Sign in to follow this  
Rene

Wisata Alam Baning, Sintang, Kalimantan Barat

3 posts in this topic

Sumber daya alam serta kekuatan ekosistem hutan di Indonesia memang terkenal akan kekayaannya, bahkan diakui dunia hutan Indonesia menjadi paru paru dunia. Namun seiring itu, diperlukan juga penanganan secara optimal agar kelestarian hutan dan lingkungan tetap terjaga serta menekan angka eksploitasi liar terhadap alam kita. 
 
detik_IMG_0303.jpg
 
20112010133.jpg
 
Nah, untuk itu perlu penyisihan sebagian areal yang digunakan sebagai kawasan konservasi. Tujuannya, untuk konservasi sumberdaya alam dan pelaksanaan pengawetan keanekaragaman genetik (flora maupun fauna) serta mewujudkan keseimbangan ekosistem lingkungan. Untuk mewujudkan itu, pemerintah khususnya pemerintah daerah menggalakkan konservasi, salah satunya yang ada di kota Sintang yakni hutan wisata Baning.
 
Hutan wisata Baning merupakan suatu kawasan pelestarian sumberdaya alam yang letaknya berada di tengah tengah kota Sintang. Secara administratif, berada dalam wilayah Kelurahan Baning Kota dan Kelurahan Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Luasnya mencapai kurang lebih 215 hektar.  Udaranya yang sejuk dan segar, pohonnya yang rindang dan hijau, kicauan beraneka burung, menjadikan hutan Wisata Alam Baning tepat sekali dipilih sebagai tempat rekreasi alam bersama sanak saudara maupun kerabat yang mengasyikan.
 
Hutan ini merupakan hutan tropis dengan ditumbuhi berbagai macam jenis flora dan fauna serta tumbuh beribu ribu macam pohon yang besar.  Keberadaan hutan wisata ini di pusat kota selain sebagai kawasan konservasi juga diharapkan dapat berperan sebagai paru-paru kota. Ekosistem di hutan ini termasuk yang masih utuh, termasuk keberadaan flora yang terdapat di dalamnya seperti Bunga Kantong Semar, berbagai jenis anggrek Hutan dan fauna seperti kelasi serta berbagai jenis burung endemik. Selain itu, tumbuh berbagai jenis pohon dan tanaman liar dan termasuk langka, sehingga selain sebagai tempat wisata yang menarik, kawasan ini juga dapat dijadikan tempat penelitian tentang kekayaan hayati bagi ilmuan, mahasiswa, pelajar, dan bahkan masyarakat umum
 
Keistimewaan hutan wisata Baning ini karena merupakan hanya satu satunya hutan tropis alami di Indonesia yang berada di tengah-tengah kota. Selain itu, hutan ini memiliki keunikan ekosistem kawasan, karena merupakan hutan rawa gambut yang tergenang sepanjang tahun sehingga diperkirakan terdapat beberapa jenis tumbuhan endemik.
 
Di hutan Wisata Alam Baning ini juga terdapat sebuah laboratorium yang dijadikan sebagai sarana pendukung penelitian dan pengembangan berbagai kekayaan hayati di kawasan ini. Kita yang ingin tahu tentang dasar dasar ilmu kehutanan, juga bisa mampir disini dan mendapatkan informasi sebanyak banyaknya dari laboratorium ini. Enak kan, selain rekreasi kita juga bisa menambah wawasan kita. 
 
Nah, bagi kita penyuka olahraga lintas alam, di kawasan ini disediakan jalan setapak yang berkelok kelok  hingga ke dalam hutan dengan medan yang cukup menantang. Tersedia juga area camping ground yang luas dan aman sehingga bagi kita yang ingin berkemah dan melakukan kegiatan outdoor, dapat diakomodir disini juga. Tersedia juga sebuah jembatan kayu yang membelah hutan, sehingga dapat kita gunakan untuk sekadar menikmati kesejukan dan kekayaan hayati kawasan tersebut dari ketinggian.
 
Fasilitas umum lain yang ditawarkan diantaranya, hotel, losmen, wisma dengan berbagai tipe sebagai penginapan rombongan wisatawan, pusat informasi pariwisata, tempat peribadatan, serta sentra oleh oleh dan cinderamata. Tak ketinggalan, apabila kita tidak membawa bekal yang cukup, tenang saja, juga ada warung makan, kantin pedagang asongan serta pedagang kaki lima yang siap memuaskan perut kita agar tidak keroncongan.
 
Cukup mudah akses untuk mencapai hutan wisata ini. Dari pusat Kota Sintang kita dapat mengaksesnya dengan menggunakan bus, minibus, angkutan kota, atau kendaraan pribadi. berjalan kaki atau bersepeda dari pusat Kota Sintang. Menyenangkan bukan, kalau kita bisa rekreasi alam, menyegarkan pikiran, menghilangkan kepenatan sambil belajar tentang hutan di hutan Baning ini.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

wahhhhhhhhh........

udah lama banget g menelusuri hutan kalimantan, jaman2 SMA dulu sering ikut acara cross country nya di balikpapan untuk menelusuri Hutan Lindung Sungai Wain, wahhh.......g terasa +- 8 tahun lalu  :terpesona

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this