• 0
Sign in to follow this  
Followers 0

Eksotisme Kota Bunga Tomohon


Question

Posted

Bunga dalam bahasa Jawa disebut kembang. Di Jawa, saat kita mendengar kata kota kembang, yang terlintas di pikiran kita adalah kota Bandung, ibu kota Jawa Barat. Nah bagaimana kalau kota bunga? Ternyata di Indonesia, sebutan kota bunga juga dimiliki oleh kota administratif Tomohon.

 

Tomohon merupakan sebuah kota kecil yang berada di dataran tinggi di Provinsi Sulawesi Utara. Kota ini memiliki topografi berbukit – bukit serta gunung yang membuat hawa udara di kota ini sejuk segar. Tomohon berada di sebelah timur kota Manado, sekitar 22 km. Kanan – kiri di sepanjang perjalanan terdapat rumah makan khas Minahasa serta banyak juga yang menyediakan penginapan.

 

Kota ini memiliki kondisi tanah yang amat subur dan udara yang sejuk, membuat Tomohon sangat cocok untuk membudidayakan berbagai jenis tanaman berbunga dan sayuran. Sayuran yang ada di pasar – pasar Manado dan kota – kota lain di Sulawesi Utara, rata – rata dipasok dari kawasan Tomohon ini.

 

Bunga_Tomohon.jpg

 

Saat musim berbunga tiba, akan sangat mudah menemukan bunga – bunga indah bermekaran di tepian jalan, di taman – taman rumah penduduk, juga di tempat – tempat pengembangbiakan bunga yang tentu bakal memanjakan mata kita. Pemandangan ini akan terlihat cantik eksotis mempesona saat momen matahari terbit dibalut basahnya embun di pagi hari.

 

090511_tomohonfestival.jpg

 

Di sepanjang jalan menuju kaki gunung Lokon, salah satu gunung aktif di Tomohon ini, banyak berjejeran toko – toko bunga. Terlihat cantik berwarna – warni di sepanjang jalan, bak penghias jalan yang alami. Beberapa pemilik taman bunga bahkan memberi izin pengunjung dan wisatawan untuk memetik dan memilih bunga sendiri, tentu dengan membelinya setelah dihitung berapa banyak bunga yang kita petik dan jenis bunga apa yang kita petik.

 

tomohon-flower-festival.jpg

 

Memiliki potensi produksi bunga potong cukup tinggi, Tomohon rupanya tak mau kalah dengan Festival Bunga Pasadena di Amerika Serikat. Setiap dua tahun sekali mulai tahun 2008, Tomohon menggelar kegiatan bertaraf internasional bertajuk bunga. Kegiatan yang dinamakan Tomohon International Flower Festival (TIFF) ini membuat kota Tomohon bak diselimuti jutaan bunga warna-warni. Warga Tomohon berharap festival ini bisa sebagai ajang pengembangan bisnis holtikultura, terutama bunga dan sayuran.

 

Tomohon International Flower Festival biasanya mempunyai 5 agenda utama. Setiap dua tahun, agenda utama ini akan selalu diselenggarakan, ditambah agenda tambahan yang dapat berbeda - beda. Festival ini dimulai dengan Tournament of Flower (Tof), kemudian ada juga Pameran Pariwisata. Dalam segi bisnis, juga diselenggarakan kegiatan Perdagangan, Investasi dan Florikultura. Ada pula kegiatan pemilihan Kontes Ratu Bunga, dibalutkan dengan kegiatan Festival Seni Budaya serta diakhiri dengan  Pawai Pembangunan Pemerintah dan Masayarakat Kota Tomohon.

 

Pawai ini merupakan kegiatan termeriah karena dilaksanakan arak-arakan kendaraan bermotor dan mobil yang semuanya dihias bunga. Tidak hanya pemerintah dan dinas serta instansi pemerintahan saja yang turut serta, tapi lembaga sosial, lembaga non pemerintahan serta masyarakat umum pun berbondong – bondong menghias kendaraan yang mereka miliki dengan bunga. Tak hanya sebatas itu, bahkan juga ada kendaraan pawai dari luar negeri yang turut serta. Beberapa diantaranya yakni dari negeri Jiran Malaysia, Filipina, Belanda, Perancis, Denmark, Amerika Serikat, Thailand serta Inggris dan masih banyak yang lainnya. Tercatat pada pelaksanaan tahun 2012, 30 negara turut serta dalam TIFF ini.

 

Pantaslah jika Tomohon juga menyandang gelar sebagai kota bunga, atau bisa disebut juga kota Kembang layaknya kota Bandung. Konon katanya, beberapa masyarakat disana juga menyebut Tomohon sebagai kota “bunga†lantaran gadis – gadis desa di Tomohon maupun yang sudah tinggal di pusat kota memiliki paras muka yang cantik. Nyatanya, jika Anda berkunjung kesana Anda bisa membuktikannya sendiri.

Share this post


Link to post
Share on other sites

4 answers to this question

  • 0

Posted

waw kalo pas kesini pas dapet festival bunga nya seru kali ya

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

nice sharing and wonderful Tomohon.. semoga bisa kesana waktu ada TIFF :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

wah  cantik ya.. tapi kalau lingkungan Tomohonnya gmn? ada pic nya ga bunga2 di Tomohon?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

wah bagus bunga2 nya

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0