Sign in to follow this  
travellinglover

Dojo tofu, tahu atau keju?

28 posts in this topic

pernah ke jepang belum?kalo belum, saya kenalin dulu sama yang namanya makanan enak dari jepang. kebetulan saya hobi makan, jadi kuliner apa aja, pasti saya embat. kali ini saya mau bahas yang namanya dojo tofu. tahu, tapi bentuknya kaya keju, bolong bolong gitu kalo belum diolah, rasanya, mantep banget, gurih renyah.

tapi, dibalik rasa enaknya, tau gak cara pembuatannya?

nah, saya pernah denger, pembuatan dojo tofu ini sebenernya tergolong sadis. kenapa sadis?karena ini melibatkan loach atau yang biasa dikenal dengan belut kalo di indonesia, tapi kecil kecil yang masih hidup. (dojo = loach)

ini gambar loach nya

ocean.jpg

sebelum menjadi sebuah dojo tofu, semangkuk air dipanaskan sampai mendidih. nah, pada saat lagi panas itu, tahu dimasukkan ke dalam air mendidih tadi. dan gak lupa, beberapa loach yang masih hidup. karena kepanasan, si loach pun lari ke tahu yang tentu suhunya masih dingin sampe akhirnya mati juga di dalam tahunya

karena loach tadi berebut buat bisa masuk ke dalam tahu, itu kenapa tahunya jadi bolong2 kaya keju. saat si loach mati di dalam tahu, itu yang membuat tahunya jadi gurih, dan enak banget menurut saya. apalagi setelah diolah dikasi bumbu kaya toucu, hmmm, yummi

ini dojo tofunya

loach2.jpg

tapi buat yang kuat membayangkan loach mati kesiksa, jangan makan dojo tofu ini ya :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

wooowwwwwwwwww........... mantap banget. tapi g tau rasanya gmn :(

kira2 kalo versi indonesia ni makanan seperti apa ya mas rasa2nyaaa????

seperti ketoprak/gado2/cendol/nasi goreng/kentang rebus/dll???

hahahhahaaha.............

bingung juga saya :)

tapi unik juga yaaaa ni makanan, heheheheehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ohh...

jadi si belut itu mati di tahu nya, jadi di dalam tahu ada belutnya.

unik juga cara pembuatanya (diluar pri beletutan :P ).

yang saya aneh, kenapa harus belut..?

ada sejarahnya mungkin...?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ohh...

jadi si belut itu mati di tahu nya, jadi di dalam tahu ada belutnya.

unik juga cara pembuatanya (diluar pri beletutan :P ).

yang saya aneh, kenapa harus belut..?

ada sejarahnya mungkin...?

dari awal dipilih belut itu, karena dia punya sisi respon terhadap panas yang cepet. saat dia kepanasan, dia langsung merespon tubuhnya untuk mencari tempat dingin. kalo hewan2 yang gak gitu bisa respon, takutnya bisa mateng duluan tahunya sebelum proses yang disebutin diatas kejadian :D

wooowwwwwwwwww........... mantap banget. tapi g tau rasanya gmn :(

kira2 kalo versi indonesia ni makanan seperti apa ya mas rasa2nyaaa????

seperti ketoprak/gado2/cendol/nasi goreng/kentang rebus/dll???

hahahhahaaha.............

bingung juga saya :)

tapi unik juga yaaaa ni makanan, heheheheehe

mm, kaya apa ya, omelet kali ya mungkin bisa mewakili. atau pernah makan tahu singapur belum?coba beli di d cost, nah tu kan gurih, ini lebih gurih lagi dari tahu itu.. :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

*Agak gak penting, tapi* Berarti kita makan belut yg masih ada kumisnya ya mas? Geliii :D

Kejam ih, itu namanya menyiksa binatang, walopun itu beberapa binatang kodratnya untuk dimakan sama manusia *halah*. PETA belom protes soal ini ya?

Etapi saya kira Dojo itu cuma buat tempat latian bela diri sih, ternyata bisa berarti tahu juga ya *tambah ilmu*. Terimakasih loh mas postingannya. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

wedew.. makanan-makanan di dunia emang bnyk yg sadis-sadis ya? wkwkw.. Kl baca cerita tentang makanan-makanan kaya gini, saya jd ngerasa kayanya ga tega makan makanan seperti itu. Pdhl keliatannya tanpa belut pun uda napsuin itu makanannya wkwk

Share this post


Link to post
Share on other sites

*Agak gak penting, tapi* Berarti kita makan belut yg masih ada kumisnya ya mas? Geliii :D

Kejam ih, itu namanya menyiksa binatang, walopun itu beberapa binatang kodratnya untuk dimakan sama manusia *halah*. PETA belom protes soal ini ya?

Etapi saya kira Dojo itu cuma buat tempat latian bela diri sih, ternyata bisa berarti tahu juga ya *tambah ilmu*. Terimakasih loh mas postingannya. :)

PETA itu apaan ya mas? kaya nama prajurit pejuang pas jaman perjuangan dulu..

kalo ada kumisnya apa gak, sama kaya makan belut sih. belut yang digoreng juga kan jarang banget ada yang dibersihin dulu. tapi kumisnya itu bakal ilang kalo kena panas

Dojo itu belut. kalo dojo tempat bela diri, kayanya bukan jepang deh mas. coba cek lagi, saya juga kurang ngerti kalo ditanya asal muasal kata ni :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

wedew.. makanan-makanan di dunia emang bnyk yg sadis-sadis ya? wkwkw.. Kl baca cerita tentang makanan-makanan kaya gini, saya jd ngerasa kayanya ga tega makan makanan seperti itu. Pdhl keliatannya tanpa belut pun uda napsuin itu makanannya wkwk

kalo saya, jujur sih, makan tahu gitu doang gak suka. mau digoreng, mau dijadiin tahu sumedang, tetep aja kurang minat. tapi setelah dibuat jadi kaya gitu, rasanya enakkk banget mas. jadi kepengen makan lagi :P ya tega gak tega sih makannya

Share this post


Link to post
Share on other sites

PETA itu apaan ya mas? kaya nama prajurit pejuang pas jaman perjuangan dulu..

kalo ada kumisnya apa gak, sama kaya makan belut sih. belut yang digoreng juga kan jarang banget ada yang dibersihin dulu. tapi kumisnya itu bakal ilang kalo kena panas

Dojo itu belut. kalo dojo tempat bela diri, kayanya bukan jepang deh mas. coba cek lagi, saya juga kurang ngerti kalo ditanya asal muasal kata ni :D

PETA itu organisasi perlindungan hak2 hewan mas. Kan belutnya dibunuh tidak dengan peri-kebinatangan tuh. Biasanya sih PETA bereaksi keras untuk hal2 seperti itu. :D

Kalau menurut om Wiki, Dojo itu

bangunan tempat kompetisi, pertandingan, latihan, dan belajar (keiko) untuk semua cabang seni bela diri Jepang.

*waduh jadi OOT gini*.

Share this post


Link to post
Share on other sites

PETA itu organisasi perlindungan hak2 hewan mas. Kan belutnya dibunuh tidak dengan peri-kebinatangan tuh. Biasanya sih PETA bereaksi keras untuk hal2 seperti itu. :D

Kalau menurut om Wiki, Dojo itu

*waduh jadi OOT gini*.

haha, tapi kayanya belut gak masuk hitungan deh. jadi PETA itu sama WWF bedanya apa? sama2 untuk hewan kan?

oh jadi bener ya, dojo itu digunakan untuk istilah di bela diri jepang ya? nice info mas, tq :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

aneh banget ya cara masaknya. unik sekali. mereka bisa sampe ketemu cara seperti ini dapet dari mana ya? apa kebetulan gitu kali ya..

iya, saya juga gak habis pikir ini, dapet aja mereka idenya, padahal dojo itu di hawai (negara asalnya) dipake buat umpan mancing loh, bukan untuk dimakan. eh di jepang malah jadi favorit. emang jepang ni makanannya aneh aneh :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

waks? itu benerean direbus idup idup belutnya mas? sadis amat? trus tahunya bener bener dingin gitu? secara logika, bukannya mestinya kalo bareng bareng dimasukin, airnya panas, tahunya juga ikut panas ya?

mungkin gini kali ya : airnya dipanasin, dimasukin belut idup, baru dimasukin tahu besar yang baru diambil dari kulkas. jadi tahunya masih dingin keadaannya. gitu bukan ya? ini logika saya doang loh ya

Share this post


Link to post
Share on other sites

geli banget ngebayanginya...

itu belut berkutat dalam panas terus masuk ke tahu.

padahal sudah tahu cara pembuatanya, tapi masih banyak yang makan yah sepertinya?

apa disana gak ada kayak lembaga perlindungan hewan yah? jadi hewan asal bisa dimakan mau diapain aja gpp gt..?

Share this post


Link to post
Share on other sites

geli banget ngebayanginya...

itu belut berkutat dalam panas terus masuk ke tahu.

padahal sudah tahu cara pembuatanya, tapi masih banyak yang makan yah sepertinya?

apa disana gak ada kayak lembaga perlindungan hewan yah? jadi hewan asal bisa dimakan mau diapain aja gpp gt..?

iya tuh...kasian banget, btw...belutnya ngga pake dibersihin, dicuci ato di buang kotorannya gitu?? waduh... sehat ngga ya kan kotoran belut ngikut jg???

Share this post


Link to post
Share on other sites

waks? itu benerean direbus idup idup belutnya mas? sadis amat? trus tahunya bener bener dingin gitu? secara logika, bukannya mestinya kalo bareng bareng dimasukin, airnya panas, tahunya juga ikut panas ya?

mungkin gini kali ya : airnya dipanasin, dimasukin belut idup, baru dimasukin tahu besar yang baru diambil dari kulkas. jadi tahunya masih dingin keadaannya. gitu bukan ya? ini logika saya doang loh ya

hihi, iya bener. secara logikanya mas udah sama kaya yang terjadi di lapangan, pinter juga :P

emang udah pernah makan atau gimana mas? kayanya tau banget gitu?

Share this post


Link to post
Share on other sites

geli banget ngebayanginya...

itu belut berkutat dalam panas terus masuk ke tahu.

padahal sudah tahu cara pembuatanya, tapi masih banyak yang makan yah sepertinya?

apa disana gak ada kayak lembaga perlindungan hewan yah? jadi hewan asal bisa dimakan mau diapain aja gpp gt..?

ya jangan dbayangin belut mbak, bayangin aja kalo itu ikan, hehe

itu kan hewan yang biasa dimakan mbak, jadi gak mungkin dilindungi. bagaimana cara mengolahnya, ya gitulah bentuknya. itu kenapa disebut kuliner sadis. sedangkan ayam aja masih ada ada yang disiksa lebih parah mbak..

Share this post


Link to post
Share on other sites

iya tuh...kasian banget, btw...belutnya ngga pake dibersihin, dicuci ato di buang kotorannya gitu?? waduh... sehat ngga ya kan kotoran belut ngikut jg???

hihi, mungkin lebih bisa dianalogikan sama teri mbak. kan gak mungkin ya kita buang kotoran teri? gak bisa toh? nah gitu juga belut ini. kecil kecil gimana gitu bentuknya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

hihi, iya bener. secara logikanya mas udah sama kaya yang terjadi di lapangan, pinter juga :P

emang udah pernah makan atau gimana mas? kayanya tau banget gitu?

nebak sih si sebenernya mas :P

secara logika aja, kalo emang tahunya panas, kan gak mungkin tu belut mau masuk ke tahu panas, tetep aja kan kesiksanya, mending kesiksa di airnya dong kata belutnya, hehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

tega ga tega ini makannya... :D belutnya menggeliat2 gt pas dipanasin... hadeuhhhn :(

kalo makan disana, kayanya gak diliatin deh pas waktu belut belut nya dipanasin, kecuali mau live show ngeliat cara masaknya

cara buatnya sadis banget, d siksa gitu, perlahan tapi pasti :(

iya, perlahan tapi pasti, pasti mati. kasian kalodipikir pikir. tapi yang namanya enak, pasti jadi buruan banyak orang mbak

wah, kejam juga yah cara pembuatanya.

soalnya, si belut itu seperti di siksa dulu sebelum kita makan.

kayaknya, lebih baik belut itu langsung di bunuh secara cepat biar gak ke siksa dulu.

yang mau dihasilkan dari proses ini kan tahunya mas, bukan belutnya. ntar tahunya jadi bolong bolong kaya keju. rasanya pun jadi semakin gurih karena ntar belutnya ketinggal di dalam tahu itu. kalo pas hasilnya bagus, tahunya masih kotak, kalo gak bagus karena kebanyakan bolongnya, tahunya bakal remuk

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this