03.00, 08.00, 11.00, 13.00
       
       
      Dari Jepara dapat menyeberang ke Karimun jawa dengan menggunakan KMP Muria yang waktunya lebih lama dari menggunakan KMC kartini, estimasi waktu yang ditempuh yaitu 5- 6 jam tergantung kondisi suasana perjalanan dan arus yang terjadi atau ombak yang tidak menggangu KMC kartini untuk menyeberang ke Karimun Jawa, disamping KMC karimun jawa banyak juga beberapa alternatif lainnya dan tentunya harga tersebut dapat ditawar bila tarvelers menegosiasikanya dengan menggunakan paket-paket promo terntentu yang diadakan oleh dinas penyeberangan yang ada untuk menyeberang ke Karimun Jawa. 
       

       
       
      Yang terlebih penting adalah jalan2ers selalu menjaga diri untuk selalu siap sedia dalam berbagai keadaan cuaca apapun dan selalu tetap wasapda terhadap barang bawaan jalan2ers
       

       

    • By kyosash
      test2
    • By kalmura
      Halloooow manteman
       
      Kali ini gw mw coba sharing pengalaman mengurus visa UK (berdasarkan chitchat dengan om mood deffa) bahwa belum ada yang mengupdate sharng tentang mengurus visa UK. Mengurus visa UK ataupun visa Schengen memang sebuah pengalaman yang seru (maklum ane baru pertama urus kedua visa ini). Gak seperti visa untuk ke korea selatan yang bisa diwakilkan tanpa kita harus dateng ke kedutaan. Kepengurusan Visa UK ini kita diwajibkan untuk membuat janji wawancara dan pengambilan foto dan pengambilan sidik jari. Jadi kalo ente-ente mw urus visa UK ini mending pikir pikir lagi untuk melalui agen travel. Disamping ini merupakan pengalaman yang seru (menurut ane), orang travel agen pun tidak pernah bisa memastikan visa UK ente di terima. karena murni keputusan ada di tangan UK Embassy yang ada di manilla. Jadi gak ada salahnya ente urus semua sendiri. Oke ane bakal berbagi syarat dan tips nya di sini. Oh iya disini ane berbagi persyaratan jika ente adalah seorang employee. Dan status marietal adalah "single" . Untuk Pengusaha dan/atau berkeluarga mungkin ntar ada temen kita yang lain yang mungkin bisa berbagi tipsnya.
       
      Lama Pengurusan Visa UK paling cepat adalah 15 hari kerja. Dan yaps... waktu kepengurusan visa ane selesai dalam jangka waktu 10 hari kerja.
      Yang wajib ente persiapkan adalah:
      1. Paspor
      Yap paspor wajib ente punya klo mw pesiran ke luar negeri. Untuk kasus ini Paspor dengan masa berlaku minimal 8 bulan terakhir (beserta paspor lama). Memang ada yang bilang paspor minimal masa berlaku adalah 6 bulan terakhir. Tapi menurut gw lebih baik lebih daripada kurang. Jadi 8 bulan minimal masa berlaku paspor adalah waktu yang ideal. Dan jika sudah pernah berganti paspor lampirkan juga paspor lama tersebut. Jangan lupa untuk memfoto copy paspor ente.
       
      2. Surat Sponsor dari tempat ente bekerja
      Surat ini wajib di buat dalam bahasa inggris. Surat yang dikeluarkan oleh company ente ini minimal berisikan data sudah berapa lama ente kerja disitu, berapa sallary ente perbulan, dan pimpinan meyakinkan kalo ente bakal balik lagi ke indonesia jika trip ente udah kelar. Disini untuk meyakinkan pihak kedutaan ente juga boleh melampirkan slip gaji 3 bulan terakhir dan syrat cuti ente (yang ane lakukan).
       
      3. Surat Referensi Bank
      Surat ini bisa ente peroleh di bank mana aja dimana ente punya duit disitu. Fungsi surat referensi ini meyakinkan pihak kedutaan bahwa ente punya cukup dana di tabungan untuk hidup selama trip ente di UK. Biasanya surat referensi ini sudah di buat dalam bahasa inggris oleh pihak bank.
       
      4. Print Bukti Keuangan 3 Bulan Terakhir
      Print Rekening koran tabungan 3 (tiga) bulan terakhir ini fungsinya untuk mengetahui apakah rekening ente tersebut aktif atau tidak. saran ane rekening koran tersebut adalah rekening koran untuk akun bank yang dimana ente banyak melakukan transaksi. lebih bagus jika akunnya adalah akun rekening gaji.
       
      5. Pas foto dengan latar belakang putih dengan ukuran 3.5 x 4.5cm
      Ente wajib menyiapkan pas foto berwarna terbaru dengan latar putih minimal 2 (dua) lembar. yang nanti satu akan di tempel pada form aplikasi pengajuan visa.
       
      6. Foto copy KK , Akta Kelahiran dan KTP dalam bahasa inggris
      Nah ini yang jadi kendala dimana KK KTP dan Akte kelahiran wajib di translate ke dalam bahas inggris oleh sebuah badan/perusahaan/jasa services yang terlegalisasi. untuk ente yangada di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya gak masalah. Karena ane saat ini berada di kota yang gak ada jasa untuk translate maka ane mengirim berkas ke Jasa Translate yang ada di Surabaya dengan per lembar sebesar 85rb rupiah.
       
      7. Travel Insurance
      Travel insurance ini ane beli juga via online. Dengan membeli disalah satu agen asuransi ternama di indonesia. ane beli paket Traveler dengan cakupan tanggungan kelas WorlsWide Platinum dengan masa Tanggungan sebanyak 27 hari. yang ane beli sebesar USD 70 kurs Rupiah pada saat itu sebesar Rp 970.970
       
      8. PrintOut Ticket
      Sedikit flashback gimana ane bisa nekad urus ini visa UK, yang menggoda pertama adalah ane dapet tiket promo Vietnam Airlines untuk rute KL - HTR (LDN) sebesar 6.420.000 VND (vietnam Dong) jika di kurs kan pada waktu itu adalah sebesar 3.9 jtaan. Yaps siapa yang gak tegoda dengan harga segitu hahahaa...
      oke balik ke print out ticket. Ini wajib ente print sebagai syarat kelengkapan pengajuan visa.
       
      9. PrintOut Booking Hotel
      Bookingan hotel ini ane percayakan ke booking.com dimana ada klausul free cancelation. jadi kalo visa di tolak kita bisa cancel bookingan hotel tsb. (pait pait pait jangans ampe di tolak lah gan).
       
      10. Itinerary Trip
      Disini ane melampirkan rincian rencana perjalanan ane disono. Mau kemana dan ngapain aja disana.
       
      OKe... Setelah persyaratan diatas lengkap. ente bisa buka web untuk permohonan online aplikasi Visa UK. Untuk kepengurusan visa uk ada sebuah perusahaan di indonesia yaitu VFS Global yang ada di Lt 2 Mall Kuningan City. Jadi aplikasi kita, kita ajukan ke mereka kemudian mereka yang akan berurusan langsung dengan UK Embassy yang ada di Manilla. Saran ane jangan teralalu mepet ngurus visa ini. karene visa ini di kirim ke manilla. tidak di proses di jakarta. oleh karena itu akan memakan sedikit waktu. Berbeda dengan kepengurusan visa schengen (perancis) yang bisa selesai dalam jangka waktu 4 hari. untuk link nya ente bisa aksis di https://www.visa4uk.fco.gov.uk/home/welcome

       
      Nah ente pada bisa ikuti petunjuk registrasi di web tersebut. perlu diketahui bahwa kepengurusan Visa UK ini ente wajib membayar langsung visa online biaya visa tersebut. Jadi resiko untuk kehilangan lebih cepat dana yang udh ente transfer lebih besar. Langkah Simplenya seperti berikut :
      Pertama ente registrasi. kemudian link konfirmasi akan di kirimkan ke email ente. kemudian ente pilih visa apa yang akan ente buat. Setelah itu lengkapi mengisi form aplikasi online nya. setelah lengkap pengisian fomn di setiap halaman maka ente akan di informasikan untuk lanjut mengeprint declaration signed. yang berarti form ente sudah lengkap dan siap untuk di cetak. Setelah itu ente diminta untuk menentukan kapan datang ke kantor VFS yang berada di Kuncit untuk penyerahan berkas dan foto serta sidik jari. Nah setelah ente menentukan tanggal dan waktu kedatangan ente disuruh membayar sebesar USD128 (ane terakhir aplikasi bulan feb seharga itu).  Ente wajib bayar terlebih dahulu. Beda dengen kepengurusan visa schengen yang dibayar pada saat kita selesai menyerahkan berkas. Nah stelah ente bayar maka akan ada email mengenai pembayaran tersebut. ente print semua form aplikasi, dan bukti pembayaran visa serta lembar konfirmasi kedatangan.
       
      Hari H tiba....
      Setelah semua berkas siap. ane dateng ke kantor VFS di lt 2 di Kuncit. Ane buat janji jam 09.10 . jadi jam 09.00 ane sudah bisa masuk ke dalam kantor tsb. Sama seperti kepengurusan visa Schengen sebelumnya. Didalam kantor VFS dilarang mengaktifkan Smartphone. Tapi Disini ente masih bisa membawa masuk. sedangkan di kepengurusan visa Schengen via TLS contact semua smart phone dan handphone wajib masuk kedalam locker. Oke selanjutnya ane masuk dengan penuh ketenangan ane sedikit bertanya kepada bapak security disana. Kemudian security menanyakan ke mana kita akan mengurus visa. Karena di kantor VFS ini ada beberapa negara juga yang visa nya di urus disana. maka tentukan tujuan kita dateng kesana untuk ngelamar salah satu mbak2 cantik disana (pasti langsung di usir ente klo bilang gitu). Oke ente bisa bilang ke security klo ente akan urus Visa UK. maka ente akan dikasih no antrian. dan duduk di depan conter untuk penyerahan berkas dan form aplikasinya.
      Gak lama kemudian no ane di panggil. oke dengan pecaya diri ane menghampiri mbak2 yang memanggil manggil ane. hahahaa (lebay) ... berkas ane serahkan. kemudian doi ngecek2 berkas nya. Gak lama kemudian gak sampai 10 menit ane disuruh cek list (cek list inin diberikan mbak2 nya untuk memastikan berkas kita sudah lengkap atau belaum, asli atau copy) ane cek list dengansedikit chit chat untuk mencairkan suasana (ane pikir akan ditanya "mw ngapain di UK? Brp lama di UK? Sama siapa di UK?" alhamdulillah ane kagak ditanya2.. malah terkesan komunikasi pasif. Setelah selesai cek list, kemudian si mbak tersebut menyodorkan form yang wajib kita tanda tangani. setelah selesai maka si mbak tersebut menawarkan untuk memantau perkembangan visa via SMS (dalem hati gw udah seneng "wah bakal dikasih no mbak ini" hahaha) sebesar 25rb rupiah. Oh iya perkembangan kepengurusan visa ini hanya sebatas sampai mana visa anda di proses. karen kita gak pernah tw apakah visa kita di setujui atau tidaknya. sebelum paspor berada ditangan kita. Oke setelah selesai dengan mbak satu ini ane kemudian kembali ke kursi tunggu yang berada di depan mbak tersebut untuk di panggil masuk keruangan untuk proses foto dan pengambilan sidik jari. setelah menunggu sekitar 20 menit, ane dipanggil masuk ke ruang tersebut. dan setelah foto serta pengambilan sidik jadi ane pulang dan terus berdoa sampai hari dimana paspor ane dikembalikan.
       
      Dan kemudian.... ane melakukan penyerahan berkas ke VFS adalah tanggal 09 feb 16 dan pada tanggal 19 feb 16 ane dapet sms klo paspor ane sudah bisa diambil di kantor VFS. Dikarenakan ane berada di pulau yang berbeda. maka ane sebelumny sudah mengirimkan surat kuasa ke temen yang ada di Jakarta untuk kuasa pengambilan paspor ane.
      dan..... alhamdulillah rejeki anak sholeh... visa UK ane di setujui...
       

      yuhuuuuu visa kunjungan diberikan 180 hari.
      oke segitu dulu sharing pengalaman urus Visa UK ane.. semoga memotivasi temen temen untuk coba mengurus semua persyaratannya sendiri. Dan jangan lupa sering sering lihat promo maskapai luar... hehehe karena kita gak tau kapan rejeki kita dapet tiket murah... hahahaa
       
    • By deffa
      Halo Momod Here !!!
       
      Kali ini saya mau share trick saya dalam hunting tiket promo
      oia FYI saya bukan Backpackeran atau Traveler Koper, namun saya lebih milih traveler by promo yaitu Berangkat berdasarkan sedapat nya tiket promo dari maskapai tertentu. Dan 80 % perjalanan saya berdasarkan tiket promo, jadi gak ada Fixed Plans.
       
      Back to topic ini beberapa tips saya dalam hunting tiket promo khususnya ke Luar Negri :
       
      01. Join mailing list / register member maskapai tertentu. Karena tiap maskapai pasti akan mengirmkan notifikasi email jika sedang ada program Promo. Contoh kasus AIr Asia dan Tiger Airways berikut

       
      02. Ikuti Social Media tiap2 maskapai yang sering kasih promo, seperti Twitter / Fan Page FB
       
      03. Nah yang ini yg biasa nya saya lakukan kalo hunting tiket promo untuk beberapa negara yaitu Cek Promo Maskapai per Regional masing2. Maksudnya seperti Air Asia dan Tiger Airways mereka punya Region Base masing2 seperti di Indonesia Malaysia Thailand Singapore dll. Nah tiap Region itu biasanya masing2 punya program promo yang berbeda baik dari waktu dan harga nya.
      Misalkan Air Asia 13 feb Jakarta - Kuala Lumpur itu masuk region Indonesia Harga Promo 66 ribu. Nah kalo kita mau lanjut Kuala Lumpur - Bangkok jika kita cek dari AirAsia region Indonesia langsung akan dikenakan sistem promo region Indonesia, nah jika pada tanggal 15 tersebut tidak ada promo dari Region Indonesia maka dikenakan harga reguler. Lain hal nya jika kita pindah ke Region Malaysia, dan kebetulan Kuala Lumpur - Bangkok sedang ada promo 200 ribu nah jadi kita dapet tuh promo nya. 
      Nah cara untuk pidah region itu gampang, ini cuma berhubungan dengan Change Language. Hal ini berlaku juga untuk maskapai2 yang mempunya Base di tiap negara seperti Tiger Airways, Cebu Pasific Air dll. Tinggal cari aja tempat ganti Bahasa nya
       

       
       
      04. Beberapa tips di atas bisa di pergunakan untuk penerbangan Lokal kecuali yang no. 3
       
      05. Kalo ada keluhan "udah cobain triks diatas tapi tetep gak dapet" Nah perlu diketahui kalo tiket promo itu gak banyak ya
            biasanya untuk satu tanggal dan satu jam keberangkatan itu cuma disediakan 1 / 2 tiket saja. Jadi ya emang harus rebutan dan      
            cepet2an. Ketika email promo masuk langsung aja hunting.  
       
      Selain tips di atas ini beberapa tips lain nya yang bisa di coba ya :

       
    • By kyosash
      Saya yakin sebagian besar member2 disini suka sama Music
       
      dan penasaran lagu2 apa sih yang kalian dengar sekarang ?
       
      klo saya sih sekarang lagi suka dengar lagu2 yang nyantai / enak didengar,
      seperti....
       
      Simple Plan - Summer Paradise (feat. Taka from ONE OK ROCK)
      MiChi - STARTING OVER
      The Beatles - Hey Jude
       
       
      How about you? kalau kamu lagi dengar lagu apa?