• 0
Sign in to follow this  
praspraspras

Napak Tilas Sikunir, Gunung di Negri Para Dewa

Question

INTRO

Dieng, yang terletak di Wonosobo, merupakan tempat yang dijuluki negeri para dewa. ini bisa langsung terasa saat pertama kali menginjak dieng. semua hal terasa berbau lebih mistis daripada tempat tempat lain yang pernah saya kunjungi sebelumnya

Di dalam kawasan Dieng, banyak sekali terdapat candi candi. ritual ritual dan kepercayaan masyarakatnya juga masih kental dengan hal mistis, sebut saja rambut gimbal contohnya

Dieng dikeliling banyak gunung, salah satunya adalah Sikunir. Gunung yang dikatakan sangat pas dengan julukannya sebagai puncak matahari. Saat dipuncak, suhu bisa mencapai -10 derajat. Di pagi hari, jika beruntung, maka kita bisa menemukan sebutir es di ujung2 daun.

pengalaman inilah yang tidak bisa terlupakan. diterpa angin malam yang begitu kencang, dingin yang menusuk hingga tulang, bersama bulan dan bintang yang benderang. Sungguh menakjubkan anugrah yang maha kuasa

DETAIL PERJALANAN

saya berangkat dari Jakarta waktu itu. yang saya kejar adalah dieng culture festival. tapi, sebelum itu, saya sempatkan untuk menginap di atas puncak sikunir. Dengan bermodal tenda dome ukuran 4 orang, beberapa baju hangat dan makanan saya merangkak naik ke puncak sikunir.

Dari Jakarta saya naik bisa. Jurusan Wonosobo. Tiketnya kurang begitu saya ingat. Kurang lebih 35ribu kalau tidak salah. AC executive.

Tiba di wonosobo pukul 4 pagi, saya harus menunggu kurang lebih 4 jam untuk bisa naik ke kaki sikunir. menggunakan elf dengan biaya kurang lebih 10 ribu

sampai di kaki gunung, saatnya saya harus berjalan kaki, kurang lebih 1 jam dengan medan yang tidak begitu sulit tapi lumayan membuat ngos ngosan. lebih banyak ilalang dan rumput saat itu

begitu juga yang saya lakukan sebaliknya pada saat pulang kembali ke Jakarta

FOTO FOTO

kurang puas rasanya kalau sudah sampai di sana, tidak sempat mengabadikan semua momen terbaik yang pernah saya rasakan. didampingi sindoro dan sumbing, foto foto yang saya ambil begitu sempurna rasanya

foto satu. malam di sikunir yang berhias bintang

252598_3944254757380_289703703_n.jpg

foto dua. seribu warna tenda di kegelapan malam sikunir

547582_3763178715850_1380668133_n.jpg

foto lainnya silahkan cek thread saya yang lain

ini ceritaku, mana ceritamu?

Share this post


Link to post
Share on other sites

5 answers to this question

  • 0

AC executive 35ribu? Termasuk murah dong mas? Atau normal ya? Saya waktu itu sampai kena 75ribu-an deh, AC executive Sin*r Harap*n. Apa karena emang bulan Juni (liburan anak sekolah), dan kebetulan lagi ada festival juga di Dieng ya waktu itu? Hmm. Mesti pinter2 cari waktu yang tepat buat ke Dieng nih berarti biar pengeluaran juga gak membengkak.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

AC executive 35ribu? Termasuk murah dong mas? Atau normal ya? Saya waktu itu sampai kena 75ribu-an deh, AC executive Sin*r Harap*n. Apa karena emang bulan Juni (liburan anak sekolah), dan kebetulan lagi ada festival juga di Dieng ya waktu itu? Hmm. Mesti pinter2 cari waktu yang tepat buat ke Dieng nih berarti biar pengeluaran juga gak membengkak.

eh iya, salah 75 ribu juga waktu itu *baru liat tiket, wkwkwk.. maaf2, ntar saya edit deh.. berarti waktu itu tanggal yang sama dong ke diengnya?saya juga pas ada festival dieng waktu itu.. cuma males upload fotonya aja. :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

berarti waktu itu tanggal yang sama dong ke diengnya? saya juga pas ada festival dieng waktu itu.. cuma males upload fotonya aja. :D

Iya mas nya, waktu itu saya ke Dieng karna ada festival bulan Juni 2012. Festival Anak Gimbal itu bukan ya? Kalo iya, barengan dong kitaa berarti sebenernya hihihi. Tapi saya gak lama2 sih di festival nya, panas bangeeett. Gak persiapan sama cuaca panas (baca: gak bawa topi dan teman2nya), persiapannya sama cuaca dingin, secara nyarinya niatnya gunung hehehe..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Iya mas nya, waktu itu saya ke Dieng karna ada festival bulan Juni 2012. Festival Anak Gimbal itu bukan ya? Kalo iya, barengan dong kitaa berarti sebenernya hihihi. Tapi saya gak lama2 sih di festival nya, panas bangeeett. Gak persiapan sama cuaca panas (baca: gak bawa topi dan teman2nya), persiapannya sama cuaca dingin, secara nyarinya niatnya gunung hehehe..

iya bener, pas acara festival anak gimbal..

wah, sama dong ya, tapi niatnya beda, saya nyarinya festivalnya, tapi nyempetin waktu ke sikunir, kalo mas memang mau ke sikunirnya, tapi festival diengnya jadi additionalnya ya? sama tempat, sama tujuan, sama waktu, tapi beda niat ternyata :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this