• 0
Sign in to follow this  
Followers 0

pulau anambas Yuk Wisata Bahari di Kepulauan Anambas, Satu dari 9 Wisata Unggulan Indonesia

Question

Posted

f2q4hw.jpg

 

 

Beberapa hari kemarin saya sempat melihat iklan Gillete dengan banner Kepulauan Anambas. Karena penasaran, akhirnya saya googling dan menemukan beberapa fakta menarik dan cerita mengenai Kepulauan Anambas ini.  

 

Menurut artikel-artikel yang saya baca, Kepulauan Anambas merupakan kepulauan kecil di Indonesia, terletak di Laut Cina Selatan antara Malaysia timur dan barat dan Kalimantan.

 

 Kumpulan pulau ini merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau, dan kadang dimasukkan dalam Kepulauan Natuna yang lebih besar, terletak beberapa ratus kilometer di sebelah timur.dan sekarang sudah membentuk kabupaten sendiri sejak 2009.

 

Kepulauan Anambas mempunyai 238 buah pulau, termasuk di dalamnya 5 pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Pulau-Pulau tersebut satu dengan yang lainnya dihubungkan oleh perairan. Pulau besar diantaranya yaitu Pulau Siantan, Pulau Matak, Pulau Mubur, Pulau Jemaja.

5.jpg

 Menurut informasi yang didapat, gugusan di  Pulau Anambas ini ada kegiatan pengembangan mega proyek gas alam cair, tapi juga Pulau Anambas sebagai kegiatan pengembangan potensi kelautan.

 

Kota-kota yang ada di Kepulauan Anambas ini merupakan pelabuhan yang dikelilingi oleh perbukitan, transportasi dari dan menuju kota menggunakan angkutan laut, sedangkan transportasi di dalam kota sendiri menggunakan sepeda motor, kendaraan roda empat jumlahnya bisa dihitung dengan jari karena kotanya tidaklah terlalu besar.

 

Salah satu kota besar yang ada di Kepulauan Anambas ini adalah Kota Tarempa. Dimana perjalanan menuju Tarempa cukup lama dan jauh. Kota ini layaknya terisolasi, karena bahan makanan saja sulit sekali disini.

 

Cara Menuju Anambas Memang Panjang

20-03-2013+20-20-40.jpg

Kota Tarempa ini dapat ditempuh dengan 2 cara. Cara yang pertama adalah menggunakan transportasi laut. Kapal Pelni yang berangkat setiap 2 minggu sekali dapat kita gunakan. Alternatif kapal lainnya adalah Kapal Perintis yang memiliki 2 rute, sehingga waktu keberangkatannya tidak tetap.

 

Untuk menuju Kota Tarempa, perjalanan dapat ditempuh menggunakan kapal,  biasanya memakan waktu selama 18-20 jam dari Batam. Selain menggunakan Kapal Laut, kita juga bisa  menggunakan transportasi udara, dengan menaiki pesawat dari Tanjung Pinang atau Batam.

 

Pesawat dari Tanjung Pinang hanya menuju bandar udara Natuna sedangkan pesawat dari Batam dapat menuju bandar udara Natuna dan Matak. Dari Matak dilanjutkan menggunakan perahu menuju Tarempa yang merupakan bagian dari ibukota Kepulauan Anambas

 

Untuk para pecinta Diving, mungkin tempat ini bisa dijadikan wisata diving yang menarik. Karena kokasi penyelamannya tersebar dalam jarak yang berjauhan, karenanya sangat efektif untuk dijelajahi dengan liveaboard.

 

Menurut informasi yang say abaca, kepulauan Anamabas ini merupakan salah satu dari 9 Lokasi Wisata Bahari Indonesia yang diunggulkan. Salah satu hal menarik disini adalah lokasi ini menyajikan atraksi bawah laut yang tak terduga, sekali-sekali kesannya sepi dan tak menarik, namun tiba-tiba seekor whaleshark bisa saja melintas.

 

Tampaknya lokasi ini cocok bagi orang-orang yang suka menikmati laut dan bersantai di bawah sinar matahari dengan ditemani oleh birunya air laut

Kepulauan-Anambas.jpg

Fasilitas yang ada di Kepulauan ini sebenarnya cukup lengkap dimana terdapat Hotel, Penginapan, Restoran, dan travel agen. Namun memang salah satu yang menyebabkan sepi disini adalah jarak tempuh dan juga kurangnya promosi.

 

Bila perlu Informasi mengenai hotel, ini ada beberapa hotel yang ada di Kepualaun Anambas :

Siantan

 Hotel Terempak Beach (kapasitas kamar 40, di Kecamatan Siantan)

 Wisma Anambas Indah (20 kamar di kecamatan Siantan);

Wisma Sakura (20 kamar, di Kecamatan Siantan);

Wisma Tanjung Indah (40 kamar, di Kecamatan Siantan);

Penginapan Pagi-Sore (20 kamar, di Kecamatan Siantan);

Wisma Tropical Inn (25 Kamar, di Kecamatan Siantan);

Penginapan Siantan Nur (10 kamar, di kecamatan Siantan);

 

Hotel di Daerah Lainnya  :

Penginapan Bing Kian (8 kamar, di Kecamatan Jemaja);

Penginapan Nini (10 kamar, di Kecamatan Jemaja);

Penginapan Edi Coang (10 kamar, di Kecamatan Palmatak);

Penginapan Asih (6 kamar, di Kecamatan Palmatak).

 

Kuliner di Anambas memang tidak banyak, namun setidaknya ada yang bisa dipakai untuk makan malam bersama kantor ataupun bersama teman-teman. Ada kurang lebih 25 restoran dan kafe yang tersebar di sleuruh kecamatan. Jadi kalo kita kesini jangan takut kelaparan ga ada yang jual makanan.

 

 Di Anambas hanya ada 3 Bank yang beroperasi, yaitu BRI, BNI, dan Bank Riau. Jadi bagi anda yang memilki rekening selain di ketiga Bank tadi sebaiknya anda mempersiapkan semuanya sebelum anda berlabih di Kepulauan Anambas.

 

Transportasi  Menuju Anambas

Pesawat yang bisa mendarat di Matak antara lain Sky Aviation dimana mereka memiliki jadwal terbang 3 kali seminggu di hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan rute Matak-Tanjung Pinang-Jakarta. Deraya Airlines yang terbang 6 kali seminggu dengan rute Batam-Tanjung Pinang-Matak. Fokker 50 dengan jadwal 6 kali seminggu dengan rute Matak-Batam-Jakarta.  

 

Untuk menuju ke tempat ini dengan transportasi laut , anda bisa memakai Kapal Laut  Bukit Raya (2x sebulan); KM. Gunung Bintan (2x sebulan) dan KM. Trigas (2x sebulan), serta MV. VOC BATAVIA(Rabu: Tanjung Pinang-Tarempa; Jum’аt: Tarempa- Tanjung Pinang).

Share this post


Link to post
Share on other sites

19 answers to this question

  • 0

Posted

  Indonesia memang kaya akan wisata Bahari, salah satunya di Kepulauan Anambas ini. Ada beberapa pulau yang  memiliki panorama sangat indah dengan kecantikan laut yang luar biasa pula ( kalo untuk diving saya ga tahu dang a bisa menilai karena terus terang saya hanyalah penikmat laut dan pantai).

Wisata bahari yang bisa dilakukan di pulau-pulau ini bermacam-macam, kita yang suka menikmati pantai yang jelas akan puas melihat indahnya panorama air laut dengan pasir putih. Yang narsis, tentu saja bisa puas narsis-narsisan foto-foto dari berbagai angle dan spot disini.

 

Beberapa tempat yang layak untuk dikunjungi adalah :

 

Selat Rangsang

 

 

 

Memiliki pemandangan alam yang menawan berupa beberapa pulau berbukit yang rimbun. Perairan tenang yang berada di Kecamatan Siantan Timur ini sangat cocok untuk tempat bersantai sambil melakukan berbagai aktivitas bahari seperti snorkeling, renang dan bersampan atau sekedar berjemur dipantainya yang berpasir putih dan halus.

 

Pulau Durai

 

 

Pulau mungil yang terletak di Kecamatan Palmatak ini adalah tempat konservasi penyu di Kepulauan Anambas. Menjelang sore puluhan penyu betina mendarat ke bibir pantai, lalu menggali pasir pantai untuk bertelur. Pulau Durai dengan Pantainya yang indah, berpasir putih dan dipenuhi penyu di sore hari adalah andalan wisata di Kepulauan Anambas.

 

Pulau Bawah

Anambas-Island.jpg

Gugusan Pulau Bawah terdiri dari empat gugusan pulau kecil lainnya dengan luas keseluruhan 99,739 hektar. Jarak tempuh dari tarempa ke Pulau Bawah sekitar 7 jam bila menggunakan alat transportasi pompong (perahu bermotor), sementara bila menggunakan speed boat sekitar 4 jam. Berbagai eksotisme akan ditawarkan kepada Anda, antara lain adalah Diving, Snorkeling, Fishing, Swimming, dll

 

Pantai Padang Melang

373_thumb_Pantai_Kusik-air_laut_di_panta

Pantai yang berada di Kecamatan Jemaja ini dapat dijangkau dengan kendaraan roda 2 selama kurang lebih 30 menit dari Letung, ibukota Kecamatan Jemaja. Pantai ini memiliki panjang mencapai lebih dari 7 Km. Pasirnya sangat landai dan bentangannya cukup lebar sehingga sering digunakan masyarakat untuk lomba bola volley pantai bahkan motor cross. Bentuk pantai yang melengkung, dikelilingi perbukitan dan perairannya tenang sehingga kerap digunakan sejumlah kapal nelayan untuk tempat berlabuh. Pada saat-saat tertentu sering digelar pentas hiburan seperti pentas kesenian, pemutaran layar tancap, dan lainnya.

 

Pulau Penjalin

img_20111020194555_4ea018030f22e.jpg?w=6

Merupakan salah satu pulau terindah di Kabupaten Kepulauan Anambas yang terletak di Kecamatan Palmatak. Pemandangan alamnya indah berhias pulau-pulau mungil disekitar perairannya. Pantainya berpasir putih dan lembut, sangat cocok untuk tempat berjemur dan melakukan bermacam aktifitas pantai lainnya. Perairannya tenang, berair biru dan dihiasi bermacam ornamen bebatuan bermacam bentuk dan ukiran. Sangat cocok sebagai tempat olahraga air seperti menyelam, snorkeling, renang maupun bersampan.

 

Pulau-pulau ini memang tidak seperti Bali yang di dalamnya sudah ada fasilitas bagus dengan servis memuaskan. Namun satu hal penting yang menjadi tujuan wisata para turis adalah bahwa pulau tersebut memilki keindahan alam yang tidak bisa didapatkan di tempat manapun. Maka tidak heran, seberapa jauhnya pulau ini dari peradaban, para turis rela untuk mengejar keindahan alamnya.

 

Termasuk saya, ketika melihat foto-foto kepulauan ini rasanya saya ingin cuti dan melepaskan kepenatan Ibu Kota untuk menikmati alam yang begitu luar biasa. Namun apa daya, kerjaan menumpuk dan cuti baru saja dipakai untuk lebaran kemarin. Tapi kita lihat saja, apakah tahun depan saya bisa pergi ke pulau karya Tuhan ini. 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

@yudha sang penakluk

kapan mau kesana? Saya juga lagi ngumpul2in info, temen2 yang mau kesana tapi pada mundur semua orang2nya selain biaya mahal, perjalanannya itu lho..... Tapi dalam hati tetep bertekad harus mengunjungi Kepulauan itu saya mah, sebelum meninggalkan Kepri hhheee..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

@Simanjuntak Lena klo sudah di tanjung pinang enak nih tinggal ke matak, klo yang dari jakarta lumayan perjalanannya.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

eh si momod kemaren bikin thread juga tentang anambas ya mod @deffa ? tah ieu geuning geus aya nu bahas.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

eh si momod kemaren bikin thread juga tentang anambas ya mod @deffa ? tah ieu geuning geus aya nu bahas.

ya tapi kurang uy 

pengennya seh field report gtu biar tau harga2 nya juga :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

ya tapi kurang uy 

pengennya seh field report gtu biar tau harga2 nya juga :D

 

heeh.amun urang sih bikin field reportna ngek amun lebaran mbe endogan.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Maret 2013 kemarin gue sempat berkunjung ke Anambas, luar biasa! Terutama Pulau Bawah dan Selat Ransang. Nanti gue share beberapa foto gue selama disana

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Maret 2013 kemarin gue sempat berkunjung ke Anambas, luar biasa! Terutama Pulau Bawah dan Selat Ransang. Nanti gue share beberapa foto gue selama disana

Waiting mode on for @100traveller 's story explore Anambas Islands.  :berlayar

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

teman2 tolong dong berapa Km kira2 jarak2 dari Pulau natuna ke Pulau MUBUR.

 

dan Berapa Km  jarak dari Pulau Mubur ke daratan Malaysia yg Terdekat.

 

terima kasih,

 

Elizabeth

email: [email protected]

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

@ksatriakoe

oo i see gak papa mas

btw kaos udah nyampe lom ya ?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

sudah sampe om dengan selamat, thx so much :cintaindo

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

@ksatriakoe

sep2 di pake bro kalo lagi jalan2 ya hehe

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

@yudha sang penakluk

kapan mau kesana? Saya juga lagi ngumpul2in info, temen2 yang mau kesana tapi pada mundur semua orang2nya selain biaya mahal, perjalanannya itu lho..... Tapi dalam hati tetep bertekad harus mengunjungi Kepulauan itu saya mah, sebelum meninggalkan Kepri hhhee

mau donk. saya pengen ke anambas. cuman kurang info untuk literary di sana. kira kira berapa dana yang dibutuhkan untuk kesana ?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

emejing sedap infonyaa om daffa....

tapi belom lengkap seh belom ada yang pernah kesana hehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0