Sign in to follow this  
bangchangkyu

TUGU JOGJA, nggak boleh buat foto-foto lagi??

9 posts in this topic

Pasti pada tau Tugu Jogja dong? Ini kan salah satu land mark dari Kota Jogjakarta. Letaknya tepat di tengah-tengah perempatan di kota ini. Lalu lalang kendaraan nggak pernah sepi kecuali tengah malem... :D

Selain pusat kota, Tugu Jogja ternyata menyimpan banyaaaak kisah dan filosofis lho... Konon, tugu ini dulu dibangun sama Sultan Hamengkubuwono ke-1 ya? Dulu katanya ini didirikan sebagai tempat Sultan buat meditasi gitu. Orang-orang sekitar juga mempercayai tugu ini punya kekuatan magis karena merupakan penghubung laut selatan, keraton, sama Gunung Merapi. Waktu zaman penjajahan dulu juga, Tugu ini dibuat sebagai simbol pemersatu kekuatan dan semangat rakyat Jogja. Beeuuuhhh mantap banget ini tugu.

karena berbagai cerita yang melatarbelakanginya, Tugu Jogja jadi magnet para turis, baik loka maupun luar. Yang ke Jogja kayaknya kurang afdhol kalo ga foto-foto di landmark yang satu ini. Bukti gitu kalo kita udah pernah ke jogja... heheheh.... apalagi kalo udah malem, foto di sini ngantri... biar satu sama lain ga masuk ke frame foto orang lain heheh... terus, emang udah disediain buat turis, jadinya beberapa meter di lingkarin, dibuat garis aman dari lalu lalang kendaraan yang melintas dari berbagai arah.

Tapi sayang seribu sayang, kata temen aku, yang kemarin mudik ke Jogja,, Tugu Jogja udah nggak diperbolehin buat jadi tempat foto-foto lagi... wahh nggak tau sih alesan jelasnya.. mungkin ada yang tau? Sayang banget.. padahal katanya juga banyak mahasiswa jogja yang dari luar kalo lulus suka melukin tugu ini dan jadi tempat yang kayaknya wajib gitu buat didatengin...

hfhfff... untungnya udah pernah tiduran di sana sambil foto2,,, hahhahah :lol:

Share this post


Link to post
Share on other sites

syukur deh jaman kuliah dulu sempetin gila-gilaan di sana.

kalo udah memasuki jam 8 ke atas kawasan tugu emang mendadak jadi tempat anak-anak muda foto-fotoan deh. setiap yang pernah ke jogja kalo gak ada foto di malioboro, di alun-alun, atau di tugu belum sah pergi ke jogja.

kalao sekarang dilarang mungkin karena agak bahay untuk pengguna lalu lintas di sana. karena kebetulan tugu jogja kan emang di tengah perempatan gitu ya?

kalau yang niat banget foto di sana dini hari aja kali, mudah-mudahan gak ada polisi atau satpol PP yang nangkep.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ouww udah gak boleh foto2 lagi ya? Aku yg tinggal di jogja malah gak tau. TS tau darimana? Soalnya dari lebaran sampai sekarang tugu jogja lagi diperbaikin. Ditutup mengeliling pake seng tinggi gitu...

Setauku tugu jogja mau diangkat, ditinggiin lagi, soalnya dengan berkembangnya jaman dan maraknya pembangunan jalan membuat sebagian bawah tugu jogja terpendam gt, ada yg gak keliatan. Tp setauku nanti boleh dipake foto2 lagi kok. Lagian kalo gak boleh, gak ada yg jagain juga. Hehe :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ouww udah gak boleh foto2 lagi ya? Aku yg tinggal di jogja malah gak tau. TS tau darimana? Soalnya dari lebaran sampai sekarang tugu jogja lagi diperbaikin. Ditutup mengeliling pake seng tinggi gitu...

Setauku tugu jogja mau diangkat, ditinggiin lagi, soalnya dengan berkembangnya jaman dan maraknya pembangunan jalan membuat sebagian bawah tugu jogja terpendam gt, ada yg gak keliatan. Tp setauku nanti boleh dipake foto2 lagi kok. Lagian kalo gak boleh, gak ada yg jagain juga. Hehe :P

ya mgkin utk sementara gk bole foto2 karna ada renovasi ya, krna gk lucu jga pas renovasi kita foto2 eh kepoto semen jatoh dari atas nimpa kepala :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ouww udah gak boleh foto2 lagi ya? Aku yg tinggal di jogja malah gak tau. TS tau darimana? Soalnya dari lebaran sampai sekarang tugu jogja lagi diperbaikin. Ditutup mengeliling pake seng tinggi gitu...

Setauku tugu jogja mau diangkat, ditinggiin lagi, soalnya dengan berkembangnya jaman dan maraknya pembangunan jalan membuat sebagian bawah tugu jogja terpendam gt, ada yg gak keliatan. Tp setauku nanti boleh dipake foto2 lagi kok. Lagian kalo gak boleh, gak ada yg jagain juga. Hehe :P

aku tau dari temen-temen yang pada mudik...

terus kemarin sempet diobrolin juga sama yang baru pada ke sana...

iya kali ya.. karna lagi ada renovasi... betul betul... nggak ada yang jagain... nggak ada peraturan tertulis yah? heheheheh

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, br tau loh kl Tugu Jogja ternyata punya cerita se-seru ini. Jadi agak merinding dengernya, tapi .... emg sayang sih kl udh ga blh buat foto2 lagi cuz gak bakal punya cerita2 seru buat anak cucu kelak, cieeee ..... mdh2n sih cm gara2 renovasi aja ya....

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this