• 0
Sign in to follow this  
honeybee

Hujan Meteor Bakal Lewat di Langit Indonesia

Question

Dari awal bulan Oktober ini, mungkin udah terdengar pembicaraan tentang hujan meteor orionid ya?

Bulan Oktober ini memang waktunya bumi memasuki jalur Komet Halley. Artinya, bumi melewati jejak debu Komet Halley. Nah, sebagai bentuk 'pertahanan' bumi, atmosfer membakar debu-debu dari Komet Halley ini. Katanya sih debu, tapi debu luar angkasa mah ukurannya raksasa ya :D

Proses pembakaran tersebut tampak seperti cahaya yang melesat cepat kalo diliat dari bumi

Itulah penjelasan fenomena hujan meteor yang sekarang sedang berlangsung.

101390_hujan-meteor.jpg

Menurut International Meteor Organization, puncak hujan meteor bakal terjadi tanggal 21 Oktober 2012. Maksimum 25 meteor per jam. Dan hujan meteor ini bakal keliatan di langit Amerika Utara, Eropa, Asia, termasuk Indonesia. Di sebut hujan meteor Orionid karena penampakan meteor datang dari rasi bintang Orion.

Waktu yang bagus buat ngeliat hujan meteor ini antara jam 01.00 sampe jam 04.00 dini hari.

Ada yang minat buat berburu meteor? SIap-siap aja pantengin langit dan rasi bintang Orion di waktu itu :D

Mudah-mudahan langitnya lagi cerah..

Sekarang udah mulai dateng musim ujan sih. Kalo pas mendung, gak keliatan hujan meteornya :(

Yang kebetulan lagi naek gunung dan tidur di alam terbuka, kesempatannya lebih besar nih bisa liat ujan meteor.

Yah, buat yang berencana berburu meteor atau mengabadikannya, gud luck :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

7 answers to this question

  • 0

yup, bagus yah, tapi buat yang tinggal dikota yang banyak cahayanya keliatannya hampir ga mungkin bisa ngelihat. :unsure:

kalau di desa atau hutan kemungkinan besar bisa lihat, karena ga banyak sinar lampu.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah keren banget...

tapi sayang, setiap ada fenomena angkasa seperti itu, pasti ketika langin sedang mendung.

apes melulu.

hahahaha....

emang iya sih, kalo melihat seperti itu lebih enak di daerah pedesaan atau gunung.

jadi tidak bentrok oleh sinar lampu.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

subuh ya, paling udah ketiduran hehe dulu juga ada fenomena katanya mars venus sama bulan kalau gak salah segaris bisa kelihatan tapi pas saya tungguin sesuai jamnya gak muncul muncul .__.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

haa, mau ada lagi? perasaan baru bulan apa itu ya hujan meteor nya, cuma sayang ga bs liat cuz cuaca tidak mendukung. lha ini naga-naganya juga nggak bakal didukung cuaca deh, kan belakangan udh banyak hujan dimana-mana. Mdh2an sih hujan meteornya yg masih tergolong aman-aman aja, dan berharap bisa melihatnya .... :-)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

rata-rata fenomena luar angkasa jarang sekali melewati indonesia, jika memang terditeksi tapi penampakannya kurang sempurna, jadi kalo kita memang benar-benar maniak mungkin bisa mengikuti komunitasnya saja yah biar gak kecewa....

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this