Sign in to follow this  
rhiennee

Resep MP-ASI Sehat dan Praktis Untuk Buah Hati

2 posts in this topic

Bagi jalan-jalaners yang memiliki bayi di usia 7 bulan. Kali ini aku ingin berbagi resep makanan pendamping ASI yang sehat dan praktis nih. Simak yaaah….

 

post-11-0-29035100-1377704016_thumb.jpg

 

Pada usia ini, anak memang sudah waktunya untuk dikenalkan dengan jenis makanan tambahan. Nah, untuk makanan tambahan tersebut diantaranya ialah serealia, bayi sudah bisa diperkenalkan dengan tepung beras berah, havermot serta tepung beras coklat. Namun pada pertengahan bulan bisa juga dicoba dengan memberikan bubur tim yang disaring.

 

Bayi umur 7 bulan udah boleh belum sih diperkenalkan makan sayuran??

Boleh aja, kalau untuk sayuran sebaiknya pilih sayuran seperti kentang, terong, timun dan seledri. Sedangkan untuk buahnya coba buah yang segar dan berair seperti blewah, plum dan timun suri. Usia ini juga udah harus mulai diperkenalkan dengan makanan berprotein seperti daging ayam, tahu, tempe juga hati ayam. Untuk kacang-kacangan bisa mencoba kacang polong.

 

Usia 7 bulan juga udah bisa diperkenalkan dengan kaldu hewani. Sebaiknya untuk mengenalkan jenis makanan ini pada minggu kedua hingga minggu ketiga. Karena makanan ini sifatnya adalah makanan pendamping ASI maka tidak perlu ngotot ngasih makan ke anak. Yah, karena emang makanan utama anak masih tetep ASI serta bisa juga disertai susu formula. Pemberian makanan ini hanya sebagai pengenalan pada ana. Nah, entar kalo usia makin bertambah bisa menambah frekuensi makannya. Karena lama kelamaan ASI dan susu tersebut tidak bisa lagi memenuhi asupan nutrisi si kecil.

 

Nah, ini dia nih resep makanan pendamping ASI yang uda ditunggu-tunggu. Yuuk…mari disimak..

Resep pertama ialah puree tahu sutra. Tenang, mudah banget kok bikinnya, dijamin praktis dan nggak ribet.

Pertama siapkan bahan-bahannya seperti setengah potong tahu sutra lalu kukus dan blender. Setelah itu bisa disajikan dengan menggunakan bubur beras merah/havermout atau juga bisa pakai beras putih. Kalau mau pasti bakal tambah sip kalau dikasih saus buah dan sayuran.

 

Resep kedua ini juga mudah banget. Bahannya masih tetap pakai tahu dan ayam serta bumbu-bumbu. Nama resep ini adalah tahu ayam. Ambil setengah potong tahu sutra lalu dihaluskan pakai garpu. Setelah itu ambil juga daging ayam secukupnya lalu haluskan. Bumbunya pakai daun bawang secukupnya lalu cincang halus. Selain itu pakai kaldu ayam seperempat cangkir.

 

Untuk membuatnya tinggal memanaskan kaldu serta daun bawang dan daging ayam lalu dimasak hingga matang. Setelah itu baru masukkan tahu lalu diaduk hingga matang. Bisa disajikan sebagai lauknya bubur beras.

 

Resep-resep ini memang mudah banget kan dipraktekin. Selain itu gizinya juga bagus untuk pertumbuhan si kecil. Yah, kalau buat kebaikan si kecil mah apa aja dikasih.

 

Kalau ada resep lain boleh dunk di share…. :senyum

Share this post


Link to post
Share on other sites

Aku juga punya MP-ASI gan,,tapi ini khusus untuk bayi yang berumur 6 bulan ya , ini dia resepnya

1. Bubur beras merah

Bagi Anda yang ingin menyajikan makanan lezat dan sehat bagi bayi Anda yang berusia 6 bulan, pilih saja bubur beras merah. Untuk membuatnya, Anda hanya memerlukan tepung beras merah dan ASI secukupnya. Campur tepung beras merah dengan ASI sampai tercampur merata lalu masak. Masak menggunakan api sedang dan tunggu sampai keluar gelembung-gelembung kecil. Anda dapat memberi anak Anda bubur beras merah ini sebagai menu makanan sehat.

Untuk resep ke 2, 3 dst anda bisa melihat langsung pada sumbernya berikut ini: Resep makanan bayi 6 bulan yang aku comot pada salah satu situs resep masakan indonesia

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this