• agoda-hemat.png

  • 0
Sign in to follow this  
Banyusmom

Teluk Ambon dan Pulau Morotai

Question

TELUK AMBON

 

Negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan sudah sejak dulu terkenal dengan kekayaan alamnya, baik kekayaan alam flora maupun fauna, baik darat maupun lautannya. Wilayah darat negara Indonesia mempunyai tanah yang subur yang mampu menghasilkan berbagai macam tamanan yang sangat bermanfaat. Sedangkan wilayah lautnya memiliki kekayaan biota laut yang luar biasa, dari ikan maupun biota laut yang lain.

 

post-34-0-41958300-1372008764_thumb.jpg

 

Kekayaan alam Indonesia yang sangat beragam menjadi nilai tambah bagi kepariwisataan Indonesia. Banyak wisatawan asing yang datang keIndonesia untuk menikmati kekayaan alam Indonesia dan bahkan ada yang menganggap negara Indonesia sebagai rumah kedua bagi mereka karena kecintaan mereka terhadap tanah Indonesia.

 

Banyak tempat di Indonesia yang menyimpan segala keindahan, salah satunya adalah pulau maluku pada umumnya dan kota Ambon pada khususnya. Kota Ambon selain memiliki keanekaragaman budaya masyarakatnya dan nilai sejarah yang tinggi juga memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Wujud dari niai sejarah dari pulau ini yang masih bisa kita lihat adalah benteng dan monumen perjuangan rakyat Maluku, seperti monumen Pattimura, dan monumen Martha Christina Tiahahu.  Di kota Ambon juga banyak terdapat patung-patung yang memiliki nilai sejarah. Sudah dari jaman penjajahan Belanda pulau Maluku terkenal dengan kekayaan alamnya, dari rempah-rampah sebagai hasil kesuburan tanahnya sampai wilayah laut yang menyimpan sejuta misteri dan keindahan. Maka tidak mengherankan apabila pada waktu itu penjajah Belanda ingin sekali memiliki pulau yang satu ini. Untuk wilayah perairan, kota Ambon memiliki banyak potensi wisata pantai sebagai bukti keindahan perairan. Salah satu kekayaan wilayah perairan Indonesia di Maluku atau kota Ambon yang sangat potensial adalah Teluk Ambon.

 

post-34-0-22265300-1372008771_thumb.jpg

 

Teluk Ambon terdiri dari dua bagian, yaitu teluk Ambon Luar (outer Ambon bay) dan teluk Ambon Dalam (inner Ambon bay). Karena keindahan teluk Ambon, seorang naturalis terbesar abad ke-19, Russel Wallace yang waktu itu berkunjung ke Ambon pada tahun 1857 dibuat kagum dan terkesan akan keindahannya, dan dia sampai mengungkapkan perairan di teluk ambon merupakan salah satu perairan yang memiliki kekayaan bawah laut terbesar di dunia. Hal tersebut membuktikan bahwa kekayaan alam di Indonesia sudah diakui oleh mata dunia. Bahkan oleh Wallace, teluk Ambon dijadikan sumber ide garis khayal atau garis imajiner yang merupakan garis pembagi wilayah kekayaan flora dan fauna di Indonesia. Garis khayal tersebut sampai saat ini masih dipakai sebagai dasar pembagian kekayaan alam di Indonesia. Berdasarkan garis imajiner, wilayah zoografis di Indonesia terbagi dua yaitu pulau-pulau di Sumatera, Jawa, Kalimantan sebagai wilayah barat sedangkan pulau Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua sebagai wilayah timur.

 

Teluk Ambon yang mempunyai potensi alam yang luar biasa menjadi andalan bagi sektor pariwisata di kota Ambon. Namun sayang sekali karena potensi wisata di teluk Ambon belum dikembangkan secara optimal. Hal itu seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah dan masyarakat setempat untuk menjaga agar teluk Ambon tetap jadi primadona bagi sektor perairan. Kurangnya tanggung jawab dari pemerintah dan masyarakat sekitar bisa kita lihat dengan adanya limbah di perairan teluk Ambon. Pencemaran di teluk Ambon menyebabkan gangguan ekosistem dan menurunkan kualitas hasil kekayaan laut. Pencemaran di teluk Ambon disebabkan oleh pembuangan sampah organik di laut,   limbah dari kapal pelayaran di pelabuhan, limbah industri dan limbah dari pemukiman penduduk. Apabila tidak mendapat perhatian serius, permasalahan ini akan terus berlanjut dan mengakibatkan kerusakan biota laut yang ada di dalamnya.

 

post-34-0-18921100-1372008777_thumb.jpg

 

Berbagai usaha dilakukan pemerintah untuk meningkatkan promosi wisata teluk Ambon, salah satunya adalah dengan mengadakan Festival Teluk Ambon. Festival Teluk Ambon ini bertujuan untuk mempromosikan sektor pariwisata yang ada di pulau Maluku bukan hanya dalam lingkup nasional saja namun sampai ke lingkup internasional karena yang akan digelar dipertontonkan di festival ini bukan hanya keindahan alam namun juga budaya dari pulau Maluku.

 

Yang akan menjadi andalan dalam perhelatan besar ini adalah balap perahu tradisional Arumbae Manggarube. Dalam balap perahu ini, kapal yang berisi 28 – 31 pemain ini akan bersaing untuk mencapai garis finish. Selain itu ada kompetensi foto bawah air dan juga adu cepat perahu semang dimana pesertanya adalah wanita dengan menggunakan pakaian tradisional Maluku.

Semoga perhelatan besar ini bisa meningkatkan promosi wisata di pulau Maluku sehingga pulau Maluku makin dikenal di seluruh penjuru dunia.

 

 

 

PULAU MOROTAI

 

Selain wisata buatan yang penuh sejarah di pulau Maluku, banyak pula terdapat tempat wisata alam yang sangat elok dan wajib masuk dalam daftar kunjungan wisata anda. Salah satu tempat yang sangat potensial sebagai tempat kunjungan wisata adalah pulau Morotai.

 

Pulau Morotai dengan penduduk sekitar 70.000 jiwa merupakan salah satu pulau di Indonesia yang telaknya paling utara. Lebih tepatnya, pulau Morotai terletak di sebelah utara pulau Halmahera, provinsi Maluku Utara dan merupakan pemekaran dari kabupaten Halmahera. Pulau ini sering mendapat julukan sebagai “East Indonesia Paradise†atau surga di wilayah timur Indonesia, atau ada juga yang menyebutnya dengan sebutan “Mutiara di bibir Pasificâ€, dikarenakan pulau yang ada di wilayah timur Indonesia mempunyai keindahan bawah laut yang luar biasa dan juga kekayaan biota laut yang beraneka macam.

 

post-34-0-46408000-1372008784_thumb.jpg

 

Pada tahun 2012, pulau Morotai dijadikan tempat penyelenggaraan Sail Morotai 2012. Kegiatan tahunan yang dilakukan oleh pemerintah bertujuan untuk meningkatkan promosi wisata di masing-masing tempat terselenggaranya acara tersebut. Sail Morotai 2012 yang bertema  “Menuju Era Baru Ekonomi Regional Pasific†merupakan kelanjutan acara Sail yang diadakan di beberapa daerah pada tahun-tahun sebelumnya, antara lain Sail Bunaken 2009, Sail Banda 2010, Sail Wakatobi-Belitung 2011. Acara tersebut memang efektif untuk mempromosikan wisata sekaligus mengundang investor agar menanamkan modalnya demi kemajuan daerah, dan memang terbukti bahwa daerah yang menjadi tempat terselengaranya acara tahunan Sail Indonesia mengalami peningkatan dari segi kepariwisataan. Kita lihat saja sektor kepariwisataan di ketiga daerah tersebut, ketiganya dikenal oleh masyarakat luas dan mata dunia juga mengakui potensi wisata yang ada di ketiga daerah tersebut. Karena acara Sail Indonesia bertaraf Internasional sehingga yang menjadi sasaran promosi bukan hanya masyarakat lokal atau masyarakat sekitar saja namun juga dari luar negeri, dari seluruh penjuru dunia.

 

Dalam acara Sail Morotai 2012, selain mempromosikan keindahan alam, di pamerkan juga kebudayaan dan keanekaragaman flora dan fauna yang ada di pulau Morotai. Selain itu diperkenalkan juga potensi kelautan dan perikanan yang menjadi sumber penghidupan masyarakat pulau Morotai. Memang pulau Morotai bukan hanya memiliki alam yang indah namun juga kekayaan alam baik darat maupun laut yang melimpah yang bisa menjadi sumber penghidupan.

 

post-34-0-87027800-1372008789_thumb.jpg

 

Pulau Morotai memang layak menjadi salah satu destinasi anda kita liburan. Di tempat ini anda bisa melakukan penyelaman untuk melihat keindahan bawah laut dengan beraneka ragam biota lautnya. Dari selesai di pulau Morotai anda juga bisa melanjutkan perjalanan wisata anda ke Teluk Kao di Kabupaten Halmahera. Di sana anda bisa melihat museum bawah laut yang berisi benda-benda bersejarah peninggalan perang dunia II seperti bangkai kapan perang, puing-puing pesawat tempur, senjata yang dipakai dalam perang dunia II dan ada juga bom dan ranjau yang tersebar di berbagai titik. Museum bawah laut ini sudah terkenal sampai ke mancanegara , dan banyak wisatawan yang datang untuk melihat secara langsung museum bawah laut teluk kao.

 

Untuk lebih meningkatkan kepariwisataan di pulau Morotai, pemerintah daerah perlu menambahkan fasilitas yang mendukung sektor kepariwisataan, antara lain: kemudahan akses menuju tempat-tempat wisata di pulau Morotai serta tersedianya akomodasi yang memadai. Apabila anda berminat untuk datang berkunjung, anda tidak perlu khawatir dengan penginapan. Walaupun tidak banyak penginapan di pulau Morotai, namun ada beberapa hotel dan penginapan dengan harga yang terjangkau yang siap melayani anda selama tinggal di Morotai. 

 

post-34-0-29701300-1372008796_thumb.jpg

 

Untuk mencapai pulau Morotai, anda bisa menggunakan tiga jalur, jalur udara, darat ataupun laut. Semua bisa anda sesuaikan dengan situasi keuangan dan waktu yang tersedia. Untuk perjalanan menggunakan jalur udara, anda bisa menggunakan penerbangan perintis dari Ternate ke Galela setelah itu dilanjutkan menuju Morotai selama 30 menit. Penerbangan perintis dari Ternate ke Galela tersedia dua kali dalam seminggu dengan tarif sekitar 250 ribu per orang. Ini adalah rute yang paling efisien karena menghemat waktu. Apabila anda menggunakan jalur darat, anda bisa menempuh perjalanan dari Ternate ke Tobelo selama 4 jam dengan  tarif sekitar 75 ribu. Dan untuk rute melalui jalur laut, anda bisa menggunakan kapal selama 12 jam yang tersedia dua kali dalam seminggu dengan tarif sekitar 50 ribu.

Share this post


Link to post
Share on other sites

2 answers to this question

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this