• 0
praspraspras

7 summit of Indonesia

Question

kalo biasa nya kita sering denger 7 summit of world, nah saya coba tulis 7 summit nya indonesia. bedanya, kalau 7 summitnya dunia kan 7 gunung tertinggi di 7 benua, kalau 7 summit of Indonesia itu 7 gunung tertinggi di 7 pulau Indonesia yaitu sumatra, jawa, kalimantan, sulawesi, papua, maluku dan kepulauan Nusa Tenggara.

1. gunung tertinggi di Pulau Sumatra, Gunung Kerinci, Jambi

Nama puncaknya Indrapura, dengan ketinggian 3800 meter diatas permukaan laut. puncak ini bisa di daki dari rute desa kresik tuo.

photo-gunung-kerinci-2.jpg

2. gunung tertinggi di pulau Jawa, Gunung Semeru, Jawa Timur

Nama puncaknya mahameru, ketinggian yang tertulis 3.676 meter di atas permukaan laut. untuk mendaki gunung ini hingga ke puncak mahameru bisa melewati desa ranupane

280px-Semeru.jpg

3. gunung tertinggi di pulau kalimantan, Gunung Bukit Raya, Kalimantan Tengah

Nama puncaknya Bukit raya dengan ketinggian mencapai puncak 2.278 meter di atas permukaan laut. untuk mendaki gunung ini bisa melewati Nangai Popai

gunung-rinjani.jpg

4. gunung tertinggi di Pulau Sulawesi, gunung Latimojong, Sulawesi Selatan

ketinggian gunung ini 3.478 pada puncak Rante Mario. Gunung ini letaknya tepat di kabupaten Enrekang. dan untuk bisa mencapai puncak Rante Mario bisa dimulai dari desa Karangan

gunung+latimojong.jpeg

5. gunung tertinggi di Pulau Papua, pegunungan Sudirman, Papua

semua pasti sudah tau dengan pegunungan ini. gunung ini memiliki puncak tertinggi di puncak yang diberi nama cartenz pyramid dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut. untuk bisa mencapai puncaknya bisa menggunakan jalur dari tembagapura yang harus melewati freeport

puncak ini termasuk 7 puncak tertinggi di dunia versi Reinhold. Walaupun termasuk 7 puncak tertinggi di dunia, masuk ke puncak cartenz ini tidak mudah. harus dengan izin freeport untuk bisa masuk ke pegunungan sudirman.

puncak+jaya.jpg

6. gunung tertinggi di kepulauan Nusa Tenggara, Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

ketinggian gunung ini adalah 3.726 meter diatas permukaan laut di puncak rinjani. Bisa diakses melewati desa sembalunlawang

puncak%20gunung%20rinjani.jpg

7. gunung tertinggi di kepulauan Maluku, Gunung Binaiya, Maluku Tengah

ketinggian guunung ini 3.027 meter diatas permukaan laut pada puncak gunung binaia. rute pendakiannya bisa dimulai dari desa Kanike

Gunung-Binaiya2-448x278.jpg

ada yang sudah menundukkan kesemuanya?

Share this post


Link to post
Share on other sites

25 answers to this question

  • 0

wah, saya baru naklukin 1 aja dari 7 yg disebut di atas, baru semeru aja. Sisanya akan segera menyusul gan, mungkin ke rinjani dalam wktu paling dekat, kalo agan sndiri sudah menaklukkan semua? kyknya pendaki sejati nih ;p

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah, saya baru naklukin 1 aja dari 7 yg disebut di atas, baru semeru aja. Sisanya akan segera menyusul gan, mungkin ke rinjani dalam wktu paling dekat, kalo agan sndiri sudah menaklukkan semua? kyknya pendaki sejati nih ;p

kalo semua belum sih om. rinjani, semeru udah... merapi kemaren gak jadi ngikut, ada kerjaan. latimojong belum sempet, kebanyakan kerjaan kalo lagi di makasar. kalimantan belum jadi tujuan wisata ni om. kalo papua, ngurus ijinnya susah, jadi dibatalin dulu. kalo yang di kepulauan maluku juga belum, belum tertarik kesana :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Foto kelimanya bagus bangeeett! :)

Selalu pengen bisa ke puncak cartenz, ngerasain salju abadi di Indonesia, kapan lagi. Tapi ada yang bilang, ketebalan salju abadi di puncak cartenz udah makin berkurang dari tahun ke tahun. :(

Dan sebagai newbie dalam panjat memanjat gunung, pastinya saya belom pernah naik ke semua puncaknya hihi. Kalau mau ke sana, ajak2 ya mas. :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Foto kelimanya bagus bangeeett! :)

Selalu pengen bisa ke puncak cartenz, ngerasain salju abadi di Indonesia, kapan lagi. Tapi ada yang bilang, ketebalan salju abadi di puncak cartenz udah makin berkurang dari tahun ke tahun. :(

Dan sebagai newbie dalam panjat memanjat gunung, pastinya saya belom pernah naik ke semua puncaknya hihi. Kalau mau ke sana, ajak2 ya mas. :D

emang tuh, foto cartens nya buat mupeng banget bisa kesana. tapi sayang, aksesnya gak gampang, kalo pun udah dapet akses masuk, medannya juga punya tingkat kesulitan tinggi. harus mikir dua kali buat bisa naik nih

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

kalo boleh tau berapa duit utk ngurus izin ke cartenz? ada yang tahu? yg pasti sih peralatan saya belom mendukung utk mendaki daerah yg bersalju hahahah, bisa mati beku. Hrs bareng org yg berpengalaman jg.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

kalo boleh tau berapa duit utk ngurus izin ke cartenz? ada yang tahu? yg pasti sih peralatan saya belom mendukung utk mendaki daerah yg bersalju hahahah, bisa mati beku. Hrs bareng org yg berpengalaman jg.

gak duit sih om lebih tepatnya, tapi ijin masuk, karena emang itu wilayahnya freeport.. tapi kalo gak mau lewat freeport, bisa lewat jalur selatan, tapi luamyan agak jauh kabarnya, dan itu harus ijin sama penduduk sekitar. butuh waktu lama. kalo gak salah kemarin bahkan ada yg sampe satu minggu untuk summit. ntar saya coba tulis summit nya *kalo sempet* :P

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

saya blom pernah maenaiki puncak gunung.

satu2xnya gunung yang saya pernah taklukan adalah Gunung Tangkuban Perahu. :lol:

ingin sekali rasanya bisa mengeksplorasi ke 7 puncak gunung tersebut.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

saya blom pernah maenaiki puncak gunung.

satu2xnya gunung yang saya pernah taklukan adalah Gunung Tangkuban Perahu. :lol:

ingin sekali rasanya bisa mengeksplorasi ke 7 puncak gunung tersebut.

Cobain om..

kadang naik gunung itu bener bener membuat kita ngerti tentang hidup, perjuangan pastinya. disana juga kita belajar untuk bisa mengambil keputusan cepat tapi benaer, kita lebih mengenal alam, udaranya yang sejuk bener bener nyegerin kepala :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

emang tuh, foto cartens nya buat mupeng banget bisa kesana. tapi sayang, aksesnya gak gampang, kalo pun udah dapet akses masuk, medannya juga punya tingkat kesulitan tinggi. harus mikir dua kali buat bisa naik nih

Kalo mau minta aksesnya ke Freeport nya ke mana ya mas?

Bener banget. Sebagai puncak tertinggi di Indonesia, gak heran sih kalo medan di sana berat banget. Butuh persiapan khusus kalo mau ke sana, sebulan ada kali. Gak cuma harus sekedar pengen doang kalo mau ke sana, tapi mesti mastiin kalo kita benar2 mampu ke sana. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Kalo mau minta aksesnya ke Freeport nya ke mana ya mas?

Bener banget. Sebagai puncak tertinggi di Indonesia, gak heran sih kalo medan di sana berat banget. Butuh persiapan khusus kalo mau ke sana, sebulan ada kali. Gak cuma harus sekedar pengen doang kalo mau ke sana, tapi mesti mastiin kalo kita benar2 mampu ke sana. :)

iya, mampu secara finansial, mampu secara fisik juga (kayak naik haji aja yak? haha)

minta akses ke freeport mungkin langsung ke freeportnya om. saya gak tau pasti kemananya. karena sebenernya ada akses lain yang bisa dilewatin buat ke jayawijaya (tanpa harus lewat freeport)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

itu poto cartenz kayakya salah deh.

lebih mirip gunung semeru untuk puncak yg paling tingginya.

tuh disebelahnya nampak kawah gunung bromo :D

untuk financialnya..ehem bisa di atas 25 juta.

nggak juga masalah financial, perijinan pun ga main" untuk dapat naik ke gunung satu ini.

saya sendiri sudah mengunjungi ke tiga dari 7 itu.

Kerinci, semeru dan Rinjani

bukan untuk menaklukkan gunung tapi lebih untuk menaklukkan ego :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

itu poto cartenz kayakya salah deh.

lebih mirip gunung semeru untuk puncak yg paling tingginya.

tuh disebelahnya nampak kawah gunung bromo :D

untuk financialnya..ehem bisa di atas 25 juta.

nggak juga masalah financial, perijinan pun ga main" untuk dapat naik ke gunung satu ini.

saya sendiri sudah mengunjungi ke tiga dari 7 itu.

Kerinci, semeru dan Rinjani

bukan untuk menaklukkan gunung tapi lebih untuk menaklukkan ego :D

oh ya? masa iya salah, hehe, ntar diganti deh kalo emang salah

wah, hampir sama, kecuali kerinci, kemarin (seminggu atau 2 minggu lalu) gak jadi pergi kesana, karena jadwal kantor yang padet, haha..

ego? ego untuk bisa menaklukan gunung2 tinggi ya om?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

itu gunung bromo om, bisa dibandingin deh

bromo.jpgpuncak+cartenz+1.jpg

ini cartez

carstensz_pyramid-scaled10002.jpg

dengan mendaki gunung, semua watak manusia bisa keluar.

disanalah banyak belajar memahami ego masing" dan itulah yg harus di taklukkan.

ga jarang dalam pendakian sering ada yg berantem,metik edelweis,corat coret dan berbagai aksi vandalisme lainnya.

semua akan terus terjadi selama ego belum terkendali.

kalo udah gitu terus buat apa toh naek gunung.

hanya Tuhan yang mampu menaklukkan alam, saya hanya belajar dengan menikmatinya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

itu gunung bromo om, bisa dibandingin deh

bromo.jpgpuncak+cartenz+1.jpg

ini cartez

carstensz_pyramid-scaled10002.jpg

dengan mendaki gunung, semua watak manusia bisa keluar.

disanalah banyak belajar memahami ego masing" dan itulah yg harus di taklukkan.

ga jarang dalam pendakian sering ada yg berantem,metik edelweis,corat coret dan berbagai aksi vandalisme lainnya.

semua akan terus terjadi selama ego belum terkendali.

kalo udah gitu terus buat apa toh naek gunung.

hanya Tuhan yang mampu menaklukkan alam, saya hanya belajar dengan menikmatinya :D

mungkin, kalo seperti metik eidelwiss sama corat coret yang lebih ke arah vandalisme, bisa dibilang lebih mengarah ke kesadaran kita sebagai pendatang kali ya om. kita aja kalo punya rumah, gak suka tamu yang dateng ke rumah kita, corat coret dinding. sama seperti itu

jadi mungkin bukan bagian dari ego

tapi soal marah, berantem, sampe harus emosi emosian, iya bener, gunung adalah salah satu tempat yang paling tepat untuk merefleksikan ego kita. belajar dari mendaki, mengenal alam, suasana segar di alam, bener bener bisa menghilangkan ego kita..

kita hanya bisa belajar dan belajar, bener kan?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

mungkin, kalo seperti metik eidelwiss sama corat coret yang lebih ke arah vandalisme, bisa dibilang lebih mengarah ke kesadaran kita sebagai pendatang kali ya om. kita aja kalo punya rumah, gak suka tamu yang dateng ke rumah kita, corat coret dinding. sama seperti itu

jadi mungkin bukan bagian dari ego

tapi soal marah, berantem, sampe harus emosi emosian, iya bener, gunung adalah salah satu tempat yang paling tepat untuk merefleksikan ego kita. belajar dari mendaki, mengenal alam, suasana segar di alam, bener bener bisa menghilangkan ego kita..

kita hanya bisa belajar dan belajar, bener kan?

ya..

kalo ga bisa ngingetin orang laen setidaknya bisa ngingetin diri sendiri dulu :D

belajarnya yg banyak :D

biar kata2 "belajar dari kesalahan" bisa diminimalisir :D

karena belajar tanpa progress = nol besar

*emot di web ini kurang euy, ngetiknya berasa serius mulu jadinya :))

btw bahasannya jadi oot nggak ya ? #kabur ah

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

ya..

kalo ga bisa ngingetin orang laen setidaknya bisa ngingetin diri sendiri dulu :D

belajarnya yg banyak :D

biar kata2 "belajar dari kesalahan" bisa diminimalisir :D

karena belajar tanpa progress = nol besar

*emot di web ini kurang euy, ngetiknya berasa serius mulu jadinya :))

btw bahasannya jadi oot nggak ya ? #kabur ah

haha, gak lah. saya juga lagi kepengen bisa ngajakin orang buat nemenin belajar. dengan cara naik gunung ini. jadi dengan adanya 7 gunung ini, yang ada foto fotonya, orang bisa ngerasa pengen naik gunung.

ditanya alasan naik gunung, ya ini lah pembicaraan kita sekarang, pembelajaran dan prosesnya

*sok bijak* *jadi beneran serius* :lol:

ntar kita ngomng ke admin aja om biar emotnya dibanyakin :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah gan, ini gunung gunung tertinggi di indonesia ya? keren dan pasti menantang nih, apalagi cartenz, dimana posisinya satu satunya di indonesia yang ada es nya.

 

tapi, kalo 7 summit kan agan pasti tertantang, kalo JABOI, tertantang gak?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah gan, ini gunung gunung tertinggi di indonesia ya? keren dan pasti menantang nih, apalagi cartenz, dimana posisinya satu satunya di indonesia yang ada es nya.

 

tapi, kalo 7 summit kan agan pasti tertantang, kalo JABOI, tertantang gak?

 

 

wah, jaboi rendah ya? tertantang karena pengalamannya oke ya kalo kesana? karena disana gunung berapi paling ujung? boleh juga nih, kapan kapan deh kalo lagi banyak duit :D

 

waw keren2 neh

kayaknya penggemar hiking atw trekking gunung pasti suka kesini

sayangnya saya belom pernah mencoba utk trekking gunung

maybe next time :D

 

iya pasti bro deffa, pasti, karena tantangannya itu. sekali sekali cobain om def ke gunung. apa kita gath nya ke gunung aja ya? minimal treking, biar ngerasain gimana rasanya treking, hihi

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
On 10/24/2012 at 11:47 PM, JUNASIKPARK said:

kalo boleh tau berapa duit utk ngurus izin ke cartenz? ada yang tahu? yg pasti sih peralatan saya belom mendukung utk mendaki daerah yg bersalju hahahah, bisa mati beku. Hrs bareng org yg berpengalaman jg.

kalo sekarang naik cartenz sempet baca n denger2 sih 30 jutaan lebih itupun ikut trip. klo naik cartenz klo gak ikut trip susah jga perijinannya dan ngurus yg lainnya. klo kita ikut trip kan smuanya udah ada yg ngurusin. tapi klo naik gunung2 lain kan perijinan gak susah, jadi gak perlu ikut trip lah biar lebih murah.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now