52 posts in this topic

Buat kamu yang sering foto-foto pake kamera hp pastinya tau dong kualitas kamera hp gimana? Pasti susah buat nemuin focus apalagi efek dramatis.

 

Atau kamu yang sering foto-foto pake kamera digital terus ga puas juga sama hasilnya, kamu harus mulai milih-milih SLR nih kayanya. Oh bukan SLR yang pake roll film, tapi SLR yang digital. Its mean, digitally.

 

Di web luar negeri banyak sekali review tentang DSLR ini, tentunya kamu bingung banget mana kamera yang harus kamu pilih. Di web dalam negeri juga banyak yang mereview tentang kamera-kamera, merknya juga banyak, ada Nikon, Canon, Kodak, Olympus, dan lain-lain. Kamu makin bingung dong pastinya, which one is suited for me?

 

Terinspirasi dari review gadget di sub-forum sebelah , kali ini aku mau review Best DSLR  yang menurut aku bisa diandalkan. Tentunya buat kamu yang udah professional, jangan dicela ya.Karena Review ini berasal dari seorang newbie yang ga ngerti soal Profesional Gears for The Best Photograph. Its just a point of view.

 

Sebenarnya, you would get more than 200 gears kalau kamu mencari best of SLR ini. Oh iya , review ini berasal dari Squidoo, alasan kenapa aku tulis ulang adalah karena aku setuju soal DSLR  yang diulas oleh situs tersebut . Aku sendiri sih pake  DSLR Nikon D40, then dream to use canon eos 6d

 

NIKON D800

 

ini nih nikon d 800 

 

Nikon_D800.jpg

 

Nikon D800 harganya waktu pertama kali keluar sekitar Rp. 30.000.000, sekarang kalo ga salah Rp.23.000.000.  Merupakan gear yang paling banyak difavoritkan oleh orang-orang.  Keunggulannya terletak pada fitur dan options, selain itu Nikon d 800 juga memiliki gambar dan video dengan resolusi tinggi yaitu 36.3 megapiksel.  Feature yang paling favorit adalah CMOS yang dapat menangkap gambar 4 frame per second sangat cocok untuk event-even  sport, untuk video sendiri  Nikon D800 memiliki 30FPS. Sedangkan untuk storage  Nikon memiliki slot untuk micro SD dan juga memory lainnya. 

 

Canon EOS 5D

 

 Canon EOS 5D adalah seri kamera yang dikeluarkan pada tahun 2005, sebenarnya ada 2 Kamera EOS 5D yang dinilai paling sukses, ada EOS 5D Mk II dan EOS 5D Mk III. Mk II diluncurkan tahun 2008 dengan harga sekitar $2200. Mk II Memiliki fitur terbaik di kelasnya, waktu itu Mk II dilempar ke pasaran untuk melihat respon konsumen, maka ketika Mk III diluncurkan para penggemar Canon sudah tidak asing dengan fitur yang ditawarkan.  

 

 

eos 5d mk 2 II

Canon_5D_Mark_II_400pix.jpg

 

 

 

yang ini yang mk iii

 

img3434.jpg

Sebagai perbandingan Mk II memiliki resolusi 21.1 megapiksel, dilengkapi CMOS yang dapat menangkap 3,9 frame per detik, untuk videonya sendiri Mk II bisa merekap hingga 1080p dengan stabil. Mk III memiliki resolusi 22,3 megapiksel , dilengkapi CMOS dengan kemampuan 6 FPS dan HD Video 1080p. Keduanya dilengkapi dengan fitur penyimpanan SD serta Compact Flash.  

 

Canon  EOS Rebel T3i ( 600D)

Canon 600d disebut sebagai DSLR sejuta umat, karena harganya terjangkau dengan kemampuan yang cukup baik. Kebanyakan para pecinta SLR senang memakai kamera ini karena dianggap bisa diandalkan di segala situasi. Selain itu buat kamu yang newbie, kamera ini bisa dibilang mudah dipahami. Buat para newbie, kamu tidak perlu buang uang banyak untuk sebuah kamera sebelum kamu benar-benar jago kan ?

34493918_OVR_440x330.png

Kemampuan Canon EOS 600D antara lain memiliki resolusi 18 megapiksel dengan kemampuan 3,3 FPS dan video full HD hingga 1080p, memiliki fitur storage SD, dan juga kamu bisa gonta-ganti lensa kamera dengan EF Lens Mount.

 

Kamera ini dibanderol dengan harga Rp. 5,6 juta di Indonesia ketika pertama kali diluncurkan pada 2011 lalu , di luar negeri sendiri Canon 600 D dibanderol lebih murah sekitar $300.  Pada tahun 2012 Canon mengeluarkan tipe terbaru dari seri ini yaitu Canon EOS 650D atau yang biasa disebut T4i dengan harga lebih mahal $200 dari kamera ini.  Perbedaannya adalah badannya lebih tipis dan lebih ringan.

 

Canon-EOS-Rebel-T4i-650D-Digital-SLR-Cam

 

 

 

 Canon EOS 6D

hr6def24105frontcl-1347836961.jpg

 

Canon EOS 6D memiliki kemampuan hamper sama dengan Nikon 650d, keduanya bersaing ketat untuk mendapatkan fans nya masing-masing. Canon EOS 6D ini memiliki kemampuan menangkap gambar 4,5 FPS dan juga 1080p untuk merekam video. Menurut aku pribadi sih ga ada yang istimewa dari Canon EOS 6D ini, selain kamera ini dilengkapi WI-FI dan GPS.

 

Canon EOS 6D sangat digemari oleh para penggila hobi fotografi karena fitur Wi-Fi nya bisa langsung menhubungkan kamera dengan media penyimpanan online, selain itu GPS bisa menentukan tempat gambar diambil. Harganya sendiri cukup mahal sekitar $2100. 

 

Menurut pendapat aku pribadi, Canon dan Nikon itu memiliki kemampuan sama untuk DSLR ini.Namun perbedaannya adalah Canon lebih mudah digunakan , resolusi Canon lebih tinggi dibanding Nikon, GUI lebih mudah dipahami dan juga tombolnya lebih komunikatif.  Nikon sering digunakan para fotografer handal karena Nikon bisa membuat sebuah gambar tanpa noise dan bintik-bintik. 

 

Buat yang udah jago foto aku minta pendapat nya ya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

loh satu merk beda kelas kok dibandingin?

 

biar bikin bingung http://www.dpreview.com/news/2013/01/01/best-camera-of-2012-results

 

saya suka review ini, kenapa? karena saya pakai OM-D EM-5, Fannya sony tentu nggak setuju; mereka akan tunjukin hasil dxomark review yang menunjukan sensor nya sony paling top di kelasnya.

 

yang paling penting sebetulnya - mau ngapain kita punya kamera? nah dari situ baru ditentukan kamera apa yang cocok.

kamera kompak prosumer juga bisa memberikan hasil yang sangat bagus ditangan yang tahu ... tapi biar pakai medium format kalau nggak bisa pakai juga percuma

bahkan kamera2 HP juga bisa menghasilkan gambar luar biasa kalau tahu menggunakannya dan digunakan sesuai limitation nya

Share this post


Link to post
Share on other sites

om @tki ane fans-nya SONY loh om  :D

udah lebih dari 4 tahun pake DSLR SONY,

selama ane pake SONY, ane puas dengan kualitas yang SONY punya buat foto outdoor,

tapi tetep aja ada kalahnya sama merek-merek lain.

 

kalo boleh jujur mah ane penggemar semua merek kamera, karena menurut ane setiap kamera punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

karena yang terpenting tuh bukan alatnya, tapi orangnya.

istilahnya "Men Behind The Gun".

 

btw, boleh dishare tuh om hasil dari OM-D EM-5 nya,

penasaran ane  :D , kayaknya mantep tuh kamera ...

FF kan ya om ?.

Share this post


Link to post
Share on other sites

bener sekali   mr.insomniac, dan sangat setuju mengenai "somebody behind the gun" nggak cuma men - women juga

namun tidak dapat dipungkiri gun yang bagus akan sangat banyak membantu - utk itu mesti tahu kapasitas dan limitation gun nya.

 

saya juga sangat sependapat semua kamera yang di rilis dipasaran sangat bagus, salah satu mungkin unggul diaspek tertentu sedangkan yang lain unggul disisi yang lain.

Nah, Sony itu memang jagoan kalau masalah teknology sensor - apalagi di NEX series; itu bisa dilihat dari reportnya DXOmark - ini report ilimiah banget.

Cuma, untuk pilihan lens - Sony lebih terbatas - Nikon dan Canon jauh lebih banyak pilihan - mau yang mumer sampai yang super prime.

 

mengenai OM-D EM-5, itu buatan Olympus - dia nggak maen di FF tapi di m4/3 - crop factor 2. Sensor sedikit lebih kecil dari APS-C. Tapi Olympus paling jagoan kalau masalah electronic/digital; nah di kombinasi dengan sensor teknology Sony - itulah hasilnya OM-D.

Saya sendiri pakai E-M5 lebih banyak untuk underwater photography; hasilnya ada di album flicksr saya - ini trip terakhir beberapa waktu yang lalu http://www.flickr.com/photos/wisnupurwanto/sets/72157633134926650/show/

foto2 terakhir di album flickr saya kebanyakan pakai EM-5, EPL-1, XZ-1 atau yang lama pakai E-620.

Share this post


Link to post
Share on other sites

betul om @tki kita juga harus tau limit kamera kita, kadang pake lensa KIT juga hasilnya gak kalah dengan lensa yang harganya gak nahan.

 

yup, kalo soal sensor SONY emang jago, Nikon juga pake sensor dari SONY. nah tapi itu dia, aksesoris SONY masih susah ditemukan di pasaran baik yang 3rd party atau yang ORI sekalipun, malah yang ORI cenderung males belinya karena harga yang gak maen-maen. Keuntungan pake kamera mayoritas (Canon dan Nikon) itu ada di kemudahan saat mencari aksesoris atau lensa, minjem juga gampang karena lebih banyak yang pake.

 

oh, sensor OM-D EM-5 itu hasil kombinasi sama sensornya SONY, baru tau ane.

 

mantep semua om foto underwaternya, kontrasnya dapet, warnanya juga pas diliat di mata.

 

bener kan yang ane bilang, "Man Behind The Gun" di album om itu udah pro, jangan sampe keracunin dah  :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites

tumben rame nih, 

 

ane baru mau banget beli dslr, kebetulan ane pengen belajar fotografi, a newbie here. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

ih waw, kayanya pa @tki n bang @mr.insomniac udah jago-jago nih. 

nanti kalo aku ada trobel dan ga ngerti ini itu aku tanya2 ya. aku juga newbie nih. 

 

kalo harga kamera di dalam negeri dan luar negeri itu bedanya sampe berapa sih ? apa disini mahal karena pajak aja ? worth ga kalo kita titip salah seorang teman untuk membeli kamera di luar, misal di singapur ?

 

makasih.

Share this post


Link to post
Share on other sites

tumben rame nih, 

 

ane baru mau banget beli dslr, kebetulan ane pengen belajar fotografi, a newbie here. 

 

Boleh tahu kenapa kepengen DSLR - kenapa ngga compact prosumer atau EVIL/mirrorless ?

kamera compact prosumer yang lebih hebat dari DSLR entry level juga ada, bahkan yang FF juga ada.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Boleh tahu kenapa kepengen DSLR - kenapa ngga compact prosumer atau EVIL/mirrorless ?

kamera compact prosumer yang lebih hebat dari DSLR entry level juga ada, bahkan yang FF juga ada.

 

 terus terang ane sma sekali ga ngerti perbedaan kamera yang om sebutkan. mungkin sehabis ini ane akan cari tahu bedanya apa.

Share this post


Link to post
Share on other sites

gara" gk ngikutin perkembangan teknologi dikamera udah agak bingung banyak banget versinya.
klo saya sih tetep setia ama nikon d60 (padahal gk ada duit buat upgrade gear :terharu ) tapi belajar gunain kamera dari analog alias film di kamera canon A-1.

Share this post


Link to post
Share on other sites

aduhhh..meski saya ngga ngerti fotografi, tapi ngiler juga liat D800, tp kok harganya selangiiittt...denger2 Nikon itu rajanya camera ya?

 

tapi kalo untuk jenis digital yang terbaik yang mana ya?

Share this post


Link to post
Share on other sites

aduhhh..meski saya ngga ngerti fotografi, tapi ngiler juga liat D800, tp kok harganya selangiiittt...denger2 Nikon itu rajanya camera ya?

 

tapi kalo untuk jenis digital yang terbaik yang mana ya?

klo untuk raja kamera tergantung fanatik yg punya kamera. klo yg fanatik sama nikon pasti bilang nikon yg paling bagus, begitu juga yg fanatik sama merk lain kayak canon,sony, fuji, olympus pasti mereka bakal membanggakan merk yang dipakai.

Share this post


Link to post
Share on other sites

klo untuk raja kamera tergantung fanatik yg punya kamera. klo yg fanatik sama nikon pasti bilang nikon yg paling bagus, begitu juga yg fanatik sama merk lain kayak canon,sony, fuji, olympus pasti mereka bakal membanggakan merk yang dipakai.

 

ada yang jual kaga kamera second harga bersahabat ? d40 deuh

Share this post


Link to post
Share on other sites

Saya jadi inget temen saya dulu. Dia tanya saya kamera Nikon paling top - waktu itu flagship nya adalah D3, karena punya duit langsung aja dia beli berikut beberapa lensa; puluhan juta habisnya.

dia rajin banget jeprat-jepret sana-sini dan ikut berbagai hunting; tapi cuma 2-3 bulan saja; setelah itu kamera mahal tsb. cuma ngendon di drybox.

Kemana-mana sekarang dia cuma bawa kamera compact prosumer atau bahkan malah pakai handphonenya.

Saya tanya kenapa, jawabnya:  males bawa D3 karena gede, berat, dan repot ngatur menunya ..

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah kurang paham sih mbak masalah kamera...

yang penting aku ikutan masuk kamera aja alias di foto hehehhehe :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah kurang paham sih mbak masalah kamera...

yang penting aku ikutan masuk kamera aja alias di foto hehehhehe :P

 

aku sih sukanya gitu , tapi karena ikut2an temen, jadi aku pengen tahu aja seni fotografi itu , sebenernya kenapa sih orang bisa tertarik untuk fotografi ?

Share this post


Link to post
Share on other sites

aku sih sukanya gitu , tapi karena ikut2an temen, jadi aku pengen tahu aja seni fotografi itu , sebenernya kenapa sih orang bisa tertarik untuk fotografi ?

yah mungkin ada hubungannya sama jaman narsis sekarang ini kali ya mbak.. banyak juga koq temen2 aku yang 'sok' jadi fotografer dadakan, yang penting bermodalkan kamera DSLR aja..

tapi semakin kesini, dengan berjalannya waktu keliatan juga deh fotografer yang asli sama yang ikut2an :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Saya jadi inget temen saya dulu. Dia tanya saya kamera Nikon paling top - waktu itu flagship nya adalah D3, karena punya duit langsung aja dia beli berikut beberapa lensa; puluhan juta habisnya.

dia rajin banget jeprat-jepret sana-sini dan ikut berbagai hunting; tapi cuma 2-3 bulan saja; setelah itu kamera mahal tsb. cuma ngendon di drybox.

Kemana-mana sekarang dia cuma bawa kamera compact prosumer atau bahkan malah pakai handphonenya.

Saya tanya kenapa, jawabnya:  males bawa D3 karena gede, berat, dan repot ngatur menunya ..

 

tapi bener sih om, ini saya juga ragu2 mau beli tuh. awalnya motivasi saya itu karena lihat temen punya slr, saya jadi berpikir untuk beli padahal saya sama sekali ga suka foto2. tapi, ketika lihat foto2 dari NGC dan majalah2 luar, kayanya ada keasikan tersendiri. makanya saya kekeuh pengen nyoba.

 

Yang pasti sih, kalo beli pun saya pasti beli yang mudah dimengerti dulu, murah ,  dan second ( kalo ternyata saya bosen, saya jual gampang om) :ngeledek

Share this post


Link to post
Share on other sites

iya nih lama2 dslr jd ga menarik

gw sekarang pake d7000 plus fish eye, murni buat jalan2

sisanya bersarang di tas nya

harian pake kamera HTC one, udah lebih dari cukup rasanya

 

pengen rasanya jual dslr trus beli pocket cam kaya x100s

tapi harganya masi mahal (11jutaan di http://www.pricepanda.co.id/cameras/kamera-digital/)

plus ga bisa ganti lens

 

ada tuh pocket yg pake sensor full frame

cuma harganya busyeetttt 20an juta

 

jadi mungkin 2-3 tahun kedepan masi pake dslr

abis itu mungkin mulai beralih ke yang lebih kecil

(faktor usia juga males bawa berat2 hahaha)

Jalan2 likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

Terus terang saya nggak ngelihat alasan yang kuat untuk pemakai umum utk beli X100s ataupun RX1 yang FF - keduanya adalah kamera dengan single fixed lens. 

Mendingan kamera prosumer seperti RX100, XZ-2, S110, IQ cukup bagus di kelasnya, harga reasonable, ukuran kompak.

 

Tapi kalau memang mau cari kamera yang interchangable lens dan ukuran kecil, maka silahkan ngelirik kamera m4/3 atau mirrorless

Saya sendiri pakai Oly XZ-1, EPL-1, dan OMD - yang merupakan the best camera 2012 versi DPreview.

Share this post


Link to post
Share on other sites

aku setuju dengan pendapat mas @tki , saat kita mutusin beli kamera tentuin dlu di gunain untuk apa ? kalo dah pasti tujuannya untuk apa bru beli. takutnya karena tanpa pertimbangan kaya gitu camera yang lbh khusus untuk di bawah laut dibeli hanya ntuk foto-foto jalan raya :)

 

ada bbrpa temen-temen (yg pnya camera DSLR) yang liat hasil foto" ku mereka nanya pake kamera DSLR yang mana?? padahal foto yang aku ambil tu make camera handphoone SONY q..

 

ini bbrpa contoh foto-fotonya

548872_3999544943107_947055485_n.jpg

 

270491_3948586629181_318011665_n.jpg

 

64511_3948620110018_2141902012_n.jpg

 

548400_3948593669357_880629196_n.jpg

 

396250_3948610869787_1121373117_n.jpg

 

 

317710_2055184215304_695167367_n.jpg

 

317710_2055184255305_954269195_n.jpg

 

389500_2180904918243_1885462392_n.jpg

 

skrng ni camera dah bergeser maksud penggunaannya. seperti handphonne  yang gunanya, dulu utk komunikasi tp skrg dah bsa menjadi barometer penilaian status sosial seseorang... makanya ada bbrpa (g semua)org yang berlomba" pengen punya kamera DSLR untuk di biilang ngiktin trend .

 

baru bbrpa hari lalu , ad spupu q minta di beliin camera DSLR , pas di tanya untuk apa ? jawabnya santai aja " kitaa ada tugas dr kampus, turun ke daerah selama sehari untuk ngikut dan ngedata balita-balita yng posyandu " trus aku nanya lagi . lah trus camer DSLR nya di pake untuk fotoin apa? " yaaaa untuk foto balita yang ditimbang " hhahahahaha......

 

waktunyA kita bedain mana kebutuhan dan mana yang hanya sekedar keinginan. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

karena masih pemula, jadi masih pake camera buat pemula juga, canon 550D + remote ... jadi bisa foto narsis sepuasnya, xixixixi :)

 

430011_10200545911883486_1817731704_n.jp

 

545884_10200329770880096_993466561_n.jpg

 

971855_10200604661392187_1662654586_n.jp

 

536896_10200329777600264_646749153_n.jpg

 

10141_10200287137934299_885073828_n.jpg

 

734476_10200272729294092_595770927_n.jpg

 

72115_10200334761164850_863574318_n.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Menurut saya merk kamera DSLR terbaik yaitu antara Canon dan Nikon, meskipun bersaing tapi keduanya masih yang terbaik setidaknya sampai saat ini

Share this post


Link to post
Share on other sites

@tki

Mas, tanya dunks.

Olympus pocket yg seri UW, itu sering banget bocor kalau dipake nyebur. Harus pake casing ya? Aku lagi seneng aja lihat hasil foto2 bawah laut dan pengen motret juga tapi ga mau pake kamera yg guede.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now

  • Similar Content

    • Yuk~ Maen (Fpl) Bareng.. Fantasi "liga Inggris" (Premier League)
      By kyosash
      NOTE : Saya akan Update terus setiap Gameweeknya + Hal2 yang mesti diperhatikan (etc : 1 tim ada 2 kali tanding, tim yang tidak tanding) 

      Berhubung komunitas sepakbola disini lumayan banyak,
      saya mau mencoba memperkenalkan, game yang satu ini yaitu
       Fantasy Premier League  ☜ (klik disini), berharap kita dapat lebih akrab/kenal lewat permainan ini.
      Yang pastinya Anda hanya cukup meluangkan waktu minimal 5 menit saja per Gameweeknya (Biasanya per Minggu), sudah bisa mengikuti game ini secara Rutin 
      Dan ada Hadiahnya juga dari situs Premier league ini untuk (First Prize, Monthly Prize, dll)
       
      Mungkin sebagian besar udah banyak yang tahu, tapi saya ingin coba menjelaskan untuk yang belum tahu.
      Game ini hasil/poin2-nya berdasarkan dari pertandingan/Match (Premier League) sesungguhnya (Goals, Assists, Clean Sheet, Man of the match, dll)
       
      Awal2 kita diberikan Â£100 million untuk membentuk Team (2 Goalkeepers, 5 Defenders, 5 Midfielders & 3 Forwards)
       

      Jadi anda harus mengisi 15 posisi ini. dan yang pasti itu tidak akan cukup jika di-isi dengan pemain mahal2 semua
      Dan disinilah tantangan Anda sebenarnya, meramu sebuah Team untuk bisa meraih poin sebanyak2nya,
      Dan juga mengatur Strategi, salah satunya mendapatkan uang lebih didalam Jual-Beli Pemain "Transfers"
      Sedikit penjelasan Untuk gambar yang tertera diatas
      1.  Free Transfer : Setiap minggu-nya Anda akan mendapatkan 1 Free Transfer, (maksimal 2) (untuk detailnya lihat disini  Rules  )
      2.  Cost : Jikalau Jumlah transfer pemain anda melebihi 'Free Transfer' , maka akan dikenakan pengurangan Poin (-4 per pemain yang akan ditransfer)
      3.  Bank : Simpanan Uang anda yang belum Terpakai
       
      Berikut Ini Daftar poin2-nya  (berhubung lagi males translate, saya copas aja  )
       
      For playing up to 60 minutes 1For playing 60 minutes or more 2For each goal scored by a goalkeeper or defender 6For each goal scored by a midfielder 5For each goal scored by a forward 4For each goal assist 3For a clean sheet by a goalkeeper or defender 4For a clean sheet by a midfielder 1For every 3 shot saves by a goalkeeper 1For each penalty save 5For each penalty miss -2Bonus points for the best players in a match 1-3For every 2 goals conceded by a goalkeeper or defender -1For each yellow card -1For each red card -3For each own goal -2 
       
      Panduan Untuk Join League-nya
      Begitu Anda sudah Create Team, Anda klik menu "Create and Join Leagues"
       

       
       
      Lalu muncul tampilan seperti ini
       

       
       
       
      Klik "Join League" lalu akan muncul menu seperti ini
       

       
       
       
      Lalu Pilih "Private league"
       

       
      Dan masuk-kan Code untuk Join di Jalan2 League yaitu 85947-24552
       
       
      OK, Langsung dicoba saja....saya tunggu kehadiran dan partisipasi Anda 
       
      untuk Classic League
      CODE Jalan2 League :  85947-24552
       
      Untuk penjelasan detailnya anda bisa langsung lihat disini aja  Rules 
       
       
      NOTE : 
      - berhubung penjelasan-nya terlalu banyak, saya akan menjelaskan lewat/dari pertanyaan2 yang diajukan (seiring waktu   )
    • Tips & Trick Hunting Tiket Promo Pesawat Murah
      By deffa
      Halo Momod Here !!!
       
      Kali ini saya mau share trick saya dalam hunting tiket promo
      oia FYI saya bukan Backpackeran atau Traveler Koper, namun saya lebih milih traveler by promo yaitu Berangkat berdasarkan sedapat nya tiket promo dari maskapai tertentu. Dan 80 % perjalanan saya berdasarkan tiket promo, jadi gak ada Fixed Plans.
       
      Back to topic ini beberapa tips saya dalam hunting tiket promo khususnya ke Luar Negri :
       
      01. Join mailing list / register member maskapai tertentu. Karena tiap maskapai pasti akan mengirmkan notifikasi email jika sedang ada program Promo. Contoh kasus AIr Asia dan Tiger Airways berikut

       
      02. Ikuti Social Media tiap2 maskapai yang sering kasih promo, seperti Twitter / Fan Page FB
       
      03. Nah yang ini yg biasa nya saya lakukan kalo hunting tiket promo untuk beberapa negara yaitu Cek Promo Maskapai per Regional masing2. Maksudnya seperti Air Asia dan Tiger Airways mereka punya Region Base masing2 seperti di Indonesia Malaysia Thailand Singapore dll. Nah tiap Region itu biasanya masing2 punya program promo yang berbeda baik dari waktu dan harga nya.
      Misalkan Air Asia 13 feb Jakarta - Kuala Lumpur itu masuk region Indonesia Harga Promo 66 ribu. Nah kalo kita mau lanjut Kuala Lumpur - Bangkok jika kita cek dari AirAsia region Indonesia langsung akan dikenakan sistem promo region Indonesia, nah jika pada tanggal 15 tersebut tidak ada promo dari Region Indonesia maka dikenakan harga reguler. Lain hal nya jika kita pindah ke Region Malaysia, dan kebetulan Kuala Lumpur - Bangkok sedang ada promo 200 ribu nah jadi kita dapet tuh promo nya. 
      Nah cara untuk pidah region itu gampang, ini cuma berhubungan dengan Change Language. Hal ini berlaku juga untuk maskapai2 yang mempunya Base di tiap negara seperti Tiger Airways, Cebu Pasific Air dll. Tinggal cari aja tempat ganti Bahasa nya
       

       
       
      04. Beberapa tips di atas bisa di pergunakan untuk penerbangan Lokal kecuali yang no. 3
       
      05. Kalo ada keluhan "udah cobain triks diatas tapi tetep gak dapet" Nah perlu diketahui kalo tiket promo itu gak banyak ya
            biasanya untuk satu tanggal dan satu jam keberangkatan itu cuma disediakan 1 / 2 tiket saja. Jadi ya emang harus rebutan dan      
            cepet2an. Ketika email promo masuk langsung aja hunting.  
       
      Selain tips di atas ini beberapa tips lain nya yang bisa di coba ya :

       
    • # Now Listening ♫ ♩ ♪ Lagi dengar lagu apaan sih kamu ♬ ♭ ?
      By kyosash
      Saya yakin sebagian besar member2 disini suka sama Music
       
      dan penasaran lagu2 apa sih yang kalian dengar sekarang ?
       
      klo saya sih sekarang lagi suka dengar lagu2 yang nyantai / enak didengar,
      seperti....
       
      Simple Plan - Summer Paradise (feat. Taka from ONE OK ROCK)
      MiChi - STARTING OVER
      The Beatles - Hey Jude
       
       
      How about you? kalau kamu lagi dengar lagu apa?
    • Sejuta Kenangan Di Balik Lagu-Lagu Hits Indonesia 90-An
      By kembali
      Mukadimah:
      Hai sobat gempita, kalian yang menapaki zaman 90-an tentu tau betapa megahnya musik indonesia saat itu.
      Lirik-liriknya pun dikemas dengan gaya bahasa yang puitis dan menggugah.
      Nah sobat, tentu diantara sekian banyak lagu yang nge-hits tahun 90-an, pasti ada kenangan yang tersimpan di balik nya. Yuk kita ingat-ingat kembali kenangan itu.

      berikut ini beberapa band yang aku masukin list favorit aku. Jika kalian mau nambahin, silahkan. jgn lupa cerita di balik lagu nya ^^

      Shaden - dunia belum berakhir

      tau dong ya lagu ini.. putus cinta? ditinggalin pacar? lagu ini pas deh.
       
      Wayang - Dongeng

      lagu ini yg buat aku pgen jd drummer, sayang ga kesampean. haha
      Air - Bintang

      Asik mah ini lagu..
      Base Jam - Bukan Pujangga

      base jam? lagu wajib lah ya, semua org tahun 90-an pasti tau.
      Ada Band - Manusi Bodoh


      yap, ada band menjadi salah satu band dengan musik dan lirik2 yg sangat mewakili isi hati remaja kala itu. Pun demikian dgn aku, lagu-lagu ada band ini seakan menjadi soundtrack percintaan kala duduk di bangku sekolah. haha cinta monyet! Tipe-X - Salam Rindu


      Band ska yg booming bgt dulu... aku sendiri punya beberapa kasetnya. Boomerang - pelangi

      Klo ini mah tiap anak band pasti tau, karena tiap ada festival, lagu pilihan wajibnya ya ini. ya ga?
      Java jive - gerangan cinta


      Lagu ini selalu diputer bokap klo lagi nyante sama nyokap. cie cie bokap. Fatur & Nadila - kulakukan semua untukmu

      kebangkitan lagu pop non band nih.
      Nugie - Pelukis Malam

      dulu sering ngayal malem2, sambil nyanyi lagu ini. berasa setampan nugie
      Tere - Mengapa Ini Yang Terjadi


      tiada yg salah dgn perbedaan, yg salah hanya sudut pandang kita yg membuat kita terpisah! liriknya makjleb.
      yg pernah pacaran pasti pernah mengalami perbedaan. KLA Project - Yogyakarta

      berhubung br dtg dr jogja, klop lah sama lagu ini.
       
      Iwa K - Bebas

      pelopor rap di indo ni, om IWA K. salut
      NEO - Borju


      do mi kado, yeah, jgn ngaku anak gaol 90-an klo ga tau lagu ini. haha MELLY GOESLOW & ARI LASSO - JIKA

      duet terdahsyat kala itu. aku punya kaset bajakannya lho. haha malah bangga.
      THE FLY - TERBANG

      zaman si b'jah msi beken..
       
      Laluna - selepas kau pergi

      ini mah lagu wajib abege kala itu
       
       
      Jikustik - Pandangi Langit Malam Ini

      siapa yg namanya putri disini?
       
      Padi - mahadewi

      Band berkualitas yg ga mau tampil lipsync di TV. Suaranya om fadli pun dahsyat bgt.
       
       
      Jamrud - Pelangi di Matamu

      lelaki non playboy mesti pernah ngalamin fase ini "yg tak berkutik di depan mu"
       
       
      Dewa 19 - Kangen

      Pasti tau dong lagu ini, masi ari lasso vokalisnya..
      "Semua kata rindumu semakin membuatku tak berdaya"
      yah, jd kangen deh..sm mantan., eh..
      Slank - Virus


      Legend! lah ya ini band. ga ada matinya.  
      Sheila On 7 - Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki

      lagu ini yang paling saya suka, liriknya dalem bgt.
      anugrah terindah yg masih kumiliki? ya IBU! 

      Yap yap, band favorit saya kala itu adalah, Sheila on 7. Tahun 90-an band ini merajai tangga lagu indo, (selain band rock semacam slank, dewa 19, dll). Beragam penghargaan pun disabet band satu ini. Sepertinya tak banyak band zmn krg yg bisa menyamai prestasi band ini. Kalian ntn MTV kala itu? Pasti ada sheila on 7. Band ini ga neko-neko, minim pemberitaan negatif, dan jauh dari kata glamor, mereka mampu mendobrak industri musik kala itu yg didominasi band-band ibukota.
       
      klo kalian, lagu favoritnya apa? Pasti ada kisahnya di baliknya.. huhu ^^
      cc geng rempong:
      @deffa
      @LastBreath
      @non_sarii
    • Seputaran Sempu....
      By yayan
      PANDUAN MENUJU CAGAR ALAM PULAU SEMPU. 
      silahkan buat teman, share-share info ato mau tanya2 akan saia usahakan update dan saia bantu jawab sebisa dan setahu saia. 
       
      saia sedikit jabarkan dari sendang biru menuju pulau sempu..
       
      Untuk ke Segoro Anak di  P. Sempu bisa melalui :
       
      Pada umumnya dalam menjelajah ke Pulau Sempu bisa melewati 2 jalur, yakni
       
      • Jalur timur diperuntukkan bagi para PEMIKAT ALAM (hanya diMusim KEMARAU) yang menyukai tantangan dan berniat untuk memutari area Pulau Sempu. Setidaknya ada 4 medan yang akan kita temui bila melewati jalur ini, yakni susur hutan, susur rawa, naik tebing, dan susur pantai. Jalur timur melewati Pantai Waru-Waru – Telaga Lele – Telaga Sat – Pantai Kura-Kura – Pantai Pasir Panjang – Pantai Kembar 1 – Pantai Kembar 2 – Segara Anakan – Teluk Semut.
      -->start dari Pantai Waru-waru, pantai indah dengan ciri-ciri ada batang pobon yang menjorok ke pantai menuju Telaga Lele. Jalan setapak yang dulunya masih mudah sekarang telah tertutup pohon tumbang. Potong kompas  dan terabas hutan  dilakukan untuk melewati medan ini. Dan untuk melewati medan ini, pastikan menggunakan baju lapangan lengkap dari atas sampai bawah (tutup kepala, slayer, kaos lengan panjang, kaos tangan, celana panjang, sepatu). Kurang lebih 2,5 jam perjalanan akan sampai di Telaga Lele. Telaga yang konon bila kita memancing disana, ikannya harus dimakan disana, dan tidak boleh dibawa pulang. Perjalanan dilanjutkan menuju Telaga Sat. Cukup mudah, cukup cepat dan cukup mengerikan karena melalui hutan dengan vegetasi rapat. Kurang lebih 1 jam untuk sampai di Telaga Sat. Telaga Sat merupakan telaga yang airnya tinggi saat musim penghujan (kira-kira air se-dada orang dewasa) dan surut saat kemarau. Hati-hati bila musim hujan, karena jalan setapak dipinggir danau tertutup air. Susur rawa merupakan medan antara Telaga Sat dan Pantai Kura-kura. Trip 1 berakhir indah ketika terlihat pantai dengan karang berbentuk mirip kura-kura. Melepas penat setelah seharian menebas hutan belantara.
      *Saran saja, bila berniat beristirahat disana, ada sebuah tebing yang berbentuk gua, bisa untuk membangun tenda, terlindung dari badai, hujan, dan angin.
       
       
      • Trip 2 (Pantai Kura-Kura – Pantai “*ch*†- Pantai Pasir Panjang – Pantai Kembar 1 – Pantai Kembar 2 – Segara Anakan)
      Start dari Pantai Kura-Kura kami harus trecking naik tebing dan turun tebing. Disini tali webbing sangat berguna. Konsentrasi dan kerjasama tim diperlukan untuk melewati medan ini. Bersusah payah melewati tebing kami disuguhi pantai yang cantik tetapi di peta belum ada namanya. Melewati satu bukit, disana terlihat hamparan pasir yang sangat terbentang memanjang. Di daerah ini juga terdapat mata air yang bila kita “beruntung†akan bertemu macan tutul disana (saya hanya ketemu jejak penyu hijau diatas pasir). Istirahat dan menambah persediaan air dapat dilakukan di pantai ini, ada sumber air tanah di dekat tebing karang sedikit masuk ke arah hutan. Susur pantai dimulai dari sini melewati Pantai Kembar 1 dan pantai Kembar 2 kemudian naik melewati bukit. Dari atas bukit terlihat dari jauh genangan air tenang berwarna hijau yang sangat indah itulah Segoro Anak yg ramai dikunjungi sebagai hotspot di pulau sempu
       
      • Jalur barat diperuntukkan bagi para “wisatawan†yang ingin menikmati keindahan segara anakan. Jalur ini relatif sudah nyaman untuk dilalui, karena jalur ini seperti buatan manusia yang sudah sering dilewati. Jalur barat melwati Teluk Semut – Segara Anakan – Teluk Semut.
       
       
      Rasanya kurang afdol saya hanya menyajikan seputaran SEMPU.... tanpa menjelaskan bagaimana akses menuju kesana,
       
      Cara Menuju Sempu dari Malang

      Menuju Pulau Sempu menggunakan transportasi umum sebenarnya sangat mudah. Namun yang menjadi persoalan adalah waktu. Akan banyak membuang waktu bila menggunakan angkutan umum, mengingat angkutan umum selalu ngetem atau menunggu penumpang penuh tanpa batas waktu, bahkan harus menunggu dua jam…
      Oleh karena itu, bila memang berniat menggunakan angkutan umum, usahakan berangkat pagi-pagi.

      1.Bila menggunakan kereta matarmaja, silahkan turun di stasiun Kota Baru Malang. 
      Lalu keluarlah dari stasiun dan mencari angkot dengan kode yang memiliki huruf AG jurusan Arjosari-Gadang.
      Bila menggunakan bus turun di terminal Arjosari lanjut ke terminal gadang. Baca juga Terminal Malang

      2.Dari terminal gadang, cari colt L-300/bison jurusan Turen. Mudah sekali mendapatkannya. Begitu turun di Gadang akan banyak yang menawari kita angkutan menuju Turen.
      3.Di turen, ambil angkot jurusan ke Pantai sendang biru(warna biru telor asin). Di sinilah biasanya titik terlama menunggu penumpang. Namun, klo beruntung kalian menemukan angkot yang sudah penuh, bisa langsung jalan.

      4.Begitu sampai pantai sendang Biru, kita segera menuju ke bagian pengelola buwat mengurus surat izin. Dengan membayar ijin masuk

      5.Selanjutnya segera mencari perahu tuk menyeberang ke Pulau sempu yang sudah ada di depan mata dari tempat bagian perizinan. Rata-rata perahu menerapkan tarif PP Rp 100.000,00/kapal. Bayar di muka, lalu kita minta nomor handphone pemilik perahu (lihat saja di tiang perahunyanya, ada no perahunya). Kita bisa janjian jam berapa akan di jemput kembali. Bila terlambat, kita bisa memberi tahu lewat HP. Oh iya, kapasitas kapal muat tuk sekitar 10 - 12 orang tergantung besar kecilnya orang dan bnyak sedikitnya bawaan… perjalanan menyeberang ke pulau sempu hanya menghabiskan waktu sekitar 10-15 menit. Walaupun begitu, jangan senang dulu karena perjalanan sebenarnya baru akan di mulai setelah melalui pantai sendang biru, yaitu trekking….

      Saran:
      1.Saya sarankan bila ke Pulau sempu datang secara berkelompok. Selain lebih menyenangkan, juga kan ramah di kantong dan tidak menghabiskan banyak waktu, contoh: angkot Turen-Sendang biru, kita bisa charter sehingga tidak ngetem terlalu lama. Demikian juga tuk perahu, dengan berkelompok, kita tinggal cost sharing Rp. 100.000,00 dengan teman 1 kapal lainnya.

      2.Pantai sendang biru adalah titik terakhir menemukan air tawar. Di pulau sempu, kita tak kan menemukan air tawar sehingga harus membawa bekal air tawar. Tidak cukup satu botol, tetapi lebih dari itu, karena perjalanan yang cukup berat dan akan banyak menguras tenaga (ini penilaian subyektif saya tentang trekking ke pulau sempu)
      ---yang bawa kendaraan pribadi (kuda besi maupun gerobak besi) bisa dititipkan pada pos ataupun rumah warga, lebih kurang 500m dibelakang pos perijinan kampung. darisini bisa belanja u/ melengkapi jika memang berencana menginap disempu. Sendang Biru juga terdapat pusat pelelangan dan pasar ikan

      3.Sarapan lah sebelum melakukan perjalanan ni. Jangan meremehkan kondisi rute di sempu karena ni akan benar-benar di luar dugaan. Apalagi bagi teman yang awam dengan petualangan alam dan trekking. Klo musim kemarau, jalurnya tidah terlalu sulit karena jalan tidak berlumpur. Tapi bila sedang musim hujan, bersiap2lah bertarung dengan jebakan lumpur yang lumayan menguras tenaga buwat melangkah. Sekali lagi trekking ke sempu itu penilaian subyektif.

      4.Bila teman berniat tidak menginap (camping) dan berniat tuk pulang sore hari, maka siap siap bawa bekal minimal lampu senter. Antisipasi bila temans kemalaman di dalam hutan menuju ke pantai sendang biru.

      5.Bila dalam rombongan tidak ada orang yang pernah ke sempu sebelumnya, di sarankan tuk menyewa penunjuk jalan yang biasanya di tawarkan di bagian perizinan (biasanya warga sekitar) dengan tariff sekitar Rp. 100.000,00

      6.Pakailah sandal gunung / sepatu trekking ato bisa nyewa sepatu karet di Sendang biru. Sandal jepit dapat di pastikan akan mudah putus dan licin sehingga mudah melukai kaki sendiri

      7.Perhatikan tanda2 bahaya di pantai itu. Ada bendera2 berwarna merah yang bergambar tengkorak yang artinya sangat berbahaya. Patuhi peraturan disana. Karena ombak dan karang di pantai ni sangat kuat. Jangan demi mo narsis dan mencari spot terbaik tuk foto mengidahkan bahaya2 yang sudah di larang…(kayae sekarang dh ga ada)

      FAKTA :

      1.pantai segara anakan di pulau sempu mang sudah tidak bersih lagi. Banyak sampah2 botol, yang berserakan di pinggir pantainya. Ketika mencoba tuk berenang dan snorkeling di pantainya, saya harus berenang bersama ganggang2 yang mengambang, plastik bekas minuman, dan genangan minyak yg mungkin di peroleh dari tumpahan minyak dari kapal tongkang di lepas pantai samudra Indonesia yg masuk ke dalam lubang karang segara anakan. Sangat di sayangkan kawans, karena ulah pengunjung ato bahkan sebenernya adalah tanpa sadar kita sendiri yang membuat menjadi kotor.

      2.Karena sedikit kecewa dengan kondisi pantainya, maka ku coba tuk naik ke atas tebing tuk eksplore karang2 di pantai ni. Dan alhasil mang karang2 di sana sangat indah. Tajam seh lumayan sedikit membuat luka di kaki

      3.Suhu di segoro anakan awalnya mang tidak dingin sama sekali, tapi menjelang subuh semakin dingin namun tetap dalam hitungan tidak dingin menurutku. Jadi cukuplah membawa sleeping bag bila ingin tidur di luar tenda, atau bila di dalam tenda cukuplah matras dan kain pantai

      4.Bila pasang tenda, perhatikan garis pantai. Soalnya ketika malam hari, pasang air laut bisa sapai luber sepuluh meter dari bibir pantai. Daripada mengungsi tengah malam karena banjir, maka pada saat pasang tenda di lihat aja dan perkirakan tenda yg kita pasang posisinya sudah aman.

      salam jalan2, jangan kalah dengan anak saia yo !
       
      last edited in; 14/11/14