Sign in to follow this  
petualang sejati

Penangkaran Buaya Balikpapan

20 posts in this topic

Hai Travellers

saya mau sharing pengalaman liburan saya di Balikpapan kemarin pas lebaran :)

setelah 7 tahun gak ke Balikpapan, akhirnya bulan agustus kemarin saya kembali lagi ke balikpapan yang dijuluki Oil City

langsung aja, salah satu tempat wisata yang saya dan keluarga kunjungi yaitu, penangkaran buaya di teritip :D

jaraknya kalo kita menggunakan mobil sekitar 30-45 menit dari pusat kota balikpapan

masuk ke penangkaran buaya ini kita melakukan pembayaran retribusi 2 kali (cukup aneh dan membuat tidak nyaman bagi saya)

yang pertama, kita bayar biaya kendaraan, trus +- 100m setelahnya kita bayar lagi utk retribusi per kepala

yang saya inget per kepala 15rb

masuk di dalam kita langsung aja disambut oleh penjual sate buaya, kerjainan dari kulit buaya, dll - yang pasti berkaitan dengan buaya dooonnnkkk...... :D

disitu kita bisa melihat buaya yang dari ukuran paling kecil (bisa diajak poto2, karena moncong mulutnya di iket :D jadi berani :rolleyes: ) sampai aligator-aligator besar yang bisa mencapai 5meterrrrrrrrrrrr

(Kenapa?? Trus harus bilang wow gituuuuuu??????? :P )

kurang lebih 1.5jam kami dsana, akhirnya kami terpaksa pulang, karena turun hujan yang deras.... hehehhehe

bagi teman2 yang akan keBalikpapan, saya sarankan ke tempat ini yaaaaaaaa.. hehehehehe :lol:

(Btw, potonya narsis dikit Boleh kannnn..... biar keliatan berani sama Buaya :P )

post-10-0-81977100-1348645222_thumb.jpg

post-10-0-15663200-1348645320_thumb.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Hai Travellers

saya mau sharing pengalaman liburan saya di Balikpapan kemarin pas lebaran :)

setelah 7 tahun gak ke Balikpapan, akhirnya bulan agustus kemarin saya kembali lagi ke balikpapan yang dijuluki Oil City

langsung aja, salah satu tempat wisata yang saya dan keluarga kunjungi yaitu, penangkaran buaya di teritip :D

jaraknya kalo kita menggunakan mobil sekitar 30-45 menit dari pusat kota balikpapan

masuk ke penangkaran buaya ini kita melakukan pembayaran retribusi 2 kali (cukup aneh dan membuat tidak nyaman bagi saya)

yang pertama, kita bayar biaya kendaraan, trus +- 100m setelahnya kita bayar lagi utk retribusi per kepala

yang saya inget per kepala 15rb

masuk di dalam kita langsung aja disambut oleh penjual sate buaya, kerjainan dari kulit buaya, dll - yang pasti berkaitan dengan buaya dooonnnkkk...... :D

disitu kita bisa melihat buaya yang dari ukuran paling kecil (bisa diajak poto2, karena moncong mulutnya di iket :D jadi berani :rolleyes: ) sampai aligator-aligator besar yang bisa mencapai 5meterrrrrrrrrrrr

(Kenapa?? Trus harus bilang wow gituuuuuu??????? :P )

kurang lebih 1.5jam kami dsana, akhirnya kami terpaksa pulang, karena turun hujan yang deras.... hehehhehe

bagi teman2 yang akan keBalikpapan, saya sarankan ke tempat ini yaaaaaaaa.. hehehehehe :lol:

(Btw, potonya narsis dikit Boleh kannnn..... biar keliatan berani sama Buaya :P )

gud info bro btw di balikpapan ada t4 wisata apa aja bisa d info kan ke teman2 traveller disini :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

gud info bro btw di balikpapan ada t4 wisata apa aja bisa d info kan ke teman2 traveller disini :D

ya, masi ada beberapa broo...

seperti Pantai Manggar, pantai lamaru, bukit bangkirai dan berberapa tempat peninggalan2 sejarah seperti tugu australia, gua jepang, dll

mungkin ntar ada tambahan lagi dr travellers-travellers dbawah :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wih keren infonya bro..jadi inget dulu pernah juga ke penangkaran buaya tapi di daerah Subang namanya Blanakan, di kecamatan Blanakan. Kayaknya tempatnya ga jauh beda kayak di Teritip itu sih, tapi ini ga ada sate buayanya hehehe....kl di blanakan itu kita diajarin buat memelihara buaya alias kasih makan buaya pakai bebek hidup..hiiiiiiii :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

gud info bro btw di balikpapan ada t4 wisata apa aja bisa d info kan ke teman2 traveller disini :D

wisata komplek Pertamin Balikpapan aja Bung.... soalnya rumah-rumahnya bagus, kompleknya bersih dan ada beberapa masih ada rumah peninggalan jaman belanda dulu :D

soalnya yang saya tau, pemeliharaanya rutin ^_^

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah keren ya fotonyaa.. gaa tau deh aku berani atau gak kalo disuruh megang buaya. hahaha

emang kalo sate buayanya gimana brad? Rasanya se serem buayanya gak?

kalo aku sih yg udah pernah liat daging biawak, mungkin gak jauh beda kali ya..

gak pernah ngerasain sihhh, bgmn coba? mau makan buaya ddepan kita viewnya buaya hidup mondar mandir :D

Wih keren infonya bro..jadi inget dulu pernah juga ke penangkaran buaya tapi di daerah Subang namanya Blanakan, di kecamatan Blanakan. Kayaknya tempatnya ga jauh beda kayak di Teritip itu sih, tapi ini ga ada sate buayanya hehehe....kl di blanakan itu kita diajarin buat memelihara buaya alias kasih makan buaya pakai bebek hidup..hiiiiiiii

di teritip sih juga ada yang bisa ngasi makan buayanya sis, tapi harus bayar :D . mending buat kita makan daging buayanya... wkwkwkwkwkwk :rolleyes: :rolleyes:

Share this post


Link to post
Share on other sites

nih saya bilang WOW :lol:

Apa rasanya ya megang buaya..

Btw itu sate buaya bener-bener dari daging buaya ya? berarti emang ada yang khusus dipelihara buat diambil dagingnya gitu? Nggak kebayang :blink:

Share this post


Link to post
Share on other sites

nih saya bilang WOW :lol:

Apa rasanya ya megang buaya..

Btw itu sate buaya bener-bener dari daging buaya ya? berarti emang ada yang khusus dipelihara buat diambil dagingnya gitu? Nggak kebayang :blink:

rasanya geli-geli keras gt mbak... ya tapi kalo menurutku, mending pegang Buaya, drpd Ular...... hiiiiiiiiiiii :blink: :blink:

Yupppp, daging buaya beneran lahhhhh... masa daging ayam yang semasa hidupnya si ayam bernama "buaya" :P

kalo masalah dipelihara buat di makan, itu dia yang saya tidak tau :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

gak pernah ngerasain sihhh, bgmn coba? mau makan buaya ddepan kita viewnya buaya hidup mondar mandir :D

di teritip sih juga ada yang bisa ngasi makan buayanya sis, tapi harus bayar :D . mending buat kita makan daging buayanya... wkwkwkwkwkwk :rolleyes: :rolleyes:

Ohh..gituu...berarti sama bro...yang di Blanakan itu juga sama, kita harus bayar 25.000 ribu buat beli bebek nya. Nah bebek yang kita beli itu di iket di tiang panjang, trus dari jauh kita gantung di depan hidung buaya nya. Pertama-tama dia diem, trus tiba-tiba aja tuh bebek udah ilang ditelen dia....serem banget dah...

Share this post


Link to post
Share on other sites

waduh ngeri amat tuh foto bareng buayaaa? itu beneran foto TS sendiri tuh?

gak takut?

aduuuuhhh kalo aku liatnya jadi ngeri sendiri :( :(

mereka kan kuat, takut kalo tb2 putus tali ikat mulutnyaaa.. atau kita kena sabit pake ekornya huhuhu serem dehh

Share this post


Link to post
Share on other sites

Pernah juga kesini wkt sma sekitar 8 thn lalu. Sempat ada satu buaya gede, nganga terus. Kirain patung. Gak taunya pas diperhatiin baik2, matanya kedip. Ya kaget juga, LOL

Share this post


Link to post
Share on other sites

ane kesini kemaren. ehehehehe.

tergolong bersih di sini, buayanya lumayan besar. sayang jauh banget.

ane nemu gajah di sekitar lokasi, ada 2 gajahnya ga di rantei

 

hhehehehe..... asik ya bro :)

mana ni poto2nya, saya belum liat

bisa di post disini :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

ya, masi ada beberapa broo...

seperti Pantai Manggar, pantai lamaru, bukit bangkirai dan berberapa tempat peninggalan2 sejarah seperti tugu australia, gua jepang, dll

mungkin ntar ada tambahan lagi dr travellers-travellers dbawah :D

 

Yang asiknya tempat-tempat ini kejangkau angkot cuma sekali.

dari bandara nyebrang jalan, naik angkot hijau 07, pertama ketemu Pantai Manggar Segara Sari (seberang Yonif Raider)

terus setelah itu baru deh buaya teritip (lokasinya diseberang Kantor Kelurahan Teritip)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Alfa Dolfin
      "Ah gila si Adit bawa gue ke sini....". . comment ku begitu tiba di tempat yang di tunjukannya.
      "Tenang aja, bang. Adit sudah biasa kog ke sini...", sahutnya tenang.
      Bukan apa-apanya. Meski senang sekaligus surprise tetap ada ada rasa was-was. Masalahnnya tempat ini persis di salah satu ujung landas pacu bandara Sepinggan di Balikpapan. Ternyata area terbuka. Melihat kondisinya bisa saja nyusup masuk ke landasan. Beruntung saat itu tidak ada petugas yang jaga. Tapi keberadaan kami disini mudah sekali terlihat dari areal dalam bandara. Bahkan pilot yang akan mendarat pun bisa melihat posisi kami.
      Yeaaaa.....itulah kulminasi yang cukup menegangkan di penghujung traveling di Balikpapan. Awalnya perkenalan dengan Adit, pemuda ganteng yang tinggal di Balikpapan. Obrolabn, chatting, tibalah tawaran untuk main-main ke Balikpapan. Wah sudah pernah sebelumnya. Ngga hanya Balikpapan tapi juga ke Samarinda. Kali ini Adit menawarkan dan bersedia mengantar kemana aku mau selama di Balikpapan. Tawaran menarik, cuma aku harus mikir-mikir dulu sebelum menerima ajakannya. Beruntung ternyata Garuda membuka tiket promo dengan harga menarik tujuan Jakarta-Balikpapan. Setelah konfirm dari Adit di tanggal tersebut dia bisa segera aku done-kan tiket itu. Jadilah berangkat.
      Benar saja. Jumpa perdana di Balikpapan Adit langsung mengantar kemana aku mau. Naik motor keliling kota Balikpapan. Bahkan sampai ke luar kota, 20 kilo dari Balikpapan, yaitu ke Teritip, di jalanin juga. Mengetahui aku suka motret pesawat, jelang pulang Adit ngajak mampir ke salah satu spot yang oke untuk motret pesawat. Sudah pasti senang dan semangat. Thanks sebelumnya Adit.
      Setelah parkir kendaraan di daerah perkampungan, entah namanya apa, di ajak melewati semakp-semak. Sampai di sebuah pos penjagaan yang kosong. Disinilah tempatnya, kata Adit. Begitu lihat lokasinya, yang tadinya senang lah kog jadi mendebarkan. Teringat beberapa waktu lalu seorang rekan fotografer pernah akhirnya di ciduk petugas keamanan, di introgasi hampir 12 jam, baru di lepas. Penyebabnya, dia hunting tanpa ijin di sekitar sini. Ketahuan petugas jadilah...... Masalahnya waktu itu di bandara Sepinggan rupanya sedang parkir 2 pesawat tempur F-16. Semua isi memori di periksa. Setelah clear baru di lepas. Oalaaaaaa....apakah aku akan ngalami seperti ini...
      Jangan khawatir bang, Ngga sampai begitu kog, kata Adit setelah aku ceritakan kecemasan. Yeaaa.......semoga saja. Jadilah aku motret dengan rasa cemas......Berikut beberapa hasilnya....hunting yang mendebarkan...

      Awan tebal di atas bandara Sepinggan

      dari tempat ku berdiri, dalam kondisi hujan, sempat motret salah satu pesawat Garuda yang sedang taxi ancang-ancang take off.

      Adit "maksa" aku motret persis di ujung landasan. Tentu saja ini mendebarkan. Terlihat petugas langsung aku di ciduk. Tinggal melangkah dikit sudah masuk areal bandara. Akhirnya...happy ending. Aman... kamera pun aman... Cuma ogah di ajak hunting mendebarkan begini lagi....

      momen yang aku tunggu, saat ada pesawat ancang[-ancang landing

      siap-siap pencet tombol shutter

      Makin mendekat...makin semangat meskipun cemas juga....

      siiip.....dapet.....

      Saat ada pesawat take off

      ealaaaaa....ada warga yang berani melintas landas pacu. "Tuch bang. lihat itu orang. ngga apa-apa kog...", kata Adit. Iya...cuma aku tetap aja kurang yakin.
      Yeaaaa.....motret berhadapan satpam sudah sering. Berani aja... tapi kalau ngadepin tentara....nah itu dia. Ngga berani main-main dech. Untunglah happy ending. "aman". Ngga di samperin tentara seperti rekan fotografer yang aku ceritakan di atas. Cuma....mikir ulang tuk sport jantung hunting begini.....
       
    • By paksisung
      Wilayah Ini ialah pulau di Indonesia yang masih jarang banyak dijelajahi oleh Traveller namun memiliki banyak keunikan dan daya tarik termasuktermasuk juga kaya dengan warisan budayabudaya. Wilayah pulau Kalimantan terkenal dengan hutan tropis serta memiliki sumber daya alam yang terbanyak di Indonesia, dapat ditemukan Flora dan fauna eksotis di bumi Khatulistiwa. Pada zaman dahulu, pulau ini dihuni oleh orang Dayak sebagai penduduk asli Kalimantan. Kehidupan mereka tinggal di dalam hutan dan hidup secara berpindah-pindah. Akan tetapi saat ini perubahan dan arus modernisasi telah membuat beberapa masyarakat asli suku Dayak untuk bersosialisai dengan berbaur menjadi satu dengan masyarakat dari berbagai suku di perkotaan.
      Pada daerah asalnya, masyarakat Dayak hidup di rumah panjang yang disebut Lamin atau Radankng. Adapun biasanya sebuah rumah dihuni oleh 50 orang atau lebih. Tercatat Ada banyak suku Dayak serta sub suku yang tercatat tercatat di pulau KalimantanKalimantan ini. Sungai memainkan peran peranan yang sangat penting dalam komunikasi dan kehidupan penduduknya. Mayoritas masyarakat hidup dan berpusat di sekitar aliran sungai termasuk juga kegiatan mereka dan rumah. Kalimantan terbagi menjadi 5 provinsi yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah. Masing masing provinsi memiliki ciri khas, bahasa, potensi alam, budaya, dan keunikannya sendiri-sendiri. 

      Cagar Alam Dan Cagar Alam
      Wilayah Kalimantan memiliki beberapa cagar alam yang digunakan untuk membudidayakan flora serta fauna unik dan langkah di tempat ini. Beberapa diantaranya adalah :
      Kersik luway berlokasi di Sungai Mahakam,
      Taman Nasional Kutai yang berlokasi di Bontang,
      Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah, dan lain lain.
      Trekking Dan Petualangan
      Berpetualang di sepanjang sungai dengan melakukan tracking ke banyak tempat termasuk juga ke pedalaman merupakan salah satu kegiatan mengagumkanmenarik yang sering di lakukan oleh para traveller yang liburan ke Kalimantan. Terdapat banyak desa tradisional yang masih mencegah serta melestarikan adat istiadat mereka di Kalimantan.
      Kota Kota Utama Di Kalimantan
      Kalimantan terkenal sebagai salah satu pulau terbesarterluas di Indonesia. pulau ini memiliki beberapa kota terkenal yang menjadi kota kota utama diantaranya: Kota Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin dan Tarakan. 
      Akomodasi
      Tersedia banyak kota menarik yang memiliki banyak tempat menginap yang bisa kalian gunakan. terdapathotel hingga losmen serta restoran tersedia di Kalimantan. Selain itu, Kalimantan juga memilikimemiliki kehidupan malam yang menarik dengan berbagai fasilitasnya.
      Transportasi
      Transportasi diPulau Kalimantan yang sangat luas memang tidak sebaik pulau Jawa. Konsidi jalanJalan-jalan terlihat baikhanya di pusat kota dan rute yang merupakan arteri antar provinsi dan kota. Sedangkan, kondisi jalan yang berada di desa atau berada di luar kota seringkali terlihat rusak dan dipenuhi lubang. Namun, Transportasi di Kalimantan tergolong lengkap mulai dari bus antar provinsi, angkot untuk di kota, dan Angkutan umum lainnya. 
      Objek Wisata
      Kalimantan memiliki banyak spot wisata menarik diantaranya yakni Sungai Kuin yang merupakan pusat pasar terapung di Sungai Barito. Selain itu, terdapat juga tugu khatulistiwa di ibukota provinsi Kalimantan barat, Pontianak. Adapun beberapa tempat yang sering dikunjungioleh wisatawan adalah Bukit kelam, Labuan Cermin, Berau, Parakan, Balikpapan, Samarinda, Pontianak, dll. nikmati juga berbagai macam makanan khas kalimantan Barat dan kuliner khas kalimantan selatan 
      Budaya
      Tersedia 5 budaya dasar penduduk asli rumpun Austronesia di Kalimantan atau suku Kalimantan yaitu Banjar, Kutai, Banjar, Dayak dan Paser . Sedagkan, sensus BPS tahun 2010, suku bangsa yang Tersedia di Kalimantan Indonesia dikelompokan menjadi tiga kelompok yaitu suku Banjar, suku Dayak Indonesia terdiri dari 268 suku bangsa dan etnis asal Kalimantan yang lain. Etnis Melayu menempati wilayah pulau Karimata dan pesisir Kalimantan Barat, Sarawak, Brunei sampai pesisir Sabah. Sedangkan, suku Banjar menempati wilayah Kalsel serta sebagian Kalteng dan Kaltim. Adapun, etnis Kutai dan Paser menempati wilayah Kaltim. Adapun, suku Dayak menempati wilayah pedalaman Kalimantan. 
      Bahasa
      Sedangkan Bahasa yang digunakan di Kalimantan lazimnya adalah bahasa Indonesia. Akan tetapi, pada beberapa daerah seperti di Banjarmasin atau Kalimantan Selatan masyarakat di sana menggunakan bahasa banjar sebagai bahasa sehari - hari. Adapun jikakamu anda berkunjung ke Kalimantan Barat, masyarakat di sana lebih banyak memakaimenggunakan bahasa melayu. Begitu juga dengan Kalimantan Tengah. Mereka mempunyai bahasa sendiri yang berbeda dengan Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat. Banyak penduduk yang datang dari luar daerah juga membawa bahasa mereka seperti bahasa bugis, bahasa jawa, dan banyak yang lain. 
       

    • By Tarmizi Arl
      Pulau Seribu Sungai, Kalimantan terkenal sebagai paru-parunya Indonesia. Pulau yang ditempati oleh 3 negara ini memang memiliki ekosistem hutan tropis yang luas yang menjadikannya cukup kaya pula akan habitat satwa.
      Keelokan Pulau terbesar ke 3 dunia ini juga dapat kalian nikmati dikala senja tiba. Beberapa spot atau lokasi memiliki pemandangan terbaik untuk melihat sunset. Pengalaman wisata kalianpun tentu akan semakin kaya karena dapat menyaksikan langsung sang cahaya surya menghilang perlahan dari pulau yang terkenal juga dengan sebutan Borneo tersebut. Lantas apa dan dimana sajakah lokasi-lokasi pilihan untuk menikmati senja tersebut?
       
      1. Jangan Ketinggalan Tren untuk Merasakan Senja di Pantai Melawai Balikpapan

      Balikpapan, kota di Provinsi Kalimantan Timur ini tidak hanya terkenal sebagai kota industri minyak. Beberapa tahun belakang, Kota berpenduduk lebih dari 700 ribu jiwa tersebut juga mulai mengembangkan promosi kepariwisataan. Pengembangan tersebut mencakup pula perbaikan fasilitas dan tata kota termasuk pembangunan bandara yang kini masuk dalam jajaran Bandara megah di Indonesia.
      Salah satu objek wisata paling terkenal dari Balikpapan ialah Pamtai Melawai. Pantai yang berada di Sepanjang Jalan Sudirman tersebut sudah sangat populer oleh warga kota sebagai lokasi bersantai saat sore hingga malam. Hal tersebut karena pantai ini secara geografis menghadap barat yang berarti menghadap langsung ke arah matahari ketika menuju peraduannya. Ya, meskipun Balikpapan sendiri sejatinya berada di pesisir Timur Kalimantan, tetapi terdapat teluk kecil yang membelahnya sehingga terdapatlah sisi pantai menghadap Barat.
      Pantai Melawai sendiri bukan pantai berpasir, namun begitu pemerintah setempat sudah mengelola dan membangunnya sehingga tertata menjadi pelataran dan beberapa spot lainnya. Di sepanjang tepi pantai pula terdapat cafe-cafe dan toko-toko makanan sehingga membuatnya sangat nyaman untuk didatangi. Tak heran jika kawasan ini menjadi favorit berkumpul warga Balikpapan.
      Tidak hanya menarik untuk melihat lautan lepas, tetapi Pantai Melawai juga dihiasi oleh kapal-kapal segala ukuran yang tengah berlayar. Di salah satu bagian terdapat juga pulau kecil yang nampak timbul dari tengah lautan sehingga memberikan kesan berbeda. Semuanya akan terbingkai penuh pesona ketika senja tiba dimana semburat jingga akan memeberikan warna bagi Pantai Merawai.
       
      2. Bertabur Nyiur, Sunset dari Pantai Takisung Kalimantan Selatan akan Membuatmu Tak Ingin Cepat Beranjak

      Masih tak beranjak dari pantai, kali ini Kalimantan Selatan memiliki sebuah pantai di Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut. Pantai yang berada sekitar 87 km dari ibukota provinsi di Kota Banjarmasin ini menjadi salah satu tempat favorit warga untuk berkumpul terutama saat sore hari. Apalagi lokasinya yang tidak begitu jauh dari Kota Banjarmasin dan karakter Kota Banjarmasin yang tidak akrab dengan nuansa pantai membuat Pantai Takisung menjadi lokasi paling masuk akal untuk warga kota yang ingin liburan.
      Keindahan pantai yang menghadap Laut Jawa ini ialah pasirnya yang membentang luas serta pepohonan kelapa yang menambah nuansa tropis yang khas. Di kawasan pantai ini juga ramai dengan jasa olahraga dan hiburan seperti banana boat, motor racing, serta kapal-kapal yang siap mengantarkan berkeliling pantai. Pedangan kaki lima juga banyak memenuhi pinggir pantai yang membuatnya semakin semarak. Kondisi ini memang terbilang terlalu ramai apalagi saat liburan, namun tetap saja menarik kunjungan wisatawan.
      Ketika senja tiba, maka panorama sunsetlah yang akan membuat siapa saja terpaku sejenak. Hamparan laut yang membentang luas menjadikan sunset nampak begitu jelas didepan mata. Bagi kalian pecinta fotografi, jangan sia-siakan keberadaan deretan nyiur yang akan menjadi siluet indah kala senja. Jika ingin lebih beragam lagi, kalian bisa menuju perkampungan nelayan yang berada tidak jauh dari pantai. Dari perkampungan nelayan ini suasana senja juga tak kalah menariknya, apalagi tergolong lebih sepi dari kawasan pantai.
       
      3. Kemilau Sunset Dari Sungai Kapuas, Mentadbirkan Kalimantan Sebagai Pesona Pulau Seribu Sungai

      Tak lengkap memang jika membahas kalimantan jika tidak membahas sungainya. Pulau berjuluk ‘seribu sungai’ tersebut memang memiliki kedekatan pada sungai. Sungai memiliki pengaruh besar bagi kehidupan masyarakat Kalimantan, bahkan sungai jugalah yang membentuk pola kemasyarakatan disana.
      Banyak nya aliran sungai di Kalimantan sudah tentu menjadi potensi menarik pula bagi sektor kepariwisataan, seperti Sungai Kapuas yang berada di Kalimantan Barat. Sungai ini merupakan sungai terpanjang, tidak hanya di Kalimantan tetapi juga di Indonesia. Panjangnya mencapai lebih dari 1.100 km.
      Ada banyak pesona yang bisa dinikmati dari sungai Kapuas, termasuk ketika senja tiba. Jika kalian berada di Kota Pontianak sebagai salah satu wilayah yang dilalui Sungai Kapuas ini, maka sempatkan untuk menikmati keindahan Sungai Kapuas ketika sore hari. Kalian bisa mencoba naik perahu atau sekedar bersantai di tepian sungai. Memandangi sungai dengan beragam aktivitas didalamnya saat sunset tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda. Apalagi jingganya langit yang memantul dari riak tenang arus sungai akan memberikan kemilaunya sendiri.
       
      4. Bukit Batas di Banjar Siap Menghadirkan Cantiknya Senja Tanpa Batas

      Kabupaten Banjar di Kalimantan Selatan ternyata memiliki pesona alam yang sangat istimewa. Di kabupaten yang beribukota di Martapura ini terdapat sebuah bukit yang dikenal dengan nama Bukit Batas. Lokasi persisnya ialah di Desa Tiwingan Baru, Kecamatan Aranio, atau lebih dikenal juga sebagai Wilayah Waduk Riam Kanan. Ya, lokasi bukit ini dikeliling oleh perairan berupa waduk yang berfungsi sebagai sumber air penggerak turbin PLTA.
      Keunikan dari Bukit Batas dan pemandangan waduk dibawahnya ialah adanya pulau-pulau kecil yang nampak bertebaran. Panorama ini membuat viewnya mirip dengan kepulauan Raja Ampat di Papua. Tak jarang, orang-orang yang kesana mebyebutnya sebagai miniatur Raja Ampat dari Kalimantan Selatan.
      Banyak wisatawan yang datang bahkan untuk camping, hal ini karena dari atas bukit tersebut, kalian bisa melihat sunrise dari sisi Timur. Dan ketika petang, Bukit Batas tak kehabisan pesonanya karena juga siap menyapa dengan cantiknya senja.
      Ketika senja, cahaya yang meredup seolah bersiap untuk berpaling ke balik perbukitan yang ada jauh didepan mata. Perbukitan juga nampak berlapis sehingga nampak sangat mempesona siapa saja yang melihatnya. Jingganya cahaya juga memantul dari perairan waduk yang tenang membuat nuansa semakin syahdu.
      Jika kalian tertarik untuk datang, perjalanan untuk menuju puncak Bukit Batas terbilang menantang. Perjalanan akan dilalui dengan 2 tipe yaitu darat dan perairan. Dari Bandara Syamsudin Noor, kalian bisa langsung menuju simpang 4 Banjarbaru dan menuju Sungai ulin lalu ke arah Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio. Barulah dari sana, tepatnya Pelabuhan Riam Kanan, perjalanan dilanjutkan dengan naik kapal  sekitar 30 menit menuju Pinus 2. Perjalanan belum berakhir justru dari sanalah pendakian dimulai. Pendakian sendiri tidak begitu lama yaitu sekitar 1,5 – 2 jam. Selama perjalanan, dijamin tidak akan merasa bosan karena akan ditemani pemandangan indah.
       
      5. Bukit Batu Daya di Ketapang, Sensasi Sunset yang Memperdaya Mata

      Jika kalian ingin melihat Bukit Batu Uluru atau Ayers Rock di Australia tapi belum memiliki kesempatan, maka kalian ada baiknya mengunjungi juga sebuah bukit batu yang tak kalah mempesona di Kalimantan Barat.  Tersebutlah Bukit Batu Daya, sebuah bukit batu dengan bentukan unik yang berada di Taman Nasional Gunung Palung, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.
      Banyak sebutan untuk Bukit Batu Daya ini, beberapa menyebutnya Bukit Gantang dan beberapa lain menyebutnya Bukit Onta. Ya, kesemua sebutan tersebut menjadi bukti bahwa memang bukit ini berhasil memperdaya, sesuai namanya, Bukit Daya. Bukit ini memang akan terlihat berbeda-beda bentuknya jika dilihat dari sisi-sisi yang berbeda, seolah bukan satu bukit yang sama.
      Bukit ini memang sangat mempesona, bentukannya yang unik menjadikannya sangat bagus sebagai objek foto. Selain itu, bagi pecinta olahraga rock climbing, bukit ini sangat cocok dijadikan spot berlatih, hanya saja bentuknya yang sangat terjal membuatnya cukup berbahaya jika bukan atlit profesional.
      Namun begitu, bagi kalian yang hanya ingin menikmati keindahan Bukit Batu Daya ini, cukup memandanginya dari sisi-sisi yang diinginkan. Dan seperti yang sudah diungkap bahwa setiap sisi akan menghadirkan view yang berbeda. Jika ingin melihat nuansa yang lebih mempesona maka datanglah saat petang dari sisi timur atau memandang ke ufuk barat. Dari sana, panorama mentari dengan semburat cahaya jingganya akan membuat suasana Bukit Batu Daya semakin dramatis dan mempesona.
      Jika kalian tertarik untuk datang ke Bukit Batu Daya ini, kalian bisa langsung naik speedboat dari kota Pontianak menuju Teluk Melano, Kecamatan Simpang Hilir. Jadwal regulernya ialah jam 9 pagi dengan biaya Rp 110 ribu. Perjalanan sungai akan ditempuh selama 3 jam. Setelahnya perjalanan dilanjutkan menuju Desa Perawas dimana dari sanalah kenggunan bukit ini sudah dapat terlihat. Namun jika ingin mengambil spot lebih dekat lagi, kalian bisa menggunakan jasa ojek.
       
      6. Pantai Pasir Panjang Singkawang Berselimut Senja Terakhir yang Menyapa Kalimantan

      Kalimantan Barat menjadi provinsi terakhir yang menerima cahaya mentari tiap sore harinya. Provinsi yang beribukota di Pontianak ini juga memiliki sejuta kisah tentang senja, salah satunya yang dimiliki oleh Singkawang, kota yang berjuluk Kota Seribu Klenteng.
      Kota Singkawang berjarak sekitar 145 km sebelah utara dari Kota Pontianak. Kota ini berjuluk Seribu Klenteng karena memang di sana terdapat banyak klenteng yang tersebar diseluruh penjuru kota. Hal tersebut tentu tak terlepas dari masyarakatnya yang memang kebanyakan keturunan Tionghoa, sehingga dikenal juga sebagai pecinannya Kalimantan Barat.
      Singkawang juga terkenal sebagai kota wisata. Selain karena multikulturnya, berbagai pesona alam juga bisa dinikmati di sana, salah satu yang populer ialah Pantai Pasir Panjang.
      Pantai yang berada di Kecamatan Tujuh Belas atau sekitar 30 menit dari Pusat Kota Singkawang tersebut merupakan pantai berpasir dengan karakter ombak yang cukup tenang. Kawasan sekitarnya juga masih alami sehingga cukup menyegarkan pandangan.
      Menikmati panorama Pantai Pasir Panjang akan semakin komplit jika datang kala senja. Sunset yang disuguhkan oleh pantai ini terkenal sangat difavoritkan oleh pengunjung dan wisatawan. Birunya air laut seolah berubah menjadi berkilau dengan sentuhan warna jingga khas cahaya sore. Bersantai sembari menikmati sunset menjadi pilihan paling tepat karena akan membuat kalian merasa tenang.
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Bagian pertama bisa dilihat di sini.
       
      Balikpapan adalah sebuah kota di Kalimantan Timur yang memiliki penduduk sebanyak 701.660 jiwa. Kali ini, coba tengok Balikpapan, sebuah kota di Kalimantan Timur. Sebanyak 22% dari seluruh penduduk Kalimantan Timur mendiami kota ini. Balikpapan sendiri memiliki berbagai potensi pariwisata yang layak untuk dikembangkan.
      Kota ini seringkali disebut dengan sebutan Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung (Beruang Madu). Beruang madu ini merupakan mascot Balikpapan yang sudah berada di ambang kepunahan.
      Kamu berencana ingin menjelajahi kota Balikpapan yang menawan ini? Coba sambangi beberapa rekomendasi hotel bintang empat bagian kedua di Balikpapan yang dapat kamu jadikan sebagai referensi berikut ini.
       
      1. Blue Sky Hotel Balikpapan, Hotel Ideal untuk Bersantai


      Blue Sky Hotel Balikpapan via Agoda
       
      Inilah dia salah satu hotel berbintang empat di Balikpapan yang dapat kamu jadikan sebagai referensi. Hotel ini adalah Blue Sky Hotel Balikpapan.
      Hotel ini berada di daerah yang sangat strategis, yaitu di sekitar kawasan pusat kota Balikpapan. Lokasi tepat dari hotel ini adalah Jalan Letjen Suprapto no. 1 Balikpapan.
      Kelebihan dari hotel ini adalah factor kebersihan hotel ini. Ya, para pengunjung sangat menyukai kebersihan hotel ini sehingga para pengunjung merasa nyaman ketika berada di hotel ini.
      Selain itu, para pengunjung juga sangat menyukai kuliner yang disajikan oleh hotel ini. Ya, hotel ini dapat memberikan sajian kuliner yang nikmat dan lezat sehingga menjadi nilai tambah tersendiri bagi hotel ini.
      Adapun dokumentasi dari fasilitas umum hotel ini adalah:


      Fitness via Agoda


      Kolam renang via Agoda


      Restoran via Agoda


      Salon via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Restoran via Agoda
       
      Hotel ini memiliki interior yang sangat rapi dan elegan sehingga membuat para pengunjung merasa betah beralama-lama berada di sini.
      Beberapa pilihan kamar dari hotel ini adalah business, deluxe dan executive.
      Sementara itu, berikut inilah bagian interior kamar hotel ini:


      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior kitchen via Agoda


      Interior twin room via Agoda


      Interior kamar mandi via Agoda


      Interior kamar tidur via Agoda
       
      Para pengunjung yang sudah datang menginap di hotel ini juga sangat menyukai pelayanan yang diberikan oleh hotel ini. Ya, para pengunjung merasa bahwa pelayanan yang diberikan oleh staf hotel ini sangat baik dan ramah.
      Kelebihan lain dari hotel ini adalah fasilitas wifi yang terdapat bukan hanya di kamarmu, tetapi juga di berbagai area public hotel ini. Banyak reviewer yang juga memuji hotel ini karena memiliki fasilitas umum yang baik dan menyenangkan.
      Sementara itu, kekurangan hotel ini adalah ukuran yang disediakan untuk tempat parkir cenderung masih sedikit dan terbatas.
      Hotel ini mendapatkan nilai 7,5 atau very good menurut situs Agoda.
      Informasi
      Alamat       : Jalan Letjen Suprapto no. 1 Balikpapan
      No. telp      : (0542) 735845
      Rate           : Mulai dari 524.000 per malam. Sudah termasuk sarapan. (Book Disini)
      Fasilitas     : dry cleaning, fasilitas rapat, faks, wifi, room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, dan masih banyak lainnya
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      2. Platinum Balikpapan Hotel, Hotel Menawan di Pusat Kota Balikpapan


      Platinum Balikpapan Hotel malam hari via Agoda
       
      Hotel berbintang empat selanjutnya yang dapat kamu jadikan sebagai referensi adalah Platinum Balikpapan Hotel. Hotel ini adalah salah satu hotel strategis dengan nuansa yang menawan di pusat kota Balikpapan.
      Lokasi hotel ini memang sangat strategis yaitu berada di pusat kota Balikpapan. Lokasi tepat dari hotel ini adalah Jalan Soekarno Hatta no. 28, Balikpapan.
      Para pengunjung sangat menyukai kuliner yang ditawarkan oleh restoran hotel ini. Ya, restoran hotel menyediakan kuliner yang sangat lezat sehingga membuat para pengunjung merasa senang.
      Berikut ini adalah dokumentasi fasilitas umum di hotel ini:


      Meeting room via Agoda


      Kolam renang via Agoda


      Restoran via Agoda


      Restoran via Agoda


      Café via Agoda

      Cafe via Agoda
       
      Interior hotel kebanyakan didominasi oleh warna seperti cokelat, hitam dan putih. Para pengunjung dapat menikmati interior hotel yang mewah dan menawan namun masih mampu memberikan kesan yang elegan.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah business, deluxe, junior suite dan masih banyak lainnya. Kamu juga dapat memilih preferensi tempat tidurmu baik berupa king maupun twin.
      Para pengunjung juga sudah mendapatkan fasilitas sarapan pagi ketika menginap di hotel ini. Nah, berikut ini adalah dokumentasi fasilitas umum yang terdapat di hotel ini:


      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior kamar hotel via Agoda
       
      Selain itu, para pengunjung juga sangat menyukai suasana nyaman yang ditampilkan oleh hotel ini. Ya, hotel ini memang memiliki suasana yang nyaman sehingga mampu membuat para pengunjung merasa betah ketika berada di hotel ini.
      Hotel ini memiliki nilai 8,0 atau termasuk dalam kategori very good menurut situs Agoda. Kebanyakan para pengunjung juga sangat merekomendasikan hotel ini untuk menjadi pilihan akomodasimu selama menginap di kota Balikpapan.
       
      Informasi
      Alamat       : Jalan Soekarno Hatta no. 28, Balikpapan
      Rate           : Mulai dari 602.500 per malam. Sudah termasuk sarapan. (Book Disini)
      Fasilitas     : binatu, dry cleaning, fasilitas rapat, faks, area bisnis, ruang keluarga, fitness center, spa, room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, concierge, elevator, dan area bermain.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      3. Grand Tjokro Balikpapan, Hotel di Dekat Bandara Sepinggan


      Grand Tjokro Balikpapan via Agoda
       
      Inilah dia hotel selanjutnya yang dapat kamu jadikan sebagai referensi. Hotel ini adalah sebuah hotel yang terletak tidak begitu jauh dari Bandara Sepinggan sehingga bagi kamu yang berencana tidak menginap terlalu lama di Kota Balikpapan dapat memilih untuk menginap di hotel ini.
      Hotel ini terletak tidak begitu jauh dari Bandara Sepinggan. Lokasi tepat dari hotel ini adalah Jalan Marsma R. Iswahyudi no. 21, Balikpapan.
      Salah satu kelebihan dari hotel ini adalah lokasinya yang terletak tidak begitu jauh dari bandara. Hal ini akan memudahkan para pengunjung terutama bagi mereka yang berniat tidak berlama-lama berada di Balikpapan.
      Para pengunjung sangat menyukai pelayanan yang diberikan oleh staf hotel ini. Para staf hotel melayani dengan sangat baik dan ramah sehingga membuat para pengunjung merasa betah selama berada di hotel ini.
      Dokumentasi dari fasilitas umum hotel ini adalah sebagai berikut:


      Lobby via Agoda


      Lobby via Agoda


      Interior via Agoda


      Restoran via Agoda


      Meeting room via Agoda
       
      Interior hotel ini bernuansa warna cokelat maupun hitam. Hal ini membuat para pengunjung merasa betah berada di hotel ini. Nuansa yang simpel namun chic ini mampu membuat pengunjung merasa betah berada di hotel ini.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia jika kamu ingin menginap di hotel ini adalah kamar dengan tipe superior maupun deluxe. Kamu juga dapat memilih preferensi apakah ingin menginap di kamar dengan tipe king atau twin. Hotel ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas sarapan pagi.
      Berikut ini adalah interior kamar hotel:


      Interior kamar dengan preferensi twin bed via Agoda


      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior kamar mandi via Agoda
       
      Kelebihan lain dari hotel ini adalah staf hotel yang mampu melayani dengan sangat ramah dan baik. Hal ini dapat menyebabkan para pengunjung merasa betah berlama-lama berada di hotel ini.
      Para pengunjung juga sangat menyukai kebersihan hotel ini. Ya, hotel ini memiliki kebersihan yang sangat baik. Bahkan, daily housekeeping pun dapat dilaksanakan di waktu yang tidak terlambat.
      Menurut situs Agoda, hotel ini memiliki nilai 7,8 atau termasuk dalam kategori very good. Kebanyakan pengunjung akan merekomendasikan hotel ini atau berencana menginap lagi di sini ketika mereka memiliki kesempatan berkunjung ke Balikpapan lagi.
      Informasi
      Alamat       : Jalan Brigjen Marsma R. Iswahyudi no. 21
      Rate           : Mulai dari 393.000 per malam. (Book Disini)
      Fasilitas     : printer, safety deposit boxes, check in dan check out kilat, kolam renang, restoran, meeting facilities, room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, dry cleaning, fasilitas rapat, faks, area bisnis, dan wake up service.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      4. Grand Tika Mustika, Hotel untuk Bersantai di Balikpapan


      Hotel Grand Tiga Mustika via Agoda
       
      Inilah dia salah satu hotel di Balikpapan yang dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk menginap. Hotel ini adalah hotel Grand Tiga Mustika yang tentunya dapat kamu jadikan referensi hotel selama kamu berada di Balikpapan.
      Hotel ini terletak di kawasan pusat kota Balikpapan. Lokasi hotel ini adalah di Jalan ARS. Muhammad no. 51 Balikpapan. Hotel ini memiliki kamar berjumlah 122 kamar.
      Kelebihan dari hotel ini adalah kebersihan hotel ini yang sangat terjaga. Ya, hotel ini memiliki factor kebersihan yang sangat baik sehingga mampu membuat para pengunjung merasa betah ketika berada di hotel ini.
      Sementara itu, kelebihan lain dari hotel ini adalah kebersihan hotel yang sangat baik. Dengan demikian, para pengunjung dapat merasa nyaman ketika berada di hotel ini. Daily housekeeping pun sudah dapat dilakukan dengan baik dan sesuai jadwal.
      Namun, kekurangan dari hotel ini adalah walaupun wifi tersedia bukan hanya di dalam kamar tetapi juga di segala penjuru hotel tetapi sinyalnya masih tergolong kurang baik.
      Berikut ini adalah tampilan fasilitas umum di hotel ini:


      Kolam renang via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Interior via Agoda
       
      Hotel ini memiliki fasilitas yang cukup menunjang pengunjung yang datang dan menginap di hotel ini. Interior hotel ini didominasi dengan warna cokelat dan juga warna putih.
      Beberapa pilihan kamar yang dapat kamu jadikan referensi untuk menginap selama berada di hotel ini adalah kamar dengan jenis superior, deluxe, family suite dan masih banyak lainnya.
      Berikut ini adalah tampilan dokumentasi interior kamar hotel ini:


      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior kamar mandi via Agoda
       
      Kelebihan lain dari hotel ini adalah lokasinya yang sangat strategis karena berada di pusat kota Balikpapan. Hal ini memudahkan para pengunjung untuk mencapai berbagai destinasi wisata yang ada di kota Balikpapan.
      Fasilitas yang tersedia di kamar hotel ini adalah AC, rak pakaian, TV kabel, brankas pribadi serta coffee/tea maker. Di kamar mandi juga tersedia sandal, shower dan perlengkapan mandi gratis.
      Menurut situs Agoda, hotel ini memiliki nilai 6,9 atau termasuk dalam kategori Very Good. Kebanyakan pengunjung akan merekomendasikan hotel ini ketika mereka memiliki kesempatan untuk menyambangi kota Balikpapan lagi.
      Informasi
      Alamat       : Jalan ARS Muhammad no. 51 Balikpapan
      No. telp      : (0542) 733288
      Rate           : Mulai dari 553.000 per malam. (Book Disini)
      Fasilitas     : penitipan bagasi, room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, binatu, dry cleaning, restoran, safety deposit boxes dan fasilitas rapat.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      5. The New Benakuta Hotel, Hotel Recommended di Balikpapan


      The New Benakutai Hotel Balikpapan via Agoda
       
      Hotel bintang empat selanjutnya yang dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk menginap adalah The New Benakutai Hotel Balikpapan. Hotel ini terletak di kawasan pusat kota Balikpapan, atau tepatnya di Jalan Ahmad Yani no. 33 Balikpapan.
      Kelebihan dari hotel ini adalah kebersihannya yang sangat terjaga. Para pengunjung sangat menyukai kebersihan hotel ini yang sangat baik. Daily housekeeping pun dilakukan dengan jadwal yang sangat tepat waktu.
      Para pengunjung juga sangat menyukai interior dan desain hotel yang bernuansa elegan dan chic.
      Berikut ini adalah tampilan beberapa fasilitas di hotel ini:


      Ballroom via Agoda


      Interior via Agoda


      Kolam renang via Agoda


      Interior via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Ballroom via Agoda
       
      Interior hotel yang bernuansa chic dan elegan ini memiliki warna cokelat, dan putih yang mendominasi. Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah superior dan deluxe room.
      Berikut ini adalah tampilan dokumentasi interior kamar hotel ini:


      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior kamar mandi pribadi via Google


      Interior seating area via Agoda
       
      Kelebihan lainnya dari hotel ini adalah kenyamanan yang ditawarkan olehnya. Ya, para pengunjung merasa bahwa suasana yang ditimbulkan di hotel ini sangat kondisif sehingga mampu membuat para pengunjung merasa nyaman ketika berada di hotel ini.
      Hotel ini mendapatkan nilai 6,0 atau termasuk dalam kategori above average menurut situs Agoda.
      Hotel yang memiliki kamar berjumlah 91 kamar ini tentunya dapat kamu jadikan sebagai pilihan selama kamu menginap di kota Balikpapan.
      Informasi
      Alamat       : Jalan Ahmad Yani no. 33 Balikpapan
      No. telp      : (0542) 421178
      Rate           : Mulai dari 373.000 per malam. (Book Disini)
      Fasilitas     : penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, kolam renang, dry cleaning, fasilitas rapat, faks, area bisnis, check in dan check out kilat, fitness center, room service, lobi 24 jam, dan wake up service.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      Nah, itulah dia penjelasan mengenai rekomendasi hotel bintang empat di Balikpapan (bagian kedua). Semoga artikel ini mampu memberikanmu informasi mengenai hotel yang dapat kamu jadikan referensi untuk menginap di Balikpapan.
      Happy traveling!


    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Balikpapan adalah sebuah kota di Kalimantan Timur yang memiliki penduduk sebanyak 701.660 jiwa.      Kali ini, coba tengok Balikpapan, sebuah kota di Kalimantan Timur. Sebanyak 22% dari seluruh penduduk Kalimantan Timur mendiami kota ini. Balikpapan sendiri memiliki berbagai potensi pariwisata yang layak untuk dikembangkan.
      Kota ini seringkali disebut dengan sebutan Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung (Beruang Madu). Beruang madu ini merupakan mascot Balikpapan yang sudah berada di ambang kepunahan.
      Kamu berencana ingin menjelajahi kota Balikpapan yang menawan ini? Coba sambangi beberapa rekomendasi hotel bintang empat di Balikpapan yang dapat kamu jadikan sebagai referensi berikut ini.
       
      1. Mulai dari Aston Balikpapan Hotel, Hotel Menawan di Pusat Kota Balikpapan


      Aston Hotel Balikpapan via Agoda
       
      Inilah dia salah satu hotel berbintang empat di Balikpapan yang dapat kamu jadikan sebagai referensi. Hotel ini adalah Aston Hotel Balikpapan.
      Hotel ini berada di daerah yang sangat strategis, yaitu di sekitar kawasan pusat kota Balikpapan. Lokasi tepat dari hotel ini adalah Jalan Jendral Sudirman no. 7, Balikpapan.
      Kelebihan dari hotel ini adalah factor kebersihan hotel ini. Ya, para pengunjung sangat menyukai kebersihan hotel ini sehingga para pengunjung merasa nyaman ketika berada di hotel ini.
      Para pengunjung yang menginap di hotel ini bukan hanya para pengunjung yang berasal dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Para pengunjung yang berasal dari luar negeri kebanyakan berasal dari Malaysia dan Thailand.
      Adapun dokumentasi dari fasilitas umum hotel ini adalah:


      Lobby via Agoda


      Kolam renang via Agoda


      Fitness center via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Lapangan tenis via Agoda
       
      Hotel ini memiliki interior yang sangat rapi dan elegan sehingga membuat para pengunjung merasa betah beralama-lama berada di sini.
      Beberapa pilihan kamar dari hotel ini adalah executive, superior, deluxe dan royal suite.
      Sementara itu, berikut inilah bagian interior kamar hotel ini:


      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior seating area via Agoda


      Interior room via Agoda


      Interior kamar mandi via Agoda


      Interior kamar mandi
       
      Kelebihan lain dari hotel ini adalah fasilitas wifi yang terdapat bukan hanya di kamarmu, tetapi juga di berbagai area public hotel ini.
      Para pengunjung yang sudah datang menginap di hotel ini juga sangat menyukai pelayanan yang diberikan oleh hotel ini. Ya, para pengunjung merasa bahwa pelayanan yang diberikan oleh staf hotel ini sangat baik dan ramah.
      Sementara itu, kekurangan hotel ini adalah ukurannya yang menurut beberapa reviewer adalah kualitas air yang tergolong agak kurang baik. Salah satu reviewer mengelukan keadaan ini.
      Hotel ini mendapatkan nilai 7,9 atau very good menurut situs Agoda.
      Informasi
      Alamat       : Jalan Jendral Sudirman no. 7 Balikpapan
      No. telp      : (0542) 733999
      Rate           : Mulai dari 478.000 per malam. Sudah termasuk sarapan. (Book Disini)
      Fasilitas     : Lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, dry cleaning, fasilitas rapat, faks, wifi, room service, dan masih banyak lainnya
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      2. Swiss Belhotel Balikpapan, Hotel Menawan di Balikpapan


      Swiss Belhotel Balikpapan malam hari via Agoda


      Swiss Belhotel Balikpapan siang hari via Agoda
       
      Hotel berbintang empat selanjutnya yang dapat kamu jadikan sebagai referensi adalah Swiss Belhotel Balikpapan. Hotel ini adalah salah satu hotel strategis dengan nuansa yang menawan di pusat kota Balikpapan.
      Hotel ini terletak di pusat kota Balikpapan. Lokasi tepat dari hotel ini adalah Jalan Jendral Sudirman, Kompleks Balcony City.
      Kelebihan dari hotel ini adalah walaupun merupakan hotel tua, tetapi hotel ini sudah lama direnovasi sehingga para pengunjung dapat menikmati situasi hotel yang elegan dan nyaman.
      Berikut ini adalah dokumentasi fasilitas umum di hotel ini:


      Kolam renang via Agoda


      Lobby via Agoda


      Lobby via Agoda


      Fitness via Agoda


      Restoran via Agoda


      Restoran via Agoda
       
      Interior hotel kebanyakan didominasi oleh warna seperti cokelat, oranye dan putih. Para pengunjung dapat menikmati interior hotel yang mewah dan menawan namun tetap simpel.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah superior dan deluxe room. Kamu juga dapat memilih preferensi tempat tidurmu baik berupa king maupun twin.
      Para pengunjung juga sudah mendapatkan fasilitas sarapan pagi ketika menginap di hotel ini. Adapun tampilan interior dari hotel ini adalah sebagai berikut:


      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior kamar deluxe via Agoda
       
      Kelebihan lain dari hotel ini adalah kebersihan yang ada di hotel ini. Hotel ini sangat terawatt dari segi kebersihannya sehingga mampu membuat para pengunjung merasa betah ketika menginap di hotel ini.
      Hotel ini memiliki nilai 7,9 atau termasuk dalam kategori very good menurut situs Agoda. Kebanyakan para pengunjung juga sangat merekomendasikan hotel ini untuk menjadi pilihan akomodasimu selama menginap di kota Balikpapan.
       
      Informasi
      Alamat       : Jalan Jendral Sudirman Kompleks Balcony City
      No. telp      : (0542) 7582800
      Rate           : Mulai dari 459.000 per malam. Sudah termasuk sarapan. (Book Disini)
      Fasilitas     : binatu, dry cleaning, fasilitas rapat, faks, area bisnis, ruang keluarga, fitness center, spa, room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, dan area bermain.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      3. Novotel Balikpapan Hotel, Hotel Modern di Dekat Bandara Sepinggan


      Novotel Balikpapan via Agoda
       
      Bagi kamu yang ingin bermalam tidak terlalu lama di Balikpapan, dan ingin menginap di hotel yang letaknya dekat dengan Bandara Sepinggan, tentu saja hotel ini dapat kamu jadikan sebagai referensi. Hotel ini adalah Novotel Balikpapan Hotel.
      Hotel ini terletak tidak begitu jauh dari Bandara Sepinggan. Lokasi tepat dari hotel ini adalah Jalan Brigjen Ery Suparjan no. 2, Bandara Sepinggan, Balikpapan.
      Kelebihan dari hotel ini adalah factor value for money yang diberikan oleh hotel ini. Ya, para pengunjung dapat merasa bahwa uang yang mereka keluarkan telah sesuai dengan fasilitas yang mereka dapatkan selama mereka berada di hotel ini.
      Para pengunjung sangat menyukai pelayanan yang diberikan oleh staf hotel ini. Para staf hotel melayani dengan sangat baik dan ramah sehingga membuat para pengunjung merasa betah selama berada di hotel ini.
      Dokumentasi dari fasilitas umum hotel ini adalah sebagai berikut:


      Fitness center via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Interior via Agoda


      Cafe via Agoda


      Kolam renang via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Area bermain via Agoda


      Restoran via Agoda
       
      Interior hotel ini bernuansa warna cokelat maupun putih. Hal ini membuat para pengunjung merasa betah berada di hotel ini.
      Salah satu pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah kamar dengan tipe superior. Kamu juga dapat memilih preferensi apakah ingin menginap di kamar dengan tipe king atau twin. Hotel ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas sarapan pagi.
      Adapun interior kamar hotel ini adalah sebagai berikut:


      Interior deluxe room via Agoda


      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior twin bed via Agoda
       
      Kelebihan lain dari hotel ini adalah staf hotel yang mampu melayani dengan sangat ramah dan baik. Hal ini dapat menyebabkan para pengunjung merasa betah berlama-lama berada di hotel ini.
      Kelebihan lainnya dari hotel ini adalah kebersihan hotel ini. Ya, para pengunjung merasa bahwa kebersihan yang ditampilkan oleh hotel ini sangat baik. Daily housekeeping pun dapat terlaksana dengan baik.
      Menurut situs Agoda, hotel ini memiliki nilai 7,8 atau termasuk dalam kategori very good. Kebanyakan pengunjung akan merekomendasikan hotel ini atau berencana menginap lagi di sini ketika mereka memiliki kesempatan berkunjung ke Balikpapan lagi.
      Informasi
      Alamat       : Jalan Brigjen Ery Suparjan no. 2, Balikpapan
      No. telp      : (0542) 820820
      Rate           : Mulai dari 556.000 per malam. (Book Disini)
      Fasilitas     : check in dan check out kilat, kolam renang, restoran, meeting facilities, room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, dry cleaning, fasilitas rapat, faks, area bisnis, dan wake up service.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      4. Hotel Menara Bahtera, Hotel Tepat untuk Mengeksplor Balikpapan


      Hotel Menara Bahtera via Agoda
       
      Inilah dia salah satu hotel di Balikpapan yang dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk menginap. Hotel ini adalah hotel Menara Bahtera, yang sangat cocok untukmu yang ingin mengeksplor kota ini.
      Hotel ini terletak di kawasan pusat kota Balikpapan. Lokasi hotel ini adalah di Jalan Jendral Sudirman no. 2 Balikpapan. Hotel ini memiliki kamar berjumlah 188 kamar.
      Kelebihan dari hotel ini adalah hotel ini memiliki ukuran kamar yang luas. Dengan demikian, hotel ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berwisata bersama keluarga.
      Sementara itu, kelebihan lain dari hotel ini adalah kebersihan hotel yang sangat baik. Dengan demikian, para pengunjung dapat merasa nyaman ketika berada di hotel ini.
      Namun, kekurangan dari hotel ini adalah walaupun wifi tersedia bukan hanya di dalam kamar tetapi juga di segala penjuru hotel tetapi sinyalnya masih tergolong kurang baik.
      Berikut ini adalah tampilan fasilitas umum di hotel ini:


      Kolam renang via Agoda


      Resepsionis via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Interior via Agoda
       
      Hotel ini memiliki fasilitas yang cukup menunjang pengunjung yang datang dan menginap di hotel ini. Interior hotel ini didominasi dengan warna cokelat dan juga warna putih.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah premium dan mayor room. Para pengunjung dapat memilih sesuai dengan preferensinya apakah mereka ingin menginap di kamar dengan tipe king atau twin ketika menginap di hotel ini. Para pengunjung sudah dapat mendapatkan fasilitas sarapan pagi ketika menginap di hotel ini.
      Berikut ini adalah tampilan dokumentasi interior kamar hotel ini:


      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior kamar hotel dengan jenis twin bed via Agoda
       
      Fasilitas yang tersedia di kamar hotel ini adalah AC, rak pakaian, TV kabel, brankas pribadi serta coffee/tea maker. Di kamar mandi juga tersedia sandal, shower dan perlengkapan mandi gratis.
      Kelebihan lain dari hotel ini adalah lokasinya yang sangat strategis karena berada di pusat kota Balikpapan. Hal ini memudahkan para pengunjung untuk mencapai berbagai destinasi wisata yang ada di kota Balikpapan.
      Menurut situs Agoda, hotel ini memiliki nilai 7,1 atau termasuk dalam kategori Very Good. Kebanyakan pengunjung akan merekomendasikan hotel ini ketika mereka memiliki kesempatan untuk menyambangi kota Balikpapan lagi.
      Informasi
      Alamat       : Jalan Jendral Sudirman no. 2 Balikpapan
      No. telp      : (0542) 738000
      Rate           : Mulai dari 355.000 per malam. (Book Disini)
      Fasilitas     : penitipan bagasi, room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, binatu, dry cleaning, restoran, safety deposit boxes dan fasilitas rapat.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      5. Le Grandeur Balikpapan Hotel, Hotel Nyaman di Balikpapan


      Le Grandeur Hotel Balikpapan via Agoda
       
      Hotel bintang empat selanjutnya yang dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk menginap adalah Le Grandeur Hotel. Hotel ini terletak di kawasan pusat kota Balikpapan, atau tepatnya di Jalan Jendral Sudirman.
      Para pengunjung yang sudah datang dan menginap di hotel ini sangat menyukai lokasi hotel ini yang strategis. Hal ini dapat menyebabkan para pengunjung dapat menyambangi berbagai destinasi wisata di Balikpapan dengan mudah.
      Para pengunjung juga sangat menyukai interior dan desain hotel yang bernuansa elegan dan chic.
      Berikut ini adalah tampilan beberapa fasilitas di hotel ini:


      Kolam renang via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Restoran via Agoda


      Ballroom via Agoda


      Outdoor via Agoda


      Outdoor via Agoda
       
      Interior hotel yang bernuansa chic dan elegan ini memiliki warna cokelat, dan putih yang mendominasi. Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah superior dan business room.
      Berikut ini adalah tampilan dokumentasi interior kamar hotel ini:


      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior kamar hotel via Google
       
      Kamar hotel ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas wifi yang akan memudahkan akses internetmu. Akses wifi ini dapat kamu nikmati bukan hanya di dalam kamarmu tetapi juga di area public hotel ini.
      Sementara itu, kekurangan dari hotel ini adalah beberapa reviewer tidak begitu merekomendasikan hotel ini bagi kamu yang ingin berwisata dengan tujuan bisnis. Hal ini karena hotel ini dianggap tidak begitu praktis.
      Meskipun demikian, hotel ini mendapatkan nilai 7,5 atau termasuk dalam kategori very good menurut situs Agoda.
      Hotel yang memiliki kamar berjumlah 185 kamar ini tentunya dapat kamu jadikan sebagai pilihan selama kamu menginap di kota Balikpapan.
      Informasi
      Alamat       : Jalan Jendral Sudirman, pusat kota Balikpapan
      No. telp      : (0542) 420155
      Rate           : Mulai dari 478.000 per malam. (Book Disini)
      Fasilitas     : dry cleaning, fasilitas rapat, faks, area bisnis, check in dan check out kilat, fitness center, room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, kolam renang dan wake up service.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      Nah, itulah dia penjelasan mengenai rekomendasi hotel bintang empat di Balikpapan. Semoga artikel ini mampu memberikanmu informasi mengenai hotel yang dapat kamu jadikan referensi untuk menginap di Balikpapan.
      Happy traveling!
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Balikpapan adalah sebuah kota di Kalimantan Timur yang memiliki penduduk sebanyak 701.660 jiwa. Kali ini, coba tengok Balikpapan, sebuah kota di Kalimantan Timur. Sebanyak 22% dari seluruh penduduk Kalimantan Timur mendiami kota ini. Balikpapan sendiri memiliki berbagai potensi pariwisata yang layak untuk dikembangkan.    

      Kota ini seringkali disebut dengan sebutan Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung (Beruang Madu). Beruang madu ini merupakan mascot Balikpapan yang sudah berada di ambang kepunahan.

      Kamu berencana ingin menjelajahi kota Balikpapan yang menawan ini? Coba sambangi beberapa rekomendasi hotel bintang tiga di Balikpapan yang dapat kamu jadikan sebagai referensi berikut ini.

       
       

       
      1. Mulai dari Favehotel Balikpapan, Hotel Favorit yang Sudah Terpercaya
       

       
      Favehotel Balikpapan via Agoda

       

       
      Inilah dia salah satu hotel berbintang tiga di Balikpapan yang dapat kamu jadikan sebagai referensi. Hotel ini adalah Favehotel Balikpapan.

      Hotel ini terletak di kawasan yang sangat strategis, yaitu di sekitar kawasan pusat kota Balikpapan. Lokasi tepatnya dari hotel ini adalah Jalan MT. Haryono nomor 78, Balikpapan.

      Para pengunjung juga sangat menyukai pelayanan yang diberikan oleh staf hotel ini. Kelebihan lain dari hotel ini adalah fasilitasnya yang juga dirasa sangat baik. Dengan demikian, para pengunjung merasa betah ketika berada di hotel ini.

      yang dimiliki oleh hotel ini. Ya, para pengunjung merasa bahwa uang yang mereka keluarkan telah sesuai dengan fasilitas yang mereka dapatkan selama berada di hotel ini.value for money Selain itu, para pengunjung juga sangat menyukai factor

      Berikut ini adalah foto-foto bagian fasilitas umum hotel ini:


      Resepsionis via Agoda

       

       



      Restoran via Agoda

       

       



      Meeting room via Agoda


      Interior via Agoda


      Ballroom via Agoda


      Meeting room via Agoda

       

       
      Hal ini membuat nuansa yang diciptakan menjadi lebih bersemangat.fuschia. Hotel ini bernuansa ceria dengan pemilihan warna-warna terang seperti kuning, oranye, maupun

      Sementara itu, berikut inilah bagian interior kamar hotel ini:

       

       

      Interior king room via Agoda

       

       



      Interior superior room via Agoda

       

       



      Interior standard twin room via Agoda

       

       
      Kelebihan lain dari hotel ini adalah fasilitas wifi yang terdapat bukan hanya di kamarmu, tetapi juga di berbagai area public hotel ini.

      Sementara itu, kekurangan hotel ini adalah ukurannya yang menurut beberapa reviewer adalah fasilitas sarapan pagi yang hanya tersedia untuk masyarakat lokal padahal terdapat wisatawan internasional yang menginap di hotel ini.
      Hotel ini mendapatkan nilai 7,2 atau very good menurut situs Agoda.
       


      Informasi

      Alamat       : Jalan MT. Haryono no. 28, Balikpapan

      No. telp      : (0542) 7585999

      Rate           : Mulai dari 268.000 per malam. Sudah termasuk sarapan. (Book Disini)
      Fasilitas     : Lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, dry cleaning, fasilitas rapat, faks, wifi, room service, dan masih banyak lainnya

      pukul 12.00check out pukul 14.00 dan Check in Tambahan :

       

       
      2. Swiss Belinn Balikpapan, Hotel Strategis di Balikpapan

       
      Swiss Belinn Hotel via Agoda

       

       
      Inilah dia hotel berbintang tiga selanjutnya yang dapat kamu jadikan sebagai referensi. Hotel ini adalah sebuah hotel strategis yang terletak di pusat kota Balikpapan, yaitu Swiss Belinn Hotel.

      Lokasi tepat dari hotel ini adalah Jalan Jendral Sudirman no. 345, Balikpapan. Hotel ini hanya berselang sekitar 5 menit berjalan kaki dari Plaza Balikpapan dan 15 menit berkendara dari Pasar Kebun Sayur. Para pengunjung juga dapat menyambangi Kebun Raya Wana Wisata yang dapat ditempuh dengan berkendara selama 20 menit dari hotel ini.

      Pengunjung yang datang ke hotel ini bukan hanya mereka yang berasal dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Para pengunjung yang berasal dari luar negeri datang dari Singapura dan Malaysia.

      Berikut ini adalah dokumentasi fasilitas umum di hotel ini:


      Meeting room via Agoda


      Fitness center via Agoda


      Resepsionis via Agoda

       

       

      Spa via Agoda


      Ballroom via Agoda


      Restoran via Agoda

       

       
      Interior hotel kebanyakan didominasi oleh warna seperti cokelat, oranye dan merah marun.

      twin. maupun king Kamu juga dapat memilih preferensi tempat tidurmu baik berupa deluxe room. dan superior Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah

      Para pengunjung juga sudah mendapatkan fasilitas sarapan pagi ketika menginap di hotel ini. Berikut ini adalah tampilan interior kamar hotel ini:

       

       

      Interior kamar standard room via Agoda

       

       



      Interior kamar deluxe via Agoda


      Interior kamar hotel via Agoda

       

       
      Kelebihan lain dari hotel ini adalah factor kebersihan. Hotel ini sangat memperhatikan kebersihannya sehingga membuat para pengunjung merasa nyaman berada di hotel ini. Para pengunjung juga sangat menyukai lokasi hotel ini karena hanya terletak sekitar 1 kilometer dari pusat kota Balikpapan.

      menurut situs Agoda. Kebanyakan para pengunjung juga sangat merekomendasikan hotel ini untuk menjadi pilihan akomodasimu selama menginap di kota Balikpapan.very good Hotel ini memiliki nilai 7,3 atau termasuk dalam kategori

       

       
      Informasi

      Alamat       : Jalan Jendral Sudirman no. 345 Balikpapan

      No. telp      : (0542) 746180

      Rate           : Mulai dari 323.000 per malam. Sudah termasuk sarapan. (Book Disini)
      Fasilitas     : fitness center, spa, room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, dry cleaning, fasilitas rapat, faks, area bisnis, ruang keluarga, dan area bermain.

      pukul 12.00check out pukul 14.00 dan Check in Tambahan :

       

       
      3. Hakaya Plaza Hotel, Hotel yang Elegan di Dekat Bandara Sepinggan

      Hakaya Plaza Hotel via Agoda

       

       
      Inilah dia hotel selanjutnya yang dapat kamu jadikan sebagai referensi selama berada di Balikpapan. Hotel ini memiliki interior yang elegan serta simpel yang bernama Hakaya Plaza Hotel.

      Hotel ini terletak tidak begitu jauh dari Bandara Sepinggan. Lokasi tepat dari hotel ini adalah Jalan Marsma Iswahyudi, Bandara Sepinggan, Balikpapan.

      Kebanyakan para pengunjung yang datang mengunjungi hotel ini merasa sangat senang dengan lokasi hotel ini yang strategis. Selain itu, para pengunjung juga sangat menyukai kebersihan yang ditawarkan oleh hotel ini.

      Para pengunjung sangat menyukai pelayanan yang diberikan oleh staf hotel ini. Para staf hotel melayani dengan sangat baik dan ramah sehingga membuat para pengunjung merasa betah selama berada di hotel ini.

      Berikut ini adalah tampilan fasilitas umum di hotel ini:


      Restoran via Agoda


      Restoran via Agoda


      Lounge via Agoda

      Meeting room via Agoda

       

       
      Interior hotel ini bernuansa warna ungu maupun putih. Hal ini membuat para pengunjung merasa betah berada di hotel ini.

      Hotel ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas sarapan pagi.twin. atau king Kamu juga dapat memilih preferensi apakah ingin menginap di kamar dengan tipe deluxe room. dan executive Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah

      Berikut ini adalah tampilan dokumentasi interior kamar hotel ini:


      Interior deluxe room via Agoda


      Interior twin room via Agoda


      Interior kamar mandi pribadi via Agoda


      Interior seating area via Agoda

       

       
      Kamar hotel ini sudah dilengkapi dengan AC, TV dan juga kamar mandi pribadi. Selain itu, penggunaan cat yang berwarna tenang seperti cokelat dan abu juga mampu membuat para pengunjung merasa nyaman berada di hotel ini.

      Kelebihan lainnya dari hotel ini adalah lokasinya yang strategis. Hotel ini dapat ditempuh dengan 15 menit berkendara dari pusat perbelanjaan E-Walk, 20 menit berkendara dari Plaza Balikpapan, dan 25 menit berkendara dari Pantai Manggar. Pasar Tradisional Sentral Kebur Sayur berjarak 30 menit berkendara. 

      credit card.Sementara itu, kekurangan dari hotel ini adalah sempat ada pengunjung yang mengeluhkan pembayaran hotel tidak bisa menggunakan fasilitas

      Kebanyakan pengunjung akan merekomendasikan hotel ini atau berencana menginap lagi di sini ketika mereka memiliki kesempatan berkunjung ke Balikpapan lagi.very good. Menurut situs Agoda, hotel ini memiliki nilai 7,3 atau termasuk dalam kategori

      Informasi

      Alamat       : Jalan Marsma Iswahyudi, Bandara Sepinggan, Balikpapan

      No. telp      : (0542) 7578888

      Rate           : Mulai dari 381.000 per malam. (Book Disini)
      .wake up serviceFasilitas     : room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, dry cleaning, fasilitas rapat, faks, area bisnis, check in dan check out kilat, kolam renang, restoran, meeting facilities, dan

      pukul 12.00check out pukul 14.00 dan Check in Tambahan :

       
       

       
      4. Whiz Prime Hotel Balikpapan, Hotel Tepat untuk Mengeksplor Balikpapan
       

      Whiz Prime via Agoda

       

       
      Salah satu pilihan hotel yang dapat kamu jadikan sebagai referensi selama kamu berada di Balikpapan adalah Whiz Prime Hotel.

      Hotel ini terletak di kawasan pusat kota Balikpapan. Lokasi hotel ini adalah di Jalan Jendral Sudirman no. 321 Balikpapan. Hotel ini memiliki kamar berjumlah 166 kamar.

      Kebanyakan para pengunjung yang datang mengunjungi hotel ini menyukai lokasi hotel ini yang sangat strategis. Dengan demikian, para pengunjung dapat mengunjungi berbagai destinasi wisata di Balikpapan dengan mudah dan terjangkau.

      Pengunjung yang datang menginap di hotel ini bukan hanya berasal dari dalam negeri, tetapi ada juga yang berasal dari luar negeri seperti Swedia. Para pengunjung sangat menyukai pelayanan yang diberikan oleh hotel ini karena para staf hotel melayani dengan sangat baik dan ramah.

      Para pengunjung juga sangat menyukai hotel ini yang bersih dan juga interior kamar yang modern. Hal ini membuat para pengunjung betah berada di hotel ini.

      Berikut ini adalah tampilan fasilitas umum di hotel ini:


      Resepsionis via Agoda


      Restoran via Agoda


      Restoran via Agoda


      Meeting room via Agoda

      Hotel ini memiliki fasilitas yang cukup menunjang pengunjung yang datang dan menginap di hotel ini. Interior hotel ini didominasi dengan warna hijau dan putih.

      ketika menginap di hotel ini. Para pengunjung juga dapat memilih sendiri ingin melengkapinya dengan fasilitas sarapan pagi atau tidak.twinatau king Para pengunjung dapat memilih sesuai dengan preferensinya apakah mereka ingin menginap di kamar dengan tipe deluxe room. dan standard Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah

      Berikut ini adalah tampilan dokumentasi interior kamar hotel ini:


      Interior twin room via Agoda


      Interior kamar hotel via Agoda

       

       
      Di kamar mandi juga tersedia sandal, shower dan perlengkapan mandi gratis.coffee/tea maker. Fasilitas yang tersedia di kamar hotel ini adalah AC, rak pakaian, TV kabel, brankas pribadi serta

      Kamu dapat menyambangi Mall Balikpapan yang berjarak sekitar 10 menit berkendara dari hotel ini. Selain itu, kamu juga dapat menyambangi Pantai Kemala yang berjarak 20 menit berkendara dari hotel ini.

      Sementara itu, kekurangan dari hotel ini adalah kebersihan hotel ini. Beberapa pengunjung mengeluhkan kebersihan hotel ini sehingga sangat berharap agar factor kebersihannya dapat ditingkatkan.

      Kebanyakan pengunjung akan merekomendasikan hotel ini ketika mereka memiliki kesempatan untuk menyambangi kota Balikpapan lagi.Very Good. Menurut situs Agoda, hotel ini memiliki nilai 7,2 atau termasuk dalam kategori

      Informasi

      Alamat       : Jalan Jendral Sudirman no. 321 Balikpapan

      No. telp      : (0542) 8800880

      Rate           : Mulai dari 323.000 per malam. (Book Disini)
      Fasilitas     : penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, room service, lobi 24 jam, binatu, dry cleaning, restoran, safety deposit boxes dan fasilitas rapat.

      pukul 12.00check out pukul 14.00 dan Check in Tambahan :

       

       
      5. Quest Hotel Balikpapan, Hotel Modern di Balikpapan

      Quest Hotel Balikpapan via Agoda

       

       
      Salah satu hotel di Balikpapan yang dapat kamu jadikan sebagai referensi selama berada di Balikpapan ini adalah Quest Hotel. Hotel bernuansa modern dan chic ini merupakan salah satu hotel yang terletak di kawasan pusat kota Balikpapan. Lokasi hotel ini adalah di Jalan Jendral Sudirman blok H no. 11 Balikpapan.

      Para pengunjung yang sudah datang dan menginap di hotel ini sangat menyukai lokasi hotel ini yang strategis. Ya, lokasi hotel ini terletak sekitar 4 kilometer dari Bandara Sepinggan. Selain itu, hotel ini berjarak sekitar 2 kilometer dari pusat perbelanjaan E-Walk.

      Para pengunjung juga sangat menyukai interior dan desain hotel yang bernuansa elegan dan chic.

      Berikut ini adalah tampilan beberapa fasilitas di hotel ini:


      Lobby via Agoda


      Restoran via Agoda


      Restoran via Agoda


      Meeting room via Agoda

       

       
      suite room. dan superior Interior hotel yang bernuansa chic dan elegan ini memiliki warna cokelat, ungu dan putih yang mendominasi. Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah

      Berikut ini adalah tampilan dokumentasi interior kamar hotel ini:


      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior twin room via Google


      Interior kamar hotel via Google

       

       
      Kamar hotel ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas wifi yang akan memudahkan akses internetmu. Akses wifi ini dapat kamu nikmati bukan hanya di dalam kamarmu tetapi juga di area public hotel ini.

      menurut situs Agoda.very good pernah mengalami fasilitas mati lampu ketika menginap di hotel ini. Hotel ini mendapatkan nilai 7,2 atau termasuk dalam kategori reviewer Sementara itu, kekurangan dari hotel ini adalah beberapa

      Hotel yang memiliki kamar berjumlah 79 kamar ini tentunya dapat kamu jadikan sebagai pilihan selama kamu menginap di kota Balikpapan.

      Informasi

      Alamat       : Jalan Jendral Sudirman blok H no. 11 Balikpapan

      No. telp      : (0542) 7571881

      Rate           : Mulai dari 398.000 per malam. (Book Disini)
      Fasilitas     : room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, dry cleaning, fasilitas rapat, faks, area bisnis, check in dan check out kilat, fitness center, kolam renang dan wakeup service.


      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       


      Nah, itulah dia penjelasan mengenai rekomendasi hotel bintang tiga di Balikpapan. Semoga artikel ini mampu menginspirasimu dalam mencari akomodasi terbaik selama berada di Balikpapan.

      Happy traveling!
       


       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Balikpapan adalah sebuah kota di Kalimantan Timur yang memiliki penduduk sebanyak 701.660 jiwa.      Kali ini, coba tengok Balikpapan, sebuah kota di Kalimantan Timur. Sebanyak 22% dari seluruh penduduk Kalimantan Timur mendiami kota ini. Balikpapan sendiri memiliki berbagai potensi pariwisata yang layak untuk dikembangkan.
      Kota ini seringkali disebut dengan sebutan Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung (Beruang Madu). Beruang madu ini merupakan mascot Balikpapan yang sudah berada di ambang kepunahan.
      Kamu berencana ingin menjelajahi kota Balikpapan yang menawan ini? Coba sambangi beberapa rekomendasi hotel bintang dua di Balikpapan yang dapat kamu jadikan sebagai referensi berikut ini.
       
      1. Mulai dari Best Inn Hotel Balikpapan, Hotel di Dekat Bandara


      Best Inn Hotel via Agoda
       
      Mari mulai referensimu dengan mengunjungi hotel Best Inn Hotel Balikpapan. Menurut situs Agoda, hotel ini adalah hotel berbintang dua yang sangat direkomendasikan di Balikpapan.
      Dari segi lokasi, hotel ini juga termasuk yang strategis karena terletak tidak begitu jauh dari bandara Sepinggan. Lokasi tepat dari hotel ini adalah Jalan MT. Haryono 77, kawasan Bandara Sepinggan, Balikpapan.
      Banyak pengunjung yang sangat merekomendasikan hotel ini karena hotel ini memiliki suasana yang tenang. Hal ini dapat membuat para pengunjung merasa betah berada di hotel ini.
      Berikut ini adalah foto-foto bagian fasilitas umum hotel ini:


      Resepsionis via Agoda
       
      Interior hotel ini didominasi dengan warna hijau dan kuning. Hal ini dapat membuat suasana menjadi lebih ceria dan menyenangkan bagi pengunjung yang menginap di hotel ini.
      Pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah kamar dengan jenis superior, junior suite dan executive suite.
      Sementara itu, berikut inilah bagian interior kamar hotel ini:


      Interior superior king room via Agoda


      Interior kamar mandi pribadi via Agoda
       
      Kelebihan lain dari hotel ini adalah fasilitas wifi yang terdapat bukan hanya di kamarmu, tetapi juga di berbagai area public hotel ini.
      Sementara itu, kekurangan hotel ini adalah ukurannya yang menurut beberapa reviewer masih terlalu kecil. Namun, secara keseluruhan, kamu dapat mendapatkan hotel budget dengan fasilitas yang cukup menyenangkan ketika menginap di hotel ini.
      Informasi
      Alamat       : Jalan MT. Haryono 77, Bandara Sepinggan, Balikpapan
      No. telp      : (0542) 8510800
      Rate           : Mulai dari 372.000 per malam. Sudah termasuk sarapan. (Book Disini)
      Fasilitas     : Lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, dry cleaning, fasilitas rapat, faks, coffee shop, luggage storage, concierge.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      2. Hotel Aiqo, Hotel di Pusat Kota Balikpapan


      Hotel Aiqo via Agoda
       
      Hotel ini adalah salah satu hotel yang strategis karena terletak di pusat kota Bogor. Lokasi tepat dari hotel ini adalah Jalan Apt. Pranoto no. 9, pusat kota Balikpapan.
      Fasilitas yang tersedia di hotel ini adalah lobi 24 jam, business center, jasa laundry, room service, coffee shop, luggage storage, area merokok, jasa antar jemput bandara dan masih banyak lainnya.
      Lokasinya yang strategis karena berada di dekat jalan raya juga memudahkan para pengunjung untuk mencapai hotel ini. Selain itu, para pengunjung juga menyukai pelayanan hotel yang ramah dan sopan.
      Berikut ini adalah dokumentasi fasilitas umum di hotel ini:


      Restoran via Agoda


      Resepsionis via Agoda


      Interior via Agoda
       
      Interior hotel kebanyakan didominasi oleh warna-warna gelap seperti cokelat tua, abu-abu dan hitam. Hal ini menambah nilai elegan pada hotel ini.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah deluxe, standard double dan standard twin. Berikut ini adalah tampilan interior kamar hotel ini:


      Interior kamar superior room via Agoda


      Interior kamar twin via Agoda
       
      Kelebihan lain dari hotel ini adalah factor kebersihan. Hotel ini sangat memperhatikan kebersihannya sehingga membuat para pengunjung merasa nyaman berada di hotel ini. Hotel ini sudah selesai direkomendasi sekitar tahun 2014.
      Namun, kekurangan dari hotel ini adalah fasilitas wifi yang hanya tersedia di area public. Kebanyakan para pengunjung juga sangat merekomendasikan hotel ini untuk menjadi pilihan akomodasimu selama menginap di kota Balikpapan.
      Informasi
      Alamat       : Jalan Apt Pranoto no. 9, pusat kota Balikpapan
      No. telp      : (0542) 750288
      Rate           : Mulai dari 258.000 per malam. Sudah termasuk sarapan. (Book Disini) (http://www.agoda.com/hotel-aiqo/hotel/balikpapan-id.html?cid=1586998)
      Fasilitas     : room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, dry cleaning, fasilitas rapat, faks, area bisnis.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      3. Hotel City, Hotel Elegan di Pusat Kota Balikpapan


      City Hotel via Agoda
       
      Selanjutnya, inilah dia hotel yang elegan dan terletak di pusat kota Balikpapan. Hotel ini didominasi oleh warna oranye dan biru sehingga membuat suasana yang diciptakan menjadi ceria dan elegan.
      Hotel ini terletak di kawasan pusat kota Balikpapan. Lokasi hotel ini adalah di Jalan Jendral Sudirman 45, Balikpapan.
      Kebanyakan para pengunjung yang datang mengunjungi hotel ini merasa sangat senang dengan ukuran kamar hotel yang besar dan luas. Selain itu, para pengunjung juga sangat menyukai lokasi hotel ini yang sangat strategis. Hal ini menyebabkan para pengunjung dapat dengan mudah menyambangi berbagai kawasan wisata di kota Balikpapan.
      Dari segi value for money, hotel ini juga menawarkan biaya yang sudah sesuai dengan ekspektasi dan fasilitas. Berikut ini adalah tampilan fasilitas umum di apartemen ini:


      Lobby via Agoda


      Lounge via Agoda


      Restoran via Agoda


      Fitness via Agoda
       
      Hotel ini didesain dengan nuansa sesantai mungkin sehingga membuat para pengunjung merasa seperti berada di rumah. Pada penggunaan warna cat, digunakan warna-warna terang seperti oranye dan biru untuk menciptakan nuansa bold ketika pengunjung sedang bersantai.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah business, deluxe dan city suite room. Para pengunjung pun telah mendapatkan fasilitas sarapan pagi ketika menginap di hotel ini.
      Berikut ini adalah tampilan dokumentasi interior kamar hotel ini:


      Interior kamar hotel via Agoda
       
      Kamar hotel ini sudah dilengkapi dengan AC, TV dan juga kamar mandi pribadi. Selain itu, penggunaan cat yang berwarna terang juga mampu membuat para pengunjung merasa nyaman berada di hotel ini.
      Kelebihan lainnya dari hotel ini adalah makanannya yang lezat. Ya, para pengunjung dapat menikmati makanan yang nikmat ketika mendapatkan kesempatan untuk berkunjung di hotel ini.
      Sementara itu, kekurangan dari hotel ini adalah wifi hotel ini yang hanya tersedia di kawasan area public. Selain itu, pada beberapa tempat, kondisinya masih tergolong agak kurang bersih sehingga hal ini menjadi kekurangan dari hotel ini.
      Kebanyakan pengunjung akan merekomendasikan hotel ini atau berencana menginap lagi di sini ketika mereka memiliki kesempatan berkunjung ke Balikpapan lagi.
      Informasi
      Alamat       : Jalan Jendral Sudirman 45 Balikpapan.
      No. telp      : (0542) 396175
      Rate           : Mulai dari 287.000 per malam. Book Disini
      Fasilitas     : lobi 24 jam, restoran, area merokok, jasa penyewaan mobil, room service 24 jam, concierge, jasa antar jemput bandara, taman, tempat parkir mobil, dan fasilitas wifi di area publik
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      4. The Star Hill Boutique Hotel, Hotel yang Sesuai untuk Bersantai


      The Star di Siang Hari via Agoda


      The Star Malam Hari via Agoda
       
      Ingin menginap di hotel yang tidak memiliki lantai terlalu banyak? Kamu bisa coba untuk menginap di The Star ini. Hotel ini adalah salah satu hotel yang direkomendasikan untukmu yang datang ke Balikpapan dengan tujuan liburan atau bersantai.
      Hotel ini terletak di kawasan pusat kota Balikpapan. Lokasi hotel ini adalah di Jalan Pupuk Raya 17-19 Balikpapan. Hotel ini memiliki kamar berjumlah 27 kamar.
      Kebanyakan para pengunjung yang datang mengunjungi hotel ini menyukai pelayanan dari hotel ini yang sangat ramah. Ya, para staf hotel mampu melayani dengan sangat baik dan ramah. Para pengunjung juga sangat menyukai kesopanan para staf hotel ini.
      Kelebihan lain yang dimiliki oleh hotel ini adalah suasana yang tenang. Ketika pengunjung masuk ke hotel ini, mereka akan disajikan dengan suasana yang tenang sehingga dapat membuat pengunjung merasa betah ketika berada di hotel ini.
      Para pengunjung juga sangat menyukai lokasi hotel yang strategis ini. Hotel ini terletak di pusat kota sehingga membuat para pengunjung merasa nyaman untuk menjangkau berbagai destinasi wisata yang terletak di kota Balikpapan.
      Ada pula pengunjung yang datang menginap dalam bentuk grup namun rupanya hal ini tidak mengurangi pelayanan yang diberikan oleh staf hotel. Hal ini mampu membuat para pengunjung merasa nyaman walaupun sedang berwisata dalam jumlah rombongan yang banyak.
      Berikut ini adalah tampilan fasilitas umum di hotel ini:


      Drop Off via Agoda


      Restoran via Agoda


      Resepsionis via Agoda
       
      Nuansa hotel ini yang nyaman memang membuat para pengunjung merasa betah berada di hotel ini. Interior hotel ini didominasi dengan warna seperti cokelat dan cokelat tua.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah superior double, superior twin dan star suite room. Para pengunjung juga akan mendapatkan fasilitas sarapan pagi ketika mereka menginap di hotel ini.
      Berikut ini adalah tampilan dokumentasi interior kamar hotel ini:


      Interior twin bed via Agoda


      Interior king bed via Agoda
       
      Kamar hotel ini sudah dilengkapi dengan AC, TV dan juga kamar mandi pribadi. Selain itu, kamar ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas wifi sehingga kamu dapat memanfaatkannya ketika kamu berada di kamar hotel ini.
      Kelebihan lainnya dari hotel ini adalah lokasinya yang strategis. Hotel ini terletak di pusat kota Balikpapan sehingga kamu dapat menyambangi berbagai destinasi wisata yang terdapat di kota Balikpapan dengan mudah.
      Sementara itu, kekurangan dari hotel ini adalah sinyal wifi yang masih tergolong kurang bagus. Meskipun dapat diakses di kamar, tetapi terkadang masih agak sulit untuk mendapatkan akses internet yang baik.
      Menurut situs Agoda, hotel ini memiliki nilai 6,7 atau termasuk dalam kategori Good. Kebanyakan pengunjung akan merekomendasikan hotel ini atau berencana menginap lagi di sini ketika mereka memiliki kesempatan berkunjung ke Balikpapan lagi.
      Informasi
      Alamat       : Jalan Pupuk Raya 17-19, Balikpapan
      No. telp      : (0542) 761595
      Rate           : Mulai dari 343.000 per malam. (Book Disini)
      Fasilitas     : room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, dry cleaning, coffee shop, concierge, dan fasilitas rapat.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      5. Mama House Balikpapan, Hotel Nyaman di Dekat Bandara Sepinggan


      Mama House via Agoda
       
      Bagi kamu yang ingin merasakan nuansa hotel bergaya nyaman seperti di rumah, kamu dapat mencoba mengunjungi hotel ini. Hotel ini adalah Mama Hotel di dekat Bandara Sepinggan ini.
      Hotel ini terletak di kawasan Bandara Sepinggan. Lokasi hotel ini adalah di Jalan Wiyata II no. 36, Balikpapan.
      Kebanyakan para pengunjung yang datang mengunjungi hotel ini merasa sangat senang dengan lokasi hotel yang sangat dekat dengan bandara. Hal ini cocok jika kamu berencana tidak ingin berlama-lama di Balikpapan atau hanya menjadikan Balikpapan sebagai tempat transitmu.
      Para pengunjung juga sangat menyukai interior dan desain hotel yang dibuat sangat homey sehingga pengunjung dapat merasa seolah-olah sedang berada di rumah ketika menginap di hotel ini. Hal ini membuat para pengunjung merasa betah berada di hotel ini.
      Berikut ini adalah tampilan fasilitas umum di hotel ini:


      Resepsionis via Agoda


      Interior hotel via Agoda


      Restoran via Agoda
       
      Hotel ini dibuat sedemikian rupa sehingga sangat cocok denganmu yang ingin menginap di hotel yang mirip seperti rumah. Nuansa yang nyaman ini juga menjadi nilai tambah dari hotel yang satu ini.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini adalah superior twin bed, superior king bed dan deluxe.
      Berikut ini adalah tampilan dokumentasi interior kamar hotel ini:


      Superior room via Agoda


      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior kamar hotel via Agoda


      Interior kamar mandi via Agoda
       
      Kamar hotel ini sudah dilengkapi dengan AC, TV dan juga kamar mandi pribadi. Kelebihan lainnya dari hotel ini adalah lokasinya. Hotel ini dapat terletak tidak begitu jauh dari Bandara Sepinggan.
      Sementara itu, kekurangan dari hotel ini adalah agak sulit untuk menemukan transportasi umum dari hotel ini. Hal ini karena hotel ini terletak tidak di pinggir jalan raya.
      Menurut situs Agoda, hotel ini memiliki nilai 6,4 atau termasuk dalam kategori Good. Kebanyakan pengunjung akan merekomendasikan hotel ini atau berencana menginap lagi di sini ketika mereka memiliki kesempatan berkunjung ke Balikpapan lagi terutama dalam jangka waktu yang tidak begitu lama.
      Informasi
      Alamat       : Jalan Wiyata II no. 36 Balikpapan.
      No. telp      : (0542) 766777
      Rate           : Mulai dari 202.000 per malam. (Book Disini)
      Fasilitas     : room service, lobi 24 jam, penyewaan mobil, antar jemput bandara, penitipan bagasi, binatu, dry cleaning, fasilitas rapat, faks, area bisnis, check in dan check out kilat, area merokok dan wake up service.
      Tambahan : Check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00
       
      Nah, itulah dia penjelasan mengenai rekomendasi hotel bintang dua di Balikpapan. Semoga artikel ini mampu menginspirasimu dalam mencari akomodasi terbaik selama berada di Balikpapan.
      Happy traveling!