• 0
Sign in to follow this  
praspraspras

Angin Duduk, Ancaman Buat Pendaki Gunung

Question

Istilah kedokterannya apa ya? atau gak istilah asingnya deh. saya belum nemu ni. yang dokter mungkin tau

yang saya tau, angin duduk itu mengancam para pendaki. bukan karena di gunung banyak angin. *loh?jadi kenapa?namanya aja angin duduk, mestinya karena angin dong?*

gak, salah kalo berpikirnya gitu. kan emang ada kata anginnya, tapi yang bener angin duduk itu disebabkan penyempitan pembuluh darah dari jantung yang ngalirin oksigen atau bisa juga disebabkan karena butuh oksigen yang banyak karena suatu aktivitas tertentu hingga menyebabkan KEMATIAN secara tiba tiba

Lalu, kenapa pendaki memiliki ancaman serius?

pendaki akan menjadi terancam serius kena angin duduk jika dia terlalu memaksakan dirinya untuk terus naik tanpa adanya istirahat. aktivitas naik gunung adalah salah satu aktivitas yang membutuhkan banyak oksigen. berkebalikan dengan itu, semakin tinggi mendaki maka semakin sedikit kadar oksigennya. begitulah logikanya. CMIIW

Apa gejalanya?

biasanya, saat terserang angin duduk, dada sebelah kiri terasa sakit. apa itu yang sakit? ya benar, jantung yang sakit, karena ya tadi, jantung tidak bisa mengakomodir kebutuhan oksigen diseluruh tubuh

Apa akibatnya?

akibat paling parah adalah KEMATIAN, namun ada beberapa yang sempat ditolong sehingga tidak sampai ke titik itu. Namun, jika terhindar dari kematian, akan dapat menyebabkan sakit jantung. bagaimanapun, sakit jantung sudah tidak mungkin disembuhkan. pertolongan dokter hanya dapat memperlabat terkena serangan penyakit jantung.

Bagaimana cara menghindari dan mengatasi efek dari angin duduk?

sebenernya seperti yang saya sebutin diatas, gak mungkin mengatasi angin duduk, tapi sebisa mungkin tidak membuatnya tambah parah sehingga menyebabkan serangan jantung yang fatal. namun, sebelum terkena angin duduk *amit amit*, biasakan banyak olahraga, sering periksa ke dokter soal tekanan darah, kadar gula dan kolesterol, trus kendalikan makan. jangan banyak makan padang, daging, telur puyuh, dan kawan kawannya.

jadi bingung atau jadi jelas? kalo jadi bingun, coba tanyain lebih lengkapnya ke dokter terdekat, jangan ke dukun. karena ini penyakit medis, jadi mestinya kedokteran aja cukup :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

17 answers to this question

  • 0

almarhum om saya pernah kena angin duduk ampe meninggal....doi atlet pingpong indonesia pas tahun 2004 om sya ikut PON mewakili jakarta...pas abis tanding doi katany terserang angin duduk dan langsung efek nya ke jantung.....om saya meninggal di t4 :(

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

kalo saya pernah dengan istilah angin duduk buat para bikers sih...katanya kalo malem-malem dan pagi buta naik motor gak pake jaket bisa kena angin duduk...efeknya memang sangat berbahaya...bisa langsung meninggal ditempat....jadi jangan main-main dengan angin duduk....serem....

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

saya sih ga pernah liat orang kena angin duduk dan ga ada orang di sekitar saya juga sih yang kena itu, tapi saya pernah denegr katanya kalau angin duduk biasanya nyerang pas kena angin malam, bener gak tuh?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Masih misteri nih ya soal angin duduk.. ada yang bilang kalo angin duduk ini berkaitan dengan serangan jantung juga

Kalo beberapa yang saya denger, rata-rata kena angin duduk pas abis olahraga.. termasuk beberapa public figur di Indonesia ya..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

saya pernah ada temennya temen kena, tapi orangnya gemuk, katanya abis pulang dari kerja, dia seperti kecapean, terus duduk di kursi.

terus "lewat", kataya sih penyempitan pembuluh darah. makanya kita harus rajin2 olahraga. kita harus belajar.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

almarhum om saya pernah kena angin duduk ampe meninggal....doi atlet pingpong indonesia pas tahun 2004 om sya ikut PON mewakili jakarta...pas abis tanding doi katany terserang angin duduk dan langsung efek nya ke jantung.....om saya meninggal di t4 :(

wah, saya turut berduka om.. :berdukas:

iya, itu berearti saat itu, om nya mungkin terlalu capek. jadi kadar oksigen yang dibutuhin juga besar, nah dalam keadaan kaya gitu, itulah yang menyebabkan pembuluh darat menyempit

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

kalo saya pernah dengan istilah angin duduk buat para bikers sih...katanya kalo malem-malem dan pagi buta naik motor gak pake jaket bisa kena angin duduk...efeknya memang sangat berbahaya...bisa langsung meninggal ditempat....jadi jangan main-main dengan angin duduk....serem....

saya sih ga pernah liat orang kena angin duduk dan ga ada orang di sekitar saya juga sih yang kena itu, tapi saya pernah denegr katanya kalau angin duduk biasanya nyerang pas kena angin malam, bener gak tuh?

nah, dua ini nih yang merupakan anggapan kebanyakan orang. jadi sebenernya, angin duduk itu bukan karena angin malam. mungkin angin malam bisa menjadi satu penyebab, karena keadaan angin malam yang dingin. saat dingin, ada istilah 'otak pun membeku', jadi mungkin aja saluran deket jantung juga menyempit. jadilah dia meninggal seketika.. begitu om om.. :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

maksudnya, angin duduk gak cuma di alami di gunung tapi bisa di tempat lain, begitu kah? asalkan aktivitas olahraga yang kita lakukan berlebihan dan asupan oksigen ke otak tiba2 berkurang?

serem juga. berarti ketika olahraga, jangan lupa istirahat. jangan sampe maksain ketika ngelakuin olahraga nya.

apalagi ketika naik gunung, yg notabene bagi orang dataran rendah, lebih susah untuk menghirup oksigennya. karena dengan jumlah sel darah merah yang dimiliki tubuh sama, sedangkan oksigen bebas yang beredar di udara lebih sedikit. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Masih misteri nih ya soal angin duduk.. ada yang bilang kalo angin duduk ini berkaitan dengan serangan jantung juga

Kalo beberapa yang saya denger, rata-rata kena angin duduk pas abis olahraga.. termasuk beberapa public figur di Indonesia ya..

saya pernah ada temennya temen kena, tapi orangnya gemuk, katanya abis pulang dari kerja, dia seperti kecapean, terus duduk di kursi.

terus "lewat", kataya sih penyempitan pembuluh darah. makanya kita harus rajin2 olahraga. kita harus belajar.

Iya bener,jadi angin duduk tu kebanyakan setelah olahraga..ya bukan olahraga doang sih, kalo terlalu caprk juga gitu, awalnya ngos ngosan doang, trus gitu deh..

Iya, banyak olah raga juga banyak makan makanan yg sehat,jangan asal makan lagi

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

maksudnya, angin duduk gak cuma di alami di gunung tapi bisa di tempat lain, begitu kah? asalkan aktivitas olahraga yang kita lakukan berlebihan dan asupan oksigen ke otak tiba2 berkurang?

serem juga. berarti ketika olahraga, jangan lupa istirahat. jangan sampe maksain ketika ngelakuin olahraga nya.

apalagi ketika naik gunung, yg notabene bagi orang dataran rendah, lebih susah untuk menghirup oksigennya. karena dengan jumlah sel darah merah yang dimiliki tubuh sama, sedangkan oksigen bebas yang beredar di udara lebih sedikit. :)

Iya, sebenernya semua aktivitas,siapa saja bisa kena,terutama yg gendut ya..jadi ya itu butuh olahraga teratur biar gak kena angin duduk

Iya itu kenapa naik gunung jadi concern nya,karena lebih mudah kena angin duduk..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Iya, sebenernya semua aktivitas,siapa saja bisa kena,terutama yg gendut ya..jadi ya itu butuh olahraga teratur biar gak kena angin duduk

Iya itu kenapa naik gunung jadi concern nya,karena lebih mudah kena angin duduk..

Parameter gendut itu dilihat dari mana ya? Kelebihan berat badan mungkin maksudnya? Kelebihan berat badan dari berat badan ideal, misalnya. ;) #nyinyir

Hmm gitu ya. Sip sip, nice info, makasih loh mas. Mesti lebih berhati2 nih berarti pas olahraga atau pas naik gunung. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

saya sering deger org yang kena angin duduk 90% meninggal, termasuk alm. Bang Ben (Benyamin) kalo ga salah. Resikonya ga cuma pada pendaki sebenernya dan ampe sekarang sebabnya susah dicari. Saya bahkan pernah divonis angin duduk tapi sama tukang pijet. Saya kaget lah tapi alhamdulillah ampe skrg udah sembuh dan masih sehat, Ya ga tau sih itu beneran angin duduk atau nggak, yg jelas, sebagian tubuh tiba2 sakit, berat dan agak sesak. Jaga kesehatan dari skrg jalan2ers.. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

saya sering deger org yang kena angin duduk 90% meninggal, termasuk alm. Bang Ben (Benyamin) kalo ga salah. Resikonya ga cuma pada pendaki sebenernya dan ampe sekarang sebabnya susah dicari. Saya bahkan pernah divonis angin duduk tapi sama tukang pijet. Saya kaget lah tapi alhamdulillah ampe skrg udah sembuh dan masih sehat, Ya ga tau sih itu beneran angin duduk atau nggak, yg jelas, sebagian tubuh tiba2 sakit, berat dan agak sesak. Jaga kesehatan dari skrg jalan2ers.. :)

iya bener.. dan saya gak tau, apa ini ada di indonesia doan, apa disemua negara, soalnya ya gitu, namanya aja udah angin duduk. dan bener, emang 90% meninggal. 10% nya ya itu yang terus kena serangan jantung..

jaga kesehatan, banyak olahraga, dan berusaha selalu hidup sehat :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Saya juga pernah mendengar tentang angin duduk dari teman-teman saya,

katanya bagi yang sudah terserang hanya punya kesempatan 20 menit untuk menyelamatkan nyawanya atau bahkan bisa langsung wafat di tempat.. :(

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Saya sering dianggap tidak sehat ketika naik gunung karena wajah pucat, seperti anemia, kadang saya takut jg kalo fisik saya sebtulnya ga mendukung utk aktivitas seprti ini, krn memang byk jg yg mati ketika melakukan perjalanan mendaki gunung, ntah karena kelelahan atau karena kecelakaan. Dalam kasus angin duduk ini, saya tdk tahu persis apa itu seperti gejala stroke atau bagaimana? apakah ini dialami oleh anak muda jg kah?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Saya juga pernah mendengar tentang angin duduk dari teman-teman saya,

katanya bagi yang sudah terserang hanya punya kesempatan 20 menit untuk menyelamatkan nyawanya atau bahkan bisa langsung wafat di tempat.. :(

Oh ya? Masih mungkin ya nyelamatin diri? Gimana caraya ya tante? Setau saya kalo uda kena angin duduk ya udah,gak mungkin selmat lagi

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Saya sering dianggap tidak sehat ketika naik gunung karena wajah pucat, seperti anemia, kadang saya takut jg kalo fisik saya sebtulnya ga mendukung utk aktivitas seprti ini, krn memang byk jg yg mati ketika melakukan perjalanan mendaki gunung, ntah karena kelelahan atau karena kecelakaan. Dalam kasus angin duduk ini, saya tdk tahu persis apa itu seperti gejala stroke atau bagaimana? apakah ini dialami oleh anak muda jg kah?

Kalo dibilang stroke kayanya gak, soalnya stroke itu adalah masalah mati rasa yang tiba tiba atau lumpuh sebagian dari tubuh,sedangkan kalo angin duduk ini bukan lumpuh lagi om juna, tapi sampe meninggal..

Anak muda?bisa om, apalagi yang jarang olahraga trus tiba tiba nanjak gunung

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this