travellinglover

ternyata, sirip ikan hiu itu..

17 posts in this topic

udah pada tau kan makanan favorit di cina? apalagi kalo bukan sup sirip ikan hiu.. nah saya baru tau ini, kalo ternyata, pembuatan olahan makanan sejenis sup yang dicari banyak orang itu banyak menimbulkan masalah..

apa masalahnya?yang pasti keseimbangan biota laut.

mengapa?

oke, awal mencoba, mungkin kita semua yang udah pernah ngerasain cuma bisa berkomentar, sirip ikan hiu itu enak. tapi tau bagaimana satu mangkuk sirip ikan hiu yang menjadi simbol kekayaan orang orang di cina ini dibuat?

saya kaget mendengarnya karena ternyata, ikan hiu yang diambil siripnya tidak dibunuh, bahkan dilepas lagi. ya dengan keadaan sudah tidak memiliki sirip.

sirip-hiu-78.jpg

ini karena, daging ikan hiu tidaklah begitu sehat. bodinya yang besar juga kadang membuat orang bingung untuk mengolahnya. jadi setelah ditangkap dan diambil siripnya, hiu tersebut pun dilepas

akibat hal ini, hiu tersebut akan lebih cepat mati. dengan keadaan lebih cepat mati, maka puncak teratas rantai makanan di dalam laut tentu akan menghilang. maka tidak seimbanglah kehidupan laut.

begitu seterusnya

jadi walaupun enak, coba pikir2 kembali untuk menikmati sup sirip ikan hiu ini. banyak hal yang harus kita pertimbangkan sebelum kita bisa memuaskan hasrat kita. walaupun dapat dikatakan berkelas setelah bisa menyicipi sup yang mahal ini, bukan berarti Anda akan dipandang juga sebagai orang berkelas

pilih mana, nyicipin satu mangkuk dibawah ini, atau menyelamatkan hiu?

HuyCV.jpg

save the earth :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

...BUKAN untuk dimakan, seriously. saya pecinta ikan, saya pemakan ikan, tapi saya tidak pernah mau dan tidak pernah tertarik untuk makan ikan hiu, siripnya ataupun badannya. suka miris pas tau berita ada ikan hiu yang ditemukan bangkainya tanpa sirip. sekalian aja lah bunuh2in hiu nya, daripada dipotong cuma buat diambil siripnya terus dilepas lagi. gimana cara nya si hiu berenang coba. gak dipikiran kali ya? *maaf numpang kesal di thread ini*

Share this post


Link to post
Share on other sites

-____- pernah makan bayi hiu, sekali aja, trus nyesel. awalnya gak tau, makan di tempat pelelangan ikan gitu di jogja. nah temen udah mesen. trus keasikan makan, karna enak memang.. tapi yang masih kecil..

TAPI, setuju kalo ikan hiu jangan dibunuh/diambil siripnya, harus dilarang. dan sedihnya, yang diekspor ke manca negara yaa hiu2 yang ada di indonesia. ujung ujungannya keseimbangan makhluk laut berkurang..

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalau ke Ancol pagi-pagi pasti ada yang tahu nelayan menjajakan berbagai jenis ikan di tepi pantai untuk di jual kepada para pengunjung pantai di Ancol memang masih segar2 dan salah satunya yang pernah saya lihat bayi hiu juga di jual di sini....untuk harganya saya kurang tahu karena melihatnya saja sudah merasa kasihan dengan cara kita tidak membelinya itu sudah salah satu upaya untuk menyelamatkan hewan ini bukan :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Pilih nyelamatin Hiu doooong..

Kadang heran si sama manusia (lhoo.. saya juga manusia kan ya :D). Demi untuk hal yang sebenarnya nggak mendesak, sekedar makanan enak, tega menyiksa dan mengorbankan yang seharusnya dipelihara dan dilestarikan..

Share this post


Link to post
Share on other sites

susah juga ya, karena hiu itu mahal makanya banyak orang yang mau ambil keuntungan dari penjualannya. Waktu itu pernah saya lihat temen saya makan sesuatu terus saya di tawarin katanya mau gak saya tanya itu apa, dia bilang daging hiu, saya kira dia bercanda terus saya tetap makan ternyata rasanya agak aneh dan dia ternyata gak bercanda. Pas saya tanya dapat darimana kata dia memang banyak yang jual, rata-rata para penjual itu cuma ambil siripnya dan kalau hanya dagingnya di jual dengan harga lebih murah. Bahkan di daerah sya yang bukan perkotaan pun masih banyak penjual hiu

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo saya sih mending pilih nyelametin hiu deh... soalnya selain menjaga keseimbangan biota laut juga menjada keseimbangan dompet saya. hehehe tau kan harga sup sirip ikan hiu, walopun gak tau tepatnya berapa tapi kita tau semua kalo itu mahal...

jadi sebaiknya dihindari deh ya ;)

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo semua bagian dari hiu dipake sih ga apa2 kali ya. asal bukan species yang langka. tapi masalahnya orang yang cari ikan hiu tapi yang di potong cuma siripnya aja terus hiunya di buang lagi ke laut.

Share this post


Link to post
Share on other sites

...BUKAN untuk dimakan, seriously. saya pecinta ikan, saya pemakan ikan, tapi saya tidak pernah mau dan tidak pernah tertarik untuk makan ikan hiu, siripnya ataupun badannya. suka miris pas tau berita ada ikan hiu yang ditemukan bangkainya tanpa sirip. sekalian aja lah bunuh2in hiu nya, daripada dipotong cuma buat diambil siripnya terus dilepas lagi. gimana cara nya si hiu berenang coba. gak dipikiran kali ya? *maaf numpang kesal di thread ini*

bener mas, saya juga kadang kesel sendiri.. pertanyaannya, kenapa sih gak sekalian ambil satu ekor aja daripada cuma hanya diambil siripnya, trus kemudian dilepas lagi.. miris banget emang, tapi itu lah sisi tamak manusia.. dan jangan salah, untuk satu mangkuk harga sup sirip ikan hiu ini, mahal banget mas

wowww... yg bener?? waduh, kasian, pantes banyak hiu yg terdampar... aduhh... berapa banyak itu hiu yang begtu,,, nyiksa amat ya,. ;(

bener mas, nyiksa banget. udah gak kehitung lagi berapa banyak yang terdampar. mending itu yang terdampar, ada juga yang mati gitu aja di dasar laut karena udah gak bisa berenang lagi. ini semestinya jadi perhatian komunitas alam. tapi sayang, sekarang masih berat ke hutan doang

Share this post


Link to post
Share on other sites

Iya ini makanan sirip ikan hiu emang parah sich. Agak sadis. Katanya itu emang hanya makanan prestige aja, kl dr segi rasa, katanya sirip ikan hiu itu rasanya hampir tawar, jadi yg bikin enak itu sebenarnya ya bumbu-bumbunya saja. Mungkin org-org chinese dulu mikir hiu kan uda penguasa tuh, kl kita bisa makan hiu brarti kita lebih penguasa dr penguasa *kali*.

Tp intinya, sebisa mungkin jgn makan sirip ikan hiu dech. Kl jd vege sich agak sulit, tp stidaknya kita sebisa mungkin menjaga supaya jangan merusak ekosistem aja :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

-____- pernah makan bayi hiu, sekali aja, trus nyesel. awalnya gak tau, makan di tempat pelelangan ikan gitu di jogja. nah temen udah mesen. trus keasikan makan, karna enak memang.. tapi yang masih kecil..

TAPI, setuju kalo ikan hiu jangan dibunuh/diambil siripnya, harus dilarang. dan sedihnya, yang diekspor ke manca negara yaa hiu2 yang ada di indonesia. ujung ujungannya keseimbangan makhluk laut berkurang..

kalau ke Ancol pagi-pagi pasti ada yang tahu nelayan menjajakan berbagai jenis ikan di tepi pantai untuk di jual kepada para pengunjung pantai di Ancol memang masih segar2 dan salah satunya yang pernah saya lihat bayi hiu juga di jual di sini....untuk harganya saya kurang tahu karena melihatnya saja sudah merasa kasihan dengan cara kita tidak membelinya itu sudah salah satu upaya untuk menyelamatkan hewan ini bukan :)

kalo saya pikir, makan seekor gitu gapapa, jadi bener bener ditangkap, dimasak, trus dimakan, asal jangan sering sering karena sampe sekarang hiu masih belum termasuk hewan yang dilindung. tapi yang jadi masalah, kalo siripnya doang gitu, itu yang kasian.

untuk masalah anak hiu, di bandung ada tempat ikan bakar di gerlong, disana juga ada ikan hiu, tapi baby hiu, sekali lagi, seekor2 gitu ya, bukan siripnya doang CMIIW mas mbak :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Bacanya jadi gak enak hati, abis tiap ke resto diluar negeri atau makan di hotel untuk sup pembuka selalu sup hisit ( sirip) ikan hiu.Pernah di Singapore makan sama orang Perancis ternyata dia pecinta lingkungan hidup, kita pesan sirip ikan hiu dan abalone dia gak mau. Akhirnya dia pesan menu lain dan kita 2 sih tetep aja sirip ikan hiu dan abalone, biasa mumpung dibayar kantor

Share this post


Link to post
Share on other sites

harga hisit diatas 10 jt /kg kering  harga matang min 1.2 jt prmangkuk /10 orang .harga menu pemeja min 4 jt/10 orang Ada hisitnya hanya orang2 kaya yang bisa pesan menu tersebut pesta dengan hisit prestise naik apalagi+Xo

dan hanya ortu2 jaman dulu yang menyukainya tapi mereka tidak mengetahuinya cara bisa ada hisit di meja makan mungkin setelah mengetahuinya????  jadi dikarenakan harga hisit kering mahal pemburu ikan hiu diseantero dunia trus tambah banyak

ya semoga ada jalan keluarnya sirip diambil daging dimanfaatkan total Seperti di tayangan TV Indonesia dagingnya di bagi2 sekampung dikeringkan dijual kepasar

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now