Sign in to follow this  
Followers 0
etiquoe

Keripik Jengkol! Ada yang pernah nyoba? :D

11 posts in this topic

Yang namanya keripik, paling enak dimakan kriuk-kriuk sambil nonton TV ato nyambi ngerjain sesuatu di depan laptop (kalo saya :D)

Nah, tapi gimana kalo keripik-nya keripik jengkol?

Yang namanya jengkol terkenal banget dengan baunya. Boro-boro mo makan, udah ilfil duluan sama baunya yang super sakti :D

Tapi gimana kalo jengkol dibuat keripik?

keripik_jengkol_290311120317_ll.jpg.jpg

Hmm.. kalo saya sih, makan keripik jengkol ini kalo nggak dikasih tau itu dibuat murni dari jengkol aja, ga bakal tau deh keknya.. Kecuali setelah makannya :lol: Mulai kerasa baunya khas :D

Keripik ini dibuat dari jengkol yang direbus, trus ditumbuk.. setelah dikeringkan sedikit, terus digoreng..

Rasanya renyah, lebih renyah dari emping.. Tapi rasanya mirip-mirip emping melinjo, lebih khas sedikit. Dan lebih tipis dari emping, makanya lebih renyah.

Biasanya dilumuri sambel yang digoreng..

Sebenernya saya suka dengan rasa keripik ini, unik

Tapi berhubung udah tau kalo ini keripik jengkol, jadi agak-agak gimanaaaa gitu.. :D

Di Lampung, salah satunya di daerah Way Kanan, keripik ini banyak dijual

Ada yang udah pernah makan?

Share this post


Link to post
Share on other sites

hahay ini makanan ajib banget dah orang indonesia wajib cobain neh hahahaha katanya skrang kripik jengkol udah dibkin pedas berlevel ya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya pernah nih. dulu waktu masih kecil tukang sate yang di gerobak suka lewat depan rumah, nah sering beli tuh keripik jengkolnya. enak banget deh...hehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalau keripik jengkol belum pernah coba ya tapi kalau kerupuk jengkol sudah pernah coba nih waktu makan di warteg belakang kantor, bentuknya lebih kecil tapi aroma jengkolnya tidak terlalu menyengat

Share this post


Link to post
Share on other sites

pernah coba sih dulu, tapi rasa jengkolnya biasa aja, ga menyengat banget.

cuma ada baunya aja dikit doank. mungkin beda brand beda rasa.

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo keripik belum pernah, tapi waktu SD sering makan kerupuk jengkolnya, enak sih buat cemilan harganya murah 1 bungkus Rp 100 perak dulu banget, tapi sekarang belum nemuin lagi tuh kerupuk...jadi makanan langka juga yah.....

Share this post


Link to post
Share on other sites

hahay ini makanan ajib banget dah orang indonesia wajib cobain neh hahahaha katanya skrang kripik jengkol udah dibkin pedas berlevel ya :D

hihi.. kek keripik maicih gitu ya :D

saya pernah nih. dulu waktu masih kecil tukang sate yang di gerobak suka lewat depan rumah, nah sering beli tuh keripik jengkolnya. enak banget deh...hehe

Sebenernya rasanya emang unik dan renyah ya

kalau keripik jengkol belum pernah coba ya tapi kalau kerupuk jengkol sudah pernah coba nih waktu makan di warteg belakang kantor, bentuknya lebih kecil tapi aroma jengkolnya tidak terlalu menyengat

kalo keripik belum pernah, tapi waktu SD sering makan kerupuk jengkolnya, enak sih buat cemilan harganya murah 1 bungkus Rp 100 perak dulu banget, tapi sekarang belum nemuin lagi tuh kerupuk...jadi makanan langka juga yah.....

Dulu temen kantor saya ada yang suka banget nih nyemilin kerupuk ini :D

pernah coba sih dulu, tapi rasa jengkolnya biasa aja, ga menyengat banget.

cuma ada baunya aja dikit doank. mungkin beda brand beda rasa.

Iya, bau jengkolnya samar, nggak dominan. Saya malah hampir nggak ngebau.. pas abis makannya aja mulutnya agak pait dikit

Share this post


Link to post
Share on other sites

Belum..... di Jawa Timur jengkol kurang familiar dibanding petai, tapi meski demikian kita masih bisa membelinya di pasar-pasar tradisional.

Bisanya orang mengenal jengkol hanya untuk lalapan saja, dengan bau yang khas menyebabkan bahan makanan ini hanya bisa dinikmati oleh penggemarnya saja.

Kalo sekarang ada kripik jengkol? Pasti enak bgt...tp sayang, sy juga g tahan dengan aromanya...bikin pusing kepala.... :blink:

Share this post


Link to post
Share on other sites

mantep mana mba, di rendang ato udh jd kripik bgni...mklum salah satu penggemar jengkol :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

mmm..

Belum..... di Jawa Timur jengkol kurang familiar dibanding petai, tapi meski demikian kita masih bisa membelinya di pasar-pasar tradisional.

Bisanya orang mengenal jengkol hanya untuk lalapan saja, dengan bau yang khas menyebabkan bahan makanan ini hanya bisa dinikmati oleh penggemarnya saja.

Kalo sekarang ada kripik jengkol? Pasti enak bgt...tp sayang, sy juga g tahan dengan aromanya...bikin pusing kepala.... :blink:

Kalo keripiknya sih, aromanya samar.. nggak begitu kuat seperti jengkol biasa. Kalo jengkol biasa saya juga gak kuat, apalagi yang mentah, baunya bisa bikin migrain :D

mantep mana mba, di rendang ato udh jd kripik bgni...mklum salah satu penggemar jengkol :D

Kalo saya sih, lebih ke keripiknya aja deh kalo disuruh milih hehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

oh.. baru denger ada keripik jengkol... biasanya taunya jg emanz cm kerupuk jengkol, ama jengkolnya sendiri hehheh, btw klu pengen ngicipin bs ditemukan dimana?, jkt atau tangerang udh ada blm yg jual?... :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0

  • Similar Content

    • By Danu Hari Pramudya
      Keripik Belut Enaknya Tiada Tara. Saya katakan demikian memang adanya begitu Rasanya yang super gurih menjadikan camilan ini tidak ada bandingannya. Kenapa keripik belut rasanya gurih sekali, karena mengandung Tingginya kadar asam glutamat alami yang menjadikan keripik belut super gurih
       
      kalo Anda sedang mencari dan ingin beli yang paling enak dan sangat renyah, tidak salah lagi dengan pilihan yang sudah terkenal yaitu Keripik belut asli godean. Keripik yang bersal dari daerah ini jauh berbeda dengan kota lain. Mungkin karena produsen belut di sini sudah ada dari jaman puluhan tahun yang lalu. Kalo anda sedang kangen menikmati gurihnya keripik belut anda tak perlu jauh jauh datang ke kota ini . dari pada Anda mengeluarkan ongkos transportasi mending anda bisa pesan online di lapak ini. Mudah dan gampang bisa di kirim langsung ke rumah di kota Anda, kami uruskan via jasa pengiriman seperti Pos, Jne, Tiki, Wahana, ESL dll.
       

       
      Keripik Belut Godean adalah keripik belut yang paling terkenal selain merupakan sentra pusat kuliner belut, keripik belut godean terkenal dengan kerenyahnnya dan sangat empuk sekali saat di makan. Pengolahan yang sudah profesional menjadikanKeripik Belut Godean kualitasnya selalu terjaga. Bahkan mulai dari bahan belut di terima sampai pengepakannya sudah ada pelatihannya dari pemerintah kabupaten sleman.
       
      Bertandang ke Yogyakarta kurang komplit kalo ga sempet ke kota godean  tuk menyempatkan mencicipi renyahnya keripik belut godean yang mempunyai cita rasa yang lain dari pada yang lain. ga tau kenapa keripik belut godean membikin ketagihan bagi yang pernah mencicipinya. Kalo udah pernah sekali mencoba rasanya kangen apabila sudah lama tak makan keripik ini. Makanan khas kabupaten sleman ini sudah cukup lama menjadi ikon di kecamatan godean sebagai sentra penghasil keripik belut. Penjual keripik belut dahulu  banyak d temui di depan pasar godean , tidak kurang lima puluh pedagang menjual keripik belut. Banyak pedagang itu terhimpun dalam suatu paguyuban Harapan mulya. Tapi saat ini setra kuliner belut menempati lokasi baru yang lebih luas sedikit kearah timur pasar godean.  

      Awal Kebangkitan Keripik Belut Godean

      Di Indonesia khususnya keripik belut godean, mulai di kenal serta di gandrungi kurang lebih dari tahun 1979. Belut ( Synbranchus ) menjadi tipe ikan air tawar dengan wujud badan memanjang dan imut. Hewan yang imut ini tidak mempunyai sirip untuk berenang dan tidak terlalu suka hidup di air yang melimpah, justru malah senang hidup di lumpur sawah yang hanya sedikit becek .  Belut menyimpan kandungan protein  tinggi, lima plh persen dari tubuhnya adalah zat protein selain ada mineral dan zat zat lain, baik sekali buat kesehatan. Usaha pemrosesan dan industri keripik belut mulai merangkak naik di godean udah berjalan dari tahun 1992.

      Kalo anda belum sempet main main ke jogja ga perlu kuatir kami jual keripik belut online Asli Godean karena produksi kami ber domisili di godean

      untuk orderan baik eceran mapun grosir bisa hubungi marketing kami 081291174113
       
       

       
      Keripik Belut masih menjadi maskot kuliner di tempat ini, karena tdak bisa di pungkiri bahwa cikal bakal keripik belutlah yang tumbuh pertama kali di daerah ini. Keripik keripik lainnya adalah hanya sebagai pelengkap oleh oleh saja seerti keripik paru, keripik bayam, keripik / krupuk ceker, keripik kulit mlinjo, Abon belut, Abon Lele, Klanting, dll

      Dengan tersentralnya kuliner penjualan hasil olahan belut tentu saja memberikan  nilai estetika dan daya tarik lebih baik di banding sebelumnya yang terpencar dan tdak berkumpul menjadi satu tempat.
      Untuk menjadikan pusat kuliner belut ini ramai pengunjung , pengelola dan para pedagang dapat bersinergi, melaksanakan beberapa acara yang bisa menarik pengunjung.

      pusat sentra kuliner belut ini tentunya semakin menguatkan citra belut  sebagai komoditas unggulan daerah Sleman khusunya daerah godean yang nantinya diharapkan menjadi tujuan wisatawan ang sedang bertandang ke jogjakarta.

      Sentralisasi pemasaran komoditas ini dapat meningkatkan promosi aneka produk olahan belut sebagai komoditas unggulan Kecamatan Godean dan akhirnya mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah ini.
       
       

       
       
      Seiring perkembangan teknologi dan informasi dari berbagai literatur baik dalam dan luar negeri ternyata khasiat belut goreng  sangat banyak sekali sehingga masyarakat luas semakin menyadari bahwa camilan ini bukan sekedar camilan yang mengenyangkan saja, akan tetapi begitu besar manfaat yang di dapat dari sering mengkonsmsi Keripik Belut








    • By kimonoku
      It's so delicious     
      but will make your breath stinks.   
       
      Jengkol itu merupakan salah satu masakan favorit bagi orang Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Kalau ada menu ini di meja makan, entah semur jengkol, balado jengkol, kalio jengkol, keripik jengkol, dicocol pakai sambel terasi atau digoreng pake teri pun, sikaaat.. (awas jangan ngeces yah..  )
                               
       
      Tidak peduli dengan bau menyengatnya,   orang yang sangat suka pasti lahap menyantapnya.    Dibalik baunya itu ternyata ada banyak sekali manfaat dari jengkol untuk tubuh manusia, diantaranya;
       
      1. Sumber Kalsium
      Di dalam jengkol terdapat kandungan kalsium yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang. Meski baunya menyengat, tapi ternyata di dalam jengkol terkandung manfaat yang tidak sedikit.
      2. Antioksidan
      Yup, benar.. di dalam jengkol ternyata terkandung antioksidan dan juga vitamin C, di mana keduanya memberikan banyak manfaat untuk tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan kulit.
      3. Kandungan Zat Besi
      Dengan asupan zat besi dalam jumlah yang cukup, maka tubuh tidak akan mengalami anemia. Zat besi akan membuat tubuh semakin sehat dan kuat.
      4. Kandungan Protein
      Tidak hanya tahu, tempe, kedelai dan kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein. Ternyata, di dalam jengkol pun terkandung protein dalam jumlah yang cukup tinggi.
       
      Penelitian yang dilansir oleh inspirasi-khas.blogspot.com menunjukkan bahwa jengkol kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin, dan saponin. Kandungan vitamin C dalam100 gram jengkol adalah 80 mg, cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian, yakni 75 mg (wanita) dan 90 mg (pria).
       
      Tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi jengkol. Efek buruk dari asam jengkolat sangat merugikan kesehatan. Itulah mengapa kita harus mengonsumsi segala makanan dengan jumlah yang secukupnya. Tidak perlu terlalu banyak, karena seperti semua yang terlalu, tidak akan memberikan manfaat tapi malah membawa mudharat untuk tubuh.
       
      Siapa sih yang ga doyan jengkol??
       
                         
      *saiya ternyatah   
    • By grosirkeripik
      Salam Sukses buad admin dan juga anggota jalan2.com
       
      Keripik Nikmat Murah, Jual Keripik Nikmat, Beli Keripik Nikmat, Keripik Nikmat Online, Harga Keripik Nikmat,Keripik Tempe Nikmat ,  Grosir Keripik Nikmat, Keripik Mangga Nikmat, Keripik Nikmat Kota Malang, 
       
      Aneka Kripik Malang
      Tersedia beraneka macam kripik,mulai dari kripik buah,kripik tempe dan lainnya,dijual dengan harga yang terjangkau dan berkualitas tinggi.
       
      Grosir Kripik Khas Malang
       
      Address : Jl. Mergan Lori Ruko Kav.8 Malang
      Office Call : 0341 363 070
      Customer Service : 081 333 430 204
      Whatsapp : 081 333 430 204
      Pin BB : 7F87917A
      E mail : grosirkeripik1@gmail.com

    • By Aneka Kripik Malang
      Salam SUKSES admin dan para member Jalan2.com,
      Kami dari Aneka Keripik Malang ingin berbagi tentang nikmatnya camilan khas malang yang satu ini, siapa yang tak kenal dengan KERIPIK? pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat indonesia. teksturnya yang renyah membuat keripik sangat di gemari oleh berbagai macam kalangan.
      Bagi yang sedang berkunjung atau berwisata di kota Malang tak ada salahnya jika mencoba Keripik buah yang khas ini sebagai oleh oleh.
       
      grosir keripik buah , grosir keripik, keripik buah, grosir keripik singkong, grosir keripik buah curah, grosir keripik kentang, grosir keripik tempe, grosir keripik nangka
       
      Aneka Keripik Malang
      Tersedia beraneka macam kripik,mulai dari kripik buah,kripik tempe dan lainnya,dijual dengan harga yang terjangkau dan berkualitas tinggi.
      welcome reseller, harga khusus.
      Grosir Keripik Buah Khas Malang
      Address : Jl. Mergan Lori Ruko Kav.8 Malang
      Office Call : 0341 363 070
      Customer Service : 081 333 430 204
      Whatsapp : 081 333 430 204
      Pin BB : 7F87917A
      E mail : grosirkeripikbuahbuahan@gmail.com