• 0

IKAN ASAP SAMBAL COLO-COLO


Question

Posted

Siapa tak kenal Ambon? Kota yang terkenal dengan nama Ambon Manise ini merupakan kota terbesar di kepulauan Maluku sekaligus ibukota Provinsi Maluku. Tak hanya terkenal dengan Manggurebe Arumbae (Festival Teluk Ambon)-nya, kota ini juga tersohor karena keindahan panorama alamnya yang cantik dengan dominasi kawasan pantai yang memukau. Ya, keindahan ini pulalah yang mengundang para turis domestik maupun mancanegara untuk berlama-lama menghabiskan liburan atau sekedar berwisata di kota musik ini.
 
Berwisata di Kota Ambon, tentu tak lengkap tanpa mencicipi dan mengantongi oleh-oleh khas Ambon. Salah satu kuliner khas Ambon yang paling banyak diminati para turis adalah ikan asap atau biasa dikenal dengan Ikang Asar. Hidangan tradisional ini biasa dimanfaatkan sebagai buah tangan karena daya tahannya cukup lama.
 
Bahan baku hidangan ini adalah ikan laut, terutama ikan tongkol (ikan cakalang) dan ikan tuna. Hidangan ini dapat ditemukan di hampir semua tempat di Kota Ambon, terutama di kawasan Galala, Kecamatan Sirimau, dan Desa Ative Kecil, Ambon. Di tempat-tempat ini kita bisa melihat kios-kios pedagang ikan asap yang menyajikan ikan asap dengan berbagai jenis dan ukuran. 
 
125.161.59.206f1172bcc956fc1ea0e410ec7f6
 
Biasanya, kios-kios ini buka mulai pukul 07.00 WITA hingga pukul 15.00 WITA. Segera setelah menginjakkan kaki di kota ini, Anda akan langsung mencium aroma lezat daging cakalang dan tuna yang diasap dengan kayu bakar. Ya, inilah keunikan kudapan ini. Aroma dan rasa ikan yang diasap dengan kayu bakar jauh lebih khas dan lebih nikmat daripada diasap dengan pemanggang modern.
 
Pembuatan ikan asap umumnya dilakukan pada pagi hari. Biasanya, ikan cakalang dan tuna yang baru ditangkap langsung diasap sehingga masih dalam keadaan segar. Proses pembuatannya pun cukup mudah. Pertama, ikan tangkapan yang masih segar dibelah menjadi dua agar kematangannya terjamin. Kedua, buang isi perut ikan lalu bersihkan dagingnya dengan air jeruk nipis agar tidak amis. 
 
Selanjutnya, ikan tersebut ditusuk dengan bambu dan disusun rapi pada besi pemanggang. Proses pengasapan pertama memakan waktu sekitar dua jam (menunggu asap kayu bakar mengepul), sedangkan pemanggangan selanjutnya sekitar 30 – 45 menit. Saat diasapi, kita bisa mengoleskan bumbu racikan dan minyak sayur agar ikan asap ini bisa bertahan lama dan rasanya tetap enak meskipun disimpan di lemari es. 
 
Saat matang, ikan dinaikkan ke tingkatan besi yang lebih tinggi, begitu seterusnya. Setelah berwarna kemerahan, ikan diangkat dari perapian lalu didinginkan sebelum dijual. Ikan ini bisa bertahan sampai lima hari setelah pengasapan dan seminggu jika dimasukkan dalam lemari es. Ikan asap yang akan dijadikan oleh-oleh biasanya di-pack dalam kardus dan dialasi daun pisang. 
 
Harganya? Cukup mahal memang, namun sebanding dengan kelezatan yang ditawarkan. Pedagang ikan asap biasa membandrol harga dengan kisaran Rp 20.000,00 – Rp 30.000,00 per ekor. Variasi harga ini bergantung pada ukuran dan jenis ikan yang diasap. Agar lebih nikmat, ikan asap biasa disajikan dengan nasi putih dan sambal colo-colo, sambal khas Ambon. 
 
Bagi Anda yang membawa ikan asap sebagai oleh-oleh atau mendapat oleh-oleh ikan asap dari rekan Anda, Anda bisa membuat sendiri sambal colo-colo ini. Caranya, siapkan 10 buah cabai merah yang diiris kasar, 6 siung bawang merah yang diiris kasar, 2 sdm kecap manis, 1 sdm mentega cair atau minyak goreng, dan 1 sdm air jeruk nipis. Setelah itu, campurkan semua bahan tersebut, aduk rata, lalu hidangkan dengan ikan asap. 
 
Jika suka, Anda bisa menambahkan lalapan sayur mentah seperti kacang panjang dan selada. Tentu, acara makan ikan asap sambal colo-colo ini akan menjadi semakin nikmat. Nah, tunggu apa lagi? Segera berwisata ke Kota Ambon dan nikmati ikan asap sambal colo-colo. Dijamin, nafsu makan Anda yang menurun akan melonjak-lonjak pada detik pertama hidangan ini menggoyang lidah Anda. 
Iskandar Alam and Jalan2 like this

Share this post


Link to post
Share on other sites

8 answers to this question

  • 0

Posted

gurih benerr neh kayanya  :salut

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

sambal colo-colo yang di maksud apa bedanya dengan sambal yang biasa ada di jakarta mas?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Wah Mantabbbzzz........... , lama beta tara makang ikan asap sambal colo-colo deng dabu-dabu manta dan papeda so beta jadi kangen pengen makang lg 

 

kpn yah bs makan lg...? :senyum  :salut

haruskah aku ke ambon dulu :( ..., supaya bisa makan ikan asap sambal colo-colo  :D

I very liked Ikan Asap Sambal Colo-Colo :wub:

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

papeda, dabu-dabu manta, dabu-dabu bakasang jg suka  :salut  :senyum  :rate

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

@tiara: sambal colo-colo seperti ini: 

                                                 

 

Iskandar Alam likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Cakalang asap ambong, emang top

Jadi rindu kesana lagi

Nih saya tambahin foto saat bikin nya ..

 

Tuna_asap_1.jpg

 

lezat ...

 

tuna4.jpg

 

 

 

Jalan2 and Iskandar Alam like this

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

hehehe wah, semuanya pada suka makanan laut nih ^^

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

di Jakarta ada yg jual ga ya....?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now