Wuri wuri

Trip Semarang 2 hari 1 malam

26 posts in this topic

Here we go...

Karena saya wong Jogja tentu saja trip dimulai dr Jogja...

 

Dikarenakan bus Jogja-Semarang yg begitu pelit trayek, jarang bgt sodara2, bisa bulukan nungguin bis Jogja-Semarang. Maka saya putuskan naik Travel.

 

Travel Iqro

byr 40rb

Alamatnya :

Jl. Dr. Wahidin 44 B Yogya (0274) 553869 Fax. (0274) 553869

Mending lngs dtng aja telponnya susah jrng diangkat, ini travel brkt 2 jam sekali jam genap 6,8,10,12,dst…

 

Saya berangkat jam 6 pagi.

 

Jam 10 sampai Banyumanik-Semarang, untuk menyingkat waktu dan biaya maka blg sama sopirnya minta turun di depan Vihara Budhagaya di Watugong lngs explore vihara terbesar se Indonesia, naik ke lantai 4-nya juga kl pas dibuka. kl cm di viharanya gratis tp kl naik ke lantai 4 bayar tp lupa nominalnya.

post-4560-0-97162700-1371220494_thumb.jppost-4560-0-67993200-1371220540_thumb.jp

Selesai itu sekitar jam 11bs mampir ke Jamu Jago “Museum MURI†naik angkot warna kuning bayar 2k/org ga usah tny hrg, lngs kasihin aja duitnya. (masuk sini gratis sodara2)

post-4560-0-97292400-1371220601_thumb.jp

Watugong-Museum MURI cm deket koq by angkot cm 10 menit.

 

Abis itu jam 12 siang lngs menuju pusat kota Semarang…dari depan Museum Muri naik bis jurusan pusat kota Semarang. Tanya jurusan bis yg langsung trn depan Klenteng Sam Poo kong, bisnya nunggunya lama, kl yg oper2 bnyk tp takut bingung kl oper2.

Kl barengan ma tmn2 patungan naik taksi aja. Karena saya cm ber2 maka sy memilih naik bis, selain murah jd bisa lbh menikmati perjalanan. (intinya sich ngirit :terharu )

 

Masuk Sam Poo Kong 5k, tp cm dipelatarannya aja, kalo masuk tempat Ibadahnya mahal euy kl ga salah inget 30k. Pdhl dr luar jg keliatan dalemnya.

post-4560-0-75105500-1371220448_thumb.jp

 

Selesai Sam Poo Kong jam 2-an Ishoma trs check in

Wisma Pemda di Jln Supeno 32 Semarang

Telp. 024-8311164

(Dkt ma Taman KB, Simpang Lima)

90rb/mlm (AC&Hot Water)

 

Highly recommanded, murah meriah nich :salut

 

Sore jam 4 menuju lawang sewu dr wisma ke lawang sewu naik taksi cm 10k.

Lawang sewu bagus kl siang menjelang malam, kl mau tour malam lbh menggigit sich.

Masuk lawang sewu 10k, bayar tour guide 30rb per grup, ntr kl mau masuk ruang bawah tanah byr lg 10k (buat sewa boots) biasanya guide dikasih tips seikhlasnya krn udh nganter ke ruang bwh tanah kasih aja 10-20k kalo rame2 ya ksh aja lebih.

post-4560-0-78802300-1371220361_thumb.jp

 

Malemnya nongkrong aja di tugu muda depan lawang sewu

post-4560-0-55293100-1371220310_thumb.jp

atau blnj oleh2 di jalan padanaran (ini jln cm sebelahnya lawang sewu) belanja di Juwana toko oleh2 paling ujung, paling rame. (tny aja ma org disekitar situ)

Macem oleh2nya buanyak bgt dari bandeng segala rasa, roti Gandjel Rel, dan wingko babad berbagai gaya.

 

Kalo masih kurang rame nongkrong di Simpang Lima maen skateboard atau sepatu roda (Di smrg lg ngetrend nich)

Di depan gedung DPRD juga bnyk org nongkrong

Kl mau mkn Tahu Gimbal di Taman KB kl dr wisma td deket…jln kaki 10 mnt tok.di sini berjejer tukang makanan.

 

Trs paginya jam 9 menuju ke Masjid Agung Jateng yg ada menara Al-Husna 99 meter menunjukkan asma Allah (katanya).

Dari Wisma naik taksi 25k

Naik keatas menara bayar 5rb

post-4560-0-61950500-1371220198_thumb.jp

 

Selanjutnya ke Kota Lama karena angkotnya susah diputuskan naik taksi lagi 25rb, di Kota Lama bisa beli pionirnya Wingko Babad  merk Kereta Api (rasanya emg beda dr merk lain, lbh empuk dan gurih),

post-4560-0-96037700-1371220763_thumb.jp

jln2 aja sktr kota lama bangunan jaman Belanda dl, ga jauh beda sama Kota Tua-nya Jakarta, yg terkenal ikon kota Lama Gereja Bleduk.

post-4560-0-72360200-1371220150_thumb.jp

Depan gereja Bleduk ada sate kambing B-29, terkenal di Semarang.

 

Sekitar Jam 4 sore selesailah trip Semarang kali ini, pulanglah awak ke Jogja dengan hati riang gembira

 

 

Sekian trip Semarang kali ini... semoga bisa sedikit membantu handai taulan sekalian. :senyum

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Wuri wuri memang ini ke semarangnya kapan mbak? kok masih dapet travel iqro?

saya baru rencana bulan depan mo ke jogja malah bingung sekarang mo naik apaan..karena setau saya travel iqro udh tutup :(

 

aku kalo ke semarang-jogja atau sebaliknya biasanya naik bis patas  Ramayana atau Nusantara. Pengalaman, kalau naik bis biasa tuh dioper di terminal Magelang. jadi agak males. kapan rencana ke Jogja mbak??

Share this post


Link to post
Share on other sites

aku kalo ke semarang-jogja atau sebaliknya biasanya naik bis patas  Ramayana atau Nusantara. Pengalaman, kalau naik bis biasa tuh dioper di terminal Magelang. jadi agak males. kapan rencana ke Jogja mbak??

 

 @Diyan Hastari awal bulan depan sepertinya mbak..masih belum ada tanggal yang pasti..

biasanya sih bawa mobil sendiri klo ke jogja, tapi area ungaran-bawen nya lagi rawan macet T_T kadang bisa stuck berjam-jam disitu :ngeri blom nanti macet di yang lainnya hehehe..

Share this post


Link to post
Share on other sites

 @Diyan Hastari awal bulan depan sepertinya mbak..masih belum ada tanggal yang pasti..

biasanya sih bawa mobil sendiri klo ke jogja, tapi area ungaran-bawen nya lagi rawan macet T_T kadang bisa stuck berjam-jam disitu :ngeri blom nanti macet di yang lainnya hehehe..

 

daerah situ emang langganan macet yaaa. pernah temenku semarang-temanggung sampai 6 jam. jyaaaaa. kalo aku sih, demi melewati macet seneng pake motor. tapi akunya mbonceng terus. xixixiixixi. kabar2 yaaa kalo ke Jogja. Siapa tahu bisa kumpul2 ma temen2 dari reg Jogja. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

daerah situ emang langganan macet yaaa. pernah temenku semarang-temanggung sampai 6 jam. jyaaaaa. kalo aku sih, demi melewati macet seneng pake motor. tapi akunya mbonceng terus. xixixiixixi. kabar2 yaaa kalo ke Jogja. Siapa tahu bisa kumpul2 ma temen2 dari reg Jogja.

sekarang udah lancar mbak pengecorannya udah kelar mbak....

Share this post


Link to post
Share on other sites

aku kalo ke semarang-jogja atau sebaliknya biasanya naik bis patas  Ramayana atau Nusantara. Pengalaman, kalau naik bis biasa tuh dioper di terminal Magelang. jadi agak males. kapan rencana ke Jogja mbak??

sekarang dah banyak mbak shuttle atau travel ke semarang, ada day trans ada trans jaya, joglosemar

Share this post


Link to post
Share on other sites

sekarang udah lancar mbak pengecorannya udah kelar mbak....

 

 

sekarang dah banyak mbak shuttle atau travel ke semarang, ada day trans ada trans jaya, joglosemar

 

iya tow? aku dah lama enggak ke semarang. terakhir kayaknya februari deh. heee....

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Wuri-wuri, terima kasih infonya ya.

Bolak balik ke Semarang yang dilihat cuma kota tua dan lawang sewu aja. Kelenteng Sam poo kong juga udah sih. Disana aku seru-seruan, sewa baju ala kerajaan China dan bisa masuk ke dalam. Dapat CD foto dan print out 3 lembar per orang.Lucu deh, bagus. Kalau rombongan lebih seru lagi tuh. Lengkap. :senyum  Ada raja, ratu, pengawal, dsbnya. Hehehehe.

 

Pas kedua kali ke Semarang, bingung lihat apa ya, paling kulinernya aja yang seru tiap kali kesana. Hehehehe. Besok pas ke Semarang lagi, aku mau lihat museum MURI ah... sama Viharanya. Viharanya di daerah mana tuh mbak?

 

Ooo, murah juga ya Wisma Pemda itu. Bersihkan kamarnya?

 

Kayanya harus coba sate kambingnya nih... saya pernah baca juga tulisan mengenai hal itu sebelumnya (ga inget dimana).

 

@deffa, momod... ayo kalau mau ke Semarang. Wik en aja :terbang

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Wuri-wuri, terima kasih infonya ya.

Bolak balik ke Semarang yang dilihat cuma kota tua dan lawang sewu aja. Kelenteng Sam poo kong juga udah sih. Disana aku seru-seruan, sewa baju ala kerajaan China dan bisa masuk ke dalam. Dapat CD foto dan print out 3 lembar per orang.Lucu deh, bagus. Kalau rombongan lebih seru lagi tuh. Lengkap. :senyum  Ada raja, ratu, pengawal, dsbnya. Hehehehe.

 

Pas kedua kali ke Semarang, bingung lihat apa ya, paling kulinernya aja yang seru tiap kali kesana. Hehehehe. Besok pas ke Semarang lagi, aku mau lihat museum MURI ah... sama Viharanya. Viharanya di daerah mana tuh mbak?

 

Ooo, murah juga ya Wisma Pemda itu. Bersihkan kamarnya?

 

Kayanya harus coba sate kambingnya nih... saya pernah baca juga tulisan mengenai hal itu sebelumnya (ga inget dimana).

 p

@deffa, momod... ayo kalau mau ke Semarang. Wik en aja :terbang

6@halimun viharanya daerah watugong, supir taxi atao angkot udah pada ngerti koq boss

Share this post


Link to post
Share on other sites

daerah situ emang langganan macet yaaa. pernah temenku semarang-temanggung sampai 6 jam. jyaaaaa. kalo aku sih, demi melewati macet seneng pake motor. tapi akunya mbonceng terus. xixixiixixi. kabar2 yaaa kalo ke Jogja. Siapa tahu bisa kumpul2 ma temen2 dari reg Jogja. 

 

iya mbak..semarang-ambarawa pernah sampe 3-4 jam gara" macet disitu..

tapi menurut info berikut:

 

sekarang udah lancar mbak pengecorannya udah kelar mbak....

 

@djayust saking selama ini klo main ke bawen-ambarawa selalu kena macet jadi sejak ada betonisasi itu  jadi jarang banget maen ke daerah sana..

tapi syukurlah kalo sekarang sudah lancar krn pengerjaannya udah selesai..

 

sekarang dah banyak mbak shuttle atau travel ke semarang, ada day trans ada trans jaya, joglosemar

 

day trans/trans jaya pool nya dimana ya? cipaganti klo gak salah ada juga rute ke jogja ya?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Here we go...

Karena saya wong Jogja tentu saja trip dimulai dr Jogja...

 

Dikarenakan bus Jogja-Semarang yg begitu pelit trayek, jarang bgt sodara2, bisa bulukan nungguin bis Jogja-Semarang. Maka saya putuskan naik Travel.

 

Travel Iqro

byr 40rb

Alamatnya :

Jl. Dr. Wahidin 44 B Yogya (0274) 553869 Fax. (0274) 553869

Mending lngs dtng aja telponnya susah jrng diangkat, ini travel brkt 2 jam sekali jam genap 6,8,10,12,dst…

 

Saya berangkat jam 6 pagi.

 

Jam 10 sampai Banyumanik-Semarang, untuk menyingkat waktu dan biaya maka blg sama sopirnya minta turun di depan Vihara Budhagaya di Watugong lngs explore vihara terbesar se Indonesia, naik ke lantai 4-nya juga kl pas dibuka. kl cm di viharanya gratis tp kl naik ke lantai 4 bayar tp lupa nominalnya.

attachicon.gifIMG_3254.JPGattachicon.gifIMG_3283.JPG

Selesai itu sekitar jam 11bs mampir ke Jamu Jago “Museum MURI†naik angkot warna kuning bayar 2k/org ga usah tny hrg, lngs kasihin aja duitnya. (masuk sini gratis sodara2)

attachicon.gifIMG_3227.JPG

Watugong-Museum MURI cm deket koq by angkot cm 10 menit.

 

Abis itu jam 12 siang lngs menuju pusat kota Semarang…dari depan Museum Muri naik bis jurusan pusat kota Semarang. Tanya jurusan bis yg langsung trn depan Klenteng Sam Poo kong, bisnya nunggunya lama, kl yg oper2 bnyk tp takut bingung kl oper2.

Kl barengan ma tmn2 patungan naik taksi aja. Karena saya cm ber2 maka sy memilih naik bis, selain murah jd bisa lbh menikmati perjalanan. (intinya sich ngirit :terharu )

 

Masuk Sam Poo Kong 5k, tp cm dipelatarannya aja, kalo masuk tempat Ibadahnya mahal euy kl ga salah inget 30k. Pdhl dr luar jg keliatan dalemnya.

attachicon.gifIMG_3299.JPG

 

Selesai Sam Poo Kong jam 2-an Ishoma trs check in

Wisma Pemda di Jln Supeno 32 Semarang

Telp. 024-8311164

(Dkt ma Taman KB, Simpang Lima)

90rb/mlm (AC&Hot Water)

 

Highly recommanded, murah meriah nich :salut

 

Sore jam 4 menuju lawang sewu dr wisma ke lawang sewu naik taksi cm 10k.

Lawang sewu bagus kl siang menjelang malam, kl mau tour malam lbh menggigit sich.

Masuk lawang sewu 10k, bayar tour guide 30rb per grup, ntr kl mau masuk ruang bawah tanah byr lg 10k (buat sewa boots) biasanya guide dikasih tips seikhlasnya krn udh nganter ke ruang bwh tanah kasih aja 10-20k kalo rame2 ya ksh aja lebih.

attachicon.gifIMG_3359.JPG

 

Malemnya nongkrong aja di tugu muda depan lawang sewu

attachicon.gifIMG_3395.JPG

atau blnj oleh2 di jalan padanaran (ini jln cm sebelahnya lawang sewu) belanja di Juwana toko oleh2 paling ujung, paling rame. (tny aja ma org disekitar situ)

Macem oleh2nya buanyak bgt dari bandeng segala rasa, roti Gandjel Rel, dan wingko babad berbagai gaya.

 

Kalo masih kurang rame nongkrong di Simpang Lima maen skateboard atau sepatu roda (Di smrg lg ngetrend nich)

Di depan gedung DPRD juga bnyk org nongkrong

Kl mau mkn Tahu Gimbal di Taman KB kl dr wisma td deket…jln kaki 10 mnt tok.di sini berjejer tukang makanan.

 

Trs paginya jam 9 menuju ke Masjid Agung Jateng yg ada menara Al-Husna 99 meter menunjukkan asma Allah (katanya).

Dari Wisma naik taksi 25k

Naik keatas menara bayar 5rb

attachicon.gifIMG_3413.JPG

 

Selanjutnya ke Kota Lama karena angkotnya susah diputuskan naik taksi lagi 25rb, di Kota Lama bisa beli pionirnya Wingko Babad  merk Kereta Api (rasanya emg beda dr merk lain, lbh empuk dan gurih),

attachicon.gifIMG_3463.JPG

jln2 aja sktr kota lama bangunan jaman Belanda dl, ga jauh beda sama Kota Tua-nya Jakarta, yg terkenal ikon kota Lama Gereja Bleduk.

attachicon.gifIMG_3441.JPG

Depan gereja Bleduk ada sate kambing B-29, terkenal di Semarang.

 

Sekitar Jam 4 sore selesailah trip Semarang kali ini, pulanglah awak ke Jogja dengan hati riang gembira

 

 

Sekian trip Semarang kali ini... semoga bisa sedikit membantu handai taulan sekalian. :senyum

 

Hallo aku newbie nih disini,,

 

Sept ini aku mao ke semarang, dan rencana nginep di wisma pemda juga, harus booked by phone dulu kah? atao bisa langsung datang? klo harus booked dulu, transfer uang muka dulu juga yah ?

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Wuri-wuri, terima kasih infonya ya.

Bolak balik ke Semarang yang dilihat cuma kota tua dan lawang sewu aja. Kelenteng Sam poo kong juga udah sih. Disana aku seru-seruan, sewa baju ala kerajaan China dan bisa masuk ke dalam. Dapat CD foto dan print out 3 lembar per orang.Lucu deh, bagus. Kalau rombongan lebih seru lagi tuh. Lengkap. :senyum  Ada raja, ratu, pengawal, dsbnya. Hehehehe.

 

Pas kedua kali ke Semarang, bingung lihat apa ya, paling kulinernya aja yang seru tiap kali kesana. Hehehehe. Besok pas ke Semarang lagi, aku mau lihat museum MURI ah... sama Viharanya. Viharanya di daerah mana tuh mbak?

 

Ooo, murah juga ya Wisma Pemda itu. Bersihkan kamarnya?

 

Kayanya harus coba sate kambingnya nih... saya pernah baca juga tulisan mengenai hal itu sebelumnya (ga inget dimana).

 

@deffa, momod... ayo kalau mau ke Semarang. Wik en aja :terbang

 

aku sekarang mau ke vihara mbak... dari dulu cuma lewat doang. hari ini harus terlaksana. xixixiixi

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Wuri-wuri, terima kasih infonya ya.

Bolak balik ke Semarang yang dilihat cuma kota tua dan lawang sewu aja. Kelenteng Sam poo kong juga udah sih. Disana aku seru-seruan, sewa baju ala kerajaan China dan bisa masuk ke dalam. Dapat CD foto dan print out 3 lembar per orang.Lucu deh, bagus. Kalau rombongan lebih seru lagi tuh. Lengkap. :senyum  Ada raja, ratu, pengawal, dsbnya. Hehehehe.

 

Pas kedua kali ke Semarang, bingung lihat apa ya, paling kulinernya aja yang seru tiap kali kesana. Hehehehe. Besok pas ke Semarang lagi, aku mau lihat museum MURI ah... sama Viharanya. Viharanya di daerah mana tuh mbak?

 

Ooo, murah juga ya Wisma Pemda itu. Bersihkan kamarnya?

 

Kayanya harus coba sate kambingnya nih... saya pernah baca juga tulisan mengenai hal itu sebelumnya (ga inget dimana).

 

@deffa, momod... ayo kalau mau ke Semarang. Wik en aja :terbang

 

mbak @halimun. mau pamer niiii

 

post-3857-0-33675900-1375850721_thumb.jp

post-3857-0-10089900-1375850977_thumb.jp

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Wuri wuri nice report... :salut

jadi pengen ke semarang jg. baru sekali ke semarang itupun sdh bbrp thn yg lalu dlm rangka tugas...ga bisa jalan2. cuma main ke mall simpang 5 dan beli oleh2 di pandanaran. 

padahal kmrn2 ada tiket promo 50rb dr KAI yaa...tp malah ga beli tiketnya. hadoooohh....

Share this post


Link to post
Share on other sites

baru aja seminggu yang lalu ke semarang, belum puas karena gak bisa naik ke menara Al Husna. ada jam operasionalnya, jadi gak tiap jam bisa masuk. 3 kali bela2in naik taxi dari simpang llima ke masjid agung, selalu gak dapat. sampai di sana pas loketnya baru aja tutup.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ada yang di liburan di semarang tanggal 09 November 2013,

mana taw bisa bareng keliling kota dan patungan bayar guide di lawang sewu ... heheheh

PM ya,

tanggal 16/17 aku ke Semarang. diundur ajaaaa. kita rame2 ke lawang sewu

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By ko Acong
      Bosan mengunjungi Jepang hanya Tokyo - Kyoto - Osaka? Perlu nih piknik dengan suasana berbeda 360 derajat. Cobalah destinasi anti mainstream yaitu Alpine Route memang biaya agak mahal sedikit, namun kita akan bahagia dengan pemandangan yang tiba2 berubah dari satu spot dan lainya dan disuguhi udara yang super bersih.
      Untuk menyusuri Alpine Route kita harus bayar terpisah dari tiket JR, mau itu JR Pass, JR West ataupun JR East yaitu harus bayar option tiket nya 9000 yen, lalu tinggal duduk manis. Atau mau eceran pun ada namun akanboros 3000 yen (total 12.000 yen ).
      Bagaimana cara ke Alpine Route?
      Ini adalah jalur saya yang pasti berbeda dengan pemegang JR Pass. Dari Shinjuku Tokyo, naik Highway Bus menuju Matsumoto seharga 4500 yen selama kurang lebih 3 jam waktu tempuhnya.
      Tak lupa saya tukarkan Tourist Pass Matsumoto - Takayama - Alpine,  beli di Travel Agent di Indonesia seharga 17.500 Yen. Dengan Rincian JR Pass mencakup: Shinan-omachi - Matsumoto - Kiso Fukushima - Ena - Nagoya - Gifu - Gero - Takayama - Hida - Toyama. 
      Saya tidak beli JR Pass karena akan lebih hemat sebesar Rp 1.2 jutaan dengan Tourist Pass ini,  karena tidak ke Osaka dan pulangnya Via Narita.
      Piknik seputaran Alpine - Takayama - Matsumoto bisa mengunjungi beberapa Prefektur. Yang saya kunjungi menggunakan JR campur dengan pilihan saya yaitu Tourist Pass, berlaku untuk 5 Hari seharga 17.500 yen.
      Berikut destinasi yang saya kunjungi.
      Matsumoto:
       Saya kunjungi Kastil Matsumoto, salah satu yang terkenal di Jepang. Jinjo (lupa namanya dengan warna yang dominan pink) Salah satu perguruan tinggi melegenda Kaichi School Museum Kami kochi  sungai yang jernih: http://www.kamikochi.or.jp/ Narai Juku / Kiso Valley:
      Desa kuno yang memegang peranan penting untuk jalur distribusi perdagangan  Tokyo ke Kyoto, dari hasil pegunungan Takayama dan desa seniman keramik, serta ada satu Obat dewanya yang sangat manjur sayang saya nggak bisa bacanya: https://www.japan-guide.com/e/e6080.html
      Hida:
      Sebuah kota kecil penghasil kayu paling berkualitas dengan ahli-ahli kayunya. Pemandangan sekeliling nya indah dengan dilintasi sungai besar berasal dari pegunungan di Takayama. Dan yang paling unik ada jalan yang berjejer, serta rumah-rumah kuno dengan ada selokan kecil yang isinya ribuan ikan koi besar-besar, ini untuk menandakan bahwa dampak Bom Atom jaman Hiroshima - Nagasaki telah clear. Daerah ini menjadi terkenal karena Ikan Koi tersebut.
      https://www.google.com/destination?dest_mid=/m/02jbp_#dest_mid=/m/02jbp_&tcfs=EhoaGAoKMjAxOC0wNi0wORIKMjAxOC0wNi0xMw
      https://www.infojepang.net/info-wisata-di-takayama/
      Gero Onsen
      http://video.metrotvnews.com/kokoronotomo/5b2E9mMN-jalan-jalan-di-gero-onsen-gassho-mura
      Kota wisata yang mempunyai sungai dan onsen umum, sayang saya datang nya kepagian, coba kalau nginap di Gero atau agak sore, tentu mataku berbinar-binar dengan onsen yang nyampur cewek cowok hihihih, jangan omes ya tradisi mandi bareng di onsen merupakan suatu kehormatan bagi tradisi lokal yang menjadikan kita termasuk satu keluarga besar saat itu.
      Semuanya berdekatan dengan Prefektur Gifu, hanya dengan 17.5000 Yen kita bisa mengunjungi tempat-tempat ini semua. Bisa dari Tokyo atau dari Osaka, tentunya berbeda-beda tipe JR Pass nya. Jika ingin nyaman beda sedikit pegang lah JR Pass.
      Perjalanan Ko Acong nano nano rasanya, kurang afdol jika tanpa kendala dan berbagai hambatan, secara “si bocah tua nakal“ (yang tidak bisa Bahasa Asing, Gaptek dan segala kekurangannya).
      Kendala pertama yang menghambat perjalanan saya selama 5 hari adalah teledor nya saya dikala menukar Tourist Pass tidak dibaca. Saya beli tiket terusan Tourist Pass Alpine - Takayama - Matsumoto sudah betul, namun petugas di JR Tokyo lalai salah menempelkan ke kartu yang JR West Pass. Nah, kendalanya pas mau digunakan ditolak oleh petugas di lapangan, satu petugas ke petugas lainya tetap ditolak, sampai lebih dari 5 orang. Waduh apa daya saya sekarang secara saya bawa uang benar-benar dibatasi mutlak hanya 20.000 yen untuk uang saku selama seminggu. 
      Begitu lunglai pas lirik ada Japan Tourist Information, nah saya coba deh kesana. "Please help me talk Bahasa?????" Bengong tuh semua. Aduh kumaha atuh ieu teh wot hepen cantik. Keluar deh seorang atasannya sambil bawa HP gede sebesar buku. Mulai dia taktik tuk eh keluar suara Indonesia "apa yang bisa kami bantu?"
      Saya jawab tapi tetap ngak nyambung pake input suaranya. Nah, disini bodoh tapi pandai (bawaan sejak lahir) nya si bocah tua nakal, secara saya pernah utak atik Translate Bahasa. Ku ketik juga via abjad dan BINGO nyambung deh walau lama mereka tetap sabar.
      Sudah tahu masalahnya, langsung bikin maklumat sakti untuk kepala stasiun. Bla bla bla mohon untuk membantu  Lao ye (bos tua). Hal ini yang salah adalah Pihak JR Tokyo dan ada Catatan Contact Person Pejabat JR Pusat.
      Walau udah beres, namun tetap ada saja tiap ganti prefektur kendala terjadi lagi. Saya keluarkan jurus nakal nya sampai kepala stasiun berkenan keluar kandang nya dengan gunakan Google translate, suara dikencangkan dan heboh kan hehehehe si bocah tua nakal punya mainan baru.








      Fr Alpine2018.docx













    • By Dantik
      Hari 1, 5 Mei 2018 : Athena
      Hari 2, 6 Mei 2018
      Pagi ini kami berangkat dari Athena menuju Roma menggunakan Ryan Air. Perjalanan selama 2 jam berjalan tepat waktu. Ryan Air adalah budget airlines yang cukup ketat dalam masalah kabin bagasi. Hanya diperbolehkan satu tas jinjing atau backpack yang muat dibawah kursi jika tidak membeli kabin bagasi.
      Mendarat di bandara Roma Ciampino, ada 3 pilihan transportasi dari bandara menuju kota. Pertama menggunakan taksi tarif flat 30 euro. Kedua menggunakan airport shuttle bus tarif 5-6 euro. Dan yang terakhir menggunakan bus + metro tarif 1.50 euro.
      Kami menggunakan pilihan ketiga yaitu dari Ciampino Airport menggunakan bus 520 turun di Cinecitta. Kemudian naik Metro A turun di Termini Station. Metrebus tiket 24 jam harga 7 euro.

       
      1.Santa Maria Maggiore
      Dari Termini Station kami mulai mengeksplore kota Roma. Pertama kami menuju Santa Maria Maggiore, sudah mulai terlihat antrian masuk gereja pada saat itu.


      2.San Giovanni
      Kemudian kami pergi ke San Giovanni menggunakan Metro A dari Vittorio Emanuele Station turun di San Giovanni Station.

      3.Colosseo
      Dari San Giovani kami pergi ke Colosseo menggunakan Tram 3. Di sini terlihat banyak sekali wisatawan, terlihat juga antrian yang panjang. Banyak orang yang menawarkan jasa Skip The Line untuk masuk ke Colosseum. Ada 3 objek wisatawan yang bisa kita lihat di sini. Pertama Coloseum itu sendiri, kedua Arch of Constantine, dan yang ketiga Roman Forum.

      4.Piramide
      Dari Coloseum kami pergi ke Piramide menggunakan Tram 3 yang sama turun di Porta S. Paolo. Mungkin ga banyak orang yang tau kalau di Roma itu ada Piramida juga.

      5.Circo Massimo
      Dari Piramide kami kembali ke Circo Massimo menggunakan Tram 3 arah balik turun di Aventino. Circo Massimo ini adalah lahan luas yang dulunya dipakai untuk arena sirkus seperti pacuan kuda dll. Kemarin saya lihat di sini kalau sore banyak juga yang jogging. Sebelah Circo Massimo adalah Palatine Hill.

      6.Bocca della Verita
      Dari Circo Massimo kami mulai berjalan menuju Bocca della Verita. Ternyata banyak orang mengantri untuk berfoto di Bocca della Verita. Bocca della Verita nama lainnya adalah Mouth of Truth. Konon katanya jika kita memasukan tangan kita ke dalam mulut batu kuno ini dan ketahuan berbohong, maka batu ini akan menggigit tangan kita sampai putus. Sayang, kami tidak sempat mengambil foto batu itu karena antrian yang panjang.

      7.Isola Tiberina
      Dari Bocca della Verita kami berjalan lagi menuju Isola Tiberina. Isola Tiberina adalah sebuah pulau kecil di tengah sungai Tiber. Di pulau ini ada gereja San Bartolomeo dan juga taman untuk duduk-duduk di pinggir sungai.


      8.Palazzo Farnese
      Setelah makan es krim di sini kami naik Bus 280 ke Palazzo Farnese.

      9.Campo dè Fiori
      Dari Palazzo Farnese ini kami berjalan ke Campo dè Fiori. Di sini banyak sekali orang berjualan, mungkin seperti pasar kaget kali yah.

      10.Capitoline Museums & Piazza Venezia
      Lalu kami berjalan lagi ke Capitoline Museums & Piazza Venezia melalui jalan Botteghe Oscure. Ini adalah tempat terakhir yang kami kunjungi sebelum kami berangkat ke Terminal Bus Tiburtina untuk melanjutkan perjalanan kami ke Venice dengan bus malam.

       
      Itulah itinerary hari pertama kami di Roma. Kami menggunakan Metrebus tiket 24 jam harga 7 euro untuk semua transportasi kami dalam satu hari.
      Dari Terminal Bus Tiburtina kami menggunakan Bus Center ke Venice harga tiket 21 euro.
    • By Dantik
      Hello guys!
      Udah lama nih ga bikin FR. Mumpung masih seger biar ga lupa kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya di Yunani.
      Hari 1, 5 Mei 2018
      Penerbangan langsung dari Singapore – Athens memakan waktu 12 jam. Setelah sampai di Athens ada 3 pilihan transportasi dari bandara ke kota. Pertama menggunakan taksi tarif flat sekitar 38 euro, kedua menggunakan Metro 3 tarif 10 euro, ketiga menggunakan Bus X95 tarif 6 euro. Kami menggunakan Bus X95 Airport – Syntagma Square 6 euro, perjalanan sekitar 45 mnt tergantung arus lalu lintas. Kami menginap di daerah Syntagma Square.
      1.The Athenian Trilogy
      Tujuan pertama adalah The Athenian Trilogy yaitu National Library, University of Athens dan Academy of Athens. 3 neoklasik bangunan di Jalan Panepistimiou tidak jauh dari tempat kami menginap.

      2.National Archaeological Museum
      Kemudian National Archaeological Museum. Dari National Library bisa mengggunakan Trolley Bus 2,4,5,11,15. National Archaeological Museum adalah museum arkeologi yang terpenting di dunia. Tempat artefak Yunani diantaranya Patung Zeus dan Kuda dengan Joki yang terkenal itu. Tiket masuk 10 euro.

      3.Syntagma Square
      Kemudian dari National Archaelogical Museum kami kembali ke Syntagma menggunakan Trolley Bus yang sama. Di Syntagma Square kami melihat pergantian prajurit di depan Gedung Parlemen (The Tomb of The Unknown Soldier). Pergantian prajurit yang berlangsung sekitar 15 menit setiap jamnya.

      4.National Garden dan Zappeion
      Setelah itu kami berjalan melewati National Garden dan Zappeion.

      5.Panathenaic Stadium
      Kemudian menuju Panathenaic Stadium. Di Panathenaic Stadium ini kami hanya foto dari luar.

      6.Temple of Olympian Zeus
      Dari Panathenaic Stadium kami berjalan ke Temple of Olympian Zeus. Di sini kami membeli tiket kombinasi Acropolis sebesar 30 euro mencakup Temple of Olympian Zeus, Acropolis, Roman Forum and Tower of the Winds, Hadrian's Library, Ancient Agora dan Kerameikos.

      Beberapa meter dari Temple of Olympian Zeus berdiri Arch of Hadrian.
      7.Plaka
      Dari Arch of Hadrian kami menuju Acropolis. Melewati Melina Merkouri , Monument of Lysicrates / Plaka. Di sini banyak menjual souvenir dan tempat makan.

      8.Acropolis
      Dari Plaka kami menuju Acropolis. Sayang, kami tidak ke Acropolis Museum karena sudah terlanjur masuk ke pintu masuk bagian tenggara Acropolis. Masuk menggunakan tiket kombinasi yang sudah kami beli.
      Acropolis adalah tempat yang wajib dikunjungi jika kita berada di Athena. Acropolis yang berada di atas bukit melewati beberapa bagian yaitu The Ancient Theatre of Dionysos, The Stoa of Eumenes, The Odeion of Herodes Atticus.

      Setelah melewati itu semua dari pintu tenggara, akhirnya kami berada di pintu gerbang Acropolis. Propylaea merupakan pintu utama Acropolis. Di sebelah kanan Propylaea kita akan melihat kuil Athena Nike.

      Setelah masuk di sebelah kiri kita akan melihat Erechtheion. Di sebelah kanan kita akan melihat Parthenon, kuil yang terbesar dan paling termasyur di Acropolis.

      Dari Acropolis kami keluar dari pintu barat melewati bukit Areiospagos menuju Ancient Agora.
      9.Roman Forum and Tower of the Winds
      Sayang, Roman Forum and Tower of the Winds sudah tutup pukul 15:00. Jadi kami hanya bisa melihat dari luar. 

      10.Hadrian's Library
      Sayang, Hadrian's Library juga sudah tutup pukul 15:00. Jadi kami hanya bisa melihat dari luar. 

      11.Ancient Agora dan Temple of Hephaestus
      Untungnya Ancient Agora belum tutup hingga pukul 20:00. Ancient Agora adalah contoh yang paling terkenal dari agora Yunani kuno dan terletak di barat laut Acropolis. Di dalam Ancient Agora ini terdapat Temple of Hephaestus dan Stoa of Attalos.

      12.Kerameikos
      Dari Ancient Agora kami buru-buru ke Kerameikos ternyata sudah tidak bisa masuk lagi karena sudah mau tutup. Cuma bisa lihat dari luar, hiks...

      Kami kembali ke penginapan melewati Thession Station, Monastiraki Sq. / Flea Market.
      Kami menginap di Small Funny World Athens Hostel, dekat dengan jalan Ermou. Berada di tengah antara Syntagma dan Monastiraki.

       
      Itulah itinerary hari pertama kami di Athena. Menurut kami Athena bisa dikunjungi dalam satu hari. Karena area yang cukup kecil berada di tengah kota sehingga mudah dijangkau dengan berjalan kaki.
      Hari 2, 6 Mei 2018 : Roma
    • By itsmeu
      안녕하세요~~ (Annyeong haseyo, Hello)
       
      Pertama-tama,Alhamdulillah, finally, akhirnya meu menjejakkan kakinya di Korea Selatan. Setelah nabung nabung, momok visa yang menakutkan akhirnya guys, aku berangkat juga ke salah satu country goals akooh, secara basicnya ak emang anak yg doyan korea-an baik kpop/drama dr jaman full house.
      Tanpa banyak curcol lagi...FR yg sudah aku janjikan pas nulis thread malaka...check it out...
       Jadinya tanggal 28 April – 5 Mei 2018 kemarin aku dan 2 tmnku berangkat ke negeri gingseng.
      Tiket pesawat Air Asia: PP 3.78jt + bagasi 1 (20kg) = 4.28 jt
      Lokasi penginapan: BB Hostel Hongdaeline (KW hongdaeline) : 380000 won/seminggu (private bathroom,kamar isi ber3 aja)
      Sebelumnya ak kasih dulu summary itin 1 minggu di Seoul:
      28/04: Nginep di Incheon T2
      29/04: Gyeongbokgung Palace, Bukchon Hanok Village
      30/04: Ewha University dan sekitarnya, Namdaemun Market, Namsan Tower
      01/05: Nami Island, King sejong statue, kyobo bookstore, cheonggyecheon stream, Myeongdong
      02/05: Itaewon, Myeongdong dst
      03/05: Napak tilas Kpop lol (Entertainment company,kroad star, Gangnam), seoul national univ (SNUFestival)
      04/05: Pendakian gunung Acha (Achasan), DDP, Lotte mart pusat, Seullo, Hongdae street, Hangang river
      05/05: Jimjilbang/Sauna, BT21 Hongdae store dan sekitarnya, ewha lagi, siap siap perjalanan pulang
      Jujur ini itin sebenernya full banget hahaha karena ternyata jalan kaki di korea itu jauh-jauh dan di indo kebiasaan dimanjain abang ojol...kaki bengkak tapi hati bahagia no problemo
      to be continue~~
    • By ko Acong

      Berapa Biaya perjalanan saya selama seminggu sejak sari Bandung - Japan - Bandung? Berikut rinciannya:
      Tiket Pesawat CGG - Narita - CGK PP: Rp. 2.420.000,- Bus Bandung - Jakarta PP: Rp. 230.000,- Turispass Matsumoto Alpine Takayama  @17500 yen: Rp. Rp 2.275.000.- Bus Narita - Matsumoto @11.000 yen: Rp. 1.430.000.- Hostel Cabin dan Hotel 5 malam x 500.000.-: Rp 2.500.000.- (Gratisss tis dari Voucher Agoda) Bus Narita - Matsumoto seharusnya PP @12000 yen: Rp. 1.560.000,- Uang saku buat makan  minum kopi ngemil dan tiket masuk berbayar, bawa Cash 20000 yen sisa 3850 yen, terpakai 16150 yen: Rp 2.100.000.-  
      Jika tranportasinya di campur ala saya: Bus 1.430.000 + Matsumoto alpine Turispass Rp. 2.275.000 = Rp. 3.705.000 (hemat Rp 1.015.000.-)
      Note: Ada yang kasih tiket Narita - Tokyo bus, lumayan irit 2000 yen atau Rp 260.000)  
       
      Total pengeluaran Pasti semuanya Trip Tokyo, Matsumoto, Narai, Hida, Gero, Gifu, Ena, Toyama, Nagano, Nagoya, Takayama dan masih bisa ke tempat lainya adalah:
      Simulasi bila pake JR Pass perbedaannya: 27000 Yen
      Tiket Opsional Alpine Route: 9300 Yen
      Jumlah 27000 - 9300 = 36300 yen (Rp 4.720.000.-)























    • By Gulali56
      Jadi ceritanya saya ke Bali dapet promo Traveloka discount 100rb utk pesawat domestik. Gara2 gagal mulu dpt tiket murah di tahun ini, akhirnya saya memutuskan solo traveling domestic aja sekalian cari jodoh #eh..
      Rata-rata orang Indonesia ke Bali itu se-rombongan jadi bisa share cost sewa kendaraan atau kalau pergi sendiri or berdua pun pastilah sewa motor, moda transportasi termurah dan tercepat.
      Nah apa jadinya kalau ke Bali sendiri aja, mau ketempat jauh-jauh kemahalan utk sewa mobil, plus gak bisa nyetir motor kayak saya.
      Walaupun Blue bird taxi, Grab/Uber dan Gojek sudah masuk Bali, ternyata mrk itu hanya bisa beroperasi di wilayah tertentu saja (mostly seputaran Kuta-Legian-Seminyak). Dan yang pasti di Ubud dilarang.
      Padahal saya tiap kali ke Bali , kudu wajib ke Bebek Bengil cabang Ubud.  Khan pusing tuh.
      Setelah browsing kanan kiri , justru dari Traveloka juga lah ketemu alternatif bus hop on hop off di Bali. YAY..
      Namanya Kura Kura Bus. Perusahaan bus ini masih tergolong baru di Bali, baru 5 tahunan, sehingga gak banyak yang tau. 
      Jangkauan area bus nya masih sekitar yang umum2 must-to-do spot di Bali . 

      Untuk harga tiket nya cukup ekonomis one way rata-rata dibandrol Rp 20ribu kecuali ke Ubud Rp 80rb.
      Selain itu juga ada day pass nya. Untuk 1 hari (Rp 100.000), 3hari (Rp 150,000) dan 7 hari (Rp 250,000) . 
      Berhubung saya butuhnya ke Ubud, jadilah saya ambil day pass 3 hari, biar ekonomis. Beli via website nya jadi Rp 135,000.
       
      Saya menginap di Seminyak Square hotel yang terletak persis disamping Seminyak Village yang juga merupakan halte stop 2 jalur Kura Kura Bus line 3 dan 4.
      Karena saya ceritanya mau makan siang di Bebek Bengil, saya ambil keberangkatan dari DFS (terminal pusat) yang jam 11 pagi.
      Ambil line 4 dari Seminyak Village yang jam 09.56 AM. Karena bus pertama , bus nya on time.
      Sampai di DFS jam 10.40-an liat-liat T-galeria Mall dulu sekalian numpang ngadem dan ke wc.

      Bis line 5 ke Ubud , teng brgkt jam 11  dari DFS.
      Halte stop: Alaya Ubud Resort
      Terletak persis disamping resto Bebek Bengil.



      Saya tiba di Bebek Bengil jam 12.45.
      Kelar makan siang dan leyeh2 dulu di bale-bale resto ngilangin pegel2,  baru deh saya menanti bus berikutnya utk ke Puri Lukisan Museum jam 14.20
      Halte stop : Puri Lukisan Museum 
      Halte ini cocok utk yang mau ke Museum Blanco, Bukit Campuhan ataupun ke Babi Guling Bu Oka.
      Berhubung saya blm pernah ke Bukit Campuhan, jadilah saya kemari. Jalan pelan2 ke Museum Blanco dulu biar matahari gak terlalu terik.
      Apa daya krn saya gak tertarik masuk ke Museum Blanco, akhirnya saya jam 3 sore nanjak ke Bukit Campuhan , matahari berasa ada 3 biji alias masih panas pol.

      sisi bagusnya jam segini masih sepi, sisi gak bagusnya saking panasnya saya sendiri ampe ogah berhenti2 buat foto.

      Terus terang saya gak tll impress sama bukit Campuhan ini, saya malah langsung fokus ke Cafe dan Spa Karsa yang merupakan resto dan spa kecil samping pematang sawah setelah melewati Bukit gak penting ini. Sori to say ye.. Mungkin krn ga ada yg motoin, dan saya bukan tipe yg niat2 amat selfie kalo kepanasan . Terus ngapain kemari ye..

      Setelah menghabiskan satu kelapa dan foto2 di sawahnya sampai mati gaya krn matahari mulai terbenam saya pun memutuskan balik ke halte bus utk mengejar bus terakhir jam 18.55.
      Kesimpulan dari trekking dadakan ini, 2km uphill itu ditempuh +/- sejam tp pas pulang bisa +/- 30menitan..
      Karena takut ketinggalan bus, saya udh nongkrong dari sejam seblmnya di cafe seberang halte sambil ngopi2 dan numpang ke wc.

      Basically jam 18.55 itu udh gelap bgt sampai takut ketinggalan bus karena  gak keliatan.  Untungnya saya udh reserved via web, jadi nya supir bus nya sih udh tau bakal ada penumpang yg nungguin, scr saya cuma satu2nya penumpang mlm itu.

      Jam 08.30 malam akhirnya sampai juga di terminal DFS.
      Karena sudah gak kuat bermacet2 di area Seminyak, saya sambung naik gojek ke hotel. Tp nasib dapet tukang ojek org jawa alias nyasar2 muluk jd scr waktu gak beda jauh dgn misalnya saya pake Kura kura bus.. kesel... 
      Kelebihan Kura Kura Bus:
      + cukup ekonomis utk area  yang gak bisa dijangkau oleh kendaraan online.
      + bis ber-AC, ada free wi-fi dari telkomsel dan ada colokan listrik buat nge-charge selama mati gaya di bis.
      + memiliki aplikasi dan website informatif dengan pilihan bhs yang beragam dari Indonesia, Inggris, Jepang, Rusia, Korea, China
      + CS memiliki bhs inggris dan jepang yang cukup memadai .
       
      Kekurangan:
      - memakan waktu yang sangat lama apabila harus pindah line. Contoh dari seminyak village mau ke Ubud, dari  line 4 harus ke DFS utk pindah ke Line 5. Total perjalanan jadi 3jam misal dibandingkan dgn naik kendaraan direct ke tujuan yang hanya 1-1.5jam.
      - halte bis ke-2,dst biasanya hanya palang di pinggir jalan dan tidak ada tempat parkir sehingga bis tidak bisa menunggu lama
       - belum menjangkau area2 di utara Bali, ataupun area Canggu yang mulai jadi tujuan wajib turis
      - interval bis utk Ubud line 2 jam sekali, sehingga kurang flexible 
      - Aplikasi utk memonitor bis sangat tergantung gps bis maupun provider yang kadang angot2an..
       
      Kesimpulannya bis ini lumayan oke utk solo traveler yang mau ke area Nusa Dua, Jimbaran maupun Ubud.
      Sedangkan kalau tinggal /explore di area Legian-kuta-Seminyak,  lebih murah dan cepat naik ojek online saja.
       
      Kura Kura Bus
      http://kura2bus.com/
      Interval bus:
      a. Line 1 : every 90 minutes, 10 rounds per day
      b. Line 2 : every 90 minutes, 9 rounds per day
      c. Line 3 : every 20 minutes, 38 rounds per day
      d. Line 4 : every 45 minutes, 17 rounds per day
      e. Line 5 : every 2 hours, 5 rounds per day
       
       
       
       
    • By chrizz_msweb
      Raja Ampat adalah salah satu tempat wisata bahari terbaik di dunia. Menurut CNN Travel, Raja Ampat adalah tempat diving terbaik nomor lima di dunia. Untuk menuju Raja Ampat, jalur nya dari Jakarta lumayan jauh. Dari Jakarta, penerbangan harus melewati Makassar, lalu dilanjutkan ke bandara Domine Eduard Osok di  Sorong. Dari Sorong, terdapat dua pilihan, yaitu langsung terbang menggunakan pesawat kecil ke Waisai, atau dengan menggunakan perahu. Jarak dari bandara Sorong ke pelabuhan sekitar 10 menit dengan taksi. Untuk penginapan, biasanya turis menginap di salah satu dari empat pulau : Waigeo, Gam, Kri, dan Arborek. Pemilik penginapan bisa diminta menjemput kita di Waisai.  Dalam trip ini, saya menginap di pulau Gam. Harga penginapan di sini sekitar 700 ribu per malam termasuk makan 3x. Kebanyakan penginapan di sini sudah termasuk dengan makan karena agak susah mencari warung atau restoran di Raja Ampat. Listrik juga agak susah, genset hanya menyala dari sore sampai tengah malam.

      Penginapan di pulau Gam dan kebanyakan penginapan lain berupa gubuk yang menjorok ke laut. Dari depan kamar, bisa langsung loncat ke air untuk snorkeling. Bahkan kadang saya melihat ikan hiu dan Lion Fish lewat persis di depan kamar, tidak perlu jauh jauh ke tengah laut. Jangan khawatir dengan hiu, hiu yang lewat adalah hiu kecil yang justru langsung kabur begitu ada seseorang masuk ke air. Saya tidak mendapatkan foto hiu di sini, mereka kabur sangat cepat. Foto Lion Fish saya dapatkan hanya di depan kamar. Sedangkan Mooray sekitar 20 meter dari penginapan.

      Kegiatan yang saya lakukan tiap hari adalah freediving. Saya jarang melihat orang diving di sini, hanya di sekitar dermaga Arborek. Mungkin diving dilakukan di lokasi tersendiri. Dermaga di Arborek cukup ramai, tidak seperti di Gam. Banyak yang berenang di pantai, baik turis lokal ataupun asing. Banyak juga anak-anak warga lokal yang berenang dan bermain kano.
      Pengalaman baru yang saya dapatkan di Raja Ampat adalah berburu foto Manta. Kenapa saya sebut berburu ? Karena untuk melihat Manta ternyata tidak mudah. Guide kita mengatakan hal tersebut karena ikan Manta tersebut tidak sedang makan, jadi mereka bergerak terus. Di sekitar Manta Point, kita berputar2 dahulu mencari ikan Manta. Setelah menemukan Manta, tidak bisa langsung masuk ke air, namun perahu harus cepat-cepat ke depan Manta tersebut, masuk ke air perlahan-lahan, baru menunggu Manta tersebut lewat. Kalau ikan Manta nya ternyata berubah arah, kita harus cepat cepat naik ke perahu lagi, lalu ke depan ikan Manta lagi, lalu turun lagi. Hal ini dilakukan berkali-kali sampai dapat. Agak melelahkan memang. Namun kita mendapatkan bonus. Saat sedang asik berburu Manta,  tiba2 ada lumba-lumba yang lewat. Langsung kapten kapal mematikan mesin agar lumba-lumba tersebut tak takut mendekat. Bahkan mereka sampai menempel2 ke kapal seperti sedang memeriksa.

      Binatang laut unik yang saya temukan adalah Spider Jellyfish dan Hammerhead Fish. Saya tidak pernah melihat dua binatang itu di tempat lain.
      Yang paling terkenal di Raja Ampat adalau pulau Wayag. Bila melihat iklan wisata Raja Ampat di televisi atau di papan iklan, itu adalah pulau Wayag. Ada bukit yang cukup tinggi di Wayag yang dari sana bisa melihat gugusan pulau unik sekitar Wayag. Sayang lokasi nya sangat jauh dan biaya nya mahal. Saya memutuskan tidak ke Wayag untuk menghemat waktu dan biaya. Gantinya, kita ke pulau Pianemo. Pianemo disebut juga little Wayag, terdapat bukit juga yang bisa melihat kepulauan sekeliling, walaupun tidak setinggi Wayag.
      Selain kaya akan alam bawah laut, di raja Ampat juga terdapat binatang darat yang cukup unik. Ada Kuskus yang mencuri makanan yang kami letakkan di luar kamar. Saya juga melihat kadal, kepiting, dan laba-laba yang ukurannya lebih besar dari yang biasa ada di tempat lain.
       
      Foto lengkap: https://chrizz-photography.blogspot.co.id/2018/05/keindahan-bawah-laut-raja-ampat.html