• agoda-hemat.png

Sign in to follow this  
Banyusmom

Wisata Air Terjun Gunung Rian

8 posts in this topic

Keindahan air terjun memang selalu memikat hati siapa saja. Guyuran air yang pecah diantara bebatuan menjadikan suatu pemandangan yang sangat menakjubkan. Ditambah lagi, dengan eksotisme alam yang mengelilingi meluncurnya air dari ketinggian ini. Suara gemuruh dan percikan air yang jatuh memberikan nuansa yang khas ketika berada di wisata air terjun. Di Indonesia yang 70% daerahnya merupakan perairan sudah barang tentu banyak menyuguhkan pemandangan air terjun yang sangat eksotis dan menarik. Hanya saja, masih banyak keindahan alam yang belum diolah secara baik dan benar sehingga sangat sayang untuk dilewatkan.

 

Salah satu keindahan air terjun yang dimiliki bumi nusantara ini adalah air terjun Rian yang terletak di kaki Gunung rian, Kalimantan Utara. Sebelumnya air terjun ini merupakan aset wisata daerah Bulungan, akan tetapi adanya pemekaran wilayah sekarang objek wisata ini menjadi milik Kabupaten Tana Tidung, tepatnya di kecamatan Sesayap.

 

post-34-0-21119900-1368547758_thumb.jpg

 

Di namakan dengan air terjun Rian karena memang berlokasi di Kampung Rian, selain memang air terjun ini berada di kaki Gunung Rian yang terdapat di Kalimantan Utara. Air terjun ini menyimpan banyak keindahan yang tidak anda dapatkan di lokasi wisata air terjun lainnya. Inilah salah satu keunikan wisata air terjun dimanapun tempatnya. Selalu menyajikan sesuatu yang berbeda dan unik, sehingga pengunjung tidak akan bosan.  Nah, ketika anda mengunjungi objek wisata air terjun Rian ini, anda akan disuguhi pemandangan yang sungguh luar biasa indahnya. Airnya jernis menambah kesegaran yang tiada tara yang dihadirkan melalui percikannya yang pecah dibebeatuan. Pemandangan sekitar air terjun Rian ini juga sangat mempesona mata, anda akan dipameri dengan keindahan hutan tropis nan eksotis dan khas. Inilah salah satu daya tarik objek wisata air terjun Rian di Kalimantan Utara. Vegetasi hutan tropis yang beragam menjadikan wisatawan betah berlama-lama di tempat ini. Anda akan dengan mudah mendapatkan atau menjumpai saah satu flora khas Kalimantan yaitu pohon Ulin. Pohon yang bernama latin Aeusideroxylon zwageri ini merupakan vegetasi hutan tropis yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi karena kualitas kayunya yang memang berkualitas super ini.

 

Bagi anda yang gemar dengan tantangan di alam terbuka, tempat ini merupakan lokasi yang tepat untuk anda mengekspresikan kebebasan anda. Cobalah melintasi jalan poros yang membetang di sepanjang desa sekitar Rian, anda akan dapat melihat air terjun Rian ini dari jalan yang anda lalui. Jarak yang harus anda lalui dari tepi jalan poros ini hingga sampai pada lokasi air terjun Gunung Rian ini kurang lebih 2 km. Untuk sampai pada lokasi air terjun ini anda tak perlu khawatir, sebab jalan masuk hingga lokasi yang anda tuju sudah bagus, meskipun belum beraspal. Meski melalui jalan yang belum beraspal anda namun perjalanan yang anda lakukan bisa menjadikan waktu tempuh anda semakin pendek. Perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki menempuh jalan setapak yang jaraknya tidak terlalu jauh. Anda hanya cukup menyiapkan fisik dengan baik, sebab jalan yang akan anda lalui adalah tanjakan dengan jalan tanah yang cukup licin. Setelah berhasil melalui jalan licin dan mendaki ini, anda akan disuguhi dengan pemandangan hutan tropis yang indah disertai dengan kicau burung liar yang sungguh menyenangkan dan nyaman, sesekali anda akan bertemu dengan beruk yang memang banyak hidup di hutan Kalimantan ini.

 

post-34-0-65082200-1368547764_thumb.jpg

 

Sampai di air terjun Rian anda akan disuguhi dengan pemandangan yang sungguh luar biasa indahnya. Air yang mengalir dari sebuah tebing yang curam ini akan menampakkan kebebasannya jatuh menimpa bebeatuan di bawahnya. Di beberapa bagian air terjun ini akan nampak seperti melewati tebing yang landau saja. Air terjun Rian ini memiliki tingkatan-tingkatan, umumnya pengunjung hanya sampai pada tingkat ke dua saja. Sebab untuk sampai pada tingkatan yang selanjutnya dibutuhkan tenaga ekstra, apalagi untuk sampai pada tingkat ke tujuh yang merupakan puncak air terjun Rian ini. Di tingkat dua ini memang air yang jatuh belum terlalu tinggi, namun air terjun tingkat dua ini memiliki areal yang lebih luas disbanding dengan tingkatan seanjutnya. Jadi anda bisa bermain air dengan nyaman dan menyenangkan. 

 

Dikarenakan lokasi air terjun Rian ini yang cukup jauh dari kota, maka masih jarang wisatawan yang berkunjung ke sini. Hal inilah yang mungkin menjadikan air terjun Rian ini masih asri, bersih, dan pastinya sepi pengunjung. Namun demikian, pemerintah terus mengupayakan untuk mengembangkan potensi wisata yang dimilik air terjun Rian ini kepada wisatawan baik lokal maupun internasional. Jadi kapan anda akan mengunjungi air terjun Rian ini?

 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this