• 0
Sign in to follow this  
Followers 0

tips Ask: Cara cepat membedakan madu asli atau palsu?


Question

Posted

Suka madu, karena banyak manfaatnya dan aman untuk digunakan..

Cuma masalahnya, masih sering tertipu kalo beli madu yang tanpa brand..

Salah satu cara yang saya tau untuk membedakan antara madu asli atau bukan adalah dengan menyimpan sedikit sampel madu tersebut di kulkas. Kalo beku berarti palsu. Tapi cara seperti itu kan bisa membuktikan madu asli atau enggak sesudah madunya dibeli. Kepinginnya, dari awal mau beli, kita sudah bisa mendeteksi dengan cepat kalo madu itu palsu atau enggak.

Nah, temen-temen jalan2ers di sini, ada yang punya tips masalah ini? Gimana kita bisa dengan cepat mendeteksi keaslian madu, jadi gak pas udah terlanjur dibeli dan dikonsumsi, baru ketauan kalo palsu?

Kalo ada saran atau tips, mohon di share yaaaaa

Thanks

:)

Share this post


Link to post
Share on other sites

8 answers to this question

  • 0

Posted

Saya pernah mendengar kalo tidak salah, cara tradisional untuk mengecek madu palsu itu memakai Piring yang dikasih air.

kalo air di piringnya tidak keruh, bearti itu madu asli karena kadar airnya sedikit.

nah, kalo madu palsu, lama-lama air yang di piring itu bakal menjadi keruh. karena memiliki kadar air yang sangat banyak,..

mungkin itu saja yang saya ketahui mas.

adakah kawan-kawan yang bisa menambahkan...?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

saya sempat baca juga di artikel kesehatan, kalo madu palsu mudah dikerubungi semut karena mengandung sukrosa, sedangkan madu asli sukrosa sudah dipecah menjadi glukosa dan fruktosa, dan juga tidak bagus buat penderita diabetes.....makannya beli yang asli yah....

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kalau saya pernah mengetes madu dengan cara teteskan madu pada kertas, madu yang palsu akan terserap sama kertas karena kadar airnya yang tinggi. selamat mencoba :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kalo dari kekentelannya gmn? saya sih kalo milih rata2 yang kentel dan yang warnya nya pekat gitu...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Saya pernah mendengar kalo tidak salah, cara tradisional untuk mengecek madu palsu itu memakai Piring yang dikasih air.

kalo air di piringnya tidak keruh, bearti itu madu asli karena kadar airnya sedikit.

nah, kalo madu palsu, lama-lama air yang di piring itu bakal menjadi keruh. karena memiliki kadar air yang sangat banyak,..

mungkin itu saja yang saya ketahui mas.

adakah kawan-kawan yang bisa menambahkan...?

ok.. thanks infonya :)

saya sempat baca juga di artikel kesehatan, kalo madu palsu mudah dikerubungi semut karena mengandung sukrosa, sedangkan madu asli sukrosa sudah dipecah menjadi glukosa dan fruktosa, dan juga tidak bagus buat penderita diabetes.....makannya beli yang asli yah....

Pernah baca juga nih, tapi ada temen yang bilang, tergantung jenis madunya, ada yang dikerubungi, ada yang enggak.. rada bingung jadinya :D

btw thanks :)

kalau saya pernah mengetes madu dengan cara teteskan madu pada kertas, madu yang palsu akan terserap sama kertas karena kadar airnya yang tinggi. selamat mencoba :)

Baru denger nih, simpel juga ya. Mungkin ini alternatif lain dari mengetes pake air seperti yang disarankan Harta diatas ya.. Berkaitan dengan kadar air..

Ok ok.. ntar dipraktekin :D, thanks

kalo dari kekentelannya gmn? saya sih kalo milih rata2 yang kentel dan yang warnya nya pekat gitu...

Hehe, kadang kalo liat madunya kentel, seperti lebih meyakinkan ya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

madu yang asli kalo misalnya kita ambil sesendok dan masukkan ke dalem freezer dia ga akan membeku. yang membeku itu madu palsu.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

aku juga pernah denger kalau membedakan madu asli dengan yang palsu tu salah satunya dengan dibakar. Trus waktu coba beli madu dari pencari madunya langsung, iseng-iseng aku bakar. eh, ternyata bener lho, plus madu asli tu gak mudah dikerubungin semut. ini pengalamanku sih ....

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

saya seorang agen penjual madu asli untuk konsumsi. Namun, sebenarnya ada sedikit tambahan seperti sari kurma, dll. Mungkin mba atau mas ingin membeli.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0