• 0
Sign in to follow this  
JUNASIKPARK

Share Pengalaman Nyaris Ko'it di Gunung

Question

Teman-teman ada yg punya pengalaman di Merapi? tentunya sebelum merapi meletus kemaren itu :)

Ane pernh py pengalaman yg ngeri dan baru sekali itu sampe mikir "apakah ini adalah akhir dari hidup saya?" HAHAHAHA...

Saat itu kami ber-5 barengan 2 org tmn dari luar kota, jd total ber-7. Dua org tmn kami itu sdh prnh ke Merapi, jd mereka yg memandu perjalanan, ketika sampe di kaki puncak gunung, kami diminta utk menunggu smpai matahari terbit, soalnya kalo berjalan ketika gelap, takutnya kejatuhan bebatuan dari pendaki di atas kita, jd berjalan pun harus sering melihat ke atas, atau saling jaga jarak. Tapi mereka tdk memberi peringatan sejak awal kepada kami bahwa, jalur ke puncak cuma 1 jalur, soalnya kami tidak melihat penanda jalan, jadi kami lempeng aja jalannya, mendaki terus, sampe di tengah2, diteriaki dari kejauhan, kami salah jalan, disuruh turun. Teman2 saya yg 2 org merangkak ke kiri. Ini medannya agak ekstrim, kami tdk bs berjalan lurus, hrs memanjat di bebatuan.

Nah, saat itu saya sedang melamun, menikmati matahari terbit, lagi asyik foto2, trs pas mau lanjut jalan, saya mikir, ni mau turun balik atau lanjut ya? hmm.. eh di atas sana kok ada org y.. ada bbrp org di ujung atas sana, saya pikir, ah berarti jalan sini bisa sampe ke atas, saya lanjutin perjalanan, tapi ternyata ini terlalu ekstrim, kemiringannya mgkn 75 derajat, saya ketakutan sekali, saya jadi bingung, jantung saya berdebar keras sekali, saya stuck di sini, mau turun susah, terjal sekali, mau naik jg takutnya makin parah nnti, saya terdiam lama sekali di situ, imajinasi mulai negatif >.< tiba2 saya teringat kembali akan tujuan hidup saya, suatu hari saya akan menjadi pemimpin dunia, tidak ada yg boleh membuat saya takut, saya ga boleh mati sekarang HAHAHAHAHAHA.. agak lebay tapi begtulah saya :D perlahan2 merangkak naik, bebatuannya tidk semuanya solid, ada yg kalau dipijak bisa hancur, dan krn saking terjalnya, saya merangkak menggunakan 1 badan sampe siku saya sobek2, dan byk debu pasir jatuh ke muka phuek!phuek! tapi saya terus naik saja.

Tadaaa! sampai di atas, ada batu raksasa 2 biji, di tengah2nya ada celah tp tdk bs dilewati, kcuali saya manjat melalu celah ini seperti jackie chan, tapi kalo kepleset... mati X( hmm.. saya memutuskan merangkak ke arah kiri, tapi ada tembok batu yg menutup, saya hrs turun bbrp puluh meter ke bawahnya ada celah di sana, cara turunnya pake bokong trus plosotan, ya untungnya ini celana kargo ga lgsg bolong haha.. singkat cerita, saya ktemu bule di sana, saya lupa asalnya dari mana, dia bertanya "hi, are you okey?".. saya jawab "I'm lost!" HAHAHAHA.. dia ulurin tangannya trs kami kenalan di sana. Yah akhirnya selamat jg saya, trs kembali ngumpul lagi bersama teman2 lain di puncak Merapi.

37469_414775636106_58259_n.jpg

foto ketika baru menjejakkan kaki di atas puncak merapi, langsung pura2 pingsan :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

15 answers to this question

  • 0

Hmm.. medannya Merapi itu berat ya agaknya..

Berarti bener-bener nggak boleh sembarangan ya, mesti ada temen yang emang udah paham setidaknya kalo mo ndaki ke sono

Tapi seru ceritanya :D,

saya kalo dalam kondisi terdesak sejenis bawaannya parno langsung spontan mikir ke kelanjutan idup haha

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Duh.. serem juga ya untung aja selamat, kalau sy pribadi blm ada pengalaman sampe mendaki gunung sich..ya jadi pelajaran aja namanya jg nyari pengalaman jadi intinya walaupun lg posisi kejepit tetap semangat ya… .. salut dech… :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

haha.. seru banget kayanya om..

tapi itu manjat nya pake tangan kosong gitu? :huh:

bingung saya,,

iya gan, pake tangan kosong, soalnya emang ga ada rencana utk rock climbing, seru bgt gan hahahah

Hmm.. medannya Merapi itu berat ya agaknya..

Berarti bener-bener nggak boleh sembarangan ya, mesti ada temen yang emang udah paham setidaknya kalo mo ndaki ke sono

Tapi seru ceritanya :D,

saya kalo dalam kondisi terdesak sejenis bawaannya parno langsung spontan mikir ke kelanjutan idup haha

sama gan, berkhayal yg ngga2 hahaha, tp kl kita lg terdesak sih alam bwh sdr psti memaksa kita utk survive

wahaha gila 75 derajat... nyasar sendirian pula... di gunung merapi pula... itu telp ga dpt sinyal ya? tp untunglah u masih lolos, jadi ada cerita yg bagus buat diceritain wkwkwk..

di gunung ga prnh dapet sinyal gua, yoi sekali2 bro, sembari menghirup debu2 vulkanik hahahha

Duh.. serem juga ya untung aja selamat, kalau sy pribadi blm ada pengalaman sampe mendaki gunung sich..ya jadi pelajaran aja namanya jg nyari pengalaman jadi intinya walaupun lg posisi kejepit tetap semangat ya… .. salut dech… :)

haha iya, ya gitulah gan, tp tetep ga bikin kapok jg sih hahahhaha

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah, merapi, cita cita dulu ni bisa naklukin merapi, tapi ya gak kesampaian sampe merapinya meletus kemaren itu. akhirnya ke merapi yang di jambi aja. hehe..

tapi mantep om, kalo om ngerasain udah saat nya mati, saya malah ngerasain pengen mati aja waktu itu. kesiksa sama dingin yang hampir 0 derajat disaat semua barang barang yang dibawa basah bener2 sesuatu banget om. untung waktu itu bisa ketiduran, kalo gak, mungkin bisa kram trus milih mati aja, haha

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

memang kata saudara saya juga merapi paling extrim dari gunung-gunung yang lain, disamping jalannya bebatuan dan tanjakannya cukup terjal, untuk yang pemula jangan coba-coba deh...mendingan cari gunung yang lain aja dulu....dari pada kejadian kayak junasikpark kan ngeri....

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah, merapi, cita cita dulu ni bisa naklukin merapi, tapi ya gak kesampaian sampe merapinya meletus kemaren itu. akhirnya ke merapi yang di jambi aja. hehe..

tapi mantep om, kalo om ngerasain udah saat nya mati, saya malah ngerasain pengen mati aja waktu itu. kesiksa sama dingin yang hampir 0 derajat disaat semua barang barang yang dibawa basah bener2 sesuatu banget om. untung waktu itu bisa ketiduran, kalo gak, mungkin bisa kram trus milih mati aja, haha

hahahah.. kalo lu mati di situ, lu malah ngerepotin tmn lu, mesti gendong jasad lu hahahah kiddin. Iya paling ga enak kalo basah2, tp gunung di indonesia semuanya hutan hujan tropis, bakal sering basah, hrs bagus persiapannya.

memang kata saudara saya juga merapi paling extrim dari gunung-gunung yang lain, disamping jalannya bebatuan dan tanjakannya cukup terjal, untuk yang pemula jangan coba-coba deh...mendingan cari gunung yang lain aja dulu....dari pada kejadian kayak junasikpark kan ngeri....

oh, gapapa sih, perjalanan merapi adalah yg paling singkat, kira2 5 jam. Selama kita ikutin jalan yg bener, hrsnya ga bahaya, batu2nya emang paling byk di merapi, kl kena kepala bsa benjol, hati2 aja :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

iya gan, pake tangan kosong, soalnya emang ga ada rencana utk rock climbing, seru bgt gan hahahah

sama gan, berkhayal yg ngga2 hahaha, tp kl kita lg terdesak sih alam bwh sdr psti memaksa kita utk survive

di gunung ga prnh dapet sinyal gua, yoi sekali2 bro, sembari menghirup debu2 vulkanik hahahha

haha iya, ya gitulah gan, tp tetep ga bikin kapok jg sih hahahhaha

ah sedap dahsyat banget si om kayanya..

kuat banget,,

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

ah sedap dahsyat banget si om kayanya..

kuat banget,,

Ga koq om :) saya malah yg paling lemah di dalam kelompok saya, rekan-rekan saya yg lainnya berasal dari komunitas pecinta martial art, sering berlatih bermacam ilmu beladiri, mgkn secara pernapasan mereka lbih baik dari saya, chi nya lebih kuat HAHAHAHAHAAH apa coba

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

hahahah.. kalo lu mati di situ, lu malah ngerepotin tmn lu, mesti gendong jasad lu hahahah kiddin. Iya paling ga enak kalo basah2, tp gunung di indonesia semuanya hutan hujan tropis, bakal sering basah, hrs bagus persiapannya.

oh, gapapa sih, perjalanan merapi adalah yg paling singkat, kira2 5 jam. Selama kita ikutin jalan yg bener, hrsnya ga bahaya, batu2nya emang paling byk di merapi, kl kena kepala bsa benjol, hati2 aja :)

Wakakakak, iya bener, harus bisa nyesuain nih kalo naik gunung di indonesia, apa lagi kalo pas hujan hujan ngedakinya, tambah aja basah semuanya..paling caranya pas nyampe puncak langsung cepet cepet jemurin semua yang basah,haha

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

hahahah.. kalo lu mati di situ, lu malah ngerepotin tmn lu, mesti gendong jasad lu hahahah kiddin. Iya paling ga enak kalo basah2, tp gunung di indonesia semuanya hutan hujan tropis, bakal sering basah, hrs bagus persiapannya.

oh, gapapa sih, perjalanan merapi adalah yg paling singkat, kira2 5 jam. Selama kita ikutin jalan yg bener, hrsnya ga bahaya, batu2nya emang paling byk di merapi, kl kena kepala bsa benjol, hati2 aja :)

Wakakakak, iya bener, harus bisa nyesuain nih kalo naik gunung di indonesia, apa lagi kalo pas hujan hujan ngedakinya, tambah aja basah semuanya..paling caranya pas nyampe puncak langsung cepet cepet jemurin semua yang basah,haha

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Ga koq om :) saya malah yg paling lemah di dalam kelompok saya, rekan-rekan saya yg lainnya berasal dari komunitas pecinta martial art, sering berlatih bermacam ilmu beladiri, mgkn secara pernapasan mereka lbih baik dari saya, chi nya lebih kuat HAHAHAHAHAAH apa coba

haha.. kalo temen2nya jago jago..

udah pasti ketular om :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Wakakakak, iya bener, harus bisa nyesuain nih kalo naik gunung di indonesia, apa lagi kalo pas hujan hujan ngedakinya, tambah aja basah semuanya..paling caranya pas nyampe puncak langsung cepet cepet jemurin semua yang basah,haha

itu kalo dapet sinar matahari hehe.. kalo ga dapet jg ya terpaksa pake kompor :P

haha.. kalo temen2nya jago jago..

udah pasti ketular om :D

Nah, justru pertama kali pergi tu ya bareng sama manusia2 sakti ini, mangkanya saya jadi malu kalo keliatan lemesnya, meski capek ga ketulungan tp krn jaim, saya berusaha ga keliatan ngos2an HAHAHAH

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

aaah merapi, udah lama ga kesana, terakhir kesana ilang 1 tas P3K yang isinya macem2, dari mulai dompet,obat, batre cadangan hape, dll.,.

kalau agan perhatiin di merapi jalur ke puncak dari pasar setan kadang ada sajen seperti kepala kerbau/sapi gitu lho.,.

dan jalurnya bener juga sih yang dikatakan agan, banyak jalur yg menyesatkan,

 

kalau yang dibilang agan itu ane juga pernah ngalamin tuh, di merapi yang lain ambil jalur kiri ane ambil jalur kanan yang ane temuin malah dinding batu 10 meteran tuh, sampe bingung mau gimana ngelewatinnya, udah kepalang basah sampai tengah ya udah lanjut aja,pake segala macam jurus yang bisa digunakan,hweheheheh.,.

alhamdulillahnya bisa selamet sampai atas,hweheheh

sampai juga di puncak setengah garuda,hehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this