Sign in to follow this  
Followers 0
etiquoe

tips Ask: Cara cepat membedakan madu asli atau palsu?

9 posts in this topic

Suka madu, karena banyak manfaatnya dan aman untuk digunakan..

Cuma masalahnya, masih sering tertipu kalo beli madu yang tanpa brand..

Salah satu cara yang saya tau untuk membedakan antara madu asli atau bukan adalah dengan menyimpan sedikit sampel madu tersebut di kulkas. Kalo beku berarti palsu. Tapi cara seperti itu kan bisa membuktikan madu asli atau enggak sesudah madunya dibeli. Kepinginnya, dari awal mau beli, kita sudah bisa mendeteksi dengan cepat kalo madu itu palsu atau enggak.

Nah, temen-temen jalan2ers di sini, ada yang punya tips masalah ini? Gimana kita bisa dengan cepat mendeteksi keaslian madu, jadi gak pas udah terlanjur dibeli dan dikonsumsi, baru ketauan kalo palsu?

Kalo ada saran atau tips, mohon di share yaaaaa

Thanks

:)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Saya pernah mendengar kalo tidak salah, cara tradisional untuk mengecek madu palsu itu memakai Piring yang dikasih air.

kalo air di piringnya tidak keruh, bearti itu madu asli karena kadar airnya sedikit.

nah, kalo madu palsu, lama-lama air yang di piring itu bakal menjadi keruh. karena memiliki kadar air yang sangat banyak,..

mungkin itu saja yang saya ketahui mas.

adakah kawan-kawan yang bisa menambahkan...?

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya sempat baca juga di artikel kesehatan, kalo madu palsu mudah dikerubungi semut karena mengandung sukrosa, sedangkan madu asli sukrosa sudah dipecah menjadi glukosa dan fruktosa, dan juga tidak bagus buat penderita diabetes.....makannya beli yang asli yah....

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalau saya pernah mengetes madu dengan cara teteskan madu pada kertas, madu yang palsu akan terserap sama kertas karena kadar airnya yang tinggi. selamat mencoba :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo dari kekentelannya gmn? saya sih kalo milih rata2 yang kentel dan yang warnya nya pekat gitu...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Saya pernah mendengar kalo tidak salah, cara tradisional untuk mengecek madu palsu itu memakai Piring yang dikasih air.

kalo air di piringnya tidak keruh, bearti itu madu asli karena kadar airnya sedikit.

nah, kalo madu palsu, lama-lama air yang di piring itu bakal menjadi keruh. karena memiliki kadar air yang sangat banyak,..

mungkin itu saja yang saya ketahui mas.

adakah kawan-kawan yang bisa menambahkan...?

ok.. thanks infonya :)

saya sempat baca juga di artikel kesehatan, kalo madu palsu mudah dikerubungi semut karena mengandung sukrosa, sedangkan madu asli sukrosa sudah dipecah menjadi glukosa dan fruktosa, dan juga tidak bagus buat penderita diabetes.....makannya beli yang asli yah....

Pernah baca juga nih, tapi ada temen yang bilang, tergantung jenis madunya, ada yang dikerubungi, ada yang enggak.. rada bingung jadinya :D

btw thanks :)

kalau saya pernah mengetes madu dengan cara teteskan madu pada kertas, madu yang palsu akan terserap sama kertas karena kadar airnya yang tinggi. selamat mencoba :)

Baru denger nih, simpel juga ya. Mungkin ini alternatif lain dari mengetes pake air seperti yang disarankan Harta diatas ya.. Berkaitan dengan kadar air..

Ok ok.. ntar dipraktekin :D, thanks

kalo dari kekentelannya gmn? saya sih kalo milih rata2 yang kentel dan yang warnya nya pekat gitu...

Hehe, kadang kalo liat madunya kentel, seperti lebih meyakinkan ya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

madu yang asli kalo misalnya kita ambil sesendok dan masukkan ke dalem freezer dia ga akan membeku. yang membeku itu madu palsu.

Share this post


Link to post
Share on other sites

aku juga pernah denger kalau membedakan madu asli dengan yang palsu tu salah satunya dengan dibakar. Trus waktu coba beli madu dari pencari madunya langsung, iseng-iseng aku bakar. eh, ternyata bener lho, plus madu asli tu gak mudah dikerubungin semut. ini pengalamanku sih ....

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya seorang agen penjual madu asli untuk konsumsi. Namun, sebenarnya ada sedikit tambahan seperti sari kurma, dll. Mungkin mba atau mas ingin membeli.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0

  • Similar Content

    • By deffa
      Hola Deffa Here !!!
      Tips Traveling Untuk Introvert, satu kata disini yang harus di cermati adalah Introvert, pasti kalian pernah mendengarnya atau mungkin kalian sedang mengalami nya, atau mungkin juga kalian menyangkal tidak mengalami nya padahal sedang terjadi pada diri kalian.
      Memang dengan ada nya kemajuan jaman dengan teknologi dan sosialitas yang berkembang, juga makin membuat daya pikir dan daya sosialisasi seseorang menjadi maju dan bahkan juga ada yang mengalami kemunduran. Hal ini memang berkaitan dengan berbagai faktor terutama Lingkungan dan juga Kepribadian.
      Introvert atau Introversion menurut Dokter Psikologi dari Swiss Carl Jung adalah kepribadian manusia yang lebih berkaitan dengan dunia dalam pikiran manusia itu sendiri. Jadi manusia yang memiliki sifat introvert ini cenderung menutup diri dari kehidupan luar. Mereka adalah manusia yang lebih banyak berfikir dari pada beraktifitas. Mereka juga lebih suka dengan kesunyian daripada di tempat yang banyak orang lain.
      Ada pun ciri-ciri Introvert menurut Dokter Carl Jung tersebut sebagai berikut :
      Senang Menyendiri Pemikir Pemalu Pendiam Lebih senang bekerja sendiri Berinteraksi secara langsung (One by One) Susah bergaul Senang berimajinasi Lebih suka mendengarkan dan memperhatikan Lebih mudah mengungkapkan perasaan dengan tulisan Pada realita nya, hal ini sering terjadi dengan masyarakat pada umum nya, bahkan orang dewasa yang tadi nya dia tidak Introvert, ketika masuk dunia kerja menjadi Introvert dikarenakan lingkungan nya membuat dia untuk selalu Fokus terhadap Pekerjaan nya. Maka dari itu banyak sekarang pekerja kantoran juga tidak sadar jika diri nya sudah masuk kategori Introvert.
      Namun pada dasar nya seorang Introvert itu juga bisa kok untuk Traveling, walaupun cara mereka traveling di sesuaikan dengan kepribadian nya, misalkan memilih destinasi yang tidak ramai, atau pun melakukan perjalanan sendirian atau juga dengan tidak banyak orang. 
      Adapun beberapa cara Traveling yang bisa di lakukan seorang Introvert adalah sebagai berikut :
      01. Riset : Salah satu keuntungan dari Introvert, mereka adalah pemikir dan perencana yang sangat baik. Karena mereka selalu Fokus dengan suatu pekerjaan, jadi Riset adalah salah satu keunggulan mereka. Karena mereka tahu jika spesifikasi untuk kepribadiannya itu khusus, jadi riset yang di sesuaikan dari Destinasi, Itinerary, Biaya dan Keperluan lainnya, akan sangat detil.
      02. Partner Yang Cocok : Memang seorang Introvert ini akan agak sulit untuk mendapatkan teman untuk sharing yang cocok, tapi tidak demikian untuk teman traveling yang cocok. Karena dengan mereka Introvert, bisa membaca dengan tepat, kriteria teman seperjalanan yang cocok dengan diri nya itu seperti apa, misal dia perlu teman yang gak banyak ngobrol tapi tahu yang di perlukan untuk rute yang di tuju, atau juga teman yang mengerti kondisi Introvert nya jadi bisa beradaptasi dan tidak memaksa.
      03. Smartphone : Dikarenakan seorang introvert ini asik dengan dunia nya sendiri, smartphone adalah salah satu teman terbaik bagi mereka. Karena disini mereka bisa kembali ke dunia mereka yang tenang tanpa ada keraguan, dan disini dia bisa mencurahkan semua pengalaman dan cerita dari traveling nya via internet (forum). Terkadang seorang introvert ini mempunyai sebuah tulisan Cerita Perjalanan yang sangat bagus dan detil loh, karena Risetnya juga yang mendalam
      04. Akomodasi Private : Untuk hal akomodasi ini, memang seorang Introvert cenderung memilih hal yang bersifat private atau bisa di bilang hanya mereka seorang. Misal dari pemilihan tempat duduk di kereta ataupun pemilihan penginapan yang Kamar Private. Karena ketenangan dan privasi tetap menjadi nilai penting bagi mereka. Jadi hendak nya jika kalian jalan bersama seorang Introvert, untuk menghormati pilihan nya dan jangan di paksa. Karena kemungkinan mereka akan mau gabung tapi dengan tidak enak hati
      05. Cobalah Bercerita : Hal ini mungkin adalah hal paling sulit bagi seorang Introvert, karena inti dari Introvert itu ya tidak mau (bisa) untuk sharing dengan yang lain. Tapi untuk hal traveling apalagi jika jalan dengan beberapa orang. Seorang Introvert hendak nya bisa sadar jika dia seorang Introvert dan mau untuk memberi tahu teman nya, sedikit kepribadian dia tersebut, agar teman nya bisa untuk beradaptasi. Hal ini bukan sesuatu aib atau kejelekkan tapi untuk memberikan ruang kebersamaan yang lebih baik dan saling menghormati

       
      Dari sedemikian cara traveling bagi Introvert ini masih banyak tips lain yang bisa dicoba. Pertanyaan nya adalah apakah kalian sadar jika termasuk seorang yang Introvert ?
       
    • By Tan Jaya
      Kebanyakan orang pasti ingin mempunyai berat badan ideal, salah satunya karena faktor kesehatan dan faktor penampilan. Baik pria maupun perempuan yang memiliki berat badan kurang ideal dan amat kurus, tidak ada salahnya untuk mencoba cara-cara menggemukan badan. Berikut ini kami berikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan dalam waktu relatif singkat.

       
      Cara Menambah Berat Badan (melalui cara yang tradisional)
      Atur jadwal menaikkan berat badan yang cocok lalu dikerjakan dengan kontinyu. Selain itu, lalukan 7 cara berikut ini.
      1. Jangan Meniggali Sarapan
      Makan pagi akan menaikkan kalori tubuh sehingga kamu ready untuk menjalankan kegiatan dan meningkatkan fokus. Sehubungan dengan program meningkatkan berat badan, pertimbangkan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi dan protein, misalnya roti, buah segar atau susu, telur, buah-buahan serta sayuran. Minum suplemen seperti madu penggemuk badan kalau itu termasuk dalam rencana kamu.
      2. Cemilan Sehat
      Makan 3x sehari itu harus, akan tetapi tidak lupa untuk menyisipkan 2x snack di antaranya. Bukan snack asal-asal, tetapi cemilan sehat yang pada dasarnya bertujuan untuk menaikkan berat tubuh secara alami. obat gemuk yang aman Ngemil akan menambah energi ekstra untuk tubuh. Pastikan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan ringan seperti keju, cereal yang diperkaya nutrisi, yogurt, biskuit gandum, atau roti. 
      3. Ekstra lemak
      Lemak memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak tidak sehat, gantikan dengan jenis lemak tak jenuh, seperti yang bisa didapat dari makanan seperti minyak olive, minyak kelapa, alpukat, kacang-kacangan dan tentunya ikan yang kaya lemak dan omega-3 seperti salmon atau tuna.
      4. Minuman berkalori
      Tambahkan lebih banyak kalori tubuh melalui minuman-minuman berkalori tinggi. Bukan dengan minuman bersoda atau jus buah yang mengandung pemanis buatan, melainkan dengan minuman seperti susu segar murni, jus buah 100%, minuman yang mengandung madu, termasuk juga minuman suplemen/multivitamin.
      5. Perbanyak Makan
      Tentunya cara yang pertama dan paling penting adalah memperbanyak makan, tetapi yang patut diperhatikan adalah untuk tidak makan sembarangan. Makanan yang dimakan seharusnya makanan yang sehat dan junk food sangat tidak dibolehkan. Anda menginginkan berat tubuh Anda meningkat, bukan malah menambah penyakit dalam tubuh Anda. Perbanyaklah memakan makanan yang mengandung protein dan karbohidrat.
      6. Minum Ginseng
      Ginseng Kianpi Pil atau yang juga dikenal dengan nama kianpi pil merupakan suplemen herbal yang memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan Anda sehingga dengan tidak langsung dapat meningkatkan berat badan Anda secara alami. Dengan meminum ginseng kianpi pil secara rutin dan sesuai aturan, dapat dipastikan berat tubuh Anda akan cepat naik dalam waktu sangat singkat.
      7. Perbanyak Minum Air
      Air adalah komponen utama dalam tubuh seseorang, yang mana biasanya mencapai 65% berat badan manusia. Oleh sebab itu, semua organ tubuh manusia amat membutuhkan air putih supaya bisa berfungsi dengan maksimal.
      Metabolisme tubuh yang lancar dapat membuat berat tubuh manusia menjadi ideal dan bisa menaikkan berat badan jika berada di bawah berat ideal. Cobalah untuk memperbanyak minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari dengan rutin. Selain dapat meningkatkan berat badan, metabolisme yang lancar juga dapat meningkatkan massa tubuh (air akan disalurkan ke seluruh tubuh, jaringan otot yang sehat mengandung air hingga 75%).
      8. Mengatur Waktu Tidur
      Cara menggemukkan badan dalam waktu satu minggu yang selanjutnya adalah dengan mengatur waktu tidur Anda tiap harinya. Kebanyakan begadang dapat menghambat peningkatan berat badan. Jika bukan untuk mengerjakan hal yang sangat penting, hindarilah tidur sampai larut malam, atau kerjakanlah kegiatan tersebut keesokan harinya. Coba untuk mengatur jadwal keseharian dengan lebih baik sehingga ada waktu untuk tidur lebih awal. Jika Anda mempunyai gangguan tidur, tidak bisa cepat tidur atau bahkan menjurus ke insomnia, seharusnya segera diobati karena hal itu dapat sangat menghabiskan energi.
      9. Makan Secara Teratur
      Anda dianjurkan menambah porsi makan untuk meningkatkan berat badan secara cepat, namun hal tersebut tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan dan wajib dilakukan dengan teratur. Sarapan pagi, makan siang, dan makan sore tidak boleh terlewatkan. Bahkan Anda dianjurkan makan hingga empat kali dalam sehari sebab ini adalah program untuk menaikkan berat badan.
      10. Mengunyah Makanan Sampai Halus
      Selain jadwal makan teratur, ada hal lain lagi yang harus diperhatikan, yaitu mengunyah makanan sampai halus. Mungkin hal ini terasa sangat membosankan dan terlihat sepele, tapi sebenarnya amat penting. Mengerjakan hal ini dapat cukup menolong mempercepat proses peningkatan berat tubuh Anda. Hal itu disebabkan makanan yang dikunyah hingga halus dapat lebih mudah dicerna oleh perut dan nutrisinya segera diserap tubuh, apalagi jika Anda mengonsumsi makanan yang keras dan berserat seperti daging.
      11. Membiasakan Mempunyai Pola Hidup Sehat
      Hal terakhir yang sebaiknya dilakukan adalah membiasakan mempunyai pola hidup yang lebih sehat. Coba untuk mengoreksi diri apakah selama ini pola hidup Anda udah sehat atau malah berantakan. Apabila benar-benar mau menggemukan badan, maka coba untuk menghentikan semua kebiasaan jelek Anda seperti merokok dan minum miras. Kemudian imbangilah dengan berolahraga secara rutin supaya kesehatan badan Anda dapat terjaga dengan baik.
    • By vie asano
      Apa kalian punya fobia terbang? Tenang, kalian nggak sendirian kok. Percaya deh, banyak kok orang yang punya fobia terbang. Bahkan, nggak sedikit, lho, para petualang yang sudah menjelajah berbagai negara, tapi ternyata punya fobia terbang. Aneh, tapi nyata.
      Tapi, serius lho. Ternyata banyak juga traveller – salah satunya adalah teman saya sendiri – yang sudah malang melintang menjelajah berbagai belahan dunia, namun masih belum bisa lepas dari masalah fobia terbang. Padahal, mereka pastinya harus menggunakan pesawat untuk mencapai berbagai negara tersebut karena – mau nggak mau – pesawat memang masih menjadi transportasi paling praktis untuk menghubungkan berbagai negara. Tapi rata-rata traveller tersebut memiliki tips dan triknya sendiri untuk menaklukkan fobia terbangnya.
      Pertanyaannya, gimana sih caranya mengatasi fobia terbang? Gimana caranya supaya kita bisa duduk santai di atas pesawat sampai ke tempat tujuan, tanpa harus merasa paranoid akan berbagai hal? Yuk, simak beberapa tips berikut ini yang disarikan dari berbagai sumber – termasuk tips dari traveller profesional dan juga tenaga medis.
      *             *             *             *             *
      Sekilas Tentang Fobia Terbang

      Ilustrasi, via intercambitas
      Fobia terbang, atau kerap disebut sebagai aviophobia (kadang-kadang ada juga yang menyebutnya ‘aerophobia’) merupakan sebuah fobia/ketakutan yang berhubungan dengan aktifitas terbang – entah itu di dalam pesawat terbang, helikopter, maupun obyek terbang lainnya. Penyebabnya bisa sangat kompleks. Ada yang disebabkan karena ketakutan kalau pesawat akan jatuh, ketakutan akan terjadi tindak pembajakan pesawat/terorisme, takut kalau pesawat akan gagal landing/take off, hingga ketakutan yang dipengaruhi oleh fobia lain seperti claustrophobia (takut akan tempat tertutup) dan acrophobia (takut akan ketinggian).
      Oh ya, fobia terbang bisa juga disebabkan karena ketakutan akan mengalami mabuk perjalanan (motion sickness). Jadi, jangan dulu merasa dramatis kalau punya fobia terbang, karena penyebabnya ternyata banyak sekali.
      Dari sekian jenis fobia, fobia terbang termasuk salah satu fobia yang sulit dihindari. Hal tersebut terutama karena sampai saat ini pesawat masih menjadi moda transportasi paling praktis, terutama untuk bepergian ke negara lain yang jaraknya cukup jauh. Beberapa profesi (maupun hobi) bahkan menuntut seseorang untuk rutin terbang, terlepas dari orang tersebut punya fobia terbang ataupun tidak.
      Namun, walau nggak bisa dihindari, fobia terbang bisa jadi termasuk salah satu fobia yang selalu sukses bikin penumpang lain sebal. Hal tersebut karena terkadang para pengidap fobia terbang kerap mengeluarkan respon emosi yang berlebihan, seperti menjerit berlebihan, menangis, bahkan membuat kehebohan lain. Jadi, walau kalian tak perlu merasa malu kalau memiliki fobia terbang, tak ada salahnya belajar mengendalikan fobia tersebut agar masih dalam batas wajar.
      *             *             *             *             *
      Fakta Penerbangan

      Ilustrasi, via tourpluscyprus
      Dari sekian banyak alasan di atas, ketakutan kalau pesawat akan mengalami kecelakaan udara bisa jadi merupakan pemicu utama munculnya fobia terbang. Siapa sih yang suka membayangkan jatuh bebas dari ketinggian sekian puluh ribu kaki di atas permukaan tanah? Apalagi karena kita nggak memiliki kendali atas peristiwa tersebut, dan juga nggak langsung memiliki kendali untuk menyelamatkan diri.
      Kita juga nggak tahu seperti apa kemampuan pilot dan co-pilot dalam menangani situasi darurat, serta apakah pilot tersebut dalam kondisi terbaiknya saat menerbangkan pesawat atau tidak – mengacu pada terjadinya beberapa kecelakaan yang disebabkan karena faktor pilot. Salah satu contohnya adalah kecelakaan pesawat Airbus A320-211 milik GermanWings yang menewaskan 150 orang tahun 2015 silam. Kecelakaan tersebut diduga dilakukan oleh pilot Andreas Lubitz, yang ternyata memiliki kecenderungan untuk bunuh diri.
      Ketakutan kalau pesawat akan jatuh itu sangat wajar kok. Tapi, untuk meminimalkan rasa takut kalau pesawat akan jatuh, mari kita lihat dulu beberapa fakta penerbangan berikut ini:
      1. Saya ingin mengutip sedikit fakta dari sebuah artikel lama yang saya tulis tahun 2014 (baca disini: [Penting] Tips Untuk Mempertinggi Potensi Selamat dari Kecelakaan Pesawat Terbang. Walau kita seringkali mendengar berita tentang pesawat jatuh, secara statistik rasio kecelakaan pesawat ternyata jauh lebih kecil dibanding moda transportasi darat. Berdasarkan laporan kecelakaan pesawat antara tahun 1980-2000, tingkat survival rate dari kecelakaan pesawat berkisar antara 76,6% hingga 95,7%. Cukup tinggi kan?
      2. Akhir-akhir ini tingkat kecelakaan pesawat sudah relatif jauh lebih berkurang dibanding 50 tahun silam. Bahkan menurut laporan dari AirlineRatings.com, tahun 2015 termasuk salah satu tahun yang relatif aman dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sedangkan di tahun 2016, jumlah kecelakaan pesawat yang terjadi selama 10 tahun terakhir sudah jauh berkurang dibanding 10 tahun sebelumnya – masih menurut AirlineRatings.com (dikutip dari berita CNN). Dengan kata lain, secara statistik terbang dengan pesawat sudah semakin aman.
      3. Saat ini sudah semakin banyak informasi mengenai maskapai mana yang memiliki tingkat prosentase keamanan terbaik. Walaupun masalah keselamatan penerbangan itu diluar kuasa manusia, setidaknya kalian dapat memilih maskapai dengan reputasi keamanan yang baik untuk memberikan sugesti rasa aman dan bisa menekan resiko munculnya fobia terbang.
      Sebagai contekan, berikut ini daftar 20 maskapai penerbangan teraman + 10 maskapai low cost teraman di dunia sepanjang tahun 2016 versi AirlineRatings.com. Daftar peringkat ini disusun (berdasarkan alfabet – kecuali untuk nomor 1) setelah memonitor ratusan laporan penerbangan pada tahun sebelumnya.
      1. Qantas
      2. Air New Zealand
      3. Alaska Airlines
      4. All Nippon Airlines (ANA)
      5. American Airlines
      6. Cathar Pacific Airways
      7. Emirates
      8. Etihad Airways
      9. EVA Air
      10. Finnair
      11. Hawaiian Airlines
      12. Japan Airlines
      13. KLM
      14. Lufthansa
      15. Scandinavian Airline System (SAS)
      16. Singapore Airlines
      17. Swiss
      18. United Airlines
      19. Virgin Atlantic
      20. Virgin Australia
      Sedangkan untuk 10 budget airlines teraman di dunia tahun 2016, bocorannya sebagai berikut (disusun berdasarkan alfabet):
      1. Aer Lingus
      2. Flybe
      3. HK Express
      4. Jetblue
      5. Jetstar Australia
      6. Thomas Cook
      7. TUI Fly
      8. Virgin America
      9. Volaris
      10. Westjet
      Lantas bagaimana dengan tingkat keamanan penerbangan maskapai di Indonesia?
      Masih menurut website AirlinesRatings.com (seperti dikutip dari thejakartapost.com), maskapai terbaik di Indonesia, Garuda Indonesia, ternyata hanya mendapat 3 bintang saja – sementara maskapai negara lain bisa mendapat 4-7 bintang. Untuk low cost carrier pun rata-rata maskapai kita (seperti Lion Air, Batik Air, Citilink, Sriwijaya Air, dan Wings Air) hanya mendapatkan penilaian 1 bintang saja (dan termasuk salah satu yang terburuk di dunia).
      Walau begitu, jangan dulu merasa paranoid. Menurut versi World Airlines Awards yang diselenggarakan oleh Skytrax tahun ini, Garuda Indonesia masih masuk dalam peringkat 20 besar (ada di posisi 11). Hasil berbeda mungkin akan didapat dari survei lainnya. Dengan kata lain, jangan sampai daftar peringkat ini menjadi harga mati untuk menjatuhkan pilihan pada sebuah maskapai.
      *             *             *             *             *
      Tips Mengatasi Fobia Terbang

      Ilustrasi, via kokpit.aero
      Berikut ini beberapa tips untuk yang mungkin bisa membantu mengatasi fobia terbang:
      Sebelum pergi
      1. Kenali dulu apa yang menjadi sumber fobia terbang kalian. Apakah kalian takut terbang karena takut jatuh? Atau karena faktor fobia lainnya – seperti claustrophobia dan acrophobia? Dengan mengenali sumber ketakutan tersebut, kalian akan lebih fokus mencari solusinya. Misalnya saja, jika ketakutan terbang itu karena dipengaruhi oleh faktor claustrophobia dan acrophobia, kalian dapat menyiasatinya dengan memilih tempat duduk di dekat lorong, karena duduk dekat orang lain dapat mengurangi rasa takut dan cemas. Sedangkan jika ketakutan kalian karena faktor lainnya, seperti takut berlebih akan turbulensi, kalian dapat melihat tips di bagian ‘saat di pesawat’.
      2. Jangan pernah terlalu kepo dengan berbagai kecelakaan yang pernah terjadi. Kalian boleh-boleh saja mencari informasi tips untuk menyelamatkan diri seandainya terjadi kecelakaan. Tapi hindari mencari-cari informasi tentang kecelakaan pesawat, apalagi sampai melihat foto-foto korban kecelakaan, dll dsb. Hal-hal seperti itu bisa memicu rasa panik saat berada di dalam pesawat.
      3. Sebelum memulai perjalanan, kalian bisa mencoba melakukan visualisasi rangkaian perjalanan yang akan dilakukan, mulai dari datang ke airport, hingga saatnya terbang. Diharapkan dengan sering-sering melatih visualisasi tersebut, otak akan terbiasa dengan situasi saat terbang dan akan semakin jarang mengirimkan sinyal ketakutan pada tubuh.
      4. Sebelum masuk pesawat, nggak ada salahnya menjelaskan perasaan takut kalian pada kru yang bertugas. Kru profesional biasanya sudah terlatih untuk menghadapi penumpang yang takut terbang. Namun jika kalian sudah memiliki tips dan trik sendiri untuk mengatasi fobia terbang, nggak ada salahnya meminta kru yang bertugas untuk membantu melakukan aneka tips dan trik tersebut. Misalnya saja, kalian bisa minta tolong untuk rutin diingatkan kalau kondisi penerbangan baik-baik saja, minta tolong diingatkan untuk melakukan berbagai teknik pernafasan seandainya tiba-tiba terserang panic attack, dan lain-lain.
      5. Kenali kondisi fisik dan psikis diri sendiri. Seandainya fobia terbang kalian sudah terlalu parah, jangan memaksakan untuk terbang dalam jangka waktu lama. Kalian bisa memilih beberapa penerbangan singkat (transit beberapa kali), dan pilihlah pesawat berbadan besar yang relatif lebih tahan terhadap turbulensi.
      6. Atau, jika fobia terbang kalian betul-betul sulit dikendalikan, nggak ada salahnya mencari kelas atau terapi khusus untuk mengatasi fobia tersebut. Kalian bisa datang ke psikolog, psikiater, atau mencari kelas-kelas terapi lainnya yang lokasinya paling dekat dengan tempat tinggal kalian.
      Saat di pesawat
      1. Biasanya, turbulensi menjadi penyebab fobia terbesar saat berada dalam pesawat. Ya, turbulance memang kadang terasa mengerikan. Tapi tahukah kalian, bahwa turbulance bagi pesawat terbang tak ada bedanya seperti keberadaan polisi tidur bagi kendaraan bermotor. Salah satu tips terbaik untuk menghadapi turbulensi, adalah dengan membiarkan tubuh berayun mengikuti gerak pesawat (jangan melawan) dan sebisa mungkin bersikap santailah.
      2. Alternatif lainnya, kalian bisa mengambil penerbangan yang – lagi-lagi – secara statistik relatif aman dari turbulensi. Penerbangan pagi biasanya lebih jarang terkena turbulensi, walau harga tiketnya (umumnya) lebih mahal dari penerbangan malam.
      3. Kalian juga dapat menyiasati masalah turbulensi dengan memilih tempat duduk yang tepat. Biasanya, kursi di bagian belakang pesawat akan terkena efek turbulensi lebih parah dibanding bagian lain dari pesawat. Sedangkan kursi terdepan kabin biasanya lebih minim terkena efek turbulensi.
      4. Selama di pesawat, sibukkan diri dengan melakukan aktifitas yang kalian suka agar perhatian tak hanya fokus dengan masalah penerbangan. Kalian bisa menonton film, membaca buku, main puzzle, atau mendengarkan lagu. Lebih baik jika kalian mendengarkan lagu-lagu tenang yang akan membuat perasaan jadi lebih relaks.
      5. Sering-seringlah melatih pernafasan saat berada di pesawat. Bernafas dengan tenang dan teratur dapat membantu membuat tubuh jadi lebih relaks dan mengurangi rasa takut.
      6. Hindari meminum minuman berkafein tinggi seperti kopi, atau minuman seperti soda. Minuman-minuman tersebut dapat merangsang seseorang untuk bersikap berlebihan dan terlalu bersemangat. Sebaliknya, nggak ada salahnya banyak-banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh dapat mebuat tubuh jadi lebih tegang dan lebih mudah terserang panik.
      7. Jika kalian boleh minum minuman beralkohol, menyecap 1-2 gelas wine dapat membantu membuat tubuh jadi sedikit lebih relaks. Tapi, jangan berlebihan! Minum sampai mabuk malah dapat membuat kalian bereaksi berlebihan dan malah mengganggu penumpang lainnya. Selain itu, membiasakan diri untuk minum beralkohol setiap kali terbang dapat menjebak kalian dalam pola hidup tak sehat, karena dosis alkohol harus selalu ditambah setiap kali terbang (agar efeknya terasa).
      8. Jika tidak bisa/tidak boleh minum minuman beralkohol, beberapa traveller menyarankan untuk minum obat anti mabuk untuk meminimalkan potensi terkena mabuk perjalanan.
      9. Selama di penerbangan, fokuslah pada pikiran-pikiran positif. Misalnya, usahakan untuk terus membayangkan tentang destinasi yang akan dituju, dan jangan pikirkan hal-hal buruk selama di perjalanan.
      10. Untuk alternatif lainnya, kalian dapat mencoba teknik pelepasan hormon oksitosin untuk mengatasi fobia terbang. Secara mudah, hormon oksitosin – atau biasa dikenal sebagai ‘hormon cinta’ – merupakan sebuah hormon yang dapat memberikan rasa percaya dan nyaman dalam diri seseorang. Saat hormon oksitosin berhasil dikeluarkan, perasaan stress akan bisa ditekan, dan akhirnya membuat otak berhenti mengirimkan sinyal-sinyal fobia terbang.  
      Lantas bagaimana caranya melepaskan hormon oksitosin? Caranya bisa berbeda bagi wanita dan pria. Bagi wanita, kalian dapat mengingat momen-momen bahagia seperti saat melihat bayi yang baru dilahirkan, saat menyusui, maupun saat tengah bersama pasangan. Sedangkan bagi pria, bisa dengan mengingat momen puncak dalam sebuah hubungan intim.
      Cara lainnya, kalian (khususnya solo traveller) dapat mencoba memulai percakapan dengan penumpang lain yang duduk di dekat kalian. Setelah obrolan nyambung dan merasa terhubung dengan orang itu, kalian akan merasa lebih tenang dan relaks – pertanda hormon oksitosin telah keluar.
      *             *             *             *             *
      Kenapa Kalian Harus Terbang Minimal Sekali dalam Seumur Hidup

      Ilustrasi, via adcomunicazione
      Jika data statistik maupun tips-tips di atas belum cukup untuk membuat kalian tenang, mari simak beberapa alasan kenapa kalian harus mencoba terbang minimal sekali dalam seumur hidup. Siapa tahu di antara alasan-alasan berikut ini ada yang mampu membuat fobia terbang kalian menjadi lebih bisa dikendalikan.
      1. Suka atau tidak, untuk bepergian ke beberapa tempat di dunia, pesawat masih menjadi moda transportasi tercepat, terbaik, dan – berdasarkan statistik – termasuk salah satu moda transportasi teraman di dunia. Jadi, sekalipun kalian benci terbang, ingatlah kalau mau-tak-mau kalian memang acap kali HARUS terbang. Daripada terus-terusan merasa takut, lebih baik jika kalian fokus mencari solusi untuk mengatasi ketakutan tersebut.
      2. Ingatlah bahwa terbang menjadi salah satu cara untuk mengagumi ciptaan-Nya dari ketinggian. Diharapkan dengan mengingat hal tersebut, kalian akan fokus pada hal-hal positif dan akhirnya melupakan ketakutan untuk terbang.  
      3. Tambahan lainnya, ada hikmah positif dari fobia terbang lho. Secara sengaja ataupun tidak, kalian jadi akan lebih banyak berdoa dan akhirnya menyerahkan segalanya kepada-Nya. Jadi, fobia terbang nggak melulu berisi hal-hal negatif kan?
      Semoga tipsnya bermanfaat!
      *             *             *             *             *
      Baca tulisan lainnya yang berhubungan dengan penerbangan:
      [Penting] Tips untuk Mempertinggi Potensi Selamat dari Kecelakaan Pesawat Terbang 
      Random Tips Buat Kalian yang Berencana Terbang Bareng Bayi dan Anak-anak
    • By Vara Deliasani
      Ceritanya beberapa hari yang lalu terjadi kebodohan dalam reservasi hotel. Seharusnya booking hotel buat Desember di sebelah shin-osaka station (karena niatnya mau beli paketan tiket Haruka+ICOCA), tapi malah kebooking buat November. Untung masih bisa di cancel. Tapi ternyata pas booking ulang buat Desember hotelnya udah penuh. Terpaksa deh nyari alternatif lain.  
      Akhirnya dapet di Osaka Hana tapi stasuin terdekatnya adalah Namba, mulai lah gw bingung... soalnya selama ini risetnya paketan diskonan tiket Kansai Airport ke Shin-Osaka. Bisa sih dari Shin-Osaka ke Namba tapi rugi waktu. Browsing sana sini.. nanya ke @deffa dan beberapa teman yang lain akhirnya nemu paket diskonan yang lumayan. Berikut beberapa pass yang bisa dipake untuk menghemat biaya dari Kansai Airport ke Namba :
      Yokoso Osaka Ticket Kanku-Webtoku Ticket Osaka City Subway to Kansai int'l Airport  
      Tapi sebelum ngebahas tiket diskonan ini mungkin gw bahas dulu kereta dan tiket reguler dari Kansai Airport ("KIX") ke Namba St. Terdapat 2 jenis kereta yang melayani rute ini, yaitu:
      Nankai Airport Express
      920 yen, 45 menit ke Namba. Berangkat tiap 15 menit. Alternatif kereta yang lebih murah jika dibandingkan dengan Nankai Rapid. Nankai Sirport Express ini berenti dibanyak stasiun dan cukup padat pada saat rush hour.
      Nankai "Rap:t"

      umber : http://www.howto-osaka.com/
      1430 yen, 34 -39 menit ke Namba. Brangkat setiap 30 menit. Keretanya ada 2 jenis, Nankai Rapit Alpha dan Nankai Rapit Beta, beta agak lebih lama dikit karena ada tambahan 2 stasiun pemberhentian. Semua seatnya reserved yaaa.
       
      Oke sekarang kita bahas tiket diskonan yang tersedia, ada beberapa pass yang bisa dibeli.. ada yang bisa dibeli online, ada juga yg hanya bisa dibeli di vending machine. Tinggal pilih deh yang sesuai kebutuhan. Berikut penjelasannya:
      Yokoso Osaka Ticket

      Sumber : http://www.howto-osaka.com/
      Tiket ini berlaku untuk Rapit Train. Harga tiketnya 1.500 Yen (Reguler seat). Sekilas memang terlihat lebih mahal dari beli satuan, tapi kalo beli Yokoso ini dapetnya 2 tiket sekaligus loh jadi lebih hemat..

      Sumber : http://www.howto-osaka.com/
      1 tiket dipake untuk dari airport ke Namba dan 1 tiket lagi bisa dipake buat naik subway, bus dan tram sepuasnya selama 1 hari (bisa dipake pada besok harinya). Tiketnya juga bisa dipake buat dapet diskonan tiket masuk di 32 tempat wisata di Osaka, antara lain  Osaka Castle, Tsutenkaku Tower, Osaka Water Bus, Umeda Sky Building (Floating Garden Observatory), Santa Maria (Bay Cruise) and banyal lagi. Harga normalnya sekitar 2000an Yen.. Jadi jauh lebih hemat kan kalo pake tiket ini...
      Gw sendiri rencananya akan pake Yokoso Osaka Ticket, hari pertama nyampe pake tiket airport -  namba. unlimited passnya baru akan digunakan besok harinya.
      Untuk Yokoso belinya harus online sebelum tiba di Jepang, bisa dibeli sebulan sebelum hari tiket yang akan dipilih. Berikut terlampir link pembelian tiket http://www1.nanka-e-tabi.com/NEREN/ItemDetail.aspx?tc=IB4AOSYOKOSO&sk=1
      Nanti bukti pemesanan dituker deh pas sampe KIX.
       
      Kanku-Webtoku Ticket

      Sumber : http://www.howto-osaka.com/
      Kalau ini tiket diskonan buat naik Rapit train.. Seperti dibahas di atas kalau beli satuan harganya 1.430 Yen, nah kalau pake ticket ini cuma bayar 1.130 Yen. Bedanya dengan Yokoso, Kanku Webtoku ini hanya mengcover perjalanan dari KIX ke Namba St.. dan ga bisa dipake buat dapet diskonan tiket masuk ke tempat wisata. 
      Tapi yaa lumayanlah yaa.. dari pada beli satuan di stasiun. Beli juga online, bisa cek disini http://www1.nanka-e-tabi.com/NEREN/ItemDetail.aspx?tc=IB4AOSKIXWTT&sk=1
      Nanti bukti pemesanan dituker deh pas sampe KIX.
       
      Osaka City Subway to Kansai int'l Airport
      Nah kalo yang ini harganya 1.000 Yen, bisa dipake untuk naik Nankai Airpot Express dari KIX ke Namba atau bisa dipake lanjut searah ke salah satu stasiun subway (ga bisa dipake buat naik Rapit Train yaaa). Jadi contohnya stasiun terdekat dari hotel adalah Shinsaibashi maka tiket ini bisa dipake untuk dari KIX - Namba lalu nyambung dari pakai subway dari Namba ke Shinsaibashi.
      Tiketnya bisa dibeli di vending machine di airport.
       
      Sebernarnya masih banyak jenis tiket diskonan lainnya, tapi harus dibeli di agen2 diluar Jepang.. dan belum tersedia di Indonesia 
      Btw semua harga diatas berlakunya sampai Maret 2017 yaa.. 
       
      Jadi ga bingung lagi kan kalo mendarat di Kansai dan harus menuju Namba.. Untuk tiket diskonan dari Kansai ke Shin-Osaka dan Osaka Umeda nanti ya dibahas berikutnya. Untuk Tokyo juga ada paketan tiket diskonan sejenis, kalo ga salah namanya Welcome Tokyo Ticket. Bulan depan @twindry akan gunakan di Tokyo.
      *Ketjup Manjaaaahh*
      Selamat Berlibur!!
       
    • By Vara Deliasani
      Kalau di postingan sebelumnya gw sudah membahas mengenai tiket diskonan Kansai Aiport (KIX) - Namba, sesuai janji, kali ini gw akan membahas tiket diskonan KIX - Shin-Osaka.
      Buat yang tiba di Kansai dan akan melanjutkan perjalanan ke daerah-daerah sekitar Osaka menurut gw ini adalah pilihan yang terbaik.. (sementara ini loohh yaaa... siapa tau nanti ada paketan lain yang lebih menarik)
      Namanya adalah Haruka ICOCA Ticket. Paketnya terdiri dari 1 tiket kereta Haruka ke Shin-Osaka dan 1 IC Card ICOCA dengan saldo 1.500 Yen. Haruka ICOCA ticket dijual dengan harga 3.300 Yen.


      Sumber : JpRail.com
      Apa sih Haruka?
      Haruka merupakan singkatan dari JR Haruka limited express. Kereta ini melayani tujuan KIX - Shin-Osaka, Kyoto dan Tennoji St. Untuk sampai ke Shin-Osaka dibutuhkan waktu tempuh 50 menit. Untuk sampai di Kyoto
       
      Apa sih ICOCA?
      ICOCA merupaka e-money/kartu prepaid yangdikeluarkan di Kansai area. Tapi ICOCA ini bisa dipakai di Tokyo juga ya, hanya pembeliannya saja yang harus di area Kansai. ICOCA ini bisa digunakan untuk seluruh moda transportasi yang tersedia di Osaka, bahkan bisa digunakan untuk belanja di mini market yang bertanda khusus.
       
      Haruka ICOCA Ticket :
      Harga tiket Haruka sendiri jika harga normal mencapai 1.840 Yen, sedangkan ICOCA sebesar 2.000 Yen (deposit 500 Yen, Saldo 1.500 Yen) Sehingga total uang yang dikeluarkan jika tanpa tiket ini dapat mencapai 3.840 Yen.
      Jadi paket diskon ini menawarkan 2 tiket (Haruka dan ICOCA) dengan harga diskon.. cukup bayar 3.300 Yen (tujuan shin-osaka). Menarik kan?
      Btw tiket Haruka nya berlaku untuk one way yaaa..  kalo round trip harganya beda lagi yaa..

       
      Pemesanan Tiket :
      Pemesanan tiket dilakukan online, 27 hari sampai dengn 2 hari sebelum tanggal pemakaian. Pembayaran dilakukan nanti pada saat penukaran bukti pemesanan dengan tiket di Kansai Airport. Kalo ga salah ga terima pembayaran kartu kredit. Jadi pastikan membawa Yen yang cukup.
      Pemesanan bisa dilakukan di https://entry.jr-odekake.net/webapp/form/18254_cabb_25/index.do
       
      Mau pake Haruka + ICOCA untuk ke kota lain selain Osaka? Bisa.. berikut tabelnya
      Service area HARUKA service section One-way   Round-trip   +ICOCA +ICOCA OSAKA
      Umeda
      Namba Kansai-airport - Tennoji 1,100YEN* 3,100YEN 2,200YEN* 4,200YEN Kansai-airport - Shin-Osaka 1,300YEN* 3,300YEN 2,600YEN* 4,600YEN KYOTO
      Saga-Arashiyama Kansai-airport - Kyoto 1,600YEN* 3,600YEN 3,200YEN* 5,200YEN KOBE
      Maiko Kansai-airport - Shin-Osaka 1,500YEN* 3,500YEN 3,000YEN* 5,000YEN NARA Kansai-airport - Tennoji 1,400YEN* 3,400YEN 2,800YEN* 4,800YEN  
      Kalau misalnya dari Kansai ke Kyoto lalu pulangnya dari Osakake Kansai bisa ga pake tiket diskon ini? Bisa banget!!
      Sampai Kansai langsung beli Haruka ICOCA tujuan Kyoto seharga 3.600 Yen.


      Lalu di Shin-Osaka tunjukin ICOCA beli tiket Haruka dengan harga 1.300 Yen, atau 1.00 Yen jika dari Tennoji Station.


      Sumber: www.westjr.co.jp
       
      Semoga Membantu!!  
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
    • By Vara Deliasani
      Salah satu transportasi yang paling murah di Kyoto adalah bus. Buat yang pertama kali ke Jepang, terutama Kyoto, mungkin akan sedikit bingung dengan cara naik bus di Kyoto serta nomor bus yang menuju tempat wisata utama seperti Kiyomizudera, Kinkakuji, Gion, dll. Untuk memudahkan teman-teman berikut  hal-hal yang perlu diketahui sebelum menjelajah Kyoto dengan bus.
       
      How to Ride:
      Naik bus dari pintu belakang, lalu turun dari pintu depan ya. Pada saat nama halte tujuan tertera dilayar langsung tekan tombol yang tersedia di dalam bus, agar bus berhenti di halte yang kita tuju.
       
      Cara membaca petunjuk tujuan dan nomor bis :

      sumber : http://www2.city.kyoto.lg.jp/
       
      Tarif :
      Jenis tarif terbagi 2, tarif flat dan tarif yang sesuai dengan jarak. Untuk tarif flat seperti keterangan pada gambar di atas nomor bus menggunakan latar belakang putih. Sedangkan bus denga  tarif flat rata2 menggunakan backgound nomor berwarna orange atau biru.
      Metode pembayaran bisa dilakukan dengan uang tunai. IC Card (Suica, ICOCA, dll) dan menggunakan one day pass.
       
      Pembayaran :
      Pembayaran dilakukan pada saat turun dari bus di payment box yang terletak di samping supir. Bentuknya kira-kira seperti ini:
       
      sumber : http://www2.city.kyoto.lg.jp/
      Keterangan Gambar:
      (1):Fare charging port
      (2):bill slot (change 1,000yen)
      (3):coin slot (change 500yen,100yen,50yen)
      (4):Card ticket slot
      (5):coin outlet(for change)
      (6):IC card reader
      (7):display
       
      Pembayaran Cash :
      Payment box hanya menerima uang koin pecahan 50, 100, 500. Masukan uang pas ke dalam dalam payment box (keterangan gambar 1). Harus uang pas yaa karena mesin tidak menyediakan kembalian. Jika menggunakan uang lembaran 1000 Yen bisa ditukarkan terlebih dahulu di cash change machine (keterangan gambar 2). Nanti uang hasil tukerannya akan keluar di coin outlet (keterangan gambar no 5)
      Khusus untuk bus dengan tarif non flat bayar sesuai dengan tarif yang tertera di layar.
       
      Pembayaran dengan IC Card :
      Tempelkan kartu di IC Card Reader (keterangan gambar no 6). Saldo dikartu akan dipotong sesuai dengan biaya perjalanan.
       
      Pembayaran dengan Bus Pass :
      Jika menggunakan pass untuk bus dengan tarif flat maka pada saat penggunaaan pertama kali masukin pass ke slot bus pass (keterangan gambar 4). Untuk naik berikutnya tinggal tunjukan pass ke supir pada saat turun.
      Yang perlu diperhatikan jika menggunakan pass ini untuk bus dengan tarif non flat maka setiap naik ambil boarding tiket di pintu masuk lalu saat turun serahkan boarding ticket dan masukan kembali bus pass ke slot 4, mengingat jika tujuan berada diluar area pass maka akan dikenakan biaya tambahan. 
      Jenis-jenis bus pass :
      The Kyoto City Bus & Kyoto Bus One-Day Pass seharga 500 yen untuk dewasa dan 250 Yen untuk anak-anak. Dengan pass ini bisa naik bus di Kyoto sampai puas selama 1 hari. Pass dapat digunakan untuk naik bus dengan tarif flat dengan bebas. Untuk bus dengan tarif non flat akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan jarak. The Kyoto Sightseeing Pass  seharga 1.200 Yen (1 day pass) dan 2.000 Yen (2 day pass). Pass ini mengcover seluruh Municipal Subway trains dan hampir seluruh bus yang dikelola oleh Kyoto Bus company. The Traffica Kyoto Card merupakan kartu prepaid seharga 3000 yen. Dengan kartu ini kita akan mendapatkan diskon 10% di seluruh Municipal Subway trains dan hampir seluruh bus yang dikelola oleh Kyoto Bus company. Jadi mirip IC Card tapi memberikan diskon tiap naik bus dan subway. Atau bisa menggunakan Kansai Thru Pass seperti yang pernah di review oleh @deffa  
      Contoh Itinerary di Kyoto dengan menggunakan bus :
       
      Contoh :
      Dari Kyoto Station menuju Kiyomizudera : Naik dari halte Kyoto Station, pilih bus nomor 100 turun di halte Kiyomizu-ichi
      Dari Kiyomizudera menuju Ginkakuji : Naik dari halte Kiyomizu-ichi, pilih bus no 100 menuju ke Ginkakuji-mae. Turun di halte Ginkakuji.
      Dari Ginkakuji menuju ke Kinkakuji : Naik bus no 102 atau 204 dari Halte Ginkakuji, turun di halte Kinkakuji.
      Ginkakuji ke Gion : Naik bus no 100 atau 203, turun di halte Gion.
       
      Lebih lengkap bisa cek tabel di bawah ini..
       

      sumber : Bus Navi
       
       
       
      Nah sekarang udah ga bingung lagi kan? Selamat menjelajah Kyoto dengan Bus!! 
       
       
       
       
    • By noquba
      Siapa yang tidak kenal minuman berkhasiat. Ya, madu. Madu adalah cairan penunjang kesehatan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Sudah selazimnya bagi ibu hamil, harus senantiasa , karena kesehatan ibu hamil juga bakal mempengaruhi kesehatan calon bayi atau janin.
      Madu kaya akan kandungan gizi yaitu asam amino, zat gula glukosa dan fruktosa, vitamin, riboflavin, thiamin, asam pantotenat, niasin, asam askorbat, piridoksin, dan kandungan mineral antara lain kalsium, kalium, magnesium, natrium, phosphor, zat besi, sulfut, dan mangan. Selain itu, madu juga mengandung senyawa bermanfaat seperti antibiotik yang ada dalam setiap tetesnya. Itulah kenapa madu merupakan sumber energi yang sangat disarankan untuk wanita hamil.
      Pemanfaatan Madu Sejak Mesir Kuno
      Dalam catatan Mesir kuno ( 1553-1550 SM) madu telah menjadi ramuan untuk mengatasi berbagai macam penyakit antara lain mengobati luka, mengobati sakit perut, merangsang pengeluaran kemih dan lain sebagainya.
      Berikut Adalah manfaat madu bagi kebugaran ibu hamil dan janin yang dapat dirangkum:
      1. Meringankan rasa mulas yang dialami ibu hamil
      Mulas adalah salah gangguan kehamilan yang sering terjadi. Hormon yang dikeluarkan selama kehamilan membuat sphincter diantara kerongkongan dan lambung menjadi lembek. Jika keadaaan seperti ini terjadi pada ibu hamil maka asam lambung kembali ke kerongkongan yang menyebabkan rasa seperti terbakar. Kondisi ini bisa terjadi sampai pada bulan-bulan akhir kehamilan.
      Penyebabnya karena janin mendorong organ-organ ke atas. Sehingga efeknya si ibu merasa mulas. Rasa mulas tersebut dapat dikurangi dengan cara meminum susu yang dicampur dengan madu. Percampuran madu dan susu bisa menetralkan kelebihan asam lambung dalam tubuh. Minum segelas susu tiap malam menjelang tidur dengan madu hamil, dapat mengatasinya.
      2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
      Selama masa kehamilan pilek bisa saja terjadi, karena ibu hamil lebih gampang terserang penyakit. Saat terserang pilek, wanita hamil akan mengalami hal yang mana membrane mukosa terjadi pembengkakan yang bisa menyebabkan sulit untuk bernafas. Wanita hamil harus meningkatkan konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung serat misalnya jus untuk ibu hamil. Ibu hamil bisa minum teh ditambah madu untuk membantu meringankan sakit tenggorokan yang tidak nyaman.
      3. Meringankan Morning Sickness (Emesis Gravidarum)
      Morning Sickness (Emesis Gravidarum) dialami oleh sebanyak 70 persen dari seluruh ibu hamil. Mual dan muntah yang terjadi pada trimester pertama masa kehamilan bisa menjadi gangguan juga. Dalam kasus yang berat morning sickness bisa menyebabkan penurunan berat badan, kekurangan nutrisi atau komplikasi kesehatan, sehingga dapat mempengaruhi perkembangan janin.
      Dalam pengobatan tradisional, untuk wanita hamil yang mengalami mual dan muntah biasanya kerupuk dan soda, namun ini hanya sedikit membantu. Untuk itu ibu hamil dapat menyeduh jahe hangat dan madu untuk mengobatinya.
      4. Meningkatkan Hemoglobin pada Ibu Hamil
      Madu mengandung Fe atau zat besi yang bermanfaat untuk ibu hamil, yang dapat menambah kuantitas eritrosit pada ibu hamil Wanita hamil terkadang mengalami anemia, dengan meningkatnya sel darah merah maka akan menaikkan kadar hemoglobin.
      5. Mengurangi sulit tidur bagi wanita hamil.
      Salah satu jenis madu yang bermanfaat untuk mengurangi insomnia. Selain dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh juga dapat menyebabkan ibu hamil mudah untuk tidur.
      6. Menguatkan Rahim ibu hamil
      Madu dari pohon dapat meringankan mual yang biasa dialami oleh wanita hamil. Selain itu, madu dari pohon bisa memperkuat rahim wanita hamil. Madu apel juga bisa menguatkan sirkulasi darah sehingga dapat membantu dalam mempersiapkan persalinan.
      7. Meringankan Penyakit Maag Selama Kehamilan
      Dalam ramuan untuk mengobati maag saat hamil, gunakan kunyit sebanyak 2 batang dan temu putih sebesar ibu jari. Lalu temu putih dan kunyit direbus ke dalam 500 cc air hingga menjadi berkurang setengahnya. Kemudian ambil rebusan airnya kemudian disaring setelah hangat-hangat kuku dimasukkan madu perlahan-lahan. Akan tetapi harus diketahui dulu bedanya mual hamil atau maag, sebelum memutuskan untuk melakukan terapi ini.
      8. Sangat Aman Untuk Ibu Hamil
      Tidak perlu khawatir bila ingin mengkonsumsi madu untuk wanita hamil. Dalam jurnal Canadian Family Physician menerangkan tentang pencernaan orang dewasa terdapat bakteri baik yang dapat melindungi dari penyakit yang menyebabkan kekakuan pada otot setelah melahirkan dan berpotensi menyebabkan kematian. Akan tetapi racun dari penyakit botulisme sendiri tidak akan sampai kepada plasenta.
      Sumber :  http://madukandungan.com/