wisata sejarah Satu-satunya di Dunia, Kereta Api Lokomotif Uap di Ambarawa


11 posts in this topic

Posted

JJners ada yang suka naik kereta?

Apalagi kalo keretanya dijalankan secara tradisional, masih menggunakan kayu bakar yang keras (katanya sih kayu jati) dan batu bara.
*kebayang kan kalo duduknya deket lokomotif, puanase puol :rolleyes:

Museum Kereta Api yang berada di pusat kota Ambarawa, sekitar 20 kilometer dari Ungaran, Kabupaten Semarang adalah kereta api satu-satunya di dunia yang memamerkan keunikannya dengan menjalankan lokomotif uap.

Dulunya museum ini adalah stasiun yang dibangun oleh Raja Willem I pada tanggal 21 Mei 1873, dengan tujuan untuk mempermudah pengangkutan pasukan menuju Semarang.Pada tahun 1970-an jalur pengoperasiannya mulai ditutup dan kini dijadikan museum yang diresmikan pada tanggal 8 April 1976 oleh Gubernur Jawa Tengah, Bapak Supardjo Rustam bersama Kepala PJKA Eksploitasi, Bapak Soeharso.

post-966-0-50947400-1364958796_thumb.jpg
Sampai sekarang tulisan di atas belum diganti lho..

Selain itu di dalam museum itu juga terdapat tiga mesin hitung zadoel (zaman doeloe), tiga mesin ketik zadoel, beberapa pesawat telepon zadoel dan peralatan kuno lainnya yang dulu digunakan di stasiun tersebut.

post-966-0-14060400-1364958868_thumb.jpg
Bangunannya masih sama seperti pada saat didirikan. Selama ini sih cuma direnovasi catnya doank

HTM ke museum ini cukup murmer - Rp 5.000 saja (exclude tarif naik kereta nya yaa).

Wisatawan yang datang ke museum ini akan disuguhi pemandangan alam yang indah, bangunan dengan arsitek kuno, dan lokomotif dengan menggunakan bahan bakar kayu dan batu bara. Pengunjung juga masih bisa menikmati perjalanan dengan kereta api kuno tersebut.

Museum KA di Ambarawa ini memiliki koleksi 22 lokomotif uap. Di antaranya adalah kereta api dengan Lokomotif Nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen (orang Jerman). Kereta tua inilah yang berjaya sebagai kereta api wisata. Untuk menikmati perjalanan wisata menggunakan kereta api uap ini dan juga dua gerbong lagi buatan Belanda tahun 1911, wisatawan bisa menyewanya dengan harga sekitar Rp 3 juta bisa diisi maximal 80 orang (2 gerbong).

 

Tapi jangan khawatir kalo liburan, terutama liburan sekolah, kereta ini dibuka untuk umum dengan harga tiket kereta Rp 50.000/org (harga bisa naik sewaktu-waktu).

 

Gimana, JJners mau coba?

Okay..
semoga bermanfaat buat traveller yang mau ke Semarang dan sekitarnya yaa :D

Lelli, kyosash and Jalan2 like this

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

post-966-0-23335400-1364960781_thumb.jpg
Di sela-sela perjalanan dari Stasiun Ambarawa menuju Stasiun Bedono kereta akan berhenti di Stasiun Jambu untuk membalikkan arah lokomotif. Jadi sewaktu dari Stasiun Ambarawa, lokomotif berada di depan, dan sesampainya di Stasiun Jambu, lokomotif itu harus berada di belakang karna lokomotifnya lebih besar.  Hal ini dikarenakan kalo dari Stasiun Jambu, perjalanan keretanya merayap menyusuri jalur yang semakin tinggi.

post-966-0-99954100-1364960722_thumb.jpg
Dalam perjalanan dari Ambarawa menuju Bedono kereta akan berhenti lagi untuk mengisi air untuk memanasi ketel uap. Airnya sih diambil dari parit kecil dengan pompa. Saat kereta api berhenti  mengisi air, saatnya para penumpang memanfaatkan kesempatan buat foto2.

post-966-0-97396100-1364960756_thumb.jpg
Selain merasakan eksotisme naik kereta api kuno, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan alam. Sepanjang perjalanan itu wisatawan disuguhi pemandangan lembah-lembah yang menyejukkan mata (hijau) di antara Gunung Ungaran dan  Gunung Merbabu yang menjulang tinggi.

Selain dijadikan tempat wisata, stasiun kereta api yang masih terawat rapi dan masih terasa sejarahnya, menjadikan lokasi ini juga sering digunakan buat tempat foto2 model ato pre wedding.

 

UPDATE

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

waw keren ya masih di lestarikan

btw video klip pertama Boys N Root - Ngaku Ngaku

ber setting di Stasiun Kota Tua Semarang pake Kereta Api Lokomotif nya hehehe

tapi saya waktu itu gak bisa ikut syuting karna pada tanggal itu adik saya koma

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

@deffa wahh malah udah dibuat setting video clip sama BnR..

Kirain cuma Didi Kempot aja yg bikin video clip di situ :lol:

 

btw, bagus juga tuh video clip tapi sayang gk ada Momodnya (tapi adik memang harus diutamakan daripada video clip)

=> besok nyusul bikin sendiri yaa Mod :lol:

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

@adel_lia hahaha iya kita ambil setting di kota tua semarang utk klip itu hehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

saya mencoba kesana kemarin hari minggu. sayang gak boleh masuk, sedang renovasi. kapan selesainya ya kira2?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

@astinsoekanto

wah di renovasi ya

semoga jadi lebih baik ya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

@deffa btol mod sdg renov. entah sampe kapan. pengumumannya gini doank 

 

 

post-20187-0-08919300-1382473258_thumb.j

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

@deffa btol mod sdg renov. entah sampe kapan. pengumumannya gini doank 

 

 

attachicon.gifpengumuman.jpg

hahahha sabar yaa mba @astinsoekanto

nanti dikabarin deh, kalo udah beroperasi lagi  :senyum

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

hahahha sabar yaa mba @astinsoekanto

nanti dikabarin deh, kalo udah beroperasi lagi  :senyum

ok sip siiippp... ditunggu kabarnya yak ? :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

kemarin kita lihat dari belakang ya ndhuk. dari jauuuuuuuuuhhhh

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now