Sign in to follow this  
Followers 0
etiquoe

tips Ask: Cara cepat membedakan madu asli atau palsu?

9 posts in this topic

Suka madu, karena banyak manfaatnya dan aman untuk digunakan..

Cuma masalahnya, masih sering tertipu kalo beli madu yang tanpa brand..

Salah satu cara yang saya tau untuk membedakan antara madu asli atau bukan adalah dengan menyimpan sedikit sampel madu tersebut di kulkas. Kalo beku berarti palsu. Tapi cara seperti itu kan bisa membuktikan madu asli atau enggak sesudah madunya dibeli. Kepinginnya, dari awal mau beli, kita sudah bisa mendeteksi dengan cepat kalo madu itu palsu atau enggak.

Nah, temen-temen jalan2ers di sini, ada yang punya tips masalah ini? Gimana kita bisa dengan cepat mendeteksi keaslian madu, jadi gak pas udah terlanjur dibeli dan dikonsumsi, baru ketauan kalo palsu?

Kalo ada saran atau tips, mohon di share yaaaaa

Thanks

:)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Saya pernah mendengar kalo tidak salah, cara tradisional untuk mengecek madu palsu itu memakai Piring yang dikasih air.

kalo air di piringnya tidak keruh, bearti itu madu asli karena kadar airnya sedikit.

nah, kalo madu palsu, lama-lama air yang di piring itu bakal menjadi keruh. karena memiliki kadar air yang sangat banyak,..

mungkin itu saja yang saya ketahui mas.

adakah kawan-kawan yang bisa menambahkan...?

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya sempat baca juga di artikel kesehatan, kalo madu palsu mudah dikerubungi semut karena mengandung sukrosa, sedangkan madu asli sukrosa sudah dipecah menjadi glukosa dan fruktosa, dan juga tidak bagus buat penderita diabetes.....makannya beli yang asli yah....

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalau saya pernah mengetes madu dengan cara teteskan madu pada kertas, madu yang palsu akan terserap sama kertas karena kadar airnya yang tinggi. selamat mencoba :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo dari kekentelannya gmn? saya sih kalo milih rata2 yang kentel dan yang warnya nya pekat gitu...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Saya pernah mendengar kalo tidak salah, cara tradisional untuk mengecek madu palsu itu memakai Piring yang dikasih air.

kalo air di piringnya tidak keruh, bearti itu madu asli karena kadar airnya sedikit.

nah, kalo madu palsu, lama-lama air yang di piring itu bakal menjadi keruh. karena memiliki kadar air yang sangat banyak,..

mungkin itu saja yang saya ketahui mas.

adakah kawan-kawan yang bisa menambahkan...?

ok.. thanks infonya :)

saya sempat baca juga di artikel kesehatan, kalo madu palsu mudah dikerubungi semut karena mengandung sukrosa, sedangkan madu asli sukrosa sudah dipecah menjadi glukosa dan fruktosa, dan juga tidak bagus buat penderita diabetes.....makannya beli yang asli yah....

Pernah baca juga nih, tapi ada temen yang bilang, tergantung jenis madunya, ada yang dikerubungi, ada yang enggak.. rada bingung jadinya :D

btw thanks :)

kalau saya pernah mengetes madu dengan cara teteskan madu pada kertas, madu yang palsu akan terserap sama kertas karena kadar airnya yang tinggi. selamat mencoba :)

Baru denger nih, simpel juga ya. Mungkin ini alternatif lain dari mengetes pake air seperti yang disarankan Harta diatas ya.. Berkaitan dengan kadar air..

Ok ok.. ntar dipraktekin :D, thanks

kalo dari kekentelannya gmn? saya sih kalo milih rata2 yang kentel dan yang warnya nya pekat gitu...

Hehe, kadang kalo liat madunya kentel, seperti lebih meyakinkan ya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

madu yang asli kalo misalnya kita ambil sesendok dan masukkan ke dalem freezer dia ga akan membeku. yang membeku itu madu palsu.

Share this post


Link to post
Share on other sites

aku juga pernah denger kalau membedakan madu asli dengan yang palsu tu salah satunya dengan dibakar. Trus waktu coba beli madu dari pencari madunya langsung, iseng-iseng aku bakar. eh, ternyata bener lho, plus madu asli tu gak mudah dikerubungin semut. ini pengalamanku sih ....

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya seorang agen penjual madu asli untuk konsumsi. Namun, sebenarnya ada sedikit tambahan seperti sari kurma, dll. Mungkin mba atau mas ingin membeli.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0

  • Similar Content

    • By noquba
      Siapa yang tidak kenal minuman berkhasiat. Ya, madu. Madu adalah cairan penunjang kesehatan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Sudah selazimnya bagi ibu hamil, harus senantiasa , karena kesehatan ibu hamil juga bakal mempengaruhi kesehatan calon bayi atau janin.
      Madu kaya akan kandungan gizi yaitu asam amino, zat gula glukosa dan fruktosa, vitamin, riboflavin, thiamin, asam pantotenat, niasin, asam askorbat, piridoksin, dan kandungan mineral antara lain kalsium, kalium, magnesium, natrium, phosphor, zat besi, sulfut, dan mangan. Selain itu, madu juga mengandung senyawa bermanfaat seperti antibiotik yang ada dalam setiap tetesnya. Itulah kenapa madu merupakan sumber energi yang sangat disarankan untuk wanita hamil.
      Pemanfaatan Madu Sejak Mesir Kuno
      Dalam catatan Mesir kuno ( 1553-1550 SM) madu telah menjadi ramuan untuk mengatasi berbagai macam penyakit antara lain mengobati luka, mengobati sakit perut, merangsang pengeluaran kemih dan lain sebagainya.
      Berikut Adalah manfaat madu bagi kebugaran ibu hamil dan janin yang dapat dirangkum:
      1. Meringankan rasa mulas yang dialami ibu hamil
      Mulas adalah salah gangguan kehamilan yang sering terjadi. Hormon yang dikeluarkan selama kehamilan membuat sphincter diantara kerongkongan dan lambung menjadi lembek. Jika keadaaan seperti ini terjadi pada ibu hamil maka asam lambung kembali ke kerongkongan yang menyebabkan rasa seperti terbakar. Kondisi ini bisa terjadi sampai pada bulan-bulan akhir kehamilan.
      Penyebabnya karena janin mendorong organ-organ ke atas. Sehingga efeknya si ibu merasa mulas. Rasa mulas tersebut dapat dikurangi dengan cara meminum susu yang dicampur dengan madu. Percampuran madu dan susu bisa menetralkan kelebihan asam lambung dalam tubuh. Minum segelas susu tiap malam menjelang tidur dengan madu hamil, dapat mengatasinya.
      2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
      Selama masa kehamilan pilek bisa saja terjadi, karena ibu hamil lebih gampang terserang penyakit. Saat terserang pilek, wanita hamil akan mengalami hal yang mana membrane mukosa terjadi pembengkakan yang bisa menyebabkan sulit untuk bernafas. Wanita hamil harus meningkatkan konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung serat misalnya jus untuk ibu hamil. Ibu hamil bisa minum teh ditambah madu untuk membantu meringankan sakit tenggorokan yang tidak nyaman.
      3. Meringankan Morning Sickness (Emesis Gravidarum)
      Morning Sickness (Emesis Gravidarum) dialami oleh sebanyak 70 persen dari seluruh ibu hamil. Mual dan muntah yang terjadi pada trimester pertama masa kehamilan bisa menjadi gangguan juga. Dalam kasus yang berat morning sickness bisa menyebabkan penurunan berat badan, kekurangan nutrisi atau komplikasi kesehatan, sehingga dapat mempengaruhi perkembangan janin.
      Dalam pengobatan tradisional, untuk wanita hamil yang mengalami mual dan muntah biasanya kerupuk dan soda, namun ini hanya sedikit membantu. Untuk itu ibu hamil dapat menyeduh jahe hangat dan madu untuk mengobatinya.
      4. Meningkatkan Hemoglobin pada Ibu Hamil
      Madu mengandung Fe atau zat besi yang bermanfaat untuk ibu hamil, yang dapat menambah kuantitas eritrosit pada ibu hamil Wanita hamil terkadang mengalami anemia, dengan meningkatnya sel darah merah maka akan menaikkan kadar hemoglobin.
      5. Mengurangi sulit tidur bagi wanita hamil.
      Salah satu jenis madu yang bermanfaat untuk mengurangi insomnia. Selain dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh juga dapat menyebabkan ibu hamil mudah untuk tidur.
      6. Menguatkan Rahim ibu hamil
      Madu dari pohon dapat meringankan mual yang biasa dialami oleh wanita hamil. Selain itu, madu dari pohon bisa memperkuat rahim wanita hamil. Madu apel juga bisa menguatkan sirkulasi darah sehingga dapat membantu dalam mempersiapkan persalinan.
      7. Meringankan Penyakit Maag Selama Kehamilan
      Dalam ramuan untuk mengobati maag saat hamil, gunakan kunyit sebanyak 2 batang dan temu putih sebesar ibu jari. Lalu temu putih dan kunyit direbus ke dalam 500 cc air hingga menjadi berkurang setengahnya. Kemudian ambil rebusan airnya kemudian disaring setelah hangat-hangat kuku dimasukkan madu perlahan-lahan. Akan tetapi harus diketahui dulu bedanya mual hamil atau maag, sebelum memutuskan untuk melakukan terapi ini.
      8. Sangat Aman Untuk Ibu Hamil
      Tidak perlu khawatir bila ingin mengkonsumsi madu untuk wanita hamil. Dalam jurnal Canadian Family Physician menerangkan tentang pencernaan orang dewasa terdapat bakteri baik yang dapat melindungi dari penyakit yang menyebabkan kekakuan pada otot setelah melahirkan dan berpotensi menyebabkan kematian. Akan tetapi racun dari penyakit botulisme sendiri tidak akan sampai kepada plasenta.
      Sumber :  http://madukandungan.com/
       
    • By Dyla78
      Ciptaan tak tertandingi ada dalam struktur tubuh lebah 
      Setiap organ lebah dibuat khusus untuk melaksanakan tugas-tugas saat ini. Misalnya, kerangka lebah sangat kuat. Sistem pernapasan yang memiliki struktur yang akan memberikan nutrisi lebih untuk jaringan dengan menggunakan udara yang lebih baik. Struktur otot memiliki kualitas yang berbeda di setiap area tubuh sesuai dengan kebutuhan yang berbeda. Misalnya, tidak ada membran luar, yang ditemukan dalam otot lainnya, pada otot sayap untuk menyediakan lebih banyak oksigen. Dengan cara yang sama, sistem penciuman dan rasa juga dibuat sesuai dengan tugas lebah mengumpulkan bunga.
       
       
      Contoh Karakteristik lain Lebah  sebagai Penciptaan Ajaib
      Lebah di sarang yang sama mengunjungi 225.000 bunga per hari. Seekor lebah tunggal umumnya mengunjungi 50 sampai 1.000 bunga per hari. Kadang-kadang jumlah ini dapat menjadi beberapa ribu.Ratu lebah menghasilkan 2.000 telur lima atau enam menit terpisah. Dengan cara ini, dapat menghasilkan hampir dua ratus ribu butir per tahun. Lebah perlu mengunjungi dua juta bunga untuk menghasilkan 450 gram madu. Untuk memproduksi satu kilogram madu, mereka melakukan perjalanan jarak yang sama dengan berkeliling dunia empat kali.Lebah dapat melakukan perjalanan kecepatan lemak 20-25 kilometer per jam. Menurut hasil penelitian, otak lebah bekerja lebih cepat daripada komputer paling canggih di dunia. Saat ini, komputer paling canggih dapat melakukan enam belas milyar proses per detik. Jumlah Otak lebah proses adalah persis 625 kali, yang berarti sepuluh triliun. Sementara otak lebah dapat melakukan proses begitu banyak, mengkonsumsi energi yang jauh lebih rendah dari komputer. Energi yang dikonsumsi oleh sepuluh juta lebah adalah sebanyak energi yang dibutuhkan untuk menyalakan lampu 100 watt. (Otak lebah mengkonsumsi kurang dari sepuluh microwatts energi) Beberapa spesies laba-laba meniru pola pada bunga, yang digunakan lebah untuk mencari nektar dengan mudah, dan laba-laba menggunakan pola-pola ini untuk merajut jaring mereka. Dengan cara ini, lebah mengasumsikan bahwa jaring laba-laba adalah bunga. Namun, lebah tidak sepenuhnya terpedaya. Hal ini karena mereka menyadari sinar ultraviolet, mereka dengan mudah dapat melihat cahaya terpolarisasi mengelilingi matahari. Oleh karena itu, mereka dapat menemukan jalan mereka kembali ke rumah dengan melihat matahari bahkan pada hari berawan. Jika terdapat seekor lebah yang sangat dekat dengan jaring laba-laba maka ia dapat melalui tanpa tertangkap, ia dapat menemukan jalan kembali ke rumah dengan melihat cahaya yang terpolarisasi. Nah, teman2 bertambah lagi ilmu kita, siip kan?
    • By redocean
      Apa sih kriteria tempat yang paling romantis buat dijadiin tempat bulan madu versi teman-teman? Thread ini bukan hanya buat yang lagi mau bulan madu. Buat temen2 yang memang masih jomblo atau yang udah nikah bisa juga nih jadi info. Lumayan kan buat bulan madu nanti dan mungkin yang udah nikah mau bulan madu lagi hehehe…
       
       
      Banyak tempat yang memang sebenarnya seru buat dijadiin tempat bulan madu. Bulan madu nggak harus selalu ke luar negeri kan? Toh Indonesia punya beragam tempat menarik yang bisa dijadiin tempat yang romantis buat bulan madu. Sebelum masuk ke tempat-tempat seru buat bulan madu, kita bahas sekilas dulu tentang kriteria tempat yang biasanya dicari buat tujuan bulan madu. Ini dia:
      Tempat yang tenang
      Kebanyakan para pasangan memilih tempat yang tenang sebagai tujuan bulan madunya. Tempat yang sepia tau tenang dipilih karena bisa akan terasa lebih romantis dan liburan bulan madu akan benar-benar terasa lebih segar ketimbang di tempat wisata yang penuh dengan keramaian.
       
      Pemandangan yang indah
      Tentu saja bulan madu akan semakin menarik jika tempat tersebut memiliki pemandangan yang indah. Pemandangan ini bisa berupa pantai, laut, pegunungan, dan lain sebagainya. Tempat dengan pemandangan indah juga identik dengan suasana yang romantis.
       
      Mencari resort atau hotel yang menarik
      Kalau jalan-jalan dalam satu hari tanpa tempat menginap sepertinya bukan bulan madu namanya. Biasanya para pasangan akan mencari lokasi yang mudah menjangkau tempat penginapannya. Bahkan, resort adalah tempat yang sering dijadikan sebagai tempat bulan madu favorit. Pihak resort pun kerap kali memberikan penawaran paket bulan madu.
       
       
      Nggak harus ke luar negeri, karena beberapa tempat di Indonesia ini adalah tempat yang indah dan romantis yang bisa dijadikan alternative untuk bulan madu:
       
      Bali Siapa yang nggak tau pulau yang eksotis ini? Bali punya banyak spot terbaik yang cocok untuk dikunjungi dan jadi tempat bulan madu yang spesial. Untuk mencari ketenangan, maka wilayah Ubud dan juga Nusa Dua kerap kali jadi tujuan para pasangan yang sedang bulan madu. Banyak resort yang disediakan di lokasi-lokasi ini. Anda bisa menikmati suasana pantai seperti momen sunset dan sunrise di pantai Nusa Dua. Sedangkan untuk kawasan Ubud, pilihan yang cocok buat para pasangan yang mau mencari suasana alam pegunungan yang sejuk.
       
      Lombok Ini pulau yang sedang menjadi tujuan favorit wisatawan domestik dan asing. Tak kalah dengan pesona Bali, jejeran pantai-pantai di Lombok memiliki pesona magis nan romantis yang pas untuk anda yang ingin bulan madu. Sebut saja Pantai Senggigi, Gili Nanggu, dan lainnya. Pesona pasir pantai yang putih dengan air laut yang jernih adalah pemandangan romantis yang sangat didambakan jutaan pasangan. Aktivitas snorkeling juga bisa menjadi aktivitas liburan bulan madu anda.
       
      Raja Ampat Masih soal keindahan laut, Raja Ampat di Papua sepertinya destinasi impian bukan hanya untuk liburan di tengah kesibukan. Raja Ampat memiliki spot diving yang bisa menjadi tujuan para pasangan yang ingin bulan madu. Menikmati keindahan bawah laut bersama pasangan? Hmmm…
       
      Jogjakarta Mari kita lihat potensi tempat bulan madu di Jawa. Ada Jogjakarta yang memang sangat kental dengan budaya Jawanya. Jogjakarta memiliki bangunan dan budaya yang menghadirkan nuansa eksotis plus romantis. Banyak tempat menarik yang bisa dijadikan sebagai tempat bulan madu di Jogja. Tentunya tahu, banyak ftv romantis yang mengambil jogja sebagai latar ceritanya.
       
      Bandung Paris Van Java ini nggak kalah romantisnya dengan Jogja. Bukan hanya menjadi kota trendi anak muda, banyak juga lho lokasi yang romantis buat dijadiin tempat bulan madu. Banyak bangunan kuno yang juga eksotis ditambah juga dengan hawa Bandung yang sejuk. Bisa deh buat alternatif bulan madu.
       
      Bukittinggi Yuk ke Sumatera. Bukittingg merupakan salah satu kota di Sumatera Barat. Udaranya juga dingin bahkan walau sudah siang hari. Bukittinggi juga kota yang tenang dan jangan salah, banyak tempat yang menarik yang bisa jadi tempat bulan madu. Pariwisata di Bukittinggi juga sedang digalakkan lho..
       
      Medan Bisa juga kalau mau ke Medan. Ada danau Toba yang indah dan bisa buat jadi tujuan para pasangan yang ingin bulan madu. Pesona Danau Toba ini memang keren lho, dan di forum ini juga sudah pernah yang bahas soal tempat ini.
       
      Masih banyak tempat yang romantis buat jadi tujuan bulan madu di dalam negeri. Oya, Bengkulu ini bisa dijuluki kota romantis lho. Karena di sini bapak Proklamator kita, Bung Karno bertemu dengan Ibu Fatmawati. Jadi mau kemana bulan madu domestiknya??