• 0

Nusa Kambangan, Bukan Cuma Penjara


Question

Posted

Apa yang terbayang di benak kamu saat mendengar Pulau Nusa Kambangan? Sebagian orang menyebut pulau ini sebagai Alcatraz nya Indonesia, karena merupakan pulau yang terdapat penjara di dalam nya. Tapi menurut saya, sebutan tersebut tidaklah tepat. Karena Alcatraz adalah sebuah pulau kecil dan di dalamnya hanya terdapat penjara. Sedangkan di Pulau Nusa Kambangan, yangterletak di daerah Cilacap, Jawa Tengah, tidak hanya terdapat penjara, melainkan objek2 wisata juga.

Objek2 Wisata di Pulau Nusa Kambangan

wisata-cilacap.jpg

Sumber Gambar

Banyak pantai indah yang terdapat di Nusa Kambangan, mulai dari Pantai Pasir Putih, Pantai Permisan, Pantai Jetis, Pantai Singkil Indah, Pantai Ketapang Indah, sampai Pantai Indah Widarapayung. Dengan hampir semua nama pantai mengandung kata indah, bisa saya bayangkan kalau pantai2 di sana sangat indah2. Atau mungkin juga karena pemerintah di sana ingin menghilangkan kesan angker dari Nusa Kambangan (baca selengkapnya di sini).

Selain pantai, juga banyak terdapat objek wisata Goa di pulau ini, mulai dari Goa Maria, Goa Masigitsela, Goa Ratu, Goa Putri, sampai Goa Ronggeng. Jika sudah bosan dengan wisata alam, kita juga bisa mengunjungi benteng2 peninggalan jaman Belanda di pulau ini.

Kalau kamu punya ketertarikan yang besar dengan wisata alam, maka tidak ada salahnya menjajal juga objek2 wisata di pulau ini. Menurut pengakuan seorang teman yang pernah berkunjung ke sana, "pasir nya putih2, airnya bening, dan bisa ambil karang2 juga".

Tertarik untuk mengunjungi? Tunggu apalagi? :)

Sumber: Artikel1 Artikel2 Artikel3

Share this post


Link to post
Share on other sites

21 answers to this question

  • 0

Posted

hehe aku juga pernah sih ke pinggir nusa kambangan alias di teluk penyu.. jadi kelihatan banget nusa kambangannya... dari jauh gak begitu menarik sih soalnya cuma hutann.. dan pepohonan lebatt..

cuman katanya gampang kalo mau kesitu naik perahu paling cuma 20rb.. deket banget.. gak sampe 100 meter kayaknya.. keliatan deket banget kok.. renang aja sampe kayaknya hehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

hehe aku juga pernah sih ke pinggir nusa kambangan alias di teluk penyu.. jadi kelihatan banget nusa kambangannya... dari jauh gak begitu menarik sih soalnya cuma hutann.. dan pepohonan lebatt..

cuman katanya gampang kalo mau kesitu naik perahu paling cuma 20rb.. deket banget.. gak sampe 100 meter kayaknya.. keliatan deket banget kok.. renang aja sampe kayaknya hehehe

Bener banget mbak, teluk penyu itu daerah di Pulau Jawa (baca: Cilacap) yang berbatasan dengan perairan di Pulau Nusa Kambangan nya bukan ya mbak? Istilah kata, tempat penyebrangan mau ke Pulau Nusa Kambangan. Ada yang bilang, bahkan di Teluk Penyu aja pun, pantainya udah bisa dinikmati buat liburan. Bener gak mbak? :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

saya dah 5 tahun pengen banget liat penjaranya di nusa kambangan. Tapi pribadi saya ga tau loh ada wisata pantai gitu. Jadi ini berita baru buat saya.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

saya dah 5 tahun pengen banget liat penjaranya di nusa kambangan. Tapi pribadi saya ga tau loh ada wisata pantai gitu. Jadi ini berita baru buat saya.

Wah ada apa nih mas udah 5tahun ngebet pengen liat penjaranya nusa kambangan? Ada memori khusus kah? :)

Iya, kalo suka wisata pantai, banyak spot yang suka dikunjungi di sini. Wisata lautnya masih belom terbukti keindahannya tapi ya mas..

alexandri likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

sedikit bingung, kalau nama pulaunya pulau nusa kambangan yang ada objek wisata.

terus kalau nama pulau untuk penjara itu apa?

atau penjara itu bukan pulau dan gabung sama Pulau nusakambangan?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

saya malah belum pernah melihat sama sekali.......

g mau ahh, apalagi masuk didalamnya........hihihihihhih

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

sedikit bingung, kalau nama pulaunya pulau nusa kambangan yang ada objek wisata.

terus kalau nama pulau untuk penjara itu apa?

atau penjara itu bukan pulau dan gabung sama Pulau nusakambangan?

Yak bener banget mbak, jadi di pulau nusa kambangan buat penjara itu, ternyata pulaunya luas banget. Jadi, satu pulau isinya bukan cuma penjara aja. Tapi ada objek wisatanya juga kayak museum, benteng, pantai, dan lain sebagainya itu..

Jadi tertarik buat jalan2 ke sana mbak? :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

gak tertarik. apalagi jauh dari Jakarta.

tapi yaah kalau kebetulan lewat boleh aja liat2.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

waw nampaknya oke juga ya

cuma image nya karna pulau penjara jadi jarang yg tw soal wisata nya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

gak tertarik. apalagi jauh dari Jakarta.

tapi yaah kalau kebetulan lewat boleh aja liat2.

waw nampaknya oke juga ya

cuma image nya karna pulau penjara jadi jarang yg tw soal wisata nya :D

kalo mbak nya udah nyampe cilacap, gapapa loh jalan2 sekalian nyebrang ke pulau nusa kambangan. kalo emang gak deket2 sana, rada males juga sih ya jauh2 ke pulau ini, hehe. apalagi imagenya masih pulau penjara, bukan pulau tujuan wisata.

yak bener banget mas, sebenernya bisa dijadiin tujuan wisata, kalo aja image pulau penjaranya gak begitu melekat. mungkin yang suka wisata unik, bisa banget ke pulau ini.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

hehehehehe tapi aman gak yaa? jangan2 nanti ada tahanan lepas :wacko: :wacko:

serem dehhh hehehhe...

emang penjaranya tu bentuknya gimana sih.. belum pernah kesana nih hehhe

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

wah baru tahu kalo punya objek wisata juga.

tapi aman kan...?

takutnya, ada hal2x yang tidak di inginkan, misal ada napi yang kabur, trus jadi bahaya gt..?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

hehehehehe tapi aman gak yaa? jangan2 nanti ada tahanan lepas :wacko: :wacko:

serem dehhh hehehhe...

emang penjaranya tu bentuknya gimana sih.. belum pernah kesana nih hehhe

Wah sebenernya kalo di google aja, bisa dapet banyak gambaran penjara itu kayak gimana kok mbak :D

Dan mestinya aman kok kalau mau wisata jalan2 ke pulau nusa kambangan. Ada LP juga di cipinang, bahkan ada perumahan di dekat sana, aman2 aja kan. :)

Ini nih penampakan LP yang ada di Nusa Kambangan:

Gerbang Depan

20110315110954999.jpg

Gerbang Belakang

4e0d2946bafc44e656cf2886c0b75bb2_XL.jpg

Gedung LP Narkotika

lapas-narkotika-nusakambangan1.jpg

Gerbang Dalam

nuskam51.jpg

Sumber Gambar

Isi LP

lapas.jpg

Tidak begitu menyeramkan kan mbak? :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

wah baru tahu kalo punya objek wisata juga.

tapi aman kan...?

takutnya, ada hal2x yang tidak di inginkan, misal ada napi yang kabur, trus jadi bahaya gt..?

hihihi lucu nih, sama dengan mbak di atas. nanyain keamanan objek wisata hanya karna ada penjara di dekat sana..

aman toh mbak :) selama ini juga jarang kan kedengeran berita napi di nusa kambangan yang kabur. wong yang di sana itu napi2 narkotika kok, bukan napi2 pembunuhan gitu hehe..

sedangkan di deket LP cipinang aja bisa ada perumahan bahkan kantor, kenapa yang cuma jalan2 di nusa kambangan gak berani mbak? ;)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Wah emang bener tuh di nusakambangan pantainya lumayan bagus dan bersih.

Sekitar bulan september tahun kemarin ane baru aja praktikum ke sana, ke pantai apa lupa namanya, sama ke pasir putih. Mantep deh pantainya. :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Wah emang bener tuh di nusakambangan pantainya lumayan bagus dan bersih.

Sekitar bulan september tahun kemarin ane baru aja praktikum ke sana, ke pantai apa lupa namanya, sama ke pasir putih. Mantep deh pantainya. :D

abis praktikum apa mas di sana? ada semacam lab gitu di sana? apa gimana ya? baru tau saya di nusa kambangan bisa praktikum juga selain buat penjara dan wisata alam hihi..

wah bisa tuh mas bikin field report atau share2 disini pemandangan di sana kayak gimana aja :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

wah, kereeen juga tuuh nusa kambangan... bayangan ane, nusa kambangan itu sebuah pulau yang benar-benar ditujukan untuk para penjahat kelas berat. tapi cakep juga ternyata... masuk list tempat yang harus didatangi niih

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

wah, kereeen juga tuuh nusa kambangan... bayangan ane, nusa kambangan itu sebuah pulau yang benar-benar ditujukan untuk para penjahat kelas berat. tapi cakep juga ternyata... masuk list tempat yang harus didatangi niih

setuju mas, emang keren banget untuk ukuran pulau yang terkenal sebagai penjaranya. kasian wisata alam di sana ya berarti, ketiban keindahannya dengan nama seram dari sebuah "penjara". semoga share disini bisa bikin banyak wisatawan dateng ke sana ya :)

 

jangan lupa di-share disini kalo udah jadi main2 ke sana ya mas

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Aku juga sering denger kalau tempat ini udah jadi tempat wisata, tapi gak pernah terbersit buat pergi k tempat ini, ngeri .... cuma, denger info ni, mungkin lain kali patut dicoba juga kali ya .... sp tau ada yang bisa dijadiin pelajaran

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Hehehe,,, Nusakambangan ya.. ini dia gambar-gambarnya.. gambar ini saya ambil di Nusakambangan bagian timur.. nanti deh, saya bikin thread khususnya..  :senyum

 

 

DSC_3739.jpg

 

 

DSC_3648.jpg

 

 

DSC_3559.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Nice info...baru tau klo nusa kambangan jg tempat wisata..

kapan2 kesana ah :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now