Sign in to follow this  
Wuri wuri

Loksado, Dayak Haratai

11 posts in this topic

Hiii Jalan2ers di Banjarmasin...

Pengen bgt explore Banjarmasin khususnya Loksado.

Kl dr bandara menuju Kandangan dan Loksado menggunakan transportasi apa?

Adakah info akomodasi yg ada di Loksado atau jika memungkinan menginap di warga setempat atau di rumah adat dayak (rumah panjang) akan sangat menarik buat saya.

Saya jg pengen mencicipi air terjun haratai apakah membutuhkan trekking yg cukup lama?

dan ga mau ketinggalan jg Bamboo Rafting/Belanting di sungai Amandit.

 

Yukkk jalan2ers yg pgn ngetrip beda, go to nuture, brg2 ke Kalsel yuk!

Atau ada jalan2ers Kalsel yg mau ke Loksado mau dong di mention. :backpacking:hiking

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalo dari banjarmasin/banjarbaru ada angkutan umum antarkota sejenis mobil colt ke kandangan. Paling gampang sih sewa mobil aja dari banjarmasin/banjarbaru, langsung ke loksado. Kalo ke air terjun haratai denger2 jalan kaki paling ga 2 jam. Atau naik ojek setengah jam dari desa loksadonya.

 

Di kandangan ada hotel, tapi kelasnya melati. Kalo di loksadonya ada penginapan wisma sama rumah2 warga yang bisa ditumpangin nginap. Ada juga semacam cottage gitu deh (rumah2 terpisah) satu lokasi sama pemandian air panas di tanuhi (skitar 10 km mungkin sebelum desa loksado).

Share this post


Link to post
Share on other sites

lebih efektif saran dari saudara mick, jika anda bepergian dengan taksi jenis colt lebih memungkinkan untuk penyewaan tentunya yg pasti lebih dari 5 orang. jika anda sendiri ya terpaksa anda harus merogoh kocek dua kali seketika turun dari terminal kandangan untuk menuju loksado dengan transportasi lokal yg ada, untuk penginapan janganlah sungkan untuk bertanya jasa penginapan dipemukiman penduduk, karena masyarakat loksado termasuk bersifat pemalu (seperti suku baduy) sehingga mereka tidak akan merespon jika anda tidak bertanya, trekking pertama saran dari saya adalah demang malaris karena rute yg tidak terlalu melelahkan supaya memungkinkan stamina anda yg sdh terpakai diperjalanan, trekking hari ke 2 adalah haratai berjarak 8 km. waktu perjalanan sudah dijelaskan oleh bung Mick, and last seketika anda pulang dari loksado anda masih bisa singgah di pemandian air panas tanuhi... ( untuk bamboo refting biasanya kurang diminati,karena jasa yg cukup mahal untuk para travelling dan juga kurang menantang) tarif terakhir saat 2011 saya kesana adalah 250 rb untuk 2 sampai 4 orang

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ke air terjun haratai bisa naik motor mba, tapi cuma nyampe jembatan gantung sih . sisanya trekking dikit lah :D
Datang keloksado pas ada acara adat kayaknya oke mba,biar sekalian tau adat dayak loksado gimana :D
Penduduknya welcome koq, tapi lebih bagus lagi kalo kenalan sama sesepuh kampungnya .
Pulang dari haratai baru ke Tanuhi kolam air panas, jadi pas kan tuh abis dingin-dinginan di Haratai pulangnya diangetin diTanuhi . Semoga Loksado menyenangkan ya mba :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Sekarang bulan desember event lomba bamboo rafting di loksado. Kayaknya saat yang tepat untuk berkunjung kesana andai guyuran hujan tidak terlalu mengganggu.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this