Sign in to follow this  
mistershim

Lewat Puncak, Hati2 deh

10 posts in this topic

Di sini ane mau bagi2 cerita nih. Puncak ini salah satu tempat yang paling rame saat liburan. Jakarta dan sekitarnya akan berbondong2 buat datengin daerah ini di weekend atau hari2 libur. Macet itu pasti. Walaupun ada sistem buka tutup, ya kalo lagi jam2 rame macet tetep nggak dihindarin. Buat yang udah sering ke sini pasti nggak asing lagi nih sama wilayah dan kondisi jalan yang ada di sini, tapi kali ini ane mau ngebahas para bengkel yang iseng.

Kalo selepas puncak dari arah JKT, masuk ke daerah cianjur, itu turunan udah mulai terjal. Ane punya beberapa pengalaman yg semoga bisa jadi pelajaran. Tiap bulan ane lewat sini. Suatu hari, beberapa pnduduk ngasih tau nih kalo ada percikan api setiap kali ane ngerem. Lokasinya di turunan yg agak tajem sebelum jembatan setelah puncak pass. karena khawatir knp2, minggirlah ane. Periksa sana sini akhirnya emang kayaknya ampasnya dah abis. Ganti dengan bantuan bengkel pinggir jalan dengan harga 2 kali lipat dari Jkt, nggak masalahin karna mikir dr pada knp2 dan urgent.

Bulan berikutnya, kejadian yg sama terulang. Masih takut, ane minggir di lokasi yang sama dengan tukang bengkel yang sama. Feeling agak ngga enak. Setelah periksa dan kayaknya masih bagus, ane mutusin jalan pelan2 aja. Alhamdulillah nggak knp2 tapi pas di JKT ane mutusin buat ke bengkel dan cek smuanya termasuk ganti lagi ampas rem yg pernah ganti di puncak.

Bulan berikutnya, ane mulai merhatiin, ternyata di sepanjang jalanan situ org2 udah siap siaga merhatiin mobil yang lewat dan ngeberentiin dgn alasan yg sama. Ane lewat di tempat 2 kali ane berenti sebelumnya, ada mobil yang juga lagi kena jebakan batman itu. Nggak tahu dah itu bener ato salah, ada baiknya sblm ke mana2 periksa detil kesiapan mobil. Kalo udah di wialayah yg jadi tujuan wisata bgtu ato rame biasanya sering dijahilin.. IMHO :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

ooo kalo jebakan batman di jalan puncak emang udah terkenal banget th....biasanya warga disana berkelompok standby pinggir jalan sambil milih2 mobil yg akan di target.....biasanya mereka nunjuk2 kebawah mobil target yg lg jalan....kan kita yg d mobil bngung dan biasanya nepi k pinggir...dan itu lah biasanya mereka nyamperin nyuruh kita k bengkel dan dikasih harga berlipat2

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah info bagus,Untungnya tiap kali ke Puncak belum pernah ngalami,ada juga ngalami mogok waktu ikut saudara,dan didorong rame2.deg2an juga,karena pas tanjakan.Thank's.

Share this post


Link to post
Share on other sites

ooo kalo jebakan batman di jalan puncak emang udah terkenal banget th....biasanya warga disana berkelompok standby pinggir jalan sambil milih2 mobil yg akan di target.....biasanya mereka nunjuk2 kebawah mobil target yg lg jalan....kan kita yg d mobil bngung dan biasanya nepi k pinggir...dan itu lah biasanya mereka nyamperin nyuruh kita k bengkel dan dikasih harga berlipat2

tepat sekali bang momod... modusnya begtu.. huh kesel sendri klo inget itu..tp brntg msh dksh kslmatan.. :)

Wah info bagus,Untungnya tiap kali ke Puncak belum pernah ngalami,ada juga ngalami mogok waktu ikut saudara,dan didorong rame2.deg2an juga,karena pas tanjakan.Thank's.

hooh sis/gan..ati2 aja deh.. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

wahhh... nice infoo....

bener ni, sekarang banyak banget yang suka iseng2 gitu......

buat jalan2ers lain yang kira2 pada tau kecurangan2 seperti ini di daerahnya, tolong bantu di post yaaaa :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

wahhh... nice infoo....

bener ni, sekarang banyak banget yang suka iseng2 gitu......

buat jalan2ers lain yang kira2 pada tau kecurangan2 seperti ini di daerahnya, tolong bantu di post yaaaa :)

thanks... bener saling share biar lebih waspada,,, :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

macam macam aja ya bengkel sekarang, saya kira jebakan batman nya sekedar nebar paku kayak yang terakhir kali di jakarta , ternyata ada yang kayak gini lagi ya, thanks infonya

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Ilhammb
      Teman2,
      Saya lagi cari teman Jalan2 di Lombok tanggal 24 November - 26 November 2017. Keberangkatan Jakarta dari SHIA (CGK), saya dapat tiket yang jam 05:00 WIB. Sampai Lombo BIL (LOP) jam 07:55 WITA.
      Itinerary
      Untuk Itinerary-nya, sebagai berikut :
      24 Nov - Hari Pertama - 08:30 Wita : Dari Bandara int. Lombok (LOP) pakai damri ke Pool damri Senggigi (Bisa Janjian di Pool Mataram kalo ada yang mau), Cari sewaan Motor, lalu ke Hotel untuk Check in. Jalan ke kota ampenan,  sarapan di pantai ampenan, sambil jalan2 atau menikmati sekitar pantainya dan kotanya sambil balik ke snggigi >>  Jalan2 di kota senggigi sambil Cari tempat makan siang. Lanjut Jalan2 ke pantai sengigi, dan sekitarnya seperti ke pantai batu bolong, menikmati pemandangan sambil nunggu sunset. Lanjut ke penginapan. Cari Makan Malam disekitar kota dan Istirahat.

      25 Nov - Hari Kedua - 08:00 Persiapan buat Check out. >> ke pelabuhan Bangsal buat nyebrang ke Gili Trawagan. Lagsung ke penginapan checkin. Jalan2 di Gili Terawangan (bisa snorkling, jalan2 ngelilingin Gili dll. sesuai kesepakatan dan isi kantong hehe) sampai hari ketiga. 

      26 Nov - Hari ketiga - Liat sunrise di pantai  >> ke penginapan untuk sarapan, persiapan dan check out. >> Jam 11:00 Checkout, kembali ke pelabuhan untuk nyebrang ke Bangsal. >> Ke Desa adat Sade buat beli Oleh2 atau alternatif lain kalo sempat >> 15:00 ke Bandara dan Pulang (peerbangan saya ke Jakarta jam 18:00 WITA).
      Jujur aja itinerary di atas mainstream banget, karena saya baru pertama kali ke Lombok.
      Sebenarnya itinerary nya flexible, kecuali gili dan Desa Adat Sade.
      Sharing Cost.
      Biaya yang bisa di share, sebagai berikut ;
      Penginapan di Senggigi 155.000 (Twin bed)* belum termasuk sarapan
      Penginapan di Gili 350.000 (Twin Bed) * Plus Sarapan
      Sewa Motor 3 Hari 160.000 + Bensin 60.000
      Parkir dan titip motor di Bangsal.
      **Biaya diatas belum dishare
      Check Point
      Titik kumpul mulai dari Jakarta - Lombok, sebagai berikut :
      1. Bandara Soekarno-Hatta
      2. Bandara Internasional Lombok
      3. Pool Damri Senggigi atau Mataram kalo ada yang janjian di Damri Mataram
      4. Pelabuhan Bangsal (25 Nov 2017)
      5. Gili Trewangan.
      Contact person :
      Line : Ilhammuharrom
      IG : ilhammu
      Email : ilhammuharrom@yahoo.co.id
    • By falovwi
      Kenalin nih gan ane @falovwi,, Anggota baru,masih anget-anget lah di forum ini. 
      salam kenal semuanya 
      jangan dinakalin yah?,,, nanti kalo di nakalin tek bilangan emak gue lohh  
    • By val_3373
      Hallo Sobat Jalan2
      Ingin pergi ke Curug yang alami dengan spot selfie yang kekinian tapi ngga pake rame??? Curug Cipamingkis solusinya. Curug ini dikelola oleh perhutani, keasriannya tetap terjada dengan baik dengan fasilitas yang sangat baik karena dilengkapi dengan Mshola, Ruang ganti baju/Toilet yang bersih, area camping dan juga warung2.
      Apa sih keistimewaan dari Curug ini? Mau taukan... hehehhehe.. Curug cipamingkis tidak hanya menawaran keeindahan air terjun yang alami dan kesegaran airnya yg sangat jernih tetapi juga ada spot2 kece untuk berphoto ria/berselfie ria seperti Rumah Pohon, jembatan cinta dan kapal kayu untuk berphoto ala titanic.... seru kan
      Penasaran dengan Curug Cipamingkis serta mencari suasana yang tenang untuk bernasrsi ria, maka kami beriga : saya, @Fu Cen dan cik  Nani Handayani meluncur ke sana ditemani oleh Rudi driver yang merangkap phoografer dadakan kami hehehe..... Curug Cipamingkis berdekatan dengan curug Ciherang yang terkenal dengan rumah pohonnya jika dari Jakarta dengan memakai kendaraan pribadi roda empat bisa mengambil rute tol bogor keluar Cibubur kemudian ambil jurusan menuju jonggol, kemudian akan ada  pilihan ke kanan menuju citeurep, ke kiri menuju ciherang, kita ambil yang menuju ciherang sampai jalan menuju puncak 2 yang akan menuju ke arah curug ciherang, sampai mentok kita akan ada pilihan lagi kanan menuju curug ciherang, kiri menuju cipamingkis dan cipanas, kita ambil kiri menuju cipamingkis. Kondisi jalanan menuju cipamingkis berlubang dan menanjak jadi siapkan kondisi kendaraan anda terlebih dahulu yaa (jangan lupa isi full juga BBMnya) Pemandangan menuju cipamingkis cukup indah , kami juga sempat berhenti di sungai di desa Kondang sebenernya tempat penambangan pasir etatpi viewnya cukup instagramable istilah kekiniannya.
       
      Setelah puas berphotria dan bermain air di sungai , kamipun melanjutkan perjalanan menuju curug cipamingkis, cuaca agak mendung saat ini, sempat was2 ntar turun hujan pada saat sampe di curug, sepanjang perjalanannya, mata kita disuguhi dengan hamparan sawah yang indah, lumayan untuk menyegarkan mata. Selanjutnya kita dihibur dengan kawasan hutan pinus yang alami sehingga jalanan yang lumayan jelek tidak terlalu dirasakan hahahahahaa dan sampailah kiat di curug cipamingkis
      HTM Curug Cipamingkis Rp 16.500/org, parkir roda ampat Rp 5000
      Dari parkiran untuk menuju curug kita melewati Rumah pohon seperti yang terdapat di curug ciherang, walaupun tidak sebesar yang di curug Ciherang, ngga kalah kece loh. Mau buktinya?
      Ayo kita melanjutkan perjalanan lagi menuju curug dengan berjalan kaki, sudah ada jalur trekking berupa tangga sehingga akses untuk ke curug tergolong mudah, tapi bagi saya yang biasa travelling ke tempat2 cantik saja, lumayan menguras tenaga, tetapi teman perjalanan kali ini adalah Mom2 yang tangguh2 semua, spot selanjutnya ada gardu pandang ke arah sungai dan kapal kayu yang terdampar di sungai hahahahaa
      Finally kita menuju curugnya, perjalanan dengan berjalan kaki dari spot perahu sekitar 65M tetapi agak menanjak dan melelahkan, kelelahan segera terbayarkan dengan luas sesampai di Curug Cipamingkis. Debit air yang besar sehingga menimbulkan percikan air disekitarnya memberikan kesejukan tersendiri. Airnya sangat segar dan suasana yang masih alami memberikan ketenangan sehingga membuat kita lebih relax. Waktunya untuk bermain air....
      Setelah puas menyegarkan badan dan jiwa, kamipun memutuskan melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Jakarta, tetapi tidak melalui jalan waktu pergi melainkan menuju cipanas dengan tujuan Sate maranggi  yang berlokasi dekat dengan Wisma Kompas. Sate maranggi ini agak berbeda dengan  sate yang biasa karena bumbunya adalah bumbu oncom
      setelah perut kenyang, waktunya pulang.....
      Happy Travelling sobat..... dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di tempat wisata.... see u next trip
       

    • By MumuPoo
      Selama bertahun-tahun saya telah mendengar orang mengatakan bahwa "Equine Struktur Sosial" menempatkan kuda tertentu atas orang lain melalui penggunaan kekuatan. Dengan kata lain yang terkuat adalah salah satu yang bertanggung jawab. Saya juga diajarkan untuk berhubungan dengan struktur kawanan kuda dengan cara itu, tetapi sebagai pengetahuan saya tentang bagaimana kawanan itu terstruktur, siapa pemimpin yang sebenarnya adalah, bagaimana kuda dikomunikasikan dan apa metode yang sebenarnya komunikasi telah mengembangkan berbeda gambar kuda dan hubungan dibuat dalam kawanan. Seperti yang saya berkembang dan belajar kuda dan hubungannya dalam kawanan saya menemukan bahwa tindakan kuda individu dan hasil tindakan mereka memiliki hasil yang pasti dari seluruh kawanan. Langkah maju terbesar datang ketika saya menemukan bahwa itu tidak selalu kuda memimpin di depan kawanan. Berikutnya saya menyadari bahwa posisi yang kuda yang bertanggung jawab harus, tidak berasal dari rasa takut atau dominasi anggota lain dari kawanan, tapi dari rasa hormat.
      Rasa hormat yang kuda memimpin diberikan berasal dari kepercayaan yang ditempatkan pada itu anggota tertentu dari kawanan melalui berbagai tes yang telah ditempatkan pada mereka. Tes ini berasal dari anggota lain dari kawanan dan dari situasi dan kekuatan luar kawanan. Menghormati diberikan ketika anggota dari kawanan, yang sedang diuji, bereaksi terhadap situasi dengan cara yang bermanfaat bagi seluruh kawanan. Ini menunjukkan bahwa tidak ada rasa takut atau faktor dominasi, tapi rasa hormat yang diperoleh dan dihargai, maka dan hanya maka adalah posisi yang diterima oleh yang anggota kawanan dan dipertahankan sampai tidak mungkin lagi untuk itu anggota kawanan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang akan berhubungan dengan dan diperlukan dari posisi yang telah diberikan.
      Seluruh proses penentuan posisi dalam kawanan dilakukan dengan cara yang menunjukkan konsistensi yang tidak menyimpang dan itu dilakukan dengan cara yang tidak memungkinkan untuk memotong sudut. Ada metode terstruktur tradisional untuk anggota kawanan untuk mendapatkan posisi tertentu dalam kawanan dan semua langkah harus dilakukan dalam rangka khusus mereka. Jika urutan pemenuhan tugas tidak konsisten atau dicapai dalam urutan yang diperlukan, posisi tidak akan diberikan. Posisi hanya akan diberikan ketika persyaratan dipenuhi dalam urutan yang benar dan pola diperlukan diikuti, tanpa penyimpangan, sebagaimana termaktub dalam struktur sosial kawanan.
      Saya menyadari bahwa ini adalah pola yang harus diikuti agar dapat bekerja dengan kuda dan memperoleh hasil terbesar. Kuda tidak hari ini berbeda dari mereka beberapa dekade yang lalu. Mereka membutuhkan struktur yang sama dan bimbingan dalam kehidupan mereka, mereka merindukan gaya hidup terstruktur bahwa tempat kawanan atas mereka; sebenarnya mereka membutuhkan itu. Kebanyakan kuda adalah pengikut, bukan pemimpin. Hal ini sangat jarang bahwa Anda akan menemukan kuda yang adalah pemimpin karena di dunia nyata dari kuda ada lebih banyak pengikut daripada ada pemimpin. Kuda tidak berpikir seperti atau merespon sebagai kuda lumping kecuali mereka memiliki struktur yang diperlukan ini dalam hidup mereka. Tugas kita adalah untuk belajar bagaimana untuk menempatkan struktur dalam kehidupan mereka dan mendapatkan rasa hormat yang dapat diberikan kepada kami. Setelah itu kami telah mendapatkan rasa hormat yang memungkinkan kita untuk menjadi orang yang dipilih, yang dipercaya, dalam pikiran kuda, kami telah mulai mencapai titik di jalan dari komunikasi yang akan menyebabkan persahabatan seumur hidup.
      Membuat Struktur Sosial Bahwa Kuda Akan Mengerti Dalam rangka untuk menciptakan struktur sosial yang kuda akan menerima dan mengerti Anda akan perlu memiliki pemahaman tentang apa yang "Struktur Horse Sosial" adalah, bagaimana cara kerjanya dan mengapa itu harus beroperasi di metode yang dilakukannya.
      Pada bagian terakhir kita bahas dasar-dasar cara posisi yang akan diperoleh, tapi apa yang perlu kita lakukan adalah pergi ke lebih rinci bagaimana semua itu mengikat bersama-sama. Saya telah menemukan bahwa tidak selalu yang terkuat kuda yang adalah pemimpin, seperti dalam orang ada pemimpin yang tidak selalu yang terkuat. Salah satu terkuat mungkin di depan melindungi kawanan dari bahaya, untuk itu adalah posisi bahwa mereka telah mendapatkan, tetapi tidak membuat mereka pemimpin, itu membuat mereka yang terkuat.
      Making kepercayaan yang diperlukan dari awal awalnya dilakukan melalui keadaan pikiran. Anda harus mampu menghapus dan memblokir semua pikiran negatif yang mungkin dalam atau memasuki pikiran Anda. Ini adalah pengalaman dari masalah seperti; uang, rumah, keluarga, pekerjaan, dll, kita bisa berlangsung berjam-jam. kuda tidak memiliki jenis ini masalah karena mereka tidak hidup di dunia yang jauh lebih rumit yang kita lakukan. Mereka tidak tertarik pada jenis masalah dan tidak ingin mendengar dari mereka dengan cara apapun, bentuk atau bentuk. Hal terbaik untuk dilakukan adalah meninggalkan mereka di rumah atau di mobil ketika Anda tiba di gudang. kuda dapat menjadi teman terbaik Anda dan papan terdengar Anda, mereka tidak akan pernah berbicara kembali, tidak memiliki pendapat (sehingga Anda selalu benar) dan tidak akan pernah memberitahu Anda dari setiap masalah yang mereka hadapi dengan kuda-kuda lainnya. Jadi, yang terbaik adalah untuk membalas budi dan menjaga masalah Anda untuk diri sendiri.
      Setelah Anda belajar untuk memblokir semua gangguan yang bisa datang antara Anda dan kuda Anda siap untuk pergi ke langkah berikutnya. Belajar tentang struktur sosial kuda.
      Struktur sosial kuda adalah metode pertahanan diri dan merawat satu sama lain yang telah sama sejak waktu dimulai. Struktur dasar akan menjelaskan bahwa setiap anggota kawanan sama, bahwa tidak ada satu kuda yang lebih penting dari yang existed dan bahwa setiap tindakan dari setiap anggota tunggal dari kawanan mempengaruhi seluruh kawanan. Ini dapat dijelaskan ketika kuda betina siap untuk anak kuda dan anggota lain berkumpul di sekelilingnya untuk memungkinkan kelahiran terjadi dan pada saat yang sama melindungi dirinya ketika dia paling terhormat. Hal ini memungkinkan untuk tindakan seluruh kawanan untuk melindungi anggota individu dan terus pada saat anak kuda lahir dan memiliki masalah yang akan membahayakan hasil dari seluruh kawanan. Ibu dari anak kuda yang harus membuat keputusan yang terbaik untuk perlindungan seluruh kawanan. Ini adalah jalan dua arah, semua melindungi satu dan satu melindungi semua, ini adalah dasar dari struktur sosial yang Anda butuhkan untuk menjadi bagian dari. Ini adalah lingkungan yang terstruktur bahwa kita adalah bagian dari abad yang lalu itu melalui pengembangan dan kemajuan bahwa kita kehilangan banyak kemampuan itu, tapi masih ada dalam diri kita semua, jika kita bersedia menghadapinya. Menghadapi dan menerimanya akan menempatkan kami dalam kerangka yang lebih baik pikiran untuk dapat berkomunikasi pada tingkat yang sama bahwa kuda berkomunikasi pada. Pelestarian sama kelompok dan pengorbanan satu untuk yang lain adalah langkah pertama Anda dalam mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat yang akan menempatkan Anda di posisi yang tepat dengan kuda Anda. Awalnya Anda harus menyadari bahwa Anda harus memberikan 110% dalam upaya dan kadang-kadang bahkan lebih untuk mendapatkan hanya 75% atau kurang imbalan. Kuda, untuk melihat apakah Anda layak diizinkan masuk ke struktur kawanan mereka memberikan Anda tes pertama dan awal, gagal satu ini dan Anda mendapatkan tidak lebih. Langkah ini dapat mengambil waktu dan dalam banyak kasus, saya telah melihat banyak orang menyerah karena yang satu titik. Melakukan apa-apa dengan kuda membutuhkan waktu; itu dicapai dalam "kuda" waktu dan bukan milikmu. Mereka tidak memiliki jadwal untuk menjaga atau orang untuk melihat atau bahkan mendapatkan anak-anak ke sekolah; semua mereka harus lakukan adalah hidup. langkah awal ini harus dicapai dengan cara yang sama, dalam urutan yang sama dan tanpa penyimpangan masing-masing dan setiap kali Anda melakukannya.
      Ini bisa menjadi tindakan sederhana dandan atau membebani kuda Anda, tetapi itu harus sama setiap kali. Setiap langkah harus dicatat dan diingat dan ditempatkan dalam urutan yang tepat. Jika Anda membersihkan kaki selalu mulai dengan sama satu, kemudian pergi kedua, ketiga dan akhirnya kaki keempat selalu mengikuti pola yang sama. tindakan menyentuh dengan kuda adalah salah satu tindakan yang paling penting karena merupakan utama metode komunikasi sensorik mereka. Setiap kali yang Anda dapat mengintegrasikan tindakan menyentuh dengan kuda Anda sedang mengizinkan mereka pergi mengenal Anda pada tingkat yang mereka sepenuhnya memahami dan dapat berhubungan dengan lebih cepat. Menyentuh memungkinkan kuda untuk memulai proses komunikasi melalui menganalisis reaksi Anda terhadap proses.
    • By Halo Annoy
      Wih udah lama banget, Ane gak ke Puncak. Tempat ane seri pergi dulu masa kecil. Sayangnya di puncak udah gk sedingin dulu dan sudah tidak sebersih pas ane masi kecil. Kemaren ini pas ane, ke Puncak. Tapi setiba ane ke Puncak lagi, emang wisata kulinernya ada yang sudah lebih modern dari design gedungnya ama pemandangannya....
      Ini ane mau sharing aja. Kemaren itu ane pas di puncak mau ke Cimory ama Nicole's. Tapi pas di sana, cimorynya rame ampe gk dapet parkir, jadi ane langsung saja jalan menuju nicole's. Tapi jalanan ke arah nicole macetnya bukan main. Jadi ane malah mampir di tmpt lain. Tempatnya lumayan bagus sih bagi ane, posisinya itu masi blm puncak pass. kalo gk salah deket grandhill situ. Gedungnya bentuknya kayu dan kaca gitu
      Setiba di sana tempatnya ternyata asik sih untuk nongkrong. Makanannya juga lumayan, servisnya juga ok dan yang paling penting harganya juga ok kok, gak jauh beda harganya ama di cimory.. Malah mereka juga ada roti bakar yang beda dan murah. Cuma bangsa 12rban deh. Cocok lah buat duduk-duduk ama teman dan pacar, sambil ngopi. Oh ya disana juga ada beragam biji kopi yang ada di tanah air.... Ada bir, shisha dan roti bakar yang mereka buat sendiri dari awal, rasanya sih cukup enak dan berbeda sih. Mereka juga ada makanan timur tengah, katanya sih karena disana banyak orang arab gitu, Ane cobain nasi arabnya enak dhe! Dan kata pelayaannya sih disini dah sering di pake untuk orang syutting sinetron kaya; catatan harian dewi sandra, katakan putus, anak jalanan dan mereka diliput di acara kuliner demen makan. Overall tempatnya cocok untuk yang sering ke puncak untuk nongkrong... Apa lagi kalo pada hari-hari biasa, cocok deh, kan jalanan gk macet di puncaknya hahaha.
      Tempatnya; B'tur Resto & Cafe
      Kalo ada rekomendasi lainnya komen aja di bawa ya gan... Biar ane tau lain kali pas ke puncak hahaha.
    • By heruryryanto
      Ada yang Mau Backpacker Tanggal 26 Oktober ke Singapore nggak?
      Referensinya dong Destinasi, Kuliner dan Nginap Murah ala Backpaker, soalnya Aku masih Pemula.
      Thanks