Sign in to follow this  
Banyusmom

Ber-Wisata Religi ke Masjid Kubah Mas, Depok

16 posts in this topic

Kegiatan berwisata berarti adalah mengunjungi sebuah tempat dengan tujuan utama melakukan wisata. Kegiatan berwisata memiliki berbagai manfaat. Manfaat yang paling utama adalah mengembalikan kesegaran pikiran. Padatnya rutinitas kerja dengan tekanan yang berat terkadang memerlukan kegiatan refreshing untuk melepaskan kepenatan. Tidak hanya bagi orang dengan rutinitas padat dan beban pekerjaan yang berat, setiap orang pada dasarnya memerlukan refreshing tak peduli apa pun profesinya.

 

Terdapat beberapa jenis kegiatan berwisata. Ada wisata alam dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang memiliki keindahan panorama alam, wisata pantai yang sarat akan kegiatan wisata bahari, wisata sejarah dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah, wisata religi yang kegiatannya mengunjungi tempat-tempat sakral keagamaan dan lain sebagainya. Dari berbagai jenis wisata di atas, semuanya memiliki tujuan yang sama: melakukan penyegaran pikiran alias refreshing.

 

post-34-0-10727000-1370707702_thumb.jpg

 

Salah satu jenis wisata yang akhir-akhir ini sedang tren adalah wisata religi. Wisata religi dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat yang sakral untuk berziarah atau pun untuk beribadah. Refreshing yang ingin didapatkan selain penyegaran pikiran juga penyegaran spiritual ke arah yang lebih positif. Wisata religi yang banyak diminati tidak hanya seputar tempat wisata religi yang berada di Indonesia saja, namun juga tempat wisata religi yang berada di luar negeri. Tempat wisata religi di negara  China, Timur Tengah, India, dan Israel merupakan destinasi wisata religi yang banyak diminati masyarakat Indonesia.

 

Salah satu destinasi wisata religi di Indonesia yang cukup banyak menyita perhatian adalah masjid terbesar dan termegah di Asia Tenggara yang terletak di kota Depok, Jawa Barat. Masjid megah berkubah emas ini adalah Masjid Dian Al Mahri yang didirikan oleh seorang pengusaha dermawan asal Banten. Masjid ini memiliki lima kubah, sebuah kubah utama dan empat kubah kecil di kanan dan kiri kubah utama. Masjid yang seluruh kubahnya terdiri dari mozaik yang berlapis mas 24 karat ini lebih dikenal sebagai masjid kubah mas Depok. Terletak di Jl. Raya Maruyung, kecamatan Limo, Depok masjid ini tak pernah sepi dari wisatawan yang berkunjung.

 

post-34-0-37151500-1370707708_thumb.jpg

 

Bangunan berarsitektur megah ini cukup banyak menyedot wisatawan untuk datang. Pada masa mendatang, kawasan masjid kubah mas akan dikembangkan menjadi kawasan terintegrasi Islamic Center dengan masjid sebagai pusat kegiatannya.  Masjid Dian Al Mahri dibangun di areal lahan seluas kurang lebih 50 hektar dengan total bangunan masjid delapan ribu meter persegi. Kemegahan masjid ini telah tampak dari kejauhan. Pintu gerbang terpisah antara jamaah putra dan putri. Begitu mmasuki masjid, suasana masjid khas Timur Tengah langsung terasa. Masjid ini memiliki enam menara yang menjulang  tinggi yang melambangkan rukun iman. Di dalam masjid, terdapat seratus enam puluh delapan pilar berwarna kuning kemasan yang indah. 

 

Keistimewaan dari segi arsitektur adalah desainnya yang luar biasa. Interior dan ekstrior masjid dibangun dengan cita rasa khas bangunan masjid di Timur Tengah. Di langit-langit masjid terdapat kaligrafi dengan material dasar kuningan berlapis mas. Masjid ini juga telah menerapkan teknologi modern seperti pada warna lukisan langit-langit yang dapat berubah warna menurut waktu salat yang dioperasikan dengan sistem komputer.

 

Masjid Kubah Mas Depok dibuka untuk umum kecuali pada hari Kamis. Hari Kamis merupakan hari untuk mempersiapkan kegiatan salat Jumat keesokan harinya. Intensitas  kunjungan tertinggi adalah pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Masjid ini mulai dibuka untuk umum pada akhir tahun 2006. Hingga kini, kunjungan wisatawan ke masjid megah ini terus meningkat.

 

post-34-0-27425300-1370707714_thumb.jpg

 

Selain bangunan utama masjid yang megah, beberapa fasilitas pendukung juga terdapat di areal masjid ini. Terdapat gedung Islamic Center, gedung serba guna, auditorium, dapur umum, kios penjual makanan, tempat penginapan, mini market, taman bunga yang indah, rumah makan, toko butik, toko souvenir, lahan parkir seluas tujuh ribu meter persegi. Kawasan arel ini rencananya juga akan dibangun rumah sakit, universitas, sekolah perawat dan pesantren.

 

Tarif parkir di kawasan ini adalah sepuluh ribu rupiah untuk bus, tiga ribu rupiah untuk mobil kendaraan keluarga dan dua ribu rupiah untuk kendaraan roda dua. Waktu terbaik mengunjungi masjid Kubah Mas pada siang hari. Saat siang keindahan arsitektur masjid akan terlihat jelas, terutama kemegahan kubah masnya yang berwarna kuning kemasan ditimpa cahaya matahari. Taman di sekitar masjid juga sangat indah. Di beberapa tempat pengelola melarang pengunjung untuk mengambil foto.

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Okky Kusuma, dulunya mikir gitu jg sih, soalnya pas kesana, ruameeeee banget, sampai2 jalan aja susah. Tapi, jadi komersial mungkin juga terlalu bagus juga sih bangun mesjid, pdhal tau sndiri masyarakat Indonesia yang ..... yaah begitulah .... seneng yang bagus-bagus, hehehe ...

Share this post


Link to post
Share on other sites

sering melewati tapi jarang mampir.

entah kenapa kok menurut saya Mesjid ini menjadi sarana komersial yah...

Setuju bro. Udah repot kalau semuanya dikomersilkan

Share this post


Link to post
Share on other sites

sering melewati tapi jarang mampir.

entah kenapa kok menurut saya Mesjid ini menjadi sarana komersial yah...

 

 

@Okky Kusuma, dulunya mikir gitu jg sih, soalnya pas kesana, ruameeeee banget, sampai2 jalan aja susah. Tapi, jadi komersial mungkin juga terlalu bagus juga sih bangun mesjid, pdhal tau sndiri masyarakat Indonesia yang ..... yaah begitulah .... seneng yang bagus-bagus, hehehe ...

 

 

ya begitulah orang-orang kota sekarang ini bro...

Share this post


Link to post
Share on other sites

pernah kesini dulu sekali

sering melewati tapi jarang mampir.

entah kenapa kok menurut saya Mesjid ini menjadi sarana komersial yah...

betul  bro,ane jufa meliatnya seperti itug

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ane juga ngelihatnya seperti itu,berdasarkan pengalaman ane beberapa kali kesana...selalu dikecewakan oleh oknum2 tukang parkir warga sekitar mungkin...okelah kl ketika masuk diwajibkan menbayar biaya masuk 10.000,lama  atau sebentar ttp 10.000 ,padahal ane cuma numpang shalat maghrb...(lebih maha ldr parkir mall tuh)..dan anehnya ketika ,ketika pulang harus ngasih ke tukang parkir,di area parkir,okelh msh wajar...tp yg bikin kurang ajar,ketika sa

 

betul  bro,ane jufa meliatnya seperti itug

mpai gerbang keluar harus bayar 5000 lagi ketika memulangkan karcis masuk,dgn alasan utk kebersihan kebun...hadeeeeh ini bukan masalh uangnya,emang tidak seberapa,tp sangat mengganggu keikhlasan kita dlm beribadah,kok terkesannya tempat ibadah dimanfaatkan oleh orang2 yg tidak bertanggung jawab,tp pihak managemen masjid atau DKM seakan melakukan pembiaran...

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 8/27/2015 at 1:41 PM, deffa said:

@fian

iya seh sering dengar soal oknum tukang parkir disini

sayang pemkot Depok nya gak mau bergerak

Ga mungkin lah bergerak lah wong itu masjid punya pribadi kok, hehehe. Rumah sy pas di dinding pagar masjid ini.

On 8/27/2015 at 1:41 PM, deffa said:

@fian

iya seh sering dengar soal oknum tukang parkir disini

sayang pemkot Depok nya gak mau bergerak

Ga mungkin lah bergerak lah wong itu masjid punya pribadi kok, hehehe. Rumah sy pas di dinding pagar masjid ini.

On 8/27/2015 at 1:41 PM, deffa said:

@fian

iya seh sering dengar soal oknum tukang parkir disini

sayang pemkot Depok nya gak mau bergerak

Ga mungkin lah bergerak lah wong itu masjid punya pribadi kok, hehehe. Rumah sy pas di dinding pagar masjid ini.

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 hour ago, asepf said:

Ga mungkin lah bergerak lah wong itu masjid punya pribadi kok, hehehe. Rumah sy pas di dinding pagar masjid ini.

 

wah mesjid punya pribadi itu? kirain pembangunan Pemkot @asepf

Share this post


Link to post
Share on other sites
3 hours ago, deffa said:

wah mesjid punya pribadi itu? kirain pembangunan Pemkot @asepf

bukan Mas pokoknya kaya banget deh, udah pernah berkunjung kah? di sebelah masjid ada istananya, pernah juga empunya berkunjung menggunakan helikopter. Setelah berkunjung ke Masjid ini baiknya berkunjung juga ke depannya ada perkampungan 99 pepohonan, komunitas yang back to nature:  mereka konsumsi makanan yang dihasilkan sendiri, ada terapi sengat lebah dan juga yoghurt alami.  Atau bisa juga ke arthayasa stable belajar berkuda, dulu sempat jadi lokasi lomba sea games loh.

Share this post


Link to post
Share on other sites
39 minutes ago, asepf said:

bukan Mas pokoknya kaya banget deh, udah pernah berkunjung kah? di sebelah masjid ada istananya, pernah juga empunya berkunjung menggunakan helikopter. Setelah berkunjung ke Masjid ini baiknya berkunjung juga ke depannya ada perkampungan 99 pepohonan, komunitas yang back to nature:  mereka konsumsi makanan yang dihasilkan sendiri, ada terapi sengat lebah dan juga yoghurt alami.  Atau bisa juga ke arthayasa stable belajar berkuda, dulu sempat jadi lokasi lomba sea games loh.

belum pernah euy, liat di tipi doank hehe

orang indonesia yang punya? @asepf

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this