nafariza

Nusa Kambangan, Bukan Cuma Penjara

22 posts in this topic

Apa yang terbayang di benak kamu saat mendengar Pulau Nusa Kambangan? Sebagian orang menyebut pulau ini sebagai Alcatraz nya Indonesia, karena merupakan pulau yang terdapat penjara di dalam nya. Tapi menurut saya, sebutan tersebut tidaklah tepat. Karena Alcatraz adalah sebuah pulau kecil dan di dalamnya hanya terdapat penjara. Sedangkan di Pulau Nusa Kambangan, yangterletak di daerah Cilacap, Jawa Tengah, tidak hanya terdapat penjara, melainkan objek2 wisata juga.

Objek2 Wisata di Pulau Nusa Kambangan

wisata-cilacap.jpg

Sumber Gambar

Banyak pantai indah yang terdapat di Nusa Kambangan, mulai dari Pantai Pasir Putih, Pantai Permisan, Pantai Jetis, Pantai Singkil Indah, Pantai Ketapang Indah, sampai Pantai Indah Widarapayung. Dengan hampir semua nama pantai mengandung kata indah, bisa saya bayangkan kalau pantai2 di sana sangat indah2. Atau mungkin juga karena pemerintah di sana ingin menghilangkan kesan angker dari Nusa Kambangan (baca selengkapnya di sini).

Selain pantai, juga banyak terdapat objek wisata Goa di pulau ini, mulai dari Goa Maria, Goa Masigitsela, Goa Ratu, Goa Putri, sampai Goa Ronggeng. Jika sudah bosan dengan wisata alam, kita juga bisa mengunjungi benteng2 peninggalan jaman Belanda di pulau ini.

Kalau kamu punya ketertarikan yang besar dengan wisata alam, maka tidak ada salahnya menjajal juga objek2 wisata di pulau ini. Menurut pengakuan seorang teman yang pernah berkunjung ke sana, "pasir nya putih2, airnya bening, dan bisa ambil karang2 juga".

Tertarik untuk mengunjungi? Tunggu apalagi? :)

Sumber: Artikel1 Artikel2 Artikel3

Share this post


Link to post
Share on other sites

hehe aku juga pernah sih ke pinggir nusa kambangan alias di teluk penyu.. jadi kelihatan banget nusa kambangannya... dari jauh gak begitu menarik sih soalnya cuma hutann.. dan pepohonan lebatt..

cuman katanya gampang kalo mau kesitu naik perahu paling cuma 20rb.. deket banget.. gak sampe 100 meter kayaknya.. keliatan deket banget kok.. renang aja sampe kayaknya hehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

hehe aku juga pernah sih ke pinggir nusa kambangan alias di teluk penyu.. jadi kelihatan banget nusa kambangannya... dari jauh gak begitu menarik sih soalnya cuma hutann.. dan pepohonan lebatt..

cuman katanya gampang kalo mau kesitu naik perahu paling cuma 20rb.. deket banget.. gak sampe 100 meter kayaknya.. keliatan deket banget kok.. renang aja sampe kayaknya hehehe

Bener banget mbak, teluk penyu itu daerah di Pulau Jawa (baca: Cilacap) yang berbatasan dengan perairan di Pulau Nusa Kambangan nya bukan ya mbak? Istilah kata, tempat penyebrangan mau ke Pulau Nusa Kambangan. Ada yang bilang, bahkan di Teluk Penyu aja pun, pantainya udah bisa dinikmati buat liburan. Bener gak mbak? :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya dah 5 tahun pengen banget liat penjaranya di nusa kambangan. Tapi pribadi saya ga tau loh ada wisata pantai gitu. Jadi ini berita baru buat saya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya dah 5 tahun pengen banget liat penjaranya di nusa kambangan. Tapi pribadi saya ga tau loh ada wisata pantai gitu. Jadi ini berita baru buat saya.

Wah ada apa nih mas udah 5tahun ngebet pengen liat penjaranya nusa kambangan? Ada memori khusus kah? :)

Iya, kalo suka wisata pantai, banyak spot yang suka dikunjungi di sini. Wisata lautnya masih belom terbukti keindahannya tapi ya mas..

alexandri likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

sedikit bingung, kalau nama pulaunya pulau nusa kambangan yang ada objek wisata.

terus kalau nama pulau untuk penjara itu apa?

atau penjara itu bukan pulau dan gabung sama Pulau nusakambangan?

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya malah belum pernah melihat sama sekali.......

g mau ahh, apalagi masuk didalamnya........hihihihihhih

Share this post


Link to post
Share on other sites

sedikit bingung, kalau nama pulaunya pulau nusa kambangan yang ada objek wisata.

terus kalau nama pulau untuk penjara itu apa?

atau penjara itu bukan pulau dan gabung sama Pulau nusakambangan?

Yak bener banget mbak, jadi di pulau nusa kambangan buat penjara itu, ternyata pulaunya luas banget. Jadi, satu pulau isinya bukan cuma penjara aja. Tapi ada objek wisatanya juga kayak museum, benteng, pantai, dan lain sebagainya itu..

Jadi tertarik buat jalan2 ke sana mbak? :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

gak tertarik. apalagi jauh dari Jakarta.

tapi yaah kalau kebetulan lewat boleh aja liat2.

Share this post


Link to post
Share on other sites

waw nampaknya oke juga ya

cuma image nya karna pulau penjara jadi jarang yg tw soal wisata nya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

gak tertarik. apalagi jauh dari Jakarta.

tapi yaah kalau kebetulan lewat boleh aja liat2.

waw nampaknya oke juga ya

cuma image nya karna pulau penjara jadi jarang yg tw soal wisata nya :D

kalo mbak nya udah nyampe cilacap, gapapa loh jalan2 sekalian nyebrang ke pulau nusa kambangan. kalo emang gak deket2 sana, rada males juga sih ya jauh2 ke pulau ini, hehe. apalagi imagenya masih pulau penjara, bukan pulau tujuan wisata.

yak bener banget mas, sebenernya bisa dijadiin tujuan wisata, kalo aja image pulau penjaranya gak begitu melekat. mungkin yang suka wisata unik, bisa banget ke pulau ini.

Share this post


Link to post
Share on other sites

hehehehehe tapi aman gak yaa? jangan2 nanti ada tahanan lepas :wacko: :wacko:

serem dehhh hehehhe...

emang penjaranya tu bentuknya gimana sih.. belum pernah kesana nih hehhe

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah baru tahu kalo punya objek wisata juga.

tapi aman kan...?

takutnya, ada hal2x yang tidak di inginkan, misal ada napi yang kabur, trus jadi bahaya gt..?

Share this post


Link to post
Share on other sites

hehehehehe tapi aman gak yaa? jangan2 nanti ada tahanan lepas :wacko: :wacko:

serem dehhh hehehhe...

emang penjaranya tu bentuknya gimana sih.. belum pernah kesana nih hehhe

Wah sebenernya kalo di google aja, bisa dapet banyak gambaran penjara itu kayak gimana kok mbak :D

Dan mestinya aman kok kalau mau wisata jalan2 ke pulau nusa kambangan. Ada LP juga di cipinang, bahkan ada perumahan di dekat sana, aman2 aja kan. :)

Ini nih penampakan LP yang ada di Nusa Kambangan:

Gerbang Depan

20110315110954999.jpg

Gerbang Belakang

4e0d2946bafc44e656cf2886c0b75bb2_XL.jpg

Gedung LP Narkotika

lapas-narkotika-nusakambangan1.jpg

Gerbang Dalam

nuskam51.jpg

Sumber Gambar

Isi LP

lapas.jpg

Tidak begitu menyeramkan kan mbak? :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah baru tahu kalo punya objek wisata juga.

tapi aman kan...?

takutnya, ada hal2x yang tidak di inginkan, misal ada napi yang kabur, trus jadi bahaya gt..?

hihihi lucu nih, sama dengan mbak di atas. nanyain keamanan objek wisata hanya karna ada penjara di dekat sana..

aman toh mbak :) selama ini juga jarang kan kedengeran berita napi di nusa kambangan yang kabur. wong yang di sana itu napi2 narkotika kok, bukan napi2 pembunuhan gitu hehe..

sedangkan di deket LP cipinang aja bisa ada perumahan bahkan kantor, kenapa yang cuma jalan2 di nusa kambangan gak berani mbak? ;)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah emang bener tuh di nusakambangan pantainya lumayan bagus dan bersih.

Sekitar bulan september tahun kemarin ane baru aja praktikum ke sana, ke pantai apa lupa namanya, sama ke pasir putih. Mantep deh pantainya. :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah emang bener tuh di nusakambangan pantainya lumayan bagus dan bersih.

Sekitar bulan september tahun kemarin ane baru aja praktikum ke sana, ke pantai apa lupa namanya, sama ke pasir putih. Mantep deh pantainya. :D

abis praktikum apa mas di sana? ada semacam lab gitu di sana? apa gimana ya? baru tau saya di nusa kambangan bisa praktikum juga selain buat penjara dan wisata alam hihi..

wah bisa tuh mas bikin field report atau share2 disini pemandangan di sana kayak gimana aja :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, kereeen juga tuuh nusa kambangan... bayangan ane, nusa kambangan itu sebuah pulau yang benar-benar ditujukan untuk para penjahat kelas berat. tapi cakep juga ternyata... masuk list tempat yang harus didatangi niih

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, kereeen juga tuuh nusa kambangan... bayangan ane, nusa kambangan itu sebuah pulau yang benar-benar ditujukan untuk para penjahat kelas berat. tapi cakep juga ternyata... masuk list tempat yang harus didatangi niih

setuju mas, emang keren banget untuk ukuran pulau yang terkenal sebagai penjaranya. kasian wisata alam di sana ya berarti, ketiban keindahannya dengan nama seram dari sebuah "penjara". semoga share disini bisa bikin banyak wisatawan dateng ke sana ya :)

 

jangan lupa di-share disini kalo udah jadi main2 ke sana ya mas

Share this post


Link to post
Share on other sites

Aku juga sering denger kalau tempat ini udah jadi tempat wisata, tapi gak pernah terbersit buat pergi k tempat ini, ngeri .... cuma, denger info ni, mungkin lain kali patut dicoba juga kali ya .... sp tau ada yang bisa dijadiin pelajaran

Share this post


Link to post
Share on other sites

Hehehe,,, Nusakambangan ya.. ini dia gambar-gambarnya.. gambar ini saya ambil di Nusakambangan bagian timur.. nanti deh, saya bikin thread khususnya..  :senyum

 

 

DSC_3739.jpg

 

 

DSC_3648.jpg

 

 

DSC_3559.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Nice info...baru tau klo nusa kambangan jg tempat wisata..

kapan2 kesana ah :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now

  • Similar Content

    • OPEN TRIP FEBRUARI - MARET 2016
      By Ltt Travelers
      Haaaii kawan semua !! 
      Yuukk Update Terus Open Trip kami, dan kamu cocokin tanggal keberangkatannya yaaa..
       Please Check it out ! 
      JADWAL OPEN TRIP JALAN SETIAP MINGGU !!
       BULAN FEBRUARI - MARET 2016 
      1. Open Trip Pulau Harapan Kepulauan Seribu
      Keberangkatan :  6 - 7 Ferbruari 2016 || 13 - 14 Ferbruari 2016  || 20 - 21  Ferbruari 2016  || 27 - 28  Ferbruari 2016
      Keberangkatan :  5 - 6 Maret 2016 || 12 - 13 Maret 2016  || 19 - 20 Maret 2016  || 25 - 26  Maret 2016 || 26 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.370.000 / Person
      Status : No Cancel/ No Reschedule / No Minimum Person
      Meeting Point : Pelabuhan Muara Angke 06:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      2. Open Trip Pulau Pari Kepulauan Seribu
      Keberangkatan : 6 - 7 Ferbruari 2016 || 13 - 14 Ferbruari 2016  || 20 - 21  Ferbruari 2016  || 27 - 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan :  5 - 6 Maret 2016 || 12 - 13 Maret 2016  || 19 - 20 Maret 2016  || 25 - 26  Maret 2016 || 26 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.380.000 / Person
      Status : No Cancel / No Reschedule / No Minimum Person
      Meeting Point : Pelabuhan Muara Angke 06:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      3. Open Trip Pulau Pramuka Kepulauan Seribu 
      Keberangkatan :   6 - 7 Ferbruari 2016 || 13 - 14 Ferbruari 2016  || 20 - 21  Ferbruari 2016  || 27 - 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan :  5 - 6 Maret 2016 || 12 - 13 Maret 2016  || 19 - 20 Maret 2016  || 25 - 26  Maret 2016 || 26 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.350.000 / Person
      Status : No Cancel / No Reschedule / No Minimum Person
      Meeting Point : Pelabuhan Muara Angke 06:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      4. Open Trip Pulau Tidung Kepulauan Seribu 
      Keberangkatan :   6 - 7 Ferbruari 2016 || 13 - 14 Ferbruari 2016  || 20 - 21  Ferbruari 2016  || 27 - 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan :  5 - 6 Maret 2016 || 12 - 13 Maret 2016  || 19 - 20 Maret 2016  || 25 - 26  Maret 2016 || 26 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.350.000 / Person
      Status : No Cancel / No Reschedule / No Minimum Person
      Meeting Point : Pelabuhan Muara Angke 06:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      5. Open Trip Pulau Pahawang Lampung
      Keberangkatan :  5 - 7 Ferbruari 2016 || 12 - 14 Ferbruari 2016  || 19 - 21  Ferbruari 2016  || 26 - 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan :  4 - 6 Maret 2016 || 11 - 13 Maret 2016  || 18 - 20 Maret 2016  || 25 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.480.000 / Person
      Meeting Point : Pelabuhan Merak Pukul 23:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      6. Open Trip Green Canyon Pangandaran
      Keberangkatan : 5 - 7 Ferbruari 2016 || 12 - 14 Ferbruari 2016  || 19 - 21  Ferbruari 2016  || 26 - 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan :  4 - 6 Maret 2016 || 11 - 13 Maret 2016  || 18 - 20 Maret 2016  || 25 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.650.000 / Person
      Meeting Point : Plaza Semanggi, Jakarta 19:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      7. Open Trip Dieng Wonosobo
      Keberangkatan : 5 - 7 Ferbruari 2016 || 12 - 14 Ferbruari 2016  || 19 - 21  Ferbruari 2016  || 26 - 28  Ferbruari 2016   
      Keberangkatan :  4 - 6 Maret 2016 || 11 - 13 Maret 2016  || 18 - 20 Maret 2016  || 25 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.575.000 / Person
      Meeting Point : Plaza Semanggi, Jakarta 18:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      8. Open Trip Gunung Krakatau
      Keberangkatan : 5 - 7 Ferbruari 2016 || 12 - 14 Ferbruari 2016  || 19 - 21  Ferbruari 2016  || 26 - 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan :  4 - 6 Maret 2016 || 11 - 13 Maret 2016  || 18 - 20 Maret 2016  || 25 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.470.000 / Person
      Meeting Point : Pelabuhan Merak Pukul 23:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      9. Open Trip Teluk Kiluan Lampung
      Keberangkatan : 5 - 7 Ferbruari 2016 || 12 - 14 Ferbruari 2016  || 19 - 21  Ferbruari 2016  || 26 - 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan :  4 - 6 Maret 2016 || 11 - 13 Maret 2016  || 18 - 20 Maret 2016  || 25 - 27  Maret 2016 
      Price : Rp.599.000 / Person
      Meeting Point : Pelabuhan Merak Pukul 23:00 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      11. Open Trip Jelajah 3 Pulau ( Onrust - Cipir - Kelor ) >> One Day Trip << 
      Keberangkatan : 7 Ferbruari 2016 || 14 Ferbruari 2016  || 21  Ferbruari 2016  || 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan : 6 Maret 2016 || 9 Maret 2016  || 13 Maret 2016  || 20  Maret 2016 || 25  Maret 2016 || 27  Maret 2016
      Price : Rp.99.000 / Person
      Meeting Point : Muara Kamal, Kapuk Pukul 07:30 wib
      Program Detail : Klik Here
       
      12. Open Trip Jakarta Walking Tours >> One Day Trip << 
      Keberangkatan : 7 Ferbruari 2016 || 14 Ferbruari 2016  || 21  Ferbruari 2016  || 28  Ferbruari 2016  
      Keberangkatan : 6 Maret 2016 || 9 Maret 2016  || 13 Maret 2016  || 20  Maret 2016 || 25  Maret 2016 || 27  Maret 2016
      Price : Rp.99.000 / Person
      Meeting Point : Plaza Sarinah, Jakarta Pukul 08:30 wib
      Program Detail : Klik Here   
       How to BOOK ? 
       
      1. Hubungi Contact Person Reservasi kami, atau
      2. Klik BOOKING NOW
      3. Isi Form Registrasi
      4. Tunggu Email Confirmation Letter untuk melakukan pembayaran DP ( Uang Muka )
      5. Konfirmasi pembayaran anda, melalui Whatsapp/ BBM/ Email di " info.laditatour@gmail.com "
       
       
       Reservation 
      Office
      021-31717218 (9.00 am - 5.00 pm)
      Fax
      021-42877200
      Hotline
      0812 182222 92 ( Call & Whatsapp )
      BBM
      7C2E08A2
      E-mail
      info[dot]laditatour[at]gmail[dot]com
       
      Like our Fans Page : laditatours
      Follow our Twitter @LaditaTour #takeurholiday
      Like our IG : Ladita_Tour
       
       
      Visit us on
      www.laditatour.com
       
       
        
      Head Office
      Jl. Rawa Selatan III Johar Baru No. 32
      Jakarta Pusat 10550 - Indonesia
      Branch Office
      Jl. Raya Cimanggu Pahlawan No. 24
      Bogor, Jawa Barat 16114 - Indonesia
    • Bali, Kawasan Wisata yang Terbalut Magisnya Budaya
      By citrariana
      Siapa yang tidak tau Pulau Bali? Bahkan Pulau ini sudah terkenal di Dunia. Tak terhitung banyaknya wisatawan lokal dan mancanegara yang mengunjungi Bali setiap harinya.
      Bali memiliki banyak wisata yang wajib di kunjungi.

      Saya berkunjung ke Pulau Dewata beberapa tahun yang lalu. Yang Saya kunjungi pertama kali adalah Tanah Lot. Ini merupakan wisa pantai. Yang unuk dari tempat ini adalah terdapat pura di tengah Pantai. Suasanya nyaman. Perpaduan antara hangatnya sinar matahari dan segarnya angin laut. Disana terdapat ular yang dianggap suci oleh masyarakat Bali. Bagi Anda yang tidak memiliki phobia terhadap ular, sebaiknya Anda mengujungi tempat itu.

      Wisata yang saya rekomendasikan selanjutnya adalah Bedugul. Di sana terdapat Danau Beratan yang indah. Anda dapat menyewa perahu untuk mengitari danau. Di sisi lain danau terdapat villa. Villa ini letaknya cukup jauh. Villa ini terbuka untuk umum. Anda dapat berfoto disana. Untuk menuju Villa, Anda harus menggunakan perahu. Objek wisata yang terkenal lainnya adalah Pura Ulun Danu. Merupakan salah satu icon Pulau indah ini.

      Yang menarik selanjutnya adalah Tanjung Benoa. Di sana Anda dapat menikmati Pantai pasir putih dengan ombak yang tenang. Terdapat berbagai wahana air yang bisa Anda coba. Yang paling terkenal adalah Banana Boat. Di dekat Tanjung Benoa terdapat Teluk Penyu. Merupakan tempat penangkaran penyu.
      Uniknya tempat ini adalah dibalik segala medernisasi dan keindahan wisatanya, masyarakat Bali tetap berpegang teguh pada adat budaya nenek moyang. Tidah jarang saat Saya berkunjung ke area wisata Saya menemukan berbagai macam sesaji. Salut untuk Pulau ini.
       
      Tidak sulit untuk menuju Bali. Anda dapat menaiki pesawat dan turun di bandara Ngurah Rai. Setelah itu anda dapat menyewa mobil atau agen tour untuk memudahkan wisata anda di Bali.
    • Wisata Persawahan
      By citrariana
      Apakah anda dilahirkan di Kota dan besar di Kota? Pernahkah anda bermimpi untuk merasakan suasana pedesaan?

      Suasana pedesaan memang memiliki atmosfer yang nyaman. Salah satunya adalah desa di kawasan godean, Sleman, D.I. Yogyakarta. Mungkin nama tempat ini cukup asing. Desa godean terletak di pinggiran kota Yogyakarta. Kota Yogyakarta dengan segala macam pembangunan yang mulai berkembang pesat ternyata masih menyimpan satu titik yang nyaman untuk di kunjungi.

      Terletak 10Km dari Pantai Glagah. Hanya ada hamparan sawah dengan warna hijau yang menyejukkan. Namun, bukankah itu suatu hal yang cukup sulit dicari sekarang? Selain itu terdapat beberapa Resto di sana yang mengusung tema sawah. Letaknya ada di tengah area persawahan. Jadi sembari anda makan, anda akan merasakan semilir angin dan suasana yang menentramkan. Menu yang disajikan biasanya adalah menu ala masakan rumahan. 

      Anda sudah sering mlihat matahari tenggelam di cakrawala? Melihat matahari tenggelam diantara sela-sela pohon akan memberikan kesan magis. Perpaduan sempurna antara siluet orange dan hijau daun. Sangat cantik.
       
       
       
    • Kulon Progo, Keindahan Alam yang Perawan
      By citrariana
      Siapa sangaka di tanah Kulon Progo yang sunyi justru menyimpan keindahan alam yang masih perawan. Tempat indah ini tersembunyi di balik jalan menanjak danberbatu pegunungan. Beberapa akses jalan yang belum memadai untuk kendaraan roda empat membuat tempat ini sedikit terisolasi dari peradaban luar. Kebanyakan tempat wisata di sana belum memiliki nama. Jangan heran bila satu tempat memiliki beberapa nama.

       
      Kendaraan terbaik untuk menelusuri Kulon Progo adalah Motor. Karena jalan yang belum mulus sempurna, pilihlah motor yang cukup tangguh untuk digunakan di jalan menanjak dan berbatu. Akses yang lain adalah menaiki sepeda. Udara pegunungan yang segar dan pemandangan yang masih hijau akan membuat perjalanan Anda menyenangkan.

       
      Beranilah untuk menjelajahi kampung. Benda yang paling Anda butuhkan adalah GPS. Rumitnya jalan pedesaan bisa membuat Anda tersesat. Berhati-hatilah dalam memilih jalan. Beberapa akses jalan menuju tempat wisata belum dibuka untuk umum. Penduduk hanya menebas pohon yang mengganggu untuk membuka jalan. Jangan heran bila Anda harus berkorban dengan jalan kaki.

       
      Dilaporkan banyak terdapat air terjun dan sungai yang jernih di Kulon Progo. Sebaiknya bawalah baju ganti. Air yang jernih dan dingin akan menggoda Anda untuk sekedar membasuh muka atau berendam menikmati indahnya alam.

       
      Setelah anda lelah menelusuri Kulon Progo, ada baiknya untuk singgah sebentar di kawasan wisata Waduk Sermo. Ada satu warung makan yang patut di coba. Menu Khasnya adalah teh panas gula batu. Rasanya sangat segar dan unik. Warung ini terletak di deretan warung di samping Waduk Sermo. Warung ini juga menjual mi ayam yang sangat lezat. Soal harga pastinya sangat terjangkau.

       
      Selamat menikmati penjelajahan perdana Anda untuk menemuhan surga tersembunyi di Kulon Progo.
    • main air di prosotan semar
      By Arif Irawan
      Ini adalah sebuah tempat yg belum ngehits, tapi instagramable hi hi..., awalnya gara - gara salah info tentang pelaksanaan MERON di sukolilo pati (mirip2 sekatenan di jogja). dapat info pelaksanaan  acara meron habis sholat jumat tapi sampai sana jam 1 siang ternyata sudah bubar acaranya, cuman dapet macetnya doang hi hi,, kan nyesek tuh.  sambil nunggu kemacetan terurai sempat ngobrol2 sama seorang pemuda disana ternyata orang kayen, pati. mendadak jadi inget pernah lihat foto di salah satu grup FB namanya prosotan semar. pas aku tanya kebetulan dia baru aja dari sana dapetlah info jalannya. pas aku tanya mobil bisa kesana ga dia bilang bisa banget karena TKP pinggir jalan cuman mesti jalan dikit nurunin lereng. 
       
      Fix akhirnya meluncur kesana, lokasi gampang dicari patokannya jelas. masuknya dari pertigaan di sebelah RSUD  kayen dekat alun2 kayen arah ke desa sumbersari. kemarin aku ukur dari pertigaan jaraknya 5,1 km. sempat nyasar keblablasan, karena belum tau lokasi pastinya dan ga ada papan petunjuk karena memang ini bukan tempat wisata. modalnya pake GPS (Gunakan Penduduk Setempat ).
      yang ga tau kayen letaknya kalau dari timur pati nanti ketemu simpang lima pati belok kiri ikuti petunjuk jalan arah ke purwodadi,  kalau dari barat pati. sampai pasar bareng kudus maju dikit ada lampu merah belok kanan  ikuti jalan sampai mentok nanti belok kiri sudah sampai daerah kayen.  letaknya di tengah jalur utama antara pati - purwodadi.

      pertigaan sebelah rsud, dari rsud belok kanan ikuti jalan sejauh 5,1 km

      kalau ketemu rumah di kiri jalan ini berarti sudah sampai ( panah = jalan turun ke TKP)

      jalan masuk ke tkp
       

      koordinat lokasi 
       
      Nah cukup jelas kan info TKPnya
       
      Mobil kemarin aku parkir di pinggir jalan, dari jalan raya kemudian jalan kaki cuman turun aja ga ada 5 menit sampai.
       

       
       

       

       
       
      sampai lokasi masih bersih tempatnya, sampah palingan cuman ranting2 yang hanyut namanya juga kali,  ga ada sampah rumah tangga karena memang rumah penduduk jauh dari TKP. jangan harap pula ketemu sampah mainstream seperti botol kemasan air mineral, kemasan mie instan etc. dan pas disini padahal hari libur panjang ga ada orang sama sekali ha ha bisa memuaskan hasrat untuk foto2 disini. sore itu hanya ada 1 warga lokal ke tkp cuman buat nyuci sepeda motornya hi hi..

       

       

       

       

       
      Oh iya lupa, kalau kesini jangan lupa bawa bekal, ga ada warung dekat2 sini, dan jangan lupa lagi "BAWA PULANG SAMPAHMU".
      Puas foto2 liat ke bawah seperti ada curug lagi cuman masalahnya kalau mau ke bawah mesti nyebrangin kedung sungainya. alias harus berenang. akhirnya nyari jalan lain mesti muter lewat hutan jati

       
      akhirnya sampai ke bawah  ada air terjun mininya lagi cuman yang ini ga begitu tinggi tapi kedungnya keliatannya dalam, kemarin nyoba masukin batang bambu yg dipinggir aja sekitar 2m dalemnya.
       

       
      ga kalah keren ma yang diatasnya kan. tapi weits ternyata di bawahnya ada curug lagi, total ada 3 tingkat ternyata curugnya.

      mancing sek ben ra edan!!

       
      karena dari siang kena macet di sukolilo pas acara meron,  lama di tkp bikin gerah juga akhirnya ga tahan godaan buat menceburkan diri hi hi...  keren berasa milik pribadi ga ada orang lain yang kesini

       

       

       
      kalau mau berenang disini hati2 jangan asal lompat dari atas curugnya, karena di dalam kedungnya beberapa titik ada batu besarnya. terkadang diantara batu ada celah sempit dan dalam bahaya kalau terperosok bisa kejepit.