• 0
Sign in to follow this  
Lyn

diving bareng ubur ubur

Question

mau bagi info nih saya abis baca artikel yang unik, jadi selama ini yang kita tahu kalau di pantai ada ubur ubur itu bahaya dan perlu di hindari karena kalau terkena sengatannya bisa berdampak buruk buat kulit, bahkan tidak jarang harus sampai di bawa ke rumah sakit. Tapi kalau di pulau kakaban indonesia dan pulau palau di mikronesia, semua itu gak berlaku. Justru yang jadi daya tarik utamanya itu menyelam bareng ubur uburnya. Gak bahaya? Enggak bahaya kok tenang aja, jadi seiiring berjalannya waktu kemampuan menyengat dari ubur ubur di perairan ini hilang, sekarang kedua tempat ini merupakan tempat yang aman buat yang pengen nyelam bareng ubur ubur. Semakin ke tengah, semakin banyak ubur uburnya. Pulau kakaban sendiri itu merupakan pulau dengan jenis ubur ubur terbanyak di dunia.

Share this post


Link to post
Share on other sites

14 answers to this question

  • 0

Oh iya.. pernah liat liputannya di tipi..

Jadi bisa nyelam di danau percampuran air tawar dan air laut, di antara ubur-ubur yang rame.. Bahkan bisa dipegang ya ubur-uburnya..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Oh iya.. pernah liat liputannya di tipi..

Jadi bisa nyelam di danau percampuran air tawar dan air laut, di antara ubur-ubur yang rame.. Bahkan bisa dipegang ya ubur-uburnya..

iya bisa di pegang..

kalo saya trauma sis. ga akan mau deket2 ubur2 lagi walaupun ga sakit. tapi kok kemampuan menyengat bisa ilang ya?

kenapa emang sis? pernah kena ya hehe gatau katanya tau tau ilang sendiri

lah emang ga nyengat??

dulu saudara ada yang berenang?

kesengat langsung merah2..

yang di sini nggak, tapi selain ubur ubur yang ada di sini menyengat semua

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

iya bisa di pegang..

kenapa emang sis? pernah kena ya hehe gatau katanya tau tau ilang sendiri

yang di sini nggak, tapi selain ubur ubur yang ada di sini menyengat semua

koq bisa ga nyengat yah

apa jenis nya beda?? :huh:

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

koq bisa ga nyengat yah

apa jenis nya beda?? :huh:

harusnya sih ga beda semuanya, kan pulau dengan jenis ubur-ubur terbanyak hehe

ubur2nya jadi mutan kali kena bahan kimia, jadi sengatnya hilang :D

atau mungkin lingkungannya ada yang berubah yah.

iya kayaknya emang pengaruh lingkungannya hehe

mungkin ubur2nya..

peliharaan orang sana..

trus udah dijinakin.. hehe

haha gimana cara ngejinakinnya,

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

mau bagi info nih saya abis baca artikel yang unik, jadi selama ini yang kita tahu kalau di pantai ada ubur ubur itu bahaya dan perlu di hindari karena kalau terkena sengatannya bisa berdampak buruk buat kulit, bahkan tidak jarang harus sampai di bawa ke rumah sakit. Tapi kalau di pulau kakaban indonesia dan pulau palau di mikronesia, semua itu gak berlaku. Justru yang jadi daya tarik utamanya itu menyelam bareng ubur uburnya. Gak bahaya? Enggak bahaya kok tenang aja, jadi seiiring berjalannya waktu kemampuan menyengat dari ubur ubur di perairan ini hilang, sekarang kedua tempat ini merupakan tempat yang aman buat yang pengen nyelam bareng ubur ubur. Semakin ke tengah, semakin banyak ubur uburnya. Pulau kakaban sendiri itu merupakan pulau dengan jenis ubur ubur terbanyak di dunia.

Penyebab menghilangnya kemampuan ubur2 itu sebenernya lebih karena proses evolusi. Si ubur2 itu terisolasi dari dunia luar, di danau (baca : perairan) tempat tinggalnya itu dalam jumlah banyak. Tanpa adanya predator atopun pemangsa mereka, lama2 kemampuan menyengatnya jadi hilang. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Penyebab menghilangnya kemampuan ubur2 itu sebenernya lebih karena proses evolusi. Si ubur2 itu terisolasi dari dunia luar, di danau (baca : perairan) tempat tinggalnya itu dalam jumlah banyak. Tanpa adanya predator atopun pemangsa mereka, lama2 kemampuan menyengatnya jadi hilang. :)

wah mbak yang ini tau lebih banyak daripada saya hehe berarti bener tuh karena ada faktor lingkungannya juga berpengaruh, nice info mbak thanks ya :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Wah sayang ni infonya kurang lengkap walau udah ada yang nyebut di atas, saya cuma mau nambahin, daerah perairannya disebuat engan danau, bukan pantai. Dn danau itu merupakan danau air tawar. Adanya ubur ubur memang berasal dari laut yang kontak langsung dengan danaunya, jadi ubur ubur uang biasa ada di pantai pun terbawa ke daerah tersebut..

Itu setau saya, CMIIW

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

haha.. sering di ajak main sama orang sana gitu..

macem lumba lumba :D

kocak komennya, jadi ngebayangin ngelatih ubur ubur, kaya ngelatih anjing pake fressbea, trus ubur2nya mukanya kayak squirward gitu bentuknya..

lempar fresbea trus ntar ubur2nya berenang, kalo ketangkep trus di elus2, jadi deh jinak, haha

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this